BAGAIMANA MENYUSUN LAPORAN EVALUASI DIRI PRODI- KRITERIA 2: TATA PAMONG, TATA KELOLA DAN KERJASAMA

2022-01-09 14:08:22 00:45:57 [Musik] e-book baik ah Selamat pagi Ibu Bapak sekalian kita bertemu kembali untuk membahas apa yang harus kita persiapkan dalam menyelesaikan laporan evaluasi diri ciri-ciri yang kedua seperti yang sudah ibu-bapak pahami bersama bahwa glyceria dua ini akan bicara mengenai tata Pamong tata kelola dan kerjasama yang pada esensinya sebetulnya selain

Tiga hal tersebut kita juga diminta untuk mendeskripsikan mengenai kepemimpinan dan juga mengenai penjaminan mutu Hai Baik Ibu papa sekalian kalau kita mulai dipertanyakan pertama latar belakang sudah kita pahami bersama bahwa di bagian pertama dikirim dirinya dua ini kita harus menjelaskan Tiga hal penting ya adalah terbelakang ada tujuan ada rasional Iya ada

Rationally atau alasan yang perlu saya sampaikan ibu-bapak adalah tolong di bagian latar belakang itu harus dipastikan sebetulnya bahwa perguruan tinggi kita itu telah menetapkan standar yang mengatur tata Pamong tata kelola dan kerjasama jadi harus dijelaskan Jadi kalau kata Pak Mohon Jelaskan tidak terbelakang kata Pak mau itu nanti akan mengatur tentang

Hai Bagaimana tata Pamong yang dijalankan UPS dengan menerapkan lima prinsip tata Pamong ya itu belum belum dibuatkan di latar belakangnya yang kedua adalah kita harus menjelaskan juga bahwa ada kepemimpinan juga yang harus diatur oleh perguruan tinggi oleh karena itulah perguruan tinggi harus menetapkan standar yang mengatur tentang kepemimpinan hal yang sama untuk

Pengelolaan ya di latar belakang kita harus menjelaskan juga bahwa perguruan tinggi harus menetapkan tata kelola di UBS yang akan mengelola apa mengelola pembelajaran mengelola penelitian dan mengelola pengabdian kepada masyarakat Hai dan gila terbelakang juga kita harus menjelaskan bahwa kerjasama-kerjasama pun harus diatur ya kerjasama pun harus diatur nanti tolong disampaikan

Cakupan kerjasamanya dengan cakupan kerjasama yang mengatur tentang pendidikan pengajaran tentang penelitian dan publikasi serta kerjasama di bidang pengabdian kepada masyarakat itulah di latar belakangnya Bu bapak ya mengenai tujuannya di tujuannya seperti yang sudah saya sampaikan bahwa perguruan tinggi dan upps menetapkan standar itu dengan tujuan satu adalah Tata Pamong itu ditetapkan standar itu

Dalam rangka memastikan bahwa tata Pamong di level UBS dan juga nilai PPS itu harus melaksanakan lima prinsip dasar tata pamonyet itu harus dijelaskan di sana tetap Among yang sifatnya Kredibel tetap kamu yang sifatnya akun gold Tata Pamong yang speknya bertanggung jawab tetap kamu yang sifatnya transparan dan tetap Pamong

Yang sifatnya adalah berkeadilan itu adalah tujuannya kemudian nanti dijelaskan juga tuh kenapa kita perlu harus menetapkan terkait dengan standar kepemimpinan Habibie rata juga tujuannya agar setiap pemangku kepentingan internal itu memantul melaksanakan kepemimpinan yang sifatnya adalah kepemimpinan operasional kepemimpinan organisasi dan kepemimpinan publik ya demikian seterusnya Kenapa tujuan kita

Untuk apa membuat yang namanya standar yang mengatur tentang kerjasama Apa tujuan kita untuk mengatur tentang standar yang mengatur tentang pengelolaan pembelajaran pengelolaan penelitian pengelolaan pengabdian kepada masyarakat itu sebetulnya dilatarbelakangi Bu Bapak sekalian ya Jadi harap nanti dipastikan laporan evaluasi diri sendiri yang kedua kriteria yang kedua untuk pertanyaan

Yang pertama itu Menjelaskan tiga hal itu ya berkaitan dengan rasional atau alasan nanti Ibu Bapak harus menjelaskan bahwa Nah rasionalnya di sini Bu Bapak adalah resonare ada internal dan ada eksternal ya Ada internal-eksternal saya melihat bahwa rasional yang telah dituliskan disini adalah rasionale yang harus merujuk bahwa standar yang mengatur tentang tata Pamong

Hai kepemimpinan Hai pengelolaan dan kerjasama itu itu dibuatkan sebagai amanah dari satu tidak kita sebagai amanah dari pengejawantahannya visi misi tujuan dari perguruan tinggi dan juga Ups ya itu adalah rasionale rasionale internalnya Kita Sementara rasional dan eksternalnya adalah alasan kita adalah kita walau diwajibkan oleh peraturan dan perundang-undangan dalam rangka itulah

Kita harus memastikan ada strategi pencapaian kita maka alasan kita menetapkan strategi pencapaian tua agar Tata Pamong agar tata kelola agar kepemimpinan atau penjaminan mutu dan kerjasama itu betul-betul terimplementasi dengan baik ya baik ditingkat PPS maupun ditingkat PPS itu sebetulnya ibu bapak ya harus kita Jelaskan di bagian yang pertama terkait

Dengan latar belakang kedua dari kriteria2 ini bicara mengenai adalah kebijakan dan aturan yang diacu oleh pya dalam menjalankan Tata Pamong tata kelola kerjasama dan juga kepemimpinan Oleh karena itu ibu bapak di bagian yang kedua ini yang pertama Dulu ih kita harus menyampaikan Apakah ada kebijakan perguruan tinggi kebijakan perguruan tinggi yang mengatur

Tentang 4 hal kebijakannya ya yang pertama Tolong sampaikan Apakah ada kebijakan perguruan tinggi yang mengatur tentang tata Pamong Halo apakah ada kebijakan perguruan tinggi yang mengatur tentang organisasi Tata kelolanya Apakah ada kebijakan pergulaan tinggal mengatur tentang penjaminan mutu Apakah ada kebijakan perubahan tinggi yang mengatur tentang kerjasama Jikalau memang ini tidak dibuatkan

Kebijakan-kebijakan ini yang sifatnya adalah terpisah tetapi dibuatkan di dalam satu tahun maka dikatakan bahwa kebijakan yang mengatur tentang tata Pamong organisasi tata kelola jaminan mutu dan kerjasama itu telah dituangkan di statuta maka didalam dokumen kebijakan yang disampaikan delete ini ketika menyatakan statuta itu adalah dokumen kebijakan utama sebagai rujukan dijelaskan bahwa di dalam

Statuta kini telah mengatur tentang empat kebijakan yang sudah saya sebutkan tadi itu yang pertama bapak ibu ya Hai yang kedua adalah kalau kita bicara mengenai bagaimana Tata Pamong tata kelola dan penjaminan mutu dibuat Ada apakah apakah sudah ada yang pertama standar yang telah ditetapkan oleh perguruan tinggi juga harus tetap kami

Kebijakan Ibu dokumennya standar-standar apa saja yang sudah ditetapkan di oleh perguruan tinggi yang digunakan sebagai rujukan di dalam memastikan keterlaksanaan Tata Pamong tata kelola kepemimpinan kerjasama dan penjaminan mutu yang berikutnya adalah Jikalau memang ada panduan-panduan nya pedoman-pedoman nya atau sop Sop nya misalkan bagaimana implementasi dari tetap amok Apakah ada pedoman

Pelaksanaan Tata Pamong Apakah ada prosedur Tata Pamong hal yang sama mengenai organisasi Tata kelolanya Apakah ada pedoman yang mengatur tentang organisasi tata kelola Apakah ada pedoman yang mengatur yang bagaimana penjaminan mutu Apakah ada pedoman atau prosedur yang mengatur tentang kerjasama jadi begitu cara merinci sehingga di kebijakan itu Ibu panas kalian harus

Kita buatkan kebijakannya dulu sampaikan dibawa kebijakan ada pedoman kemudian kalau dilengkapi dengan prosedur-prosedur nya ya prosedur-prosedur nya terutama sebetulnya adalah di dalam a bagian yang kedua Ini dokumen formal yang kita gunakan sebagai rujukan dari UBS dan PS adalah kebijakan yang ditetapkan oleh perguruan tinggi pedoman yang ditetapkan oleh perguruan tinggi diturunkan ke UBS

Dan juga adalah prosedur-prosedur yang diturunkan di program studi tapi bisa disebut misalkan Ketika kita bicara mengenai keterlaksanaan kepemimpinan operasional Apakah ada esoknya yang mengatur tentang itu kita bisa kasih contoh-contoh saja Ibu Bapak sekalian ya supaya memudahkan kita memastikan bahwa apa yang kita bicarakan itu betul sudah terlaksana di

Dalam pengelolaan Ups kita demikian eh yang bisa disampaikan ibu bapak terkait dengan pertanyaan yang kedua masalah kebijakan kita harus memastikan dulu apakah strategi yang akan kita Jelaskan itu apakah sifatnya adalah strategi yang sifatnya general atau generik atau strategi yang sifatnya spesifik itu 2000 bapak Hai saya selalu menyampaikan alangkah

Baiknya jikalau strategi yang kita sampaikan Blade kita adalah strategi yang sifatnya spesifik judulnya adalah strategi yang harus kita Jelaskan adalah strategi satu strategi kita untuk memastikan bahwa standar Tata Pamong internet sana dengan baik The standard kepemimpinan itu terlaksana dengan baik standar pengelolaan itu terlaksana dengan baik dan standar kerja sama itu

Terlaksana dengan baik itu sebetulnya Bu Bapak juga sehingga harus dipastikan dulu apakah sudah ditetapkan di dalam standar itu hal-hal yang harus dicapai hal-hal yang harus dicapai hal-hal yang harus dicapai sehingga misalkan adalah kitab untuk bisa memastikan bahwa bahwa ditatap kamu itu itu akan terlaksana dengan baik Nah kita Jelaskan tuh apa

Yang harus kita capai Hai Apa arti yang sudah kita kerjakan Siapa yang sudah kita dilibatkan di dalamnya ibu yang dicap dilakukan ibu bapak ya Nah yang berikutnya adalah hal yang sama untuk kepemimpinan apa yang sudah kita laksanakan untuk bisa memastikan kepemimpinan operasional kepemimpinan organisasi atau kepemimpinan publik Jikalau memang tiga

Bagian ini terlalu banyak untuk dijelaskan maka boleh nanti dipilih satu misalnya Strategi apa yang telah diambil atau telah dilaksanakan dalam hal memastikan kepemilikan publik misalnya ya Nah berikutnya kita menjelaskan juga di alinea berikutnya adalah apa yang harus kita lakukan Strategi apa yang sudah kita lakukan memastikan kerjasama kita ya jadi

Sifatnya adalah generik per area atau perbidang yang harus kita Jelaskan terkait dengan kriteria tiang ke-2 ini ya di dalam aspek Hai berikutnya adalah mekanisme kontrolnya juga harus sampaikan jadi ada empat hal yang pertama dalam pastikan dulu targetnya untuk masing-masing standar itu yang kedua pastikan apa yang telah dikerjakan kemudian pastikan Siapa

Yang telah dilibatkan di dalamnya dan yang keempat pastikan Bagaimana mekanisme kontrolnya ia Jadi a.ibu Bapak sekalian ini jangan dicampur-campur ibu-bapak ya jangan dicampur-campur tapi kalau saya sarankan ini dibuatkan lelah per Bieber standar yang telah ditetapkan oleh perguruan tinggi yang diwajibkan keterlaksanaannya di UPNVJ Jadi kurang lebih Bapak di sini

Ada 4 hal yang harus dijelaskannya strategi kita untuk memastikan keterpenuhan standar yang mengatur tentang tata Pamong strategi kita ya yang memastikan keterpenuhan standar yang mengatur tentang kepemimpinan strategi kita Iya yang telah kita peternakan untuk memastikan keterpenuhan standar yang mengatur tentang pengelolaan dan yang keempat adalah strategi kita yang telah kita laksanakan

Untuk memastikan keterpenuhan standar yang mengatur tentang kerjasama dan di dalam setiap aspek ya yang dijelaskan itu mohon ada empat hal yang dijelaskan saat menjelaskan apa yang sudah dilakukan yang kedua jelaskan apa yang harus dicapai yang berikutnya Jelaskan Siapa yang didebatkan didalamnya dan yang keempat bagaimana kita melakukan mekanisme kontrol agar standar tersebut

Bisa terpenuhi itu ibu bapak yang mau kita Jelaskan di bagian yang ketiga ya Hai di evaluasi pelaksanaan standar pertanyaan yang keempat di kriteria kedua bicara mengenai evaluasi pelaksanaan standar seperti yang sudah kita pastikan bahwa yang kita evaluasi adalah pelaksanaan standart yang mengatur tentang tetap Pamong evaluasi pelaksanaan standar yang mengatur tentang kepemimpinan yang

Mengatur tentang pengelolaan dan yang mengatur tentang kerjasama Oleh karena itu didalam panduannya Cukup jelas dinyatakan ada tiada 4 hal yang harus kita jelaskannya yang pertama kita Jelaskan dulu menurut hemat saya adalah metodenya dulu nih metodenya dulu nih metode atau cara bagaimana upps mengevaluasi maka dijelaskan dulu bukes telah melaksanakan yang namanya audit mutu

Internal itu bagian yang pertama Jelaskan dulu ya instrumennya dijelaskan Siapa yang terlibat di dalamnya dijelaskannya Jo remaja setelah itu baru kita Jelaskan bagian yang kedua adalah hasilnya apa temuan hasil Amin ya nanti tolong dijelaskan bahwa kita Jelaskan itu ibu bapak adalah apa temuan hasil Ami kita terkait dengan standar Tata

Pamong apa temuan kita Apakah temuan itu sifatnya berhasil atau sepertinya tidak pernah segini dibuat spesifik ya c&f hasil evaluasi pelaksanaan standarnya jadi evaluatif hasil evaluasi standar Tata Pamong yang kita buat di situ Ibu yang kedua hasil evaluasi pelaksanaan standar kepemimpinan hasil evaluasi terkait dengan standar yang pengelolaan hasil evaluasi yang mengatur tentang

Kerjasama kerjasama nanti hasilnya dibuat kategorinya Buya mana yang berhasil mana yang tidak berhasil nah caranya sebutnya simple berarti kan kita menyatakan apa target kita apa terlihat kita ditahun yang kita evaluasi kemudian Apa hasilnya hasil dari Aminya bisa dibuat dalam bentuk tabel yang bisa juga dalam bentuk tabel itu ada bagian

Yang kedua kita menjelaskan target kita untuk masing-masing standar Hai ditahun yang kita evaluasi dan hasil evaluasi melalui mekanisme pelaksanaan HAM yaitu bapak ya sebagian yang kedua bagian yang ketiga yang harus ibu bapak Jelaskan adalah nah berdasarkan hasil temuan Hamidi tetap kamu Ji kalau misalkan di Tata Pamong itu ibu bapak

Katakanlah berhasil maka dikelas lebih Apa faktor pendukung keberhasilan nya jikalau misalnya adalah Katakanlah di Tata Pamong itu Katakanlah kita telah memastikan 100% pelaksanaan dari namanya Tata Pamong yang sifatnya akuntabel itu jelaskan apa faktor pendukung keberhasilan nya jikalau ada Hai semuanya hasil Ami kita yang belum berhasil memenuhi standar kita maka kita

Harus Jelaskan apa akar penyebabnya atau faktor penghambatnya jadi dibuat ibu bapak ya dibuat paralel ya masuk saya paralel dijelaskan temuannya apa kemudian dipastikan hasil analisisnya faktor pendukung keberhasilan kalau berhasil kemudian Allah akar penyebab atau faktor penghambat kalau dia tidak berhasil ya Ki itu ibu bapak di bagian

Ini plus satu lagi adalah rencana tindak lanjutnya apa-apa saja yang sudah dilakukan oleh upz ya upps untuk mengendalikan Hai hasil temuan Aminya itu mohon hasil minyak ya Ibu Bapa sekaliannya pengendaliannya Jadi kalau Saya menyarankan untuk evaluasi pelaksanaan standar itu bisa dibuat dalam tabel sebetulnya it dalam bentuk tabel sebetulnya ini adalah standarnya ini

Adalah targetnya kita ini adalah hasil temuan hasil Ami kita ini adalah sifat temuan kita Apakah berhasil atau tidak berhasil kemudian di kolom berikutnya adalah Apa faktor pendukung keberhasilan kalau dia berhasil kemudian Apa akar penyebab faktor penghambat kalau ia tidak berhasil jadi dibuatkan dalam bentuk tabel juga boleh jikalau

Dibuatkan bukan dalam bentuk tabel boleh tetapi harus dipastikan ketika kita menjelaskan faktor pendukung itu mohon dipastikan bahwa itu berasal dari keberhasilan kita memenuhi standard kalau dia adalah akar masa akar penyebab atau faktor penghambat pastikan ini telah datangnya dari Hai semua berhasil Amin kita yang sifatnya tidak ke

Memenuhi Aster kita ya jadi yang mau tidak Bapak Ibu adalah mengenai hasil hamil kita dengan tata Pamong nantinya indikator-indikator tatapanmu yang selangit tetapkan Ya yang pasti adalah pasti penerapan lima prinsip tata Pamong itu itu berhasil atau tidak yang berhasil atau tidak jadi jangan dikatakan pencapaian Tata Pamong 100% dak

Sebetulnya Bupati pastikan nih Tata Pamong yang 100% juga datangnya dari mana Bagaimana mengenai penerapan Tata Pamong akuntabel Bagaimana penerapan Tata mau yang kredibel Bagaimana penerapan Tata Pamong yang transparan Bagaimana penerapan Tata Pamong yang bertanggungjawab dan yang terakhir Bagaimana penerapan Tata Pamong yang berkeadilan itu bapak ibu dijelaskannya hal yang sama untuk kepemimpinan

Dijelaskan Bagaimana hasilnya mengenai kepemimpinan organisasi kepemimpinan operasional dan kepemimpinan publik ya di kerjasama juga nanti tolong Oh ya ini pengelolaan juga Bagaimana pengelolaan pembelajaran kita bagaimana pengaruh penelitian kita bagaimana pengeluaran pengabdian kepada masyarakat kita itu dijelaskan dijelaskan hasil aninya yakni misalkan hariannya dan kemudian yang berikutnya adalah mengenai kerjasama

Bagaimana hasil kerjasama Kita di bidang pendidikan pengajaran di bidang penelitian dan publikasi serta di bidang pengabdian kepada masyarakat temuan-temuan ini Bapak Ibu yang harus kita Jelaskan di pertanyaan yang keempat ya Ibu Bapak setelah ada temuannya dipastikan analisisnya berupa faktor pendukung atau akar penyebab atau faktor penghambat dan Apa rencana tindak lanjut

Yang sudah kita lakukan untuk mana untuk tetap Hai kepemimpinan tata kelola dan kerja sama demikian ibu-bapak untuk bagian yang keempat mengenai evaluasi pelaksanaan standar per kinerja indikator kinerja utama kita ya Dekat utamanya mengenai Sistem tata Pamong ini sebetulnya ibu-bapak ketersediaan dokumen format apa musuhnya dari di atas dia dokumen formal yang mengatur tentang

Tata Pamong tuh dari atas tuh sudah ada satu tak ada ini sebetulnya udah di atas di Bapak Ibu Ya semua udara di atasnya nah yang kita pastikan adalah disini terkait dengan struktur organisasi ya nah Hai di bagian yang kelima sekarang kita dia bagian yang kelima di bagian yang kelima mengenai indikator kinerja utama

Itu indikator kinerja utama yang menunjukkan apa-apa saja yang sudah kita laksanakan Hai tentang apa tentang tata Pamong tentang kepemimpinan tentang pengelolaan dan tentang kerjasama jadi kita sampaikan sebetulnya kita sampaikan sebetulnya dalam tiga tahun terakhir ini apa saja yang sudah kita penuh dia hanya terpenuhi Ya paling tidak pada tahun TS

Dari proses akreditasi yang kita ajukan ditata Pamong yang pertama yang harus dipastikan ibu-bapak adalah kita memiliki namanya struktur organisasi dan tata kerja ya organisasi dan tata kerjanya siapa aku gps-nya kita up esnya kita Iya nah dibuatkan Bapak Ibu dijelaskan secara baik semuanya Bagaimana struktur organisasi dan tata

Kerja di upps yang PPS tentunya harus ada bukti dokumen yang menyatakan bahwa Struktur gitu telah ditetapkan ditetapkan silakan Setelah itu Bapak Ibu adalah dibuatkan gambarnya ya strukturnya dan yang pasti yang harus ada di sini Bu Bapak adalah harus jelas tugas dan musik bekas dan fungsi oleh

Siapa tugas dan fungsi oleh PPS ya ini ketika Bu Bapak nanti menunjukkan struktur organisasi BPS tolong dipastikan tupoksinya apa tupoksinya apa ya tupoksinya apa Nah tentunya organ organisasi yang ibu-bapak Jelaskan itulah organ organisasi yang sifatnya adalah yang gitu mumiitu ya jadi dan tidak perlu sampai yang subbagian ya

Tapi yang utama utamanya saja ya artinya kalau kita bicara dalam pengelolaan itu ada namanya organ pokok perguruan tinggi dan organ tambahan perguruan tinggi jadi organ pokoknya saja bahwa ibuya tapi jikalau perlu menambahkan sampai organ tambahan silakan Kemudian ibubapa oleh karena akreditasi inilah akreditasi program studi yang diusulkan oleh upps

Maka bagian ditata Pamong itu indikator kinerja utama juga harus sampaikan juga terkait dengan tupoksi dari program studi Hai tupoksi dari program studi nah Hai yang berikutnya adalah Ibu Bapak bicara mengenai praktek ya praktek baik dari tata Pamong praktek baik tetap lamo yang dipastikan di sini Bapak Ibu adalah

Yang pertama bahwa Ibu Bapak ketika bicara mengenai tata Pamong Kredibel harus dibuat dulu maknanya apa apa sih makna Tata Pamong yang kredibel itu bagi UBS dan juga bagi PS yaitu juluki dulu kita pastikan ada ya Yang kedua kita pastikan adalah praktek baiknya diberikan contoh-contoh contoh-contoh praktek baik selama ini yang terkait

Dengan tata Pamong yang kredibel ya tetap aman yang kredibel nah hal yang sama ibu-bapak untuk yang Tata Pamong yang transparan kita kasih nih Apa sih yang makna bagi kita mengenal Tata Pamong yang yang transparan mohon diingat semua yang terkait dengan dokumen formal yang mengatur tentang tata Pamong itu sudah kita bicarakan di

Kebijakan jadi tidak saya bicarakan Ketika kita bicara indikator kinerja utama di indikator kinerja utama Tata Pamong Tata Pamong transparan yang baru saja saya bicarakan Kitalah hanya contoh-contohnya saja praktek-praktek baiknya saja di level upps apa dan di level PSA pagi dibuka Pak ya Nah kalau di level perguruan tinggi atau tidak

Perlu dijelaskan hanya dijelaskan di level up Fast dan juga di level pya Natasha Pamong itu ibubapa sekalian itu harus bicara jelasin Tata Pamong dalam Tri Dharma perguruan tinggi kita Tata Pamong dalam hal pengajaran Tata Pamong dalam hal penelitian kalau kamu lengkap publikasi kata kamu dalam hal pengabdian kepada masyarakat itu harus kita

Jelaskan dibuka Pak ya Ketika kita bicara mengenai tata Pamong hal yang sama ibu-bapak Ketika kita bicara mengenai tatapanmu yang lain yang akuntabel dan yang bertanggung jawab gini intinya ibu-bapak adalah tolong dipastikan Apa makna dari lima prinsip tata Pamong itu dan Hai berikan contoh-contohnya untuk masing-masing nabru sip Tata Pamong tersebut Ya baik

Itu adalah praktik baik di level upps dan praktik baik di level PS ya Dan tolong dipastikan bahwa semua praktik baik itu merujuk kepada semua dokumen yang mengaturnya yang sudah ada di pertanyaan yang kedua terkait dengan kebijakan di bagian yang ketiga yang harus kita pastikan mengenai eh iku adalah terkait dengan

Kepemimpinan kepemimpinan maka di kepemimpinan juga Ibu Bapak harus pastikan adalah Apa makna kepemimpinan operasional Apa makna kepemimpinan organisasi Apa makna kepemimpinan publik ya yang akan dijabarkan oleh UBS dan juga dijabarkan oleh PS Hai Setelah itu Bapak untuk masing-masing tipe kepemimpinan itu tolong dipastikan adalah contoh-contoh baiknya contoh-contoh baiknya Bu bapak apa-apa

Saja Misalnya dalam kebun dan operasional Apa sih yang selama ini kita lakukan terkait dengan Kebumen obatilah Jelaskan hiu di level kesini di level psid gitu ya kemudian hal yang sama untuk kepemimpinan yang sifatnya organisasi apa saja Apa saja hal yang sama untuk publik yang perlu diperhatikan ibu-bapak adalah nanti tolong dipastikan

Dokumen-dokumen bukti yang menyatakan bahwa tiga jenis kepemimpinan itu betul-betul telah dilaksanakan dengan baik di level pubs dan juga di level PS ya Nah kita masuk sekarang bagian yang berikutnya adalah pengelolaan di pengelolaan ibu-bapak adalah kita bicara Bagaimana kita bicara terkait dengan pengelolaan fungsional dan juga pengelolaan operasional ya operasional

Maka pasti yang pertama Apakah ada enakan tolong dipastikan nih perencanaan apa-apa saja kegiatan-kegiatan kita yang terkait dengan perencanaan nah terus tahu dipastikan perencanaan mengatur dalam hal penderma perguruan tinggi ya tentang bulan tinggi nah ini sering banyak yang terjadi bahwa ketika kita bicara di hal pengelolaan itu kita masih bicara lagi

Standar 20 standar di sebut tidak perlu karena itu sudah ada masuk di dalam Pertanyaan nomor 2 kebijakannya hanya Disini yang dipastikan adalah contoh-contoh baiknya saja praktek-praktek baiknya saja dalam hal perencanaan dalam hal pengorganisasian ya dalam hal penempatan personilnya dalam hal pengarahan atau lebihnya dan juga dalam hal controlling dan juga dalam kagetnya

Ini bukan harus kita pastikan untuk apa untuk tiga bidang untuk tiga bidang untuk tinggal bidang-bidang pendidikan pengajaran bidang penelitian publik di dan juga bidang pengabdian kepada masyarakat scan lagi Ibu Bapak tolong dalam menjelaskan itu praktek-praktek baiknya ya praktek-praktek baiknya bukan menjelaskan lagi standar-standar apa yang digunakan tidak itu semua

Standar-standar itu sudah ada di pertanyaan terkait dengan kebijakan yang berikutnya ibu bapak kita bicara mengenai penjaminan mutu di penjaminan mutu ibu bapak ada 4 hal yang harus kita pastikan ya dengan pastikan yang pertama adalah harus dipastikan ada organisasi di level upps ya dan di DPS pastikan ada sk-nya ya pasti kadar sk-nya ilah

Sebagai bukti dokumen pembentukan organisasi penjaminan mutu ya kweh pimpinan Raya SKW pimpinan kalau Universitas pasti sk-nya oleh mereka Setelah itu Bapak Ibu tolong nanti dipastikan yang kedua adalah ketersediaan dokumen spmi silahkan nanti bapak hanya menyebut misalkan adalah perguruan tinggi telah menetapkan kebijakan spmi yang berlaku di level UBS

Dan berlaku di level PS disebut aja Bapak Ibu yang kedua dokumen standar nanti pastikan dokumen standar yang ditetapkan oleh PT ya terdiri dari staf 24 standar nasional pendidikan tinggi dan standar pendidikan tinggi yang takkan oleh PD yang dirujuk dipedomani oleh siapa dipedomani oleh BPS dan juga PS untuk memastikan

Keterlaksanaannya itu disebut bapak ibu disebut mau disebut jenis-jenisnya oleh atau hanya disebut jumlahnya juga boleh pada masa akhir misalnya telah Dek telah ditetapkan 24 standart nasional pendidikan tinggi dalam kurung 8 standar nasional pendidikan 8 standar penelitian 8 standar pengabdian kepada masyarakat dan ditambah dengan jeruk 10 standar pendidikan tinggi yang

Ditetapkan oleh kita kering disebut bisa pusing bapak-ibu yang disebut juga Ibu Bapak bahwa memang kita sudah ada manualnya juga disebut juga ada manualnya tolong nanti dipastikan bahwa untuk setiap Tanda itu sudah ada manualnya gini pada saat ini ya perguruan tinggi telah menetapkan dia manual yang mengatur tentang

Two setiap standart gitu bomnya dan ada formulir pemulihannya setelah itu nanti Ibu Bapak bagian yang ketiga yang harus dibawa pastikan adalah tolong nanti dipastikan bahwa ada bukti keterlaksanaan twitch Oh ya gimana di level upps Ya itu apa ada penetapannya pastikan nanti penetapan standar dilakukan oleh perguruan tinggi pelaksanaan standar me di lakukan oleh

Upps ya kemudian evaluasi melibatkan UBS dan juga PS pengendalian itu melibatkan nukleus dan juga PS peningkatan itu melibatkan upss dan juga perguruan tinggi banget dijelaskan Bapak Ibu ya dan yang terakhir yang harus dipastikan di sini Bu Bapak adalah bahwa ada upaya kita memastikan efektivitas pelaksanaan penyuluhan butuh kita yaitu apa ada RTM

Yang ada RTF RTM ya ditingkat PPS dan juga RT di tingkat perguruan tinggi tetapi bapak memasak fokus pembahasannya Pada pelaksanaan RT di tingkat PPS ya Dan nanti sampaikan juga Bopak sini bahwa pada saat pelaksanaan RT itu dibuatkan juga adalah rap rumusan ah rencana tindak lanjut itu untuk yang penjaminan mutu ibu-bapak yang

Berikutnya untuk mengenai kerjasama bekerjasama ini Bapak harus memastikan bahwa pastikan dulu bahwa kita sudah punya ketersediaan kerjasama ya dipastikan Berubah itu selama ini ada berapa kerjasama yang terkait dengan pendidikan kemudian kerjasama yang terkait dengan penelitian kerjasama yang terkait dengan pengabdian kepada masyarakat India pertama papa itu dipastikan dulu ada dilihat dari

Laporan kinerja program studi setelah itu ibu bapak adalah nanti turun pastikan nih Apa sih manfaatnya bopar Jelaskan manfaat dari masing-masing kerjasama tersebut Apa sih manfaat kerjasama di bidang piringan pengajaran yang selama ini sudah terlaksana Oh ya untuk Wetan juga untuk PSHT yang sama kerjasama di penelitian publikasi

Apa sih manfaat Jelaskan ibu bapak ya harus dijelaskan Bagaimana kemudian adalah tolong nanti dipastikan juga adalah kerjasama kerjasama yang sudah dibuatkan itu-itu juga sangat membantu program studi ya jadi fasilitasi memfasilitasi peningkatan kapasitas perguruan program studi tolong nanti pastikan Ibuku apa-apa apa saja nanti yang sudah dilakukannya dan yang

Berikutnya itu bapak adalah pulang nanti dipastikan juga bahwa ketika Bu baca Bu Bapak bicara mengenai kerjasama selama ini juga Ibu Bapak telah melakukan selalu evaluasi ya Bagaimana ya bagaimana ke kepuasan kita dengan Mitra kerjasama kita ya kemudian adalah bagaimana juga ini memberikan kepuasan juga kepada UKM dan juga kepada PSSI

Bagi dia dan yang berikutnya paling penting di kerjasama itu yang harus ibu bapak pastikan adalah bagaimana item kerjasama tersebut yaitu paling penting dan harus dicapai dengan secara clear ya harusnya secara clear terkait dengan jadi itu format yang bisa saya jelaskan terkait dengan pertanyaan yang ke-5 yaitu bicara mengenai indikator indikator kinerja utama

Hai Oke ini adalah yang Hai Kalau indikator kinerja tambahan ya indikator kinerja tambahan Hai nah Hai baik kita sekarang masuk ke bagian yang keenam dari kriteria2 yang membahas tentang indikator kinerja tambahannya di indikator kinerja tambahan ibu-bapak sebetulnya adalah tolong dilihat praktek selama ini yang dilakukan di perguruan tinggi kita masing-masing Apakah dalam

Tata Pamong di luar lima pilar itu apakah ada tambahannya atau tidak saya saya tidak menemukan sampai sekarang mengenai kalau kita bicara tetap Among memang adalah bicara mengenai di luar lima itu ya jadi saya tidak bisa menyampaikan indikasinya untuk itu tapi untuk tatapmu eh sikat itu untuk kepentingan bisa

Kalau masih ada namanya kan kepemimpinan organisasi kemudian operasional kepemimpinan publik Ya siapa tahu ibu bapak di sana ada misalnya kepemimpinan yang diluar itu bisanya engkau Bapak Ibu adalah kepemimpinan yang terkait dengan kepemimpinan ibu-bapak contoh misalnya dalam hal apa ya ke terkena kepemimpinan rohani Monggo ya saya ini tidak tahu

Pasti yang terkait dengan kepemimpinan ada di sana ya tapi kau bilang Tuhan itu bisa misalnya kalau kalau perguruan tinggi kita itu adalah berbasis Islam hal dengan kepemimpinan islam itu boleh kemudian kalau dia berbasis Kristen adalah keningnya Kristiani Monggo ditambahkannya itu yang kita katakan yang berikutnya adalah masalah pengelolaan tadi kan ada kita bicara

Mengenai aada plan ada organisasi Shakira juga tidak ada indikator kinerja tambahan disana kecuali adalah kita turunkan saja ya Bisanya adalah selama ini kita hanya punya Katakanlah perencanaan sampai level program studi yang indikator kinerja tambahan hilang adalah Katakanlah perencanaan sampai level sampai level bisanya adalah Ups up nya Hai bisanya ada perencanaan oleh

Laboratorium berencana oleh apa gede itu membuat gue juga masih tunggu dan boleh diturunkan dari indikator kinerja utamanya ya hal yang sama bisa nyala kerjasama kalau kata kala diikat ini Bapak kerjasamanya adalah edisi punya adalah kerjasamanya dibidang penelitian eh sering di bidang pendidikan pengajaran di bidang penelitian dan bilang pkm-gt ya pakai Bapak boleh

Menambahkan yaitu adanya kita terus sama bisa cetakan kerjasama yang terkait dengan aplikasi ya kerjasama yang terkait dengan perpustakaan misalnya yang terkait dengan pengembangan sistim masih kita mau tambahkan ikatnya di sana ibu bapak ya Nah itu ibu bapak yang bisa saya sampaikan mengenai indikator kinerja tambahannya kita Nah ya kemudian

Tadi Bapak Ibu misalkan ibu-bapak Katakana tadi Allah Tata Pamong yang kredibel misalnya kita itu apa Hai di luar praktik-praktik baik yang sudah kita lakukan itu ada nggak lagi hal-hal yang diluar itu yang harus kita bisa pastikan terukur sifatnya kemudian sistematis ya Dan kita bisa monitoringnya itu ibu yang bisa saya

Yang masalah kepuasan yang masalah kepuasannya masalah kepuasan Ibu Bapak sekalian yang yang saya belum dapatkan sebetulnya Bu Bapak adalah yang pertama juga kita pasti adalah sebelum kita sampai kepada instrumennya Sepertinya kita harus tahu dulu kepuasan Siapa yang kita ukur ya kepuasan Siapa yang kita ukur maka jadi kriteria2 ini Bapak

Survei kepuasan yang harus kita lakukan itu yang pertama adalah survei kita kepada mahasiswa Hai untuk mengetahui apakah layanan manajemen kita layanan pembelajaran kita tuh mereka puas apa tidak tergantung betul kayak Kenapa Tata Pamong kita ya Tata Pamong di kepemimpinan kita juga ya kemudian di pengelolaan kita juga gitu ya Nah itu

Juga dia kemudian yang berikutnya adalah sama setelah kita survei mahasiswa kita survei juga dosennya kita suka juga dengan kependidikan cantiknya kita kita supaya juga dengan lulusan kita makan sampai kepada pengguna lulusan dan mitra ya yang kita supaya sama kepuasan mereka terkait dengan layanan yang menghilang diatur didalam Tata Pamong kemudian kepemimpinan kemudian Tata

Pengelolaan dan juga kerja kerja sama ya ini tolong ibu bapak ini Setelah itu kita tahu dulu siapa yang kata survei baru yang kedua nih tolong dipastikan metodenya ya metode ini Kejaksaan akan ya pelaksanaan survei itu yang pasti dilakukan seperti apa ada metode-metode pelaksanaan survei nya ya kemudian Siapa yang terlibat di dalamnya

Kemudian yang Setelah itu kita lakukan ibu-bapak adalah kita bicara mengenai hasilnya matikan hasilnya tadi Bakti hasilnya Apa hasil survei kita kepada mahasiswa hasil survei kita kepada dosen hasil survei kita kepada teknik hasil survei kita kepada lulusan hasil survei kita kepada pengguna lulusannya Setelah itu Bapak Ibu Maka nanti kita pastikan

Ada berikutnya adalah tindak lanjut Ketika kita bicara tidak mandi itu harus disesuaikan dengan umpan balik dari hasil survei kapas umpan baliknya mereka Yanti ketika kita membuatkanku soner mengenai survei kepuasan pengguna tadi atas enam pengguna ibu-bapak ya nanti Ibu Papa harus memastikan apa si umpan baliknya hai ketika kita merumuskan tindak lanjut

Mohon nanti Ibu Bapak dipastikan rumusan tindak lanjut kita itu berasal dari umpan balik yang disampaikan oleh pengguna yang kita survei dalam pelaksanaan survei kepuasan pengguna ya jadi beberapa sekalian yang saya mau pastikan sekali lagi adalah tolong dipastikan dulu yang pertama adalah ya pihak yang kita sutedja pertama yang kedua metode pelaksanaan supirnya ia

Mulai dari sebab customernya penyebaran kuesioner nya pengolahan customernya ya sampai dengan pengolahan datanya ya sampai dengan analisanya dijelaskannya kemudian hasilnya dijelaskan dan yang berikutnya yang harus dijelaskan di Bopak adalah Apa umpan balik ya umpan balik dari pengguna kita dan yang terakhir adalah rumusan tindak lanjut kita berdasarkan umpan balik yang Agan

Oleh si pengguna susuk Hai dan tentunya adalah manfaatnya sampaikannya manfaat-manfaat apa yang kita dapatkan dengan pelaksanaan survei itu dan dipastikan ya survei itu kita lakukan secara periode sistematik dan terstruktur serta terdokumentasikan dan dilaporkan dengan baik ya itu ibu bapak yang bisa saya jelaskan terkait dengan hal-hal apa yang

Harus kita Jelaskan di pertanyaan yang ketujuh terkait dengan kepuasan pengguna it ibubapa sekalian sekarang yang nomor 8 ya umur8 naik hai hai Bapak sekalian terkait dengan pertanyaan yang nomor 8 yang mengenai tinjauan manajemen di sini sebetulnya belum apa adalah pengendaliannya pengendalian Apa yang dilakukan oleh BPS ya berdasarkan

Apa yang sudah dilakukan oleh penjamin mutu mulai dari hasil penetapan pelaksanaan dan evaluasi ya jadi sekali lagi Ibu Bapak ada ketika kita bicara di sini pengendalian tolong juga yang mau dipisahkan terlalu dibuatkan dalam empat bagiannya empat bagian apa pengendalian yang kita yang sudah kita pastikan terkait dengan tata Pamong apa sih

Pengendalian kita lakukan terkait dengan kepemimpinan terkait dengan pengelolaan terkait dengan kerjasama ya jadi di sebuah spesifik seperti itu kering yang diminta ya pengendaliannya Ibu Bapak tolong dipastikan bahwa semua proses pengembalian itu dilakukan setelah melaksanakan rapat hijau manajemen ya yang dilakukan di level Ups dan juga di level perguruan

Tinggi Diana Nanti dari situ bapak ibu bapak nanti harus menjelaskan rencana tindak lanjut apa dalam artian pengendalian Apa yang dilakukan terkait dengan Hai ada kamu terkait dengan kepemimpinan terkait dengan pengelolaan terkait dengan kerja sama ya Dan tolong dipastikan nanti Ibu Bapak ini semua hanya akan bisa ibu bapak buatkan dengan

Baik jikalau di dalam nomor 4 evaluasi pelaksanaan standar ibu-bapak telah mendeskripsikan dengan baik juga ya di standar-standar yang saya sebutkan tadi itu mana yang harus dikendalikan mana yang harus ditindaklanjuti Demikian Ibu Bapak yang bisa saya jelaskan terkait dengan tinjauan manajemen di pertanyaan yang I Max bebas Terima kasih coba bye jadi

Ah demikian gue kalau nomor 9 kesimpulan hasil dan tidak lagi bukan nanti Ibu Bapak setelah nanti memperbaiki setelah menyusun pertanyaan 1234 sampai delapan nanti baru dan ibu bapak bisa memastikan temui pemosisian kita ya tolong nanti diperhatikan dibidang mana kita punya kekuatan dibidang mana kita punya kelemahan ya dibidang mana kita punya

Apel uang dibidang mana kita punya ancaman gitu ya nanti dari Saat itu Ibu Bapak bisa mendapatkan posisi kita sekarang berada di mana ya Nah setelah itu nanti bapak ibu detail karena disini tidak lanjut kita merupakan peningkatan Ya rencana peningkatan kita ya mati peningkatan rapat peningkatan standar tentang apa tentang tata Pamong tentang

Tata kelola ya tentang kepemimpinan dan tentang kerja sama itu bapak ibu Yang ibu bapak harus Jelaskan di bagian yang Hai kesimpulan hasil dan tindak lanjut ya jadi rencana pengembangan perbaikan khususnya rencana pengembangannya peningkatan standarnya ingat ibubapa sekalian Ketika kita bicara bicara mengenai ciri-ciri What sebetulnya wa kita bicarakan adalah selalu selalu

Harus didasarkan kepada pemahaman kita atas standar Tata Pamong kepemimpinan pengelolaan dan kerja sama hidup di [Tepuk tangan] nyentuh rumput-rumput rumput-rumput [Musik] [Tepuk tangan] [Musik]

Video ini akan menjelaskan BAGAIMANA MENYUSUN LAPORAN EVALUASI DIRI PRODI kriteria 2: TATA PAMONG, TATA KELOLA DAN KERJASAMA. Penyusunan Laporan LEDPS sangat penting untuk memastikan proses akreditasi prodi.

#akreditasi
#hisarsirait
#ledps4.0
Sobat Hisar Sirait, Info tentang #BAGAIMANA #MENYUSUN #LAPORAN #EVALUASI #DIRI #PRODI #KRITERIA #TATA #PAMONG #TATA #KELOLA #DAN #KERJASAMA ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:45:57 detik.


Begitulah sekilas tentang BAGAIMANA MENYUSUN LAPORAN EVALUASI DIRI PRODI- KRITERIA 2: TATA PAMONG, TATA KELOLA DAN KERJASAMA yang telah dilihat oleh 2772 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Hisar Sirait 2757

4 thoughts on “BAGAIMANA MENYUSUN LAPORAN EVALUASI DIRI PRODI- KRITERIA 2: TATA PAMONG, TATA KELOLA DAN KERJASAMA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *