🔴(LIVE) Kepemimpinan Pada Pendidikan Dasar – Kuliah Umum Program Magister Pendidikan Dasar FKIP-UT

2022-10-15 08:56:51 02:18:16 [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] yaitu dengan diresmikannya ini berdiri pada 4 September 1984 UT langsung berlari untuk menciptakan inovasi dan terobosan baru dalam bidang pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh di tanah air lahirnya UT membuktikan komitmen Pemerintah untuk memeratakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas tanpa batas
Hampir 2 juta alumni UT tersebar di tanah air dan mancanegara dengan beragam profesi dan keahlian hal itu menunjukkan UT telah berhasil melaksanakan mandat pemerintah kemajuan teknologi perubahan kebutuhan masyarakat tuntutan pemerintah menjadikan putih sebagai institusi pendidikan yang matang kuat dan visioner [Musik] dengan status baru sebagai perguruan tinggi negeri badan hukum atau PTN BH
UT tetap pada jati dirinya yaitu menyediakan akses pendidikan tinggi yang terjangkau biayanya terjamin kualitasnya dan tersebar layanannya status ptnbh ini membuat UT sejajar dengan PTN lain yang sudah lebih lama didirikan status ini juga membuat UT semakin otonom dalam pengelolaan akademik tata kelola pengelolaan keuangan dan Aset serta sumber daya manusia
43 program pendidikan jenjang Diploma sarjana magister dan doktor yang ada saat ini dapat dikembangkan lebih cepat sesuai dengan permintaan dan kebutuhan masyarakat menyadari kompleksitas pekerjaan koordinasi dan tuntutan akurasi yang sangat tinggi UT mengembangkan berbagai aplikasi semua aplikasi itu disatukan dalam digital learning ekosistem [Musik] dengan selalu mendapatkan opini audit laporan keuangan wajar tanpa
Pengecualian UT senantiasa berkomitmen penuh untuk menjadi institusi pendidikan tinggi yang transparan akuntabel efektif efisien dan ekonomis untuk menerapkan standar yang tinggi untuk bahan ajar proses pembelajaran dan assesment hasil belajar dengan demikian para mahasiswa dimanapun mereka berada diharapkan akan meng-standar kompetensi minimal yang sama [Tepuk tangan] [Musik] jejaring kerjasama yang kuat membuat UT
Menjadi institusi yang semakin berkembang maju besar dan terpercaya dan maju bersama dalam tatanan baru UTP [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Selamat siang salam sejahtera untuk kita semua Shalom Om Swastiastu nama budaya salam kebajikan Dan salam sehat untuk kita semua marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala
Tuhan yang maha kuasa yang telah memberikan nikmat sehat dan kesempatan sehingga kita dapat hadir pada acara kuliah umum pada program studi magister pendidikan dasar yang diselenggarakan secara daring pada hari ini Sabtu tanggal 15 Oktober 2022 dengan tema kepemimpinan pada pendidikan dasar yang terhormat Profesor Doktor Johan perummana Ma selaku narasumber pada hari ini
Yang kami hormati penanggung jawab bidang kemahasiswaan pada program pascasarjana universitas terbuka Ibu Insinyur Kristanti Ambar Puspitasari magister pendidikan dasar Ibu Doktor Insinyur Amalia sapriati Ma dan para dosen di lingkungan FKIP dan PPS Universitas Terbuka dan yang kami banggakan Bapak Ibu mahasiswa dari Prodi mpdr yang telah hadir pada kegiatan webinar siang hari ini
Bapak Ibu peserta kuliah umum seperti diketahui bersama bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan pengayaan bagi para mahasiswa Prodi MPR Tujuannya adalah untuk membantu mahasiswa Lebih memahami materi-materi terkait mata kuliah tertentu di samping materi-materi yang terdapat pada BMP materi inisiasi dan lain-lain baik Bapak Ibu sekalian selanjutnya susunan acara pada siang hari ini
Diawali dengan pemutaran lagu Indonesia Raya dan Hymne UT diikuti dengan sambutan dan pengantar dari PJ bidang kemahasiswaan PPS UT selanjutnya pemaparan materi oleh narasumber dilanjutkan dengan sesi tanya jawab simpulan dan penutup sebelum melangkah ke acara pokok seperti biasa Izinkan saya menyampaikan tata tertib dalam kegiatan ini yang pertama
Bapak Ibu peserta mahasiswa di pohon untuk mengikuti acara pembekalan acara kuliah umum ini hingga selesai dimohon Bapak Ibu mahasiswa ketika acara berlangsung untuk mematikan microphone kecuali ketika akan menyampaikan pertanyaan Bapak Ibu mahasiswa dipersilahkan menyampaikan Pertanyaan pada sesi tanya jawab dengan singkat dan jelas disertai nama asal instansi dan
Uppjj pada menu chat Jum atau menggunakan fasilitas pada akhir acara Bapak Ibu mahasiswa Dimohon untuk mengisi daftar hadir dengan tautan yang ada pada kolom chat jumat jangan lupa Bapak Ibu peserta silahkan aktif dalam kegiatan ini karena di akhir nanti akan ada kuis untuk 3 orang pemenang yang akan mengatakan voucher pulsa sebesar Rp100.000
Selanjutnya hadirin yang berbahagia Mari kita simak kumandang lagu Indonesia Raya dan Hymne hadirin Dimohon untuk bersikap sempurna pada posisi duduk [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] bapak ibu hadirin dan peserta yang kami banggakan acara selanjutnya adalah
Sambutan dan pengantar dari penanggung jawab bidang kemahasiswaan pada program pascasarjana universitas terbuka sudah hadir di tengah-tengah kita Ibu Insinyur Kristanti Ambar Puspitasari Terima kasih Ibu atas kehadirannya pada siang hari ini untuk selanjutnya dengan segala Hormat kami persilahkan kepada ibu untuk memberikan sambutan dan pengantar pada kegiatan webinar siang hari ini dipersilakan Ibu
Terima kasih Bu Dewi yang terhormat guru besar pada fakultas ilmu pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia dari Bandung ya pak ya sebagai narasumber kita pada siang hari ini Terima kasih Prov telah berkenan memenuhi undangan kami pada hari ini mungkin sedang repot ya Bro terima kasih banyak yang kami hormati Pimpinan dan para
Dosen yang mungkin hadir pada hari ini baik dari FKIP serta dari program pascasarjana universitas terbuka yang saya banggakan para mahasiswa program pascasarjana universitas terbuka khususnya mahasiswa mahasiswa pendidikan dasar dan peserta kuliah umum lainnya di manapun saudara berada Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Selamat siang salam sejahtera Shalom Om Swastiastu nama budaya salam kebajikan
Rahayu Selamat siang Bapak Ibu sekalian Salam sehat dan ini ya tetap semangat bagi kita semua akhir-akhir ini sedang banyak yang sakit flu termasuk kami sekeluarga tapi ya mudah-mudahan tidak lama pertama-tama Mari kita panjat dan syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa yang telah memberikan Anugerah kesehatan sampai dengan hari ini kepada kita
Semuanya sehingga kita dapat bertemu pada hari ini Meskipun cuaca mendung sekali ini di Jakarta terutama di daerah Pamulang ini sangat mendung meskipun kita bertemu secara daring tetap semangat Bapak Ibu sekalian kita akan mendengarkan materi yang akan disampaikan oleh prof Johar dalam acara kuliah umum berjudul kepemimpinan pada pendidikan dasar Nah saudara mahasiswa
Perlu kami sampaikan bahwa program magister pendidikan dasar itu diselenggarakan dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan sebagai pendidik dan tenaga kependidikan yang berkualifikasi akademik magister dalam bidang pendidikan dasarnya nah salah satu kemampuan yang diharapkan untuk dikuasai oleh para mahasiswa dan lulusan tentunya adalah kemampuan memimpin dan mengelola pendidikan dasar kalau di dalam struktur kurikulum
Program magister pendidikan dasar mata kuliah yang sangat relevan itu yang mengembangkan kemampuan tersebut itu adalah mata kuliah kepemimpinan dan manajemen pendidikan dasar melalui mata kuliah tersebut para mahasiswa belajar bahwa kepemimpinan dan manajemen itu merupakan dua kemampuan yang berbeda namun wajib dimiliki oleh semua pengelola pendidikan di Indonesia terutama ya Nah seorang pemimpin di
Dunia pendidikan itu harus memiliki kemampuan untuk memberikan inspirasi atau dapat memberikan gambaran apa yang akan dituju ke masa depan kedua seorang pemimpin juga juga perlu memiliki kemampuan menjadi model atau dapat memberikan keteladanan dan merencanakan keberhasilan-keberhasilan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan yang dipimpinnya Nah kita akan belajar bersama Bagaimana dapat melakukan itu semua pada
Siang hari ini dalam kesempatan ini kita akan menyimak bersama materi yang akan disampaikan oleh produk Dr Johar Permana Ma yang berkenan untuk menyampaikan kuliah umum tentang kepemimpinan pada pendidikan dasar Prof saya mewakili Ibu direktur yang kebetulan hari ini sedang bertugas ke Malang [Musik] hadir pada kesempatan ini karena kegiatannya kebetulan hari Sabtu
Perkenankan Kami mengucapkan terima kasih sekali lagi Prof telah menyediakan waktu untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman bagi para mahasiswa kami dan dosen juga pada program magister pendidikan dasar Universitas Terbuka kalau mudah-mudahan banyak para mahasiswa yang akan segera bergabung juga Pro karena kan kami ini mahasiswa kami tersebar di seluruh Indonesia dan jaringan internet
Kalau cuaca mendung ini kadang-kadang tidak bersahabat ya profil sehingga agak sulit untuk bergabung nah Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Dokter Insinyur Amalia sapriati Ma yang kebetulan sekarang ini sedang tugas dinas ke Denpasar Apakah bergabung atau tidak tetapi Kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Amalia dan juga seluruh panitia yang
Memfasilitasi terselenggaranya kegiatan kuliah umum pada siang hari ini Terima kasih Ibu Dokter Sri Dewi Nirmala mpd dosen pada program studi magister pendidikan dasar yang akan bertugas sebagai moderator ya Bu Dewi serta masrio yang antasidasi kegiatan ini kepada semua mahasiswa kami sampaikan Selamat mengikuti dan menyimak webinar yang penting ini ya jadi jangan
Lupa untuk mencatat hal-hal yang penting yang mungkin akan sangat bermanfaat bagi untuk untuk karir Bapak Ibu sekalian nantinya ya tidak saja untuk mata kuliah ini selamat berkayu berkarya dan terus belajar tetap semangat dan salam sehat selalu wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Terima kasih ibu Ita Ibu asdir 3 atau penanggung jawab pada bidang
Kemahasiswaan di TPS Universitas Terbuka mohon maaf Ibu kalau mengganggu siang hari ini mudah-mudahan Ibu sekeluarga senantiasa sehat segera kuliah dan sehat seperti sedia kala Terima kasih ibu Bapak Ibu para peserta yang kami banggakan selanjutnya kita memasuki acara inti yaitu pemaparan materi dari Profesor Doktor Johan mana Ma mengenai kepemimpinan pada pendidikan dasar sudah
Hadir di tengah-tengah kita narasumber kita hari ini malah dari awal ini keluarga mohon izin Prof untuk selanjutnya sebelum apa Profesor memberikan pencerahan kaitan dengan materi Izinkan saya untuk menyampaikan CV Profesor Johar Permana Bapak Ibu sekalian Profesor Doktor Haji Johan Permana MA merupakan salah satu guru besar bidang komunikasi organisasi pada fakultas ilmu pendidikan
Universitas Pendidikan Indonesia gelar sarjana pendidikan beliau peroleh dari jurusan administrasi pendidikan IKIP Bandung tahun 1984 Masya Allah prof tahun 84 mungkin saya masih di SD sementara proses dasarnya luar biasa tahun 1900 tahun 1995 beliau berhasil meraih gelar magister of earth atau Ma educational teori early and education University Amerika Serikat dan gelar
Doktor beliau dapatkan pada tahun 2009 pada bidang komunikasi ilmu komunikasi organisasi ilmu sosial di program pascasarjana Universitas Padjadjaran Bandung selain mengajar kalau lulus dari ohayo ketika ini juga aktif sebagai narasumber untuk berbagai seminar lokakarya pada tingkat sekolah lokal Yayasan Pesantren regional nasional maupun internasional beliau 4 terlibat menjadi instruktur Diklat dan pelatihan
Menjadi konsultan dalam pengembangan program kecakapan hidup atau Life skills pada Ditjen di menu Depdiknas RI Beliau juga merupakan tim pengembang kurikulum dan juga pernah aktif dalam organisasi profesi beberapa prestasi yang pernah dicapai oleh Beliau yaitu meraih Satya Lencana karya Satya dari Presiden Republik Indonesia pada tahun 2000 meraih pengabdian 10 tahun lebih
Dari Rektor Upi kemudian juga beliau mendapatkan Karya Bakti Satya dari Rektor Upi pada tahun 2006 dan tentang prestasi-prestasi lainnya ini membuat saya ingin banyak belajar terus kepada Prof Jauhar karena pernah di semester 2 ya Prof dengan Profesor kemudian banyak sekali buku dan juga artikel-artikel yang sudah publish di berbagai jurnal nasional maupun
Internasional yang terindeks kokus apabila saya bacakan habis nih waktunya Prof yang jelas karya-karya Profesor Johar ini sudah sangat luar biasa dan membanggakan kita semua baik Bapak Ibu sekalian nanti kita selanjutnya Mari kita simak pencerahan dari Profesor Johar terkait dengan kepemimpinan pada pendidikan dasar ijinkan saya menyampaikan pantun dulu
Nih Prof bawa donat ke Jalan Kemiri donat hangat karena baru dibeli tetap semangat meskipun siang hari ada Profesor hebat yang akan menemani baik Bapak Ibu sekalian mari kita simak pencerahan atau pemaparan materi dari Profesor Doktor Johan Permana Ma Dengan hormat kami persilahkan kepada Prof Johar untuk menyampaikan paparan dipersilahkan Prof terima kasih
Bismillahirrohmanirrohim Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam saya ucapkan salam hormat kepada Ibu Insinyur Kristanti Ambara Puspitasari yang tadi telah memberi sambutan dalam acara hari ini kuliah hari ini dan juga kepada Ibu Dokter Sri Dewi Nirmala hari ini sebagai moderator saya senantiasa terfasilitasi dalam situasi yang baru di dalam perkuliahan ini kemudian ada
Staf juga yang lain yang turut serta di dalam mensukseskan acara pada siang hari ini seluruh para peserta Saya ucapkan selamat siang selamat belajar dan mudah-mudahan kita meraih yang terbaik pada hari ini pada hari ini kita akan coba membawa suatu tema yakni kepemimpinan pendidikan untuk tingkatan pendidikan dasar ya saya melihat bahwa
Kepemimpinan pendidikan ini sangat banyak sekali hal yang perlu disampaikan terutama ya karena ini di perguruan tinggi lebih-lebih S2 ya Secara teoritik artinya pengetahuan-pengetahuan yang berkaitan dengan itu setidaknya perlu diungkapkan atau pernah dibicarakan nah saya disini membawa semacam PPT gitu Yang nanti mungkin bisa di-share oleh panitia kepada saudara-saudara ya di sini
Bisa di sentry dulu ya [Musik] sudah ada belum sudah ada bro sedang diperbesar dulu Oh iya ini sudah ada Pro mohon izin di untuk di slide show barangkali atau diperbesar Bro untuk di perbesar tampilannya barangkalikan yang sebelah kanan atas Apabila ada kendala mungkin bisa dibantu sama Masri
Atau disitu saja karena saya kan sudah baik baik kalau begitu saya harus mengerti baik Mas Rio dipersilakan Makasih Mas Terima kasih ya Ini karena apa mohon maaf saja ini sudah jadi ada kegagapan gitu ya ini kita mencoba untuk membahas tentang apa namanya ini kita akan coba untuk melihat bagaimana itu kepemimpinan dalam pengertian
Apa namanya pengertiannya kepemimpinan ini kan sebagai proses mempengaruhi orang untuk mendukung pencapaian tujuan proses pembuatan orang lain untuk mendukung mencapai tujuan tujuan apa tujuan organisasi secara efektif dan efisien dan serta relevan kemudian juga di sini dijelaskan bahwa berikutnya Pak ini apa namanya subscribenya Bisa saya kendalikan atau dari situ kepemimpinan merupakan tadi sudah
Dikatakan proses mempengaruhi orang lain untuk mendukung pencapaian tujuan organisasi secara efektif dan pasien berikutnya merupakan sebuah proses mempengaruhi mengarahkan memotivasi dan membuat orang lain di sekitarnya memberikan kontribusi pada pencapaian tujuan itu para apa namanya pada PPT berikutnya silakan nah kemudian pada PPT berikutnya juga bahwa pemimpin itu adalah mempunyai ciri-ciri yang
Memperlihatkan bahwa itu adalah pemimpin yang efektif coba apa dalam ppt berikutnya ciri pemimpin yang efektif itu adalah seseorang yang memberikan seorang yang memberikan arahan dan keberhasilan bagi orang-orang di sekitarnya jadi ada pengarahan ada sesuatu yang sangat bermanfaat bagi orang-orang di sekitarnya seorang yang menumbuhkan kepercayaan pada orang lain seorang yang mendorong
Tindakan membuat keputusan dan mengambil suatu resiko Nah itu beberapa diantara ciri pemimpin yang efektif yang bisa ditemukan di sini demikian juga untuk para pejabat di tingkat yang berkaitan dengan pengelolaan pendidikan dasar ya mesti memberikan pengarahan mesti memberikan kepercayaan menumbuhkan dorongan pada mereka membuat keputusan dan mengambil resiko berikutnya adalah seseorang yang memberikan
Optimisme jadi ada semacam optimisme rasa optimis tentang masa depan jadi pemimpin ini berorientasi ke masa depan agar organisasi yang dipimpinnya memiliki semangat untuk bisa berkarya bisa produktif dan karyanya itu adalah memberikan dorongan agar terjadi optimisme berikutnya adalah menyangkut fungsi-fungsi kepemimpinan karena menyangkut masa depan tentu pemimpin itu penting untuk memberikan
Pengarahan dalam arti fungsi perencanaan mesti diemban oleh pemimpin paham Bagaimana fungsi-fungsi perencanaan fungsi memandang jauh ke depan masa depan itu perlu dipahami oleh seorang pimpinan hal-hal yang akan terjadi beberapa hari beberapa Minggu bulan tahun berikutnya pemimpin setidaknya memiliki antisipasi atau estimasi yang berakibat pada Bagaimana pengaturan organisasinya kemudian dia sendiri harus memiliki
Pengembangan loyalitas realitas terhadap organisasinya mesti punya kelebihan dia lebih loyal daripada anggotanya tentu ini pemimpin ada juga beberapa sifat lainnya mesti teladan gitu di dalam menunjukkan loyalitas itu juga membawa fungsi atau mengubah fungsi pengawasan tentu agar tidak terjadi beberapa penyimpangan ataupun aturan-aturan yang telah digariskan oleh organisasi melakukan pengawasan pengawasan terhadap dirinya terhadap
Anggotanya terutama di dalam rangka semua bisa bekerja sesuai dengan aturan-aturan dan ketentuan yang ditetapkan oleh juga pemimpin itu harus membuat keputusan mengambil keputusan baik keputusan mendesak maupun yang akan datang Yaitu mengambil keputusannya dengan tepat biasa dikatakan pemimpin itu adalah merupakan serangkaian pembuatan keputusan membuat keputusan yang terus-menerus Bahkan perdetiknya kalau
Sejauh mana keputusan itu Intens bagi dirinya sejauh pemikiran itu bisa dikembangkan kemudian juga fungsi memberi motivasi pemimpin mesti mempunyai dorongan dirinya di samping memang harus memberi dorongan terhadap orang lain yaitu mensiasati agar orang-orang itu tunduk patuh terhadap peraturan dan ketentuan organisasi sehingga bisa mencapai tujuan demikian juga Anda juga fungsi-fungsi lain seperti instruktif
Yaitu pengarahan konsultatif partisipatif delegatif delegatif pendelegasian dan pengendalian itu fungsi-fungsi jadi demikian banyak sebanyak fungsi-fungsi kepemimpinan yang dilontarkan oleh para ahli berikutnya prinsip-prinsip selain fungsi kepemimpinan ada prinsip-prinsip dominan seorang yang belajar seumur hidup pemimpin itu jadi orangnya belajar terus menerus ya Bahkan dari detik ke detik ke
Menit Terus dari hari ke hari pendek kata seumur hidup itu adalah pemimpin yang senantiasa belajar terus-menerus berorientasi kepada pelayanan dia penting mengabdikan dirinya sebagai pelayan bagi masyarakat yang dikehendakinya atau yang dilayaninya jadi pemimpin itu perlu mempunyai filosofi bahwa dirinya itu [Musik] pelayan untuk kepentingan masyarakat dalam hal ini untuk sekolah dasar ya guru-guru
Murid para orang tua murid dan sekitar yang berkepentingan dengan pendidikan dasar kemudian juga membawa energi positif Luar biasa ini orang lain membuat percaya ada keseimbangan dalam kehidupan kehidupan itu sendiri tantangan bersinergi lalu mengembangkan diri luar biasa pemimpin itulah beberapa prinsip dari pemimpin berikutnya adalah [Musik] taktik dan strategi kepemimpinan taktiknya pemimpin itu
Tentu di sini perlu memiliki keterampilan untuk senantiasa melakukan bujukan secara rasional atau rasional jadi ya istilahnya beragam kan itu bawahan kita guru-guru itu sangat beragam bermacam-macam tipologinya bermacam-macam pemimpin dengan siapapun di Pulau yaitu bagaimanapun bentuk tipologinya dia pandai memberikan bujukan sehingga dia mau secara sukarela taat kepada pemimpinnya dalam artian
Menjalankan tugas-tugas dan fungsi organisasi kemudian taktik pertukaran acting taktik pertukaran di sini kan pertukaran ini pertukaran ide pertukaran sumber daya gagasan terutama kemudian juga [Musik] aset-aset organisasi baik yang sifatnya apa namanya siap itu atau yang permanen lebih permanen gitu bisa ada pertukaran taktik misalnya di sekolah-sekolah misalnya Sekolah
Dasar juga tidak jadi soal gitu kalau ada yang lebih pintar lebih terampil lebih kompeten dalam bidang tertentu Kita undang misalnya ke sekolah kita atau kita tersedia ada guru yang demikian diundang oleh orang lain gitulah pertukaran jadi saling memajukan diantara sekolah bukan sekedar saling bersaing secara tidak sehat melainkan persaingan itu
Harus muncul secara sehat kemudian permintaan yang lebih tinggi permintaan yang betul-betul dilakukan oleh Kepala Sekolah misalnya permintaan yang lagi damage Artinya bahwa kepala sekolah bisa mengajukan permohonan-permohonan yang betul-betul di tanda tangani kisah sah itu permohonan dari kepala sekolah itu jangan sampai sesuatu yang dimohonkan itu tidak ada artinya kemudian taktik
Yang menekan taktik itu menekan gitu Ya setidaknya tapi Bagaimana taktik itu dirasakan sebagai suatu kesadaran yakni sebagai sesuatu yang terkait dengan fungsi dan peranan dari orang yang diajak bicara itu kemudian juga mempunyai daya tarik personal jadi personalnya memang mempunyai daya tarik tersendiri ya setiap orang memiliki daya tarik tetapi juga kita perlu menyadari
Ada daya tariknya dirinya sendiri sadar bahwa daya tarik saya itu di hadapan orang hal yang seperti ini lalu bisa tampil atau bisa dikemukakan sehingga yang lain itu cukup mempesona hanya terhadap yang bersangkutan kemudian juga ada suatu teori tentang kemunculan ada teori genetis ada teori sosial dan teori ekologis berdasarkan
Yang dibawa sejak lahir seorang pemimpin memang berbakat dan ditakdirkan menjadi pemimpin nah meskipun ini kan pada dasarnya setiap orang itu adalah pemimpin satu ajaran dan setiap kepemimpinan itu akan diminta pertanggungjawaban dan kepemimpinannya Nah itu berarti teori tersebut teori genetis teori sosial teori pengalaman bahwa pemimpin itu mesti diperoleh melalui pendidikan pendidikan
Yang memadai yang menjadikan seseorang pemimpin jadi pemimpin itu adalah dilatih pemimpin yang berbakat itu tidak bisa berkembang begitu rupa tanpa ada latihan ya jadi di sinilah Teori Sosial berlaku Tetapi kalau dua-duanya berlaku bakatnya ada diakui pengalamannya tertentu ada juga nah itu berarti sudah dua-duanya yakni teori ekologis dan ini
Penyatuan antara gen dan bakat yang dibawa sejak lahir untuk menjadi pemimpin didukung dengan pendidikan dan pengalaman jadi ini suatu hal yang sebenarnya untuk kalangan pendidikan tidak aneh gitu teori ini karena pendidikan sejak awal sudah menyatakan teori genetis dari sosial ekonomi seiring kira-kira begitu berikutnya di dalam teori kepemimpinan
Dikenal juga mengenai teori sifat atau trade kepemimpinan mengenai sifat bisa sifat itu berkaitan dengan intelegensi bisa berkaitan dengan kepribadian dan bisa juga berkaitan dengan kemampuan nah berkaitan dengan intelegensi pertimbangan pertimbangan yang diberikan itu merupakan faktor intelegensia seseorang jadi pemimpin itu senantiasa memberikan pertimbangan ketegasan mengambil keputusan Jadi jangan terlalu berganti-ganti tentang keputusan itu
Melainkan harus cukup tegas pengetahuannya menggambarkan pengetahuan yang luas jadi dari pemimpin itu tercitra pikiran yang luas pengetahuan yang luas pengalaman yang kaya demikian juga kepastian bicara Jadi ada istilahnya kata-katanya berat berat itu kan banyak mana sebenarnya dari kata-kata itu kepribadian bisa kemampuan beradaptasi kesiagaan kreativitas integritas pribadi kepercayaan diri kontrol dan
Keseimbangan emosi emosinya penting untuk dilatih terus ya emosi itu kan senantiasa hadir pada setiap saat karena juga harus dengan kendali bahwa gangguan emosi itu bisa muncul pada setiap saat mungkin punya kesadaran yang terus-menerus tentang kemungkinan gangguan emosi itu bisa datang Mandiri tidak Conform conformis jadi tidak terlalu selalu menyetujui tentang
Sesuatu tapi ada kemandirian itu ciri kepribadian seorang pemimpin kemudian juga kemampuannya jelas kemampuannya juga dituntut secara kuat untuk seorang pemimpin kemampuan menumbuhkan kerjasama anggotanya demikian banyak demikian beragam penting untuk bekerja sama mampu bekerja sama kemudian kepopuleran Dan gengsi Kalau tidak ada terjadi diakui tidaknya pemimpin itu menimbulkan perasaan gengsi tidak hanya seorang pemimpin
Sebenarnya mudah bergaul yaitu kemampuan interpersonal partisipasi sosial jadi pemimpin itu senantiasa menunjukkan partisipasinya menunjukkan apa namanya share terhadap yang lain Lalu ada lagi taktik diplomasinya Jadi kalau sudah ada masalah serahkan saja sama dia dia yang menangani dengan cara dia bicara selesai persoalan Nah itu taktik diplomasi berikutnya adalah karakteristik pemimpin di sini banyak
Sekali ya saya ambil dari Griffin misalnya itu baik sebagai proses bahwa kepemimpinan itu berpusat pada ya Apa yang dilakukan pemimpin yaitu proses para pemimpin menggunakan pengaruhnya untuk memperjelas tujuan bagi para pegawai bawahan dan pimpinannya kemudian kepemimpinan sebagai atribut di Selain sebagai atribut yakni sebagai kumpulan karakter yang dimiliki seorang pemimpin dengan mengacu kepada
Karakteristik sebagai atribut maka kepemimpinan berhasil ditentukan oleh sifat-sifat yang dimiliki oleh pemimpin itu jadi karena dia kuat fisiknya kalaupun ada misalnya perlombaan tentu dia memiliki kapasitas kalaupun ada perlombaan Misalnya ini karena semacam apa namanya menguras tenaga tenaga intelektual misalnya dia sanggup karena memiliki atribut yakni pemikiran dan kondisi fisiknya yang
Memadai Nah itu ciri atau karakter dari seorang pemimpin ada juga karakter lain misalnya seperti cat device pada PPT berikutnya [Musik] cerdas matang motivasi dorongan kuat dalam diri seseorang menjaga hubungan baik itu semua karakter pemimpin ya biasa itu banyak sekali silahkan nanti mungkin saudara bisa mengidentifikasi ada berapa banyak sebenarnya pemimpin
Sesuai dengan kebutuhan dari kita sendiri yang di sekolah-sekolah umumnya memimpin guru-guru memimpin anggota masyarakat atau memimpin warga sekolah itu sendiri yang demikian bervariasi menuntut ee karakter seorang pemimpin yang bervariasinya berikutnya ada tipe-tipe kepemimpinan tipe kepemimpinan yaitu tipe otoriter ada tipe demokratis dan tipe ini adalah ada juga yang mengatakan gaya karenanya
Di sini tipe otoriter adalah gaya pemimpin yang otot kritik sangat memaksakan dan mendesakkan kekuasaan pada bawahan memaksakan kekuasaannya memaksakan kehendaknya memaksakan perintahnya agar dilaksanakan oleh bawahannya mungkin Kalau bertindak otoriter tidak tidak keliru karena pemimpin itu sesekali bertindak bukan sekali ya situasi yang menghendaki dia harus bertindak otoriter misalnya tapi di
Pihak lain dia kadang-kadang bertindak demokratis pemimpin-pemimpin yang bersikap pertengahan antara bangsa dan memberi kelonggaran kepada bawahannya jadi di situ menjunjung tinggi kompromi Bagaimana suatu tugas dilaksanakan kira-kira bagaimana kekurangan kelebihannya dipertimbangkan oleh anggota kemudian dilaksanakan tapi bagi tipe Leicester pemimpin itu yang memberikan kebebasan pada anggotanya silahkan pada anggotanya sebenarnya sebentar silakan pada
Anggotanya jadi pemimpin itu demikian nah pemimpin otoriter dan demokratis ini ada pada tayangan berikutnya lebih lanjut rinciannya ya pada tayangan berikutnya tipe-tipe otoriter tipe demokratis dan tipe Leicester itu ada Jadi ini elaborasi dari ke semua tipe itu dan yang terakhir itu ada tipe berikutnya jadi ada gaya atau tipe mengungkapkannya
Transaksional dan transformasional yaitu sebenarnya ini satu pendekatan yang pelajari dari pembagian ini bersumber dari internet saya lihat ada berapa sih tipe ini ada 5 di sini tapi dalam pihak lain nanti kita akan lihat pada apa namanya PPT berikutnya kita tunggu dulu ya itu terlihat bahwa kepemimpinan itu demikian banyak ragamnya ini ada semacam
Gaya kepemimpinan yang umum katanya gitu ya ini kan ada 10 gaya transaksional transformasional masuk di dalam ya kita coba juga ini macam-macam gaya bisa saja di dalam Modul yang disediakan oleh Universitas Terbuka ini kan kepemimpinan dan pendidikan dasar itu terlihat semua tipe ini ada seperti proseter tidak ada Play Store silahkan saja
Dipelajari itu bagaimana kalau tidak salah mudah sebenarnya untuk di pelajar dilihat nah berikutnya Saya coba untuk melihat bahwa ada pendekatan perilaku dalam kepemimpinan ini ada pendekatan nanti situasional juga ada coba saya melihat pendekatan perilaku dalam yang pertama itu berorientasi pada pekerja di suatu pihak atau berorientasi pada pekerjaan pihak lain pekerja itu
Konsideration atau orang orientasi pekerja Ini setting structure jadi itu [Musik] bisa terlihat itu ada empat kotak itu Yang bawah sudut kiri bawah itu kan rendah gitu artinya rendah orientasi pada karyanya rendah terhadap pekerjaannya jadi ini pemimpin disebutnya orientasi dan pekerjaannya rendah ada juga kebalikannya orientasi pekerjaan dan orientasi pekerjanya tinggi Kemudian yang kedua
Yang sebelah kanan itu kanan bawah orientasi pekerjaan tinggi dan orientasi pekerjaan rendah kemudian yang karena kiri atas orientasi pekerjaan rendah dan orientasi pekerjaannya jadi yang mana yang bagus ya orientasi pekerjaan dan orientasi pekerjaannya tinggi pekerjanya tinggi orientasi pekerjaannya tinggi Jadi bukan sekedar hubungan dengan orangnya baik-baik itu tapi tugas harus selesai
Tapi yang lain bisa tugaskan besok matahari masih terbit dari Timur sudah saja sekarang ngobrol saja dulu lah ngopi dulu lah itu kan berarti tugas rendah pekerjaan tinggi orientasi pekerjaannya rendah gitu orientasi pekerjaannya tinggi gitu hanya ngobrol saja baik-baik dengan orang tapi pekerjaannya tidak diurus Nah itu kebalikannya berikutnya masih ada penjelasan nah itu
Yang tadi dijelaskan itu jadi communicated komunikasi secara terbuka kemudian pengembangan tim fokus pada kebutuhan organik kemudian ini pekerjaan-pekerjaan adalah waktunya ada perencanaan pekerjaan ada jadwal pertemuan dan seterusnya pokoknya ini nomor satu orientasi pada orang betul-betul hubungannya dijalin yang kedua orientasi pada tugas benar-benar pekerjaan dilakukan secara produktif berikutnya Michigan University juga sejalan dengan
Itu hanya istilah yang berbeda ada katakan job center itu yang berfokus pada pekerjaan yakni penyelesaian pekerjaan dan menerapkan supervisi yang ketat sehingga melakukan pekerjaan dengan menggunakan prosedur spesifik Nah itu kemudian [Musik] ini berikutnya Kemudian berfokus pada karyawan yakni bawahan yang melakukan tugas dan membudidayakan penegasan pengambilan keputusan dan memimpin pegawai memenuhi
Kebutuhan dengan cara support sebenarnya ini sama dengan yang tadi itu yang ditemukan oleh Ohayo kalau tadi mengatakannya kan semacam apa namanya orientasinya pada pekerja kalau di sini disebutnya berfokus pada karyawan sama saja sebenarnya dan tugasnya dua hal itu yang pokoknya berikutnya adalah teori kepemimpinan manajer tadi ada
Pertanyaan dulu ya Ini dari share screen yang apa dari dari apa ya ada pertanyaan dari peserta ya betul kolom chat ya boleh Bro mau diselingi dengan itu pertanyaan mau dijawab dulu boleh Atau mau nanti khusus ada sushitanya saja Bro kita lanjutkan teori berikutnya teori kepemimpinan Teori ini berorientasi pada
Perhatian orang perhatian pada produksi sama dengan yang barusan tapi ini lebih apa lebih bisa dibagi-bagi sehingga menjadi 5 tipologi di sini kan yang apa namanya lari dari tanggung jawab itu kemudian juga ada yang apa 55 ini ya di sini kan bisa dihitung Mengapa satu-satu ini karena satu satu berorientasi pada produksi 1
Berorientasi pada orang satu-satu Nah ini Ini tipenya tipe [Musik] yang miskin kemudian yang kelima ini tengah-tengah ya ini pemimpin yang dikatakan sebagai middle of The Road yakni pemimpin yang apa namanya memadai lewat ke apa namanya antara tugas dengan orang itu seimbang tetapi dalam hal yang tidak terlalu tinggi jadi biasa-biasa ya biasanya itu
Kalau kita ada Kuis kepemimpinannya direntangkan sebagai pertanyaan umumnya gitu peserta itu menjawab 55 gitu ya Dari sekian banyak pertanyaan setelah dihitung ternyata ngumpul di sini kelompoknya jadi biasa-biasa artinya kan orientasinya tidak terlalu tinggi orientasi tugasnya juga tidak terlalu tinggi gimana biasa-biasa kayak gitu nah kemudian yang 19 ini orientasi pada
Orang yang tinggi tetapi juga tugas rendah gitu Jadi itu tipe 19 sebenarnya itu meskipun saya waktu dulu kuliah 5 Tetapi setelah dicek ya memang ini yang betul 9 jadi kan itu berorientasi pada orang yang tinggi sementara berontas tugasnya rendah yang ini sebaliknya yang orientasi kepada produksinya tinggi orientasi orangnya rendah
Nah itu Ibu 91 ini disebut tas atau otoritas kemudian yang bagus yang 99 jadi disebutnya juga tim atau demokrasi ya itu jadi orientasi orang tinggi orientasi tugas juga tinggi nah Silahkan Bapak Ibu bisa dites sebenarnya ini biasanya kalau dalam perkuliahan itu Saya melakukannya itu kebanyakan bukan di sini tetapi di sini pak
Mungkin ini tiga ya ini kuadran 3 1 2 3 4 ini 3 jadi orientasi tugas tinggi tapi orientasi orang rendah itu jarang yang di sini tidak ada bahkan ada belum pernah saya melihat di sini itu mungkin juga latihannya kurang atau juga belum memperoleh pengalaman mereka itu berikutnya yakni itu tadi keterangannya sudah
Teori gessel dan kuba ya dari berdasarkan pandangan bahwa sosial sistem sosial sistem itu dibedakan dari dua hal yakni institusi institusi itu adalah dimensi nomor titik atau nomor detik kemudian yang berikutnya dimensi individual jadi hidrografik biografi kemudian yang institusi ini memperlihatkan peran apa yang sengaja dimainkan lalu dengan harapan yang dimintanya apa
Expectationnya apa Nah kemudian yang dimensi ide grafik personalitynya Bagaimana individunya personalitynya lalu kebutuhan-kebutuhan individual nah kemudian kita bisa melihat perilaku itu secara lebih konkret di dalam praktek sehari-hari sebenarnya praktek kepemimpinan sehari-hari nah kemudian juga ada pada perkembangan berikutnya yakni pada slide berikutnya jadi apa namanya dimensi itu dikembangkan menjadi lebih terlihat lagi
Institusi dan individu itu ada irisan yang disebut group kelompok-kelompok tertentu lalu dari situ dari role dan personality peran organisasi dan kepribadian individu itu lalu membentuk crymit atau iklim grup mempunyai iklim tersendiri kemudian juga ekspektation dan [Musik] disposisi itu menjadi intensi intensi atau Apa nama intension jadi apa namanya klaim itu keinginan yang
Terpadu antara expectation dengan disposisi disposisi individu untuk tadi Nah itu personal ideografik Nah itu ada sebenarnya ini bisa dilihat lebih jelas di dalam apa namanya buku yang di buat oleh apa namanya teman sendiri ini sebetulnya ya kepemimpinan dan manajemen untuk Universitas Terbuka ini ada ya mengenai berikutnya adalah pendekatan situasional Nah itu penjelasannya
Penjelasan berikutnya pendekatan situasional yakni suatu pendekatan terhadap kepemimpinan bahwa pemimpin itu memahami perilakunya sifat-sifat bawahan dan situasi sebelum menggunakan gaya kepemimpinan tersebut jadi ada apa perilaku pemimpin perlu dipelajari sendiri itu sifat-sifat bawahan kemudian situasi nah sekaligus di analisisnya pendekatan ini masyarakat pimpinan untuk memiliki keterampilan keterampilan apa keterampilan mendiagnostik perilaku
Seseorang perilaku bawahannya karenanya seorang berperilaku dalam organisasi itu tidak begitu saja melainkan senantiasa memberikan kepada kita rangsangan untuk senantiasa bisa mengimbanginya bisa memberikan treatment atau tindakan yang tepat dan efektif bagi pengarahan pencapaian tujuan organisasi dari pendekatan situasi ini sebenarnya ada beberapa pendapat Jadi yang pertama model kontingensi filter ya ini model kontingensive
Gaya kepemimpinan dapat diukur dengan list private skill jadi skala tentang referensi tentang pekerjaan mengukur tingkat perasaan positif atau negatif yang dimiliki seorang calon orang lain yang dipilih untuk kerja sama berikutnya apa Nah model kontingensi fitbar itu tadi dikatakan bahwa gaya dokumen ini diukur dari tiga hal yakni faktor yang berkaitan
Dengan hubungan pemimpin dan pengikut leader member relation menunjukkan tingkat kepercayaan dan hormat pada atasan Nah itu ada ukurannya jadi misalnya bawahan bangun-bangut format terus ya kelihatannya Minggu berikutnya masih mangut-bautnya Wajar saja tapi berikutnya maksudnya lain gitu Nah itulah jadi pemimpin itu perlu ada kepekaan terhadap cara orang mematuhi cara orang apa namanya
Kelihatan kesetiaannya gitu kemudian juga struktur tugas pada sejauh mana kejelasan struktur Tugas atau prosedur kerja yang dapat diikuti Nah itu juga bisa dilihat bagaimana para anggotanya melihat atau apa dulu pada aturan-aturan ini berikutnya adalah kekuatan posisi ya seberapa besar kekuatan yang dimiliki oleh posisi pemimpin untuk mulai legitimasi dan memberikan
Reward bahkan memaksa bawahan nah ini model kontingensi ya bisa digambarkan pada bagan berikutnya pada bagian berikutnya nah ini Fidel content teori of leadership jadi seperti dikatakan situasinya bisa dilihat sebagai situasi yang menyenangkan mode yang tidak menyenangkan disitu tadi kan ada tiga aspek yang bisa dipelajari leader member relation hubungan
Pimpinan anggota kemudian struktur tugas structure kemudian di situ apa namanya apa namanya position power leader position power posisi kekuasaan pemimpin nah di situ ada good good good pure pure pure dan seterusnya ya menyebar ini jadi kita bisa melihat grafiknya mana yang paling bagus gitu nah ini yang merah garis yang merah itu
Menandakan Vivo ke atasnya itu dari sini rendah ini di sini tinggi tinggi rendah kembali itu namun di sini juga relasi orientasi relasi di sini rendah Maaf ya di sini orientasi relasi yang memang miskin atau rendahnya tinggi jadi yang bagus yang mana Yang ini nah good performance kemudian ini nah ini
Di atas Terus gitu atau yang paling tidak pertengahan di sini pertengahan jadi di sini kembali ya Saya tunjukkan Nah itu kalau kalau gambaran [Musik] jadi itu kontingensi teori dari filter berikutnya model kepemimpinan from jago model kepemimpinan ini menetapkan prosedur pengambilan keputusan yang efektif dalam situasi tertentu jadi ada penetapan prosedur pembuatan
Keputusan yang efektif untuk keefektifan keputusan dipengaruhi oleh satu kualitas keputusan sejauh mana keputusan mempengaruhi kinerja kemudian komitmen bawahan Seberapa penting bawahan berkomitmen dan menerima keputusan yang untuk diimplementasikan jadi itu kepemimpinan dari floem jago memperlihatkan ada dua hal dimensi dua dimensi kualitas keputusan dan komitmen bawahan berikutnya bahwa dari itu terlihat ada
Tipe keputusan dari gaya keputusan from jago ini yang pertama manajer membuat keputusan sendiri itu A1 A2 nya manajer menanyakan informasi dari bawahan kepada bawahan sebenarnya akan tetapi keputusan diambil sendiri oleh manajer nanya-nanya Bapak kok yang mengambil kerusakan tidak selalu harus mengetahui informasi mengenai situasi yang dihadapi pokoknya guys [Musik] nah kemudian manajer
Berbagi informasi dengan bawahan secara individual dan bertanya mengenai berbagai informasi dan evaluasi dari mereka akan tetapi manajer mengambil keputusan sendiri apa namanya terhalang oleh ini yakni manajer berbagi informasi dengan bawahan secara individual dan percaya mengenai berbagai informasi dan evaluasi dari mereka akan tetapi manajer mengalami keputusan penderita sudah Kemudian yang kedua ya
C2 maksud saya manajer dan bawahan bertemu sebagai tim untuk mendiskusikan berbagai hal menyambut situasi yang dilatih akan tetapi manajer yang mengambil keputusan Kemudian pada G nah manajer dan bawahan bertemu sebagai tim untuk mendiskusikan berbagai hal yang menyangkut situasi yang dihadapi dan keputusan tunggal oleh tim Nah itu berikutnya
Model kepemimpinan jalur atau fat gold pendekatan kontingensi yang menunjukkan bahwa pemimpin bertanggung jawab untuk meningkatkan motivasi bawahan dengan mengklarifikasi perilaku yang diperlukan untuk penyesuaian tugas dan penghargaan Teori ini dikemukakan oleh Robert untuk melihat keefektifan pemimpin dalam situasi yang berbeda Teori ini sering dianggap sebagai teori karena terfokus pada apa pemimpin
Mempengaruhi persepsi dari para pengikutnya berikutnya itu dari gambar raja langsung itu gambarnya ada Jadi ini 4 gold perilaku pemimpinnya direktif perintah-peretasi part spasi dan mendukung untuk pencapaian hasil kerja kemudian disitu ada beberapa faktor faktor-faktor kemungkinan lingkungannya struktur tugas sistem otoritas formal Kelompok kerja kemudian faktor kemungkinan bawahan tempat kedudukan atau
Kontrol kemudian pengalaman kemudian kemampuan yang dipersepsikan Nah itu kelihatannya apa namanya part gold Teori ini apa namanya dikembangkan gitu atau banyak di lakukan yang terutama ini dilihat dari empat perilaku pemimpinnya yakni sportif leadership karakteristik yang membuat pekerjaan secara lebih menyenangkan bagi karyawan suportif kemudian directive leadership directive pemimpin yang memberikan bimbingan pada
Pekerjaan dengan menetapkan standar kinerja bisa dalam berbagai hal perencanaan sampai kepada kepatuhan terhadap peraturan tertentu ada juga partisipasi partisipan yang menekankan konsultasi dengan karyawannya atau mengajak ngobrol dengan bawahannya untuk menggunakan sarana dan ide dari para karyawannya mengambil keputusan kemudian di dalam apa namanya yang berikutnya di situ adalah sebenarnya Apa itu berikutnya
Yang menetapkan sebelumnya itu Pak karakter pemimpin yang menetapkan tujuan yang membuat karyawan merasa lebih senang lebih menantang itu dilakukan dengan harapan para karyawan bekerja di dalam keadaan yang optimal Menunjukkan kemampuan pekerja yang betul-betul secara realnya memenuhi harapan berikutnya Pak terus itu gambarnya harus selesai Nah itu berikutnya adalah model
Kepemimpinan situasional dan model ini yang memang lebih banyak dipelajari dari setiap materi perkuliahan ini banyak di apa dibicarakan mengenai itu ada penjelasannya Sporting berperan serta Legenda Nah itu melihat kemungkinan dari heastern in blanchard jadi ini adalah semacam rangkumannya dari beberapa kenyataan yang diterangkan berikutnya Pak di dalam isu berikutnya adalah mengenai
Konsep dan perspektif tentang kepemimpinan ada kepemimpinan karismatik atas dasar komitmen dan intensitas emosional pada visi filosofi dan mereka adalah diri bawahannya jadi pemimpin ini Demikian karismatik gayanya demikian menonjol menarik perhatian menginspirasi pengabdian terhadap yang lainnya berikutnya ada model kepemimpinan transaksional berikutnya nah dalam model transaksional pemimpin ini kan bersandar pada konsep
Pertukaran antara pemimpin dan pengikut ada pertukaran apa di situ sumber daya dan imbalan dipertukarkan dengan motivasi motivasi pekerja produktivitas dan efektivitas jadi ini bisa diberikan apabila kamu begini apabila kamu sudah mencoba ini terus gitu jadi semacam transaksional Anda keseimbangan semacam hukuman dan ganjaran pemimpin mengetahui apa yang diingat berikutnya Pak
Pemimpin mengetahui apa yang diinginkan karyawan dan menjelaskan apa yang akan mereka dapatkan apabila kerjanya sesuai dengan harapan pemimpin menukar usaha-usaha yang dilakukan karyawan dengan imbalan pemimpin responsif terhadap kepentingan pribadi karyawan selama kepentingan tersebut sebanding dengan nilai pekerjaan yang dilakukannya jadi istrinya titik-titik kepemimpinan berikutnya yakni transaksional ini lebih tinggi lagi terus Pak
Nah kemudian transaksional yakni yang memberikan motivasi pada para pengikutnya untuk bekerja mencapai tujuan bukan untuk kepentingan pribadi bukan untuk kepentingan jangka pendek tetapi untuk prestasi dan aktualisasi diri Nah itu penghargaan pimpinan ya berikutnya ada yang disebut idealis influence perilaku yang menghasilkan ras hormat berikutnya dan rasa percaya diri dari orang yang dipimpinnya berikutnya
Pak ya itu idealis influence perilaku yang menghasilkan Nah itu Perilaku yang menghasilkan rasa hormat dan rasa percaya diri dari yang dipimpin kemudian inspirasional motivation menyediakan tantangan bagi pekerja yang dilakukan staf dan memperhatikan makna pekerjaan semuanya ini kelihatannya positif tidak ada yang negatif itu bagus semua pemimpin yang mempraktekkan inovasi-inovasi pemimpin merefleksikan dirinya sebagai
Orang yang penuh perhatian dalam mendengarkan dan menjalankan ide harapan dan segala masukan yang diberikan Nah itu Pak beberapa teori kepemimpinan kemudian ada perbedaan transasional dan transformasional itu uraiannya lebih lanjut itu terus pak bisa sampai kepada bagan mengenai perbedaan kepemimpinan transformasional dan transnasional ini jadi di sini perbedaannya kepemimpinan transformasional memberikan
Inspirasi dan motivasi untuk mendapatkan kebutuhan penghargaan dan aktualisasi diri sedangkan Kementerian tradisional memberi imbalan berupa pemenuhan kebutuhan fisiologis dan rasa aman bagi para anggotanya yang satu lagi menentang situasi status quo dan menekankan perubahan kalau di sini memelihara dan melanjutkan status quo kemudian digunakan dalam keadaan tak stabil atau terpuruk serta dalam hal-hal
Bersifat strategis dan kaku kalau itu dipakai dalam situasi yang stabil dan dalam hal teknis yang telah baku prosedurnya ini maksudnya yang tidak stabil karena prosedurnya ada hal yang apa namanya yang baru atau memerlukan inovasi memerlukan kreativitas di dalam merespon persoalan-persoalan yang dihadapi karena itu kepemimpinan transformasional berikutnya adalah kepemimpinan visioner visioner ini
Kelihatannya ini cukup memasyarakat karena memang setiap sekolah mempunyai Visi dan harus merumuskan visinya yakni kepemimpinan suatu gambaran mengenai masa depan kemudian yang berorientasi masa depan memperjelas arah tujuan mudah dimengerti di artikulasikan mencerminkan sisa dan Seterusnya saya pikir ini sudah cukup masyarakat itu Pak yang penting di dalam transformasi visi barangkali
Transformasi PC merupakan kemampuan membangun kepercayaan melalui komunikasi yang intensif dan efektif sebagai upaya service of belonging dance kepercayaan untuk merasa memiliki dan dengan visi itu terjadi transformasi PC Jadi mereka yang kita Pimpin ini merasa memiliki organisasi memiliki visi organisasi sehingga betul-betul mereka bisa menjunjung tinggi atau melaksanakan tugas-tugas atau juga
Salah bilang Indonesia yang kuat nah dalam rangka implementasinya tentu di sini pemimpin dalam menjabarkan dan menerjemahkan Visi dan tindakannya itu perlu jelas isi merupakan peluru bagi nasional visi berperan dalam menentukan masa depan organisasi apabila komprehensif yaitu fungsi-fungsi dari fisik kemudian jadi kemudian juga ada kepemimpinan yang disebut leader member exim berikutnya Pak itu
Jauh pak di situ terus kepemimpinan berikutnya pendekatan leader pendekatan leader member exching Berikutnya saya anggap selesai karena memang sudah cukup banyak dibicarakan dan uraiannya saya perjelas saja di dalam hal ini agar bisa dibaca Meskipun mungkin itu sudah cukup memasyarakat berikutnya ada pendekatan leader member exchange nomor 5 Pak terus di dalam hal ini
Pendekatan yang mengenali tidak adanya konsistensi perilaku pemimpin kepada bawahannya pemimpin ini tidak konsisten pada pelakunya pemimpin membina ikatan dan hubungan pribadi terhadap masing-masing pohon hubungan pribadi baik tetapi itu tetapi juga yang efektifnya kucing atau pelatihan menjadi Interaksi yang digunakan untuk membantu pegawai meningkatkan pemahamannya terhadap pekerjaan dan peningkatan kadang-kadang membuat cemburu yang lain
Dengan siapapun dekat gitu pada saat diperlukan seperti itu berikutnya Pak nah [Musik] yakni kepemimpinan multi budaya pasti ada kepekaan pasti ada pemahaman diri dan pemahaman orang lain ada kepatuhan aturan otoritas kemudian ada pemecahan masalahnya mengambil keputusan penting pada kelompok juga memperhatikan hubungan internasional dan hubungan kooperatif pada rekan sekalian
Demikianlah beberapa hal yang perlu saya sampaikan pada siang hari ini dan saya akhiri dengan pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya perlu [Musik] Baik terima kasih Bro atas paparan yang sangat jelas dan ini Tentunya bermanfaat bagi kami bagi para peserta pada kesempatan hari ini sekali lagi terima kasih materinya sangat luar biasa
Selanjutnya Bapak Ibu sebelum ke kuis dipersilahkan untuk menyampaikan pertanyaan apabila yang mau langsung menanyakan ke Prof Johar bisa dan yang melalui kolom Chat juga bisa langsung begitu tapi sebelum ke pertanyaan Profesor Johar agak bisa sejenak ya Bro apa memandu kuis pada siang hari ini siang menjelang sore
Ya Terima kasih Bu Dewi hujan ya di sana Silahkan Bapak Ibu untuk kuis Mungkin beberapa menit 5 menit sambil rehat dan juga supaya bapak ibu mungkin apa menyimak tadi yang paling disampaikan oleh my Quest ya ini seperti yang kuliah umum yang lalu ya bapak ibu serta yang ini juaranya ya Pak Sandi ya
Semangat Bapak Ibu silahkan linknya saya sampaikan juga di linknya sudah ya oke atau kalau ini langsung sambil menunggu kuis ini sudah ada Pak Ali sedikit tapi sudah Raise hand Sabar ya paling tidak dipersiapkan pertanyaannya untuk sore ini [Musik] Eh udah ada 16 orang saya mulai ya Sudah ada 16 ya pak [Musik]
Bagaimana pasien paling pertama Tapi jawabannya belum muncul Pak Andrian ibu Leni bapak Muhammad Nur Kelana Ayo semangat terus banyak nih kita coba request ini bukan hanya betul salah apa juga kecepatan ya dihitung kecepatan Bapak Ibu menjawab jadi cepat dan tepat ya Pak senti Dulu waktu kita kecil ada cepat tepat ya cepat tepat
Sekarang juga di sekolah dasar sepertinya salah satu teknik juga dalam proses pembelajaran pasti bapak ibu sambil menunggu ini Bapak Ibu yang pertanyaan di kolom chat sudah saya tulis ulang sudah saya copy tapi yang restorannya masih belum masih berjalan kita tunggu sampai berapa menit lagi berapa detik atau berapa 1 menit lagi
Masih proses belum ting tong ting tong nanti mungkin di akhir saya [Musik] kurang bagus ini yang saya bu Oh yang pas Hendy hujan lebat dan juga banyak sudah waktunya sudah sampai lanjut Semangat di ujian sidang ya Baik bapak ibu dan juga Prof Johar Barusan ada iklan sejenak agar Prof bisa apa minum teh
Hangat dulu ya bro Ali sodikin dari upbjj Jember Kalau tidak salah mohon koreksi dipersilakan Pak Ali langsung saja ke Prof menyampaikan pertanyaanmu yang lain silakan Bapak Ibu rice can Setelah Pak Ali Nanti dilanjut silahkan Pak Ali masih Mas Rizki Maaf dimut all ya mohon di ini terima kasih atas kesempatan yang diberikan
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh kesempatan yang sangat luar biasa bisa mengikuti sesi kuliah umum pada hari ini terkait dengan materi kepemimpinan yang disampaikan oleh prof pada salah satu apa sifat seorang pemimpin dalam mengambil keputusan itu harus tegas ya yang ingin kami tanyakan begini Prof ketika kita sebagai seorang pemimpin di misalkan
Satuan pendidikan ketika kita merefleksi apa yang sudah kita putuskan sebagai pemimpin namun ketika kita koreksi kita refleksi tidak menutup kemungkinan kan kita visi apa yang sudah kita putuskan karena mungkin ada masukkan ataupun yang lain sebagainya sehingga mau tidak mau keputusan yang sudah kita ambil bukan berarti ini menjilat ludah kita kembali tetapi
Memang untuk kepentingan bersama nah yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara yang elegan Prof agar kita ketika misalkan setelah mengambil sebuah keputusan dan ingin merefleksi dan memperbaiki keputusan yang kita ambil seperti itu Prof Terima kasih itu saja Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Terima kasih Pak Ali dipersilahkan Prof langsung saja
Ya ini jauh juga ini mengenai keputusan yang diambil gitu seolah-olah sudah kita sisihkan juga bagaimana itu cara mengambil keputusan agar tetap bisa diterima oleh orang nah setidaknya kita perlu melihat apa permasalahan yang harus diambil keputusan itu dan akibat-akibat dari permasalahan tersebut ya jadi itu perlu dipelajari bahwa keputusan tersebut mau tidak mau harus
Diambil oleh pimpinan dan apa salahnya kita Jelaskan pada anggota bahwa ini untuk kepentingan bersama untuk kepentingan organisasi tentu harus ada gitu kepentingan organisasi itu harus jelas bahkan bagi mereka sehingga tidak kelirulah pimpinan mengambil keputusan itu di samping segi positifnya atau kerugiannya juga bisa dianalisis atau bisa dibicarakan bisa juga mengenai anggota tersebut diajak
Berbicara di dalam mengambil keputusan itu sehingga keputusan-keputusan yang diambilnya tidak mengagetkan pada yang bersangkutan bahwa pimpinan ini sepertinya sepertinya mencela-menslatif pada saat tertentu ya nggak apa-apa pimpinan juga bisa minta maaf itu kalau memang terkait dengan persoalan yang terlalu mendalam yang perlu diambil keputusan itu jadi tidak kelirulah
Pimpinan norma apa Waktu itu saya karena masalah itu bisa disampaikan pada situasi tersebut tentunya ada juga faktor-faktor lain yang diambil keputusan itu selain kerugian dan kelebihannya menyangkut anggota atau kepentingan organisasi juga apa namanya sifat daripada keputusan tersebut Apakah urgensi lainnya gitu ya tentu itu ada hal yang
Saya pikir itu beberapa hal saja yang perlu disampaikan berikutnya barangkali sodikin selanjutnya barangkali mau ada yang langsung lagi melalui rise hand sebelum beralih pada penanya kedua melalui risehan saya disini sudah mencatat beberapa pertanyaan dari kolom chat yang pertama dari pak Warsito dari upbj Malang nih Bro ada dua pertanyaan dari
Pak Warsito yang pertama Bagaimana cara seorang pemimpin dapat mengambil keputusan yang tepat dan cepat dan bisa diterima oleh semua pihak itu bro Kemudian yang kedua bagaimana menyikapi pemimpin yang arogan dan hanya percaya pada orang-orang tertentu sedangkan bawahan lainnya kurang dianggap baik kompetensi maupun kemampuannya mudah-mudahan pak Warsito bukan sedang curhat ya
Yang pertama tadi pakai masker dari Malang ya bagaimana keputusan yang diambil kalau memang bisa terima semua pihak Iya keputusan itu memang diambil sebenarnya berusaha untuk memenuhi semua pihak gitu suatu keputusan itu biasa begitu tetapi pada kenyataannya Anda pihak-pihak yang sebut saja sampai dikorbankan Sudahlah katanya ini yang terbaik saat ini harus
Diambil keputusan semacam ini jadi di situ harus berhitung untung rugi berarti kan untung rugi keputusan yang diambil untungnya bagi organisasi Bagaimana untuknya bagi yang bersangkutan Bagaimana untungnya untuk sumber daya manusia bagaimana nah ini Komplek masalah keputusan ya bisa diterima semua pihak pada mulanya begitu keputusan itu ingin diterima oleh semua pihak ini
Memenuhi ke Selera sampai selera ya sebenarnya untuk kepentingan mereka semua gitu Tapi kan kepentingan-kepentingan itu berlain-layanan jadi ya dengan terpaksa pimpinan itu mengambil hal yang sifatnya apa ya istilahnya bukan Sinergi ya istilahnya apa ya kalau sinergial mobilitas Apa sumber daya sehingga bisa dimanfaatkan secara simultan kalau ini keputusannya diambil secara situasional
Keputusannya diambil secara praktis secara fleksibel nah dari situ kita bisa melihat bagaimana keputusan itu pada dasarnya tidak untuk semua pihak tapi untuk pihak-pihak tertentu sekalipun untuk pihak-pihak tertentu kerugiannya tidak terlalu besar Ambillah keputusan yang paling kecil resikonya itu kemudian juga tentu keuntungan yang lebih besar untuk yang besar sedapat mungkin juga tidak mengurangi
Dukungan terhadap organisasi jadi ada pihak-pihak tertentu yang mendukung dan sampai yang mendukung itu termasuk yang dikorbankan gitu Nah itu sudah apa hitungan-hitungan mengenai masalah pengambilan keputusan demikian juga terhadap mereka yang arogan keputusan itu sepertinya arogansi ini dari suatu gagasan yang dilontarkan untuk mengambil suatu keputusan tertentu dia ada satu
Cara pemecahan yang dia Kemukakan dan beranggapan bahwa gagasan tersebut mengungguli ide-ide yang lain Nah itu pimpinan perlu melerainya itu dalam kondisi yang dibawa ke arah yang lebih praktis yang memungkinkan mereka mendapat tanggapan mungkin pimpinan yang harus memberikan tempahan itu tetapi kalau sudah dibawa ke dalam kelompok atau dalam suatu rapat
Misalnya atau diskusi ya Jadi mereka yang menembak arogansi jadi gagasan tersebut diimbangi oleh gagasan yang datang dari anggotanya juga gitu Bukan oleh pimpinannya aman-aman saja sebenarnya Ya gitulah pimpinan di dalam rangka mengelola ketegasan-gagasan atau lebih khususnya di dalam cara pengambilan keputusan itu diantaranya [Musik] Jakarta pertanyaannya bagaimana menyikapi Nah sekarang Bagaimana sikap
Menyikapinya begitu Bro bagaimana menyikapi pimpinan yang old fashion dan otoriter katanya atau yang otoriter ya harus terpaksa dengan memenuhi kehendaknya satu kali misalnya kita penuhi apa yang diinginkan beliau Jadi sebenarnya mengenai kualitas kepemimpinannya ada pada anggota jadi keadaan pimpinan tersebut adalah karena hanya legitimasi saja sedangkan kepemimpinan itu sendiri ada
Pada anggotanya Jadi sebenarnya anggotanya yang bisa mengendalikan bisa saja dengan cara membiarkan apa namanya pimpinan bertindak atau berlaku on fashion dulu lah sampai mengetahui akibatnya gitu ya bahwa akibatnya tidak dirasakan atau tidak membuat yang lainnya melihat beliau ini sehingga mereka sadar betul berarti kan anggota ini perlu kreatif perlu
Apa namanya seolah-olah kan mau mengarahkan perilaku pimpinannya agar menjadi lebih baik Coba kalau perilaku pimpinan begitu terus-menerus kita sendiri menjadi tidak betahkan itu di dalam organisasi tersebut kayak bisa jengkel kita lama-kelamaan dan karenanya itu penting untuk di belajarkanlah belajarkan satu kali dua kali dalam situasi yang sangat kritis dalam situasi tertentu yang membuat
Beliau sadar bagusnya membuat beliau sadar dan kekuasaannya kalau begitu sebenarnya dalam tempo yang akan datang sudahlah kalau begitu Jangan saya saja syukur kalau begitu ya ada dari ibu Leni Diana Surabaya masih tadi kaitannya dengan pemimpin yang Bagaimana mengubah mindset seorang pemimpin yang organisation dan cenderung memerintah tanpa melihat kondisi lapangan demikian pertanyaannya ya
Mengubah itu banyak cara sih soalnya ya di dalam mengubah pemikiran atau mindset seseorang itu tetapi kita perlu memang melihat situasi yang tepat permasalahan yang jelas-jelas terkait dengan kepentingannya lalu situasi organisasinya yang mendukung Jadi sepertinya kita yang menjadi pendidiknya itu yang penting jangan sampai yang on fashion ini berlarut-larut gitu atau terus-menerus
Sehingga kerugian ini sebenarnya menyangkut kerugian organisasi secara lebih luas dan disitulah atau anggota perlu memberikan pembelajaran pembelajarannya bisa dari jenis tugas yang dilaksanakan fasilitas yang tersedia atau situasi yang dihadapi keputusan-keputusan dari risiko yang diambilnya Nah itu semua bisa dijadikan pertimbangan-pertimbangan untuk mengubah kondisi pimpinan yang mungkin satu kali tidak bisa dua kali
Barangkali tiga kali empat kali lima kali Tinggalkan saja itu lagi gitu lagi misalnya pembina Ya saya pikir organisasi itu anggota organisasi itu memiliki cara-cara yang dilakukannya kalau tidak bisa dilakukan sendiri berdua bertiga semuanya kelompok kompak itu ya jadi Sudah kelompok lagi yang memberikan ininya tindakannya kepada pimpinan itu
Kan berat atau sudah kelompok masa masih belum bisa berubah ya kalau masih dia sadar tentang kemanusiaannya suatu saat juga akan berubah demikian ini masih ada beberapa pertanyaan dan Bapak Ibu sekalian peserta webinar pada hari ini Apabila yang mau langsung mengajukan pertanyaannya silahkan untuk langsung raisend dan bisa komunikasi dengan profil War ada
Beberapa pertanyaan lagi ini bro nampaknya di sore ini banyak yang curhat ini ada dari ibu Nani Andriani Bogor pertanyaannya seorang pemimpin dalam mengambil keputusan sebuah kebijakan tentu tidak semua pihak akan menerima kebijakan tersebut nah yang menjadi pertanyaan Bagaimana cara meminimalisir reaksi negatif dari pihak yang tidak menerima atas kebijakan yang
Dibuat oleh seorang pemimpin demikian Prof ini ada semacam kemungkinan reaksi negatif terhadap suatu keputusan yang diambil ya tentu ini pimpinan itu perlu melihat bahwa di dalam mensosialisasikan keputusan itu perlu dilihat orangnya tetapi sering juga keputusan yang disosialisasikan itu dalam bentuk tertulis Ya bisa saja reaksi dari seorang itu yang kita anggap dari
Agak sedikit memiliki kepekaan terhadap reaksi negatif merobek saya keputusan-keputusan itu jadi dia itu temperamental misalnya kenyataan di dalam organisasi itu sangat bervariasi suatu keputusan itu tanggapan yang menolak atau yang memberikan reaksi negatif itu sangat mungkin banyak jadi pimpinan perlu menyederhanakan reaksi yang memberikan apa namanya negatif tersebut dengan cara
Apa menarasikan keputusan yang diambil secara tertulis kemudian juga bisa menyampaikannya secara langsung atau juga apa namanya di dalam satu tindakan keterlibatan orang tersebut jadi macam-macam caranya ibarat kita mengambil tindakan untuk pendidikan untuk anak didik Sebenarnya ada banyak cara yang bisa diambil tapi kita tentu mengambil yang risikonya tentu ringan Tidak besar
Saya pikir mengenai pengambilan keputusan yang dipandang bisa menyembuhkan reaksi negatif itu dari sisi keputusannya perlu dipertimbangkan kembali keputusannya keputusan itu apakah keputusan betul-betul matang yang betul-betul sudah diperhitungkan risikonya resiko bagi organisasinya lebih khususnya misalnya resiko bagi orang yang bersangkutan resikonya Bagaimana nah keputusannya juga dilihat dari misalnya [Musik] situasinya situasi yang perlu diperhatikan
Penyampaian keputusan itu perlu dalam situasi yang tenang atau juga sedang dalam keadaan riang gembira isikan sedang dalam keadaan kondusif atau sedang fasilitasnya sedang tersedia tidak menimbulkan kegaduhan di dalam mencari [Musik] fasilitasnya tidak ada itu keputusan harus diambil Nah itu menimbulkan permasalahan baru yang tidak sedikit mengundang reaksi-reaksi yang lebih besar lagi jadi
Terhadap suatu keputusan yang [Musik] menimbulkan reaksi negatif tentu ada beberapa cara yang bisa diambil dan tentu pimpinan itu bisa mengurutkan cara mana yang paling baik atau paling sedikit risiko yang bisa munculnya itu Baik terima kasih Bro ini masih ada dua pertanyaan kalau yang dari kolom chat nih yang berikutnya adalah dari Ibu Sundari
Upbjj Pontianak Prof pertanyaannya Apa yang harus dilakukan seorang pemimpin untuk memulihkan kepercayaan bawahannya supaya tercipta suasana yang nyaman di tempat kerja demikian program Ibu Sundari jadi sebenarnya ini juga banyak faktor-faktor yang bisa kita kondisikan di dalam memulihkan [Musik] kenyamanan atau tingkat kenyamanan para anggota kita tempat kerjanya harus diperbaiki dilengkapi
Harus dibuang yang tidak bermanfaat di dalam memulihkan kenyamanan kerja lalu Juga fasilitas barunya penting disediakan [Musik] atau kalau ada orang yang diperlukan karena orang-orang di sini tidak bersedia karena memang tidak mampu kepala sekolah tentu harus melihat perlunya mengundang orang lain yang lebih ahli dalam menangani persoalan tersebut Nah itu diantaranya ya untuk memulihkan
Kenyamanan kerja kenyamanan itu kan kaitannya dengan situasi kerja ya tentu Kepala Sekolahnya tidak jadi guru-guru itu merasa nyaman kalau ada Kepala Sekolahnya justru merasa gelisah atau merasa khawatir Kalau tidak ada Kepala Sekolahnya jangan Kalau hadir kepala sekolah justru muncul kekhawatiran itu kan jadi bahaya itu jadi Apakah saya datang sebagai
Kepemimpinan di organisasi ini apakah memberi kenyamanan keteguhan kepada anggota ini rasa betah mereka segala tidak ya Jangan jadi pemimpin sumber-sumber lain seperti saya Sebutkan itu bisa dimanfaatkan ya lebih bagusnya barangkali ada insentif itu yang bisa dibagikan biasanya anggota yang itu kalau sudah ada pembagian insentif diam bahkan biasanya ingin lebih banyak dimanfaatkan sebagai
Cara-cara yang efektif silahkan Bu berikutnya barangkalian masih ada yang menyampaikan bahwa pemimpin yang baik itu pemimpin yang dirindukan oleh bawahannya begitu ya Berarti Pak Deni Pak Deni memberikan pertanyaan Apakah efektif jika menerapkan beberapa tipe atau gaya kepemimpinan dalam satu lingkungan demikian para pertanyaannya ya efektivitas gaya kepemimpinan itu memang tergantung kepada banyak faktor
Anggotanya Bagaimana situasinya Bagaimana pimpinannya gitu faktor-faktor itu menentukan gaya kepemimpinan jadi kadang-kadang kita perlu bertindak otoriter mengambil keputusan sendiri gitu justru kalau diambil keputusan saya salah bersama sama wahlulnya lama lagi akhirnya kan pekerjaan lain tidak terselesaikan nah itu jadi faktor-faktor yang menentukan efektivitas di dalam gaya kepemimpinan itu faktor pemimpinnya faktor anggotanya
Faktor situasinya dilihat gitu jadi pemimpinnya bisa Pemimpin harus mengambil keputusan sendiri berarti otokratik kalau anggotanya harus ngambil keputusan berarti dia harus demografis kalau situasinya tidak menentu misalnya ya berarti lisosfer Nah itu kan semacam kepemimpinan itu kita bisa gunakan dan terapkan tentunya ini tidak penerapannya sekaku teori yang kita pelajari gitu
Tapi kalau di dalam gayanya orang-orang sudah punya gaya dalam prakteknya orang itu sudah mempertimbangkan Bagaimana keputusan itu harus diambil oleh dirinya perusahaan itu harus diambil oleh anggota atau kelompoknya atau dibiarkan saja oleh situasi yang ada nah ukuran tersendiri dia sendiri mempertimbangkan semua faktor itu Jadi apakah dia bisa secara otoriter secara demokratis secara
Itu tergantung pada faktor-faktor tali yang mempengaruhi disamping memang gaya-gaya kepentingan yang lebih efektif sekali sudah kita pelajari ya dalam perkuliahan ini itu Bu Terima kasih Prof penjelasan atau jawaban dari beberapa penanya ada sore ini Bapak Ibu dipersilahkan apabila masih ada yang ingin ditanyakan kepada Prof Johar bisa langsung Raihan atau
Juga masih bisa menuliskannya dalam kolom chat untuk selanjutnya dipersilakan Pak Sandi Apabila ada yang mau ditampilkan sebelum ke sesi berikutnya Ya sudah hadir dengan tayangannya Bapak Ibu persilahkan bahasa ini [Musik] tingkat satunya adalah Bapak atau Ibu suhan itu kemudian harus juara duanya Bapak Rizki ketiganya Bapak Wahyu ya nanti untuk juara-juara ini akan
Dihubungi oleh bahagia ya untuk pemberian hadiahnya Baik Terima kasih Bu Dewi Baik terima kasih selamat untuk tiga orang pemenang Ibu suharisni Pak Rizki dan Pak Wahyu Terima kasih Mas Rio selanjutnya Bapak Ibu apakah masih ada yang ingin disampaikan atau ditanyakan kepada Prof Johar masih ada waktu baik Bapak Ibu
Prof Johar yang terhormat sepertinya ini pertanyaan-pertanyaan sudah selesai disampaikan dan sudah mendapatkan pencerahan yang luar biasa Pada sore ini banyak sekali manfaatnya untuk saya pribadi untuk juga para peserta sudah banyak sekali materi yang disampaikan oleh prof Johar Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas paparan dan pencerahan dari Permana Pada sore
Ini terkait dengan kepemimpinan pada pendidikan dasar Bapak Ibu mahasiswa tibalah saatnya kita di penghujung acara ijinkan saya pintas menyampaikan kesimpulan yang pertama kepemimpinan itu merupakan proses mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan secara efektif dan efisien terdapat beberapa ciri-ciri kepemimpinan diantaranya memberikan arahan menumbuhkan kepercayaan kemudian mendukung tindakan membuat keputusan
Mengambil resiko dan juga memiliki rasa optimis selanjutnya ada beberapa fungsi kepemimpinan yang pertama fungsi perencanaan visioner loyalitas kemudian Decision Making atau membuat keputusan dan juga memberi motivasi terdapat 3 sifat seorang pemimpin yang pertama memiliki intelegensi memiliki kepribadian dan juga memiliki kemampuan dalam berbagai hal untuk selanjutnya kami segenap panitia mengucapkan terima kasih kepada
Narasumber yang luar biasa pada sore hari ini profesor doktor Haji Johar Permana Ma yang telah memberikan materi penting dan sangat bermanfaat semoga ilmu yang didapatkan hari ini dapat dimanfaatkan oleh ibu dan bapak serta dan sekali lagi pada para peserta serunya kami ucapkan terima kasih atas kehadirannya Terima kasih yang setinggi-tingginya kami ucapkan kepada
Ibu Insinyur Kristanti Ambar Puspitasari yang sejak awal mengikuti kegiatan webinar hari ini Terima kasih ibu dan juga kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Ibu Dokter Insinyur Amalia sapriadi Ma selaku Kaprodi pada magister pendidikan dasar serta kepada seluruh dosen dan panitia yang sudah bau-bau bersinergi menyelenggarakan kegiatan webinar pada kali ini ibu dan bapak
Dipersilahkan untuk mengisi daftar hadir para peserta terutama yang terdapat dalam linknya silakan bisa diunduh permohonan maaf saya sampaikan apabila dalam penyelenggaraan acara ini masih jauh dari sempurna akhirnya Mari kita ungkapkan rasa dan terima kasih kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala Tuhan yang maha kuasa atas terselesaikannya acara webinar ini dan lancar Sukses dan sehat
Semangat terus bagi kita selaku pemimpin karena pada hakekatnya setiap orang adalah pemimpin dan juga siap untuk dimintai pertanggungjawaban pemimpin terhebat belum tentu dia melakukan hal-hal terbesar tetapi dialah yang membuat orang melakukan hal-hal terbesar menurut Ronald Reagan salah seorang presiden Amerika Serikat sampai jumpa pada kegiatan sekali lagi mau
Foto dulu baik Salam sehat serta semangat selalu bila Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Bapak Ibu peserta diperkenalkan untuk bisa membuka kameranya kita akan mengadakan foto bersama Iya baik di sini ada empat yang pertama satu dua tiga slide yang kedua 1 2 3 slide yang ketiga 123 dan slide yang terakhir 123 Terima kasih
Prof Johar Terima kasih sekali Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh [Musik]
Pusat Pengelolaan dan Penyelenggaraan Program Pascasarjana akan melaksanakan kegiatan Kuliah Umum Program Studi Magister Pendidikan Dasar (MPDR) dengan mata kuliah Kepemimpinan dan Manajemen Pendidikan Dasar (MPDR5301) Semester 2022/23/1 (2022.2)
Narasumber:
Prof. Dr. Johar Permana, M.A.
(Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia)
Moderator:
Dr. Sri Dewi Nirmala, S.Pd., M.Pd.
(Dosen FKIP-UT)
Opening Speech:
Ir. Kristanti Puspitasari, M.Ed., Ph.D.
(PJB Kemahasiswaan Pusat P4s-UT)
Narahubung:
Radhitya Rio Arvian (081310090044)
Sabtu, 15 Oktober 2022
pukul 13.30 s.d. 16.00 WIB
Link: https://sl.ut.ac.id/KuliahUmumMPDR5301
#KuliahUmum #MagisterPendidikanDasar #UniversitasTerbuka
https://ut.ac.id/
Sobat Universitas Terbuka TV, Info tentang #LIVE #Kepemimpinan #Pada #Pendidikan #Dasar #Kuliah #Umum #Program #Magister #Pendidikan #Dasar #FKIPUT ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 02:18:16 detik.
Begitulah sekilas tentang 🔴(LIVE) Kepemimpinan Pada Pendidikan Dasar – Kuliah Umum Program Magister Pendidikan Dasar FKIP-UT yang telah dilihat oleh 999 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Universitas Terbuka TV 8296
Saya ingin menyampaikan kekecewaan saya terhadap pelayanan kampus Universitas Terbuka, baik pelayanan Hallo UT maupun pelayanan pada UPBJJ Jakarta. Sudah 2022 SDM Hallo UT masih menggunakan sistem kerja gaya lama. Birokrasinya berbelit belit. Berurusan sama kampus ini gak ada obat, selalu menguji kesabaran.