2023 dan Pensiun Dini Massal ASN

2022-12-29 13:26:04 00:07:09 Lalu kapan realisasi pensiun Dini massal ini dan siapa saja yang bisa terkena pensiun Dini rekan saya Andi Salini akan mengulasnya untuk anda silahkan Sasa Presiden Joko Widodo beberapa kali menyampaikan keinginannya untuk mengubah struktur dan kinerja pegawai negeri sipil atau PNS menyikapi keinginan presiden rencana tersebut mulai diatur oleh Kementerian Aparatur Negara dan

Reformasi birokrasi bahkan revisi undang-undang ini telah masuk ke dalam proyekness untuk 2023 thesis the suspension Dini masalah ASN pun Kian nyata selengkapnya akan kami ulas untuk anda dalam 2023 dan pensiun massal ASN masa pensiun adalah waktu dimana seorang pegawai ASN sudah memasuki batas usia pensiun nah apabila nantinya DPR

Mengesahkan RUU ASN menjadi prolegnas di tahun 2023 maka pensiun Dini massal ini menjadi dasar hukum bagi pegawai ASN lalu apa sih alasan adanya pensiun Dini massal dalam RUU ASN tersebut salah satu Tujuannya adalah untuk perampingan organisasi yang sesuai kebijakan pemerintah tujuan perampingan organisasi ini untuk meningkatkan kualitas hsn yang berdasar pada kebijakan pemerintah

Dikarenakan satu dari permasalahan pegawai ASN ialah terkait kesejahteraan dan kualitas sdm hal ini pun sejalan ya dengan keinginan presiden untuk memangkas kelembagaan yang memiliki struktur yang gemuk tumpang tindih dan juga tidak efisien isu pensiun diri secara massal tahun 2023 pun tanggapan dari Menteri pendayagunaan aparatur negara dan Reformasi birokrasi

Atau Menpan Rp Anas mengatakan kebijakan pensiun Dini masalah ini sebetulnya akan betul-betul dibahas atau tidak pada 2023 tergantung dengan pembicaraan bersama dengan DPR atau para wakil rakyat namun ia menekankan yang menjadi prioritas Kementerian panrb saat ini adalah pembenahan status para guru atau tenaga kesehatan yang belum masuk dalam bagian

ASN menteri Pan RB menjelaskan rencana untuk efisiensi ini memang sesuai dengan kebutuhan pemerintah yang menginginkan birokrat lebih lincah karena sebenarnya sudah dimulai ketika penghapusan eselon 3 dan juga 4 menurutnya skema pensiun Dini ini sebetulnya sudah ada di lingkup perusahaan swasta nah melalui skema itu para pekerja yang merasa sudah tidak

Produktif lagi bisa langsung mengajukan pensiun Dini maka skema ini bisa digunakan oleh para PNS dalam merasakan keluhan yang sama Kementerian panrb pun telah merampungkan pembenahan data SN secara keseluruhan termasuk para ASN yang memasuki usia senja pendataan ini dilakukan seiring dengan adanya rencana kebijakan pensiun Dini massal bagi ASN termasuk bagi para

PNS hal ini sebagaimana tertuang dalam RUU yang telah masuk ke dalam program legislasi nasional atau prolegnas 2023 Nah dari hasil perbaikan data hingga akhir Desember ini Anas mengaku sudah merampungkan pendanaan ASN secara menyeluruh hingga 96% dari situ semakin tergambar kalau jumlah alasan yang bakal memasuki usia pensiun sehingga jumlah

Kebutuhan Asen ke depan ini akan semakin terukur dengan penyusunan aturan ini Kementerian Pan RB juga Tengah kerja keras untuk mendata jumlah assen dalam 10 tahun terakhir yang akan pensiun kemudian terkena mutasi dan juga keluar dari ASN perlu Berapa banyak sih jumlah ASN hingga saat ini kita cek di slide berikutnya

Mengutip data Badan Kepegawaian Negara atau BKN jumlah PNS kini juga diisi oleh orang yang cenderung hampir pensiun karena kalau kita lihat di sini data per 15 Juli 2022 dari jumlah PNS sebanyak 3,9 juta orang ternyata terdapat 1,47 juta orang ini yang sudah berusia 51 tahun hingga 60 tahun dan PNS yang

Berusia 41 hingga 60 tahun ada sebanyak 1,24 juta orang dengan dominannya para pegawai usia Senja di tingkat pemerintahan pusat ataupun daerah itu ini jadinya membuat ruang talenta muda usia produktif semakin menipis tentunya padahal yang dibutuhkan untuk merancang kebijakan strategis di era sekarang adalah berasal dari kalangan muda untuk merespons perkembangan zaman yang lebih

Cepat nah secara umum seorang PNS ini akan memasuki masa pensiun setelah menyelesaikan batas usia kerja yang telah ditentukan dalam undang-undang yang berlaku namun dengan mempertimbangkan syarat dan alasan tertentu bukan tidak mungkin ya kalau PNS ini dapat mengajukan pensiun Dini lalu apa saja nih syarat yang harus diperhatikan kalau PNS mau mengajukan pensiun dini

Nah melansir laman resmi Badan Kepegawaian Negara pensiun Dini merupakan permohonan dari PNS untuk menjalani masa purna tugas sebelum tenggat batas usia pensiun yang dimiliki dalam hal ini pensiun ini termasuk dalam Pemberhentian atas permintaan sendiri oleh PNS karena pertimbangan tertentu yang bersifat mendesak kalau kita lihat berdasarkan undang-undang nomor 5 tahun

2019 tentang aparatur sipil negara pasal 87 bab pemberhentian ini terdapat 5 kondisi tertentu yang memungkinkan seorang PNS ini bisa mendapatkan pensiun Dini kita lihat diantaranya meninggal dunia kemudian berhenti atas permintaan sendiri Selain itu sudah mencapai batas usia pensiun yang keempat adanya kebijakan pemerintah atau perampingan organisasi yang berdampak pada pensiun

Dini dan yang kelima yaitu tidak dapat menjalankan tugas dengan baik karena tidak cakap baik secara jasmani maupun rohani kemudian yang jadi pertanyaan adalah pensiun Dini dapat hak purna tugas tidak ya Nah dalam pelaksanaan pensiun Dini massal dalam RUU menyatakan bahwa pegawai ASN ini bisa memperoleh predikat diberhentikan secara hormat dan

Atau secara tidak hormat dan berdasarkan PP nomor 11 tahun 2017 menetapkan bahwa pensiun Dini masal menjamin purna tugas dengan hak pensiun selama menjalani masa pensiun mengacu pernyataan di atas artinya tolak ukur pensiun terletak pada akhir masa pensiun mendapat purna tugas serta hak pensiunnya

Kapan realisasi pensiun dini massal ASN? dan siapa saja yang bisa terkena pensiun dini? Andi Shalini akan mengulasnya untuk anda.

Selengkapnya dalam program Nation Hub CNBC Indonesia (Kamis, 29/12/2022) berikut ini.

Terus ikuti berita ekonomi bisnis dan analisis mendalam hanya di https://www.cnbcindonesia.com/.

CNBC Indonesia terafiliasi dengan CNBC Internasional dan beroperasi di bawah grup Transmedia dan tergabung bersama Trans TV, Trans7, Detikcom, Transvision, CNN Indonesia dan CNN Indonesia.com.
CNBC Indonesia dapat dinikmati melalui tayangan Transvision channel 805 atau streaming melalui aplikasi CNBC Indonesia yang dapat di download di playstore atau iOS.

Follow us on social:
Twitter: https://twitter.com/cnbcindonesia
Facebook Page: https://www.facebook.com/CNBCIndonesia/
Instagram: https://www.instagram.com/cnbcindonesia/
https://www.instagram.com/cuap_cuan/
Tiktok: https://bit.ly/38BYtJx
Spotify: https://spoti.fi/2BR7KkT
Sobat CNBC Indonesia, Info tentang #dan #Pensiun #Dini #Massal #ASN ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:07:09 detik.


Begitulah sekilas tentang 2023 dan Pensiun Dini Massal ASN yang telah dilihat oleh 909118 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © CNBC Indonesia 429

48 thoughts on “2023 dan Pensiun Dini Massal ASN

  1. kl mo memprrbaiki asn dg cara :
    . penerimannya hrs mell seleksi yg benar. ngga boleh ada susupan n honorer.
    . penilaian yg benar atas kinerja.
    . adakan lembags pengaduan atas kesewenangan oleh atasan.
    . pengangkatan dlm jsbatan hrs trabsparan n sesuai aturan.
    . hrs ada aturan utk men nonjob pejabat yg ngga becus.
    .

  2. Sumber Nation Hub.
    usia PNS 51-60 thn = 1,47jt orang.
    usia PNS 41-60 thn 1,24jt orang
    Dengan dominannya usia pegawai yang sudah senja di tingkat pemerintahan pusat dan daerah dinaggap membuat ruang talenta muda semakin menipis.
    PERTANYAANNYA KENAPA TIDAK PERNAH DI BAHAS JUMLAH ONGGOTA DPR YANG RATAAN UMUR JUGA SUDAH SENJA. DAN PASTINYA JUGA BERPENGARUH PADA TALENTA MUDA. KEMUDIAN YANG ANEH NYA LAGI KETIKA YANG MUDA INGIN BERKARYA MALAH DI TANYAKAN YANG MUDA BISA APA?

  3. PERAMPINGAN ORGANISASI PRETT, ditingkat daerah tetap tidak Jalan, banyak Excelon IV (kasubag/kasie, yg harusnya dikurangi, tapi masih banyak malah bahasanya cuma diganti subkoor, scr Atura ASN sdh jdi Jabatan Fungsional, kenyataan di Lapangan tetap mengerjakan tugas excelon IV, untuk mengerjakan tugas excelon III, & masih dkasih TPP setara excelom IV)

  4. Yg kerja penuh tantangan dan resiko , sebenarnya petugas dilapangan 😊 hujan . basah kuyup … panas kepanasan . muka berselimut debu . Tapi karena demi tugas tetap di ja
    lankan dgn suka-cita.

  5. setuju.. dikurangi saja jumlah ASN.. bubarin aja kementerian2 yang ga perlu.. selama ini kan pemerintah kan cm butuh kantor pajak yng digaji gede banget..sementara pegawai lain di kementerian lain atau pemda kan ga diperlukan makanya digaji dikit..daripada digaji kecil maka kementerian dan lembaga yang ga penting bagi pemerintah yaitu antara lain tentara, polisi, dokter, guru itu dibubarin saja..disisain satu kementerian pajak saja cukup kok

  6. Ini bnr apa engga…? Saya lebih sependapat pns dg usia 56 lebih bisa mengikuti pensiun masal dg catatan krn sdh tdk bisa mengikuti tuntutan zaman yaitu ahli dg komputer. Namun demikian peserta pensiunan di beri pesangon yg memadai yaitu 1,5M.

  7. Aneh pemerinntah nih……. Dulu usia pensiun 56 , lalu diperpanjang 58 th ,jika pejabat eselon I dan II sampe 60 th, …. Bahkan utk pejabat fungsional pembina utama ke atas usia pensiun 65 th….
    Kini gembar gembor pensiun dini…… Kebijaoan Botol……😂😂

  8. Dulu 2006 minta pensiun dini ditawarkan dan ditolak dasar personalia nya masih tk taman kanak kanak bilang saja nggak ada dana nya .di perusahaan swasta .ditawar kan dan di tolak .

  9. Pegawai yang senior sekarang malah banyak berkurang padahal pemgalaman mereka dibutuhkan utk transfer of knowledge kepada yg muda², pegawai muda belum paham tentang pekerjaan

  10. Ya Allah lindungilah bangsa dan negara ini dari kehancuran dan keterpurukan.
    Ya Allah lindungilah negeri ini dari pemimpin2 yang dzolim.
    Ya Allah berikanlah negeri ini pemimpin yg amanah ,adil dan cerdas.
    Amin….

  11. Saya tidak sependapat, kalau PNS yang sudah umur 51 – 60 Tahun tidak produktif, harus di lihat per individu, jangan di hatam merata, sekali lagi saya tidak setuju, harus di lihat per individu.

  12. Pensiun Massal …monggo MONGGO LAKSANAKAN. saja. Sekarang zaman modern bisa di gantikan dengan TEKNOLOGI / MESIN..artinya SDM .benar benar masuk unsur pengendali..di .NKRI Juga HARUS BERPRINSIP. TURUT BERTANGGUNG JAWAB TERHADAP HAJAT HIDUP ORANG BANYAK…
    PEMERINTAH HARUS EFEKTIF DAN EFISIEN.artinya senanding PENGELUARAN NEGARA. PEMASUKAN NEGARA. UNTUK KEMAKMURAN RAKYAT…

  13. Kunci kemajuan suatu negara terletak pd pendidikan. Harusnya pemerintah memprioritaskan kemampuan pendidikan. Pendidik mempunyai peran penting, mk pendidik hrs pny kemampuan dan akhlak yg baik bukan sekedar pintar. Kenyataannya guru2 muda yg pintar dan menguasai IT bnyk yg nglokro, kinerjanya relatif kurang baik.

  14. Pemerintah hrs lbh ketat mengawasi guru2, jangan menggunakan pendekatan administrasi. Guru jangan disibukkan dng pengerjaan administrasi dan sering sibuk mengikuti bimtek, workshop, dll. Guru hrs fokus proses pembelajaran yg menanamkan akhlak, nasionalisme, kepedulian.

  15. Yang tua makin Hedon yang muda di paksa tua padahal otaknya tajam , alasan kenapa negri ga maju sudah kaya raya minyak emas hutan laut di kelola pebisnis bukan pengabdi bagaimana mungkin bisa maju proyek ini itu biaya fantastis dijadikan bisnis institusi dijadikan koloni ntah mengapa manusia sekejam itu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *