PKKMB 2023 Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin

2023-08-15 20:00:18 02:28:10 Keseimbangan untuk bergerak yang lain ya Oke untuk menarik perhatian betina ini kalau kalau mahasiswa Disuruh kasih alasan pasti semua bisa dibenarkan ada yang lain saya belum puas ya yang Ujung Perkenalkan nama saya Muhajirin saya fungsi dari ekor ayam adalah menjaga keseimbangan ayam dan monovernya Oke Sama jawabannya nomor 2 untuk menjaga

Terjadinya kesakitan oleh ayam [Tepuk tangan] atau mempercantik juga sih jadi ini ini satu keberanian dia hanya mengkolaborasi jawaban dari tadi sama yang di sini kalau saya bilang begini teman-teman sekalian Pak Ramli punya berapa ekor ayam kaitannya dengan gambar ini apa fungsinya ekor ayam untuk dihitung ada nggak orang bilang berapa kaki ayamnya Pak

Pastikan bilangnya berapa ekor ayamnya setuju nggak setuju nggak berarti wafernya aman oke ini teorinya saja ya sektor pertanian kita ini berada di dalam ruang lingkup pertanian secara umum jadi kita bagian atau subsektor mudah-mudahan kedepannya kita punya Departemen sendiri mudah-mudahan nanti kita punya menteri sendiri subsektor peternakan ini merupakan bagian integral bidang pertanian yang

Bertujuan untuk meningkatkan pendapatan peningkatan produksi ternak peningkatan penyedia pangan ya kan kita udah paham semua itu maka kemudian peternak ini disebutlah sebagai profesi yang menyediakan protein hewani Oke next ini peluang usaha bagi alumni peternakan sebenarnya sebelum jadi alumni pun sebenarnya kita sudah bisa sudah bisa bayi yang bergerak di sektor budidaya

Di sektor industri pendukung peternakan maupun di sektor atau bidang-bidang lain ini nanti akan meluas nanti bahasan kita di ketiga segmen ini yang pertama kita masuk di budidaya ternak mudah-mudahan sedikit menggambarkan ya yang saya tahu dulu Teorinya seperti ini dibudidaya ternak ini terbagi setidaknya ada 4 ada ternak besar

Kemudian ternak kecil ternak unggas dan ada aneka ternak semua sektor ini bisa kita tempati untuk menjadi cabang usaha misalnya ternak besar ada peternakan sapi peternakan sapi terbagi-bagi lagi nanti ada sapi potong ada sapi perah ada pengolahan daging dan seterusnya peternakan kuda ada kuda mungkin untuk daging boleh kuda beban kuda pacu

Yang penting jangan kuda-kudaan ya kemudian peternakan kerbau begitu juga selanjutnya untuk ternak kecil ada ternak kambing domba ternak babi jadi banyak sekali dan kedua kumpulan ternak ini sampai hari ini kita belum bisa Swasembada dagingnya di Indonesia jadi sekedar untuk substitusi impor saja kita punya peluang usaha yang sangat besar

Kita punya peluang usaha yang sangat besar pernah saya tanya Pak Dirjen apa bukan tanya ya panas mudah-mudahan sudah sudah like juga saya bilang Kak Nas tahu ndak Kak Nas ini Kak Nasrullah ini alumni peternakan juga alumni peternakan lunas juga sekarang menjadi Dirjen peternakan dan kesehatan hewan di Kementerian Pertanian jadi dia

Salah satu alumni terbaik kita rupanya Kenapa Indonesia tidak bisa Swasembada daging sapi jawabannya simple karena sekadar kita mau makan sop buntut saja sapinya harus kita potong sekadar mau makan kikil sapinya ikut dipotong nggak bisa kita makan kikil kalau tidak dipotong sapinya inilah yang membuat kita belum bisa Swasembada kita harus pacu dan ini

Sumber atau lahan untuk kita mau bekerja atau membuka usaha di sektor itu kemudian ternau gas ini sangat berkembang saat ini banyak kakak-kakak kita alumni-alumni dari fakultas kita sudah jadi primadona di perusahaan-perusahaan perunggasan nah diternak unggas ini ada ayam ada Itik ada puyuh nggak tahu apakah sudah masuk juga burung unta kalkun merpati saya

Belum tahu kenapa dulu saya tidak ke sapi atau tidak ke ternak kecil pilihannya ke ayam karena hemat saya waktu itu zamannya Saya punya 100 ekor ayam potong Saya sudah tidak terima subsidi lagi dari orang tua saya sudah untung waktu itu saya nggak saya bilang Saya di sini karena saya ini

Bukan ahli waris saya ini Perintis saya bukan anak orang kaya bisa kuliah di fakultas peternakan ini kadang-kadang subsidinya dari desa yang masih ada ya nanti nanti kamu cari yang mana ada yang cahaya kita kadang-kadang masih di subsidi dari situ uang makan kita saya kalau tidak ada Supersemar ndak

Tahu apa saya masih bisa selesai atau gimana sehingga pilihan saya ketika selesai saya mau beternak tetapi ceritanya berbeda kemudian selesai saya malah kerja di perusahaan peternakan di bidang perunggasan ada perusahaan kecil di Sidrap Saya bekerja di situ industri pakan ternak 2 tahun Saya dari perusahaan yang tidak punya nama bahkan izin berusahanya pun

Tidak ada kemudian transfer ke perusahaan terbesar di dunia di bidang perunggasan ya saya ndak tahu saya ditransfernya ke situ Apakah saya punya prestasi ndak tahu yang jelasnya dari gaji Rp300.000 pindah ke perusahaannya mampu menggaji satu juta 700.000 Waktu itu adek-adek saya nggak tahu mungkin masih

Ada yang di tomat masih ada yang di Padi Masih ada yang di Jambu karena belum lahir saya masuklah di situ 7 tahun di situ pindah ke perusahaan grup Samsung Cil Jedang di bidang yang sama lagi-lagi nilai transfernya menggiurkan gajinya di kali 3 maka saya pindah ke perusahaan itu itulah kemudian tadi jawabannya Kenapa

Saya ndak pernah memikirkan sapi Saya mainnya di situ mainnya setelah selesai di situ saya empat tahun baru masuk ke Sidrap pegang perusahaan daerah Sidrap yang menangani distribusi pakan ternak ada yang dari sini dari Kecamatan peternakan sapi lah yang lain ada Kecamatan ayam dari Desa mana oh berhenti ya sedikitlah ada ayamnya Pinrang ada

Tahu saya Nantilah tahun depan kalau saya sudah mau dipilih Oke kita lanjut ya kemudian ternak ayam ini ini macam-macam sekali sekarang bahkan diusaha kami ada yang lagi booming lagi Sekarang ini yang ayam hobi entah ayam bangkok ayam filipin ayam hias dan ini ternyata kebutuhannya banyak sekali ada pelanggan saya sekaligus jadi supplier saya

Dia hanya melihat contoh tempat pakan ayam Bangkok dia bikin dari paralon sekarang dia supply ke kami Akhirnya sampai ke kota Makassar juga disuplai jadi pipa paralon itu dia panasi dengan suhu tertentu kemudian dia model tadinya kan banyak yang pakai tempurung kelapa itu pertama kemudian yang pakai ring ring kaki untuk ayam bangkok untuk

Exercisenya untuk latihan bertarungnya dia sudah bikin sekian gram sekian gram sekian gram yang disimpan di kaki itu ada yang pemain ayam bangkok bukan judinya yang saya mau Utarakan bahwa peluang-peluang usahanya ada di situ untuk sekecil itu pun ada kemudian di sapi tadi pernah saya baca literatur mengatakan bahkan di Nusa Tenggara Timur

Ada sapi jadi dia hanya pelihara sapi jantan yang bagus yang yang pembudidaya ya jadi orang yang pelihara yang lain itu tetangga yang lain hanya pelihara betina jadi pada saatnya mau kawin dibawalah ke sana satu kali servis berapa dibayar berapa daripada kita semua pelihara sapi jantan itu juga satu satu

Kita percepat saya sebanyak diskusi yang ayam-ayam komersil misalnya ayam potong ayam petelur di ayam petelur pun itu turunannya banyak ada yang spesifikasi sekarang hanya pelihara pulet pulet ini ayam remaja sebelum bertelur ada yang spesifik hanya pelihara itu dan juga ada nilai bisnisnya ada nilai uangnya contoh misalnya dan ini saya sarankan

Kalau adik-adik nanti mau peternak pemula mending beli ayam remaja beli yang 13 minggu kah yang atau hanya 16 minggu kah Kenapa kita baru mau pelihara misalnya 1000 ekor terus kita bikin kandang permajaan sendiri berapa investasi yang harus kita buang di situ karena nilai efektifnya investasi kita di peremajaan atau di

Kandang pulet ketika kandang itu bisa diisi minimal 4 kali dalam setahun sementara kalau hanya satu kali satu periode kita isi rugi kan mending beli ayam yang ready ayam darah ada beberapa alumni kita yang serius di bidang itu kemudian apalagi yang terkait dengan ayam sebenarnya kalau mau ditulis semua ini

Satu semester mungkin pada kan belum saya cerita yang terkait dengan ayam kalau saya beli mobil truk bisa nggak masuk kategori sektor bisnis yang mensupport peternakan bisa bahkan penjual pulsa telepon pun pernah waktu kolaps dulu peternakan di Sidrap itu sampai penjual coto pun itu berkurang omsetnya waktu pasar telur di terminal Pangkajene

Itu ditutup karena ppkm banyaknya yang warung-warung itu warung-warung nasi di pasar itu Tutup juga Maka sekali lagi Berbahagialah dan menjadi fakultas peternakan kemudian ternak ayam potong ya walaupun saat ini untuk ternak ayam potong ini sudah lebih banyak dikuasai oleh perusahaan besar dengan sistem kemitraan tapi masih ada celah yang bisa kita mainkan

Kalau bisa sekali besar alhamdulillah tapi kalau pun kecil juga masih ada jalan kita mulai kerja dari mulai budidayanya pembesarannya sampai motong sendiri sampai cari rumah makan sendiri kalau yang besar sekarang ini ya Kayak misalnya jarum popan dengan kemitraannya Java dengan kemitraannya Kayaknya udah kecil peluang kita untuk masuk ke situ

Kecuali kita bermainnya memang langsung dianggap populasi yang besar saya hari ini tidak main di sektor ini tetapi saya punya pendapatan dari sektor ini ayam potong jadi teman-teman yang mau bikin kandang saya suplai peralatannya saya suplai peralatannya jadi saya juga kebagian rezeki dari industri ayam potong kemudian ayam kampung ini juga

Lagi-lagi booming karena cita rasanya yang beda memang dengan ayam ayam ras kemudian selanjutnya ternak itik atau bebek ya Kalau di kampung saya atau yang di barat ini baik untuk potong maupun itik untuk telur sepanjang saya di sektor perunggasan harga telur bebek atau telur itik itu tidak pernah

Jatuh sampai di bawah harga telur ayam ras selalu dia berada di atas cuman di SulSel Ini belum saya dapat belum banyak yang kelola peternakan bebek ini yang sistem kandang full mereka masih yang bawa ke sawah kalau habis panen ya masih sifatnya nomaden pindah-pindah terus kemudian apa yang bisa kita kerja di ternak bebek

Ini selain jadi peternaknya bisa jadi pakannya kita supplier pakannya macam-macam pokoknya terakhir muaranya nanti bisa bikin Katanya sudah mau daftarkan ini bahwa ini menjadi warisan budaya asli Pinrang jangan sampai nanti dilombai sama Malaysia lagi kemudian aneka ternak ada merpati kalkun ini Nggak tahu kayaknya jatuh nih burung unta Oke next

Nah Mari kita urai satu-satu peternakan sapi Anda mau bekerja di sektor mananya atau Anda mau buka usaha di sektor mananya tapi sebelum masuk ini selalu saya tekankan sangat rugi teman-teman nanti yang bisa lulus sebagai sarjana peternakan kalau masih mau berpikir sebagai orang gajian berpikirlah supaya kita yang menggaji

Apalagi kita punya pikiran mau jadi PNS kalau beliau berdua ini sudah terlanjur kita yang belum terlanjur saya sarankan jangan pakai pikir mau jadi PNS kita tahu PNS itu apa dia menteri pemberdayaan negara ini coba-coba jadi ASN supaya jangan pensiun nanti Susah kembali lagi akan sulit nanti PNS saya dengar-dengar ini karena saya

Tidak pernah saya punya waktu selesai dulu itu legalisir ijazah 10 3 kali saya pakai untuk melamar PNS dan alhamdulillah tidak diterima jadi masih ada 7 lembar di rumah itu ya sudah dilegalisir tandanya saya kejar Terus mungkin saya jadi PNS juga katanya kalau kita ambil BTN pas kita nanti pensiun juga baru lunas

Anda ini masih muda semua semakin banyak orang ini yang butuh jasa kita semakin banyak orang yang butuh produk kita semakin tinggi pendapatannya seseorang semakin tinggi juga kebutuhannya akan produk-produk peternakan bahkan beras itu semakin dikurangi Oke sepakat ya atau ada yang mau jadi PNS semua saya kenapa Saya saya mau sharing ke

Teman-teman sekalian saya ini 18 tahun jadi kuli jadi orang suruhan untuk teman-teman tahu Seandainya saya hari ini masih orang dibayar masih orang Masih kuli apalagi PNS Belum Tentu saya bisa hadir hari ini bersama istri di sini tapi hari ini saya bilang saya ngatur diri saya [Tepuk tangan]

Maka tadi malam Bu Rini bilang Kak kayaknya kita maju ke jam 1 deh karena karena sudah bisa saya bilang saya siap mau pagi pun saya siap Kenapa karena hari ini saya mengatur waktu saya saya mengatur diri saya yang memerintah saya sekarang hanya dua istri saya sama anak saya yang bungsu

Tidak ada perintah saya jadi bercita-citalah untuk menjadi orang yang menggaji Sekali lagi saya 18 tahun menjadi kuli menjadi buruh menjadi orang gajian karena yang harus ada dipahami sepanjang Anda masih digaji maka status Anda masih sebagai buruh mau buru kasar sampai direktur pun Ketika anda bukan ownernya itu usaha anda adalah buruh

Atau bahasa kasarnya ketika orang lain yang menentukan Berapa gaji Anda maka anda adalah orang bayaran pilihannya sederhana saya ngambil gambaran Sebelum saya jauh bahas ini saya 18 tahun kerja di perusahaan yang katanya perusahaan besar-besar semua Saya hanya mampu beli tanah 20 are bukan 20 hektar 20 are 18 tahun rumah warisan orang tua

Cicil-cicil dibangunnya ada ruko ya cukup uang beli semen beli semen beli ini beli ini ambil rumah BTP di sini waktu itu maksimal 10 tahun jadi saya ngambilnya 10 tahun dan itulah rumah saya yang paling mahal yang saya beli Kenapa paling mahal cicilannya 500.000 500.000 gaji saya hanya satu juta tiga ratus mahal sekali

Kalau rumah yang lain harganya 700 juta kita mampu tidak mahal karena sesuatu mahal itu ketika kita tidak punya uang kalau kita punya uang udah cukup sesuatu itu tidak mahal balik lagi saya 18 tahun hanya punya 3 aset itu boro-boro mikir kita kita punya mobil sendiri tapi alhamdulillah kerja

Di perusahaan ya Ada kebanggaan juga sih teman-teman yang lama kerja di perusahaan lain kita begitu masuk lulus training langsung dikasih kendaraan ini ada cerita 2019 ya kita Reuni Akbar ada senior saya kerja di kala Toyota ya sales mobil setiap bulannya Baguslah penjualannya jual mobil begitu saya ditanya apa

Saya bilang ya masih kerja berhubungan dengan tahi ayam Kak dia bilang kau itu peternakan kuliah di peternakan istri alumni peternakan kerja lagi di peternakan saya bilang kalau kita Kak saya di Toyota di Sungguminasa ya alhamdulillah sudah berapa tahun saya sering jadi base atau top seller tapi saya perhatikan dia hanya megang

Kunci sepeda motor saya bilang kak betul kita jualan mobil kah tapi mungkin gaji kita hanya cukup untuk beli telur saya jual telur tapi pendapatan saya mampu beli mobil silakan mau pilih mana uang halal saya jual telur usaha telur usaha ayam tapi saya mampu beli mobil daripada kita jualan mobil

Tapi gaji hanya cukup buat beli Saya hanya bilang jadi peternakan sapi Ada sapi potong mulai dari pemulia biakannya penggemukannya peternakan sapi perah juga begitu ada yang penghasil susu pun penghasil daging Adek saya di Cipanas khusus untuk sapi perah ini ada adik saya di Cipanas dia pintar lagi dia mainnya dijadikan sapi wisata

Alumni sini juga Makanya alumni peternakan lunas itu pintar-pintar saya katanya pada kan jadi itu sapinya kalau susunya dia jual ke koperasi harganya hanya 4700 per liter per liter tapi kalau dia jual sebagai susu sapi wisata itu Rp50.000 per jam banyak orang Jakarta selalu minum susu tidak tahu susu itu diproduksinya kayak apa

Maka dia jadikanlah sapinya sebagai sapi perlahan benar-benar perlahan jadi anaknya datang bayar Rp50.000 berapapun susu yang anda peras silahkan bawa sendiri dan mereka bangga mereka bangga ternyata susu kayak begini ya pegang-pegang susu mereka bayar Rp50.000 hasilnya diambil dan itu pendapatannya jauh lebih besar karena juga pada kan sapi yang dipakai

Begitu yang sudah hampir masuk masa kering jadi juga ndak banyak dia dapat susunya dapat susunya diambil di masakan kasih kopi sedikit jadi bapaknya minum susu sama Pak Rahman yang ownernya itu peternakan warna Dairy Farm anaknya main di sapi ibunya nanti dikasih beli lagi kompos sama ibu Lin istrinya pak Rahman ini

Pintar juga istrinya dia cari uang kasih kembang gratis Wah ini gratis Pod si ada bisa gampang Belinya di potnya tapi tanahnya di mana Oh ini kami ada kompos jadi lagi duit itu kompos komposnya 5 kilo harganya Rp50.000 jadi sekilonya 10.000 bayangkan tainya saja kita bisa kaya peternakan Kuda ada kuda potong kuda

Beban kuda pacu kerbau penghasil daging penghasil susu kalau wakil dekan 3 kayaknya jagonya kalau pengolahan susu kerbau next ternak kecil 3 ini yang berkembang di kita ada kambing domba dan babi domba sendiri kalau di Indonesia ya Kayaknya lebih Lebih banyak ke daging dan adu domba kemudian ternak babi Bagi yang non muslim

Juga sudah mulai berkembang Dan ini juga sudah mampu menggeser babi ras ini sudah mampu menggeser babi-babi native Tolong saya ditegur kalau habis bu ya Sisakan waktu 15 menit tenaga tadi kita sudah bahas lanjut aneka ternak aneka ternak ini dari dulunya hanya sekedar hobi sekarang ini menghasilkan tadi malam lalu

Ndak tahu di daerah Depok Ada yang jual merpatinya harga 1,5 m merpati balap dia merpati balap 1,5 m coba coba nanti adek-adek browsing Googling cari itu merpati balap harga 1,5 m ini beneran karena dia setiap ikut lomba Selalu juara padahal ini merpati kalau dipotong yang 1,5 m itu kalau dipotong kemudian digoreng

Suruh beli 100.000 ada kelinci ada burung unta dan macam-macam kemudian industri penyokong budidaya ini masih fokus nggak masih fokus biasanya jam-jam rawan atau saya latih fokusnya dulu ya siap jadi ini ada games lakukan apa yang Anda dengar oke yang Anda dengar ya bukan yang Anda lihat siap di LT 7 siap

Lakukan yang Anda dengar bukan yang Anda lihat ini satu yang ini dua Ayo bilang Kalau yang ini 3 kita mau lihat dulu ini mahasiswa baru ini apa fokusnya bagus ini satu [Musik] yang ini Kalau yang ini oke sudah siap yang ini sudah mulai sudah mulai Kalau yang ini [Tepuk tangan]

Oke sudah mulai sudah mulai fokusnya udah mulai bagus nih di LT 7 gimana ini ini Tepuk tangan untuk kita semua fokusnya bagus mau lagi mau lagi oke satu lagi ya sebelum kita ke ini bagaimana Bagaimana mematuhi perintah jadi cluenya kerjakan apa kata depan Oke kerjakan apa kata dengan contohnya dengan berkata silahkan berdiri

Jadi semua yang ada kata-kata dekatnya lakukan tangan kanan yang sudah turun-turun fokusnya belum ya belum ya belum ya oke selesai Oke kita mulai kita ulangi naikkan tangan kiri [Tepuk tangan] ini nanti 3 semester do belum satu menit lah saya bilang belum 1 menit yang dikerjakan hanya yang ada kata depan Oke siap ya

Boleh goyang-goyang Oke selesai silahkan duduk ada yang sudah begini atau masih bagian dari goyang-goyangnya tadi dengan duduk yang merasa tidak cantik berarti cantik semua baik Tepuk tangan untuk kita semua [Tepuk tangan] industri yang mendukung peternakan pra sektor budidaya kemudian saat budidaya dan setelah budidaya ini juga semua peluang usaha

Yang yang prabudidaya yang menyiapkan peralatan macam-macam Dan ini juga omsetnya besar omsetnya besar dan yang bergerak di industrinya ini justru banyak teman-teman kita dari disiplin ilmu lain kemudian di sektor budidayanya ada industri pakan ada industri obat-obatan vaksin dan kimia lain tinggal memilih yang mana tinggal memilih yang mana Makanya saya

Bilang kalau ada sarjana peternakan yang rela ngantri untuk jadi PNS Ngapain aja di kota sana ke barat kemudian pasca budidaya lebih banyak lagi dan biasanya teman-teman sekalian ini rahasia ya jangan bilang-bilang di industri yang pasca budidaya ini pasca panen ini yang biasanya banyak sekali untuknya jangan bilang-bilang ya jangan bilang

Kenapa saya bilang karena di mata rantai agribisnis termasuk juga agribisnis bidang peternakan bisnis yang paling dekat dengan mulut yang paling banyak untungnya dan paling singkat kerjanya ada yang tangkap ini contoh misalnya kita pelihara ayam potong yang kerja di kandang budidayanya mungkin butuh 30 hari 35 hari kemudian ada pedagang perantara atau

Bakul kemudian Mungkin dia dapatnya tadi yang budidaya ini mungkin dapat Rp2.000 sampai 3.000 per ekor misalnya atau per kilo profit ya pendapatan yang bisa dapat 3000 hanya kerja satu hari satu malam kemudian yang sudah di slide ini dipotong-potong jadi 6 potong masuk ke rumah makan satu potongnya ini Rumah Makan dapatnya

3000 karena dia paling dekat dengan mulut di sini ada pengolahan daging pengolahan susu kulit telur dan lain-lain next habis ya ini hanya gambaran pemasaran di bidang kita dari sektor produksi ada dalam negeri ada pasar luar negeri ini pendukungnya karena kita penduduk kita besar jumlah penduduk kita besar mulut banyak

Sekali yang kita mau isi pendapatan perkapita naik kemudian perkembangan sektor industri dan jasa catering dan lain-lain juga tetap berjalan bagus hasil olahan produk peternakan juga semakin berkembang bisa saja kayak ikat pinggang yang kita pakai ini hasil dari olahan kulit sebelum ini baik-baik ada yang saya mau sampaikan ke teman-teman sekalian

Dan ini anda bisa kerja hari ini jadi youtuber di dalam peternakan modalnya tidak seberapa kalau sudah nanti followernya jadi berapa juta ada yang pernah tanya saya gimana caranya supaya bisa dapat itu mulai besok Jangan tunda mulai besok bayangkan modal kita hanya it itu mungkin Beli kamera yang agak bagus [Musik]

Beli laptop yang bisa mengedit Ya mulai bikin kayak model podcast boleh atau yang On Spot kepada Nakan wawancarai dengan siapa lagi ada dosen-dosen kita baru pulang dari luar negeri saya lihat belum banyak belum banyak yang biasa saya dapat misalnya ada youtuber yang selalu memposting masalah domba aduan kalau di sektor perikanan banyak

Banyak yang kerja itu tapi jangan dibilang sama fakultas lain nanti saya siap juga diundang di podcastnya kalau Mbak Nana bilang teman-teman yang lahir 780 itu biasanya memang suka jadi PNS hidup terjamin sampai tua ada pensiun kemudian tahun yang lahir tahun 90-an senang kalau bisa jadi karyawan BUMN ya dapat perusahaan besar dapat gaji

Bagus ada pensiun atau pesangon kemudian yang 2000-an karyawan multinasional Company seneng dia kalau dia jadi kerja di perusahaan asing atau swasta besar ya kadang-kadang kita ada tugas keluar negeri gaji misalnya dollar dan seterusnya Nah bagi teman-teman yang lahir hari ini Anda ini generasi milenial bukan generasi kolonial jangan sampai

Lahirnya era milenial tapi gayanya kolonial 2010 ke sini itu cocoknya jadi pekerja kreatif karena pekerjaan ini pekerjaan yang membuat kita bebas dan incomenya menakjubkan menakjubkan tidak salah sih saya ralat yang pertama tadi bahwa PNS juga tidak dilarang kaya yang penting ada usaha sampingan tenangki ibu-ibu tidak marah itu kalau dua pekerjaan tak

Yang dia marah itu kalau dua pacar tak atau dua istri Rita tapi kalau pekerjaan Semakin banyak semakin dia senang dan istri tidak marah kalau kita telat pulang gara-gara kerja yang penting ada maksudnya nah ini ada wafernya Kalau ini ada yang tahu Binatang ini Dina ada yang pernah lihat

Siapa tahu di puncak bila ada yang sepeda besar ada itu ada dinosaurus itu Mas Dino atau mbak Dino ini sudah punah ya next slide kalau ini ada yang pernah lihat kecoa ada yang pernah tangkap kecoa ini masih ada sekarang menurut teman-teman Yang mana lebih gagah Yang mana lebih hebat Dino tadi atau kekeh

Yang mana lebih gagah kecoa Yang mana lebih hebat ada yang bisa kasih alasan kenapa kecuali lebih hebat ada wafernya Perkenalkan nama saya Muhammad para Mustafa Saya dari LU Utara Alasan saya Kenapa kecoa lebih gagal daripada dinosaurus Ya jelas pertama kita tidak pernah melihat dinosaurus secara langsung yang kedua juga kecoa apabila

Kecoa itu terbang ke kita ya kita secara tidak langsung juga refleks untuk menghindar juga kan Apalagi untuk yang perempuan biasanya jangankan terbang lari aja jalan Mungkin itu saja terima kasih kasih wafer ada yang lebih masuk akal ya Perkenalkan nama saya Darwis Azhar Terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan alasannya yaitu

Karena kecoa sampai sekarang belum punah sedangkan dinosaurus sudah punah Kenapa kecoa bisa bertahan saya kasih dua Kenapa masih bisa bertahan kecoa Padahal kalau teman-teman lihat secara postur dulu semua takut sama dinosaurus katanya tapi hari ini dia punah kecoa walaupun menjijikkan hari ini masih ada dari dua hilang kecoanya hilang ada yang bisa jawab

Nggak Kenapa kecoanya tidak punah dinosaurusnya malah punah karena kecoa mampu melakukan perubahan dinosaurus tidak mau merubah diri selalu dia merasa gagah selalu dia merasa hebat karena dia kuliah di Unhas karena dia kuliah di fakultas peternakan Unhas hebat saya dibanding dengan Universitas lain kecoa karena dia merasa terintimidasi dia melakukan perubahan di manapun dia

Berada dia mampu beradaptasi makanya kecoa kalau dia di tempat gelap maka dia berubah menjadi warnanya kegelapan bahkan hitam kalau dia berada di tempat terang warnanya juga ikut terang mau jadi kecoa atau dinosaurus Anda yang pilih beranilah berbeda karena dunia sudah penuh dengan hal yang biasa tapi di bidang positif ya positif

Karena di dunia islam kalau mau terkenal di santero dunia islam kencingi sumur Zamzam pasti dikenal kau seluruh dunia beranilah tampil luar biasa yang baik dan positif terima kasih kalau masih ada waktu silakan karena masih ada wafer makasih Baik terima kasih Pak Ramli Kakanda ada yang mau bertanya masih ada tersisa 5

Pertanyaan Ya silakan bagi-bagi yang sayap kiri yang perempuan cepat Ki Oke kami mau bertanya ada ada oke silakan dari nanti panitia Nanti bawakan ke sana di kurir oke silakan RT 7 Sebutkan nama dan asalnya bismillahirrahmanirrahim assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Perkenalkan nama saya Muhammad Ramdani asal daerah dari Makassar Baik terima

Kasih Ibu atas kesempatan yang telah diberikan jadi yang ingin saya tanyakan kepada bapak Muhammad Ramli diantara beberapa usaha budidaya ternak seperti ternak besar kecil unggas dan aneka ternak mana yang paling cocok digeluti oleh orang yang ingin memulai usaha dibidang budidaya ternak sekian terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi

Wabarakatuh pertanyaan yang luar biasa satu orang lagi dari LT 7 ada 3 kesana satu orang lagi RT 7 dari perempuan lah bismillahirrahmanirrahim assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Perkenalkan nama saya Muhammad asal daerah Kabupaten Bulukumba mohon izin bapak Muhammad Ramli Saya ingin menanyakan apa yang menjadi motivasi tersendiri bagi Bapak untuk

Beternak ayam padahal banyak ternak lain yang penghasilannya tidak kalah dengan ternak ayam terima kasih assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi selanjutnya satu orang di sini di aula silakan yang perempuan yang paling belakang tadi silakan satu orang saja anak pertama-tama Saya ucapkan selamat sore ya Saya ingin bertanya kepada bapak

Muhammad Ramli dari materi yang saya simak tadi saya ingin bertanya ketika kita memulai sebuah usaha tapi kita biasa sering ragu karena banyaknya pengusaha di sektor peternakan Contohnya seperti ayam petelur nah Bagaimana cara kita untuk mempertahankan usaha ketika kita ingin memulai usaha tersebut dan yang telah kita kembangkan Terima kasih

Baik Makasih nak selanjutnya yang terakhir tolong panitia Ya silakan mohon maaf ya laki-laki Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Baiklah terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya pertanyaan saya apa saja yang perlu diperhatikan ketika ingin menghasilkan sebuah suatu ternak yang berkualitas Terima kasih baik Terima kasih saya silahkan kepada kakak anda Pak Ramli

Untuk menjawab 4 pertanyaan Oke teman-teman di LT 7 sayang kita tidak bisa bertatap langsung ya yang pertama mana yang paling cocok diusahakan ya Kurang lebih begitu ya Kalau lebih luas sebenarnya pertanyaannya bagus Usaha apa yang paling bagus kita kerjakan atau Usaha apa yang paling bagus kita lakukan Kalau pendapat saya usaha yang paling

Bagus buat kita adalah usaha yang kita kerjakan bukan yang hanya dibilang-bilang bukan usaha yang seandainya semua sektor yang tadi kita bahas semua punya potensi bisnis semua punya potensi Bisnis kenapa saya pilih ayam bukan sapi fashion saya kok merasa lebih cocok di ayam kemudian dengan modal kecil juga bisa jalan

Luas area atau luas tanah juga bisa jalan dan waktu itu saya memang 18 tahun di perusahaan waktu jadi buruh jadi orang gajian memang di bergerak di bidang perayaman perunggasan jadi itu kalau menurut saya saya sarankan untuk kita pemula jauh lebih bagus kalau berkelompok Ada banyak hal yang bisa kita irit yang

Penting satu kuncinya rela berbagi misalnya bikin kelompok-kelompok usaha 5 10 orang maksimal 10 lah patungan bikin kandang kemudian jadikan Mitra atau ke perusahaan-perusahaan yang lain banyak senior kita di sana dan pasti dia mau bimbing kita cuman satu Saya pesankan Takutnya kalau anda sudah kenal Bagaimana dapat duit anda tidak lagi mau

Selesaikan kuliahnya banyak juga teman-teman yang begitu kemudian ya ini sudah terjawab juga ya Kenapa kemudian memilih ternak ayam bukan ternak yang lain saya malah berpikirnya dulu terbalik Saya justru bergerak di tradingnya dagangnya karena saya pikir dulu ini yang yang masa-masa panennya cepat apalagi dengan pengalaman 18 tahun di perusahaan banyak teman-teman saya yang

Sudah jadi GM sehingga Alhamdulillah putaran bisnis kami di angka 5 6 miliar sebulan dengan 6 supplier dan alhamdulillah tidak satu supplier pun yang kami Dikasih tempe payment atau jatuh tempo itu 30 hari dan Alhamdulillah sampai hari ini tidak ada yang minta jaminan tidak ada yang minta agunan [Tepuk tangan]

Saya ndak tahu apa-apa masalahnya apa apa kehebatannya seorang Ramli seorang Ratna Jadi kalau dia Ratna Saya mestinya gali ya dan kami dari 66 perusahaan itu pakan perusahaan pakantan dan perusahaan obat-obatan tidak satupun yang kami ada guna simpan agunan jadi hari ini kalau misalnya saya mau mangkir tidak mau

Bayar hutang selesai dia mau tarik apa ndak ada jaminan saya tapi sekali lagi di bisnis bagi kita pemula yang paling kita jaga adalah bukan terasi ya kalau kau janji orang mau bayar terus belum cukup uangmu jangan pada saat di pagi baru ngomong sebelumnya Anda melaporkan diri Kak bisa saya bayar dulu yang ada

Ya sedikit atau apa itu ya kemudian yang ketiga Gimana bisa survive karena banyak juga peternak yang gagal yang pertama menurut saya Ya kita balik lagi bahwa yang penting kita sudah usaha kita sudah maksimal ya pada waktu Allah kembalikan kembalikan tetapi kelebihannya kita sarjana peternakan dibanding yang tidak punya ilmunya bekerja di sektor ini

Karena banyak yang latah mau dilihat ini dua tahun dua kali misalnya yang ikut tapi bagi kita yang punya ilmunya kita bisa siasati keadaan saya Rezki Farm itu kalau tidak tidak punya perhitungan begitu masuk pandemi teman-teman ini kan masih ngotot masih ngotot replace induk masih ngotot beli doc beli anak ayam

Begitu ppkm diberlakukan harga telur anjlok teman-teman problem Kami yang Punya perhitungan awal ppkma Sorry awal pandemi kemarin pandemi covid justru ayam tua yang lewat satu tahun umurnya kita lepas semua sehingga kita punya yang tinggal itu sisa ayam muda yang 2 tahun masih bisa ditunggu produksinya dan alhamdulillah kemarin kita di sektor

Perunggasan para-paranya itu hanya kurang lebih satu setengah tahun tidak sampai 2 tahun tapi hari ini belum pulih makanya wafer seandainya pulih biasanya coklat sih ya coklat asli kemudian ya Ada juga yang ragu-ragu biasanya begini kita ragu-ragu melakukan usaha itu ada dua faktor menurut saya Karena kita terlalu tahu banyak atau

Karena kita sama sekali tidak tahu contoh misalnya saya terus terang yang melecut saya untuk beternak dan berhenti di perusahaan itu ada teman saya peternak sarjana ilmu kelautan dia orang Sidrap kalau yang Sidrap tahu dia dari Bulo mencari jam saya tanya Pak tahu namanya kau orang Sidrap Kenapa masuk ke lautan

Di Sidrap tidak ada lautnya kau selesai sarjana Kelautan jawabannya yang selalu saya ingat dan itu yang melecut saya sehingga saya berhenti jadi orang gajian dia bilang begini Seandainya saya juga ikut kuliah di fakultas peternakan maka Hari ini saya hanya bangga saya bisa kerja seperti anda dicarong itu yang selalu saya ingat

Saya menghasilkan ke perusahaan ini miliaran sebulan Saya hanya dikasih 3 4 juta sebulan ini ada yang tidak hadir ada yang tidak benar jadi keraguan karena tahu banyak kan selalu saya hitung Kalau tiba-tiba turun harga telur sekian modalnya tiba-tiba begini akhirnya kita ndak dapat kerja atau sama sekali tidak tahu juga itu

Susah kita melangkah ada yang pernah tanya saya atau saya ngajar di Sidrap Pak boleh ndak di dalam membuat usaha ini kita mulai dari mimpi boleh Bermimpilah Gantungkan cita-citamu setinggi langit sehingga Kalau engkau jatuh maka kau akan jatuh diantara bintang-bintang kan begitu kata Soekarno tapi langkah pertama ketika anda sudah mimpi

Dalam berusaha adalah bangun ki Jangan mimpi terus bangun dan kerjakan yang tadi yang terakhir karena yang berkualitas maksud pertanyaannya tadi ini yang terakhir Bagaimana menghasilkan internet [Musik] kurang lebih jangan ada yang lewat 4 tahun ya sepakat ya boleh lewat 4 tahun tapi S2 dan S3 saya lama sekali di kampus karena saya

Tunggu ibu Iya saya tunggu jodoh saya masuk 89 keluarnya 95 karena saya tunggu ibu begitu sudah ditemukan dia saya nikahi dia dan saya sudah keluar dari kampus ini saya kira itu Bu Rini Terima kasih banyak saya mohon kepada teman-teman sekalian jangan puas karena kalau Anda puas Anda tidak akan berusaha

Mencari dan mencari lagi karena tidak ada yang pintar diantara kita kita hanya kebetulan mungkin duluan tahu saya kira itu pada kan Terima kasih mohon maaf kalau ada kekurangan wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh kita beri tepuk tangan yang meriah untuk pemateri kita hari ini luar biasa sharingnya yang luar biasa mudah-mudahan bisa memberi semangat buat

Kita adik-adik sekalian saya lagi baik Sebelum kita akhiri saya persilahkan MC untuk membantu penyerahan sertifikat kepada pemateri kita siang hari ini saya persilahkan baik Itulah tadi materi pertama dari salah satu speaker yaitu bapak Muhammad Ramli SPT yang di moderatory langsung oleh ibu Doktor agricultures Insinyur Reni fatmia Utami SPT Master

Agricultures IPM saya ucapkan terima kasih selanjutnya yaitu penyerahan sertifikat kepada speaker yaitu bapak Muhammad Ramli SPT oleh Dekan Fakultas peternakan Universitas Hasanuddin Bapak Doktor shutter Baba SPT MSI kepada keduanya saya persoalan dengan hormat ditahan terlebih dahulu foto ditahan terlebih dahulu Baik terima kasih kepada bapak Muhammad Ramli SPT atas waktu yang telah

Diberikan dengan ilmu yang telah diberikan kepada teman-teman mahasiswa baru angkatan 2023 sebelum lanjut ke acara berikutnya intermezo sedikit bahwa teman-teman masih punya satu materi terakhir dari speaker kami yang saat ini akan disiarkan langsung melalui Zoom daring karena speaker saat ini yaitu Ustadz Doktor Reza Abdul Jabar dan ustadzah Khadijah PG Melati Sukma merupakan

Kedua stiker yang berada di Australia maka daripada itu silahkan gunakan kesempatan ini sebaik mungkin tanyakan yang perlu ditanyakan karena kesempatan tidak datang dua kali dan sepertinya teman-teman bisa lihat bahwa di layar Zoom saat ini setelah bergabung bersama kami Bapak Ustadz Doktor Reza Abdul Jabar dan ustadzah Khadijah PG Melati Sukma Assalamualaikum

Bapak dan Ibu apakah suara saya terdengar Alhamdulillah Alhamdulillah jelas Terima kasih Afwan sudah bergabung Ustadzah Ustadz Reza dan ustadzah Khodijah di penerimaan mahasiswa baru fakultas peternakan 2023 suatu kebanggaan buat kami Ustadz Reza dan ustadzah Khadijah hadir bersama kami meskipun secara online melalui Zoom juga sudah hadir dan hadir juga bersama

Kami dengan degan fakultas peternakan Universitas Hasanuddin Afwan Ustaz mohon izin sebelum Ustaz menyampaikan materinya izinkan rekan kami menyampaikan satu dua patah kata bismillah Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Alhamdulillah Allahumma Sholli Ala Muhammad yang saya banggakan atas kesediaannya untuk kesekian kalinya mengisi pertemuan di fakultas peternakan tiada lain untuk menjalin silaturahmi dengan teman-teman

Memberi motivasi memberi semangat supaya anak-anak kita ini adik-adik kita yang baru ini baru masuk tahun 2023 Jadi jumlahnya itu ada 343 orang Ustaz jumlah Masya Allah jumlah mahasiswa fakultas peternakan hari ini ada 1200 orang lebih jadi menjadi [Musik] tanggung jawab bersama untuk membina mereka bagaimana agar kedepannya bisa berkontribusi lebih nyata bagi negaranya

Bagi bangsanya dan bagi profesinya demikian Ustaz jazakallah nanti lanjut lagi setelah ini Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh dengan fakultas peternakan selanjutnya sebelum Ustadzah dan Ustaz dan ustadzah menyampaikan materinya Izinkan saya untuk memperkenalkan profil singkat dari Ustadz Dr Reza Abdul Jabar dan ustadzah Khadijah Peggy Melati Sukma jadi Ustadz Dr Reza Abdul Jabar ini

Beliau adalah suami dari Ustadzah Khadijah PG Melati Sukma kalau kalian mengenal beliau beliau terkenal merupakan Imam di New Zealand Beliau juga adalah pengusaha sukses dan ada juga sebagai komunitas di aduh sebagai bisnisman ya kemudian ustad Reza dokter Reza lahir di Pontianak tahun 1975 dan sudah tinggal di luar negeri dan lanjutkan pendidikannya sejak

Usia 15 tahun dimulai di Singapura kemudian melanjutkan SMA dan seluruh proses pendidikannya di bidang Agriculture di New Zealand jadi Ustadz Reza ini sejak usia 22 tahun telah menekuni pekerjaan di bidang pertanian dan peternakan sapi perah di kota info cargil di Provinsi paling selatan di New Zealand yaitu di soutland tepuk tangan dulu dong

[Tepuk tangan] jadi Total luas lahan yang dimiliki Ustadz Reza ini adalah 1000 hektar ya 1000 hektar dengan total 4000 ekor sapi ya Jadi selain dikenal luas sebagai pengusaha sukses di New Zealand Beliau juga imam besar di masjid informal dan sekarang sebagai menyandang sebagai pemimpin umat Islam di New Zealand Alhamdulillah

Sudah jadi banyak banyak pekerjaannya Ustaz luar biasa Jadi selain Beliau juga sebagai pengusaha sukses Beliau juga sangat banyak aktivitasnya di kegiatan muslim dakwah muslim ya selanjutnya profil singkat terkait dengan ustadzah Oke jadi ustadzah Khadijah PG Melati Sukma beliau adalah Ustadzah adalah seorang pendakwah penulis Islami aktivis kemanusiaan sebagai founder hadijati

Foundation dan akhwat bergerak Indonesia Majelis Taklim hadijati Solihah dan istri dari Ustadz Reza jadi Ustadzah Khadijah beliau lebih kenal dikenal dengan Teteh Khadijah ini menjalankan amanah dakwah dan keumatan hingga mencapai 34 provinsi dan 31 negara di seluruh dunia Masya Allah jadi saat ini TT Hadijah itu berdomisili di Indonesia dan sekarang mendampingi

Suami di New Zealand baik Afwan Ustaz Ustadzah sebelum mulai makalah ada video yang akan saya putarkan untuk menginspirasi adek-adek mahasiswa silahkan putarkan videonya [Musik] [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] [Tepuk tangan] materinya Ustaz Reza ini sudah

Disampaikan tadi pertama adalah profil Ustaz dan ustadzah kemudian pemutaran video singkat terkait dengan kegiatan Ustadz Ustazah selanjutnya saya persilahkan kepada Ustaz Dr Reza Abdul Jabbar untuk membawakan makanya terkait dengan pengembangan karakter mahasiswa untuk siap menjadi peternak mohon ada Dedek sekalian untuk mendengarkan dengan baik dan seksama Afwan Ustadz alhamdulillah alhamdulillah

Ini dan Masya Allah dan beginilah seharusnya kita berada dalam suatu Sinergi simbiosis yang sama-sama Insyaallah berusaha benar-benar menjadi manfaat Insyaallah kepada Bu Reni kepada moderator dan seluruh anak-anak mahasiswa dan mahasiswi yang anda sayangi Assalamualaikum warahmatullahi senang ya kita santai nak sore malam waktu New Zealand ini atau sore waktu

Makassar nih kita santai ya santai tapi serius pertama-tama izinkan aneh untuk menyampaikan bahwa Selamat datang ke Unhas bahwa ini stress sekian kali kami ya Ada dan istri merasa bahwa kami pun menjadi keluarga besar alhamdulillahirobbilalamin suatu yang sangat apa ya sangat kami banggakan untuk menjadi bagian dari keluarga Universitas Hasanuddin Insyaallah ada

Umur ada rezeki kami akan mampir Insya Allah ya untuk sekedar menyapa bertukar salam untuk bisa satu atau dua waktu salat atau mungkin lebih kita bisa salat bareng sambil bertukar pikiran secangkir kopi atau Insya Allah dan tentunya untuk bisa bertemu dengan pakdekan secara langsung untuk bisa menjabat tangan Beliau tentunya memohonkan doa dari

Beliau Insya Allah dan menyapa para dosen-dosen yang ada di di Unhas dan tentunya anak-anakku dan adik-adikku semua para mahasiswa dan mahasiswi UN Universitas Hasanuddin Alhamdulillah Nah jadi dengan dengan dengan masuknya kalian ke dalam Unhas ini suatu ini ya suatu Barokah daripada Allah Jalla wa ala bahwa ini ini suatu perjalanan yang akan dimulai

Dari sini nak tentu kita lihat sekarang ya banyaknya banyaknya apa anime masyarakat untuk lebih paham lagi tentang pangan tentang tentang sandang untuk bisa bicara tentang Swasembada pangan ini kan sesuatu yang mesti dikembangkan nggak diantaranya adalah bagaimana kita mengembangkan karakter mahasiswa dan tentunya mahasiswi untuk siap menjadi para peternak dalam kesempatan ini anda ingin

Menyampaikan kepada anak-anakku mahasiswa dan mahasiswi Unhas khususnya fakultas peternakan bahwa sejatinya Apa sih yang kita maksud sebagai Seorang peternak sapi perah ya dan tentunya nanti teman-teman tentunya punya punya apa punya apa banyak pengembangan daripada peternakan bisa domba bisa ayam dan berbagai macam tapi karakter utamanya nanti mirip atau

Serupa gitu ya kalau kita memahami bahwa seorang peternak itu apa sih gitu karena dari luar banyak yang berpikir bahwa menjadi seorang peternak itu kurang menghasilkan atau kurang bermutu bahasa kita ya atau kurang diminati karena mungkin pekerjaannya yang cenderung berada di lapangan tidak berdasi Mungkin gitu ya atau tidak dengan pakaian yang perlente

Terus harus bangun pagi sekali dan terus bekerja sepanjang hari bahasa kita bertungkus lumus gitu ya dengan dengan dengan fisik yang harus diolah dengan komitmen dari rumah dan seluruh yang memang mesti kita tampilkan untuk menjadi seorang peternak sukses Nah mungkin tolong selanjutnya Nah di sini ada definisi khusus ya nak

Kalau kalau kalian lihat ya yang namanya Deri Farmer itu kita kan terkadang berpikir gitu ya siapa diantara anak-anakku sekalian yang berpikir bahwa definisi peternak itu apa gitu ini memang dikhususkan terhadap peternak dari sapi perah walaupun nanti elemen-elemen kesamaannya akan akan banyak yang kita lihat Seorang peternak itu Harusnya menjadi seorang yang punya

Kemampuan exit and specific gitu ya jadi dia punya suatu keakuratan dan ilmu khusus yang dia miliki dalam urusan equipment yaitu perlengkapan perlengkapan ini adalah kemampuan para peternak untuk mengendalikan mesin-mesin mengendalikan traktor ekskavator dan berbagai macam apa alat-alat berat dan alat-alat ringan dan sedang yang mesti kita kita kuasai kemampuannya sehingga kita bisa

Menghasilkan suatu operasi di dalam peternakan yang yang menguntungkan Insya Allah memiliki pengalaman dalam urusan berbagai hal karena dari hulu ke hilirnya peternakan ini sangat panjang mata rantainya panjang sekali nah mungkin tidak ada pekerjaan fair kalau kalau bisa kita sampaikan bahwa tidak ada suatu pekerjaan lainnya yang yang kita dituntut memiliki

Kemampuan sebagaimana Seorang peternak diminta gitu ya karena urusan ikut meng eksperience kita bicara dengan tanah kita bicara dengan farming railnya sendiri kita bicara dengan mesin-mesin mesin perah mungkin atau mesin mesin potong rumput mungkin mesin olah tanah dan seluruh elemen-elemen terkait itu juga dibutuhkan untuk memiliki kualifikasi Karena tanpa kualifikasi tentu kita

Tidak mungkin akan mendapatkan langkah pertama dan inilah mungkin langkah pertama yang anak-anakku sekalian sedang tempuh sedang jalani yaitu Alhamdulillah atas rahmat Allah masuk ke dalam Unhas sekarang mulailah jangan segan-segan dan jangan jangan tahan diri maknanya gini jangan takut capek jangan takut lelah Jangan Takut kurang tidur yuk kita sekolah pol-polan

Kemudian cari pengalaman pekerjaan magang kah bekerja di dalam sektor riil misalnya gitu nah kita juga dibutuhkan untuk jadi seorang peternak itu untuk punya banyak skills dari dari bicara menambal ban mengganti ban menjadi seorang botani baju orang seorang ahlian maknanya biji-bijian dan umbi-umbian karena kita diperlukan untuk untuk bisa

Untuk bisa apa untuk bisa mengolah tanah kita di dalam peternakan itu teknologi dan dan teknologi dan employs maknanya kita juga butuh kemampuan untuk mampu mengolah ini yang mengolah diri agar bisa menjadi seorang pemimpin karena di dalam peternakan itu pasti ada staf-staf lain yang perlu tunjuk ajar perlu guidens dari kita perlu

Apa ya bimbingan dan tentunya dalam hal ini untuk bisa memanage [Musik] dan produknya di sini anda katakan ini adalah sesuatu yang yang kita semua tahu bahwa dia sangat apa ya sangat-sangat sensitif terhadap temperatur misalnya kalau kita bicara tentang susu kita benar-benar harus jaga tanpa peraturan ada di 4 derajat 5

Derajat kalau kita tidak mampu mengontrol ini maka hasil kita akan rusak jadi sama jadi alur ini sama anak-anakku sekalian misalkan kita Seorang peternak kambing domba itu juga dibutuhkan skill semua ini tidak bisa Seorang peternak sapi potong ataupun domba ataupun rusak ataupun ayam tidak memiliki Daya juang yang tinggi daya

Tarung yang luar biasa untuk bisa mewujudkan mimpi kita agar suatu hari nanti Allah mudahkan NKRI kita akan menjadi suatu negara yang bisa menopang eee seluruh kebutuhan tangan kita sendiri Insyaallah Ya Allah lanjutnya ibu ini definisi yang tadi anda sampaikan itu karena kan secara secara ini ya secara secara bahasa kita

Sampaikan tapi ada juga yang kita katakan sebuah definisi secara etimologi maknanya secara istilah nah ini yang anak-anakku bisa lihat daripada definisi ini adalah seorang peternak itu adalah gabungan dari berbagai macam skill search yang mesti kita miliki dengan derajat yang mungkin tidak semuanya kita punya takaran sama tapi kita harus

Memiliki sebagian ini nah seluruh ya ini ini definisi dari aneh nih karena di bawahnya ada bacaan kan ini bukan dari buku ini dari secara istilah bahkan definisi ini bisa anak-anakku semua tambahkan ya atau kembangkan dan yang paling utama anak-anakku bahwa seluruh kemampuan ini kemampuan atau skill yang kita minta dimiliki bagi

Seorang peternak harus ada di dalam tubuh seorang endurance maknanya dia mesti ada di dalam tubuh seorang pelari maraton jadi nggak bisa kita cuman Merasa pintar punya intelektual yang cukup Gitu ya tetapi kemudian kita tidak turun ke lapangan maka itu alamat ya ini kalau kata Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam ketika suatu urusan suatu kewenangan

Suatu usaha tanggung jawab kita serahkan kepada seseorang yang bukan ahlinya maka tinggal tunggulah saatnya maknanya tinggal tunggulah kehancuran ya ini juga sama ketika Allah alami mengatakan bahwa ketika kita tidak tahu suatu urusan maka tanyalah kepada ahlinya ya jadi jangan segan-segan Nah itu mungkin diantara yang pengen anda sampaikan selanjutnya nah ini ini ini

Anak-anakku sekalian bisa melihat ini diantara kurang lebih ini ya Ini suatu Payday gram diagram pie yang mana kita bisa lihat kurang lebih waktu yang akan kita gunakan di dalam peternakan itu terbagi dalam delapan area yang paling yang paling dominan walaupun banyak area lain Selanjutnya Ibu Nah ini mungkin poin yang akan Anda

Ini Ya sampaikan sedikit ya bahwa Ketika Nabi Sallallahu wasallam mengatakan kepada kita bahwa setiap diri kita ini adalah pemimpin gitu ya dan pemimpin paling tidak kita ini bertanggung jawab pada diri kita Nah bagi seorang peternak yang mana anda yakin anak-anakku Sekarang pasti suatu hari nanti akan ingin jadi punya peternakan gitu ya itu

Bayangkan yang kita Pimpin ini makhluk-makhluk hidup yang merupakan penciptaan Allah yang makan minum welver dan kesejahteraannya dia bergantung sama kita ini tanggung jawab yang besar anak-anakku sekalian ini bukan tanggung jawab yang yang gampang bukan remeh-temeh tidak mungkin seorang peternak yang benar-benar petani atau peternak pengusaha ya bukan pengusaha peternakan ini mau

Digarisbawahi tolong pakdekan ada perbedaan luar biasa bahwa kita ingin menjadi seorang peternak atau petani pengusaha bukan pengusaha peternak atau pengusaha pertanian kornya kita Seorang peternak punya hati saya nama binatang nggak mungkin kita makan dulu sebelum binatang kita makan begitulah kehidupan seorang peternak jadi Apakah lagi kita ingin pergi gitu

Ya setiap hari kemudian kita lupakan Seorang peternak sejati tidak akan mungkin membiarkan ternaknya terlewat terbengkalai makannya kurang pasti kita akan jaga sedemikian sedemikian rupa ini hadis teman-teman anak-anakku semua bisa baca gitu ya bahwa kita ini bertanggung jawab maka pastikan kita bertanggung jawab atau yang kita apa yang kita Pimpin maknanya ternak-ternak yang Allah

Titipkan kepada diri kita lanjut Ibu diantara kualitas yang dimiliki oleh seorang peternak itu ini anak-anakku bisa lihat kita orang-orang yang harusnya bertanggung jawab gitu ya Ada kesabaran dalam diri kita bayangkan kita lihat ya teman-teman yang punya anak-anakku yang punya adik katakan sabar sama adik kita bayangkan dengan ternak kita dengan berbagai macam ragam

Tingkah pola yang mesti kita olah dan kendalikan protection Kita juga harus mampu menjaga mereka dari dari apa dari dari dari kurang makan kurang minum kalau ada kasus bahaya kesehatan Nah kita juga mesti punya suatu yang kita katakan better Reason kita punya visi yang mana kita bisa melihat ke depan melihat trend

Pasar kira-kira produk mana yang dibutuhkan kualitas seperti apa yang mesti ditampilkan biasanya Punya gaya hidup yang simple anak-anakku sekalian jangan sampai kalian nanti tumbuh besar kemudian kalau bahasa kita yang paling gampang besar pasak daripada tiangnya ya punya laser yang tinggi kemudian punya biaya hidup yang tinggi Hiduplah dengan wajar

Dengan suatu kemampuan di mana kita tidak tidak lebih tidak membelanjakan harta dengan cara-cara mubazir dan tidak juga berfoya-foya dalam kapasitas maknanya membuang-buang harta dan bahasa kita mobile ini sebenarnya orang-orang yang mubazir itu itu adalah hal ini mubazir ini bukan hanya orang-orang yang makannya enggak habis ya makanya itu juga termasuk

Itu adalah saudaranya saya tim setan kita juga akan dekat dengan alam kita bisa lihat Bagaimana simbiosis Bagaimana pupuk Bagaimana limbah bagaimana tanaman yang harus kita tumbuhkan rumput palawija crop dan sebagainya nah poin terakhir karena kita waktu yang tidak banyak ya nak yang pengen anda sampaikan buat anak-anak dan titip kepada kalian

Adalah yuk Iya mohon diskip ya Bu maaf di beberapa Selat ke depan mohon ibu tadi sudah sempat dijelaskan lanjut ada suatu hadis yang mungkin menurut anda ini penting sekali ya Ketika Nabi SAW mengatakan bahwa tidak ada satu orang nabi pun dia alaihim dan dari seluruh Nabi Anbiya Alaihissalam yang Allah rabbul alamin

144.000 teman-teman anak-anakku sekalian yang kita tahu di dalam Alquran adalah 25 tapi dalam riwayat yang shahih kurang lebih 120 ribuan Sekian 124.000 dan tidak ada satupun maka tidak ada satu orang nabi pun yang Allah turunkan Kecuali Dia seorang peternak seorang penggembala ya dalam narasi yang lain nabi tidak pernah menurunkan satu orang India

Pun Kecuali Dia seorang peternak seorang penggembala Ini mesti kita sikapi bahwa ketahuilah anak-anakku sekalian bawalah inilah Seorang peternak petani perkebun itu inilah pekerjaan termulia itu nak inilah the best the best job employment on earth ya jadi nggak usah kalian-kalian yang sudah berada di fakultas peternakan ini yuk kita realisasikan mimpi negara kita Semoga

Dia bermanfaat hidup kita bermanfaat bayangkan kalau anak-anakku sekalian benar-benar serius ya menjadi seorang peternak ya perkebun gitu ya bicara kita di dalam sektor yang perikanan mungkin atau pertanian ataupun bentuk lainnya adanya Sinergi di dalam bidang-bidang tersebut maka yang terjadi apa kita akan Swasembada pangan rakyat-rakyat dan teman-teman saudara kita cukup asupan nutrisinya bayangkan

Itu semua dalam beberapa satu sebelum bayangkan untungnya bayangkan Rahmat dari Allah Rabbal Alamin Bukankah itu amal jariyah Bukankah itu cara dakwah yang paling efektif bukan itu cara mendapatkan surga ke Allah dengan cara terbaik ya bahwa kita ingin mendapatkan keuntungan dari usaha kita itu fitrah dan insya Allah itu juga akan didapati

Oleh anak-anakku sekalian jadi Anda juga ingin sampaikan jadi pekerjaan yang terbaik jadi kita tidak perlu mendengar ke kiri dan ke kanan daripada bahasa-bahasa negatif yang mungkin anak-anakku mungkin bahkan mungkin mendengarnya dari orang tua Mungkin nah bagus sekalian habis kelar ini Bekerjalah di bank harapan anak kalian semua bisa dan mampu

Mengatakan tidak Pak tidak Ayah tidak Ibu karena aku ingin pekerjaan yang halal dan toyiban ya ingin sesuatu yang sesuai dengan koridornya Quran dan Sunnah tidak ingin menjadi Ahlul riba gitu kan tidak ingin menjadi agen-agennya riba tidak ingin menjadi apa dengan sekuat daya upaya kami akan wujudkan peternakan pertanian perkebunan

Perikanan yang tangguh ya di Sulawesi Selatan dan di Indonesia Insya Allah bahkan ke dunia Insya Allah jadi mungkin itu aja dari anak karena memang waktu kita nggak begitu banyak ada ditambahin sama Ustaz sedikit ya bismillah walhamdulillah wa sholatu wassalamu ala rasulillah ilaha illallah wa Asyhadu anna muhammadan abduhu wa rasuluh Alhamdulillah

Hari ini Allah kumpulkan kita walaupun lewat online seperti yang disampaikan oleh Syekh Reza Insya Allah mudah-mudahan Allah takdirkan ada kesempatan kita bisa bertemu langsung Kalau Teteh sendiri Makassar sudah seperti rumah kedua ya sering sekali bolak-balik hobinya makan Nyonya gitu ya Sob saudara bolak-balik teruslah ke sana ya Masya Allah bahkan Alhamdulillah Allah

Izinkan sudah mungkin lebih dari 10 apa kota kabupatennya di seluruh Sulawesi Selatan pernah didatangi dalam misi-misi dakwah dan juga aktivitas kemanusiaan selain juga Memang ada perwakilan akhwat bergerak Indonesia ya di Makassar dan Area Sulawesi Selatan sehubungan memang saat ini sudah tersebar lebih dari 70 wilayah di seluruh Indonesia karena sudah akan

Masuk sesi penutup mungkin Teteh hanya menambahkan kepada anak-anakku adik-adikku tidak ada yang mudah ya dalam hidup ini karena Allah Ta’ala sendiri telah menjelaskan ya di dalam Alquran diantaranya pada Surah Kasih ayat yang ke-7 bahwa memang Allah jadikan dunia ini sebagai perhiasan tetapi makna dari perhiasan ini adalah sebagai ujian artinya

Perhiasan ini tentu di dalam dunia ini terdapat begitu banyak kemudian Allah ta’ala yang Allah sediakan yang Allah siapkan ya dari mulai ternak tanah tanaman laut segala isinya apa yang ada di langit ya Seluruhnya seluruhnya memang Allah Sediakan ya bagi hamba-hambanya manusia yang hidup di muka bumi ini tetapi Allah juga

Menjadikannya sebagai ujian dan Allah Subhanahu Wa Ta’ala sampaikan dalam alandia 35 ujian itu bentuknya tidak hanya kesusahan ya tapi juga kesenangan maka perhiasan yang ada di dunia ini seluruh kesempatan peluang modal ya yang Allah sajikan seluruhnya juga adalah ujian-ujiannya adalah Apakah kita berjalan di muka bumi ini sebagai

Hamba Allah yang beriman wama kholaqtul jinna Wal Insa illa liya’budur Apakah dengan semua yang Allah sediakan ini kita menghadirinya menyikapinya mengelolanya menanggapinya semuanya dengan keimanan atau tidak Gitu ya itu adalah Ujian pertama Karena Allah Subhanahu Wa Ta’ala menyampaikan tidak aku ciptakan jin dan manusia melainkan agar mengabdi kepada Allah agar

Mengibadahi Allah maka ketika kalian anak-anakku Allah izinkan masuk ke dalam suatu sesi baru dalam kehidupan menjadi mahasiswa ya sekarang di Unhas di peternakan Ini adalah sebuah kesenangan kebanggaan kebahagiaan ya Insyaallah tetapi jangan lupa bahwa memang itu bagian dari ujian ya kesenangan dapat diterima di Unhas rasa syukur yang kita panjatkan itu pun ujian

Apakah diterima di Unhas mengungkapkan rasa syukurnya ndak kepada Allah kemudian mengingatkan diri enggak untuk menjalani apa yang sudah Allah amanahkan ini proses belajarnya ya proses berhadapan dengan ujiannya ya proses untuk berpikir mungkin ya Misalnya kalau dengan orang kedua proses pembiayaannya dan lain sebagainya seluruhnya adalah perjalanan ujian dan sama seperti ketika

Kita menempuh pendidikan ya SD SMP SMA ketika tiba waktu ujian sebetulnya itu tiba waktu dimana kita tahu kita akan mengalami kenaikan gitu ya kita ujian kita tahu bahwa dari kelas 1 mau naik kelas 2 nih harus melewati ujian gitu ya dari semester 1 akan masuk ke semester berikutnya nih harus melewati ujian maka

Setuju ujian Itu adalah sebuah ee sarana yang Allah ta’ala berikan bagi kita untuk bisa terus naik kelas ya oleh karenanya Bersabarlah dalam semua prosesnya teruslah menjadi manusia yang menyadari dirinya sebagai hamba Allah ya jalani seluruh proses kehidupan ini sebagai ikhtiar kita untuk Selamat ya baik di dunia maupun di akhirat ilmunya gunakan

Sebaik-baiknya jaga sebaik-baiknya Yakinlah bahwa dalam setiap kesulitan Allah telah menyertakan kemudahannya itu sudah janji dari Allah bukan setelah ya bukan setelah kesulitan ada kemudahan tapi bersama kesulitan itu ada kemudahan kuncinya ada pada ayat ke-11 ya ketika Allah datangkan ujian itu kepada kita kita merasa mendapatkan kesusahan musibah Allah menyebutkan hadapi

Semuanya dengan iman maka sungguh Allah akan Berikan petunjuknya kepada kita dan terakhir jadilah hamba-hamba Allah yang pejuang Karena itulah hamba-hamba yang dicintai oleh Allah ta’ala bahkan orang-orang yang Allah izinkan wafat dalam keadaan berjihad ya yaitu berjuang dengan segala daya upaya untuk kebaikan sebagai hamba Allah Allah menjanjikan keselamatan di

Hari akhir Allah janjikan keselamatan dari hari penghisaban bisa memasuki janahnya Allah ya dengan tanpa hisab itu artinya betapa Allah mencintai dan menyukai orang-orang yang berjuang selamat berjuang anak-anakku selamat berjuang juga untuk para dosen Semoga Allah takdirkan hidup kita di dunia sebagai amal jariyah Insyaallah pada waktunya akan menolong kita di hari penghisapan

Maaf lahir dan batin dari kami berdua Dan mungkin poin-poin yang anda pengen titipkan sekali lagi buat anak-anak gini ya jaga salat kalian jangan pernah waktu itu memuliakan orang tua kalian maknanya orang tua ayah ibu dan para dosen-dosen itu adalah orang tua kalian di Unhas muliakan mereka ya kemudian yang ketiga adalah jaga nama

Besar dan nama baik Unhas ya dan yang keempat Insyaallah kita akan bangun kerjasama yang lebih bagus lagi dengan New Zealand Insyaallah ah berprestasilah kalian nanti ada yang namanya jalur-jalur yang sedang kita pikirkan mata kuliah dan segala macam tentunya banyak yang sedang kita pikirkan di belakang sana tentang bagaimana cara

Menambah kurikulum kami pun Insyaallah Allah berikan umur rezeki ketika datang ke Sulawesi Insyaallah ini akan menjadi rumah kami juga untuk datang dan mungkin untuk menyampaikan pepatah dua Fatah ataupun kuliah dua kuliah bahasa kita insyaallah dari mahasiswa untuk bisa melihat apa yang dikerjakan di sini ya Insyaallah mudah-mudahan kami diberikan kesehatan

Kemampuan ya bisa hosting ya di sini membangun Terus kerja sama Insyaallah bisa dari Kami mahasiswa bertanya Ustadz ada yang mau bertanya satu dua orang di lantai 7 ada yang mau bertanya ada Ibu oke silakan di lantai 7 LT 7 sorry Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh [Musik] Perkenalkan nama saya Mulyadi biasa

Dipanggil Adi baik Adapun pertanyaan saya yaitu Bagaimana cara menjadi seorang pengusaha yang sukses dan saya tahu bahwa Ustaz dan ustadzah merupakan sebuah influencer sok atau sebuah seorang pengaruh besar di dunia yaitu memberikan sebuah ceramah-ceramah di berbagai negara jadi inti dari pertanyaan saya yaitu Bagaimana eee tips and trik menjadi

Seorang pengusaha yang sukses dan menjadi seorang terkenal di berbagai negara sekian asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam Warahmatullahi ya ya jadi Mungkin pertanyaan kedua ya tidak ada satu orang mukmin pun yang ingin menjadi orang terkenal wahai anakku gitu ya jadi itu bukan sesuatu yang bukan suatu tujuan tapi demikian juga dengan

Kalau kita bicara sukses apa tidak sentuh itu sesuatu yang sangat relatif gitu ya tapi apapun itu Kami hanyalah seorang fakir yang berusaha dengan apa yang kami miliki apa yang Allah titipkan Insya Allah untuk berada di atas jalur Quran dan sunnah nabi maka pertama-tama yang pasti harus engkau miliki adalah kedekatan dengan

Rabb-mu Allah rabbul alamin maka kenalilah Allah rabbul alamin kenalilah agamamu Islam dan kan adalah nabi musalallahu Alaihi Wasallam itu yang paling utama yang lainnya mengikut tapi kalau Anda boleh share dikit sebelum ditambahin anak Ustaz Kalau anda cuma megang ada suatu hadis dari pada Nabi SAW kalau bicara sukses ya walaupun Anda

Jauh dari suksesnya kita masih seorang yang banyak kekurangannya Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam mengatakan maka kata-kata Nabi SAW maka ridanya Allah itu ada kedua orang tuamu ya dan marahnya Allah murkanya Allah juga ada di atas mukanya kedua orang tua jadi kalau kita udah dekat sama Allah Islam kita cinta dengan Nabi Lihat tuh pakdekan

Kalau berada di sini kan ada sangat Walaupun belum pernah ketemu secara fisik sangat cinta Karena sekarang kita mulai wacana baru anak-anak anak-anak bertanya dengan melakukan bismillah Assalatu Wassalam ala rasulillah ini nggak pernah ada nak 20 tahun yang lalu kalian nggak akan kenal pengajar-pengajar yang cinta sama sunnahnya nabi ada hari ini

Ini sesuatu yang luar biasa ini ya Yang ini bukan kecil karena apa Karena yang menyuruh kita demikian adalah Allah dan nabi Musa Alaihi Wasallam maka banggalah dengan itu Ya banggalah kita dengan itu kita harus bangga lihat pakdekan begitu saleh Masyaallah dengan liburan ini Masyaallah ini dulu Enggak nak dulu 20

Tahun yang lalu kita kita berjuang ya 30 tahun yang lalu berjuang untuk berada di atas hijab barang-barang basic tapi hari ini kalian dipersilahkan Jangan malu dengan tradisi itu maka setelah kita bangun hubungan dengan Allah pahami Islam ya kenal dengan Nabi SAW maka orang tuamu orang tuamu orang tuamu

Itu yang utama teknisnya kalau kita bicara harta dunia ini kecil nah dan nggak ada yang tahu nggak ada rumusnya karena Bukankah urusan ini pertemuan kita malam hari waktu ini Bukankah telah Allah tulis sebelum penciptaan jadi kita jangan pernah jadikan itu target ya baik anak-anakku Masya Allah Ya basicnya sudah disampaikan oleh Syekh

Reza dengan mungkin kedengarannya mungkin kedengarannya jawaban ini ya maaf ya kadang-kadang suka dianggap kok kayak formalitas sekali tapi ini sungguh amat sangat bukan formalitas sebab yang bicara tentu saja adalah orang tua kalian ya seperti Pak dekan dosen-dosen dan kami yang memang sudah Allah takdirkan Allah izinkan dengan kapasitas

Usia hari ini dan perjalanan hidup memang sudah melewati berbagai macam proses kehidupan dan berjuang menjaga apa yang disampaikan oleh Syekh tadi berjuang menjaga untuk hidup di atas iman dan taqwa berjuang untuk menjaga hidup ini ingin berada di jalan yang halal ya berjuang untuk terus mengenali Islam karena Islam ini bukan hanya

Sekedar sesuatu yang tertulis tapi ini nilai yang harus diaplikasikan dan telah dia membersihkan ya khususnya oleh Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam Yang menaungi seluruh struktur kehidupan sehingga ketika kita tidak mengenalinya maka kita tidak mengenali seluruh fondasi kehidupan ini ya sebab seluruhnya dinaungi oleh Islam dan tentu saja secara teknisnya ya Nak ya untuk

Menjadi satu sosok yang mungkin hari ini olehmu disebut berhasil sukses walaupun sekali lagi itu semua sangat relatif ya dan tidak pernah ada ukurannya ya karena kesuksesan itu nanti nak ketika kaki kita semua sebagai hamba Allah bisa menginjakkan di Jannah di surganya Allah itu sukses nak ya maka menjadi peternak

Ingin bisa masuk surga ya ketika kita mengalami kesusahan dalam semua usaha kehidupan ini kita ingin tetap masuk surga ya susah dan senang kita ingin Jannah ya sakit sehat kita ingin Jannah kita di cemooh atau dipuji-puji kita ingin Jannah ya tidak tidak ingin yang lain inginnya Jannah nah kembali lagi

Secara teknisnya tentu kita butuh sekali fisik yang kuat ya lingkungan ya maka jagalah fisik jangan sampai seperti beliau sampai hari ini betul-betul menjaga sekali ya ritme hidupnya Jadi bukan sekedar Oh ya jam 5 pagi udah harus keluar gitu kelahan Habis itu waktunya berantakan gitu ya seenaknya itu enggak diatur sekali Kapan

Harus tidur makanan yang harus dikonsumsi ya kalau besok misalkan sudah harus milkingnya udah harus ke lokasi pemerahan jam 4 pagi Katakanlah karena ini kan empat musim ya kita punya waktu yang berubah-ubah gitu ya kalau di barat maka beliau sudah mengharuskan pada Isya itu sudah harus istirahat semuanya diatur gitu ya Kenapa karena memang

Fisik yang pertama fisik ini dari Allah ya titipan dari Allah amanah dari Allah dan kita membutuhkannya mengenai kemudian setelah ikhtiar kita yang terbaik Allah masih takdirkan diuji dengan sakit ya kembali lagi dunia ini semuanya isinya adalah ujian tapi jaga imanmu jaga fisikmu pilih lingkunganmu ya dan fokus terhadap tujuanmu tujuan

Utamamu adalah Jannah maka belajarmu untuk mendapat Jannah ya pendidikanmu untuk mendapat Jannah ya pergaulanmu untuk mendapat Janah Jaga semuanya hingga Allah ta’ala Rida kepadamu dan Allah akan membukakan semua pintu-pintu bahkan dalam setiap kesusahan Allah sertakan penolongnya Dan penawarnya wallahualam Dan Terakhir tambahan Jadi kalau di antara formula tadi mesti punya

Yang laki mesti punya istri solehah Jangan pernah kompromi itu karena kalau bukan ribet hidup kita pasti pasti kacau dan yang wanita-wanita pastikan mencari imam yang memang benar-benar dekat kepada Allah mengenali robnya karena kalau Allah saja dia tinggalkan apalagi pasangannya ya jangan kompromi Setiap proses dalam kehidupan ini nak kalian

Akan menemukan susah dan senang itu Pasti kalian akan menemukan berhasil dan gagal itu juga pasti jadi jangan jatuh ketika gagal jangan hancur ketika sulit karena sudah pasti harus melewati itu gitu bertahanlah dengan iman dengan fisik kalian dengan lingkungan ya Sehingga apapun yang bergulir dalam kehidupan ini Insyaallah Allah mampukan

Kalian menghadapinya ya jangan lupa baktinya kepada orang tua jangan dipilih-pilih ya kepada orang tua ini selalu berikan saja apa yang terbaik yang kita bisa nanti dibaca ya Surah Luqman Ayat 14 dan 15 dibaca dan diresapi itu dari kami satu lagi mungkin di aula sini ada yang mau bertanya

Silahkan luar biasa baik Nak silahkan Baik terima kasih Perkenalkan saya Putri Andini dari Sinjai Barat pertanyaan saya kan dalam hadis itu mengatakan hiduplah untuk menahan tujuan kita hidup untuk menanam benih-benih kebaikan untuk dipanen di akhirat nanti pertanyaan saya apakah menjadi orang yang terpandang dan menjadi sukses itu termasuk tunjang

Hidup kita dalam Islam Terima kasih baik terima kasih [Tepuk tangan] menjadi orang yang terpandang itu tidak pernah menjadi tujuan hidup kita dalam Islam dalam Islam ya dalam akidah kita tidak pernah ya karena nggak pernah seorang mukmin merasa terpandang apalagi terpuji nggak pernah apalah kita kita hanyalah seorang fakirna bahkan kalimat

Alhamdulillah segala puji buat Allah Alhamdulillah ya jadi sebaik-baik Dzikir itu adalah Alhamdulillah bayangkan Kenapa semua Alhamdulillah itu karena karena punya kita bahwa yang pantas dipuji cuman Allah kita bukan siapa-siapa keduanya kata Abdullah IBN Mas’ud radhiyallahu Anhu kalaulah seluruh borok dan rusak kita aib kita keluar tentulah tidak ada satu manusia pun yang akan

Berdiri di samping kita nah ataupun duduk di samping kita termasuk yang sedang bicara Jadi kalian menganggap kami karena Allah tutup aib kami ya Jadi bukan itu tujuannya tujuan kita hidup ini ya kita hidup untuk melakukan yang terbaik alladzi halalmata ya jadi adanya Allah lah yang dekat kematian dan kehidupan

Sebagai sebagai ujian ya lihat siapa di antara kalian yang datang dengan amalan terbaik bukan amalan terbanyak tapi amalan terbaik Apa hubungannya ini dengan dengan peternakan dengan pertanian nah Bayangkanlah inilah industri ya kita tahu ya para asatid itu sudah sering memberikan kajian mentraktir teman makanan adalah bayangkan kalau niat kita ingin

Mengembangkan industri peternakan susu daging terapi daging domba daging apa daging rusa daging ayam mendapatkan hanya untuk mendapatkan keridaan allah untuk pria memberi makan bayangkan amalun Jariyah yang kita tanamkan kena bayangkan dalam setiap biji dalam setiap gelas susuku teguhkan susu itu punya Handa daging nah ini tujuan hidup ini boleh kenapa

Karena ini menjadi wasilah kita untuk mendapatkan ridho Allah sehingga Allah masukkan kaki kanan kita melangkah ke atas surganya Allah ini orang pintar nak karena kalau cuman jadi pengusaha saja Nak belum tentu pintar ya tujuannya tidak jelas belum tentu ingin mendapatkan penderita Allah tapi kita ingin mendapatkan dari Allah melalui

Wasilah peternakan maka maka peternakan ini pertanian perkebunan perikanan ini menjadi salah satu pekerjaan terbaik pekerjaan terbaik itu adalah yang orang yang menggunakan tangannya ya petani peternak perkebun tukang jahit ya apa tukang kebun apa deh tukang masak para ibunda ibunda kita ya kan para dosen-dosen kita para guru kenapa karena rezekinya

Rezeki terhalang ini yang ada dalam urusan ini Insyaallah kita bisa terhindar dari banyak kesalahan-kesalahan yang mungkin di sektor lain itu berpotensi besar gitu ya tentu kita katakan berpotensi besar belum tentu karena setiap orang mampu dan bisanya mengendalikannya tapi peternakan ini pertanian luar biasa potensi pahala dan ganjarannya insya Allah jadi itu yang

Kita tujuh kita ingin jadi peternak Kenapa karena ingin menghasilkan makanan-makanan terbaik Kenapa sehingga umat manusia bisa makannya mendapatkan kebaikan kemudian mereka Maka menjadi amalu Jariyah hamalun Shalih dari itu dan kita punya andil maka ingat kata Nabi Sallallahu Alaihi Wasallam yang menjadi institutor menjadi bagian dari suatu kebaikan maka buat dia pahala

Yang sama dengan orang yang melakukannya ya kita berharap susu yang kita hasilkan ini diminum orang menghafal Quran diminum orang menjadi seorang ibu yang yang mengurus anak anaknya menjadi seorang dimakan oleh seorang istri yang taat sama suaminya dimakan oleh dosen yang kemudian mengajarkan ibunya bayangkan kita penghasil mendapatkan seluruh kebaikan itu dengan tidak

Mengurangi kebaikan dari sang dosen seorang ibu dan seorang istri ya itu tujuannya mungkin penutup saja dari Teteh tujuan utamanya dari seluruh yang sudah saya sampaikan itu dua hal ya Nak ya karena hidup di dunia dengan seluruh amanah yang harus kita emban dengan seluruh keadaan yang Allah sudah pastikan akan

Mengalami susah mengalami senang maka yang kita butuhkan adalah hati yang terisi dengan Allah sehingga dalam keadaan apapun di kehidupan ini engkau kuat engkau siap engkau tegak engkau tegak engkau tangguh maka Allah bidzikrillahi dengan Dzikrullah hanya dengan mengingat Allah hati itu akan betul-betul berada pada keadaan terbaiknya dan terakhir tujuan kita adalah allahumma inna

Nasalukan Jannah ya Semoga kita semuanya nanti Insyaallah berakhir di jannahnya Allah ta’ala tetap pegang dua tujuan utama ini yang lainnya seluruhnya itu adalah ketetapan Allah ya bisa punya lahan peternakan seluas itu itu punya Allah dititipkan kepada beliau ya ada yang dititipkan satu hektar ada yang dititipkan 1000 hektar ada yang

Dititipkan 5 hektar ada yang titipkan 50 hektar semuanya juga milik Allah Allah sudah menyampaikan bahwa apapun yang ada di langit di bumi dan diantaranya semuanya adalah milik Allah maka tujuan kita Allah gitu ya jazakumullah Khairan semuanya untuk ustadz dan ustadzah Masya Allah luar biasa pencerahan hari ini sharing yang luar biasa

Sungguh pasangan yang luar biasa dari Ustadz Reza dan ustadzah Barakallah baik sebelum berakhir sesi ini akan ada penyerahan sertifikat yang insya Allah akan diserahkan oleh dekan kami untuk ke ustadz Doktor Reza dan ustadzah Teteh Khadijah Alhamdulillah kami terima Alhamdulillah mudah-mudahan lain waktu Allah bisa mempertemukan kita secara langsung dan kami sampaikan undangan kepada

Kepada Pak dekam kepada Bu Reni dan seluruh keluarga kami Jajaran untuk bisa ada waktu ada kemudahan ada Kelangan untuk main ke tempat Kami Insya Allah amin amin amin ya rabbal alamin sekaligus mudah-mudahan ini menjadi amal jariyah bagi Syekh dan Ustazah ada inspirasi yang muncul sehingga menjadikan ini sebagai momentum bagi

Anak-anak kita ini anak-anak mahasiswa baru ini untuk bergerak ke arah yang lebih baik dan lebih benar karena apa yang disampaikan tadi ini adalah falsafah hidup yang sebenarnya apa cara-cara untuk menuju jalan yang sebenarnya jalan yang diridhoi oleh Allah dan betul-betul jalan yang akan menuntun teman-teman sekalian anak-anakku mahasiswa untuk Berikutnya

Mudah-mudahan ini menjadi amal jariyah bagi saya dan Ustazah saya serahkan kepada baik Ustaz dan ustadzan Danu sekalian sekali lagi kita beli Applause yang meriah [Tepuk tangan] kita doakan semoga ustadz dan ustadzah dalam keadaan sehat walafiat Insyaallah [Musik] jazakumullah sehat-sehat dan insya Allah Barakallah fiikum terima kasih baik Ada deh Sekalian sebelum kita

Berakhir di sesi ini kenapa Mungkin ada yang bertanya kenapa ini dihadirkan yang pertama begini beliau itu sudah lama sekali Sudah beberapa waktu yang lalu Sebelum saya jadikan pun beliau sudah sangat meminta untuk mengirimkan mahasiswa untuk ke sana hanya persoalannya syarat yang dipersyaratkan oleh Beliau itu hampir-hampir belum ada yang

Bisa memenuhi yang pertama tentu saja kalau Anda ke sana bahasanya bukan bahasa dari Sidrap ya kan paling tidak bahasanya seperti Rian lah ya bahasa Inggrisnya bisa cascicus sedikit kemudian yang paling penting adalah dia harus staf tangguh ya karena Ustadzah itu orang yang paham akan jalan ya Sehingga beliau sangat

Mengharapkan anak-anak yang lahir dari sana itu betul-betul memiliki karakter peternak perdefinisinya yang disampaikan tadi definisi itu lahir dari apa yang beliau sampaikan ya dan itu beliau sangat welcome sekali untuk fakultas peternakan Unhas untuk bisa hadir di tempatnya beliau Anda bisa bayangkan ada 1000 hektar ada 4000 ekor sapi perah ya

Yang ada di sana dan kesempatannya itu beliau tidak tanggung-tanggung mintanya satu kali datang 4 bulan ya Jadi anda pulang dari sana saya pun akan mengakui itu nilainya sebagai 20 SKS [Tepuk tangan] ayo Siapa yang sudah pancangkan tiang bahwa saya semester 6 semester 5 akhir semester 5 saya akan berangkat ke sana

Segera hubungi Rian ya nanti Rian yang bertanggung jawab membantu dia untuk Bagaimana bisa sampai ke titik itu yang MC yang berdiri dulu yang mengatakan ndak usah peduli dulu Anda bahasa Inggrisnya ada di mana Nggak peduli bukan di situ tempatnya itu itu persoalan gampang orang belajar bahasa

Inggris 3 bulan sudah bisa dapat 6 bulan sudah bisa Oke ya Yang penting serius belajar ya ada yang bersedia oke Hari ini mungkin masih malu-malu ini masih hari pertama selamat datang kami sangat berharap ini acara terakhir pada hari ini teman-teman sekalian ayo bangun mimpimu seperti yang disampaikan oleh Pak Ramli tadi tapi

Jangan mimpi terus ya setelah mimpi harus bangun harus mulai bekerja paling tidak nanti mulai mendaftar sama kalian-kalian saya mau mendaftar Ayo bantu saya bikinkan kita program kita kerja sama untuk maju menuju ke sana oke Oke Baik terima kasih banyak Ibu moderator makasih Pakde saya Vape saya Oke deh Sekalian dua hari ini kalian

Beruntung sekali ya mendapatkan dua pemateri yang hebat-hebat Saya bangga Saya terharu [Tepuk tangan] kalian beruntung kalian beruntung kalian beruntung sungguh beruntung k23 juga spesial dan Kalian juga kehadiran oleh pemateri pemateri yang luar biasa tapi ada garis bawah tapi tadi dua materi Itu sudah hebat-hebat memberikan motivasi yang luar biasa

Dan ada tugas dari kami silahkan kita membuat resume atau Apa nama itu resume di ringkasan ringkasan yang terkait dengan dua materi pemateri kita tadi dari Pak Ramli dan dari dokter Reza ya Nanti dikumpul besok dikaca panitianya ya satu lembar saja tulis tangan Ya silahkan ditulis tangan yang cantik yang bisa

Terbaca Silahkan di buat ringkasan dua materi kita tadi bahwa materi tadi silahkan minimal satu lembar kertas folio ditulis nama dan nimnya paham ya silakan dikumpulkan di Panitia besok ya yang terbaik yang terbaik akan dapat lagi hadiah ketua Apakah ada hadiah hari ini Sisi ini ada Oh nggak ada habis Tadi

Nanti besok lagi aja di tugas yang paling bagus akan mendapat hadiah berapa orang Pak buku tua buku tua Berapa orang yang dapat hadiah yang terbaik dua di sini dua di Oh ya masing-masing tiga selamat berjuang ya ada-ada sekalian Oke Baik terima kasih kebersamaan kita hingga saat ini saya

Mohon mundur mohon maaf apabila selama kita berinteraksi hingga saat ini ada kata-kata yang kurang menyenangkan Terima kasih pada satu yang sudah hadir ibu ketua eee saya ucapkan terima kasih Nun wall kolomi wa mayasturun asalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh saya kembalikan ke moderator ke Mc sorry Oke baik Oke Baik Sebelumnya saya ucapkan terima

Kasih kepada Ibu Dokter agricultures Insinyur Redmi fatmiah Utami SPT Master agricultures IPM selaku moderator pada sore hari ini sebelum melangkah ke acara selanjutnya yaitu penanaman pohon saya terlebih dahulu mengundang teman yang tadi sempat bertanya waktu sesi Pak Ramli yang paling pertama yang paling pertama yang sebelum memulai pemateri tadi Marcella tolong ada catatannya

Nggak baik yang pertama ada saudara Muhammad Afrizal yang mana boleh berdiri nggak Muhammad Afrizal yang mana oke silakan ke depan berikutnya Putri Andini benar boleh berdiri Oke dan satu lagi untuk penanya terbaik dari Esti muadila Afi Asir bener ya oke kita lewatkan adzan terlebih dahulu [Musik] untuk memberikan door prize kepada

Ketiga peserta penanya terbaik untuk di sesi Pak Ramli dan di di sore hari ini yang pertama kepada bapak dekan untuk memberikan door prize kepada penanya terbaik dari sesi paramily yang ini dulu Pak boleh menggeser ke sebelah dikit ya betul sekali Tepuk tangan buat temannya terlebih dahulu [Tepuk tangan]

Berikutnya kami undang bapak wakil dekan 1 fakultas peternakan Universitas Hasanuddin Tepuk tangan buat teman [Tepuk tangan] Selanjutnya kami undang ketua program studi S1 fakultas peternakan Universitas Hasanuddin dari upload kepada ketiga temannya [Tepuk tangan] baik Itulah tadi rangkaian materi pada sore hari ini Ya betul Pak ya Baik teman-teman saya harapkan untuk

Berdiri di tempat masing-masing karena kita akan melakukan sesi foto bersama bersama dengan Bapak dekan dan para jajaran dosen lainnya teman-teman panitia boleh masuk di frame baik yang di belakang hitungan akan saya hitung hitung mundur dan harap pengambil puasa yang baik selama tiga kali sudah siap Kak 321 gerakan kedua tiga dua satu

Gerakan terakhir tiga dua satu baik video kita akan membuat dua video yang pertama fakultas peternakan saya Vape Saya bangga yang kedua pkkmb fakultas peternakan tahun 2023 unggul Mandiri bereksploratif nyata baik Sabilah boleh pinjam hp-nya doa aja Pak 2 aja Iya betul Pak Terima kasih Pak baik siap fakultas peternakan [Tepuk tangan]

Oke sekali lagi ingat ketika kami populasi peternakan tahun 2023 unggul Mandiri berekstoratif nyata pkkmb fakultas peternakan tahun 2023 unggul [Tepuk tangan] baik teman-teman boleh duduk kembali makasih Pak tapi kayaknya tempat ngambilnya susah baik oke baik jadi teman-teman kita masih ada satu kali sesi yaitu penanaman pohon bukan materi jadi nggak usah

Panik karena tadi saya lihat udah banyak yang siap-siap mau balik ke kos atau ke rumah masing-masing Jadi penanaman pohon akan dilakukan pada jam 16.00 Wita di depan kantin Bhinneka Tunggal Ika Adapun perwakilan mahasiswa yang pertama dari tim Putra atas nama yogar boleh berdiri oke yang dari Putri atas nama Lisa

Nah teman-teman akan mewakili teman-teman angkatan 23 secara simbolis untuk penanaman pohon tapi yang lainnya juga tetap ikut karena kalian akan dibagikan bibit pohon untuk ditanam masing-masing dan itu akan jadi tugas Balance kalian di tahun ini Jadi kalau tanaman kalian nggak tumbuh berarti kalian nggak lolos Balance nggak lolos balancertifikat

Nggak bisa lulus Unhas jatuhnya ya stay Goodbye jadi ketika nanti dikasih duitnya ditanam baik-baik dipelihara baik-baik supaya ketika diminta foto untuk balance-nya kalian bisa kumpul dan bisa dapat sertifikat jangan sampai kalian tidak lolos Balance karena itu buat kalian susah lolos dari Unhas susah masuk susah keluar juga jadinya oke

Oke kalau yang tinggal kos dan bingung mau tanam di mana ya bawa pulang ke kampungnya nanti ya di manapun silakan yang penting ditanam dan di ada buktinya ketika udah mulai tumbuh Walaupun kecil gitu nggak masalah nah teman-teman Besok masih ada satu hari lagi pkkmb dan datang di jam yang

Sama karena besok akan ada materi pengenalan mahasiswa berprestasi fakultas peternakan yang kedua materi departemen dan yang ketiga materi himpunan yang keempat materi UKM jadi besok teman-teman akan lihat apa-apa aja himpunan yang ada di fakultas peternakan serta okay-ukam apa yang biasa nanti teman-teman ikuti ketika sudah jadi bagian dari fakultas peternakan

Universitas Hasanuddin nah sebelum beralih sebelum lanjut karena kita masih punya waktu 20 menit saya mau nanya-nanya dulu nih Apa sih first impression dari teman-teman untuk D1 ini tentang pkkmb tingkat fakultas kalau tadi udah dari depan belakang berarti kita dari tengah lagi nih kita pilih ya dari yang tengah Biasanya sih yang nomor

Ini kali bagus [Musik] apa first impression atau apa sih kesan pertama untuk hari ini tentang PKB fakultas peternakan tahun 2023 Sebutkan nama asal dan sampaikan first impression Kamu silahkan Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Perkenalkan nama saya Audi Rifki Firmansyah asal Makassar Oke boleh kita ke bagian cewek karena di depan

Udah belakang udah oh nggak deh di depan belum tadi Sorry Sekarang kita ke oh katanya bagian ujung Oh iya ya Oh ya Sorry emang gitu nasibnya kalau terpencil siapa ya Oh Iya tunggu aku mau pilih salah satu dari Alum Junior Saya di SMK yang kebetulan juga lolos peternakan tahun ini Masya Allah

Oke hai mutiara serahkan Sebutkan nama asal dan apa sih first impresnya atau kesan dan pesan kamu tentang pkkmb dewan ini Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Nama saya Mutiara imandar asal dari Mamuju [Tepuk tangan] di sini kita dapat teman baru dan ilmu-ilmu yang baru mana matamu pulang dari awal Oke jadi ini agak

Serius ya ketika kata pertama diucapkan selamat mutiara berarti kamu lagi Jadi langsung aja kita akan bicara watt 23 mana matamu mana senyum manismu [Tepuk tangan] [Tepuk tangan] [Tepuk tangan] [Tepuk tangan] Indonesia Unhas yang [Musik] terbaik siapa kita [Tepuk tangan] Silahkan duduk kembali jadi Thank you mutiara Oke itulah tadi yel-yel Dari

Teman-teman 23 yang sudah dipersiapkan untuk acara p2kmb hari ini di fakultas peternakan Oke yel-yelnya sangat-sangat menarik sekali walaupun tadi gerakannya kurang energik atau kalian kayak masih sempoyongan gak tau lapar udah mau pulang atau pantatnya udah gatel mau tidur nggak tahu intinya besok Karena hari terakhir kalian wajib lebih energi

Dari pada hari ini apalagi besok kita adalah materi UKM dan himpunan yang sangat-sangat seru sekali besok kalian akan lihat house himpunan dan UKM di peternakan works dan seperti apa sih nantinya teman-teman ingin memilih pengembangan hard skill soft skill dan yang lainnya Oke sebelum kita lanjut karena masih ada 10 menit jadi masih

Lumayan lama kita bakalan buat konten tiktok ayo hayo jadi mana tadi yogurt sama Lisa boleh ke depan karena Nanti kalian yang bakalan jadi perwakilan untuk penanaman pohon Jadi kalian juga yang bakalan jadi The First cover untuk konten ini oke Tadi HPnya mana ya Kak nah oke gerakannya kayak gini yang cowok berdiri dulu

Yang cowok berdiri yang cowok berdiri kena gerakannya Nanti kayak gini nanti saya bakalan kasih kode jadi lagunya itu kau memang ya apalagi pertamanya ya kau menghapuskan gini untuk cowoknya Nanti kalian bakalan jalan dari tengah dari tengah kayak lagi sahabat-sahabat gitu kan cerita-cerita Terus nanti loh iri ya nah gerakan ini

Tunggu saya lupa lagunya Saya nggak bisa bikin gerakannya

PKKMB 2023 Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin
Selasa, 15-16 Agustus 2023

Find us on:
Instagram
-Fapet Unhas: https://www.instagram.com/peternakan_unhas/?hl=id
-HASC : https://www.instagram.com/hasc_id/
Sobat Fakultas Peternakan UNHAS, Info tentang #PKKMB #Fakultas #Peternakan #Universitas #Hasanuddin ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 02:28:10 detik.


Begitulah sekilas tentang PKKMB 2023 Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin yang telah dilihat oleh 769 penonton, semoga dapat bermanfaat until kita semua. © Fakultas Peternakan UNHAS 8890

5 thoughts on “PKKMB 2023 Fakultas Peternakan Universitas Hasanuddin

  1. Budidaya ternak terbagi menjadi 4 yaitu 1.ternak besar seperti: peternak sapi, peternak kuda, peternak kerbau 2.ternak unggas seperti: ternak ayam, ternak itik, ternak puyuh 3.ternak kecil seperti ternak kambing, ternak domba, ternak babi 4.aneka ternak seperti ternak merpati, ternak kalkung, ternak burung unta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *