MENGENAL DAN MEMPERBAIKI KEKEBALAN ALAMI MELAWAN PENYAKIT

2023-06-14 16:47:02 Salam sehat untuk kita semuanya apa kabar bapak ibu peserta masyarakat ilmu pemerintahan Indonesia mimpi bahagia sekali sudah lama saya tidak menyapa Bapak Ibu sekalian nah hari ini di hari Rabu siang kita berjumpa dalam webinar bertajuk mengenal dan memperbaiki kekebalan alami melawan penyakit karena tentu ya Bapak Ibu dan para peserta anggota mimpi

Belakangan kita mungkin akan semakin bahagia karena sudah diperbolehkan pada saat keluar ruangan berada di transportasi umum kita sudah boleh melepas masker sudah bisa bernafas lebih legal lagi nah tapi pasti tentu ada pertanyaan dari kita semuanya Lalu bagaimana kita caranya bisa menjaga kekebalan tubuh kita pada saat kita

Sudah membuka masker karena kan sudah 2 tahun lebih hampir 3 tahun ya kita sudah terbiasa menggunakan masker yang notabene kalau kita menggunakan masker mau kita sedang sehat atau mau kita sedang sakit ini bisa mengurangi paparan dari luar atau masyarakat atau warga-warga yang mungkin sedang sakit begitu ya Nah Oleh karena itu pagi hari

Ini kita akan berdiskusi bersama bersama dengan saya Audrey Candra yang juga menjadi anggota bagian dari masyarakat ilmu pemerintahan Indonesia atau Mimpi Nah pagi hari ini sebelum kita memulai kita juga mau menyapa sudah hadir di sini ada Drs Muhammad Indro Cahyono seorang viralloh sore pagi dokter Selamat pagi Mbak Audrey

Oke nanti saya akan ke dokter Indro Tapi sebelumnya kita akan dengarkan dulu untuk sambutan pagi hari ini dari ketua umum mimpi doktor-dokterandes Bachtiar MSI pagi babatia Apakah sudah bergabung di sini pagi hari ini Pak Bachtiar Oke nampaknya sambil menunggu Pak Bachtiar untuk bergabung memberikan kata sambutan pagi hari ini mungkin saya mau

Ke dokter Indra dulu dokter kalau sekarang ini kan kita sudah bisa bernafas lega apalagi katanya Presiden Jokowi juga akan segera mengumumkan untuk endemi ya endemi dari 19 yang sudah hampir 3 tahun kita alami di Indonesia nah ini berarti merupakan sebuah pertanda kelegaan kita Artinya kita bisa lebih bebas untuk lepas masker

Dan berekspresi atau justru ini mungkin menjadi tantangan baru bagaimana kita hidup melepas masker tapi juga tetap jaga kesehatan gimana dong Terima kasih Mbak Adri jadi kalau misalnya dari pak presiden itu memang sudah memberikan arahan dan juga memberikan Apa sinyal ya bahwa sebenarnya nanti ya mau tidak mau kita harus berhadapan dengan hidup

Berdampingan dengan virusnya jadi kalau pandemi tetap akan jadi pandemi mbak itu karena kalau definisinya pandemi itulah penyakit yang bisa nyebar ke seluruh banyak tempat dalam waktu cepat pandemi tetap akan jadi pandemi tapi nanti itu pandemi covid ini akan sama seperti Penyakit influenza jadi kita sudah bisa paham cara mengatasinya kita sudah punya

Kekebalannya nanti kita akan bisa mengatasinya Jadi sebenarnya tidak akan jadi masalah lagi karena kita mau akan hidup berdampingan dengan virusnya nah tapi nanti yang di yang jadi masalah berikutnya bukan cuma itu karena nanti ada masalah yang paling sering ngajinya nih sekarang nih kan diabetes kolesterol sesudah itu nanti ada lagi kayak gerd

Atau inget toh asam lambung terus ISPA infeksi saluran pernafasan atas kemudian nanti masih ada gangguan saraf bahkan sampai ke masalah yang baru akan muncul itu HIV atau AIDS gitu loh Nah ini Masalahnya banyak sekali tapi kita nggak ngerti sama sekali tentang tentang apa penyakitnya karena terlalu banyak bahkan

Kita juga nggak ngerti gimana sih sebenarnya tubuh kita kerja untuk ngelawan itu semua nah itu nanti kita akan kesana tapi sebelum kita memulai diskusinya kita akan dengarkan dulu ya dokter dan juga bergabung bersama kami ketua pemimpin Bapak Bachtiar pagi Pak ya selamat pagi buat makasih Waalaikumsalam Pak Tua Terima kasih

Sekali Pak Iya iya majikan Salam sehat selalu pertama tentu kita mengucapkan terima kasih ya yang setingginya khususnya pada dokter Indra Cahyono di beliau itu konsisten teguh pada pendirian sebagai peneliti ilmuwan yang luar biasa memberikan edukasi masyarakat dan bahkan kami juga memberi edukasi pada pemerintah juga gitu untuk tegar selalu tegar dan Teguh dan

Memberi tuntunan juga bagaimana mengelola negara mengelola pemerintahan mengelola kehidupan dan bahkan kepada keluarga di tengah pandemi covid-19 pada saat pandemi di awal pandemi itu luar biasa bisa menjadi second opinion bagi bagi masyarakat gitu karena memberikan pemahaman alternatif jadi beliau yang sangat berjasa Silahkan aja buka seluruh tayangan-tayangan di masa lalu pemerintah Indonesia

Bagaimana Pak Dokter indrom membagi ilmunya resepnya Bagaimana masyarakat itu menghadapi namanya pandemic 11 dan juga berbagai penyakit-penyakit atau virus yang bisa berfungsi untuk apa itu membuat masalah kita resah nah hari ini kita di pada dokter yang lalu berikan Kenapa berkomunikasi sama saya untuk mengedukasi terus masyarakat dan mungkin

Ini nanti akan beberapa sesibu Audrey Bagaimana mengenal dan memperbaiki kegagalan kekebalan alami melawan penyakit saya pikir ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia dan bahkan seluruh masyarakat dunia gitu jadi ilmuwan seperti dan peneliti orang laboratorium ini seperti dokter Indra ini sangat dibutuhkan masyarakat bagaimana bisa menjadi manusia yang apa itu bisa

Survive gitu menghadapi berbagai macam jenis-jenis gangguan terhadap tubuh kita Saya kira itu mungkin Pak dokter yang selalu mimpi pun saya selalu ketemu mimpi menyanggup bait ini dan mimpi silakan dapat digunakan oleh kapanpun oleh Pak Doktor Ridho ada waktu dan saya mohon maaf Jika beberapa waktu terakhir tidak bisa tergabung tapi hari ini saya

Syukur sekali Pak Dokter silahkan dijadikan masalah pemerintahan ini sebagai sarana untuk berbagi ilmu pengetahuan dan mengidentifikasi masyarakat kita dan bahkan juga mengedukasi kami yang bekerja di pemerintahan oleh karenanya Mari kita buka pertemuan mimpi pada sesi kali ini Audrey Terima kasih atas berkenan datang kesibukannya mengawal webinar kali ini Terima kasih apabila Assalamualaikum warahmatullahi

Wabarakatuh malam Terima kasih Pak Bachtiar untuk sambutannya pagi hari ini dan tentu kita sepakat ya Bapak Ibu apa yang tadi sudah disampaikan oleh ketua umum pipi Pak Bachtiar bahwa pada saat kita ini harus sehat meskipun sudah melepas masker Bagaimana caranya kita menjaga kekebalan tubuh supaya kita bisa sehat supaya kita juga bisa

Sama-sama membantu menyelenggarakan pemilu 2024 juga dengan lancar karena kalau misalnya Pemilu 2024 sudah berjalan dan akan kita hadapi di tahun depan makanya kita sebagai masyarakat juga harus sehat supaya bisa ikut nanti di pemilu 2024 Oke Langsung saja kalau gitu tadi sudah diantarkan di awal oleh Pak Bachtiar kemudian juga tadi Pakde

Intro dokter Indro juga sudah mengupas sedikit apa yang kita bahas nah Oleh karena itu lebih dalam saya langsung saja mempersilahkan kepada dokter Terima kasih sekali Mbak Audrey Terima kasih sekali juga kepada pak ketua umum meeting Pak Bachtiar atau sambutannya hari ini bagus sekali jadi topik kali ini mungkin akan lebih

Mendalam dibandingkan pada saat kita bicara tentang covid karena kalau dulu kita bicara tentang penyakitnya ya satu penyakit kemudian nanti kita akan akan apa bicara fokus ke satu penyakit itu sekarang kita tidak bicara tentang penyakitnya saja tapi kita akan berbicara Gimana caranya badan kita sendiri itu bisa mengatasi penyakitnya

Jadi penyakit itu banyak sekali gitu loh dan selama ini kita berpikir bahwa Oh badan kita kok apa sedemikian lemahnya ya sehingga kita harus memakai banyak sekali alat bantu dan juga banyak sekali obat-obatan untuk membuat kita sehat padahal sebenarnya tidak tubuh manusia itu adalah tubuh yang paling kuat Tuhan menciptakan manusia

Agar bisa bertahan hidup menghadapi banyak lingkungan ataupun penyakit yang tidak sesuai nah ini kita akan bahas itu satu persatu Gimana caranya supaya kita sendiri bisa melawan apapun dan juga penyakit dan juga gejala nanti yang menghindari gejala yang mungkin timbul nah ini Monggo slide berikutnya next nah ini

Ini trending penyakit di 2003 ini Jadi ini tubuh manusia itu organnya itu banyak banget kita coba satu persatu aja secara cepat ya kayak di otak sekarang ada kasus meningitisme pecah pembuluh darah otak meningitis kemarin di pesantren itu ada mungkin ada 3 orang santri yang meninggal akibat meningitis dan itu nyebarnya cepat kanker tiroid

Hipertiroid banyak sekali pembengkakan kanker timus nah ini pembengkakan jantung aritmia gagal jantung kasus kematian mendadak dimana-mana hampir setiap hari kalau kita ngetik di Google itu misalnya meninggal wafat itu wah itu udah ada listnya itu kanker usus kanker usus juga banyak menyerang banyak orang gangguan kesuburan mulai dimulai dari apa namanya

Masa menstruasi haid yang tidak teratur nah ini kemudian ada lagi yang kita ke atas lagi infeksi ISPA infeksi saluran pernapasan atas Wah itu udah nggak terhitung udah jutaan itu setiap kali musim pancaroba kayak sekarang cuacanya ekstrim tadinya dingin tahu panas banget gitu yaitu langsung keluar itu alerginya ISPA juga akibatnya berlanjut apa sesak

Nafas hepatitis perlemahan hati begitu hatinya mengalami perlemahan kolesterol dimana-mana gagal ginjal kalau kita datang ke rumah sakit saat ini kemudian kita Cek saja di rumah sakit manapun itu antrian untuk cuci darah atau dialisis itu bisa panjang sekali saya kemarin Soalnya Ibu saya ginjalnya rusak juga saya menemani Ibu saya datang ke situ terus

Setiap kali kita datang itu ngantrinya panjang sekali alhamdulillah ada BPJS itu dari usaha apa Jokowi juga Pak Presiden diabetes nah ini udah nggak usah dibilangin mungkin hampir semuanya kena batu ginjal infeksi kemih itu juga ada nah ini Sekian banyak penyakit Sekian banyak gejala penyakit yang timbul itu kan membuat kita

Bertanya-tanya Sebenarnya ada apa sih sama badan kita kok tiba-tiba sekarang kok penyakitnya keluarnya banyak sekali dan barengan gitu loh Apa masalahnya kemudian apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah supaya kita semua tidak kena penyakit separah itu gitu loh oke nah ini kita akan masuk ke slide berikutnya silahkan next

Nah ini sebentar Ini kotaknya [Tertawa] coba Ya udah nggak papa saya tak lanjut aja yang penting ini kan ada Jadi ini judulnya di atas itu adalah timeline atau urutan dari setiap penyakit gitu judulnya itu nanti jika ada yang membutuhkan pdfnya itu yang dari ini sekretariat mimpi di panitianya ya

Berhenti dulu di situ Itu ada ada datanya nanti silahkan bisa diminta di situ jadi gini penyakit itu ada urutannya kita tidak tiba-tiba misalnya kena gagal ginjal gitu terus tiba-tiba langsung kena gagal ginjal parah harus masuk rumah sakit cuci darah anda tidak seperti itu diabetes misalnya saya kena diabetes nanti tak ceritain gitu

Kita tidak tiba-tiba kena apa diabetes terus tiba-tiba hba1c-nya jadi 12 terus tiba-tiba kadar gula darahnya 300 400 itu tidak seperti itu setiap penyakit itu ada urutannya gitu ini item-itemnya apa tuh ini ya tidak apa-apa tak lanjut aja ya itu ada kotak-kotak itemnya itu loh kita lanjut aja jadi setiap penyakit

Itu selalu ada urutannya kalau saya misalkan itu ada 4 level 1 2 3 4 Jadi pertama itu pada saat kita semuanya sehat sehat walafiat organnya sehat semua nggak ada gejala apapun level 2 mulai ada gangguan organ gangguannya itu gangguan ringan ya mungkin kerasa pegal-pegal kek apa kerasa susah buang air kecil misalnya

Gitu terus yang ketiga dari organ yang tadinya rusaknya sedikit berubah jadi rusaknya banyak mulai itu sakit ya kan mulai baru kita sadar Oh iya saya sakit ya terus kita datang ke dokter terus diuji Nah kita baru tahu rata-rata kita baru tahu baru sadar bahwa kita sakit setelah kondisinya ada di level 3

Nah itu kalau udah level 3 itu kan kemungkinan ada dua cabang toh bisa nanti kalau diperbaiki bisa balik lagi ke level 2 kerusakannya tambah ringan atau berlanjut malah ke level 4 dan ini kan dua jalur bisa ke level 2 atau ke level 4 kalau level 4 sudah parah berlanjut Ya

Sudah game over selesai gitu nah ini kita harus tahu dulu kita fungsinya di mana apa titik posisi kita ada di mana karena kalau kita tidak melakukan apa pengujian terhadap badan kita sendiri kita nggak ngerti gitu loh Karena yang namanya penyakit itu selalu ditentukan dengan data lab atau uji lab hasil lab

Dan itu berwujud angka nanti bukan bukan berdasarkan perasaan oke jadi kayak Oh perasaan saya badan saya sehat nggak papa saya itu sehat nggak ada apa-apa itu kan perasaan tuh berdasarkan perasaan lah itu ndak ada angkanya itu tidak bisa seperti itu diagnosa tidak berjalan seperti itu maka yang harus dilakukan sebenarnya itu adalah

Bahwa Gimana caranya kita bisa paham sekarang kita ada di posisi mana jadi kita melakukan uji cek rutin nggak usah tiap bulan setahun sekali itu ya nggak papa setahun sekali saja yang dicek apa uji fungsi ginjal fungsi hati fungsi pankreasi itu cuma pakai uji darah biasa bilang uji darah lengkap

Gitu itu nanti sudah ada semuanya terus uji fungsi jantung pakai EKG fungsi paru-paru lewat respirasi kalau perlu nanti pakai rontgen tidak usah pakai MRI itu terlalu mahal soalnya yang biasa-biasa saja gitu kenapa sih semuanya itu harus dilakukan supaya kita tahu kita ada di mana karena kita nggak ngerti syukur-syukur

Kita masih ada di level 1 Oh berarti saya aman gitu loh Tapi kalau kita sudah mulai ada di level 2 misalnya Oh ada gangguan ringan maka kita harus melakukan pencegahan atau penanganan supaya itu nggak terlanjur jadi ke level 3 atau kita tiba-tiba bawa saking aktifnya ya sakit apa aja nggak dirasakan kita di

Level 3 kita baru tahu contoh paling bagus ya saya sendiri saya sendiri waktu itu Waktu awal-awal Apa covid itu bahwa saya kelayapan kemana-mana waktu masa pandemi itu orang-orang pada menghindari dari zona hitam menghindari dari yang sakit saya malah nyari karena saya harus dapat sampel virusnya untuk diteliti di lab supaya saya bisa

Paham solusinya gimana gitu loh Nah itu saya udah nggak kerasakan apa-apa mau sakit kayak mau nggak saya nggak peduli Yang penting saya bisa dapat sampel dan harus dapat hasil lab kemudian saya tahu kelemahan virusnya apa hampir selama 1 tahun saya kayak gitu Saya kemana-mana naik mobil itu itu

Bawaan saya selalu dua satu coklat dua ini apa minuman minuman energi yang gambarnya banteng itu loh ya saya nggak nyebut merk karena setiap kali saya udah capek ngantuk Wah saya makan coklat buat energi dan kemudian saya minum itu minuman energi itu supaya badan saya seger gitu hasilnya selama hampir satu setengah

Tahun kayak gitu begitu saya cek apa [Musik] cek darah Saya tadinya saya cuman pengen ngecek itu di antibodi karena saya baru vaksin kan saya mau ngecek seberapa sih begitu saya cek di gula darah saya langsung 480 hba1 nya 12 gula darah manusia normal itu sekitar 90 saya 480

Hba1c-nya Normal itu kurang dari 6 saya 2 kali lipatnya dari itu saya juga bingung kenapa masih hidup gitu loh Tapi itu contoh yang bagus bahwa saya baru sadar bahwa organ saya pankreas saya rusak akibat cara hidup saya yang tidak sehat makan nggak teratur ya kan tidurnya kurang gitu kan sampai sekarang juga sih

Tidurnya kurang kemudian saya sering minum minuman energy itu jelas merusak injel gitu kan kemudian saya makan coklat gitu kan kadar gulanya tinggi sekali dan itu mengakibatkan saya ada di level 3 untuk pankreas saya untuk pankreas saya gitu loh Nah itu saya baru sadar itu jika saya pada saat

Itu tidak sadar lo bisa berlanjut ke level 4 udah hilang loh kita nggak bisa ikut webinar hari ini kan gitu itu contoh paling sederhana jadi di situ pentingnya kita mengadakan uji lab paling nggak kita bisa paham sebenarnya posisi tubuh kita di mana nanti terus kita harus apa Nah ini kita

Next ke slide berikutnya silahkan next nah ini cara menghadapi hasil uji lab saya kemarin itu kan nonton film Kungfu Panda itu terus ada apa suhunya itu loh masternya itu Master of away itu yang kayak kura-kura itu dia bilangnya gitu Itu bahasa Inggris saya tak terjemahin aja bawahnya jadi cuma ada 3 waktu

Kemarin saat ini sama besok kemarin itu udah lewat apapun yang kita lakukan kemarin itu sudah tidak akan bisa dirubah lagi ya sudah kita terima saja hasilnya saat ini sementara Besok itu belum pasti Apakah kita akan tambah parah Sakitnya Apakah kita nanti akan akan jadi sembuh itu nggak pasti maka yang bisa kita lakukan

Lakukan yang terbaik hari ini nggak usah mikir kemarin nggak usah mikir besok kita lakukan yang terbaik hari ini itu cara menghadapi hasil uji lab karena sebagian besar orang itu kan takut nguji lab takutnya apa Wah saya takut nanti kalau begitu diujirab Ternyata saya tahu Oh ini ada penyakit jantung ini ada penyakit

Diabetes saya ada gagal ginjal Padahal kalau nggak dicek saya nggak ngerti gitu jadi satu sisi yang bener ya kan kalau nggak dikabari kita nggak ngerti karena kita nggak ngerti terus tau langsung mati kan gitu makanya ada gangguan jantung kematian mendadak di mana-mana Kenapa kita enggak ngecek Kok kita nggak ngecek apa yang

Salah dengan tubuh kita sehingga banyak sekali terjadi dua kata itu sudden Dead kematian mendadak karena kita tidak melakukan cek apapun kalau kita melakukan cek maka kita bisa mencegah terjadinya kematian mendadak gitu karena data lab itu sangat perlu karena saya kerja di Lab sampai sekarang 20 tahun terakhir mungkin itu

Kerja di 15 tahun terakhir sorry itu buat kami itu angka hasil uji lab itu adalah hasil paling jujur karena itu tidak bisa dibuat-buat saya masukkan sampel keluarnya apa ya seperti itu hasilnya dengan catatan kita tahu sampelnya Dari mana asal sampelnya dari mana karena beda-beda sampel saya mengambil sampel

Swipe sama sampel dari darah itu hasilnya beda nah itu nanti yang akan kita pelajari jadi tidak perlu ditakuti uji lab uji lab itu dibuat untuk membantu manusia untuk tahu kita posisinya ada di mana Nah berikutnya kita akan bicara tentang kekebalan kalau tadi kan kita ini kan kita ngobrol nih

Caranya kita tahu kondisi tubuh kita saat ini seperti apa Lewat uji lab tapi kalau kita pengen ngerti gimana caranya kita bisa memperbaiki kerusakan yang ada ya kan dengan catatan ini kerusakannya masih ringan sampai sedang ya kalau berat itu ya sudah harus ke rumah sakit sana dengan cepat moga-moga bisa cepat karena

Ini akan ada banyak sekali Mungkin istilah-istilah yang yang sifatnya kedokteran tapi saya akan coba untuk Jelaskan dengan cara yang sederhana silahkan slide berikutnya next ya terima kasih nah ini namanya sistem kekebalan manusia Jadi selama ini kan kita mikir Wah ini kita sudah punya imun imun Kita kuat

Gitu kan tapi begitu ditanya imun itu apa gitu loh kita bingung semua apa ya gitu ilmu kekebalan imunologi itu ilmunya cukup rumit dan cukup detil karena parameternya itu banyak sekali Nah itu sebagian besar orang-orang kesehatan itu menghindari ilmu imunologi Kenapa karena sulit karena sulit sulitnya Kenapa karena dia tidak melihat

Kondisi kesehatan di satu tempat saja tapi itu menyeluruh ke mana-mana sifatnya holistik jadi ilmu-ilmunologi itu tidak terbatas yaitu nyebar main ilmu teknologi itu bukan mengenai masalah antibodi bukan bukan mengenai masalah nanti kita kebalnya gimana Nggak itu banyak sekali mencakup jutaan sel yang ada nah ini saya cuma untuk coba untuk menggolongkan

Ya menggolongkan biar kita kita agak gampang saja membayangkannya itu ada tiga sistem kekebalan manusia itu ada yang merah sistem kekebalan sistem kekebalan sistemik itu apa yang ada di dalam saluran pembuluh darah jadi saluran pembuluh darah itu ada banyak terus habis itu dia ke semua organ tuh ke jantung ke ginjal ke

Paru-paru ya kan ke hati semua Otak tidak ada satupun organ di tubuh yang tidak mendapat aliran darah dari pembuluh darah karena itu untuk bawa oksigen bahwa makanan di situ gitu bahwa nutrisinya energi ATP gitu nah kekebalan sistemik itu bekerja di dalam pembuluh darah nah yang bekerja di sini apa yang

Bekerja di sini itu ada namanya makrofag kerjaannya makanin virus makanin bakteri ada antibodi untuk mengenali virusnya itu Nah itu antara lain yang bekerja di sistem pembuluh darah itu seperti itu nah kemudian ada dua lagi sistem lagi yang lebih lebih sederhana lagi yaitu sistem pencernaan ada kekebalannya juga itu yang warnanya

Hijau itu saya bilang di situ kekebalan digestic digestic itu pencernaan itu adalah sistem kekebalan atau perlindungan yang bekerja sepanjang jalur makanan mulai dari tenggorokan sini terus ke asam ke lambung kemudian ke usus itu dia bekerja di situ kemudian ada lagi yang biru kekebalan respiratory atau yang fungsinya melindungi pernafasan itu

Lindungi pernapasan dari bakteri dari dari virus dari zat-zat yang bikin alergi gitu itu adanya di mana mulai dari sini loh hidung terus ke trakea sini terus nanti akhirnya ke paru-paru nah yang menarik adalah di dalam saluran pencernaan sama di saluran pernafasan di dalam rongganya itu loh Itu kan kayak

Pipa coba dibayangkan itu seperti seperti pipa gitu ngambil contoh yang gampang ini karena kadang-kadang kita perlu visual yang yang bisa bikin nah misalnya begini nih ini ada saluran pencernaan ya kan saluran pencernaan Nah ini kan ada rongganya di sini kan ini jalur usus atau pernafasan ini jalur terakhir nah ini kan ada rongganya

Nah di dalam rongga ini antibodi tidak bekerja makrofag di dalam sistem pembuluh darah itu tidak bekerja di dalam rongga ini oke jadi di dalam saluran hidung mulai dari ke paru-paru sampai menuju paru-paru kemudian di saluran makanan sampai ke usus sampaikan antibodi tidak bekerja di situ karena antibodinya bekerja di pembuluh darah

Pembuluh darahnya di mana ya kalau misalnya ini terus di sini kan ada jaringan nah pembuluh darahnya di sini nih Nah kalau misalnya virusnya bisa masuk atau bakteri dari sini kemudian nanti dia merusak lapisan mukosanya Sini masuk ke dalam Nah baru dilawan bakteri di sini tapi permukaannya ini tidak bisa dimasuki sama antibodi karena

Antibodi Hanya bekerja di saluran darah kita berpikir bahwa sudah ada antibodi bisa kemana-mana tidak makanya kemudian saya Pisahkan antara kekebalan yang ada di pembuluh darah kekebalan yang ada di saluran makanan sama kekebalan yang ada di saluran pernapasan Nah itu gimana detailnya ayo tak ceritain lagi Sekarang kita mulai dari yang paling

Rumit dulu yaitu kekebalan yang ada di pembuluh darah atau kekebalan sistemik yang warnanya merah silahkan slide berikutnya next nah ini saya coba akan Terangkan satu-satu kita cerita pelan-pelan saja karena ini saya agak kurang ajar dengan meringkas mungkin pelajaran satu semester jadi satu lembar PowerPoint satu halaman jadi ini yang namanya kerja

Kinerja kekebalan sistem ini kerjanya di pembuluh darah hanya di pembuluh darah bukan di tempat lain bukan bukan di saluran makan sama nafas ya jadi saya membuat ini ada 12345 5 langkah ini prinsip utamanya di sini kalau kita paham ini maka kita pahami monologi yang pertama itu ada virus masuk dulu infeksi virus virus

Masuk Nah ini virus masuk di sini ini pada saat virusnya sudah masuk di aliran darah bukan pada saat nempel di hidung ya pada saat nempel di hidung itu yang bekerja bukan nanti body bukan makrofat nggak ada Urusannya di sana oke ini virus nempel dulu bukan nempel nempel kemudian

Mungkin masuk sampai ke paru-paru sudah sampai paru-paru masuk ke saluran apa namanya Vena pembuluh balik nanti dari paru-paru kan ada alveolus yang kecil itu itu kan ada pertukaran untuk Arteri sama pena itu virusnya masuk ke situ baru masuk ke seluruh tubuh nah ini hanya terjadi di pembuluh darah

Tidak terjadi di rongga hidung dan tidak terjadi di rongga mulut pada saat ada infeksi virus masuk maka Respon yang pertama kali datang adalah makrofag macrofag itu kekebalan juga gede banget makro gede Pap makan pagar sel yang kerjaannya gede kerjanya makan itu virus yang bakteri itu dimakan pertanyaannya saya mengukur dari awal

Dulu nih karena kita harus menguji-nguji itu nanti Oke saya lanjut lagi aja ke yang tadi pertama dimakan dulu sesudah dimakan maka virus tadi dihancurin kemudian makrofag tadi berubah jadi namanya ABC antigen sel virusnya yang merah tadi itu dimakan dihancurkan kemudian dia ngeluarin proteinnya yang merah-merah tuh itu kan ada ujungnya protein yang merah-merah

Tuh begitu protein yang merah-merah itu keluar Maka nanti ditempelin sama namanya sel t Helper calte helper itu sel kekebalan juga fungsinya apa untuk menyambungkan antara makrofag yang jadi ABC tadi dengan sel B sesudah sel B nempel yang terjadi apa sel B ngeluarin antibodi antibodi yang hurufnya y gitu loh Nah

Antibodi Ini Nanti untuk apa antibodi untuk mengenali virus yang masuk berikutnya bukan virus yang tadi virus yang tadi kan udah dimakan tuh sama makrofag Nah nanti kalau ada virus lagi masuk entah kapan entah besok entah 1 tahun lagi gitu Kayak misalnya saya sudah divaksin covid atau Saya sudah pernah jadi penyintas tiba-tiba

Minggu depan saya kena covid lagi nah ini yang terjadi nanti bodynya keluar Kenapa karena sudah kenal Begitu antibodinya keluar yang nempel duluan nanti bukan makrofag tapi antibodi antibodi dulu nempel di virusnya sesudah antibodi nempel di virus yang terjadi apa makrofagnya datang makan apa bedanya virus yang ditempeli antibodi dengan tidak

Ditempeli antibodi makrofaka akan lebih cepat dan lebih banyak virus yang sudah ditempelin nanti body antibodi itu seperti bumbu makanan virus itu yang dimakan sama makrofag jadi kalau kita makan ayam mentah sama kita makan ayam yang sudah dimasak dibikin ayam goreng ya lebih banyak kita makan yang sudah dibumbuin gitu analogi sederhananya seperti itu

Nah gimana caranya kita ngerti kan tadi kita bicara uji lab toh kita bicara uji lab ingat aja gimana caranya sayang paham kalau misalnya tubuh saya sudah kena virus Saya tahunya Gimana kalau saya sakit kena infeksi virus yang dilakukan uji lab pakai apa PCR bisa rapitesan tigen bisa seperti biasa hanya yang perlu diingat

Sampelnya adalah sampel dari darah dan sampel dari dahak ludah lendir saliva kenapa karena yang kita lihat di sini ini adalah proses yang terjadi di dalam saluran pembuluh darah materinya zat perantaranya itulah darah berarti yang sampelnya dari darah Emangnya bisa darah dipakai buat kunci PC atau bisalah sampel darah pakai sampel organ pakai

Simple air kencing pakai sampel kotoran apapun bisa saya mainan PCR sejak tahun 2006 sampai sekarang bisa dipakai untuk menguji apapun nah yang paling penting adalah untuk tahu infeksi virus Jangan pernah mengambil sampel dari swap uji PCR bener levitation bener untuk dahak bisa rebetes antigen untuk PCR bisa pakai dahak bisa pakai darah tapi

Jangan pernah mengambil dari sampel swipe Kenapa ingat tadi Yang tadi kita Terangkan ini sesimpel ini ini sampel swipe kan di rongga hidung rongga hidung dapat Oh ada virusnya pertanyaannya virusnya sudah sampai di aliran darah sini belum Sudah nyebar ke tubuh kita belum yo nggak ngerti karena kita nggak ngecek darahnya ya

Proses infeksi hanya terjadi jika virus sudah masuk ke seluruh aliran darah menimbulkan kondisi namanya virus ada di situ dan akhirnya bikin demam sebabnya Kemarin banyak sebutan OTG orang tanpa gejala orang tanpa gejala itu apa orang tanpa gejala itu ya orang yang nggak sakit buat saya mau hidungnya

Positif atau enggak ada di daerah kok nggak ada datanya kecuali kalau misalnya diambil sampel dari darah kemudian dicek Oh positif VCR tinggal lihat City valuenya berapa kan Oh oke berarti dia terinfeksi Kenapa dengan dahak nadahak itu kalau misalnya virus yang di dalam tubuh kita sudah banyak sekali maka ada proses

Normal dari tubuh namanya shading shading itu mengeluarkan virus untuk mengurangi jumlah virus di dalam tubuh itu normal buat tubuh itu normal setting itu lewat mana Lewat ludah lewat droplet makanya dicek dahaknya kalau dahaknya memang positif bukan strapnya loh dahaknya memang positif ada yang mungkin dia sudah terinfeksi harusnya dia dalam

Kondisi demam pada saat itu sebabnya saya tidak menyukai untuk mengambil virus sampel virus dari sampel swipe saya coba ratusan kali untuk mengisolasi virus dari sampel swipe itu saya tidak pernah dapat virus yang hidup Saya hanya bisa dapat virus yang hidup kalau saya dapat sampel dari selama 2 tahun terakhir Kerjaan saya itu

Berburu dahak orang sakit karena saya bisa dapat virus hidup dari situ dan bisa tumbuh sehingga bisa diteliti yang kedua kita balik Tadi ke makrofag atau yang berubah jadi ABC jadi yang menghancurkan virus itu bukan antibodi antibodi itu nggak ngapa-ngapain dia cuman datang nempel aja ngenalin doang oh datang ke situ

Kayak GPS itu loh kalau kita jalan nggak pakai GPS kan kesasar kalau pakai GPS kan dipandu tuh nah GPS itu itu apa google map Google map GPS Google mapnya itu antibodinya nanti kita dipandu sehingga gampang dicek kemana gitu loh seperti itu tapi dia tidak menghancurkan apapun karena yang menghancurkan virusnya

Makrofag sehingga kalau kita mau lihat Apakah tubuh kita bisa menghancurkan virusnya atau tidak bukan dengan mengukur liter antibodi tapi mengukur teater monosit jumlah monosit kalau kita uji lab lengkap itu uji darah itu nanti ada leukosit nanti ada monosit ada limfosit itu adalah Asal dari makrofag pada saat terjadi kenaikan monosit dan

Limfosit nggak usah khawatir kenapa monosit dan limfosit itu tidak akan naik jika tidak ada Infeksi virus atau bakteri kalau naik berarti apa ayo berarti Jalan bener kekebalan tubuhnya jalan kalau meningkat berarti dia aktif menghancurkan virus atau benda asing yang masuk ke dalam sampelnya dari mana lagi-lagi dari darah

Nah berikutnya ada lagi sel t helper ini sebagai perantara supaya nanti antibodi terbentuk nah ini yang dicek apa CD4 komplement of determination 4 ini untuk ngecek jumlah perkiraan perkiraan jumlah sel di helper di tubuh kita sampelnya juga dari darah sel B yang memproduksi antibodi Gimana caranya kita ngecek dicek dilihat di

Limfositnya sampelnya juga dari darah sehingga kalau kita dapat satu lembar uji apa namanya uji darah itu kita bisa dapat banyak sekali informasi bukan cuma ngelihat apa Oh ini ada hasil cek darahnya saya darah tinggi gitu kita cek di situ monositnya kita Cek limfositnya suhu tubuh segala macam itu bisa dipakai

Dan yang terakhir adalah antibodi antibodi yang dikeluarkan oleh sel t sel B sorry Nah itu mujinya pakai apa ya biasa aja Elisa cmia tapi tes antibodi sampelnya lagi-lagi dari darah tapi untuk uji antibodi hanya bisa berlaku untuk satu jenis virus jadi misalnya nih saya kena infeksi covid kemudian saya mau ngecek antibodi eater

Covid saya Nah nanti ketangkep tuh kebaca tuh Oh kita nanti bodynya 3000 misalnya karena infeksi alami Oke bener seperti itu tapi kalau saya kena penyakit influenza atau saya kena penyakit TBC misalnya kemudian saya coba ngecek Twitter antibodi terhadap profit ya si lenol jadi selalu ada keterbatasan tergantung Bagaimana caranya kita membaca makanya

Diperlukan kejujuran wajib diperlukan kejujuran bagi setiap orang yang melakukan pengujian lab antibodi di sini fungsinya bukan untuk menghancurkan virus hanya untuk mengenali virus jadi kalau kita lihat misalnya kemarin Kementerian Dalam Negeri melakukan uji di apa namanya tuh seperti munity ya gitu itu 98% lebih penduduk Indonesia dari 15 lokasi aglomerasi itu

Sudah memiliki titerant terhadap virus covid berarti apa 98% rakyat itu sudah mengenal virus covid tubuhnya yang terjadi berikutnya apa kapanpun nanti masuk keluar sendiri nempel sendiri ke situ dimakan sendiri sama makrofag berarti apa 98% rakyat Indonesia memiliki sistem kekebalan tubuh yang akan bekerja otomatis buat lawan virus covid gitu loh

Jadi disitu bukan berarti nanti Oh kalau sudah ada antibodi antibodinya bukan yang ngancurin virusnya bukan antibodi ada yang menarik juga satu hal bahwa pada saat berubah jadi antigen bersenting Cell kemudian ketempelan sama apa sel t dan juga ketempelan sama sel B untuk mengundang sel t dan sel B lebih banyak

Itu tubuh mengeluarkan namanya sel radang sehingga terjadi demam sehingga yang namanya demam itu tidak perlu ditakuti [Musik] karena demam itu adalah respon normal tubuh untuk ngasih tahu kita ini lho sistem kekebalan tubuhmu jalan Saya manggil lebih banyak pasukan untuk mengatasi penyakit infeksi yang masuk ke tubuhmu tadi gitu

Itu demam jadi demam tuh nggak ada nggak perlu ditakuti demam tuh proses noral tubuh justru kalau misalnya kita masih hidup itu ada demam kalau udah nggak hidup itu loh nah ini saya kasih tanda bintang kecil di situ untuk sel t helper dengan tanda tanya virus HIV ini sepintas saja

Konon virus HIV atau yang menimbulkan gejala AIDS itu kan menyerang sel t helper merusak sel t Helper sehingga kalau sel t helper dirusak Maka nanti tidak akan ada kekebalan yang bisa mengenali virus yang masuk atau virus apapun yang masuk karena nggak ada antibodi toh kan kayak dipotong toh

Kalau nggak ada sel t helper ya nggak ada Selby nempel ya nggak ada antibodi kan gitu ya kan tapi ada satu hal yang cukup menarik buat saya dan saya sedang meneliti juga Kenapa uji untuk HIV terutama untuk ibu hamil sekarang itu pakai uji tes antibodi kan dua kali itu ujinya seleksinya tuh

Sekelilingnya pertama uji HIV terus nanti HIV tipe 2 itu kan ngambil dari darah itu kan yang dicek antibodinya kemudian nanti kalau antibodinya keluar positif dianggap Dia kena virus HIV kemudian nanti diberikan obat anti retrovirus sampai dia meninggal pertanyaannya jika virus HIV merusak sel t Helper maka tidak akan pernah ada antibodi energi

Berarti sel t helpernya nggak rusak Terus ngapain kita khawatir sama uji HIV kan gitu karena kalau kita mau nguji apa kita kena virus HIV atau tidak bukan lewat uji teater antibodi atau uji rapitest antibodi tapi dengan ngambil darah dan di PCR dilihat ada virus hivnya atau tidak itu yang benar

Itu ini sepintas saja nanti besok akan ada beberapa sesi kita akan bahas lebih mendetail lagi mengenai HIV dan AIDS Gimana caranya kita ngatasi tapi ini perkenalan aja Oke next silahkan saya berikutnya nah caranya meningkatkan kekebalan sistem itu gimana ini dibaca cepet aja caranya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A C dan E

Meningkatkan energi alami mau minum madu gula aren apa yang alami ajalah ya kan Terus makan istirahat yang cukup nah ini yang yang merah ini yang harus dihindari satu pemberian rutin obat anti radang atau penurun panas misalnya Paracetamol Dexa karena ingat tadi pada saat ada radang itu justru tubuh kita manggil sel-sel

Kekebalan lebih banyak Nah radangnya ditutup ya nggak ada yang dipanggil toh sel-sel kekebalan nggak datang begitu sel-sel kebanggaan datang yang terjadi apa virusnya tambah banyak Oh nggak ada yang makan kan gitu sehingga pemberian obat anti radang dan penurun panas jika di rutinkan itu akan menjadi bumerang bagi manusia sendiri malah merusak tubuh

Apa berarti kita tidak boleh minum Yunda ya diminum saja kalau badan kita ndak kuat kan manusia ada batasannya suhu tubuh manusia itu 36 setengah sampai 37 setengah normal kalau sudah sampai 38 sudah 39 misalnya sampai 39 atau bahkan 40 badan saya nggak kuat ya diminum saja hanya sekali atau dua kali saja oh

Demamnya turun sudah itu ya dibiarkan lagi kita harus membiarkan sistem dalam tubuh kita bekerja para sitamol bagus diminum kalau badan kita nggak kuat sudah itu ya jangan di rutinkan jangan sehari tiga kali selama seminggu wah yang gak jalan semua virusnya tambah banyak makanya kasus infeksi virusnya tambah parah itu gara-gara itu gitu loh

Kemudian pemberian antibiotik tanpa diagnosa tepat orang sakit virus dikasih antibiotik nggak nyambung nanti biotik untuk bakteri bakterinya nanti ngerusak bakteri di lambung bakteri lambung rusak makanan yang dimakan nggak bisa jadi energi nggak bisa memproduksi antibodi sama makrofag lagi yang terjadi apa badannya tambah lemas virusnya tambah banyak itu yang dihindari itu

Jadi semuanya harus ada patokannya dan mengacu ke data lab juga gitu loh diagnosa oke nah Ini berikutnya akan gampang lebih gampang yang susah cuma ini aja berikutnya nyantai Oke next silahkan saya berikutnya Saya akan percepat sekarang nah ini makanan yang mengandung vitamin AC sama e itu ada gambarnya nanti

Tinggal dilihat dipilih sendiri mau yang mana bebas vitamin tidak harus beli Tuhan itu loh menciptakan vitamin anda di mana-mana cuma kitanya aja yang belum sadar bahwa dia itu ada banyak gitu toh Oke next slide berikut silakan nah ini kita belajar namanya superfood superfood itu makanan super yang mengandung banyak sekali kegunaan

Pertama telur telur banyak di mana-mana beli banyak di pasar kandungan vitamin E nya tinggi sekali dan vitamin ini nggak rusak kalau dipanasin makanya makanan paling sehat Kalau pagi telur rebus saya kalau pagi makan telur rebus satu atau dua butir gitu itu Nah itu ngerebusnya terserah mau berapa lama ada dua kalau setengah

Matang ya 2-5 menit kalau mau matang ya 8-10 menit gitu Saya biasanya merebusnya yang 8 menit habis mendidih masukin 8 menit diambil di Once makan sambil minum kopi nggak pakai gula sama rokok merokok buat saya aja jangan diikutin yang lain gitu nah ini Telur juga sumber protein yang paling baik itu energi

Untuk produksi sel-sel kekebalan ini makanan super diciptakan oleh Tuhan bukan oleh pabrik silahkan slide berikut nah alpukat ini ada vitamin C nya banyak vitamin E banyak vitamin B untuk saraf banyak banget yang paling bagus menarik dari alpukat itu sumber utama zat namanya glutation itu sebagai anti kanker kita semua punya masalah besar dengan

Kanker nah sumber obatnya udah disediain sama Tuhan loh ada di alpukat tapi alpukat makannya alpukat yang mentah aja yang dikerok jadi nggak dimasak untungnya kalau di Indonesia kan biasa makan yang alpukat yang dikerok gitu kan mau dikasih apa aja nggak apa-apa dibikin kerokannya banyak campur es campur nggak apa-apa yang penting

Mentah aja itu alpukatnya Nah itu itu sumber energi paling bau paling bagus itu ini superfood untuk kelas dunia itu alpukat itu Oke next silahkan slide berikut nah ini tadi kita tahu yang kekebalan di peredaran darah sekarang kekebalan yang kita cerita kekebalan di saluran pencernaan nih jadi saluran pencernaan itu dari sini kerongkongan

Terus ke asam lambung terus ke usus sampai ke bawah yang warnanya hijau itu kondisinya asam yang warnanya biru itu kondisinya basah Kenapa kondisinya asam karena makanan yang kita makan kan padat nih dikunyah masuk ke dalam itu kan harus dihancurkan pakai asam di asam lambung Jadi kalau ada orang bilang oh saya

Punya asam lambung semua makhluk hidup punya asam lambung kalau misalnya sampai Anda punya asam lambung itu nanti sampeyan jadi bayam Apa jadi pohon beringin karena di situ nggak ada sistem pencernaan tanaman tidak punya asam lambung gitu bahkan serangga saja masih punya asam lambung tapi tanaman tidak punya asam lambung

Jadi dibilang Wah saya punya sama Emang semua makhluk hidup menghancurkan makanan sudah menghancurkan makanan makanan yang dihancurkan Tadi nanti akan diubah jadi gula glukosa glukosa diubah jadi energi oleh siapa oleh bakteri yang ada di saluran pencernaan bakterinya apa lah itu tuh lihat sebelah kiri itu ada tuh lactobacillus Streptococcus terus di video bakterium

Rumino focus kayak gitu semuanya tuh ada di situ jadi tubuh kita ini bukan isinya cuma sel saja tidak tubuh kita itu adalah kota untuk banyak sekali mikroba untuk banyak sekali bakteri ada banyak sekali makhluk hidup yang tergantung hidup di dalam tubuh kita dan semuanya bekerja sesuai sama aturannya semua bekerja secara

Teratur membantu sel-sel tubuh kerja organ-organ tubuh bekerja ditandai hidup sendiri ada dunia di dalam tubuh kita dan ada banyak sekali bakteri yang hidup bersama kita dan mereka akan bantu kita bakteri itu tidak semuanya jahat banyak sekali bakteri-bakteri yang baik itu yang bekerja di dalam tubuh kita bakteri apa ya itu yang mencerna makanan

Nanti ubah makanan jadi enzimnya itu bakterinya ngeluarin enzim makanannya diubah jadi glukosa glukosa jadi energi energi nanti dipakai untuk tenaga semua sel tubuh kita untuk jantung supaya kerja untuk paru-paru kerja ginjal kerja untuk produksi sel-sel kekebalan yang tadi itu ingat itu dari situ sisanya bakterinya bakteri tidak tahan asam yang

Di usus besar bagian bawah Nah itu fungsinya apa apakah dia bisa mencerna juga tidak karena makanan habis dihancurin dicerna teruslah ada sisanya nah sisanya ini kan wujudnya pasti keras Nah kalau barang keras ini dimasukkan lewat usus bagian bawah ya luka semua khususnya maka ada bakteri pengurai mengurai dan melunakkan sisa makanan

Kemudian menyerap air dari sisa makanan kemudian makanan itu berbentuk menjadi kotoran keluar dari tubuh kita setiap hari apa yang kita makan yaitu yang kita keluarkan keluar dalam bentuk kotoran tanpa ada bakteri pengurai kita makan jagung yang keluarnya jagung nggak ada yang mengurai nggak ada yang nyerna mau diapain

Kita nggak dapat apapun dari situ cuma lewat aja itu fungsinya bakteri kemudian Bagaimana dengan penyakit itu kan asam lambung kalau ada asam lambung saya kena singkatan apa coba gerd gastro esok Pagel refleks disorder bahasa Inggrisnya gangguan refleks itu naiknya naik ulang gastro itu apa gastrik gastrik itu lambung yang ada asam lambungnya itu

Yang warnanya hijau-hijau itu sementara esopagial esofagus kerongkongan yang ada di sini jadi di dalam lambung itu di atasnya itu ada katupnya ini ada ototnya otot spinter ototnya nih kalau misalnya asam lambungnya penuh dia nutup kayak katup gitu loh nanti kalau misalnya kalau misalnya apa asam lambungnya sudah

Sedikit gitu nah itu nanti dia ini Apa dia buka lagi gitu Kenapa buka karena kan makan dari mulut sini supaya makanannya masuk nah itu jadi itu itu Normal itu normal Nah kenapa kok bisa terjadi tiba-tiba katupnya ini nggak berfungsi sehingga pada saat ada asam lambung ke sini ya

Kan katupnya harusnya nutup dia buka yang terjadi apa asam lambungnya naik ke sini sehingga terjadi di daerah sini tidak tahan asam lho ya asem itu ngancurin apapun loh begitu naik ke atas sini Yo kita rasanya kayak kebakar batu-batuk gitu loh Itu namanya jadi gerd itu urusannya bahwa asam

Lambung di sini naik ke atas karena apa Karena ada gangguan di ototnya Kenapa ototnya bisa jadi gangguan pertama kita lihat yang gampang aja makanya kebanyakan makan kebanyakan terus Wah nih perutnya udah penuh nih lambungnya udah penuh tambahin aja ya akhirnya makan aja nyangkut-nyangkut di sini ya kan

Yang terjadi apa yang di bawah masih mencerna masih dimasukin makanan lagi ya ini kan keluar nanti ototnya buka gitu makanya bener sekali kayak dianjurkan sama Rasulullah itu Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam itu lambung tuh diisi cuma 1/3 makanan sepertiga minuman air sepertiga air sepertiga udara saya sedang mencoba menerapkan itu sekarang Dulu saya

Makannya banyak banget sekarang saya makan secukupnya saja dan dan masih cukup itu untuk energi sepanjang hari itu masih cukup Terus yang kedua apa Nah ini yang menarik katup otot jantung ini berhubungan juga dengan saraf yang ada di jantung sehingga pada saat kondisi sampai jantung yang berdebar-debar atau takut pada saat takut atau cemas

Itu nanti akan mempengaruhi juga gerakan dari otot katup lambungnya pada saat diharusnya nutup dia jadi kebuka misalnya atau jadi longgar sedikit asam lambungnya naik ke atas sehingga memicu yang disebut sebagai kecemasan berlebihan itu yang Sayati Disorder orang-orang bilang itu hubungannya itu hubungannya cara mengatasinya gimana lah kita tahu

Kalau kita takut deg-degan terus nanti akan ganggu otot katup lambung obatnya gimana ya obatnya nggak usah takut nggak usah cemas Gimana caranya belajar kayak gini kalau kita ngerti udah ngerti kan kita jadi tahu kalau udah tahu kan kita jadi nggak takut sama kayak 2 tahun kemarin kita belajar covid kan gitu

Di situ Intinya kita ngilangin ketakutan dan juga kita nyadari bahwa yang kemarin udah lewat ya lewat besok tuh belum pasti tapi kita masih bisa melakukan apapun yang bisa kita lakukan hari ini dengan baik gitu Jadi saya nggak pernah khawatir dengan apa yang saya lakukan kemarin itu dan apa yang akan terjadi

Besok sama sekali tidak khawatir tapi saya akan melakukan apapun yang bisa saya lakukan hari ini gitu Untuk ngilangin kecemasan Oke next ini tinggal beberapa menit lagi saya harus percepat lagi silakan nah ini caranya ini tadi mengkonsumsi makanan alami makan prebiotik alami probiotik alami dan tak jelasin puasa bagus sekali membantu

Untuk mengefektifkan pencernaan makan minum secukupnya Udah tadi Nah ini yang dihindari pemberian rutin antibiotik kenapa kalau antibiotik masuk ke dalam tubuh tanpa diagnosa tepat itu Kota yang isinya bakteri banyak itu mati semua apa yang terjadi kalau bakteri mikroflora normal tubuh mati nggak ada yang mencerna makanan kita kita nggak dapat energi makanya tambah

Dikasih antibiotik tambah lemas badannya hindari juga antibiotik dengan efek samping berat basithromesin itu memacu merusak lambung juga pemberiannya tidak tepat mengakibatkan gangguan jantung yang terakhir dari kecemasan dengan hidup tenang santai saja Oke next slide berikutnya silahkan nah ini ini makanan superfood saya ceritakan ada dua satu pisang pisang ini

Sumber energi protein kalsium mineral vitamin E yang kita dapat tadi dari telur dari alpukat di efektifkan dengan makan pisang dan juga ini nanti akan menyuburkan bakteri baik yang ada di dalam pencernaan usus pisang itu bagus sekali untuk untuk apapun itu makanan super itu Usahakan makan pisang next silahkan

Slide Berikutnya ini yang menarik nah tempe tempe itu kedelai ya kan difermentasi ditaruh disimpan nanti keluar serat-seratnya yang putih-putih kayak kapas itu loh Nah itu jamur Kapan Rhizopus Kapan Rhizopus Ini menghasilkan antibiotik alami untuk bakteri-bakteri jahat atau bakteri penyebab penyakit di dalam usus antibiotik alami dan ini nggak bikin toksin atau racun

Ada puluhan paper internasional tentang tempe dan kandungan rhizopusnya banyak banget cek aja kalau di barat sana Mereka bilangnya nggak pakai h apa bilangnya Tempeh bukan tempe ya rizopus puluhan paper tentang itu dan semuanya mendukung bahwa ini makanan yang sehat nah yang menarik adalah kita tadi tahu ada bakteri lactobacillus dividobacterium yang di pencernaan

Nah kalau tempe berfungsi sebagai antibiotik Apakah mereka nanti menghancuran itu jawabannya tidak nah ini yang menarik antibiotik alami dari kapan Rhizopus hanya akan menghancurkan bakteri patogen yang masuk bakteri yang merusak usus saja tapi dia malah menyuburkan bakteri yang normal mikro flora normal yang ada di dalam usus itu Cuma masalahnya satu saja

Nah kapan Rhizopus ini kalau dipanasin jadi rusak Jadi gimana makannya yang makan kondisi mentah saja seberapa banyak makanya dikit aja kalau kita mau itu kan sebagai prebiotik juga prebiotik yang bagus sekali bukan probiotik ya probiotik Pro itu bakterinya prebiotik itu segala macam hal yang kita makan yang akan menyuburkan mikro flora normal mikro

Flora normalnya itu probiotiknya Nah itu kita makan saja satu potong aja jangan satu papan gitu ya kan nanti Mendem tempe itu sepotong kecil aja apalagi kalau kita sakit perut makan tempe mentah itu akan sangat membantu gitu dan itu aman tidak pernah ada data mengenai kasus keracunan tempe

Tempe yang dibikin ini ya tempe biasa bukan tempe bongkrek yang udah lama loh Itu keluar racunnya itu loh ini tempe biasa saja normal gitu nah ini ini makanan super ya kita tidak perlu apa Makan tempe mentah tiap hari gitu ya kalau ada kita bisa makan karena kalau misalnya atau kalau

Misalnya dipanasan digoreng gitu bikin agak tebal sehingga yang bagian bawahnya itu ndak terlalu kena panas kalau yang digorengan gimana lain digorengan itu udah Tempenya tipis gitu dibikin tipis kayak kertas dikasih tepung lagi itu kan jadi kriuk-kriuk gitu lah itu Ya sudah jadi kripik itu ya udah nggak ada nilai gizinya kecuali rasa

Satu lagi supaya lebih cepat lagi nah ini yang di saluran pernafasan jadi saluran pernapasan itu dari trakea sampai ke paru-paru ini ada lendir di sini fungsinya lendir itu apa lendir itu untuk menutupi apapun yang nempel ke mulai dari hidung sini sampai terakhir sini loh itu yang biru-biru itu

Loh muncul lendir di situ isinya imunoglobulin a ada Masel segala ada di situ itu untuk ngancurkan jadi supaya virus bakteri atau penyebab alergi yang masuk ke tenggorokan kita di perangkap di situ sehingga nggak bisa kemana-mana gitu loh Nah kalau sudah terperangkap di situ kemudian lendirnya banyak ngumpul di

Situ yang terjadi apa kita batuk Lah kok bisa batuk karena saluran saluran apa namanya pernapasannya tadi saluran pernapasan yang ini kan tadinya segini lah karena ada lendirnya kan jadi lebih sempit oksigennya masuk sedikit kita Munculkan respon batuk untuk apa untuk ngeluarin lendirnya gitu kan ngeluarin lendirnya karena kalau lendirnya sudah keluar

Saluran pernapasan jadi normal lagi nah itu nanti kita nafasnya normal lagi itu normal batuk dan pilek itu reaksi normal tubuh sama kayak demam sama kayak asam lambung ada masalah sama sekali Gimana caranya kita mengurangi batuk pilek Apakah kita harus minum obat untuk penekan batuk tidak ingat batuk pilek disebabkan karena

Lendir atau karena radang yang ada di situ ngilangi lendirnya gimana kan kita inget dulu gitu cuci hidung sama agar pakai air garam 1% lah kalau sudah lepas keluar semua lewat hidung lewat mulut itu saluran udaranya bersih kalau sudah bersih apa nggak ada virus nggak ada bakteri nggak ada lendir

Ini kita nafasnya bisa normal kembali simpel karena di pernafasan begitu pernafasan itu tidak kayak pencernaan anda ph-nya itu bisa ngancurin PH asam Itu kan hancurkan virus bakteri dari luar banyak banget itu maksudnya di sini nggak ada ph-nya di pernafasan sehingga Ya kita harus membantu tubuh kita dengan ya rutin lah

Itu harus setiap hari 3 hari sekali gitu cuci hidung pakai air garam non yodium 1% jadi Oke next silahkan slide berikutnya nah ini untuk meningkatkan kekebalan pernafasan yaitu cuci hidung tadi cari lingkungan dengan kadar oksigen tinggi dan bebas polusi Cari tempat dimana banyak tanaman karena tanaman itu dia ngambil karbon ngeluarin oksigen

Carilah tempatnya kalau liburan nggak harus ke gunung atau ke hutan di taman kota itu loh duduk-duduk aja itu pohonnya banyak itu oksigennya banyak akan membantu sekali pernapasan kita melatih metode pernapasan saya coba untuk melatih pernapasan saya katakan Saya nafas Normal itu kan dalam satu menit itu kan kurang dari 20 kali

Gitu kurang dari 20 kali Nah kalau kita bisa ngelatih nafas kita supaya agak lebih rileks lebih pelan itu akan mengefektifkan banyak hal dan juga efektif karena asupan oksigen dan juga membuat kita jadi lebih segar kayak latihan nafas pelan Nanti pelan ngeluarin pelan ya kalau pagi atau sore Lagi nyantai

Gitu Itu bisa gitu saya bisa satu menit mungkin 4 kali atau 5 kali gitu bernafas itu saya Pelankan itu itu akan sangat membantu itu melatih metode pernapasan nah ini yang dihindari jangan pakai obat anti radang rutin setiap batuk dan pilek minum obat warung misalnya supaya pileknya hilang sampeyan nggak ngilangin pileknya sampeyan tuh

Ngilangin radang yang di situ saja tapi virus bakterinya masih tetap nempel di sini solusinya batuk pilek ya cuci hidung aja Kalau kira-kira nggak kuat itu baru minum Tapi kalau nggak ya didiamin aja karena sumbernya itu kan nempel di sini bukan radangnya gitu Terus kalau kita alergi ya dihindari penyebab alerginya

Karena ada yang alergi kalau saya datang ke tempat yang banyak debunya langsung enggak bisa nafas misalnya solusinya apa sampai kan udah tahu ada tempat berdebu terus sampeyan nggak bisa nafas ya dihindari tempat yang berdebu apa enggak tempatnya sering dibersihkan saya setiap kali dingin langsung sesak nafas obatnya apa

Pindah ke Arab sana panas di sana jangan mengekspor tubuh kita terhadap hal yang dingin kalau ada AC disetel hangat misalnya atau kita pakai baju hangat gitu selalu cari permasalahannya dengan solusi dari sumber masalah bukan Ngilangin efek-efek yang timbul kalau sumber masalahnya dihilangkan maka semua masalahnya juga semua efeknya gejalanya

Juga akan hilang gitu jangan fokus ke gejalanya atau efek yang timbul fokus ke inti permasalahannya solusinya ada di situ Oke next silahkan ini slide terakhir apa yang kita pelajari sekarang itu bukan bukan untuk bikin kita tampak lebih pintar memahami ilmu pengetahuan bukan terlalu pintar tapi untuk bertahan hidup

Dalam melawan penyakit dan juga gangguan organ tubuh sehingga kita tahu apa yang bisa kita lakukan terhadap tubuh kita terima kasih sekali saya kembalikan kepada mbak odri silahkan juga ada pertanyaan Baik terima kasih Dokter Indro untuk paparan yang begitu luar biasa pada siang hari ini bahwa ternyata memang betul ya beberapa penyakit memang sudah

Menjamur sudah ada diantaranya kalau Islam memang sudah lama ya kemudian juga belakangan ada juga justru masalah gerd saya pun juga baru tahu belakangan ternyata ada masalah good ya biasanya kan kalau asam lambung naik aja kalau misalnya lagi stress atau misalnya telat apalagi diabetes ini juga banyak

Bahkan yang muda pun juga ada ya Dok Ya begitu ya Nah itu karena permasalahannya tadi ya gaya hidup pola makan terus kemudian juga banyak mengonsumsi tadi di antibiotik Terus mungkin juga kita kurang makan makanan yang kayak akan gizi yang tadi namanya superfood diantaranya telur ada alpukat ada pisang

Juga ya Dok Ya oke nah kita langsung saja buka pertanyaan silakan Bagi yang mau menanya nah ini sudah ada beberapa sebenarnya di kolom chat yang ingin slidenya Nah kalau yang ingin slidenya nanti mungkin bisa dishare Ya sudah sudah dishare tinggal nanti ke sekretariat panitianya sudah ada Oke Baik kalau misalnya mungkin lupa

Download nanti juga bisa menyaksikan sebenarnya YouTube kami langsung dipipi jadi bisa langsung nanti bisa di screen capture atau difoto ya menggunakan handphone Oke kita akan buka tanya jawab nah oke yang pertama ini datang pertanyaannya dari Mas Alit atau bapak Alit Pakde intro Apakah jika telur maupun pisang dimasak atau digoreng juga

Akan mengurangi khasiatnya yang dijelaskan mungkin sama seperti tempe tadi kan ya Jadi kalau pisang itu lebih bagus itu dimakan dimakan apa adanya saja ya tanpa proses itu itu yang paling bagus di situ karena kandungan gizinya nanti rusak pakai pemanasan Nah kalau telur kalau telur Saya lebih suka sekarang yang

Direbus karena saya ngejar vitamin E untuk nanti mengaktifkan sel-sel kekebalan saya sementara vitamin E itu tidak rusak pakai pemanasan cuman masaknya jangan lama-lama jadi kalau bikin telur rebus itu saya cuma pakai 8 menit masak air nunggu airnya mendidih masukin telurnya 8 menit sesudah itu diambil ya sudah tinggal

Dimakan selesai kita ndak perlu beli vitamin E kita tidak perlu beli vitamin D udah ada semua di dalam situ Oke tapi pertanyaannya mungkin gini dong ada yang bertanya katanya jangan sampai masaknya telur setengah matang karena ada bakterinya dan lain-lain itu gimana nah ini yang mengenai masalah bakteri

Ini ada bakteri salmonella dari ayam tuh nah bakteri salmonella dari ayam itu kan adanya di saluran bukan di saluran ya ada di usus pencernaan kemudian ada di dia keluar lewat kotoran Oke dia keluar lewat kotoran nah kemudian pada saat itu telur keluar sepanjang jalur pembuatan telurnya itu telurnya itu bersih

Kemudian sesudah terbentuk kuning telur putih telur kemudian terbentuk cangkang telur baru dikeluarkan nah pada saat keluar ya memang salurannya sama kayak saluran kotoran Tuhan menciptakan seperti itu saya nggak bikin kalau saya pengennya telurnya ke pisah gitu tapi saya nggak bikin ayam gitu berarti daerah yang paling banyak salmonellanya ada di mana

Ada di kulit telur bukan di dalam telurnya berarti yang harus dilakukan supaya nggak kena salmonella gimana ya sudah begitu dapat telur yang dicuci saja telurnya pakai sunlight itu loh sana campurin air cuci bersih sudah sudah itu ya sudah ditaruh aja tempat yang kering itu sama nilainya hancur simple salmonella sangat jarang sekali

Bisa masuk kalaupun itu masuk nanti kan dilakukan pemanasan pemanasan dalam waktu ingat loh airnya mendidih loh ya bukan bukan air awal dingin terus itu nggak masuk kan pada saat Airnya sudah mendidih masukin saja fluk gitu Dalam waktu 5 menit itu nanti akan jadi telur setengah matang Air mendidih itu kan di

Atas 100 derajat hancurlah salmonellanya sama sekali tidak ada masalah salmonella hanya akan bermasalah kalau misalnya kita dapat telur baru dari ayam dimakan kulit kulitnya itu masalah besar Oke Baik Pertanyaan selanjutnya kalau dari Pak Zainal nih kalau sariawan yang tidak kunjung sembuh itu karena apa sariawan itu kan radang yang ada di mulut

Nah penyebabnya itu karena apa Kok bisa ada radang terus ada ada apa namanya kerusakan di mulut Kok ndak sembuh-sembuh berarti Apa ada proses regenerasi sel yang Dajjal atau di situ penyebabnya apa bakteri harus kalau bakteri Ya sudah sampean kumur-kumur aja pakai air air garam 1% itu bisa atau

Kasih metilen blue apa namanya apa ya saya lupa Saya tahunya kandungannya metilan blue yang biru-biru itu loh untuk nutupin itu loh Itu juga bisa tapi sampingnya juga harus memperbaiki sel yang ada di dalamnya pakai apa ya minum vitamin A C E itu bisa untuk memperbaiki sel-sel di dalamnya supaya nanti bisa

Tumbuh lagi mungkin karena kurang minum kan gitu Itu dicoba dulu semuanya sudah itu ya Sudah gitu saja dicoba saja jadi bukan hanya ngatasi sariawannya tapi pikirkan sel yang ada di bawahnya itu karena kalau selnya bagus ya nanti saya sariawannya nutup sendiri kok Tolong saya digigit anjing itu saya minum

Vitamin E kaki saya itu pernah sobek itu digigit anjing nanti saya minum vitamin saya pakai antibiotik untuk kaki saya tapi nggak saya jahit saya diemin aja Nggak nggak ke Rumah Sakit sih itu tapi saya minum vitamin C vitamin E itu selama 2 minggu lah Habis itu dia jaringannya nutup sendiri sudah gitu

Sama sekali pertanyaan berikutnya ini masih tentang telur kita balik lagi dari Mbak atau Ibu Atik Utami Pakde anak saya atlet sehari makan telur rebus bisa minimal 5 butir apa nggak terlalu berlebihan 5 butir seharinya telur itu sekilo isinya 18 kalau 5 butir itu kan berarti nggak ada sekilo ya

Kalau punya masih punya uangnya buat beli yang tidak berlebihan karena kalau atlet itu kan dia jauh-jauh lebih aktif dibandingkan dibandingkan saya itu Yang kerjanya cuma mainan laptop aja gitu kan permainan HP gitu kan gitu gerakannya lebih lebih aktif semakin aktif dia butuh protein semakin banyak jadi Oke nggak masalah

Nggak masalah sama sekali mungkin kalau misalnya apa [Musik] mau dikurangi misalnya mau dikurangi Ya misalnya ya mungkin dikurangi kuning telurnya pakai putih telurnya tapi tetap dibutuhkan kuning telurnya gitu misalnya dari 5 misalnya Apakah nanti mau mau kuning telurnya Jadi dua atau tiga gitu tapi putih telurnya tetap dipakai atau

Kalau enggak ya makan semuanya juga disukai enggak masalah lah wong tubuhnya itu aktif semakin aktif tubuh kita itu nanti semua bahan-bahan yang masuk ke dalam tubuh itu kan diolah semua tapi karena Gini mungkin ada kekhawatiran takut apa katanya Kalau tidak salah kalau lebih banyak makan itu karena kita kotor kulitnya kena bakteri lalu

Kemudian bakterinya masuk ke situ kemudian jadi tumbuh di Sulawesi itu berkembang biak di situ Itu bisul itu karena kita nggak bersih kayak jerawat itu kan kita jarang bersihin cuci muka misalnya ya kan ada satu sini terus nanti nempel entah debu entah apa nyumbat di sini Entar kan jadi tambah

Jadi bengkak atau kalau nyumbat di situ Om paru-parunya ketutupan kan gitu kalau kita sering bersihin muka gitu cuci muka yo ndak ada jerawatan bisul yang sama seperti itu ndak ada urusannya sama telur itu loh Oke lanjut lagi ini masih banyak yang tentang telur dok ini yang berikutnya

Ada yang bilang justru saat telur dicuci sebelum disimpan di kulkas mendorong bakteri masuk melalui pori-pori bener nggak tuh kalau telur dicuci justru pori-porinya katanya kebuka Terus apa namanya bakterinya masuk ke dalam Jadi mendingan nggak usah dicuci ditaruh di kulkas langsung itu gimana ya kalau misalnya di gini cuci Itu tuh

Bukan berarti dalam artian kita nyuci pakai sunlight direndam lama itu bukan kayak gitu loh bukan bukan seperti itu loh maksudnya jadi kalau saya saya mencuci telur itu hanya pakai air sedikit saja ya kan Dicelup sebentar ya kan celup sebentar asal lihat ketutupan gitu dibilas Habis itu ya sudah selesai itu saja kalau mau

Tapi misalnya jika tidak mau ya ini Oke Karena pada saat kita memproses telur dan kita nggak pakai cangkangnya toh Kan dibuka isinya keluar dipanasin kan nggak ada yang makan telur dipecah mentah-mentah gitu kan nggak ada semuanya makannya kan di itu dimasak atau yang paling aman ya saya selalu mencari cara yang paling sederhana

Direbus saja direbus kan sekulit-sulitnya semua bakterinya udah ada masalah apapun kalau masalah penyimpanan itu kan nanti penyimpanan kulkasnya gitu saja kalau kita nyimpen bahan jangankan telur ya kan mau daging mau sayur di dalam kulkas ya semuanya ada bakterinya Makanya kita juga harus rajin bersihin kulkas kan gitu bersin kulkas ntar disemprot pakai

Saya pakai itu aja cuci piringnya gitu aja kok Nah ada masalah apapun Sampai menunggu pertanyaan lagi mungkin ini pertanyaan dari saya kenapa sekarang ini kita terutama ya itu ya yang masih muda saja banyak terkena penyakit apakah karena kita mungkin salahnya karena lebih bahkan banyak apa fast food kah kayak gitu dong Karena kan

Mungkin bagi yang pekerja kan saat ini kan butuhnya cepat ya Dok Ya kadang menyiapkan bekal dari rumah jadi ya udahlah beli yang instan aja gitu gini satu hal dengan makanan password itu nggak ada masalah apapun dengan itu hanya akan ingat pada saat pembuatan makanan cepat itu yang diutamakan itu kan Rasanya tuh

Gimana caranya bikin cepet makanan yang rasanya enak dah itu sementara akan ada banyak sekali material-material zat aktif yang akan rusak oleh pemanasan rusak oleh zat sintetis misalnya kita kan masukin Kalau ayam hampir semua pakai baking soda untuk empukkin itu loh buat bikin ayam goreng itu kayak gitu itu hampir

Semuanya pakai baking soda baking soda itu bukan bahan alami pakai gula juga Gula sintetis misalnya itu juga bukan bahan alami semua bahan yang sifatnya non organik begitu masuk ke dalam tubuh itu mecahnya susah di breakdown itu jadi jadi metabolik kecil-kecil itu susah tapi kalau bahannya alami masuk di pecahnya gampang sehingga kalau misalnya

Kalau Saran saya saja kalau misalnya kita tinggal di perkotaan kita repot sekali ya kan kalau misalnya mau kita belum bisa bawa bekal atau gimana kalau Saran saya ya itu aja bawa pisang simple sekali pisang itu kita makan dua pisang itu sudah cukup loh Itu untuk untuk kegiatan sehari misalnya pagi gitu atau

Sampai nanti siang gitu pisang telur rebus simple nggak butuh waktu banyak dimintain tolong sama pantry-nya itu itu rebusin telur itu tiga gitu udah selesai atau dua misalnya itu saja itu sehat sekali Saya baru mulai menjalankan apa mengatur pola makan itu mungkin ya dalam satu bulan ini gitu

Selain karena diabet Saya tinggi gitu ya kemarin saya diabetesnya tinggi kemudian saya mencoba untuk saya kan minum jamu yang kayak kemarin itu cuma saya pengen lihat nih efektivitasnya gimana makanya saya nggak diet saya tetap makan nggak aturan gitu kayak biasanya karena saya pengen ngerti kalau misalnya saya minum jamu seperti itu

Efeknya apa sih buat badan saya enggak kecampuran yang lain kan gitu ya hampir selama 1 tahun ya kadar gula darah Saya turun jadi 200 hba1c-nya dari 12 jadi 10 gitu saya jadi baru Paham Oh kan ini ada ukurannya ingat tadi hasil uji lab dalam menentukan penanganan penyakit apapun Penanganannya mau pakai

Di Di mau pakai obat mau pakai apapun lah mau disuntik apapun mau mau manggil Mbah Dukun misalnya itu Nggak masalah silahkan saja tidak apa-apa mau pakai Magic pun juga nggak apa-apa Tapi selalu parameternya berpatokan pada hasil uji lab sebelum dilakukan Dan setelah dilakukan jika kita manggil ahli Nujum itu di

Sihir gitu terus tiba-tiba Wah badan saya baik itu perasaan Sampean yang baik atau badan Sampean yang baik kita tidak tahu maka kita harus ada patokannya hasil uji lab kalau hasil uji labnya baik ya sudah Itu jawaban paling jujur mau apa lagi ya memang seperti itu makanya saya melakukan terhadap diri

Saya sendiri selama 1 tahun kemarin Nah itu hba1c saya minum jamu dari 12 turun jadi 10 harusnya 6 kan dari 480 turun jadi 200 Nah sekarang baru saya nyoba diet untuk mengatur pola makan kita lihat amati lagi selama 6 bulan nanti perbaikannya gimana gitu nah saya nyoba tuh itu terus apa

Saya mengurangi gula saya mengurangi karbohidrat makan nasi tapi saya makan apa aja daging makan telur makan apa aja tak makan tapi saya minum kopi tapi tidak pakai gula Jadi kalau misalnya yang pertanyaannya tadi untuk yang apa kerja gitu di kantoran Coba deh sekali-sekali bawa pisang atau alpukat gitu itu simple sekali

Baik pertanyaan terakhir nih sebelum kita tutup ini dari Mas Alit atau Pak Alit ya oke digabung juga dengan Mbak Nur ini pertanyaannya gini dok ada kan telur mentah itu bisa dicampur dengan kopi atau susu ya atau katanya apa madu juga kadang gitu ya Nah apa khasiatnya tetap

Sama atau ada perubahan Nah yang kedua adalah kalau makan kurma kira-kira gimana kadar gulanya aman ini kayak ini ya kayak apa teh telur itu ya yang di Sumatera ya kan teh telur itu dia kalau ndak salah kan [Musik] kasih telur mentah itu telur bebek biasanya kan itu terus dikocok Kasih

Gula kan itu atau madu untuk Biasanya kok bisa dipakai juga itu kan enggak masalah itu nanti kecampur ke sana pemanasannya juga kan pemanasannya enggak enggak panas-panas amat kan itu itu kan biasa maksudnya kandungan gizinya kandungan gizinya masih cukup eee bagus yang harus diperhatikan itu kandungan gulanya

Termasuk susu ya Dok Ya itu ya ya susu kental susu kental manis itu itu kandungan susunya itu sedikit itu banyak gulanya itu gula semua obatnya gula itu bagus nggak apa-apa kalau selama pankreasinya masih bagus masih produksi insulin ini Oke Enggak apa-apa dilakukan saja segembiranya itu loh cuma karena kalau saya

Paham bahwa parkiran Saya ndak normal gitu loh makanya saya membatasi gula kalau saya gitu itu toh Kan sekarang kalau di mana-mana pada karena diabetes terakhir udah kalau misalnya kurma itu gimana kadar gulanya kurma itu mengandung gula yang tinggi tapi gulanya di situ bukan kayak gula rafinasi yang

Kita makan yang putih itu loh Itu kan udah kecampuran dan sintetis juga itu gula di situ dalam bentuk alami namanya fruktosa gula yang berasal dari buah itu lebih mudah dipecah masalah silahkan saja cuma kalau misalnya itu diperhatikan dicek saja dulu nanti sekali-sekali ngecek kadar gula darahnya sama ngecek hba1c-nya kalau normal teruskan nggak

Apa-apa Nggak masalah karena gula itu sejatinya itu kan bisa dipakai untuk sumber energi madu kurma Kenapa kurma disenangi diharap karena simple praktis bisa diawetkan kalau kita ada di gurun pasir dimana kita nyari bahan makanan susah Bawa kurma beberapa buah saja kan praktis tinggal dimakan ya sudah kita bisa cukup punya energi untuk untuk

Kerja lagi saya ingat dulu pas waktu masih kuliah dulu ya kan saya suka naik gunung dulu sekarang saya naik tangga 3 step itu udah males itu dulu setiap kali naik gunung itu saya ingat kita selalu bawa gula jawa itu loh gula merah gula aren pada saat

Badan kita lemas itu naik kita makan itu terus kita naik lagi ke atas tapi kondisinya waktu itu masih itulah masih muda belum diabetes segala lah kalau sekarang untuk menghindari makan gula jawa ya saya tidak mau naik gunung itu [Tertawa] Oke kalau Teguh juga nggak masalah berarti ya Dok Ya

Tebu tebu tebu air tebu Nah kalau yang tebu yang dicari sendiri ndak masalah Mbak Om kita ngerti Masalahnya kan kayak ada yang diperas langsung ya yang kita lihat terus langsung itu ndak apa-apa tapi kalau yang sudah ditampung itu kita ndak ngerti kan gitu Kalau yang sudah di ituin langsung

Oke kalau gitu terima kasih banyak dokter Indro sudah berbagi informasi Semoga kita semakin punya kekebalan tubuh yang baik bisa mengurangi bukannya menghindari makanan-makanan yang tidak baik tapi bisa mengurangi makanan-makanan yang tidak baik untuk lebih banyak makan makanan yang baik tadi seperti telur kaya akan vitamin E alpukat yang juga banyak vitaminnya

Superfood termasuk juga dengan pisang syukur mungkin badan kita agak lebih langsing ya Dok Ya dengan makan makanan yang lebih sehat sehat selalu Terima kasih juga buat bapak ibu anggota mimpi yang pada siang hari ini sudah mendapatkan informasi banyak tentunya dari Pakde Indro Terima kasih Dokter sehat selalu kita ketemu

Lagi di lain kesempatan wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh [Musik] Terima kasih semuanya sudah meluangkan waktu untuk ikut belajar bersama pagi ini moga-moga sehat semua itu ada banyak sekali cara yang gampang untuk mengatasi supaya kita enggak kena penyakit jangan aneh-aneh ya udah ada semuanya Terima kasih juga

Sobat Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia, Info tentang #MENGENAL #DAN #MEMPERBAIKI #KEKEBALAN #ALAMI #MELAWAN #PENYAKIT ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi detik.


Begitulah sekilas tentang MENGENAL DAN MEMPERBAIKI KEKEBALAN ALAMI MELAWAN PENYAKIT yang telah dilihat oleh penonton, semoga dapat bermanfaat until kita semua. © Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *