#UGMUpdate Penerimaan Mahasiswa Baru 2023

2023-03-30 08:15:33 00:40:26 Baik terima kasih Halo kawan UGM Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh salam sejahtera bagi kita semua Dan salam sehat selalu tentunya untuk kawan UGM dimanapun anda berada ya hari ini saya ada yang menemani Kanu game semua di UGM update untuk edisi hari ini sebelumnya ini selamat menjalankan ibadah puasa bagi kawan UGM

Yang menjalankan dan tidak terasa kita sudah masuk hari ke-8 ya Nah Semoga selalu dilancarkan terus puasanya sampai besok kita ketemu di momen Lebaran ya Dan kemarin juga di tanggal 28 Maret ya ini sudah diumumkan Siapa saja yang berhasil lolos dan diterima di Universitas Gadjah Mada melalui jalur snbp Tentu saya juga ingin mengucapkan

Selamat nih untuk Gajah Mada muda yang berhasil masuk di UGM dan selamat datang di kampus Universitas Gadjah Mada bagi yang belum masih ada beberapa rangkaian seleksi yang ditawarkan mulai dari snbt atau yang berbasis tes dan sampai ke seleksi Mandiri dari masing-masing perguruan tinggi nah yang akan kita

Bahas di edisi hari ini adalah salah satu proses seleksi Mandiri di Universitas Gadjah Mada yaitu penelusuran bibit unggul termasuk kabarnya ada program penelusuran bibit unggul yang baru yang ditawarkan oleh Universitas Gadjah Mada di tahun 2023 ini Bagaimana prosedur penerimaan mahasiswa baru dan kesiapan UGM untuk pelaksanaan program penelusuran bibit

Unggul Ini dan seberapa banyak ini mahasiswa atau calon mahasiswa yang akan diterima lewat jalur penelusuran bibit unggul kita akan bahas di UGM update edisi hari ini sudah hadir bersama dengan kita semua di sini melalui sambungan Zoom meeting direktur pendidikan dan pengajaran Universitas Gadjah Mada hadir Selamat siang Prof gandas Selamat siang

Sehat semoga semuanya juga sehat alhamdulillah ini kemarin juga fakultas Alhamdulillah banyak sekali yang hadir yang datang ke GSP ya Prof ya terima kasih sekali Banyak yang hadir banyak yang mengikuti di YouTube juga ini salah satu momen yang menarik itu saat mereka bisa tour keliling kampus ini salah satu informasi yang luar biasa ini

Ada lagi dan lebih meriah ya lebih banyak ya terima kasih siap mendukung pokoknya Prof apapun yang nanti Prof ganda saya lakukan dengan teman-teman DPP nanti kita support gitu ya terima kasih propagandas dan Prof ganda sini nanti akan menemani kita selama mungkin 30 menit ke depan untuk menjawab pertanyaan mengenai penerimaan mahasiswa baru jalur

Penelusuran bibit unggul dan untuk game yang ingin mengajukan pertanyaan boleh sekali karena hari ini kita live di 5 platform media sosial Universitas Gadjah Mada Mungkin propagandas pertanyaan pertama jalur ini ini kan jalur yang dimiliki oleh Universitas Gadjah Mada ya ini apakah bisa diikuti oleh seluruh lulusan SMA SMK Ma di tahun sebelumnya atau

Hanya khusus di tahun 2023 saja Bro Mas Adit Makasih pertanyaannya Boleh saya mulai dengan menjelaskan dulu ya walaupun beberapa kali kita sudah menjelaskan tadi snbp sudah selesai sudah diumumkan Selamat bagi yang sudah diterima Selamat datang snbt ini pendaftaran juga udah mulai gitu ya kemudian UGM punya jalur mandiri jalur mandirinya itu ada

Penelusuran bibit unggul ada yang kemudian berbasis komputer yang tadi Mas ditanyakan yang akan kita bicarakan sore ini adalah yang penelusuran bibit unggul pertanyaannya Apakah boleh kalau yang lulus kemarin mendaftar begitu ya Mas Adit ya Nah penelusuran bibit unggul itu ada beberapa macam saya sebutin dulu ya penelusuran bibit unggul tidak mampu

Nah kalau yang penelusuran bibit unggul tidak mampu ini dia Apa ada beberapa dia harus menempuh kelas terakhir kelas terakhir SMA Ma SMK sederajat atau paket c yang pada saat daftar tahun ini sehingga nanti pada saat mendaftar itu perlu ada surat keterangan bahwa memang yang bersangkutan itu sedang ada di

Kelas tersebut karena mungkin belum belum selesai atau kalau sudah lulus ya telah lulus pada tahun berjalan ini ya Mas Aditya tetapi ada bentuk yang kedua yaitu penelusuran bibit unggul berprestasi nah penelusuran bibit unggul berprestasi ini ada yang dua macam ya ini yang Cluster iptek Jadi kalau dia memang mempunyai

Prestasi-prestasi di bidang iptek begitu ya Nah ini sedang menempuh kelas terakhir Mas Adit kelas terakhir SMA Ma SMK atau yang sederajat atau paket c yang akan lulus pada tahun berjalan Ini masa jadi bukan yang yang telah lulus gitu ya sehingga harus mempunyai surat keterangan sedang menempuh kelas 12 atau surat ke

Apa di kelas terakhir gitu ya Nah kemudian Cluster kedua itu Cluster olahraga dan seni Nah kalau yang ini Mas Adit ini agak berbeda kalau yang tadi tahun berjalan akhirnya artinya tahun ini kalau ini bisa lulusan SMA MK SMK sederajat pada tahun berjalan atau satu tahun sebelumnya kemitraan Ini sama ini lulus pada tahun

Berjalan kemudian ada lagi yaitu penulisan bibit unggul kemitraan tugas belajar sekolah vokasi Nah kalau ini bisa lulusan SMA yang lulusan memang 3 tahun terakhir ya ini sekolah aku kasih ya khusus sekolah vokasi sarjana terapan lulusan SMA Ma SMK sederajat 3 tahun terakhir kemudian ada lagi penelusuran bikin patung SMK

Dan ini untuk sekolah vokasi Nah ini juga sedang menempuh kelas terakhir Jadi bukan lulus sebelumnya ya misalnya ya kemudian ada lagi tadi yang apa beberapa mungkin sudah mulai membaca yaitu penelusuran bibit unggul 3t 3t maupun 3t yang untuk kolaborasi laboratorium UGM ini kelas terakhir jadi kelas tahun

Berjalan itu Mas Adit jadi dari seluruh program tadi memang yang memungkinkan untuk lulusan yang tidak tahun ini tapi tahun sebelumnya itu yang PBU yang berprestasi yang Cluster seni dan olahraga serta yang kerja sama untuk tugas belajar yang semoga jelas ya jelas-jelas sekali Bro jadi memang ada peruntukan yang khusus untuk Yang

Lulusan tahun ini dan ada juga yang untuk Gebyar berarti gitu ya jadi memang semuanya harus detail ada informasinya Prof jadi Um dan ugm.ac.id ya ada ada siap Kalau boleh tahu Prof untuk jalur ini dalam artian PBU akan ada tes praktek atau hanya seleksi melalui dokumen portofolisi kalau PBU ini Bro ya

Itu juga macam-macam Mas Adit ya jadi saya kembalikan satu persatu lagi Jadi kalau penelusuran bibit tidak mampu itu nanti dia harus memiliki prestasi akademiknya saat sekolah itu secara baik dan konsisten begitu ya Nah ini nilai pengetahuan dalam raportnya itu wajib lebih besar tanam sama dengan kriteria ketuntasan minimal untuk semua

Mata pelajaran pada semester 1 sampai semester 5 atau semester 1 sampai semester 7 kalau itu dari SMK yang program 4 tahun yaitu yang pertama direkomendasikan oleh sekolah dan termasuk 25% siswa terbaik di kelasnya gitu masa dijanak tentu ada syarat lain kalau yang penelusuran bibit unggul tidak mampu tadi memiliki Kartu

Indonesia Pintar kuliah Kip kuliah atau pendaftar Kartu Indonesia Pintar kuliah yang tercatat dalam data terpadu Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial kemudian ada pendapatan kotor gabungan orang tua wali penanggung biaya itu kurang atau sama dengan 4 juta atau pendapatan kotor gabungan orang tua wali penanggung biaya dibagi jumlah anggota keluarga itu paling banyak sebesar 750.000

Pendidikan orang tua wali setinggi-tingginya sarjana sarjana terapan dan tahun berjalan sehingga untuk yang PBU tidak mampu ini itu dilihat dari itu mas syarat-syaratnya itu kemudian nanti kita melihat prestasinya dari raport dan seterusnya tadi ya dan berbagai apa kita cek berbagai syarat-syaratnya tadi Nah kemudian kalau untuk penulisan bibit unggul berprestasi

Mas Adit ini dia harus memiliki prestasi akademik baik dan konsisten gula kemudian ini nilai pengetahuan dalam rapor itu sama dengan tadi lebih besar sama dengan kriteria KKN ya untuk semua mata pelajaran semester 1 sampai semester 5 atau semester 1 sampai dengan semester 7 bagi SMK dengan program 4

Tahun Nah sekarang juara ini karena tadi penelusuran bibit unggul berprestasi itu ya itu ada juara kalau yang iptek itu bisa Misalkan Matematika Fisika Kimia komputer biologi astronomi ekonomi di bidang lain juaranya itu satu finalis atau juara 1 juara 2 juara 3 dalam kompetisi Internasional ada contoh-contohnya kompetensi kompetisi

Internasional Mas Adi kemudian juara 1 juara 2 atau juara 3 dalam Kejuaraan tingkat nasional yang diselenggarakan oleh disitu ada Kementerian Pendidikan Kebudayaan riset ada tentu saja berbagai Olimpiade yang diakui oleh pusprenes dan atau yang diselenggarakan UGM juara 1 tingkat provinsi pada Olimpiade yang diakui oleh pusprenas nah sehingga itu nggak ada

Tambahan tes lagi Mas jadi berdasarkan berdasarkan itu tadi rapor dan kejuaraan yang diikuti dia direkomendasikan oleh sekolah dan termasuk 25% siswa terbaik di kelasnya masa Dina sekarang kalau yang Cluster olahraga dan seni ini agak beda masa di nah Cluster olahraga dan seni itu tadi selain nilai KKM nya itu

Harus lebih nilai-nilai raportnya lebih besar dari KKM semuanya juara bidang olahraga ini yang olahraga ya di akui oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia Koni ya olahraganya juara apa saja ya juara 1 2 3 4 5 internasional Jadi kalau internasional sampai bisa juara 5 kalau nasional itu bisa juara 1 juara 2

Atau juara 3 Pekan Olahraga Nasional kejuaraan nasional Kejurnas Pekan Olahraga pelajaran nasional Olimpiade olahraga siswa gitu ya atau juara 1 juara 2 Pekan Olahraga daerah Daerah itu biasanya di provinsi ya Mas Adit ya Nah itu kan ada Pekan Olahraga pelajar daerah misalnya Popda dan seterusnya kalau yang seni itu

Macam-macam seni Mas Adit baik yang perorangan maupun beregu termasuk fotografi masing-masing BN MTQ orkestra seni musik paduan suara seni pop seni tari karawitan sinden macam-macam lah ya seninya itu nah juara lomba seni ini ada juara 1 2 3 4 internasional atau mengikuti pentas-pentas tingkat internasional yang direkomendasikan kan

Banyak yang Mas Adit ya teman-teman yang kemudian mengikuti Apa itu lawatan seni misalnya ya ke berbagai negara gitu ya itu kalau itu direkomendasikan oleh dewan kesenian atau kebudayaan daerah itu bisa disertakan masa di atau tadi juara 1 juara 2 juara 3 Pekan Olahraga seni Porseni gitu ya tingkat nasional itu ada

Beberapa jenisnya juara 1 juara 2 Pekan Olahraga dan seni Porseni ya festival dan lomba seni siswa nasional dan seterusnya itu banyak macamnya direkomendasikan oleh sekolah dan nanti ini agak beda rekomendasi kalau yang lain tadi 25% kalau ini 50% siswa terbaik di kelasnya atau 60% siswa terbaik di kelasnya kalau dia juara 1

Atau juara 2 nasional atau 1 2 3 4 5 kalau internasional Nah untuk ini tadi yang seni dan olahraga akan ada validasi kayak semacam tes prakteknya gitu ya bahwa untuk melihat yang bersangkutan itu memang benar-benar mempunyai kemampuan itu olahraga atau seni itu masa di Nah kalau yang kemitraan sama itu berdasarkan

Nilai rapor tadi juga dia 25% terbaik di kelasnya dan ini tentu saja ada kerjasama Tridharma dengan UGM minimal 1 tahun begitu ya nanti pendanaannya akan ditanggung oleh penyandang dana Mitra ini kemudian di sana apa saja yang harus oleh Mitra ada kemudian kalau yang tadi untuk tugas belajar itu juga

Berdasarkan nilai rapor Kemudian untuk yang pengusaha bibit unggul SMK yang untuk prestasi itu juga nilai rapor dan dia 25 terbaik di kelasnya itu dan syarat-syarat lain yang PB u3t dan pbo3t untuk Lab UGM juga 25% terbaik kemudian dia nilai apa nilai raportnya melebihi KKM untuk 5 semester

Atau 5 semester ya dan tentu ada syarat-syarat administrasi syarat khusus lain nanti saya bisa jelaskan lagi Terima kasih Bro ini saya tertarik yang tadi PBU berprestasi itu kan paling tidak ada istilahnya diakui oleh puspresnas Nah kalau yang nasional Dia pernah ikut nasional tapi kompetisi itu tidak diakui oleh puskesnas Katakanlah seperti itu

Apakah bisa dicantumkan dilampirkan nantinya Bro kami ada tim untuk memverifikasi kita tahu bahwa sekarang banyak sekali kejuaraannya macam-macam kejuaraan nah Nanti kalaupun itu akan Ia di dalam web kita itu sudah ada contoh-contoh yang oke itu kita akui gitu ya tetapi bisa saja biasanya teman-teman juga mencantumkan ini sebenarnya tingkat nasional nih tapi kok

Belum ada di daftar Putra dicantumkan kami akan verifikasi yang jelas akan verifikasi betul nggak ini seperti apa ini dan seterusnya berarti dicantumkan saja begitu ya nanti panitia pusat panitia seleksi yang akan memverifikasi itu Ya siap Baik terima kasih program di sini pertanyaan-pertanyaan dari kawan UGM cukup banyak Prof yang sudah masuk ke

Kami melalui beberapa platform media sosial di Universitas Gadjah Mada salah satunya mau nanya ini terkait dengan pbutn atau penelusuran bibit umum tidak mampu untuk sertifikat Apakah boleh sertifikat non akademik tidak mampu sertifikat pertanyaannya Apakah sertifikatnya itu boleh dilampirkan yang non akademik untuk mungkin sedikit menambah nilai Mungkin maksudnya

Tidak apa-apa tetapi nanti kita memang ada satu tim ya memang membuat formula kursus untuk Seperti apa kita membuat decision dengan berbagai formula yang sudah cukup amat Kita tetapi pada intinya kita melihat satu bahwa dia prestasi akademiknya baik gitu ya jadi dengan nilai-nilai rapor tadi sekian semester 5 semester atau 7 semester tadi

25% terbaik di kelasnya itu wajib ada dan wajib apa ya Ada ada rekomendasi dari sekolah kemudian kalau dia memang betul-betul bukti tidak mampu itu ini saya hati-hati ya bacanya yang bisa jadi memiliki Kartu Indonesia Pintar kuliah atau pendaftar Kartu Indonesia Pintar kuliah yang tercatat dalam data terpadu kesejahteraan sosial atau di TKS

Kementerian Sosial dan kemudian ada pendapatan tadi Nah itu lebih yang kita akan lihat masa Baik terima kasih Prof penjelasannya terkait dengan pbub kembali Prof ini ada pertanyaan mengenai pbub untuk pbub ini apakah nantinya menggunakan indikator alumni dan sekolah seperti snbp bro bro Bagaimana dcc-nya begitu ya Mas Adit ya

Itu nanti sebenarnya kita akan apa dari prestasi-prestasi itu akan dicek terutama dari kalau kalau yang apa kalau yang nilai-nilainya kan pasti ya Ada syarat-syaratnya tadi ya berapa KKM dan seterusnya berapa persen terbaik itu kan ada itu itu dicat kemudian prestasi-prestasinya jelas akan dicek Mas verifikasi betul nggak gitu Dan

Harapannya apa sih Mas teman-teman yang nanti diterima dari jalur berprestasi misalnya olahraga seni itu harapannya nanti setelah diterima itu juga bisa terus-menerus berprestasi membawa juga nama baik UGM dalam berbagai kompetisi entah seni entah olahraga itu mas Adi begitu nah kalau pertanyaannya Apakah nanti indeks-indeks sekolah akan dinilai

Ya itu secara umum nanti akan ada satu formula yang kita bisa melihat rapot-rapotnya itu dengan lebih lebih fair melihat rapor dari berbagai macam daerah dengan lebih Fairs tapi untuk jalur PBO ini dibuka untuk semua program Ya baik S1 dan sarjana terapan ya kecuali yang tadi Mas Adi kalau yang SMK ya

Tadi ya itu pasti hanya untuk yang sarjana terapan Mas Adi kalau yang lagi itu terbuka untuk kita kan punya 701 ya jadi itu terbuka untuk semuanya tapi kemudian Apakah nanti tentu saja ya mendaftar Oke tetapi diterima atau tidaknya kan pasti ada proses seleksi ya tapi ya kalau bicara kuota Prof rencana besok

Dari PBU masing-masing berapa itu bro Apakah ada ketentuan Mas Adit beberapa saat lalu ya dalam forum yang lain Saya sudah sampaikan bahwa untuk kuota keseluruhan tahun ini semua jalur smbp snbp kemudian Um yang ada PBU ada cbt itu 9.3002 yang masa di kemudian dibagi 30%

Sbp 30% snbt 40% Um yang ada PBU dan cbt selama ini 40% itu tidak tidak kemudian Dibagi berapa yang melalui cbt berapa yang melalui PBU nggak tetapi sebagian besar akan yang melalui cbt yang namanya PBU mesti lebih sedikit ya Mas Adit ya Nah nanti seberapa itu itu nanti akan dilihat dilihat dari berbagai

Prestasi-prestasi atau berbagai syarat-syarat tadi yang ada dan juga akan dilihat juga misalnya PBU tidak mampu Mas Adit ya kemudian kita lihat di jalur snbp kemarin kan juga ada teman-teman yang dari golongan secara finansial mungkin tidak mampu kita terima itu kan juga tidak sedikit snbt Nanti juga ada yang

Apa prestasinya bagus mungkin ada ini kita terima ya Nah akan dipertimbangkan juga dari sana tetapi keseluruhan keseluruhan dari cbt dan PBU ini keseluruhannya 40% dari total kuota yang akan dipakai ya Baik terima kasih profit untuk penjelasannya ada beberapa pertanyaan lagi yang mungkin akan saya sampaikan Prof untuk jalur pbub jika lulus

Administrasi Apakah tes keterampilannya akan di UGM langsung atau boleh di tempat lain bro memang pada waktu covid kemarin ini yang Mas Adit ya kita sulit untuk ke sini sulit untuk meresket sini karena distancing dan safety macam-macam ya tetapi kalau yang tahun ini kita akan menggoreng untuk di sini jadi yang lolos administrasi Wajib

Datang ke UGM untuk tes keterampilan begitu ya Oke Baik terima kasih Prov beberapa pertanyaan juga ini yang masuk rata-rata bertanya mengenai pbub Prov salah satunya kalau yang terbaik 25% di kelasnya itu hitungannya Seperti apa Prof tadi disampaikan juga ada yang 50% terbaik di kelasnya Apakah UGM punya kriteria tersendiri untuk itu

Kan dari kelasnya Mas Jadi itu Yang menentukan itu sahabat Mas kan bukan kemudian kalau itu pasti diterima bukan loh syarat mendaftarnya itu bahwa kalau tadi yang iptek ya dia direkomendasikan oleh sekolah dan termasuk 25% siswa terbaik di kelasnya Nah jadi sekolah ini yang akan memberikan rekomendasi bahwa si anak ini memang

Termasuk 25 terbaik di kelasnya gitu masa di itu syarat pendaftaran Tetapi kalau yang untuk tadi apa yang seni dan olahraga tadi ya Mas Adit terutama yang untuk seni dan olahraga tadi direkomendasikan oleh sekolah tapi kita tidak minta 25% tapi 50% terbaik di kelasnya atau masih boleh 60% terbaik di kelasnya sepanjang

Dia memang punya track record juara 1 atau juara 2 nasional atau kalau internasional sampai juara 5 gitu Mas Adi Nah itu sekolahnya sekarang kalau provinsi sekarang sudah enggak ada ya kalau dulu kayaknya minimal juara 1 tingkat rekomendasikannya Mas direkomendasikan rekomendasikan oleh sekolahnya Tetapi kalau dia punya prestasi-prestasi itu sampai provinsi masa

Diperhitungkan Jadi kalau untuk daftar itu dia direkomendasikan dulu oleh sekolahnya bahwa dia 50% terbaik nggak 50% boleh 60% deh akademiknya terbaik kalau dia punya tadi prestasi juara 1 2 nasional atau 1-5 internasional ini juga ada beberapa pertanyaan juga provinsi apakah masuk juga berarti ini yang menjawab tadi provinsi ya Jadi tadi

Sudah saya sampaikan sih kalau yang juara-juara baik olahraga maupun seni itu kan di provinsi juga akan diperhitungkan misalnya kalau olahraga tadi ada Porda gitu ya Popda Kejurda gitu ya itu ada kalau kalau seni di provinsi itu kan ada beberapa macam juga ya yang tingkat-tingkat provinsi gitu ya boleh

Baik terima kasih Prof Gandes ini ada juga beberapa yang menanyakan terkait dengan jalur PBU kemitraan untuk jalur kemitraan Apakah harus memiliki sertifikat atau juga bisa tanpa sertifikat Prof yang untuk kemitraan itu yang pertama sama dengan yang tadi ya Mas Adit ya bahwa dia harus nilai-nilainya tadi KKM semua semester 1 sampai 5 atau

1-7 tadi ya Mas kemudian 25% terbaiknya nah ini direkomendasikan oleh Mitra mitranya UGM itu Mitra Tridharma mas kita kan sebagai institusi juga perlu berkolaborasi ya dengan berbagai Mitra kita secara nasional internasional untuk mendukung Tridharma kita dan itu kerjasama ini sekurang-kurangnya sudah selama satu tahun mas Nah kemudian Apakah harus

Punya prestasi no n akademik Atau lainnya itu silahkan saja dilampirkan berarti kerjasama ini bisa dari Pemkab Pemprov begitu ya Prof ya salah satunya yang terkait dengan triderma gitu ya institusi Yayasan atau mungkin berbagai Mitra lain yang memang telah bekerjasama untuk mendukung Tri Dharma Baik terima kasih Prof untuk penariknya selanjutnya ini ada yang

Bertanya apakah bisa mendaftar lebih dari satu jalur dari PBU UGM program ya kalau mau mendaftar yang tidak mampu tidak mampu kalau yang berprestasi iptek berbeda iptek berinvestasi seni atau olahraga ya 9 olahraga terkait dengan ini juga Bro kan ada jalur nasional Ada jalur yang mandiri begitu kalau sudah diterima lewat jalur

Snbp boleh tidak ikut jalur PBU itu selalu tanya ya Mas ya Sebenarnya aku ada bagusnya juga ya kita tentu itu kan Ya nggak salah orang menganu ya Mas ya Mencoba mendaftar gitu tapi sebenarnya kalau sudah dirancang dengan baik Saya pengen ini dan kemudian setelah diterima jalur itu

Okelah ia akan memberi akses yang lebih untuk yang lain karena yang pengen kuliah kan banyak sekali Mas Aditya banyak sekali misalnya kayak kemarin yang mendaftar 25.000 lebih yang smbp itu yang yang diterima kan juga sedikit ya 30% ya ini berarti yang belum punya akses lebih banyak apa Belajar berpikir Semoga kita apa ya

Ini dengan pilihannya begitu untuk memberi yang lain kesempatan Oke Baik terima kasih Prof Gandes ini tadi yang pbub mungkin saya sedikit terlewat mungkin ya Apakah ada e-sport juga Prof gandas untuk yang jalur PBU berprestasi terutama mungkin yang olahraga Silahkan untuk dicoba dengan kritik kriteria tadi karena sebenarnya kalau

Yang olahraga itu begini sih Mas di situ ada disebutkan bahwa itu diakui oleh Koni gitu jadi di sana memang tertulis juara bidang olahraga yang diakui oleh Koni itu luas banget ya konni ya tinggal dicek di sana terima kasih tadi mungkin belum dipaparkan juga untuk PBU buka dari tanggal berapa sampai tanggal berapa

Tanggal 28 jam 8 Maret jam 3 hari lalu itu akan dibuka sampai 12 April 2023 pukul 15 tapi khusus untuk yang pbo3 sama 28 Maret sampai 7 Baik terima kasih proof Gandes beberapa pertanyaan juga ini ada yang muncul terkait dengan PBO SMK yang khusus untuk sekolah vokasi tadi ya Bro

Ya Apakah diperbolehkan memilih jurusan di sekolah vokasi yang berbeda jadi jurusan yang dulu dari SMK tidak ada larangan siap Terima kasih ini luar biasa sekali banyak sekali pertanyaan tapi mohon maaf sekali kita harus memilih beberapa pertanyaan saja karena beberapa pertanyaan yang teman-teman sampaikan sudah dijelaskan secara gamblang oleh tadi ya

Terkait dengan PBU TM kembali ini Prof Apakah kesempatan keterima siswa dari luar Jawa sama dengan siswa di daerah Jawa begini Mas Adit kalau jalur-jalur yang pbutn ya sama kita nggak memandang daerah Ya tapi kalau kemudian kita pengen Ada nggak sih afirmasi yang bersifat geografis ada yaitu yang pbu3t tadi Mas

Adit itu memang afirmasi geografis kita pengen meningkatkan itu ya Sehingga itu ya memang yang dari 3t diutamakan tapi kalau yang lain-lain tadi apa memang akan sama begitu baik berarti kalau boleh saya sedikit merangkum tadi Prof jadi PBU itu dibuka tanggal 28 Maret kemarin sampai maksimal 12 April kecuali yang PBU yang 3t tadi

Ya Prof ya Ini tadi juga disampaikan ya kita berikan kesempatan juga nih kalau misalnya sudah diterima lewat jalur snbp Janganlah daftar PBU begitu berikan kesempatan yang lain yang belum diterima belum beruntung begitu ya Prof ya Nah kalau misalnya ini dua-duanya Katakanlah pengen dan itu ngotot daftar bro sbp diterima PBU daftar juga

Diterima Apa yang harus dilakukan ya dilakukannya memilih kan Mas mau diterima semua pemilih salah satu begitu ya tapi saya kira teman-teman juga harus aware ya kalau di fakultas kemaren sudah dijelaskan dengan sangat jelas oleh Pro Budi cuman teman-teman yang di sini kan belum tentu ikut ya Dan saya kira di laman-laman

Seleksi nasional juga dijelaskan kalau diterima di smbp kemudian tidak dijalani kan dia tidak bisa ikut selama 2 tahun ya utbk dan seterusnya ya dan itu nanti juga bisa jadi ada pertimbangan-pertimbangan untuk yang tahun depan untuk sekolah tersebut ya Oke mungkin ini pertanyaan terakhir Prof terkait dengan PBU terkait dengan PBU

Berprestasi Apakah kejuaraan yang diikuti harus relate dengan jurusan yang akan dipilih ini kan sebenarnya waktunya udah mepet ya Mas ya Sehingga kan nggak bisa lagi saya ikut kejuaraan sekarang itu kayaknya ya yang mungkin tapi sempit banget ya Mas orang tinggal tanggal 12 April artinya mesti yang dimiliki Bener nggak yang dimilikinya tapi misalnya

Diterima atau misalnya dia juara Olimpiade Biologi apakah harus wajib memilih fakultas biologi begitu nggak ada nggak ada maka tadi saya mau gini ini kan waktunya ada mepet nih ya Jadi mesti kan punya sertifikat apapun yang memenuhi kriteria tadi provinsi nasional internasional tadi ya cantumkan saja memang bahwa nanti kemudian Seperti apa

Pengambilan keputusan di sini sudah ada koridor-koridor sih tetapi tidak ada larangan misalnya saya juara Olimpiade Fisika maka kemudian harus mengambil nifas fisika nggak Oke siap-siap terima kasih ini semoga yang bertanya mengenai hal tersebut terjawab ya Prof mungkin sebagai penutup mungkin ada laman atau mungkin media sosial yang bisa teman-teman kawan UGM ikuti supaya

Tidak termakan hoax tentunya informasi-informasi terkait Betul Mas Adit sebenarnya yang kita diskusikan ini tadi Mas Adit hampir semuanya ada di laman resmi Universitas Gajah Mada yaitu un.ugn.ac.id gitu ya Nah mungkin saya ingin saja Mas Adit menekankan pengalaman saya seringkali teman-teman ada yang kurang jeli membaca persyaratan Mas Adit

Ya jadi teman-teman yang mau mendaftar silahkan dibaca dengan sebaik-baiknya syarat yang ada disiapkan sesuai dengan petunjuk itu di sana di sana sudah ada Mas Adit template-template form foam yang harus dilengkapi diizi nah baca baik-baik isi sesuai yang disampaikan supaya Nanti secara administratif juga lolos Mas Adit kan sayang banget ya misalnya ya Misalnya

Prestasinya keren banget tetapi ada syarat yang nggak nggak bener misalnya harusnya ada rekomendasi 25% apa terbaik di kelasnya ternyata itu nggak ada nggak ada apa dari sekolah mana nggak ada kan sayang banget ada misalnya benar-benar berprestasi Nah apakah ada sih yang yang kurang-kurang kurang teliti baca dan kemudian

Oh ada di berbagai berbagai apa jalur penerimaan ada yang seperti itu jadi dibaca dengan baik dan ikuti syarat-syarat itu itu yang untuk PBU karena udah udah nggak nyiapin lagi tes udah nggak mungkin lagi benerin nilainya tidak mungkin ikut kejuaraan-kejuaraan juga udah sangat terbatas waktunya kan tinggal tanggal 12 nanti ya gitu jadi

Maka syarat-syarat yang perlu dibaca baik-baik begitu Mas Adi t Baik terima kasih sekali Prof ganda Sudah menemani kami di game update edisi kali ini Semoga teman-teman semua Kanu game yang menyaksikan tayangan video atau tayangan live kita hari ini ini diberikan informasi begitu ya dari Prof Gandes terkait dengan apa yang akan UGM

Laksanakan yaitu penelusuran bibit unggul tentunya ini salah satu kesempatan juga untuk kawan UGM yang mungkin kemarin belum beruntung lewat jalur smbp Ya silahkan bisa mendaftar lewat jalur penelusuran bibit unggul yang ada di Universitas Gadjah Mada tadi sudah dijelaskan secara lengkap dan gamblang sekali oleh prof Gandes ada banyak sekali dari mulai PBB prestasi

Kemitraan ada pbsmk sampai dengan pbu3t itu juga sudah banyak dijelaskan oleh prof gandas dan jangan lupa atau yang lainnya ya dari mulai tanggal 28 Maret ya dari mulai pukul 3 sampai dengan maksimal di tanggal 12 April 2023 dan tentunya kamu ini tadi juga sudah disampaikan oleh prof gandas informasi terkait dengan PBU

Itu hanya bisa didapatkan di lamanya Universitas ke Gajah Mada ya pastikan lamanya di um.ugm.ac.id ya jangan sampai teman-teman mendapatkan informasi PBU dari website lain ya karena itu mungkin belum tentu betul kebenarannya ya jadi pastikan teman-teman ikuti juga akun media sosial Universitas Gadjah Mada maupun akun media sosial dari adminis

UGM yang tentunya ini mungkin sudah membantu menjawab beberapa pertanyaan yang mungkin tidak bisa kami sampaikan saat live ini Terima kasih sekali Prof gundedes Sudah menemani kita di sore hari ini sehat selalu di luar sedang hujan hati-hati kalau misalnya akan kembali ke rumah program desk terima kasih atas perhatiannya Assalamualaikum warahmatullahi

Wabarakatuh Selamat sore semuanya terima kasih

Saksikan #UGMUpdate di
Di kanal-kanal berikut
– Youtube: Universitas Gadjah Mada
– Instagram: @ugm.yogyakarta
– Facebook: Universitas Gadjah mada
– Twitter: @ugmyogyakarta
Sobat Universitas Gadjah Mada, Info tentang #UGMUpdate #Penerimaan #Mahasiswa #Baru ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:40:26 detik.


Begitulah sekilas tentang #UGMUpdate Penerimaan Mahasiswa Baru 2023 yang telah dilihat oleh 19545 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Universitas Gadjah Mada 2426

45 thoughts on “#UGMUpdate Penerimaan Mahasiswa Baru 2023

  1. kakkk ijin bertanya untuk pbutm disitu tertera kalo hrus mempunyai bukti pendaftaran kip k yg terdata di dtks,kalau ada bukti pendaftaran kip k tapi tidak terdata di dtks itu bagaimana yaa?mohon dijawab ya terimakasih 🙏

  2. Kak izin bertanya mengenai pbub kalo semisal punya sertifikat fls2n tapi baca puisi, apakah bisa mendaftar? Atau hanya bidang seni saja? Apabila boleh, bagaimana ketentuan portofolionya

  3. Kalaw anak saya SMK 4 tahun ,sejak kelas 11 sudah ikut kelas EKONID hingga 2.5 tahun ,karena pendidikannya di Kelas 2 bulan di Industri 4 bulan setiap semester hingga lulus selama 4 tahun ,apakah itu bisa ikut PBU

  4. Maaf izin bertanya, berarti lulusan SMA yg tdk memiliki prestasi tidak bisa daftar ya? Tahun lalu ada yg namanya PBUSMAK namun sekarang sepertinya sudah diubah menjadi PBUSMK .

  5. Selamat pagi, izin bertanya:
    1. PBU jalur tahfidz apakah benar masuk jalur seni?
    Jika benar apakah cukup dg melampirkan sertifikat tahfidz nya saja?
    2. Termasuk siswa eligible waktu SNBP tp ga lolos, apakah juga hrs melampirkan surat keterangan 15 besar siswa berprestasi?
    Mhn di jawab. Trmksh

  6. Izin bertanya, saya tidak memenuhi syarat 25% siswa terbaik di kelas untuk PBUTM. Tapi, saya terdaftar KIP Kuliah. Saya juga memiliki sertifikat Marching Band yang memenuhi syarat di PBUB. Mohon bimbingan nya bagi yang tau 🙏

  7. Prof/Admin, izin bertanya, upload raport dan dokumennya itu Maksimal 2 Megabit atau 2 Megabyte? Karena saya kemaren sudah berhasil daftar PBUK, filenya beberapa 1.7 MB seperti MoU dan sertifikat prestasinya.
    Mohon Penjelasannya.

  8. Halo kak izin bertanya. Kira-kira faktor apa yang mempengaruhi seseorang tidak lolos Jalur pbutm? Padahal Jika dilihat kembali kriteria dan persyaratan yang ada orang tersebut layak untuk dapat karena memenuhi persyaratan yang ada.

    Contoh nya seperti memiliki KIP,kks,PKH, dapat bantuan sosial, gaji orang tua di bawah 4 JT (hanya ayah yang bekerja), termasuk dalam 25% siswa terbaik selama 5 semester, nilai yang tidak terlalu rendah, lalu melampirkan sertifikat Nasional juga.

    Jujur masih bingung jika tidak lolos juga. Padahal kriteria syarat untuk kip-k saja yg terpenuhi 4 dari 5 Syarat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *