“Standar Akreditasi Nasional Pendidikan” || Oleh Kelompok 4 PAI A || Pascasarjana IAIN Ambon

2021-08-01 21:44:22 00:14:32 Halo assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Selamat pagi dan salam sehat untuk kita semua pada pagi hari ini kami dari kelompok empat mata kuliah manajemen pendidikan akan mempresentasikan hasil makalah kami dengan judul standar Akreditasi Nasional pendidikan yang kami hormati bapak Doctor Ismail dpmtk dan ibu dokter Nurhasanah MSI selaku dosen pembimbing mata kuliah manajemen pendidikan berikut
Ini saya Perkenalkan anggota-anggota kelompok kami yang pertama adalah Yasir Rabbani Attamimi kedua Nur Annisa Morotai ketiga Cici Ainul mardhiah keempat empire-war dan yang terakhir Nuraini W Mari sama-sama kita menyimak pemaparan materi kelompok 4 berikut ini sebagai salah satu upaya penjaminan mutu pendidikan dalam hal ini Pemerintah melaksanakan penilaian mutu secara
Periodik dan menyasar ke semua sekolah untuk melaksanakan tugas ini pemerintah membentuk sebuah lembaga khusus yaitu Badan Akreditasi Nasional sobat penyelarasan antara standar nasional pendidikan atau SMP dan sistem akreditasi mutlak dilakukan untuk meningkatkan pembelajaran yang berkualitas satuan pendidikan penyelesaian ini merupakan amanah undang-undang sistem pendidikan nasional penyelarasan dimulai dari membangun kesadaran tentang pentingnya standar
Menyamakan persepsi terhadap makna dan cara mengimplementasikan standar serta mengukur pencapaian standar melalui akreditasi berdasarkan latar belakang diatas yang menjadi rumusan masalah pada makalah ini ialah Yang pertama Apa yang dimaksud dengan akreditasi untuk dua bagaimana perangkat akreditasi yang ketiga Bagaimana mekanisme pelaksanaan akreditasi yang keempat Bagaimana tantangan-tantangan make madrasah atau
Sekolah dalam pengembangan 8 standar nasional pendidikan yang menjadi tujuan penulisan pada makalah ini yaitu yang pertama menetap Q Apa yang dimaksud dengan akreditasi Kemudian yang kedua Mengetahui berbagai perangkat akreditasi yang ketiga mengetahui mekanisme pelaksanaan akreditasi dan yang keempat mengetahui tentang tantangan madrasah atau sekolah dalam pengembangan 8 standar nasional pendidikan istilah akreditasi berasal
Dari accreditation yang berarti pengakuan dalam KBBI akreditasi adalah pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang beragama yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah menilai bahwa Lembaga ini memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu gravitasi juga membahas dalam undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pada bab 11 pasal 60 sesuai
Dengan Permendikbud Nomor 59 tahun 2012 pasal 9 ayat uang dalam pelaksanaan aplikasi sekolah atau Madrasah ban-sm merumuskan kriteria dan perangkat akreditasi sekolah atau madrasah untuk diusulkan kepada Mendikbud selanjutnya pasal 16 ayat 1 menyebutkan bahwa menteri menetapkan kriteria dan perangkat akreditasi dengan memperhatikan standar nasional pendidikan penetapan kriteria dan perangkat akreditasi sebagaimana
Dimaksud pasal 16 ayat 1 didelegasikan kepada badan penelitian dan pengembangan setelah berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal terkait perangkat akreditasi sekolah atau Madrasah dikembangkan oleh ban-sm untuk menilai kelayakan suatu sekolah atau Madrasah berdasarkan kriteria yang mengacu pada standar nasional lebih launching yang hasilnya diwujudkan dalam bentuk pengakuan peringkat akreditasi Oleh karena itu perangkat akreditasi
Digunakan untuk mengukur sejauhmana sekolah atau Madrasah telah memenuhi standar nasional pendidikan komponen instrumen akreditasi disusun berdasarkan pada 8 komponen standar nasional pendidikan 8 komponen akreditasi sekolah atau Madrasah tersebut adalah yang pertama standar isi standar isi adalah ruang lingkup materi dan tingkat kompetensi kompetensi yang dituangkan dalam kriteria tentang kompetensi tamatan kompetensi bahan kajian
Kompetensi mata pelajaran dan Silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik Pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu kedua standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai standar kompetensi lulusan ngetiknya standar kompetensi lulusan standar kompetensi lulusan adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap pengetahuan dan keterampilan yang keempat standar
Pendidik dan tenaga kependidikan standar pendidik dan tenaga kependidikan adalah kriteria pendidikan prajabatan dan kelayakan fisik maupun mental serta pendidikan dalam jabatan yang kelima standar sarana dan prasarana standar sarana dan prasarana adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan kriteria minimal tentang ruang belajar tempat berolahraga tempat beribadah perpustakaan laboratorium bengkel kerja Tempat bermain tempat
Berkreasi dan berekreasi serta sumber belajar lain yang diperlukan untuk menunjang proses pembelajaran termasuk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi Hai yang keenam tanda pemenuhan standar pengelolaan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan perencanaan pelaksanaan dan pengawasan kegiatan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan Kabupaten atau kota provinsi atau nasional agar tercapai Efisiensi
Dan efektivitas standar standar pembiayaan adalah standar yang mengatur komponen dan besarnya biaya operasi standar penilaian pendidikan adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan mekanisme prosedur dan Instrumen penilaian hasil belajar berdasarkan Permendikbud Nomor Badan Akreditasi Nasional sekolah atau madrasah yang menetapkan kelayakan program dan satuan dasar dan menengah Hai informal dengan mengacu pada standar
Nasional pendidikan selanjutnya pada pasal 1 ayat 6 dikabarkan bahwa sekolah atau Madrasah adalah bentuk satuan pendidikan formal yang meliputi Sekolah Dasar Madrasah Ibtidaiyah Madrasah Tsanawiyah Sekolah Menengah Atas SMA SMK MK sekolah dan satuan pendidikan formal [Musik] untuk program keahlian pada tentang Hai standar sarana SMK bagi program keahlian yang memiliki lebih dari satu
Kompetensi keahlian ketidak sih tetap dilakukan pada program keahlian dengan menilai seluruh kompetensi keahlian sekolah atau madrasah yang mengusulkan untuk diaplikasi harus memenuhi persyaratan berikut yang pertama memiliki surat keputusan pendirian atau Operasional Sekolah atau madrasah yang kedua memiliki peserta didik Pada semua tingkatan kelas itu memiliki sarana dan prasarana pendidikan yang keempat
Memiliki pendidik dan tenaga kependidikan yang kelima melaksanakan kurikulum yang berlaku dan yang terakhir telah menamatkan peserta didik mekanisme BKC sekolah ketombe tak dapat dijelaskan sebagai berikut yang pertama penetapan sasaran sekolah atau madrasah yang kedua sosialisasi dan penyampaian perangkat akreditasi yang ketiga pengisian dan pengiriman disemen aplikasi yang keempat penetapan kelayakan sekolah atau
Madrasah dan juga sana Factor yang kelima visitasi sekolah atau madrasah 2.6 predasi proses dan hasil visitasi yang ketujuh verifikasi hasil pegasi dan penyusunan rekomendasi yang ke-8 penetapan hasil dan rekomendasi aplikasi yang ke-9 penerbitan dan penyerahan sertifikat akreditasi hanya terakhir sosialisasi hasil akreditasi untuk menggambarkan polisi rumah Dasar atau sekolah tentang kita tercapainya
Terhadap 8 standar nasional pendidikan digunakan beberapa instrumen pertanyaan dan data pendukungnya sebagai berikut pertama saja isi pertanyaan mendasar yang perlu dijawab dalam menjelaskan pada misi adalah sebagai berikut yang pertama Apakah Madrasah memiliki Dokumen KTSP atau K13 yang lengkap yang kedua apakah memiliki tim pengembangan kurikulum yang ketiga Apakah penambahan
Jam pelajaran dan struktur kurikulum yang ada dalam Permendiknas dan lain sebagainya yang kedua standar proses standar proses Ia yang sering ditanyakan dan perlu dijawab adalah sebagai berikut yang pertama Apakah setiap guru telah mengembangkan dan memiliki Silabus dan RPP secara lengkap kedua apa saja macam-macam sumber belajar yang digunakan oleh setiap guru dalam proses
Pembelajaran yang ketiga Apakah setiap guru menerapkan teknik penilaian yang bervariasi Dalam proses pembelajaran dan pertanyaan lain sebagainya yang ketiga standar kompetensi lulusan beberapa pertanyaan yang dapat dipakai sebagai panduan dalam menyusun profil yang terkait dengan standar kompetensi lulusan yang pertama Apakah website sensasi kelulusan yang masuk di sekolah favorit tingkat kabupaten kota dan
Provinsi semakin meningkat yang kedua Apakah kejuaraan akademik atau non akademik tingkat kabupaten kota Provinsi dan nasional semakin meningkat yang ketiga Apakah lulusan memiliki penguasa penguasaan dan keterampilan ini dan lain sebagainya yang keempat standar pendidik dan tenaga lebih pertanyaan mendasar yang perlu dijawab dalam pertanyaan mendasar yang perlu dijawab dalam menjelaskan standar
Pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah atau majas adalah yang pertama berapa juga guru dan kependidikan di sekolah atau Madrasah dan bagaimana kualifikasi akademik nya tiga tahun terakhir yang kedua Bagaimana kondisi kepala sekolah atau Madrasah dalam tiga tahun terakhir dan yang ketiga bagaimana status masing-masing guru guru tetap dan
Guru tidak tetap dan Berapa lama pengalaman kerja mereka dan lain sebagainya yang kelima standar sarana dan prasarana Sebagai bahan pertimbangan dalam peningkatan sarana dan prasana sekolah atau madrasah yang perlu diperhatikan adalah satu lahan misalkan Apakah luasnya sesuai rasio murid atau dekat dengan Pemukiman yang kedua bangunan misalnya kesesuaian bangunan
Dengan rasio murid mengasihi yang ketiga tingkat keamanan lokasi lahan dan bangunan dan lain sebagainya yang Hai dan pengelolaan pertanyaan mendasar yang perlu dijawab dalam menjelaskan standar pengelolaan sekolah atau Madrasah adalah yang pertama Apakah sekolah atau Madrasah memiliki pedoman yang mengatur tentang pengelolaan pembelajaran yang meliputi KTSP atau k13dan Silabus dan RPP kalender
Pendidikan atau pakai demikian pengelolaan peserta didik dan lain-lain yang kedua Apakah sekolah atau Madrasah memiliki rencana kerja tahunan yang merupakan penjabaran rinci dari rencana kerja jangka menengah masa empat tahun yang meliputi kalender pendidikan atau akademis yang meliputi jadwal pembelajaran ulangan dan lain-lain serta jadul penyusunan kurikulum untuk tahun ajaran berikutnya dan mata pelajaran
Yang ditawarkan pada semester gasal atau genap yang ketiga Bagaimana sistem pengawasan yang dilakukan di sekolah atau madrasah yang meliputi pemantauan supervisi evaluasi pelaporan dan tindak lanjut wawasan yang ketujuh standar saat pertanyaan mendasar yang perlu dijawab dalam menjelaskan standar pembiayaan sekolah atau Madrasah adalah bagaimana kondisi smga and untuk pendidikan sekolah atau Madrasah baik
Yang terkait dengan biaya investasi biaya operasi maupun biaya personal baik yang bersumber dari pemerintah maupun masyarakat dan yang terakhir standar penilaian pendidikan pertanyaan mendasar yang perlu dijawab dalam menjelaskan penilaian pendidikan sekolah atau Madrasah adalah yang pertama Bagaimana penilaian hasil belajar kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia dan kelompok mata pelajaran lainnya Kedua
Apakah penilaian di sekolah atau Madrasah dilakukan oleh pendidik satuan pendidikan dengan pemerintah yang ketiga apa saja ketentuan-ketentuan yang ditetapkan bagi peserta didik untuk menyatakan naik atau tidak naik kelas Adapun kesimpulan dari presentasi kami yaitu akreditasi dilakukan untuk menentukan kelayakan program dan satuan yang pada jalur pendidikan formal dan
Nonformal pada setiap jenjang dan jenis pendidikan akreditasi terhadap program dan satuan pendidikan dilakukan oleh pemerintah atau lembaga Mandiri yang berwenang sebagai bentuk akuntabilitas publik demikian presentasi kami dari kelompok 4 kurang dan lebihnya kami mohon maaf wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh [Musik] hai hai
Sobat Tamim Studio, Info tentang #Standar #Akreditasi #Nasional #Pendidikan #Oleh #Kelompok #PAI #Pascasarjana #IAIN #Ambon ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:14:32 detik.
Begitulah sekilas tentang “Standar Akreditasi Nasional Pendidikan” || Oleh Kelompok 4 PAI A || Pascasarjana IAIN Ambon yang telah dilihat oleh 57 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Tamim Studio 872