Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PNF (12): Pengelola(an) Satuan Pendidikan Nonformal

2021-11-30 01:00:04 00:19:24 Di sini rohmani Rohim Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua baik nah Pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan perkuliahan kita untuk mata kuliah profesi pendidik dan tenaga kependidikan pendidikan formal kali ini kita akan membahas tentang pengelolaan satuan tolong bangga predika nonformal Hai baiknya perlu tidak selalu bersama apa
Sih sebenarnya yang dimaksud dengan pengelolaan dan pengelolaannya ini eh pengelola itu merujuk kepada orang-orang yang melakukan kegiatan pengelolaan kutil.di orangnya 68 kita pengolahan itu disebut pengelola nah Apa yang dimaksud dengan pengolahan nah menurut teori [Musik] Hai pengelolaan itu disamaartikan dengan manajemennya sehingga di beberapa teori juga menganggap pengolahan itu ya ah hampir
Sama dengan kegiatan manajemen seperti itu sehingga perlu dipahami bahwa kegiatan pengelolaan itu merupakan suatu proses ya yang membeda-bedakan ada kegiatan perencanaan ada pengorganisasian ada penggerakan dan ada pengawasan di beberapa teori juga menambahkan ada tahap evaluasi seperti itu ya dalam eh dengan memanfaatkan dengan baik ya ilmu maupun seni agar dapat
Menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya ding mengolah yang mengolah suatu lembaga Hai yang bertujuan untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan seperti itu Nah kegiatan pengelolaan ini itu dilakukan oleh seorang yang bernama yang dinamakan pengelolaan yang namanya pengelola orang yang melewati kegiatan pengelolaan atau lem laporan kegiatan manajemen seperti itu
Bengkok tadi kita sudah memahami konsep dari pengelola dan pengolaan nanti yang perlu kita ketahui bersama bahwa satuan pendidikan non-formal itu yang diatur dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional bahwa di satuan pnf itu nah terdiri dari Lembaga Kursus lembaga pelatihan kelompok belajar pusat kegiatan belajar masyarakat PKBM
Kemudian Majelis Taklim dan satuan pendidikan sejenis ya Hai Kim nafah masing-masing lembaga satuan pendidikan non-formal ini tentu memiliki karakteristiknya masing-masing memiliki tujuannya masing-masing dan memiliki program masing-masing seperti itu ya walaupun dan pelatihan itu lebih kepada arahnya kepada Let’s kill ya lokasi kemudian kelompok belajar itu kegiatan pembelajaran juga PKBM ini bisa
Menyelenggarakan berbagai macam program ya bisa tahun bisa pendidikan keaksaraan fungsional kemudian kesetaraan kegiatan-kegiatan pemberdayaan pemberdayaan perempuan dan sebagainya sedangkan Majelis Taklim ini lebih kepada kegiatan-kegiatan keagamaan seperti itu utama agama Islamnya sedangkan satuan pendidikan sejenis ini bisa bentuknya nanti SPM SKB maupun a nah satuan yang ada di fac
Hai di kalau di Kemenag itu di pesantren ya itu nanti diakui atau dilakukan apa yang semacam Hai akreditasi.lam seperti penilaian agar apa agar mutu pendidikan ini mutu dari satuan pendidikan tersebut bisa dinilai seperti itu bisa diketahui ya keberadaannya di masyarakat itu apakah memberikan layanan yang maksimal Apakah memberikan layanan pendidikan yang memang bermutu
Seperti band berkualitas atau tidak Nanti Apa kaitannya dengan proses akreditasi nah dalam hal ini peran dari pengelola yaitu mengolah mengelola satuan pendidikan ini satuan pendidikan non-formal ini sehingga mereka bisa memendam patkan predikat satuan yang bermutu seperti itu yang dengan adanya akreditasi tadi itu Hai nah ah para pengelola satuan pendidikan
Non-formal ini tentu harus memahami prinsip-prinsip dari manajemen kemudian prinsip dari delapan standar pendidikan agar apa ya germita Di ya mutu dari satuan ini yang menyelenggarakan program-program PNS itu bisa memberikan dampak yang signifikan terhadap masyarakat terutama pendidikan di Indonesia seperti itu Hai pada undang-undang nomor 20 ya nomor 20 tahun 2003 tentang sistem
Pendidikan nasional di pasal 26 ayat 4 terutama Itu menjelaskan satuan yang ada di pendidikan non-formal ya tadi di slide sebelumnya sudah kita bahas gitu ada Lembaga Kursus lembaga pelatihan kelompok belajar pusat kegiatan belajar masyarakat Majelis Taklim dan satuan pendidikan yang sejenis seperti itu ya Hai nah oh satuan-satuan ini itu menyelenggarakan beberapa
Programnya yang gerakan beberapa program bisa diantaranya PAUD Pendidikan kepemudaan gitu kemudian jadikan memberdayakan perempuan mendingan keaksaraan fungsional keterampilan dan pelatihan kerja swasta rangan dan pendidikan lain untuk mengembangkan kemampuan peserta didik ini banyak program-program yang bisa dilakukan gitu ya nanti yang satuan pendidikan sejenis yaitu SPM SKB juga karena statusnya sudah sebagai satuan
Pendidikan ya itu juga bisa menyelenggarakan berbagai macam program pendidikan non-formal ya pertama out seperti itu pendidikan kesetaraan Hai kemudian keaksaraan fungsional dan program-program pendidikan non-formal lainnya rich hahaha apa saja sebenarnya yang dilakukan oleh pengelola satuan pendidikan non-formal ya yaitu mengelola Hai tenaga pendidiknya dan mengolah tenaga kependidikannya nah ini merupakan
SDM ya sumber daya manusia yang dikelola oleh pengelola dari satuan pendidikan non-formal yang yang mana mereka melakukan mekanisme pengelolaan ya harus dilakukan secara menyeluruh dan berkesinambungan ya Mulai dari tenaga kependidikan tenaga pendidik tenaga kependidikan melalui proses perencanaan sumber daya manusia karena mereka merupakan SDM yang melakukan proses kegiatan di disetor
Satuan pnf tersebut maka sumber daya manusia ini juga harus dikelola dengan baik gitu ya harus dimaksimalkan dengan baik harus ditata ditata dengan baik seperti itu mulai dari tahap perekrutan seleksi penempatan pemberian kompensasi dan pembinaan pelatihan pengembangan dan sebagainya gitu Jadi yang namanya sumberdaya manusia utuh Perlu adanya pengelolaan gitu ya pengolahan yang baik
Itu tokoh kompetensinya akan kita tingkatkan atau kompetensinya akan kita maksimalkan itu beberapa petugas saya beberapa tugas yang memang harus dipahami oleh seorang pengelola satuan pendidikan non-formal seperti itu ya Hai nah ini merupakan tujuan sekaligus tantangan sebenarnya dalam mengelola tenaga kependidikan ya nah eh ketika seorang pengelola satuan pnf mengelola sdm-nya tentu
Ada beberapa dak hal-hal yang memang perlu dilakukan itu yang namanya kita mengelola orang yang mengolah bukan benda mati gitu tentu akan banyak karakter akan banyak kompetensi akan banyak kemampuan kelebihan kekurangan yang perlu kita kita ketahui dan kita maksimalkan gitu ya Nah mereka tentu memiliki kemampuannya kemudian ada motivasi kerja yang perlu
Ditingkatkan oleh pengelola Hai kemudian kreativitas gitu kemudian eh apa ya semacam suporting nya seperti itu Nah ini Apabila kita kelola dengan baik SDM ini kita kalau dengan baik maka sebenarnya dapat mewujudkan Hai mewujudkan sumberdaya sumberdaya yang ada di satu wanita yang ada dilingkungan kita untuk kita maksimalkan yang untuk kita maksimalkan dalam
Mengatasi berbagai macam kelemahan-kelemahan yang ada tentu di apa di setiap satuan pendidikan disetiap sekolah di wilayah itu tentu memiliki permasalahannya masing-masing nah Bagaimana seorang pengelola satuan pnf ini mengolah mengelola sdm-nya mengelola sumberdaya alamnya mengolah potensinya yang ada di satuan itu begitu Sehingga kelemahan-kelemahan tadi bisa ditutupi atau bisa diperbaiki seperti itu ya Hai
Jenis mie yang perlu kita ingat-ingat kembali yang tentang jenis-jenis tenaga kependidikan jadi tenaga kependidikan itu adalah anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan tenaga kependidikan terdiri atas tenaga pendidik pengelola satuan pendidikan hanya tadi yang kita bahas yang kota lebih cancin jadikan formal nantinya kemudian ada peneliti juga pengawas
Peneliti dan pengembang dalam bidang pendidikan termasuk juga pustakawan laboran dan teknisi Ya intinya tenaga kependidikan nih mensuport mensuport kegiatan belajar-mengajar gitu ya nanti ada lagi ya Hai tenaga pendidik ya tenaga pendidik ini adalah orang yang mengajar langsung gitu ya Nah kependidikan yang berkualifikasi untuk mengajar gitu misalnya guru dosen
Konselor Pamong belajar tutor instruktur fasilitator dan sebagainya ya mereka ini memiliki kemampuan khusus memilih kompetensi khusus untuk mengajar jadi seorang pengolah itu harus bisa memaksimalkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan nya tutup ya Slate gamenya nah ini sebagai pengawas satuan pendidikan ya Yang mana terdiri dari kepala sekolah yang niatnya masih
Masih umumya baik formal maupun nonformal ada direktur ketua Rektor pimpinan satuan pendidikan di luar sekolah termasuk pengelola sistem pendidikan seperti kepala kantor dinas di tingkat provinsi maupun kabupaten Jadi kalau di satuan pendidikan nonformal itu ada yang disebut dengan kepala ya kepala sekolah jalannya esptool kepalan Eh iya kepala-kepala
Sekolah gitu atau di tahun Google kepala sekolah ada juga yang menyebutnya ketua itu ya yang ketua PKBM kemudian ketua LKP ini seperti itu intinya pengelola ini biasanya dilakukan oleh pimpinan-pimpinan dari satuan pendidikan non-formal tersebut itu ialah yang yang melakukan kegiatan manajemen gitu nanti dibantu oleh beberapa entah itu ada sekretaris bendahara dan beberapa
Seksi-seksinya gitu itu merupakan eh sumberdaya yang yang ada disana yang harus di iklan harus dipakai maksimalkan untuk ya supaya memang tujuan dari satuan tersebut bisa the Apa itu ya ia Tunjukkan Emil tercapai sehingga yang mutunya bisa Baguslah itu mutu satuan pendidikannya seperti itu Nah karena pengelola satuan pendidikan ini merupakan masuk kategori tenaga
Kependidikan jadi secara umum tenaga kependidikan itu dapat dibedakan menjadi 4 kategori yang pertama itu tenaga pendidik terdiri dari pembimbing penguji pengajar dan pelatih ini ada di beberapa satuan pendidikan itu yang memang rangka perangkap gitu ya misalnya dia juga yang mendidik dia juga yang menjadi tenaga kependidikan dia juga menolak gitu ya
Hai kemudian Wah ada tenaga fungsional kepada digantung ada penilik pengawas peneliti tadi jauh dijelaskan kamu diet juga ada tenaga teknis kependidikan itu tadi gue sudah dijelaskan laboran teknisi sumber belajar kemudian ada tenaga pengelola satuan pendidikan yatim juga tadi sebab tersinggung ada yang disebut dengan kepala sekolah direktur ketua Rektor dan pimpinan di satuan
Pendidikan non formal nonformal Taufik Anwar sekolah seperti itu nah teman-teman yang perlu digarisbawahi adalah pengelola satuan pendidikan non-formal ini tugasnya adalah melakukan kegiatan manajemen melakukan kegiatan pengelolaan pada satuan pendidikan non-formal apa yang dikelola yang dikelola adalah sumber daya manusia kemudian sumber daya alam yang ada di satuan semut kemudian menjalin hubungan
Baik-baik itu didalam maupun diluar ya dalam itu ya dengan SDM yang ada di dalam lingkungan satuan pendidikan di luar juga instansi atau stakeholder terkait itu terus secara umum tugas dari seorang pengolah di satuan pendidikan non-formal ya Nah jika kita lihat dari statusnya ya teman-teman mahasiswa eh pengolah di satuan pendidikan non-formal ya itu
Terdiri dari beberapa kategori Lex ada yang sebagai PNS ya sebagai PNS ini biasanya di satuan pendidikan non-formal yang statusnya Negeri ya statusnya Negeri misalnya SPN msk begitu Itu kan Kepala Sekolahnya atau kepala SKB nya ya seorang pegawai negeri sipil gitu atau juga ya Hai PKBM negeri yang perlu teman-teman
Ketahui ada-ada sebenarnya PKBM Negeri ya bukan hanya TK dm-nya dari masyarakat aja tapi ada juga negeri itu letaknya di Jakarta itu nah biasanya itu dia kan dari pegawai negeri sipil itu kemudian ada juga dari tenaga kependidikan dengan status guru tidak tetap gitu ya guru tidak tetap ini
Misalnya ya Misalnya di satu PKBM itu karena ada program paket ya Paket C jurusan.ips misalnya maka dia akan kalau dia tidak memiliki SDM yang dari dari diam akademisi ngerekrut dari guru formal gitu misalnya guru IPS di SMA misalnya direkrut gitu menjadi tutor di paket C Hai Mera juga buru bantu gue mau
Ngebantu kemudian ada tenaga sukarela ya itu tahu berapa status tenaga kependidikan jadi pengelola ini teman-temannya pengelola di satuan pnf terutama dia itu kan sifatnya tidak kaku yang tidak aku jadi bisa mengelola ini ketua yang juga ikut mengajar yang juga ikut mengajar sebagai tutor misalnya tapi ada juga yang biar pengolah murni
Ya tidak ikut terlibat dalam bidang pendidikan gitu air bidang apa lebih tenaga pendidik itu maksudnya ini dia murni mengolah tidak ikut ngajar juga yang seperti itu tapi ada juga yang biaya mengolah dia juga ikut mengajar itu ada juga itu nih sifatnya lebih fleksibel seperti itu ya itu untuk di satuan pendidikan nonformal Hai
Baik teman-teman Mahasiswa Mungkin itu saja yang dapat kita bahas Pada kesempatan kali ini tentang eh pengelola Hai atau pengolahan di satuan pendidikan non-formal yang merupakan salah satu profesi yang mana profesi sebagai tenaga kependidikan ya mengelola memanajemen sumber daya yang ada di satuan pendidikan non-formal Hai Genki itu saja dapat Bapak sampaikan
Lebih dan kurangnya Mohon maaf terima kasih atas partisipasinya Terima kasih atas [Musik] Hai kegiatannya yang sudah menyaksikan video ini Hai Abila teman-teman Ada yang ingin didiskusikan kita akan bahas di grup WhatsApp yang sudah kita bentuk keng semoga pergi sampaikan bermanfaat Bapak hiring mobil tapi kalau hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh like
Video ini merupakan video pembelajaran untuk mata kuliah Profesi PTK PNF pada Program Studi Pendidikan Nonformal FKIP UNIB.
Sobat Bayu Pradikto, Info tentang #Profesi #Pendidik #dan #Tenaga #Kependidikan #PNF #Pengelolaan #Satuan #Pendidikan #Nonformal ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:19:24 detik.
Begitulah sekilas tentang Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan PNF (12): Pengelola(an) Satuan Pendidikan Nonformal yang telah dilihat oleh 104 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Bayu Pradikto 1164