KULIAH TAMU “EVALUASI PEMBELAJARAN FISIKA” KERJASAMA PEND FISIKA UNINDRA DENGAN STKIP BIMA

2022-12-18 04:53:32 02:05:22 Selamat pagi untuk semuanya Salam sehat salam bahagia dan salam sejahtera untuk kita semua yang terhormat Kepada Rektor Universitas Indra kelas 1 PGRI Bapak Profesor Sumaryoto yang terhormat Kepada Wakil Rektor 3 Bidang kerjasama dan alumni Ibu Dokter Ambar trihap Satria terhormat Kepada dekan F IPA Bapak papan channel Bapak dan semua mpd yang terhormat
Kepada pengelola bidan kerjasama yaitu dokter ini yang terhormat Kepada ketua STKIP Pendidikan Fisika STKIP dan kepada seluruh peserta Kuliah kamu yang saya banggakan yang pertama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah subhanahu wa ta’ala yang selalu senantiasa melimpahkan rahmat Taufik serta hidayahnya sehingga kita berkesempatan yang berbahagia ini kita
Bisa diberikan nikmat sehat nikmat rezeki sehingga kita masih dipertemukan di acara ini yang Insya Allah Berkah amin amin ya robbal alamin Tak lupa shalawat serta salam kepada tetap tercurahkan kepada dirinya nabi kita Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam beserta keluarga dan para sahabatnya karena berkat beliau kita dapat menikmati kehidupan yang penuh
Dengan kemuliaan ini Amin ya robbal alamin marilah kita buka acara ini dengan membaca lafal Basmalah Bismillahirrahmanirrahim lihat kamu ini sebagai bentuk pelaksanaan juga sama program studi Pendidikan Fisika Unindra dengan spkip Bima sebelum acara kuliah tamu hari ini dibuka maka perkenalkan saya Indika sebagai pembawa acara untuk membacakan
Susunan acara hari ini yaitu acara yang pertama adalah pembukaan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang ketiga adalah sambutan-sambutan yang keempat pemaparan isi materi sekaligus diskusi dan tanya jawab yang kelima adalah penutup peserta kuliah tamu Dimohon untuk mendengarkan lagu Indonesia Raya dengan hikmat [Musik] di aku pergi dari [Musik] pasangan kita [Musik] Indonesia
[Musik] [Musik] [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] Baik terima kasih selanjutnya acara sambutan yang pertama oleh Ibu Wakil Rektor 3 Bidang kerjasama dan alumni kepada Ibu Dokter Ambar priharsari Terima kasih Ibu Indika sebagai host hari ini kegiatan hari ini Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh [Musik] dan ilmu pengetahuan alam Bapak Tatan
Zainal Muttaqin mpd Endang Suhendar MT Kaprodi dari pendidikan fisika Bapak dasmo mpd Ses Prodi dari Prodi fisika juga bapak Yoga Budi Bakti mpd dan ketua spkip Bima Bapak Doktor Nasution mpd Kaprodi Pendidikan Fisika dari STKIP sebagai moderator Bapak Andri Fitrian mpd selaku dosen dari Prodi fisika juga dari Unindra
Dan untuk ibu Indika Yana okiranida mpd ya selaku host dari kegiatan hari ini Selamat pagi dan salam sehat untuk kita semua Alhamdulillah kita semua bisa hadir untuk kegiatan ini ya pagi hari ini dalam rangka pelaksanaan kerjasama antara program studi Fisika dari Universitas Indraprasta PGRI dengan Prodi fisika STKIP Bima
Saya pribadi selaku Wakil Rektor 3 Bidang kerjasama dan alumni dari Unindra menyambut baik pelaksanaan kerjasama ini yang sudah kita sepakati bersama kegiatan pada hari ini yaitu kuliah tamu kuliah tamu mata kuliah evaluasi pembelajaran dilaksanakan secara virtual Semoga dapat menjadi ruang diskusi yang memberikan manfaat bagi khususnya bagi mahasiswa Unindra dan dari STKIP 5
Terima kasih kepada Prodi Pendidikan Fisika Unindra yang sudah melaksanakan salah satu ruang lingkup kerjasama antara Prodi Pendidikan Fisika Unindra dengan STKIP Bima Semoga dapat diteruskan dengan pelaksanaan kegiatan kerjasama lainnya dan terima kasih untuk pemateri pada pagi hari ini yang sudah memberikan materi kuliahnya dan untuk semua pihak dari STKIP Bima yang sudah bergabung
Hari ini Tak lupa saya ucapkan terima kasih [Musik] eh Saya ucapkan selamat untuk pak dasmu ya kemarin sudah selesai kuliah S3 nya ya sidang tertutupnya hari kamis lalu ya kalau nggak salah Jadi sekarang sudah sah nih dengan gelarnya dokter dasmo mpd Selamat ya Pak ka Prodi pada semua Oke
Demikian sambutan dari saya nggak nggak panjang lebar saya sampaikan harapan saya nanti mewakili pak rektor Unindra untuk kehadiran bapak Dr Nasution mpd selaku ketua STKIP Bima agar bisa hadir ke Unindra untuk rencana kerjasama tingkat universitas Akhir kata kepada seluruh mahasiswa yang hadir pada hari ini untuk mengikuti kegiatan kuliah tamu saya ucapkan
Selamat mengikuti dan petik manfaat dari perkuliahan hari ini semoga menjadi keberkahan untuk kita semua akhir kata saya ucapkan terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh [Musik] Bismillahirohmanirohim Assalamualaikum masih barakatuh kita bisa bertemu di ruang tunggu yang luar biasa ini tentu kita senantiasa karunia Allah atau diberikan kepada kita semua baik yang ada
Di Jakarta teman-teman di Unindra kemudian juga di STKIP shalawat dan salam kita terus menyampaikan kepada nabi kita Nabi Besar Muhammad sayidina Muhammad mudah-mudahan dengan shalawatnya kita kita mendapat syafaatnya dalam hidup ini Bapak Ibu yang kami muliakan pertama saya hormati saya melihatkan ibu Wakil Rektor 3 yang terhormat tekan kemudian
Pak Kaprodi selamat pada semua menjadi penyandang gelar baru sebagai dokter biasa pada semua Terima kasih Bapak kemudian yang terhormat yang luar biasa yang saya cintai para mahasiswa [Tepuk tangan] yang ada di Jakarta Bunda maupun yang ada di Bima ini mudah-mudahan forum yang luar biasa ini menjadi barokah ketika suasana hati kita semakin ikhlas
Menjalani kehidupan dengan baik lebih menjalankan kehidupan akademik ini hari ini menjadi bukti bahwa apa yang telah kita lakukan pada perusahaan yang lalu kerjasama itu tanda tangan kita udah setujui lakukan ya bukti implementasi kerjasama ini luar biasa kita sudah mulai lakukan dengan kegiatan kuliah tamu ini di Ibu Rossi yang luar biasa punya Membagi
Waktu ini kesempatan kita saling berbagi bahwa apa yang ingin kita lakukan memperbaiki akademik ini dalam suasana Merdeka belajar ini bahwa masyarakat kita betul-betul kita tanpa kita Didik kita beri pengetahuan agar bisa menjadi insan yang berkualitas bagi dirinya bagi dunia luarnya nanti kemudian program ini kiranya bisa kita teruskan
Untuk masa-masa akan datang ya Kalau hari ini misalnya Ibu Ros berkenan mungkin kedepannya Pak Doktor dashwa mungkin berkenan membagi pengalaman akademiknya untuk kita semua sehingga pengalaman-pengalaman baik yang ada di Unindra kemudian kita bisa cermati kita bisa ambil untuk kita bangun daerah yang ada di timur ini kemudian terakhir bahwa
Kerjasama ini satu bukti bahwa kita satu misi satu misi untuk membangun karakter generasi kita sehingga kita bisa memastikan bahwa generasi kita yang baik yang ada di Unindra untuk kebutuhan-kebutuhan pengembangan masa depannya sesuai dengan kebutuhan bangsa dan negara ini Yakinlah bahwa kualitasnya kedua lembaga ini ketika kita sentuh dengan kegiatan seperti ini
Saya meyakini bahwa akan kita bisa maju selangkah untuk memperbaiki menambah wawasan lebih-lebih kita bisa memastikan bahwa mahasiswa kita bisa dipastikan bisa menggunakan pengetahuan ini menjadi baik tentu saja pengalaman baik pada semua dan tim Akademia ada di Prodi fisika unida kemudian nanti teman-teman yang ada di STKIP juga belajar banyak sehingga sharing ini
Menjadi bermanfaat untuk kalian dan kedepannya itu kemudian saya siap untuk hadir di Unindra kapanpun sesuai dengan schedule yang dibuat oleh Unindra siap ya mudah-mudahan apa ya kita sudah mulai ini menjadi awal yang baik untuk kita saling berbagi saling membantu saling mengembangkan ya Kalau hari ini baru kita kuliah mungkin
Kedepannya kita akan mulai pengembangan mungkin penelitian bersama atau nanti KKN bersama kita pertukaran mahasiswa mungkin walaupun sedikit mungkin kita pada semua kedepannya kita akan desain program bersama di Lapangan Apakah nanti masuk kita kita kirim ke unida atau sebaliknya nanti itu saya kira bapak Ibu yang terhormat jadi ibu ada 3 yang dalam
Sibuknya yang luar biasa masih punya waktu untuk membagi dengan kita di ruang tunggu yang luar biasa ini kemudian ibu Rose satu pemateri selamat sukses ya mudah-mudahan apa yang nanti diberikan bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh kita semua tidak hanya oleh kita semua ini itu yang perlu saya sampaikan ya
Dan sehat semua luar biasa kita maju bersama kita kreasi bersama kita apa namanya berprestasi bersama kemudian mudah-mudahan bahwa di fisika yang ikut Merdeka belajar akhirnya ini menjadi pengalaman mungkin lagi pada semua pada kabar muda luar biasa sukses [Musik] bismillahirrahmanirrahim assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh assalamualaikum Yang sama-sama kita hormati bapak Rektor
Unindra Bapak Profesor Doktor Haji Sumaryoto yang dalam hal ini diwakili oleh ibu dokter Ambar beserta staf ahlinya Bu Rina dalam bidang kerjasama dan kemahasiswaan yang saya hormati dan saya muliakan ketua STKIP Bima Bapak Doktor Nasution mpd beserta jajarannya Selamat siang ya Pak di sana mungkin ada
Siang Pak Ya udah duluan siang ya Di Timur kemudian juga yang saya hormati Bapak Ibu seluruh jajaran struktural baik di Unindra maupun di STKIP pendidikan fisika dan mungkin ada beberapa dosen-dosen atau pimpinan ipadi yang ikut dalam kegiatan ini sebagai pendidikan matematika dan biologi ya Pak Dokter Nasution Biasanya kami kalau ada
Kegiatan satu Prodi Prodi lain kita berkolaborasi ya kemudian juga yang saya hormati dan saya banggakan panitia barangkali ya di sini penyelenggaraan dosen tamu dalam rangka implementasi kegiatan Merdeka belajar kampus Merdeka Ya dan dalam rangka implementasi kegiatan kerjasama antara Unindra dengan STKIP wabil khusus yang kita banggakan dengan saya hormati narasumber kita
Ibu Dokter Rose ya saya panggilnya bros aja ya Bu mohon maaf Biar tidak terlalu formal ya beras Ibu Dokter Rosmiati yang insya Allah sekarang akan menjadi sebagai dosen tamu kita dalam rangka implementasi kegiatan mpkm ini Bapak Ibu sekalian yang berbahagia Kalau tidak salah dalam salah satu kegiatan program mbkm itu adalah salah
Satu adalah kegiatan kerjasama di bidang apa namanya pertukaran ya pertukaran dosen kemudian pertukaran mahasiswa dan ini mungkin barangkali diawali oleh Prodi pendidikan fisika dalam rangka implementasi kerjasama dan kegiatan PKM pada hari ini kita melaksanakan kegiatan pertukaran dosen ya dosen tamu mungkin nanti Seperti pak ketua sampaikan ya nanti kita mungkin dari Unindra sebagai
Dosen tamu tadi ya nanti Pak dokter dasme nih ya diantaranya nanti akan jadi narasumber atau Pak Yoga atau Bu irmin ya atau bu dokter Nenden salah satu sesuai dengan mata kuliahnya masing-masing Bapak Ibu sekalian mungkin terkait dengan kerjasama tadi sudah disampaikan oleh bu dokter Ambar ibu Warik ya
Mungkin saya sekarang atas nama dosen nih saya ke Bu Rossi karena Sekarang kuliah ya sistemnya bukan seminar evaluasi pembelajaran seperti kita ketahui bahwasanya dalam pendidikan kita itu ada 8 apa namanya standar ya standar nasional pendidikan ya 3 diantaranya terkait dengan pembelajaran yaitu standar isi kemudian standar proses dan standar evaluasi ya
Mungkin standar isi ini terkait dengan kurikulum ya kita kurikulum sekarang adalah kurikulum Merdeka yang merdeka belajar kampus merdeka secara umum adalah kurikulum Merdeka belajar kemudian standar proses Alhamdulillah ya dengan kemajuan teknologi sekarang kita sedang melaksanakan salah satu standar proses dan yang ketiga adalah standar evaluasi nah ini yang nanti akan dikupas
Tuntas oleh bu dokter Rose Ini standar evaluasi pembelajaran ada satu mudah-mudahan mungkin boros sebelum memberikan materi ada satu mungkin kegundahan ya bukan kegundahan ya mungkin PR kita ya mungkin kurikulum sudah banyak dikembangkan sampai sekarang sudah hampir ke-12 karya perubahan kurikulum itu sampai sekarang kemudian proses pembelajaran terkait dengan media
Metode juga sedang dikembangkan dengan adanya teknologi pendidikan ya kemudian berbasis IT itu semua berkembang Nah justru yang sekarang adalah sedikit menurun adalah mengenai standar evaluasi sekarang kalau kita ketahui evaluasi pembelajaran sekarang dengan adanya Merdeka belajar itu adalah diserahkan ke sekolahnya masing-masing ke penyelenggara pendidikan sementara itu kalau kita berbicara
Evaluasi itu sesuatu hal yang tidak mudah karena ada kaitannya dengan masalah pengukuran alat ukurnya kalau dulu mungkin kita punya standar nasional dengan UN ya di mana alat ukurnya adalah berstandar nasional Nah sekarang kalau misalkan itu diserahkan ke sekolah masing-masing kelembaga masing-masing dengan tidak diawasi terkait dengan standarisasinya nah ini dia khawatirkan adalah kita
Tidak akan bisa melihat sejauh mana prestasi anak-anak kita karena memang alat ukurnya itu tidak sama kalau alat ukurnya tidak sama berarti kita tidak punya standar nah ini barangkali PR kita ke depan ya salah Merdeka belajar adalah syarat menurut saya sesuatu hal proses yang sangat baik ya tetapi memang harus diikuti dengan beberapa
Keterampilan-keterampilan yang diperoleh oleh guru atau tenaga pendidik ya salah satunya adalah yang suka kelupaan adalah terkait dengan kompetensi dalam evaluasi menilai ya menilai termasuk adalah desain alat penilaian nah ini barangkali Insya Allah mudah-mudahan pada kali ini nanti boros akan menjelaskan ya dengan tuntas terkait dengan evaluasi pembelajaran karena Setahu saya ya barangkali
Sekarang ini semua proses evaluasi termasuk adalah kelulusan Setiap anak didik kita itu diserahkan kepada lembaga pendidikannya masing-masing Nah ada mungkin kemarin 2021 ya kita melakukan AKM atau am ya karena UN per 2020 itu ditiadakan dihapuskan Ya kemudian seluruh kelulusan diserahkan kesalahannya masing-masing berarti pada saat itu Ya standarisasinya
Kita tidak punya standar lalu per 2021 kita diadakan an asesmen nasional yang terdiri dari AKM dan karakter ya assesmen kompetensi karakter nah ini pun hasilnya adalah masih mohon maaf misalkan ya kalau dibilang ya kurang memuaskan Artinya kita masih Tertinggal jauh ya terkait dengan standar nasional nah khawatirnya adalah kalau ini tidak dibarengi dengan
Keterampilan kemampuan guru dalam bidang penilaian nanti kita tidak punya standar kita hanya memberikan penilaian tetapi kita tidak tahu kemampuan anak sebenarnya seperti apa ya Nah ini adalah salah satu PR kita mungkin insya Allah nanti Ibu Ros akan menjelaskan lebih terkait dengan evaluasi pembelajaran mungkin ini boros ya Mohon maaf jadi
Sebelum saya berbicara atas nama dosen dan mungkin atas nama sama-sama belajar ya itu ada PR kita karena Kebetulan saya juga ngajar evaluasi proses pembelajaran boros jadi dan juga bidang saya juga Memang tentang evaluasi diantaranya walaupun belum selesai seperti pada semua ya mudah-mudahan Mohon doanya Mungkin sebentar lagi dan mengkaji tentang literasi matematika
Penurunan ya diantaranya artinya PR kita adalah adalah meningkatkan kemampuan baik dosen maupun para guru dalam bidang penilaian yang objektif kemudian yang adil kemudian yang valid dan yang seterusnya itu barangkali boros pertanyaan saya yang mudah-mudahan ya sebelum nanti memberikan kuliah sudah ada pertanyaan barangkali nanti bisa inspirasi menjadi inspirasi pada
Dosen-dosen yang lain ataupun para mahasiswa yang kedua saya sangat menyambut baik ya Tadi Alhamdulillah Insya Allah mungkin pak ketua sudah menyanggupi untuk datang ke Unindra ya diantaranya dan ini kegiatan ini menurut saya adalah bagian daripada Tri Dharma yaitu Dharma 1 ya mudah-mudahan tadi udah diberikan uang oleh pak ketua
Kita akan melaksanakan Dharma 2 dan Darma 3 ya mungkin Darma 3 nanti terkait dengan KKN ya Bapak ya diantaranya kan kemudian karena duanya penelitian bersama antara dosen Bima dengan dosen Unindra ya kemudian nanti ada pertempuran pelajar mahasiswa yang mungkin berupa KKN ataupun yang lainnya mudah-mudahan di kesempatan lain kita dapat melanjutkan
Kegiatan ini terkait dengan Darma 3 yang dapat saya sampaikan mohon maaf ya mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat bagi kita semua Amin ya Allah ya Rabbal Alamin untuk bapak Tatang Zainal Muttaqin npd apa sambutannya baik untuk seluruh peserta minta tolong untuk mengaktifkan kameranya ya kita akan berfoto bersama secara virtual Oke saya akan memberikan
Aba-aba disini ada alhamdulillah ada 6 slide ya dengan total peserta 148 baik untuk operator untuk set yang pertama 1 2 3 selanjutnya slide kedua 1 2 3 LED ke-3 1 2 3 flat keempat 1 2 3 selanjutnya slide kelima 1 2 3 dan slide yang terakhir 1 2 3 Terima kasih banyak
Atas bantuannya acara selanjutnya adalah gimana kita baik nah acara selanjutnya adalah acara yang kita nanti-nantikan yaitu isi materi sekaligus diskusi dan tanya jawab yang akan dipandu oleh moderator yang kita banggakan yaitu bapak Andri Fitrian mpd alangkah baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan beliau Bapak Andri Fitrian mpd merupakan lulusan dari
S1 Pendidikan Fisika Universitas Negeri Jakarta dan melanjutkan S2 di Pendidikan Fisika Universitas Negeri Jakarta bidang keahlian beliau adalah Pendidikan Fisika media pembelajaran fisika terapan dan fisika murni baik kepada bapak Andri Fitrian NTT dipersilahkan Bapak Baik terima kasih atas waktunya Ibu Indika saya ambil alih mohon izin Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam sejahtera Selamat pagi dan sehat semuanya mudah-mudahan pada sehat ya baik yang saya Rektor Universitas Jenderal Prasta PGRI Bapak Profesor Doktor Haji Sumaryoto Oke Rektor 3 Universitas Indraprasta PGRI Bu Doktor ambartri Hapsari Universitas Indraprasta PGRI Bapak Tatang PGRI Bapak Endang Suhendar MT ketua program studi Pendidikan Fisika Universitas Indraprasta PGRI Bapak
Doktor dasmo M.Pd dan sekretaris program studi Pendidikan Fisika Universitas Bidang kerjasama Universitas Indraprasta PGRI ibu dokter andarina Wahyu Winarni MSI ketua STKIP Pendidikan Fisika STKIP BRI dan STKIP Bima yang saya banggakan pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kita kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang telah memberikan kita nikmat iman dan nikmat
Islam rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga pada hari ini kita sama-sama dapat berkumpul walaupun secara daring shalawat serta salam tak lupa kita curahkan kepada junjungan nabi besar muhammad shallallahu alaihi wasallam yang mendorong kita dari zaman Jahiliyah menuju zaman terang benderang seperti saat ini Baik masih semangat semuanya Ya senang sekali rasanya dapat
Berbicara di acara yang luar biasa ini yaitu kuliah tamu evaluasi pembelajaran fisika yang merupakan kerjasama antara Universitas Indraprasta PGRI dan STKIP itu dokter Rosmiati mpd Saya ingin menyapa beliau terlebih dahulu Bu Rosmiati Bagaimana kabar hari ini sebelum mulai saya akan membacakan CV dari beliau izin operator untuk share screen baik nama lengkap nama
Kelahiran Pontianak 1989 lalu ini selalu ada 87 nah ini ada Instagramnya Instagram Instagram lalu S2 Pendidikan Surabaya ke bawah lagi ke bawah lagi Nah untuk kompetensi beliau ada sisik lambung analisis media pembelajaran pembelajaran dan pembelajaran untuk pengalaman untuk pengalaman kerja 2019 dan publikasian publikasi hasilnya luar biasa ya Luar biasa ya contohnya
Dengan judul CV dari beliau waktu kedepannya Bu Rosmiati akan memaparkan materi diskusi dan tanya jawab jadi Silahkan bagi rekan-rekan mahasiswa persiapkan pertanyaan-pertanyaan Jika ada yang belum dipahami dan nanti akan ada hadiah yang menarik nih dari Prodi Pendidikan Fisika ya Bagi 6 penanya terbaik langsung saja kita sambut dengan tepuk
Tangan yang meriah Ibu Dokter Rosmiati mpd waktu dan tempat daring dipersilakan Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh yang terhormat Bapak Rektor Bapak Wakil Rektor 1 2 dan 3 Kemudian Bapak dekan ibu bapak Kaprodi sekretaris Prodi bapak ibu Ketua kerja sama bidang kerjasama kemudian dosen-dosen fisika Unindra kemudian yang terhormat juga Papua STKIP
Di Unindra dan di STKIP Bima puji syukur kehadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala karena atas segala limpahan rahmat dan karunia-nya kita bisa berkumpul dalam acara kuliah tamu yaitu follow up atau kerjasama antara STKIP Bima dan Unindra kemudian salam dan selawat ketujuh pada Baginda besar muhammad shallallahu alaihi wasallam telah menjadikan Islam seperti sekarang
Datang mohon maaf Ibu Neneng dan ibu Indika dan ibu dan pak Andri terus terang buka grup WA saya sering mengisi kuda tamu Hari ini saya deg-degan seperti itu kuliah tamu yang hari ini saya ya apalagi ada pak Tatang yang memang pakarnya evaluasi seperti itu terus terang kuliah assessment Ini saya
Baru dapat di perkuliahan S3 seperti itu kemudian saya mengambil Salah satunya yaitu reflective thinking sebenarnya belum familiar di Indonesia di Indonesia itu yang baru familiar adalah kritis dan kreatif seperti itu cuman yang reflektif ini saya ambil untuk semoga kedepannya bisa booming juga seperti kritis dan kreatif seperti itu untuk bagian
Baik untuk kritis kreatifnya Alhamdulillah Ada beberapa artikel yang saya juga ikut menulis juga seperti itu Jadi di situ nanti saya akan mengurai indikator-indikator dari berpikir kritis dan kreatifnya Karena itu adalah bagian dari hots itu sendiri Saya izin untuk share screen adik-adik jika nanti kedepannya ada pertanyaan langsung ditanyakan ya Atau
Memang ada sesinya ya ya Ada ibu anaknya sudah ibu baik saya mulai ya adik-adik tolong di perhatikan seperti itu kemampuan evaluasi hots itu sendiri adalah high order thinking skills kalau dalam bahasa Indonesianya adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi nah di dalam penilaian itu selama ini bahwa penilaian semua guru-guru itu
Hanya ingin mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didiknya saja ya seperti ujian akhir UTS kemudian kuis kemudian UASnya dulu-dulu itu ada ujian akhir nasional seperti itu itu yang selama ini yang dijalankan oleh guru-guru kemudian untuk apa namanya dalam dalam ininya dalam peningkatan kemampuannya peserta didik itu apa harus ditingkatkan oleh
Semuanya seperti itu dalam misalnya dari proses belajarnya Kemudian dari proses belajarnya itu ditingkatkan adalah hasil belajarnya nah ternyata penilaian itu ada tiga seperti itu ya asesmen learning itu ada tiga yaitu ada assessment of learning kemudian ada monster learning dan assesment yang sering selama ini terjadi adalah assesment of learning yaitu penilaian
Akhir pembelajaran nah Ternyata bukan hanya penilaian akhir pembelajaran seperti itu ya Ada juga assessment for dan assessment as learning Apa itu asses yaitu penilaian untuk pembelajaran jadi penilaian untuk pembelajaran itu Contohnya seperti apa namanya Adam ada seperti yang selama ini dijalankan oleh guru-guru sudah mulai ada perubahan ya adanya apa penilaian dalam proses
Pembelajaran seperti itu ya saya lupa untuk apa istilahnya itu kemudian aslenning penilaian sebagai pembelajaran itu sekarang itu yang dijalankannya ada project seperti itu ya penilaian Project yaitu penilaian bukan hanya akhir tapi dari proses-prosesnya juga seperti itu ya kemudian Apa sih pengertian dan karakteristik host itu host itu merupakan kemampuan mengaitkan menafsirkan serta luas
Transformasikan pengetahuan pengalaman yang sudah dimiliki agar dapat berpikir kritis berpikir kreatif dalam upaya mengambil kesimpulan dan memecahkan masalah pada kondisi aktual atau terkinian tujuannya apa yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik Pada level yang lebih tinggi seperti itu ya nanti akan di apa namanya berikan dari level kognitif kognitif itu sendiri
Maupun apa saja yaitu kemampuan menerima berbagai informasi memecahkan masalah serta mengambil kesimpulan dalam situasi yang kompleks dalam kehidupan sehari-hari nah mengapa harus ada hot di Indonesia didasarkan pada survei oleh tim dan visa itu dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bahwa diperlukan peningkatan pencapaian mutu pendidikan Indonesia sehingga dapat meningkatkan rangking Indonesia yang
Ranking Indonesia itu untuk tips dan pisahnya itu masih di bawah seperti itu ya Oleh karena itu salah satu upayanya itu adalah dengan peningkatan host ini sendiri proses berpikir ini diacu secara luas menggunakan Taksonomi Bloom yang sudah direvisi Nah dari tiga level untuk horsenya itu berada di mulai C4 C5 dan
C6 untuk C1 sampai C3 nya itu masih kemampuan di bawah di bawah ya bukan itu ada untuk akhir dari penilaiannya dan ada juga prosesnya seperti itu ya jadi host Ini dia ada sintaksnya seperti itu untuk mengarah ke apa namanya untuk untuk berpikirnya itu sendiri dan dari penilaiannya nah untuk berpikir itu sendiri ada
Resonance Kids kemudian argumentasi dan critical thinking dan di dalam critical thinking ini masuk kreatif kreatif thinking dan terakhir metakognitif nah di argumentasi sekilasnya ini masuklah reflektif thinking seperti itu kalau di Kemdikbud 2019 pemberian soal hots berbasis kemampuan hots ini itu ada tiga yaitu kritis kreatif dan meningkatkan rasa percaya
Diri seperti itu itu yang diambil oleh Kemendikbud itu sendiri kemudian ternyata jenis penilaian dan bentuk instrumen khas di dalam pendidikan fisika ini udah banyak yang teliti adik-adik ada tester tulis kemudian kemudian ada problem problem testnya kemudian ada di ujian nasionalnya kemudian ada di penilaian atau tentiknya autentiknya dan pada diagnosis tesnya
Untuk melihat pilihan ganda itu sendiri ada beberapa ya kemudian resoningnya Kemudian essay-nya seperti itu nah yang harus diperhatikan dalam membuat hots adalah yang pertama prinsip penilaian yaitu menggunakan stimulus menggunakan permasalahan baru dan membedakan tingkat kesulitan soal kemudian butir-butir butir-butir keterampilan yang diukur seperti keterampilan yang tidak hanya
Mengingat tadi yang C1 dan sampai c itu tetapi yaitu keterampilan mengolah informasi keterampilan mencari perbedaan antara informasi dan menggunakan informasi kritis kreatif dan pemecahan masalah seperti itu ini sudah tadi dimensi apa nanti yang ditanya itu dimensi apa termasuknya yaitu C4 sampai C6 kemudian pemilihan kata kerja operasional dari C4 sampai C6 itu Nah
Dari kriteria horse itu ada indikator kemudian KKO apa kerja operasional kata kerja operasionalnya kemudian diberikan stimulusnya kemudian setelah stimulus itu menggunakan kata kerja apa pada Taksonomi Bloom itu kemudian permasalahan kontekstualnya dan terakhir adalah permasalahan Fisikanya untuk tabel di samping ini saya akan Jelaskan di bawahnya ya ini ya Jadi ini
Tabel di samping ini kriteria soal host ini adalah apa namanya tahapan dari penyusunan soal hots itu sendiri ada analisis soal dulu kemudian indikator soalnya kemudian stimulus memiliki stimulus ya Jadi kalau soal hots itu harus ada stimulus kemudian menulis butir soalnya analisis soal kemudian ada kunci jawaban dan pedomannya
Nah ini salah satu soal yang lengkap ya dari tahapan penyusunannya jadi dia ada materinya apa indikatornya apa kemudian kelompok kognitifnya apa ada stimulusnya kemudian ini ada termasuk kata kerja kata kerja taksonomi belum nyapa seperti itu kalau dilihat dari soal ini ini merupakan multiple choice ya dia diminta untuk menyimpulkan dari soal ini
Bisa saya bacakan dulu ini soalnya seorang ibu memiliki bayi kembar dengan masa yang berbeda Kakak memiliki 5 buah mainan masing-masing dengan jumlah pegas yang berbeda jadi dia ibu membeli ayunan ayunan pertama memiliki satu buah pegas layang besarnya 2,5 sedangkan apa namanya ayunan yang kedua memiliki tugas yang pertama kemudian ini buayan bayi
Dengan 7 buah bekas ini stimulusnya ya merupakan pengurus nah ini tadi merupakan soal merupakan kemudian setelah si Kakak maupun si adik dilupakan dalam ayunan masing-masing ayunan tersebut memberikan pertambahan panjang yang berbeda seperti pada tabel di bawah ini ternyata si Kakak 5 kilo pegas yang pertama itu 20 cm kemudian si
Adik 4 kilo pertambahan pegasnya 20 cm Kemudian buayan yang kedua ini dimasukkan satu-satu ya adik yang masukkan ke ayunan pertama kemudian Kakak juga masukkan ke ayunan pertama kemudian lagi ke ayunan kedua nah disimpulkan apa ada a b dan c seperti itu ya dia ternyata yang pertama gaya tidak mempengaruhi
Pertambahan panjang pegas jadi kita bisa lihat ya di apa data tabel ini bagaimana kesimpulannya seperti itu jadi nanti mahasiswa itu atau siswa itu sendiri diminta untuk menyimpulkan dari hasil tabel yang sudah diberikan ini contoh model soal yang pertama kemudian contoh soal yang lain lagi ini untuk SD ini ada kompetensi
Dasarnya ada ruang lingkup materinya ada materi ada indikator soalnya kemudian dia kalau SD ini lebih ringan ya lebih ringan untuk stimulus soalnya ini stimulus soalnya tentang transpirasi tentang transpirasi pada gambar siklus air tersebut yang merupakan tahapan transpirasi ditunjukkan oleh nomor berapa ini ada nomor 1 sampai 5 seperti itu
Kemudian contoh soal yang kedua ini ada stimulusnya Nah di sini belum Ibu Tentukan indikator soalnya nah ini rencananya ibu mau minta adik-adik untuk latihan untuk membuat indikator soal seperti itu ini tentang panahan bisa adik-adik yang dari STKIP silakan teman-teman mahasiswa bisa dicatat dulu lalu buat indikator-indikator soal silahkan siapa yang bisa nanti
Dari nilai tambahan ya ada hadiah juga Bu mengikuti ekstrakurikuler panahan latihan panahan dilakukan saat pulang sekolah Hari ini Anisa berlatih memanas sebuah apel anak panah dilepaskan secara vertikal ke atas dengan kecepatan 29,4 meter per sekon setelah beberapa detik anak panah tersebut sampai ke tanah percepatan gravitasi di tempat tersebut sebesar
9,8 meter per sekon kuadrat yang ditanya Grafik manakah yang menunjukkan lemparan anak Anisa sampai dengan menuju ke tanah ini materi gerak lurus itu diberikan sebuah stimulus jadi seperti ini ya Ibu kasih Contohkan satu jadi indikator soal itu bisa kita membuatnya sebelum membuat soal ini kalau ini kan sudah gampang seperti itu
Ya sudah ada soalnya diberikan sebuah stimulus latihan panahan mahasiswa bisa menyebut atau menganalisis grafik sesuai dengan sesuai dengan cerita pada soal seperti itu [Musik] saya coba Bu Oke silahkannya kalau saya lebih ada yang lain ada lagi Boleh silakan indikator soalnya Bagaimana ibu ibu minta untuk latihan membuat indikator soal
Tadi udah Ibu sedikit Ceritakan bagaimana indikator soalnya minta tolong ditulis adik-adik diberikan Ini kata Soalnya kalau soal materi gerak lurus ini diberikan satu stimulus latihan panahan siswa dapat menganalisis grafik dari soal yang telah diberikan seperti itu jadi nanti seorang guru setelah melihat ini bisa menuntun gitu soal Bagaimana
Sih yang akan diberikan itu adik-adik kemudian ini soal yang selanjutnya ini ada soal berpikir kreatif dan ini ada soal pemecahan masalah ini ada batu yang dijatuhkan kemudian ada buah kelapa dan ada kertas Bagaimanakah agar kertas dan buah kelapa dapat jatuh secara bersamaan ada yang tahu jadi ini soal dalam kehidupan sehari-hari
Sama-sama 5 meter Ibu saya mau coba jawab seperti itu ya kalau tidak bisa bersama teman silahkan dijelaskan kalau bisa bersamaan silahkan dijelaskan itu udah ada yang menjawab dari kusmayadi tadi masalah indikator soal peserta didik diberikan gambaran peristiwa memanah peserta didik dapat menemukan hubungan grafik antara kecepatan dengan waktu Bagaimana bentuk indikator soal tersebut
Sudah lumayan Pak bisa juga menggunakan kata kerja menganalisis ya bukan menemukan seperti itu tapi menganalisis karena dia menggunakan C4 sampai C6 silahkan yang ini kertas dan buah kelapa saya coba jawab Bu Bagaimana agak kertas dan buah kelapa dapat jatuh secara bersamaan itu Bu dengan menghilangkan apa namanya gaya gravitasi kali bu ya
Karena gaya gravitasi kalau di ruang hampa semua benda akan mengalami gerak jatuh yang sama sepertinya Bu mungkin itu baik ada yang lain saya bu aduh yang ditanyakan adalah agar kertas dan buah kelapa dapat jatuh secara bersamaan karena kelapa itu masanya lebih besar dibandingkan kertas jadi diperlukan kertas itu jatuh lebih awal dibandingkan
Kelapa tapi nanti akhirnya mereka akan jatuh secara bersamaan dengan waktunya berbeda gitu Iya dengan waktu yang berbeda jatuhnya itu berbeda Bu waktunya cuman saat menyentuh tanah itu waktunya bersamaan oke Bisa tadi dengan Tadi siapa yang mau masukin batu di kertas [Musik] ada tadi saya beda pendapatmu silahkan Oke untuk
Menentukan waktu apa ya untuk jatuh bersamaan yaitu variabelnya tuh merupakan gesekan udaranya Bu misalkan dari kan sama tingginya 5 meter kalau misalkan ini yang kertasnya di bawahnya ada kasih hambatan untuk tidak terkena gesekan udara kemungkinan tuh jatuhnya akan bersamaan walaupun gravitasinya kan sama apa ya tidak dilihat gesekan udara
Seperti itu karena menghambat dari kertas karena luas penampang kertas sama kelapa atau batu kan beda terima kasih jadi ada apa namanya jawabannya ada perbedaan waktu saat menjatuhkan kemudian ada yang yang tidak mempedulikan gesekan kemudian tadi apalagi dengan menyimpan batu dalam kertasnya terus kertasnya di ujung gitu ya Iya benar
Misalnya ini Batu di dalam gelas ini ada batu ya terus masukin batu ke sini ya ada yang bisa indikator soalnya nggak silahkan ada yang bisa membuat indikator soal dari gambar tersebut soal tersebut Pak kusmayadi biasanya jago nih saya coba lisan ya Bu ya dari peristiwa gerak jatuh bebas benda peserta didik dapat menganalisis
Hubungan antara massa benda dengan gaya gesek kali bu ya dengan maaf saya ulangi peserta didik menganalisis faktor yang mempengaruhi jatuh benda seperti itu mungkin diberikan seperti ini loh jawabannya gitu ya Jadi kalau kira-kira adik-adik melihat gambar ini bisa membayangkan nggak Bagaimana sih jatuh kertas dan batu itu
Jadi yang Ibu ingin nampak adalah tadi tahapan dari pembuatan soal itu ada di awalnya kemudian ada stimulusnya kemudian sampai dari jawabannya ya ini adik-adik Terima kasih kemudian ini soal ini Pak Ramon akan pergi ke swalayan dengan mengendarai motor Selama perjalanan Pak Ramon memacu motornya dengan kelajuan tetap setelah berjalan 3
Detik tiba-tiba beberapa meter di depannya Pak Ramon dikejutkan dengan tumbangnya pohon beringin di depannya karena merasa terkejut Paramount tetap melaju dengan kelajuan yang sama selama 2 detik kemudian segera menginjak rem dan memperlambat motornya sebesar 2 meter per sekon kuadrat pertama berapa berapa belum mengalami perlambatan jadi jarak yang pada saat
Kemudian dia menabrak pohon atau tidak Bagaimana alasannya dan terakhir Bagaimana cara agar tidak menabrak pohon Jadi kalau ada soal hot seperti ini adik-adik jangan memperbanyak soal itu ya cukup satu atau dua seperti itu misalnya adik-adik mau melaksanakan kuis atau ujian tengah semester nah soal itu hanya satu atau dua saja
Cuman diperbanyak adalah opsi a b c d nya ini seperti itu jadi karena siswa itu membutuhkan lebih banyak waktu untuk menjawab soal hots kalau soal ini udah bisa kebayang kan Bagaimana indikator soalnya silahkan yang mau mencoba indikator soal yang ketiga nih Ayo dari STKIP indikatornya dapat memahami gerak lurus berubah beraturan
Motor dengan hampir menabrak pohon jadi stimulusnya itu bisa gambar [Musik] ayo nomor tidur itu adalah ilustrasi tentang para ilustrasi Gambar yang di dalam soal jadi dapat menganalisis Saya ulang lagi beserta peserta didik diberi stimulus ilustrasi dari gambar tersebut dan peserta didik dapat menganalisis gerak lurus berubah beraturan terima kasih
Ini ada juga di kolom chat peserta didik diberikan gambar peristiwa tentang gerak benda peserta didik dengan tepat dapat menentukan nilai-nilai besarnya besaran yang terdapat pada pembahasan gerak benda Siapa yang menjawab Terima kasih ya di lagi nih ada lagi silakan ya soal berikutnya Saya sedikit menjawab [Musik] yang pertama itu berapakah jarak yang
Ditempuh motor sebelum mengalami perlambatan itu mengalami dan yang paling kedua Akankah menabrak pohon dan jelaskan alasannya tidak menebar pohon Alasannya itu yang pertama karena dia hanya menambah kecepatan 2 detik saja yang ketiga Bagaimana caranya agar motor tidak menabrak pohon dan jelaskan [Musik] Bagaimana cara agar motor tidak menabrak pohon ya
Nah ini Ibu pernah [Musik] gitu ya karena ini bermain basket melakukan gerakan lay up kemudian melepaskan bola tersebut ke dalam keranjang setelah bola tersebut masuk keranjang Akbar melakukan gerakan melepas bola agar masuk ke keranjang hukum apa yang berlaku ini ada stimulusnya kemudian belum menentukan indikator soalnya kemudian
Yang ditanya adalah cara bola masuk ke keranjang seperti itu dari tadi ada banyak-banyak soal ini ini soal 1 2 3 4 5 6 Bagaimana sih cara apa namanya penilaiannya seperti itu cuma soalnya aja yang ada nah kalau penilaian horse seperti ini ya penilaian ini Alhamdulillah sudah masuk ke artikel-artikel kisahku seperti itu
Seperti ini juga cara penilaian untuk soal kritis dan kreatif ya jadi diberikan nilainya 4 nilai 3 nilai 2 nilai 1 kalau nilai 4 itu jawabannya benar semua ya jawabannya ada yang kurang kurang satu lah seperti itu kemudian nilai 2 jawabannya kurang 2 dan nilai 1 adalah jawabannya kurang 3 ada lagi
Nilai nol ya jawabannya salah semua seperti itu tidak masuk ke tidak masuk ke kunci jawabannya seperti itu ya adik-adik Nah yang ini tentang penilaian ini banyak sekali ibu ditanya sama guru-guru Bagaimana cara penilaian host jadi apa jawabannya seperti ini ya untuk penilaian host ini sudah di apa ya sudah masuk
Artikel-artikel yang Q1 untuk reflektif dan kreatifnya sekarang ibu mau minta adik-adik untuk membuatkan satu soal tentang hot seperti itu ya Jadi ada tahapannya ini soalnya memilih stimulus menulis butir soalnya dan kunci jawaban dan pedomannya seperti tadi silahkan boleh kirim pakai word boleh kirim langsung ke kolom chatnya nanti akan Ibu Satukan menjadi
Satu beneran silahkan untuk semua ya masih kurang jelas bisa diulangi Bu yang mana yang tadi jadi kita membuat soal ya Bu ya berdasarkan tahapan tadi ya Bu ya Ada stimulusnya ada soalnya kemudian apa letak tsunami belumnya apa kemudian dengan sempit pedomannya seperti itu jawabannya boleh milih SD SMP SMA ada
Kunci jawaban sekalian ya Bu ya saya kirim di mana Bu boleh di kolom chat menggunakan word boleh ya nanti akan disatukan menjadi satu ya Yoga kalau saya kirim kartu soal nggak apa-apa bu guru yang dari STKIP [Musik] silakan rekan-rekan mahasiswa sudah ada nih di kolom chat book
Dari Pak Pur sama Yadi ini indikator Soalnya sudah ada belum ada nih kok Soalnya ada jika plastik digosok pakai rambut maka plastik akan bermuatan jawaban negatif cuma C berapa nih stimulusnya mana Dari M Yusuf ada bidang koordinat garis G melalui titik asal dengan dan tegak lurus garis yang memiliki pemiliknya -3
Titik -6 B dan A1 berada pada garis G maka nilai a jawaban C indikator soalnya belum ada tapi ini dari [Musik] indikatornya sudah ada stimulus soal lalu jawaban juga sudah deh ya Eliza sudah lengkap ya [Musik] bikin adik-adik yang lain boleh kalau pilihan ganda sudah tidak perlu lagi cara penilaiannya ya yang kayak
4321 tadi [Musik] [Musik] ini SD atau SMP krisyanti SMA Bu SMA kelas 10 Kalau SMA tadi dijelaskan bahwa taksonomi belumnya C4 sampai C6 saja untuk justru Ini Ibu nggak ngerti ini Yusuf jangan asal copy paste ya [Musik] Kadek masukin Kemudian dikornya Kemudian indikator soalnya belum apa ini kayak ini contohnya di atasnya [Musik]
Soalnya terus jawabannya untuk Mbak krisyanti untuk penilaiannya ini ini kalau ini sudah benar penilaiannya ini 4 nanti kalau kurang tuh bisa ditambahin 321 nya Ya bisa dikurang-kurangkan langsung jawabannya Ayo yang lain di sini ada mungkin kurang dosen-dosennya ada 15 kali dosennya ada sekitar 130an orang mahasiswa untuk trihayu ini memang soal hitungannya
Mbak trihayu Oh iya Bu baik Azizah jawabannya Azizah belum ada jawabannya di bawahnya baik baik sudah Azizah lengkap banget udah ada sama penilaiannya ya Mbak Dian Mbak Diah Setiani belum ada jawabannya Mbak Marsha Marsha jawabannya ini mau essay atau multiple choice Mbak jawabannya cuma satu hasilnya Emang satu gimana hasil perhitungannya Emang satu
Oh ini hasil perhitungannya ini kalau tidak ada jawaban yang anu mbak marca bisa dijadikan grafik Ya melempar bola secara horizontal pas sudutnya ya kalau bisa ini kalau tidak essay bikin motivasi aja ya Mbak Marsha oke Oh ini jawaban Mbak Diah tadi ya [Musik] pak Andri minta tolong saya ini copy paste ke Word
Yang terakhir yang 12 orang [Musik] Mbak ini Rahayu taksonomi belum masih C2 ya Mbak ini ini Rahayu [Musik] Tadi Mbak Marsya sudah diperbaiki secara garis besar sudah ini ya sudah bisa memahami seperti itu dari tahapannya dari cara penilaiannya dari menentukan taksonomi sebelumnya sampai jawabannya udah mulai tertata ini
Kalau kalau ketemu secara langsung Pasti seru ini juga ini mereka bisa mengecoh jawaban abcd nya Nanti insya Allah ini jawaban mahasiswa ini akan saya jadikan satu seperti itu jadi kumpulan soal-soal horse nanti akan dibikin PDF di share ke Unindra dan STKIP Bima Iya itu saja sisanya nanti mungkin bisa kirim ke
Siapa ya pak Andri yang belum mengumpulkan di kolom chat boleh nanti ke kalau di kami ada Pak Yoga ada saya sama Bu Indika sih nanti bisa langsung kirim ke ibu ya nya tadi ya Sesuai dengan tahapan-tahapan kalau mahasiswa STKIP Terima kasih Bapak Ibu sudah mengikuti juga Mungkin itu saja
Yang dapat saya sampaikan Semoga dengan penyampaian tadi bisa diterapkan ya setelah adik-adik nanti akan menjadi guru akan PPL KKN dan sebagainya nanti di sekolahnya seperti itu apabila ada yang salah saya mohon maaf terima kasih atas perhatiannya Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam baik Mari beri apresiasi tepuk tangan kembali atas pemaparan luar biasa dari
Ibu Rosmiati baik kita akan masuk ke sesi tanya jawab nih jika ada pertanyaan boleh recehan di zoom atau di kolom Chat juga boleh tapi lebih enaknya di secara langsung ya Sebutkan nama dan semester berapa silahkan Oh udah ada nih pak Andri Terima kasih atas kesempatannya perkenalkan Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Karena saya Rahmat Zahra Saya dari semester 7 Universitas Indraprasta PGRI yang ingin saya tanyakan kepada Ibu Kusmiati tadi kan kita belajar tentang perihal soal hotsnya ya Bu yang ingin saya tanyakan perihal model pembelajarannya Bu model pembelajaran Apa sih yang sesuai gitu untuk menyongsong kesuksesan dari soal hots ini itu saja terima kasih
Dari Rahma Azkia boleh boros mau langsung atau Disimpan dulu itu ada Arif Perkenalkan nama saya Udin dari Unindra semester 1 ingin bertanya apakah host berlaku untuk sebuah pertanyaan pemahaman saja walaupun di pertanyaan tersebut terdapat stimulan yang berupa gambar yang ilustrasi kejadian yang menerapkan dan menjelaskan prinsip-prinsip berupa gaya yang bekerja pada gambar tersebut
Apakah metode house ini dapat diterapkan pada Kegiatan praktikum dan metode pembelajaran eksperimental terus untuk satu lagi kan di temanya kan evaluasi pembelajaran fisika saya ini menyatakan metode evaluasi pembelajaran fisika di Universitas atau di perguruan tinggi di era Merdeka belajar yang aktif dan aktif menurut saya fisiknya itu mengenai fenomena-fenomena yang terjadi di
Sekitar kita seperti yang berhubungan dengan tadi berupa Pertanyaan kayak antara ilustrasi dan atau dengan melakukan metode eksperimen gambarnya lebih jelas tuh merupakan karena menurut saya di metode eksperimen itu merupakan yang tepat seperti yang dilakukan oleh Profesor Walter Lewin yang merupakan pengajar fisika di Mit yang melakukan pembelajaran eksperimental atau
Percobaan di mata kuliahnya terima kasih tadi pertanyaan dari Mbak Azizah Azzahra [Musik] ya jadi model semua model yang mengarah ke pemecahan masalah seperti itu ya semua model yang mengarahkan ke pemecahan masalah bisa tadi apa namanya inquiry bisa salah satunya seperti itu tapi nanti Mbak Azkia bisa mencari apa-apa aja sih model yang mengarahkan
Ke pemecahan masalah oke tadi ibu sebut salah satunya adalah inquiry itu kemudian untuk Mas Udin saya belum menemukan ininya apa poin dari pertanyaannya Apakah metode hots tadi Bu itu bisa diterapkan di praktikum atau eksperimental contohnya tadi di apa untuk metode yang tepat dari Profesor di Mit seperti itu
Jadi semuanya ya malah menurut saya Ya bisa semua ya karena dia kan selain dari keterampilan Berpikir itu dia adalah dari apa ujung dari evaluasi itu sendiri jadi semua mau praktikum maupun teori bisa semua kita jadikan soal untuk hot seperti itu apalagi di praktikumnya tambah bagus seperti itu kalau ada soal hots
Itu menurut saya itu mungkin bisa ditambah dengan yang lain Oke kita lanjut ada trihayu Anisa silahkan Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh saya ingin bertanya ibu untuk menentukan indikator kayak misalkan Pemahaman konsep atau pun berpikir kritis itu cara membedakannya itu bagaimana ya Bu itu dari indikator kan anda berpikir kritis Pemahaman konsep terus ada kreatif apa
Cara membedakan indikator untuk membuat soalnya gitu terima kasih Bu saya langsung jawab ya untuk membedakannya dia berbeda sintaknya seperti itu ya dek ya nanti Adik bisa mensearching lah itu apa sih Sintak dari Pemahaman konsep kemudian kritis kreatif itu sangat berbeda gitu sintaknya Tapi pada akhirnya jadi semua model yang ada itu
Terakhir-akhir nanti adalah untuk pemecahan masalah seperti itu ya seperti abad 21 Pemahaman konsep itu udah lama ya yaitu mungkin bisa dipahami Baik nanti tinggal searching nih masalah sintaks yang berbeda Oke selanjutnya ada Pak kusmayadi silahkan monggo Baik bu terima kasih pak Andri atas kesempatan yang diberikan suaranya jelas ya Pak untuk
Teks lebih ke teknis Bu pada saat nanti pelaksanaan evaluasi pembelajaran terutama untuk sekolah yang inklusi kalibuya inklusif Apakah soal hots ini perlu juga diberikan atau dengan kata lain apakah ada mix antara soal yang tipe hots bagi tubuh yang bisa kita berikan terutama sekali untuk sekolah-sekolah yang memang inklusif ya mungkin baiknya Seperti apa
Begitu Bu terima kasih saya langsung jawab punya Bapak Ya mungkin apa sebelum kita memberikan benar-benar ini soal yang harus dikerjakan seperti itu apa Jadi kita harus memberikan latihan-latihan terlebih dahulu seperti itu bapak kita harus memberikan latihan-latihan terlebih dahulu mungkin yang gampang-gampang terlebih dahulu seperti multikultulis tadi kemudian nanti pada
Akhirnya kita akan bisa memberikan esai yang lebih mengecoh seperti itu apa [Musik] Saya yakin jika sudah sering latihan siswa akan terbiasa bapak Terima kasih Bu Terima kasih Dua pertanyaan lagi ya karena waktu ini ada dua orang lagi dia Setiani silahkan [Musik] silahkan dia Setiani Apakah suara saya terdengar dengar Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam
Terima kasih kepada bapak Andri yang telah memberikan kesempatan bagi saya untuk memberikan pertanyaan [Musik] saya mohon izin ingin bertanya kebanyakan para peserta didik kalau ada soal hot seperti itu kan membuat males ya Bu kiranya Ada nggak ya Bu seperti tips dan trik membuat soal hot yang menarik buat
Siswa Biar apa ya membuat sesuatu [Musik] Saya mau cerita dulu saya itu senang sekali membaca artikelnya Kak ini yang orang ITB yang dosen ITB yang orang dompung pak mikra itu selalu artikelnya itu kayak di dunia nyata gitu cara-cara apa sih hukum Fisikanya meras baju terus main egrang kemudian cara
Pakai sarung cara pakai apa sih rumus Fisikanya cara pakai sarung laki-laki yang pergi sholat kan di printer-printer dulu gitu nah pada saat mengajar saya itu sering cerita cerita dalam kehidupan sehari-hari itu apa saja seperti itu sebelumnya itu saya memberikan latihan-latihan dulu ya latihan-latihan seperti Kok bisa air itu mendidih gitu
Kenapa ada pelangi Kenapa apa Langit Itu biru gitu Nah itu kan merangsang pemikiran siswa atau mahasiswa seperti itu ya Ibu Ya mungkin tipsnya itu kita sering memberikan stimulus gitu stimulus itu walaupun belum Soalnya belum ujiannya secara langsung tapi kesehariannya seperti itu ya Nah mungkin kalau bagi saya apa ya
Siswa itu suka gitu suka dengan berpikir itu kenapa ya kenapa Kok hujan bisa turun Siapa yang sering mandi hujan dari mana hujan turun Kenapa hujan turun seperti itu ya Ibu ya Jadi ada rangsangan rangsangan terlebih dahulu gitu sebelum mereka benar-benar diberikan soal hots seperti itu Bu baik dia sintesis cukup ya
Oke satu orang penanya lagi ya sa laiya silahkan di iya ya mohon maaf Ibu ini saya mau bertanya tentang evaluasi pembelajaran pertanyaan saya Apakah semua kompetensi dapat diukur oleh soal hot salah satunya adalah contohnya pemecahan masalah daya berpikir kritis minat belajar supaya motivasi belajar atau keterampilan peserta didik jika memang tidak mungkin
Kita menggunakan instrumen apa ya Ibu ya untuk mengukur kompetensi peserta didik seperti belajarnya motivasi belajarnya keterampilan dan juga berpikir kritis dan juga ada juga banyak juga yang lain gitu makasih jadi harus adalah hanya salah satu ya dek ya Ini adik atau bapak ya terus itu hanya salah satu ya Ada ya
Kita bisa mengukurnya dengan untuk sekarang itu bisa proyek kemudian saya lupa itu apa ya mengumpulkan secara satu bundar itu apa ya Project learning seperti itu bisa dengan menggunakan Project kemudian tadi mengukurnya bisa dengan apa karakter siswanya itu sendiri jadi sesuai dengan apa ada nilai sikap dan sebagainya seperti itu
Jadi host adalah cuma salah satunya seperti itu ya mungkin itu adek junaisa Terima kasih tadi nanti kalau punya siswa itu ya bisa menggunakan portofolio atau Project itu ya dek ya baik kita sudah dapat namanya ya nanti kalau yang belum terjawab boleh Nanti hubungin Bu Ros ya tadi udah nomor HPnya atau di perlu
Ig-nya ya jangan lupa ada absensi silahkan untuk mengisi daftar hadir di link chatnya ya dan Alhamdulillah kita sudah hampir selesai Ibu Dokter Rosmiati mpd Terima kasih banyak atas waktu dan ilmu pengetahuan bagi kita semua untuk informasi bagi enam penanya terbaik nih ada Rahma Askia Zahra Lalu ada Arifudin
Ada Pak kusmayadi trihayu Annisa dia Setiani dan juniarsa silakan boleh nanti mengambil hadiahnya ya di ruangan sekretaris Prodi Pak Yoga diambil aja Pak saya nanya terbaik gitu baik Mari kita beri tepuk tangan yang meriah untuk ibu dokter Rosmiati mpd Akhir kata saya selaku moderator Ibu Dokter rosmate mpd mengucapkan banyak
Terima kasih dan mohon maaf bilamana Anda kesalahan kata yang disengaja ataupun tidak disengaja saya akhiri wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Terima kasih banyak Pak Andri sudah memandu acara kita hari ini dengan sangat baik dan terima kasih untuk materi kita hari ini yang sangat luar biasa Ibu Dokter Rosmiati NTB Terima
Kasih banyak Ibu Atas ilmu yang sangat bermanfaat untuk kita semua dan ini sebenarnya mahasiswa masih ingin banyak yang bertanya seperti itu mungkin setelah ini anak-anak ada yang tiba-tiba invite Instagramnya nanti bu ya baik acara selanjutnya adalah pemberian sertifikat untuk ke materi kita Ibu Dokter Rosmiati NTB secara virtual silahkan Mohon diterima ya burostus
Alhamdulillah acara demi acara sudah selesai Semoga dapat mempermudah dalam menangkapnya pemahaman dan mengamalkannya atas ilmu dan pengalaman yang sudah kita dapatkan untuk sertifikat peserta akan diberikan H + 7 setelah acara kuliah tamu ini dan untuk penanya terbaik nanti akan boleh langsung mengambil hadiahnya di ruangan sekretaris Prodi pendidikan sosial
Dan untuk terakhir penutupan sebelum kita tutup bersama saya selaku MC pembawa acara pertemuan kuliah Kamu hari ini memohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada tutur kata yang kurang berkenan di hati Bapak Ibu dan serta seluruh peserta sekian Mari kita tutup bersama acara kuliah Kamu hari ini dengan lafadz Hamdalah Terima kasih banyak
Akhir kata wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh [Musik] [Musik]
Kegiatan kuliah tamu ini merupakan kerjasama antara Pendidikan Fisika Universitas Indraprasta PGRI dengan Pendidikan Fisika STKIP BIMA pada tanggal 13 Desember 2022 pukul 09.00 – 12.00 WIB.
#unindra #stkipbima #kampusmerdeka #mahasiswa #pendidikanfisika
Sobat Pendidikan Fisika Unindra, Info tentang #KULIAH #TAMU #EVALUASI #PEMBELAJARAN #FISIKA #KERJASAMA #PEND #FISIKA #UNINDRA #DENGAN #STKIP #BIMA ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 02:05:22 detik.
Begitulah sekilas tentang KULIAH TAMU “EVALUASI PEMBELAJARAN FISIKA” KERJASAMA PEND FISIKA UNINDRA DENGAN STKIP BIMA yang telah dilihat oleh 39 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Pendidikan Fisika Unindra 7522