HACKER AKAN HANCURKAN G20?! | RIDWAN HABIB S2 KAJIAN STRATEJIK INTELIJEN UI

2022-09-22 14:14:50 01:12:52 Kalau kita bicara biorga bisa saja lebih dari satu orang pak Is bisa saja ini tim tinta kata bahasa Inggris biorga itu adalah Google Translate Google Translate buka di Google langsung [Musik] minim sensasi penuh informasi mainkan Halo apa kabar publikkan dimanapun berada ketemu lagi dengan saya Iskandar Sitompul kali ini

Kita akan mengupas yang lagi rame di dunia cetak ataupun Maya ataupun dimanapun media sosial diorka Tentunya saya kedatangan tamu atau tamu yang saya undang tidak lain tidak bukan ahli dalam bidang intelijen juga kontra intelijen alumni dari UI tentu siapa dia Mas Ridwan apa kabar baik-baik Terima kasih sudah diundang

Lah sebuah kehormatan buat saya Terima kasih juga datang undangan saya saya senang dan Saya bangga Kenapa kita perlu tentu perlu menyampaikan kepada di seluruh masyarakat apa sih sebenarnya kita mungkin kita mulai Mas ya sekarang di pemerintahan kita menteri Mahmud eh Mahfud mengatakan menkolukan Wah itu hal yang biasa saja yang

Ringan-ringan kepala BCN Wah itu klasifikasi biasa bahkan Menko info kita pelatih juga ada perdebatan dengan Menkes misalnya dikatakan Oh itu masalah peduli lindungi itu adanya di sana bukan di kami kalau di kami Dia akan tetap bisa kami protect dan lain sebagainya bahkan ada menteri kita juga rame itu di media

Sosial begitu dia di hack dia buka nomor telepon luar negeri jadi banyak ini sekarang dan banyak isu-isu kasus lain yang kita akan diskusikan di sini Mas ya harapan saya mudah-mudahan semua pendengar atau publikasi dimanapun berada itu akan senang lihat kita kita akan mengedukasi mereka semuanya kita tidak akan bicara hoax tapi kita akan

Memberi informasi yang terbaik kita mulai dari begini Pak sekarang kan ini rame padahal dulu sudah pernah kejadian masalah wikilik ini bagaimana saya mau menanyakan tentang regulasi Kita sebenarnya Kenapa karena ada tumpang tindih saya lihat pembicaraan lempar sana lemparnya gimana menurut ini kan ada beberapa klasifikasi ya ada yang mengatakan Oh dia ini sebenarnya

Bukan hacker karena kalau real hacker dia biasanya bekerja Underground Underground sangat jarang mempublikasikan hasilnya di muka publik misalnya mereka bisa melakukan penetration test ke salah satu sistem mereka hanya akan memberikan notifikasi penyedia sistem bahwa eh sistem kamu ada errornya sistem Anda ada loopnya ada haulnya yang bisa kami tembus perbaiki

Dong itu hacker real Biasanya seperti itu Nah tetapi dalam konteks your k ini kami melihat ada faktor ego faktor ego yang kena nih dibiarkan Kenapa Karena pada saat dia pertama kali membuka data tentang sim card kemudian tentang pelanggan salah satu provider TV berlangganan indihome itu respon pemerintah menyepelekan betul bahkan kemudian ada

Narasi bahwa kalau bisa jangan nyerang lah kayak gitu ya lalu kemudian ini ini memancing egobyor ka ini kalau kita bicara biorga bisa saja lebih dari satu orang baik bisa saja ini tim-tim lalu kemudian mengambil satu identitas bernama beyorka itu lalu kemudian mereka secara simultan melakukan beberapa kali aksi misalnya kemudian membuat channel

Telegram telegram Kenapa membuat channel telegram karena mereka menghindari undang-undang ite kalau mereka mempublikasikan misalnya nomor telepon atau Nik dari Menteri itu atau di Facebook kena undang-undang Twitter bisa kemudian mensuspend akunnya tapi kalau kemudian dia menggunakan telegram dia berlindung di situ karena telegram ini private dia adalah pembicaraan private hanya member yang

Bisa mendapatkan informasi itu Nah dari sini mulailah kebacaan nih sebenarnya ini siapa temen-temen yang banyak bicara tentang keamanan cyber saya mohon izin ralat sedikit Pak saya bukan ahli cyber ya bukan supaya ini juga pemirsa publikkan nanti juga paham Kebetulan kami mempelajari tentang cyber pada saat kuliah di S2 kajian strategi intelijen

Di Universitas Indonesia dan sempat beberapa kali menjadi semacam tim begitu ya di beberapa lembaga negara yang mengurusi cyber tetapi sebenarnya spesialisasi cyber bukan bukan dari IP saya tapi dari disiplin intelijen kalau kalau kemudian kita bicara tentang bioreka kembali ke bioskop maka sudah mulai terlihat benang merahnya bahwa biorga ini pertama dia Mungkin saja

Hacker mungkin saja bukan karena kalau real hacker dia pasti akan menyembunyikan identitas saya semaksimal mungkin begitu dia tampil di situ ada celah-celah di mana dia bisa dilacak yang kedua Mouse probably Dia adalah orang Indonesia orang Indonesia jadi yang dikatakan di Moskow di Polandia Bukan gitu ya pertama belum tahu mungkin ya

Dia memahami benar karakteristik orang-orang yang dia serang misalnya dia mempublikasikan tentang salah satu identitas bazar gitu ya Mas Deni Siregar dia bisa tahu tuh karakter Denny Siregar apa kata-katanya di situ lalu menteri Pak Erick Thohir disindir juga Jadi kan dia memahami nih konteksnya beliau memahami politik lokal kita kemudian teman-teman yang ahli grammar

Jadi kami ini waktu terjadi bio organik diskusi banyak teman ahli grammar terutama teman-teman yang memang jago banget di dalam grammar bahasa Inggris langsung tahu bahwa kata-kata bahasa Inggris biorga itu adalah Google Translate Google Translate buka di Google langsung Iya jadi dia dia membahasakan bahasa Indonesia dengan idiom Inggris bukan asli orang Inggris

Atau mengakuan dia orang Warsawa orang Polandia Jadi mungkin biarkan nonton iya iya kita kita dalam tanda petik kita agak susah mengidentifikasi Apakah ini sebuah kejahatan atau bukan pertama kalau ini sebuah kejahatan di mana celahnya misalnya Oh kena nih undang-undang ite tidak memulihkan secara terbuka dia menggunakan telegram tertutup apakah

Pasal undang-undang itu bisa dikenakan itu penting juga untuk kita dalami yang kedua kalau dia benar-benar jahat hacker jahat pasti lebih banyak lagi hal serem yang bisa dilakukan sambil contoh ada beberapa teman-teman Hacker itu yang bahkan bisa mengganggu sistem perbankan kita perbankan jadi tiba-tiba bandara juga tiba-tiba rekening pak Is melonjak

Atau sebaliknya habis kemudian sistem traffic bandara air navigation traffic kemudian sistem scadar listrik kalau kita misalnya rumah itu kan pakai token ya Ada beberapa teman-teman pakai Token itu membuktikan bahwa memang sistem PLN kita digital digital kalau dia bisa masuk ke sistemnya maka dia bisa mengendalikan rumah mana yang dia

Nyalakan rumah mana yang dia matikan sekuat itu sebenarnya kalau mereka mau Tetapi kan yang dilakukan ini lebih kepada semacam Apa bahasa kita ya sentilan ini loh kalian ini perbaiki datanya ternyata menteri aja bocor menteri aja data identitas nomor teleponnya bocor dan dari sudah sampaikan begitu bocor dia ganti nomor itu Semakin menjadi ledekan

Kembali ke pertanyaan awal Pak Is tadi ini regulasi Bagaimana ini saya kira prihatin banget pak kami teman-teman akademisi ya Kebetulan kami mengelola satu lembaga studi namanya the Indonesia intelijen Institute ini dari teman-teman Master kajian intelijen yang ngumpul di situ kami menyesalkan Indonesia belum punya regulasi cyber sekuat undang-undang kenapa kenapa padahal kita

Udah kena berapa kali Kenapa pemerintah enggak mau itu kira-kira ada masalah Sudah beberapa kali dicoba diusulkan dalam legislasi kita ya sejak periode 2014 jadi kesadaran untuk undang-undang keamanan saya berdiri di daerah Pak Jokowi ini sebelumnya belum padahal zaman Pak SBY udah kena zaman Pak SBY itu ada insiden penyadapan

Telepon betul penyadapan telepon Pak SBY dan ibu negara Bahkan waktu itu nah jadi lalu 2014 dimasukkan ke apa namanya daftar legislasi ternyata belum berhasil nanti kita diskusikan juga ini kenapa kok ditolak lalu masuk ke 2019 pun juga sampai sekarang belum Pak Nah Alhamdulillah mungkin Insya Allah ada undang-undang perlindungan data pribadi

Tetapi itu sebenarnya belum cukup untuk menyebut sebagai benteng undang-undang keamanan cyber sehingga teman-teman misalnya nih di badan Sandy dan cyber negara itu bekerja berdasarkan Perpres sehingga kemudian ketika misalnya mereka memberikan notifikasi sebuah kementerian eh Kementerian X kamu nih fulnerable sistemnya Email kamu breabel loh Mereka cuma bilang ya kan Lu

Cuma ngingetin Iya gua mau perbaikin gua nggak perbaikin nggak ada urusan sama lu Secara kasarnya begitu Pak tapi kemudian ya BSS nggak bisa apa-apa dia nggak punya wewenang itu dia misalnya kepala bssn tidak bisa kemudian memberikan warning secara serius eh tutup nggak bisa nggak ada wewenangnya hanya bisa mengingatkan mengingatkan dan

Menyediakan sistem dan tim tidak dibutuhkan jika diperlukan loh artinya kalau nggak diperlukan mereka juga nggak bisa-bisa aja nggak kepake gitu loh jadi di negara kita ini siapa yang bisa kan udah ketahuan tadi ketahuan ini disampaikan nggak mau tahu supaya patuh dan taat itu siapa sebenarnya kontrolingnya sesuai dengan

Regulasi ini hikmahnya jadi yang kami dengar ya ini mungkin juga teman-teman publikans penonton kita ini mungkin juga bisa punya data lain tapi yang kami dengar Bapak Presiden sangat serius menangani ini setelah bioska terjadi yang kami dengar nih beberapa Pimpinan lembaga itu dipanggil untuk rapat dan bawa presiden serius agar ini ditangani

Secara serius bahkan membuat tim khusus untuk itu nah moga-moga nih setelah biorga ini pada saat kita bikin podcast ini ke depan kemudian ada semacam satu penanganan komprehensif cyber sehingga kalau pak Iskan dulu apa Tentara Angkatan Laut mantan kampus pasti tahu Mandala perang itu kan dulu ada Mandala

Darat ada Mandala udara ada Mandala laut sekarang mandalanya cyber betul sekali divisi cyber itu dibawa bareskrim levelnya direktur dia bintang 1 apa cukup nah misalnya seperti itu misalnya seperti itu jadi moga-moga setelah biorga lalu kemudian para aparat cyber ini Ternyata kita ini masih jauh ketinggalan dari Singapura dari Inggris dari Australia

Apalagi Amerika tentang bagaimana mempertahankan Mandala cyber kita itu apalagi momentumnya kebetulan 2022 g20 betul sekali Jangan sampai bocor semua belajar intelijen orang-orang intelegen biasanya kan selalu work skenario selalu berpikir jangan-jangan gimana kalau gitu kan kami juga berpikir nih g20 ini tanggal 9 November para pejabat negara asing dobaiden

Ada semua di sini itu akan datang dan mereka menggunakan pesawat pribadi ini skenario bayangkan dalam work skenario jika ada kemudian hacker berhasil masuk menguasai air NAV air navigation kita air nabi itu BUMN yang mengatur tentang air traffic control kita lalu kemudian dia masukkan koordinat divert ini pilot

Kalau sudah di atas langit Bali dia kan nggak mungkin manual guys Jadi kalau angka ini berubah dan seolah-olah ini Angka resmi lalu dia tiba-tiba mendarat ini di Blambangan Banyuwangi misalnya bukan untuk terorisme hanya mempermalukan tapi malunya internasional info ya Ada Polri kita siapa ini sebenarnya kalau menurut Mas

Ridwan Kita kan sudah pengalaman dalam hal seperti ini siapa Harusnya kalau kita Contohkan tadi kayak ada kita udah tahu Israel jauh Amerika Prancis Bagaimana kalau misalnya itu siapa yang megang itu sebenarnya kalau di Amerika kan NSA ya mereka mempunyai wewenang penuh untuk itu bahkan NSX bekerja juga di luar negeri untuk intelijen cyber

Mereka sinyal intelijen kalau di Inggris misalnya head quarter oke itu juga berlindung dalam undang-undang yang sangat kuat sehingga mereka bergerak itu dengan sangat mantap karena berdasarkan regulasi yang tegas Australia juga punya Singapura bahkan juga punya semua kita pertanyaannya gimana ini dalam tim keamanan g20 itu terjadi siapa yang akan kemudian bertanggung jawab

Cepat pasti akan terjadi saling gas yang dibentuk pak presiden untuk ke arah sana juga Satgas ini lebih menurut saya lebih menyelidiki biarkan hanya menyelidiki biodata Nah makanya sebelum terjadi ini kita masih punya waktu satu bulan Saya kira Okelah biorga ini tetap ditangani kalau dia ada pelanggaran hukum ia ditindak sesuai pasalnya yang tepat

Tetapi pikir ke depan itu kita baru skenario misalnya baru skenario traffic pesawat Belum Yang lain-lain Belum traffic beneran di jalanan belum ada PLN bayangkan kalau jawaban mau sambutan lalu diserang PLN kita selesai selesai malunya itu kayak apa ini yang kemudian saya kira teman-teman yang menjadi panitia pengamanan g20 mestinya kemudian mengambil pelajaran

Kebetulan kami lama mempelajari juga kontra terorisme jadi saya yakin benar kalau dari sisi terorisme secara konvensional Saya yakin benar teman-teman Densus teman-teman Paspampres pasti sudah siap semua skenario sudah siap mereka sudah gelar di posko Beberapa bulan yang lalu jadi kalau misalnya apalah mengantisipasi serangan bom mengantisipasi mendadakkan

Mobil mereka sudah jago nah yang cyber ini tidak kelihatan Jangan sampai kemudian kita lengah Jangan menganggap bahwa nanti konvensional attack aja yang dicegah jangan sampai ada bom Bali jangan sampai ada serangan pisau misalnya oke itu tetap itu harus tetapi yang saya perhatikan ini mengingatkan gitu bahkan begini mas Ridwan

Ahli-ali cyber itu kalau dulu orang cyber itu mungkin perlu ruangan khusus alat laptop atau komputer khusus katanya sekarang dengan handphone aja bisa mengacaukan mengganggu Gimana pendapat Mas Ridwan sebenarnya adik-adik kita juga dilatih untuk itu jadi kita di Indonesia ini kan punya namanya Sekolah Tinggi Sandi Negara Sandi Negara di

Ciseeng di Bogor sana itu adik-adik dilatih bahkan ada yang disebut dengan operasi penetration testing Jadi mereka sengaja Tuh disuruh ke luar negeri coba cek tuh ya nggak usah sebut negaranya ini Nanti ketahuan pokoknya dikirim lah mereka ke luar negeri bisa nggak terobos negara ini sistemnya bisa nggak ya udah mereka ke sana

Vacation seperti turis masuk Hotel pakai handphone bisa nggak gitu Jadi sebenarnya kalau dari sisi kehebatan sumberdaya kita ini punya SDM Kita sebenarnya adik-adik kita ini bahkan mempunyai keahlian membuat crypto dengan latar belakang Bahasa lokal jadi kalau kita beli alat pelindung kriptografi kalau kita beli dari Israel orang Israel punya antidotnya punya

Passwordnya jadi kalau kita melindungi data kita pakai perangkatnya Israel mereka bisa buka kita beli dari Cina sama mereka juga punya passwordnya mereka punya Nah karena itu temen-temen merancang sendiri jadi nggak ada yang bisa buka lagi pakai bahasa Sansekerta pakai bahasa Jawa pakai bahasa Medan itu sayangnya ini klasik wes

Sangat klasik negara sebesar ini atau mungkin ada yang kurang harmonis atau bagaimana atau Sebenarnya bukan anggap bukan uangnya kita kurang perlu bukan uangnya tapi willingnes jadi kalau misalnya beli alat yang mungkin ratusan ribu dollar itu kan sudah ada sistem pengadaan di situ sehingga kemudian ada perusahaan yang diuntungkan ada inilah vendor sementara

Sebenarnya dengan uang yang mungkin separuhnya bisa kemudian membuat adik-adik ini dibuatkan satu sarana lab yang canggih dibuatkan satu prasarana yang mendukung sehingga adik-adik ini berkembang dan menciptakan sandi kita kalau perlu kita yang jual ke luar negeri kita yang jual dan juga begini Belajarlah feeling kita itu ada di sana Nah

Semuanya masalah cyber atau intelijen itu kalau di kita tuh No Limit Kenapa itulah sumber pertama TNI itu bergerak itu intelijen kalau data intelijennya atau data cyber atau lain-lain sebagainya ngaco bagaimana kita mau bergerak Jadi sebenarnya negara sebesar ini ini kita himbau nih atau kita mudah-mudahan didengar semua maksudnya kita bukan

Mengatakan pemerintah jelek nggak tapi ini sebagai contoh mengedukasi tentunya perlu perhatian dalam hal ini ya mungkin Menteri Keuangan kita kan uangnya bisalah dari mana ya kalau dari sisi itu sebenarnya kan pengalokasian itu berdasarkan skala prioritasnya pertanyaannya betul Kita skala prioritas ke berapa Harusnya kalau menurut saya

Satu nah itu di segalanya ya Jadi kalau kita bicara Mohon maaf saya potong soal penganggaran saja ini ini saya bukan orang bssn ya saya orang luar orang orang bukan pegawai pemerintah bssn tapi kita lihat tuh anggaran pssn tidak sampai 500 miliar dan itu 2/3 habis Untuk gaji pegawai jadi hanya sepertiga

Dari 500 miliar yang digunakan untuk pengembangan alat bayangkan padahal itu sangat dibutuhkan sangat mungkin ada gini Mas Ridwan mungkin kita dapatkan tadi kita udah bicarakan ada kominfo bin ada Polri ada biasanya kan tadi undang-undangnya masih belum jelas mungkin itu Kalau undang-undangnya jelas mungkin baru arahnya kemana itu masalah pembagian keuangannya itu atau begitu

Pendapat Mas karena memang kita tidak punya yang disebut sebagai cakrabiuha cyber Cakra Yuha Jadi bagaimana satu lingkaran yang saling terkait kalau cakrabiha intelegent itu sudah ada pada undang-undang intelijen tahun undang-undang nomor 17 tahun 2011 mengatakan bahwa pemegang kendali cakrabiha intelijen adalah bin sehingga dia mempunyai wewenang melakukan koordinasi dengan intelijen Kejaksaan

Agung intelijen Polri intelijen yang lain tapi intelijen cyber itu belum ada belum ada belum ada sehingga kemudian bin misalnya mereka punya Deputi 6 itu cyber Deputi 5 itu peralatan cyber itu ya Oke jadi mereka punya sebenarnya dua kediputihan bahkan lalu Polri tadi Bapak sampaikan pada cybercrime ya betul kan pssn ada kominfo

Ada Nah nanti nanti tinggal satu healingness ini diramu apakah perlu misalnya Ya sudah jangan bssn deh ya bikin aja satu keputusan siapa dari mereka ini yang pegang kendali kalau misalnya terlalu kecil misalnya tapi ya idealnya karena di negara lain itu nse berdiri sendiri dan dia pemegang cakrabioha Amerika Serikat Inggris dia

Pemegang kendali sehingga semua arus informasi elektronik itu harus melalui GJ HQ baik itu polisi Inggris baik itu lewatnya situ terkait cyber sehingga kalau ada kejadian di organ ini langsung presiden enggak usah udah itu ini tanggung jawabnya gitu oke oke ini ini menarik sekali tadi kita sudah bicarakan masalah regulasi masalah tumpang tindih karena

Saya saya lihat ini di media sosial itu anggota DPR ya menteri-menteri Misalnya saling tunjuk-nunjuk kan kurang Elok lah ya di negara kita ini harapan kita biarkan memberi contoh kepada kita dan yang menarik ada lagi begini mas Ridwan ini kan memang Eh ada istilah orang kalau sudah bocor

Ya bocor aja ya Mas ya mau bocor besar bocor ke sini bocor harus dicari bocor yang kecil ini nah ada kalimat-kalimat dari pemerintah bahwa ini bocor biasa ini klasifikasi biasa dan lain sebagainya ada kasus ini satu Mas ya Misalnya ada seorang saya baca ini di media sosial

Dia mendaftarkan kuliah nih di sebut aja kotanya Jember akhirnya dia tidak tidak bisa kuliah Nah ini kan sangat haknya dia sebagai manusia nggak bisa nah ini kalau berkelanjutan gini apa masalah kecil menurut Mas Ridwan ini besar sekali Pak Ya karena ya ini ini kan satu hal yang saya kira menjadi

Kebiasaan baru orang Indonesia pasca pandemi bahwa semua itu terkait dengan data digital dulu sebelum pandemi mungkin kita belajar bisa ke pasar gitu kan konvensional di pasar kan nggak mungkin ktp-nya tapi setelah pandemi orang menjadi terbiasa belanja online di situ ada syarat-syaratnya ada nomor handphone ada nama alamat ada pengiriman

Sehingga secara sukarela sebenarnya kita mengirimkan data pribadi kita ke sistem Bapak misalnya mohon maaf nih pesan Hotel pakai aplikasi lagi beli tiket masukkan niknya lagi sehingga sebenarnya masyarakat Indonesia nggak bisa lepas dari perlindungan data itu jadi bukan hal yang biasa-biasa aja bukan hal yang sederhana itu baru misalnya nggak bisa kuliah Kalau nanti

Misalnya yang sekarang lagi rame dipakai namanya sebagai pengurus Partai politik persiapan 2020 Jadi sebenarnya Pak Is ini momentum baik sebenarnya kalau semua pihak langsung tergerak tidak saling menyalahkan lalu berpikir buat snack ya kalau soal biarkannya secara pribadi sih saya kurang sepakat ya bagaimanapun caranya kurang Elok lah itu kan rahasia pribadi

Orang ngapain juga diumbar-umbar tetapi kemudian pemerintah sendiri juga jangan menyepelekan itu jadi tangani biarkan secara ya terukur lebih berpikir watch snack gitu kita mengantisipasi apa yang kemudian bisa terjadi yang lebih buruk dari kejadian sekarang di ranah cyber kita terutama perlindungan data kita data pribadi jadi kalau saya nggak salah

Saya baca juga di media sosial atau di berita hari ini apa RUU PDB ya hari ini kira-kira ada keunggulan atau kelemahan dari PDP ini Ya nantinya akan kemudian ada komisinya ada Komisi Perlindungan data pribadi sehingga kemudian dan masyarakat itu bisa mengadukan ketika data pribadinya misalnya di-hack orang atau dipakai

Orang kaya tadi pak iskandampaikan Wah ada nick di Jember dipakai oleh dua orang Nah kalau sekarang belum ada penyelesaian Nah nanti setelah ada undang-undang ini dia bisa melapor ke komisi itu Nanti komisi itu kemudian akan punya sistem memanggil yang bener Yang mana nih gitu misalnya kita ini

Beli satu barang di satu toko online ini kayaknya nggak ada sponsor kan nggak usah sebut ya nanti lama-lama ada ini kita tunggu kita tunggu soalnya ini baru 3 minggu jadi satu aplikasi lah gitu kita beli di situ kemudian karena kita beli di situ ternyata data kita bocor nanti kita bisa komplain ke Komisi

Perlindungan tetap pribadi bahwa di store itu di toko ini toko aplikasi ini dataku bocor dia bisa panggil nanti oh salah satunya sehingga kemudian masyarakat menjadi lebih terlindungi tapi ini sendiri sebenarnya prosesnya panjang guys ada perdebatan pembawa teman-teman aktivis boleh nggak sih negara itu mengurusi data pribadi kita negara demokrasi

Berarti kebebasan sipil negara nggak boleh tahu saya Belanja apa negara nggak boleh tahu Nik saya negara nggak Boleh tahu nomor HP saya kan ini hak saya private Nah itu masih ada yang pertama masih ada yang kedua mengatakan bagaimana negara bisa melindungi kamu kalau kamu nggak ada willingness ngasih data ke negara

Nah perdebatan ini panjang nggak tahu kebetulan atau nggak setelah biorga kok disahkan mungkin karena itu yang tadi kan mungkin dibentuk presiden mempercepat itu mempercepat cari CPU ini sebenarnya sangat sangat disayangkan sekali mas ya tapi sebenarnya begini juga nih kalau tadi data-data pribadi apa disampaikan ke orang-orang lain apa kepada satu

Saat dia nanti taunya vendor itu terbongkar semua atau si vendor itu bisa nggak menjamin menjamin data kita gimana itulah dengan undang-undang PDP kita bisa menggugat secara hukum terhadap vendor itu melalui Komisi Perlindungan data pribadi saya dirugikan dengan vendor ini karena dengan membeli di vendor itu data pribadi saya keluar anda gagal

Melindungi jadi bisa digugat secara hukum ada sistemnya Pak dengan undang-undang itu sebelumnya belum ada sebelumnya hanya menggunakan ite itu yang itu sebenarnya pasal-pasalnya sangat-sangat mungkin agak ini ya kurang spesifik gitu terkait dengan perlindungan data berarti harusnya tadi ini menariknya begini ya Mas Ridwan undang-undangnya dibuat sekarang tapi bagaimana cara kita

Memprotek ya atau tadi ya Apa itu apa Kementerian ataupun lembaga yang ditunjuk untuk memonitoring ini semuanya itu belum ada nanti gimana Ini pertama kalau dari sisi Kementerian yang harus kita evaluasi adalah di mana databasenya storage-nya Di mana atau Cloud servernya di mana ada beberapa Kementerian itu yang sudah aware dan memindahkan Cloud

Servicenya ke Indonesia sendiri jadi misalnya ke beberapa wilayah lah kita punya beberapa temen-temen yang ngurusi database itu jadi lebih aman Kenapa karena lokal Pak lokal jadi penetrasi lokal itu lebih mudah teridentifikasi daripada misalnya kita nitip data di Singapura kita nitip data di London kemungkinan serangan tuh lebih besar

Gitu itu pertama dari storage-nya dari dari Dimana mereka melindungi kemudian sistem perlindungannya sebenarnya Seperti yang saya sampaikan tadi di depan semakin lokal sistemnya justru semakin aman aman kalau kita pakai bahasa Jawa orang Israel nggak tahu pak ibaratnya begitu kita buat sandinya pakai bahasa Batak ya bingung karena kita menggunakan bahasa-bahasa yang

Kriptografinya itu khas kita tetapi sayangnya memang belum populer yang seperti ini Sehingga menganggap Oh perlindungan terbaik itu jual beli dari Rusia misalnya perlindungan terbaik itu Israel walaupun kita nggak bisa beli dari Israel karena nggak ada hubungannya diplomatik Biasanya sih mereka mulai belinya Yunani Yunani gitu Jadi seolah-olah beli dari Yunani padahal

Produknya Israel nah ini ini keprihatinan sih itu yang dari sisi Kementerian atau lembaga yang kedua dari kita sendiri Pak harus kita bangun Saya kira mulai dari kita pribadi dan keluarga terdekat jangan jangan mudah misalnya mengumbar data dalam aplikasi-aplikasi yang kita tidak benar-benar yakin ini verified terutama kadang-kadang anak-anak muda

Ini kan banyak banget nih sekarang ada aplikasi joget lah aplikasi ini sehingga mereka dengan sangat senang memasukkan dirinya sendiri sosial engineeringnya secara mudah mereka willingnessnya muncul mengasih data sendiri gitu nah ini yang saya kira perlu kita juga sosialisasikan ke pemirsa agar berhati-hati ya Misalnya kalau sedang ingin melakukan internet

Banking sebaiknya jangan di wi-fi terbuka kan sering nih di mall wah Pais mau transfer nih lagi di mall nggak sengaja tuh connect wi-fi Mall gitu Iya itu resiko tinggi Pak karena gimana itu resiko karena saya baca di media sosial juga jangan sekali-sekali menggunakan wi-fi yang gratis atau yang apa itu

Tidak gratis pun kalau itu wi-fi itu memungkinkan menjadi salah satu Loop untuk hacker jahat ya mengambil atau merusak data apa Pak gitu Jadi tinggal dia masuk ke sistem dia bisa mengetahui router WiFinya dia bisa melihat Siapa saja yang beraktifitas dengan wi-fi itu dan dia sedang ngapain gitu sehingga web

Browsernya bisa kelihatan sandinya bisa kelihatan bisa kelihatan passwordnya jadi ya telanjang datanya menjadi telanjang Jadi kita ini udah gak bisa apa-apa lagi sebaiknya kalau di tempat umum menggunakan aplikasi private misalnya mobile banking jangan menggunakan itu gunakan data seluler bagaimanapun juga sistem seluler kita punya sistem untuk perlindungan yang

Lebih Ya setidaknya lebih aman lah gitu daripada orang itu kadang-kadang pakai wi-fi gratis Iya betul Waduh ini kayaknya kayaknya kita harus waspada sekali mas ya perlindungan ini bisa dari negara tapi yang lebih penting sebenarnya everness pribadi Pak Is dan ada yang ada wireless pribadi itu benar Saya itu paling banyak tuh di setiap

Hari tuh saya nggak tahu orang telepon iklan ini iklan ini ya berarti kan udah bocor juga semua handphone kita itu dapat dari mana mereka ini yang teman-teman aktivis pembebasan informasi misalnya Mas Damar juniarto dari save net itu kan selalu protes ini ke kominfo kita ini beli nomor sekarang kan pakai mic betul

Tetapi kemudian seolah-olah secara mudah nomor kita diumbar ke siapapun ada asuransi lah tukang kredit apalah semua masuk dan bahkan ada sindikat jual belinya jadi misalnya nasabah bank ini beli beli menyediakan data nomor nasabah dengan rekening di atas 10 sadar gitu ya ada yang begitu ada Pak jadi kemudian

Dibayar gitu kita tahu Oh ini Pak Is nomornya sekian ini ini kelihatan semua pak jadi tinggal ditawarin apa kan gitu nah ini saya kira harus data Saya kira ini harus ditangkap regulasinya mungkin melalui PDP ini tidak ada ada itikad baik dari pemerintah dengan PDP sehingga nanti benar-benar ada sanksi tegas tuh

Dilarang memperjualbelikan ada sanksi pidana ketika dia memperjualbelikan data pribadi termasuk nomor handphone terus misalnya nasabah tadi itu bisa langsung kena pasal yang hukumannya tinggi gitu loh kalau yang sekarang kan di platform misalnya jual beli online sudah muncul Pak dan murah sekali bapak bisa beli dengan beberapa ratus ribu bapak bisa

Punya 5000 daftar nama dengan nomor telepon dan juga tadi kan masalah saya tadi sampaikan Saya punya handphone itu bisa satu hari 10 15 kali orang bergantian menawarkan segala macam siap dan juga ini saya lihat saya baca di salah satu jurnal ya itu Indonesia itu termasuk 5 negara besar di dunia yang di hacker

Orang bahkan kalau dijumlahkan penduduknya itu hampir 13 juta kita kena hack dalam hal ini k dalam hal PIN dalam hal Kartu Keluarga dan lain sebagainya menurut Mas Ridwan Apakah ini kita menjadi market hacker atau apa ini sebenarnya saya sih masih berpihak pada temen-temen hacker ya karena saya memahami bahwa

Hacker sejati itu sebenarnya jiwanya melindungi Pak kalau sejati ya permasalahannya ini ada orang jahat ngaku hacker gitu loh oke oke mereka itu sebenarnya carding atau orang yang ingin membobol untuk kepentingan pribadi kalau hacker biasanya mereka jarang sekali untuk kepentingan pribadi kalau mereka mau Pak mereka kaya raya ini saya punya

Lah salah satu jaringan kita bisa menambahkan beberapa angka di rekening kita kalau mau secara dan itu dengan mudahnya dengan perangkat sederhana dengan handphonenya artinya kalau mereka mau jahat itu bisa tapi the real hacker justru mereka mencari cara untuk melindungi sistem nah ini yang saya kira harus digalang oleh pemerintah jangan kemudian

Gara-gara beyorka ini kemudian nama Hacker itu seolah-olah semua Hacker itu jahat dulu dulu Setahu saya Setahu saya teman-teman ini punya apa istilahnya forum Underground lah Underground Jadi mereka bisa tahu nih oh ini kerjaannya anak Jogja Oh ini kerjaannya anak Surabaya jadi ada forum Underground tapi saya nggak tahu nih

Hari-hari ini apa forum itu masih jalan nggak nih ini harus kita tanyakan nih pada petugas intelijen Saya kira karena biasanya mereka ini punya komunitas Pak dan saling saling melindungi gitu saling melindungi dan mereka Pro NKRI lho jangan salah kita ini punya anak-anak hebat yang sebenarnya mereka bisa jahat tapi mereka

Punya darah nasionalisme yang tinggi mungkin kurang pembinaan rangkul jangan ditantang adik-adik ini egonya tinggi banget kalau ditantang mereka jabanin itu saya pernah baca nih satu tulisan masalah DVD Kalau enggak salah DVD itu pernah di-hack itu yang meng-hack itu usia 7 sampai 9 tahun berarti mereka memang benar Mas Ridwan

Bilang jangan dimusuhin tapi dirangkul semuanya bahkan kalau perlu dimanfaatkan jadi di Polri dulu ada salah satu teman Adik kita masih muda juga berhasil meng-hack data KPU KPU dulu ya diubah tuh nama-nama partainya ya sempat ditangkap tapi kemudian setelah proses hukumnya selesai kan sekarang bantu Polri sebagai bagian dari

Tim ahlinya cyber Polri gitu Jadi sebenarnya saya kira mungkin penjuru bssn bisa deh ya bssn kemudian ada salah satu Deputi gitu ya yang benar-benar memahami dunia Underground banyak mereka punya banyak sumber daya teman-teman aksara lulusan Akademi Sandi Negara itu banyak sekali yang ahli-ahli tentang hacker ini jadi mereka punya temen-temen

Gitu jadikan itu salah satu misalnya di putih jadi dengan dia menjadi Deputi kan ada sumber dana dan sebagainya sehingga dia bisa melakukan penggalangan itu Pak sehingga orang yang menjadi pimpinan di lembaga seperti pssn ini adalah orang yang tepat yang memahami peta Medannya Jadi kalau kepala nanya eh lu cari Biar

Kak itu langsung tahu kemungkinan dari ininya karakteristiknya locknya dan sebagainya mungkin ya gitu Nah kalau yang sekarang kan seolah-olah masih uh sana pindah ke Madiun pindah ke mana gitu kan terjadi kebingungan soal itu tadi saya kira bisa solusinya adalah berdayakan PNS PNS kita yang dari aksara itu pak ini adik-adik lulusan stsn

Tadi ngomong masalah Madiun di telegram Ya betul itu hanya sebagai penggemar atau hanya tidak tahu sama sekali Gimana menurut bahasa itu membuka akun di Bridge 2 Bridge to itu salah satu akun bawah tanah untuk jual beli data itu sudah sejak Agustus Agustus ya sudah sudah Agustus dan dia kemudian mulai data

Telkom mulai data SIM card Data indihome sementara mah ini yang sekarang jadi tersangka ini jual akun telegramnya baru kira-kira seminggu sebelum rekaman ini ya seminggu yang lalu kira-kira artinya sudah jalan duluan sudah jalan duluan sudah jalan duluan nah ini ada anak muda mungkin pengen dapet sesuatu dari haidnya bioreka ini dia Bikinlah akun

Telegram dia kasih nama Ada yang nawar ditawar 100 US Dollar dalam pembelian Bitcoin nah kemudian HPnya disita polisi sebagai barang bukti dari situ pai sebenarnya bisa juga ditelusuri untuk membuktikan apakah yang membeli itu beneran biar k atau bukan karena meskipun kita transaksi crypto semua ada jejaknya kalau dulu konvensional nih

Kamu transfer aku dong saya ke ATM keluarlah kertas itu kan bukti transfer sebelumnya kita Isikan di nomor crypto Pak Is itu masuk berapa tergantung mau 100 dolar 200 dollar masuklah di situ tetapi tetap walaupun ini kertas ATM maupun nomor klip tuh itu jejak sama-sama sebagai bukti hukum nah cuma

Memang perlu waktu jadi kalau teman-teman sudah teridentifikasi kok belum tertangkap belikan teman-teman Satgas waktu karena ini nggak semudah nangkep coba dikejar dapet ini dunianya dunia maya dan mereka biasanya menggunakan sistem perlindungan yang berlapis-lapis ketahuan Oh ini Polandia bukan ternyata bukan Polandia Oh ini Singapura bukan jadi berlapis-lapis perlindungannya berlapis-lapis Jadi kalau gitu menurut

Mas Ridwan yang Madiun Ini kan kalau kita baca di media sosial ya kan sudah ditangkap sudah bukan ditangkap dikembalikan tersangka tetapi tidak masyarakat ini pendapat lah atau asumsi juga nggak apa-apa supaya kita mengedukasi Ada apa sebenarnya di situ iya barangkali mungkin sial aja bisa sial aja dia mungkin jualan terus kemudian sial bisa

Juga ini memang semacam Trap untuk biarkah Trap untuk yourka Trap yang dibuat oleh teman-teman Satgas mungkin untuk menjebak dengan kemudian membuat akun telegram Itu karena dari situ kan kemudian ada jejaknya nanti yang bisa kemudian ditelusuri tapi terlepas dari itu pasti saya kira kita harus Beri waktu ya untuk temen-temen Satgas Karena

Bagaimanapun juga ngejar biorga itu nggak mudah mereka punya satu perlindungan yang berlapis dan memang nggak semudah kemudian tiba-tiba sehari dua hari dapat gitu jadi memang kalau gitu kita harus tunggu semuanya Pak ya satu lagi saya mau nanya bukan satu lagi ada beberapa lagi kita memang ini menarik sekali masalah apa ini

Hacker-hacker ini jangan sampai kita jadi di pecundangi semua Mas ya nah saya mau nanya satu lagi kan tadi saya pernah sudah sampaikan tadi bahwa tidak perlu orang pintar itu bisa menjadi hacker kenapa sekarang ada Google sekarang ada apapun itu kita bisa membuat sendiri bahkan maaf aja

Orang mau buat bom aja bisa sih mau Memperbaiki Mobil aja sendiri bisa katanya ini katanya coba mungkin Mas Ridwan lebih paham lagi katanya kalau orang itu memang senang aja dia belajar-belajar sendiri bisa jadi hacker juga Gimana menurutnya bisa cuma memang perlu perlu passion yang sangat-sangat tinggi memang pernah ada yang seperti

Itu di Kalau nggak salah di Sragen ya di Jawa Tengah ada salah satu teman yang memang dia benar-benar belajar dari nol guys dia bukan lulusan it tidak pernah kuliah it tetapi mempelajari itu benar-benar dari sumber-sumber terbuka sumber terbuka dan Memang sekarang banyak banget kalau dalam dunia kami namanya Osin Osin open source intelijen

Itu kita bisa cari banyak Data Bagaimana menjadi hacker putih Bagaimana menjadi hacker jahat Bagaimana mengubah rute jadi kalau kita menggunakan Google secara sukarela memberikan data perjalanan pai Google sehingga orang yang bisa mengakses Google akun Google Pais akan tahu Oh Pak Isni hari Selasa ke sini ke sini ke sini hari Rabu ke

Sini ke sini ke sini nah ada salah satu tips gitu di internet bahwa merubah rutenya sehingga Googlenya kalau di akses orang rutenya Tetap bukan rute yang dilalui seperti seperti itu masih bisa dipelajari gitu apalagi misalnya sekarang WhatsApp WhatsApp tanpa sadar kita sering login ke WhatsApp web ya Misalnya nih ada

Bapak punya data mau ditransfer ke laptop kan ribet nih kalau harus pakai USB udahlah sharing aja pakai WhatsApp web lupa tuh ada tanda begitu Itu terceklis Bapak mau ke Medan Bapak mau ke Surabaya Bapak tetap terkonek sehingga orang bisa masuk ke WhatsApp web dan nonton percakapan WhatsApp bapak itu tanpa Bapak tahu

Bahwa handphone Bapak ternyata tereksploit gitu Waduh ini kayaknya perlu banyak pelajaran karena itu kita harus sering-sering ngecek kalau bahasa kita perangkat terpaut bahasa Indonesianya jadi cek tuh di HP kita cek perangkat terpaut jangan-jangan ada yang menautkan perangkat kita di desktop mereka jadi siapapun bisa begitu memang ada beberapa teman-teman Nih

Misalnya yang sekarang Coba melakukan upaya WhatsApp Ini kan katanya paling secure penetrasi WhatsApp tidak dengan OTP tapi dengan direct gitu ya ini mungkin terlalu tapi kalau itu bisa dilakukan nggak perlu konek ke web asal kita tahu nomornya dan terinstall WhatsApp kita bisa langsung baca chatnya nah yang seperti seperti itu adik-adik

Kita di Indonesia ada yang bisa Pak sudah banyak kita ada yang bisa di daerah Pasar Minggunya jago-jago di situ kami permasalahannya mereka ini swasta mereka bekerja untuk ya korporasi mau secure nggak sistem it Anda bayar sekian Kenapa karena negara dalam tanda petik kurang menghargai jasa mereka Kalau mereka jadi

Mohon maaf nih PNS PNS misalnya mereka bisa ngukur dong pendapatannya berapa Saya mau nyari kesejahteraan hidup Ya beginilah gitu kan Ini sebenarnya aset bangsa Pak Iya iya ini Mandala cyber com catnya cybernya dari mereka-mereka ini sebenarnya kalau Pak Prabowo bikin Kom cat matranya kan baru 3 kok mencat betul darat laut udara

Komcat udara sudah ada nah belum gitu loh Apa ini dulu pada saat fgd nya atau apanya dilupakan atau gimana kira-kira mungkin perlu Pak Prabowo diundang di podcast ini untuk tanya Pak komponen cadangan di Kementerian Pertahanan tidak ada komponen cadangan cyber Pak padahal perang masa depan perang saya baru saya

Pernah nonton wawancarai dengan Mas Andi Wijayanto Gubernur di podcast yang sama beliau kan juga sampaikan bahwa perang masa depan itu adalah perang hibrida perang yang menggabungkan berbagai macam Mandala tidak konvensional mohon maaf nih kalau dulu mungkin KRI ini berangkat Teluk ini bisa diukur berapa note kan gitu rudalnya disiapkan jarak jangkau

Disiapkan sekarang mandalanya cyber orang bisa dari Moskow tiba-tiba satu gedung di Ukraina meledak dia masih di mosko gitu nah ini ini yang saya kira harus cepat serius terutama bagi ya negara kalau kita di TNI sedikit saya sampaikan pertama asisten intelijen itu apakah darat laut udara ya kalau polisi mungkin

Ada es krim atau apapun itu itu semua yang memegang intelijen berarti harusnya di intelijen itu harus ada cyber-nya ahli cyber dong kalau gitu ya Bahkan kami kemarin sempat waktu fgd dengan setelah biorga ini kan Kebetulan kami diundang ada fgd beberapa Pejabat itu kami sampaikan kepada mereka Kenapa tidak membuat semacam deciber President

Jadi presiden mempunyai staf khusus cyber sekarang nggak ada nggak ada Pak nggak ada jadi KSP normatif ada staf ekonomi staf sosial politik staf hukum ada tapi deciber yang fokus hanya melindungi dan memberikan pelayanan cyber terhadap presiden itu belum ada loh belum ada ya Kalau saya tidak salah ya zaman Saya ini siapa

7 itu Zaman menterinya siapa ya mungkin pak Jokowi dari lembaga Sandi Negara menjadi bssn itu Pak Iya jadi waktu itu diusulkan satu lembaga baru dalam sanad teman-teman lem sanad Kenapa harus baru kan kami sudah ada lembaga Sandi Negara didirikan Pak Dokter rubiono kertopati 1946 itu kode C kode C Kementerian

Pertahanan waktu itu namanya lalu kemudian menjadi lembaga Sandi Negara Nah ini kan sebenarnya punya sejarah historis lama tanpa lembaga Sandi Negara Serangan Umum 1 Maret itu tidak bisa didengar Dunia pak Serangan Umum 1 Maret itu di relay kabarnya dari Patuk Gunung Kidul ke Padang Sumatera Barat lalu Padang ke

India baru dari india ke New York baru orang-orang New York di PBB itu baru tahu Oh Indonesia masih ada tuh ada serangan 6 jam di Jogja kabar radionya udah datang itu yang kirim kemarin dan waktu itu beliau sudah pesan sampai sekarang menjadi menjadi apa ya falsafah temen-temen Sandi Negara bahwa

Kekhilafan satu orang saja sudah bisa mencelakakan negara jadi satu orang menurut Pak rudiono ketopati satu orang Sandi Negara khilaf satu negara satu orang saja bisa menyebabkan sekarang cyber kira-kira Sandi Negara dengan cyber digabungkan tepat atau Bagaimana menurut mas sebenarnya Kalau digabungkan ditambah kewenangannya sangat bagus tetapi Kalau digabungkan dengan kewenangan yang sama

Saya kira agak salah kaprah sedikit salah gitu loh kurang menggigit Iya dong kalau dulu teman-teman dia jadi bertugas misalnya menjadi petugas komunikasi protokol KBRI kalau KBRI dalam posisi diserang lawan maka petugas Andi atau namanya sandiman itu adalah orang terakhir yang keluar setelah membakar dan menghancurkan semua Dokumen itu produk mereka dulu kepala

Pesantren sebelum Pak Insan kan ada Pak Joko Setiadi Pak Joko Setiadi pernah melakukan protap itu ketika dia bertugas dikabul Afganistan waktu itu kedutaan bermasalah dia hancurkan semuanya dan dia yang terakhir petugas sandiman terakhir yang keluar dari KBRI Setelah semuanya clear semuanya bersih Nah ini produk utamanya lem sanak itu sebenarnya

Itu melindungi dokumen kita kalau misalnya KBRI dari Washington mau kirim kabar ke pejambon harus ada transkripsi perlindungan dulu supaya nggak disadap orang-orang sekitar ini tugas utamanya Lencana Mbak Nah sekarang ditambah cyber tetapi dananya nggak ditambah sumber dananya sumber dayanya tetap kan berarti nambah pekerjaan tanpa dukungannya tambah cyber begini lagi

Ditambah cyber artinya dari sekedar mohon maaf bukan sekedar dari pengamanan data negara saja menjadi pengamanan data publik berarti kan sebenarnya lebih luas anggarannya harus lebih besar ini buat pemirsa saya bukan orang bssn jadi tidak ada kemudian kami dari luar jadi saya melihat bahwa ini memang lensacity sebuah kebutuhan kalau

Ingin bagus ya dukung dong adik-adik kita labnya harus bagus peralatan-peralatannya Kemudian dari sisi tunjangannya gitu ya mungkin kalau kita coba membandingkan kita kan kalau kita di tentara itu kan selalu melihat apa mengajukan satu kekuatan lihat mungkin dengan cyber Singapura Malaysia atau itu Asia Tenggara dengan ini Asia gimana kiranya

Nanti masuknya ke kategori rahasia negara kalau kita ceritakan tapi janganlah [Musik] Jadi apa yang harus kita buat supaya negara kita ini ya moga-moga moga-moga setelah phorka Kemudian Bapak Presiden memanggil khusus para pengampuh kebijakan itu ada perubahan ada penataan baru di komunitas cyber kita terutama misalnya yang pertama dari personil

Personil Oke yuk pilih personel yang memang kayak table dong gitu misalnya di bssn pilih bener-bener personil yang kayak table Jadikan Dia putih berikan kewenangan penuh di situ jangan mohon maaf nih ini pak Iskan juga orang lama di TNI sebenarnya Enggak kbble dia mau ngambil bintang titip doang bentar bssn biar

Bintang 2 jatuh Jangan jangan ini cyber Pak ini cyber ranahnya itu sangat strategis tolong yang profesional dari angkatan Monggo asal dia mempunyai kapabilitas cyber silakan nggak ada masalah nggak harus aksara juga tapi bener-bener orang yang punya kapabilitas gitu sehingga kita ketika dia Berikan pengarahan keanggotaan dia berikan laporan kepresidenan itu benar-benar

Akurat Jangan sampai kita beri laporan ke presidennya bertele-tele sudah cukup 3 slide aja misalnya baca juga Di di media sosial itu ada juga salah satu penghambat enggak usah lah saya sebut namanya ah itu jangan-jangan struktur aja mau cari tadi bintang itu padahal orangnya enggak punya kemampuan kita sebenarnya bisa gini Mas ini kan

Tadi Mas Ridwan bilang ada dari aksara itu kalau kita misalnya kita itu di di mana ya Katakanlah alumni UI lah siapa aja ahli ekonominya kita lihat kan ahli ekonominya yang sekarang mungkin Sandi Negara mungkin harusnya ada dong Apa itu merit sistemnya Gimana kalau Mas Ridwan lihat merk sistemnya

Ada Pak Ini ini Mutia mau buka-buahannya kita masalah intelijen ini kita buka Tapi mungkin agak kita tutup gitu tapi supaya maju negaranya jadi memang sistem seleksinya kan berjalan Oke misalnya nih seleksi dia putih berjalan tetapi mohon maaf nih saya dengerin informasi Oh ini nggak bisa masuk jadi

Dia putih Kenapa kayak dia aksara oke dia sipil sipil Candi negara loh kok nggak bisa Pak ini harus dari angkatan misalnya yang seperti seperti ini kan saya kira podcast kita ini didengar nih saya baca juga ini ini menarik ini saya baca misalnya kayak yang di Amerika Inggris Prancis itu cyber-nya itu atau

Sandinya atau cyber-nya itu itu memang ada dari TNI tapi ada dari aksara itu bener-bener bener bener Jadi sebenarnya tidak masalah ya Misalnya dari TNI mau dari POLRI kebetulan kan wakil kepala bssn juga Polri kan Pak Komjen Lucky mantan Kapolda Jatim tidak ada masalah itu sepanjang kemudian pemahaman tentang

Cyber itu bagus Pak lukis saya beberapa kali sempat diskusi juga selain dengan Pak Insan Pak Lucky pemahaman saya lumayan beliau kan termasuk yang membongkar kasus Vanessa a yang terkenal itu bagaimana kemudian rekaman handphone itu menjadi salah satu barang bukti itu kan pak Luki itu yang kemudian menemukan ininya tekniknya sekarang beliau wakil

Kepala bssn Jadi sebenarnya ada Pak insya ada Pak Luki sebenarnya dari sisi pimpinan itu ya udah Okelah cuma ya tadi regulasinya regulasi negara ini kita bicara dalam konteks bernegara secara secara lebih luas sebenarnya kan kalau kita angkat ke atas nih Mas kan bisa juga pernah di Kementerian kan siap

Kalau kita angkat ke atas itu di bawah presiden ya Iya dengan peraturan presiden yang baru bssn adalah lembaga yang bertanggung jawab kepada Presiden langsung dulu waktu yang Sanex itu tapi begitu bssn dia langsung dibawa under presiden Jadi sebenarnya dengan ya dengan Perpres itu pun sebenarnya dia cukup cukup kuat sebenarnya tinggal tadi

Willingness dari ya Kementerian lain lah untuk menghormatilah kalau ada notifikasi kan teman-teman selalu kita udah Ingatkan mas kita sudah email mas kita sudah telepon Mas tapi mereka nggak perbaiki sistem loh kalian nggak bisa protes nggak bisa mas Kenapa kita setara jadi nggak ada kemudian misalnya mereka harus memenuhi Syaratnya bssn nggak ada

Kementerian suka-suka dia kalau mau perbaikin perbaikin Kalau nggak ya nggak papa jangan sampai begini mas Ridwan ini nih jadi menarik jangan sampai di atas seperti ini gara-gara regulasi dan sebagainya apa cari kambing hitam sana sini masyarakat kita atau rakyat kita ini kan 275 juta mungkin bisa nanti pada saat nanti

Booming lagi bisa sampai 300 kita jangan sampai korban gara-gara saya baru kita nggak karu-karuan ini ranah cyber sederhananya itu baru pribadi salah satu kerugiannya tentu bombardir WhatsApp penanganan apa telepon dan sebaiknya bayangkan kalau kemudian sudah kloning data Pak kloning saya jadi Pais sepenuhnya dan dan nggak bisa dibuktikan bahwa saya bukan Pak Is

Mulai dari data pribadinya nomor handphonenya tanggal lahirnya golongan darahnya di semua sistem saya adalah Pais gitu ya gimana itu kalau sudah sampai separah itu sehingga kemudian orang bisa swap Identity bahaya sekali perbankan bisa kacau sistem Catatan Sipil kita bisa kacau ini mau pemilu Tinggal 14 bulan menuju Februari 2024 nah 14 bulan kalau

Kita tidak bergegas cyber ini nanti juga rawan dalam konteks misalnya pendataan data pemilih sudah kejadian kan kita ulangi lagi jangan sampai Oke Oke jadi kalau begitu saya lihat pemerintah harus benar-benar serius dalam hal ini harus serius apalagi Satgas sudah dibentuk ya masih percaya sama Satgas ini kira-kira percayalah Insya Allah pasti orang-orang terbaik

Yang tujuannya juga pasti bagus kan untuk melindungi masyarakat ya tetapi saya kira dari sisi komunikasi publik komunikasi publik yang harus diperbaiki dan jangan ada yang menganggap saya lebih hebat dari siapapun itu yang paling penting adalah kepentingan negara karena adik-adik ini jadikan mereka menjadi bagian dari hacker merah putih sehingga

Kemudian kita ini berjaya di depan negara-negara lain jangan seperti sekarang biarkan main warga keplok tangan tepuk tangan pemerintah kalah sama membiarkan malu Pak gimana mungkin seseorang yang anonim Justru malah didukung netizen terhadap menterinya menterinya sama biorga kemudian menakutkan negara lain Singapura Malaysia Keder uh hati-hati itu cybernya Indonesia keren Australia Keder Wah

Hati-hati cybernya Indonesia jago sebaliknya kalau kita sekarang justru kita dalam tanda petik menikmati gitu loh menikmati apa penghinaan dalam tanda petik terhadap dunia Saya ber kita ini kan nggak boleh dibiarkan Dengan mengatakan gini ya plus kadang-kadang statement Ini Mas yang membuat kadang-kadang hacker kita mungkin sakit hati juga dari itu

Data-data biasa itu bedanya itu bungkus warteg ada tuh nik-nya ada itu klasifikasi biasa itu begini-begitu jangan harusnya Mas ya betul kita saling menghargai Mas ya betul lagi ini Mas bukan satu lagi dan menyampaikan mengedukasi ini atau mungkin pengalihan isu nah gimana ini kita ini masyarakat Indonesia Pak Is itu

Begitu ada isu baru beralihnya cepet cepet misalnya nih sekarang awalnya dulu sambung kan Ya terus tiba-tiba ada beureka Ini berubah lagi nanti kemarin ada yang di DPR itu Pak Kasat itu kan rame lagi jadi memang karakteristik netizen kita itu kayaknya mudah banget switch jadi ini Mungkin tantangan juga buat

Publik gimana gimana supaya lebih peka terhadap perubahan isuz jadi begitu ada isu baru Panggil ahlinya begitu ada isu baru Panggil karena masyarakat Indonesia ini gampang banget teralih yang lagi menarik di Twitter Misalnya nih ada satu orang yang diduga menjadi orang Alter 2 itu rame banget nih diselidiki Kamu

Sebenarnya sih ini ya padahal ganti nama semua pembicaraan tentang dia ini lagi rame nih mungkin nanti Pak Is bisa cek tuh di Twitter tuh kasus Natali namanya jadi ada orang ini cukup terkenal kontroversial dituduh menjadi seseorang namanya Natali rame banget semua bahas teman-teman Twitter ya lalu kemudian tiktok punya masanya sendiri Instagram

Punya masanya sendiri jadi 2024 nanti pasti seru di Pilpres itu pasti seru karena masing-masing platform dia punya karakter orangnya sendiri-sendiri jadi orang tiktoker gitu beda sama youtuber nih anak yang main Instagram beda sama yang masih main Twitter gitu Jadi kalau tadi pertanyaannya Pak Is ini pengalihan isu atau bukan bukan masalah ini pengalihan

Isu tapi masyarakat kita budaya kita itu mudah banget Pindah gitu loh nanti ada apalagi pindah lagi waktu awal-awal masalah sambung kalau ketat dan saya sama sekali nggak komentar Kalau soal itu karena kita ini aja Iya switch karakteristik itu Jadi kalau menurut Mas Ridwan kira-kira apa pesannya kita kepada pemerintah atau kepada ahli-ahli kita

Supaya negara kita ini Aman tentang apa ya Kenapa di tabel kita adalah negara yang paling nomor 5 besar di dunia yang di hack lemah sekali kita terus bagaimana kita membuat satu institusi atau struktur yang benar supaya negara kita ini bagus kalau kita tidak bisa menciptakan Kalau menurut saya ini kita

Contoh aja lah menurut Mas gimana apa pesan mas sebenarnya kalau kita bicara dari sisi sejarah kembali ke sejarah sejarah kita punya tadi temen-temen sadiman yang tanpa mereka peristiwa-peristiwa penting Indonesia itu akan dilupakan Dunia 1 Maret misalnya Serangan Umum 1 Maret artinya apa kita ini secara founding father para pendahulu kita ini sebenarnya sudah

Mempunyai kesadaran terhadap perlindungan data rahasia kebetulan ini cerita dikit kebetulan kakek saya juga pejuang pejuang kemerdekaan jadi dapat cerita saya bagaimana dulu kakek saya ini mengirim satu pesan menggunakan kertas dalam perjalanan ada Jepang ada apa patroli Jepang kertas itu dimakan supaya ketika di search nggak ada jejak dan dia nggak mungkin buang karena

Isinya data grilyawan data pejuang Nah ini salah satu contoh nih ketika kakek saya saja yang yang sudah meninggal sekarang dan ini sudah pernah berjuang seperti itu berarti kan anak-anak muda sekarang bisa meneladani itu sebenarnya sikap kesadaran pada perlindungan data itu Nah maka mohonlah mungkin Bapak Presiden ya moga-moga juga nonton presiden

Bisa lebih lagi menekan datang kepada jajaran di bawahnya betapa pentingnya Mandala cyber ini sama dan setara dengan Mandala darat Mandala laut dan udara sehingga Mandala cyber ini harus diamankan benar orang yang memimpin juga benar dia memahami permasalahan gitu ya anggarannya juga tolong didukung supaya kemudian secara apa gagah bisa kemudian mengamankan

Bener data-data masyarakat itu tapi di sisi lain awareness dari publik Saya kira ya kadang-kadang kita ini apalagi kan sudah ibaratnya itu sudah saking jenuhnya Ya udahlah bocor-bocor aja gitu itu kan masih ada yang seperti itu saya juga nggak aneh-aneh udah bocor-bocor aja deh Ini ini yang saya kira harus Diubah nih dengan edukasi

Terus menerus Saya kira publik apoteks Terima kasih sudah diundang bagian dari edukasi itu guys supaya kita hati-hati nih kalau bikin Buka email jangan pakai wi-fi publik kalau kita misalnya apa mobile banking pastiin bener jaringannya aman ya gitu-gitu tuh mungkin sederhana gitu ya ingat bener KTP kita Nik kita

Kita kasih ke siapa itu harus ada ada dulu misalnya instansi pemerintah ini kan kami kan kebetulan juga sering diundang untuk jadi narasumber biasanya kan mereka fotocopy sehingga data NIK kita itu udah di mana-mana bisa jadi bisa jadi Loop untuk orang-orang jahat nah ini yang saya kira harus diperbaiki ya dari sistem kita

Mungkin dari sistem Kementerian Kemenpan RB ini punya menteri baru Mas di Banyuwangi cukup melek digital moga-moga itu setelah beliau jadi Kemenpan RB ada nih ada perubahan-perubahan nih dari keamanan digital ASN tuh jadi semua pihak bergerak mengedukasi publik nanti saya dari kampus gitu Bicara dari kampus dari luar gitu nanti pejabat negara juga

Menjalankan fungsi mereka masing-masing oke terima kasih sekali mas Ridwan jadi tujuan kita bagaimana NKRI ini apa ya setara lah dengan di Asia Tenggara di asia maupun di internasional kita harus setara karena kita ini negara sangat besar pribadi yang satu menarik dari Mas Ridwan kita jadi tuan rumah KTT ke-20

G20 ya Sorry g20 g20 di Bali tinggal 9 November di situ seluruh tamu negara ada Jangan sampai kita di hack Iya komunikasi Apakah koordinat segala macam dan jangan lupa Pak sebentar ya mungkin ini kita untuk untuk kita jadi mereka akan punya tim Advance tim Advance itu dari misalnya Amerika

Serikat tentu ada orang cybernya betul ada NSA di sana Jadi begitu sampai Bali dia pasti akan cek semua jaringan kalau kemudian hasil asesmen dia mengatakan Bos ini rawan nih Bali Bos nggak usah datang aja selesai kita pak betul nah karena itu sebelum itu terjadi advance-nya baru akan datang akhir Oktober ini yuk sehingga

Advance ngecek Oh lumayan secure nih jadi dia bisa bilang ke si jinting ke atau jobidan kah nggak papa Bos datang aja cybernya Aman kok gitu loh apalagi ini lagi berseru kan kambing hitam nanti Rusia nggak mau datang alasannya Indonesia [Musik] dan untuk seluruh masyarakat dimanapun berada kita tadi sudah bahas

Satu jam dengan mas Ridwan yang mengetahui tentang intelijen juga cyber harapan kita semuanya tadi kita harus tetap waspada mudah-mudahan negara kita akan lebih baik dari yang sebelumnya terima kasih sampai ketemu lagi bye

Hai Publicans !
Tonton terus tayangan menarik dari kami Publica Podcast
.
.
#podcast #intel #indonesia #ketahanan #ridwanhabib #iskandarsitompul #publicapodcast #bjorka #hacker #bjorkanism
Sobat Publica Podcast, Info tentang #HACKER #AKAN #HANCURKAN #G20 #RIDWAN #HABIB #KAJIAN #STRATEJIK #INTELIJEN ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 01:12:52 detik.


Begitulah sekilas tentang HACKER AKAN HANCURKAN G20?! | RIDWAN HABIB S2 KAJIAN STRATEJIK INTELIJEN UI yang telah dilihat oleh 2315 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. ยฉ Publica Podcast 4372

17 thoughts on “HACKER AKAN HANCURKAN G20?! | RIDWAN HABIB S2 KAJIAN STRATEJIK INTELIJEN UI

  1. Untuk menyiasati agar tamu negara peserta Konfrensi G.20 tidak salah mendarat, sebaiknya ada tanda khusus yang ditempatkan di Bandara Ngurah Rai Bali. Bisa menggunakan balon udara dengan jumlah tertentu dan warna tertentu atau dengan bendera ber ukuran besar agar mudah dilihat dari udara.
    Misal dengan 17 balon udara warna merah dan ini harus diketahui oleh kru pesawat peserta G.20

  2. BRAVO/MANTAP PODCAST SITOMPUL&SITOMPUL ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘โญโญโญโญโญ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ชโคโคโคโคโค๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ‡ฒ๐Ÿ‡จ๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

  3. Tidak ada di dunia negara maju badan siber-nya dikelola petugas pemerintah berseragam, pure dikelola profesional kerjasama. 275 juta jiwa tak satupun yang bisa buat aplikasi sekelas WA Google Map OS Windows Mac iOS Browser Mozilla.

  4. Terkait business system Kripto lokal project besar saya percaya, ayo ketemu dimana kapan, berbincang langsung dengan Jokowi Luhut, ajak Beliau dan 2 anak muda berbakat, 2022 selesai bisa ekspor. Ini awal untuk project IT software lainnya(konsorsium).
    Memang rente vendor impor jadi masalah willingness – anggaran kurang – e-katalog.

  5. Tetap dukung Bjorka jadi the Next President Indonesia ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ 2024

    Betapa indahnya kalo thn 2024 Indonesia memiliki President virtual ๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘ Pasti Indonesia ๐Ÿ‡ฎ๐Ÿ‡ฉ akan segera gemah ripah loh jinawi.

    ๐Ÿ˜„ ๐Ÿ˜˜ ๐Ÿ˜Š ๐Ÿคฃ ๐ŸŽ‚ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜‹ โ˜บ๏ธ ๐Ÿ˜ ๐Ÿ˜ฌ ๐Ÿ˜… ๐Ÿ˜… ๐Ÿ˜

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *