AKHIRNYA LOLOS BEASISWA LPDP S2 ITB – KUPAS TUNTAS PERSIAPAN SAMPAI PENGUMUMAN ✨

2023-02-25 12:00:02 00:25:09 [Musik] alhamdulillahirobbilalamin Terima kasih Mama Papa doa kalian sudah tembus ke langit Terima kasih juga seluruh dosen pendidikan matematika khususnya dosen pembimbing skripsi saya sekaligus dosen Wali saya yang telah memberikan surat rekomendasi untuk daftar lpdp saya juga ucapkan terima kasih kepada teman-teman semua yang telah mensupport saya mendukung saya agar bisa lolos di lpdp

2022 kemarin seperti teman-teman ketahui syukur alhamdulillah di sela-sela kesibukan saya dalam mengajar membuat konten YouTube saya masih bisa berjuang di lpdp 2022 tahap 2 kemarin dengan satu kali percobaan dan alhamdulillah itu langsung lolos teman-teman Oleh karena itu di video kali ini saya akan membagikan pengalaman saya viewer teman-teman ya Berdasarkan pengalaman

Saya dari awal seleksi administrasi sampai dengan di akhir itu wawancara dan dinyatakan lolos PDP jadi saya akan memberikan ya pengalaman ini kepada teman-teman semua baik teman-teman yang misalnya jalur afirmasi itu lebih bagus atau teman-teman yang reguler itu sama aja ya Jadi nanti silakan aja teman-teman tonton video ini sampai

Selesai Oke Sebelum saya menceritakan pengalaman saya saya akan memberikan dulu gambaran apa sih lpdp gitu ya teman-teman semua jadi di sini beasiswa lpdp jadi lpdp ini kan sebetulnya singkatan ya teman-teman ya kepanjangan dari lpdp itu adalah lembaga pengelola dana pendidikan jadi beasiswa ini adalah beasiswa untuk seluruh putra-putri

Terbaik bangsa yang ingin melanjutkan S2 ataupun S3 baik di dalam maupun di luar negeri jadi siapapun yang ingin kuliah S2 atau S3 di dalam maupun di luar negeri itu bisa teman-teman daftar di lpdp karena lpdp udah mengcover semua semua kelompok baik temen-temen dari afirmasi baik teman-teman dari reguler baik teman-teman targetin gitu ya

Semuanya ada teman-teman itu teman-teman ya definisi dari lpdp sendiri dan lpdp memang dinaungi oleh kementerian keuangan selanjutnya teman-teman ini menarik sih sebetulnya yang akan saya bahas selanjutnya adalah tentang pendanaan ya jadi pendanaan apa aja sih yang kita dapat dengan beasiswa ini Pokoknya teman-teman jangan khawatir kalau tonton udah dapat beasiswa ini

Teman-teman itu pembiayaan full di cover ya teman-teman Ya baik transportasi pun itu teman-teman misalnya dari rumah teman-teman ke kampus itu dibiayai teman-teman apalagi teman-teman yang keluar negeri Nah kan Menarik kan lalu apa saja sih yang diberikan oleh lpdp Nah di sini ada komponen pendanaan yang diberikan oleh lpdp saya lihat ya

Teman-teman nanti ada di sini pokoknya Jadi yang pertama itu adalah biaya pendidikan nah biaya pendidikan ini contohnya ada dana pendaftaran jadi dana pendaftaran teman-teman ke kampusnya itu nanti dibiayai teman-temannya tapi sistemnya rimbes untuk yang ini kemudian ada dana deposit dana deposit ini biasanya kan diminta oleh Universitas ya

Sebagai uang jaminan gitu kan Nah Setelah dinyatakan diterima Nah di sini juga rimbas juga teman-temannya kemudian ada dana SPP nah dana SPP ini kan tiap semester itu kan nanti sesuai dengan tagihan dari universitasnya ini nanti sifatnya pengajuan teman-teman ya kemudian ada dana tunjangan buku Nah untuk dana tunjangan buku ini dibayarkan

Satu kali setiap tahun gitu teman-teman ada juga dana bantuan penelitian Nah di sini untuk teman-teman misalnya membuat tesis atau disertasi ya di sini teman-teman dapat juga nih Nanti sistemnya pengajuan kemudian ada juga dana bantuan seminar internasional ya jadi Yesus bagi teman-teman yang berperan sebagai pembicara gitu kan untuk transportasi akomodasi dan pendaftaran

Seminarnya itu nanti bisa dibiayai dengan pengajuan kemudian ada juga dana bantuan publikasi jurnal nah ini teman-teman ya Nah kalau misalnya di sini ada khusus sih bertaraf Q1 dan Q2 ini juga sistemnya pengajuan selanjutnya teman-teman ada biaya pendukung satu nah biaya pendukung satu salah satunya adalah dana transportasi yang tadi saya

Sempat singgungnya jadi misalnya tiket pesawat kemudian bisa teman-teman pokoknya keberangkatan dan kepulangan ya itu dibiayai dan sifatnya memang bisa dirimbes ataupun pengajuan Jadi kalau pengajuan kita nggak perlu apa ya nggak perlu nyiapin ngajuin langsung dikasih gitu ya tapi kalau rimbes teman-teman ya harus talangin dulu sebetulnya kemudian

Ada dana asuransi kesehatan ya nanti ini dijadikan dua ya ada dalam negeri dan luar negeri kalau misalnya dalam negeri BPJS kelas 1 kalau di luar negeri dibayarkan sesuai dengan nominal invoice ya Ini juga pengajuan teman-teman kemudian ada dana tunjangan keluarga Nah untuk dana tunjangan keluarga ini khusus

Yang S3 ya teman-teman ya oke besarannya udah dikasih tahu tuh 25% dari dana hidup Oke kita lanjut teman-teman dana aplikasi visa atau Resident permit ya jadi di sini yang keluar negeri sebetulnya ini juga rimbes berarti kalau di rimbas teman-teman harus punya dulu gitu ya punya dulu uangnya

Kemudian ada dana hidup bulanan nah ini teman-teman nah jadi kita dikasih loh bulanannya Nah berapa sih besarannya memang Sesuai dengan standar hidup yang ditentukan oleh lpdp nah ini dicairkannya itu tiap 3 bulan sekali ya kalau di sini terus sistemnya juga pengajuan Oke kita lanjut teman-teman dana kedatangan Tuh kan ada denah

Kedatangan teman-temannya nanti dua kali dari Dana biaya hidup Wow dua kali dari gaya hidup itu dana kedatangan tuh di awal ya dibayarkan sekaligus dengan gaya hidup bulanan tahap 1 kalau luar negeri itu 50% dicairkan sebelum berangkat 50% dicairkan setelah sampai di negara tujuan Kalau yang di dalam negeri langsung 100% teman-teman dibayarkan

Setelah pindah domisili sifatnya pengajuan kemudian ada juga dana yang biaya pendukung dua ya tadi satu sekarang dua ada misalnya teman-teman lomba nih lomba internasional temen-temen nanti dapet nih untuk kepesertaan individu maupun kelompok ini dapat ya tapi harus ke final ya teman-teman kemudian ada dana ujian keterampilan ya di sini khusus program

Dokter spesialis sih sebetulnya kemudian ada dana keadaan darurat ini misalnya teman-teman pulang gitu kan misalnya ada yang meninggal dunia atau misalnya mengalami perang daerahnya gitu ya nanti ada dana darurat kemudian ada dana pelatihan kursus wajib ini juga dokter spesialis sebetulnya dan yang terakhir ada biaya pendukung 3

Nah ini teman-teman bisa nih ada yang namanya dana Uji Kompetensi ini juga untuk dokter spesialis kemudian dana pembekalan afirmasi dan pengayaan bahasa teman-teman nah ini yang udah kelas belum dapat ini jadi di sini Saya memang sedang mengikuti pengayaan bahasa teman-temannya jadi nanti kemarin juga saya ke UIN ya ke Jogja itu

Dibiayain teman-teman ya tiketnya dibiayain kemudian nanti dana hidup bulanan dapet dana kursus dan tes bahasan juga diberikan teman-teman ya durasinya bisa 3-6 bulan kalau saya kebagian di 6 bulan teman-teman sifatnya pengajuan kemudian ada intensif kelulusan nah ini intensif kelulusan itu diberikan yang mampu lulus ya minimal kurang dari 6

Bulan dari masa studi yang tercantum di log ya nanti besarnya 50% dari biaya hidup kemudian ada dana pendamping disabilitas misalnya ada yang disabilitas ya pendampingnya itu nanti dapat untuk satu orang pendamping ya meliputi pokoknya itu yang tadi sama itu Oke sekarang kita langsung ke intinya ya teman-teman Kalau tadi misalnya terkait dana-dana biar

Temen-temennya makin semangat lah ya gitu karena kita dibiayai oleh pemerintah Nah sekarang bagaimana sih cara mendapatkan informasi beasiswa lpdp ini sebetulnya gampang teman-teman pasti teman-teman juga udah bisa lah Ya karena sekarang informasi itu udah berkembang dengan pesat teman-teman bisa teman-teman cari di Instagram di YouTube bahkan di telegram gitu kan tetapi

Teman-teman saya sarankan fokus ke website lpdp yang resmi yang di lpdp.com di sana ada pendaftarannya Kapan kemudian bookletnya pun ada di sana tinggal didownload ya Pokoknya lengkap di sana Oke selanjutnya kita ke proses seleksinya aja ya teman-teman jadi perlu teman-teman ketahui bahwa ada tiga proses seleksi dalam kelolosan lpdp yang

Pertama itu adalah administrasi seleksi administrasi Kemudian yang kedua adalah tes bakat sekolah stik dan yang ketiga itu adalah tes substansi ataupun wawancara oke langsung kita bahas satu-satu ya teman-teman ya Yang pertama adalah seleksi administrasi jadi apa saja sih yang harus kita persiapkan di dalam seleksi administrasi ini sebetulnya jika teman-teman masuk ke

Websitenya di sana ada buklet dan teman-teman download itu ada semua di sana tapi saya akan Jelaskan secara apa ya teman-teman ya yang penting-pentingnya aja lah ya Jadi yang harus teman-teman persiapkan memang yang pertama adalah Skor TOEFL jadi Skor TOEFL ini nanti beda-beda tiap jalur kalau misalnya teman-teman yang reguler

Ya berarti kalau mau dalam negeri 500 Kalau misalnya mau di luar negeri itu 550 atau bahkan harus nah tapi kalau misalnya teman-teman jalurnya adalah afirmasi ya mau afirmasi prasejarah mau Daerah Tertinggal gitu kan itu cukup 400 ya untuk TOEFL ya teman-teman saya itu belajar yang pertama di YouTube ya karena kalau di

Video itu lebih jelas ya apalagi channelnya itu lebih apa ya lebih lebih dari awal gitu dari nol nah saya rekomendasikan untuk channelnya Yanto Tanjung ya Bapak Yanto Tanjung silahkan searching aja nanti ada itu belajar toeflnya dari nol teman-teman apa namanya tonton semuanya dari video YouTube nanti bisa yang 400 ke atas itu

Bisa dan juga yang kedua teman-teman jangan lupa juga beli buku ya beli buku itu ya buat apa ya Ya bisa dibilang buat motivasi kemudian ya jadi ketika misalnya teman-teman sedang ya down gitu kan tidak mau belajar Nah kalau ada buku bisa jadi teman-teman jadi rajin lagi nah bukunya ini bukan endorse sebetulnya

Silakan aja beli di e-commerce teman-teman yang misalnya yah apapun itu favorit teman-teman di mana ini longman ya longmannya yang warna ini sebetulnya silakan dan juga saya itu belinya 2 sih sebetulnya jadi ini satu paket nah tapi memang ini yang paling banyak dikerjakan Nah kalau nggak percaya tuh

Pasien coretannya semua ada di sini ini lengkap banget ya kemudian dokumen kayak ijazah kemudian ruang skip nilai surat rekomendasi itu teman-teman harus disiapkan ya dan yang nggak kalah penting adalah from penilaian diri jadi di seleksi administrasi ada beberapa pertanyaan yang harus kalian jawab sebetulnya nah pernyataan-pernyataan ini berkaitan dengan diri kita seberapa

Kenal kita dengan diri kita sebetulnya kayak Contohnya apa kelebihan Anda apa kekurangan Anda Hal apa yang misalnya pernah anda lakukan kesalahan misalnya kemudian pengalaman yang membanggakan Titik terendah gitu ya kayak gitu Pokoknya nanti teman-teman harus disiapkan dan tips dari saya waktu itu memang kita dikasih waktu 1 bulan teman-teman untuk

Mengisi itu jadi ada waktu satu bulan Nah kalau saya ditulis dulu di mana di Word misalnya kita tulis dulu nanti tinggal paste paste paste jangan lupa juga minta saran kepada teman-teman kepada dosen gitu kan atau kepada ordi Oke selanjutnya teman-teman nanti ketika misalnya mau daftar sebetulnya ada dua

Tipe orang yang daftar lpdp teman-teman ada yang menggunakan loe ada yang non loe sama seperti saya itu adalah non loe jadi saya daftar lpdp dulu baru nanti saya mencari universitasnya lalu apa bedanya bedanya sebetulnya alurnya kan gini tadi kan ada tiga administrasi kemudian tes bakat skolastik lalu wawancara tapi kalau temen-temen dengan

Loe ya jadi daftar dengan loe berarti teman-teman hanya administrasi langsung wawancara jadi nggak ada tes bakat sekolah stik itu keuntungannya itu doang teman-teman ya jadi semuanya sama Lalu gimana yang non loe berarti kalau misalnya teman-teman non loe teman-teman harus memilih 3 jurusan dan tiga PTN ya saya waktu itu pilihan pertama adalah

IPB pengajaran matematika pilihan duanya UNY pendidikan matematika dan pilihan ketiganya Upi pendidikan matematika dan nanti pilihan ini harus temen-temen bahas di dalam esai ya jadi langsung ya kita ke esai teman-teman jadi persiapan untuk administrasi yang terakhir adalah Ehsan ini yang sangat krusial Kenapa karena ini yang nanti juga akan

Ditanyakan ketika wawancara walaupun ini di awal ya desainnya dikirim itu memang di awal cuma ini akan digunakan ketika wawancara Nah apa aja sih yang harus ada selesai sebetulnya ya teman-teman kalau saya kasih tips teman-teman tinggal buat aja nih di awal itu kan pas ya temen-temen udah udah ngapain gitu kan

Kemudian di tengah-tengah freezer atau sedang dilakukan ngapain nih kemudian yang terakhir adalah future teman-teman mau ngapain gitu kan jadi gitu urutannya kayak gitu aja kerangkanya lalu apa aja yang dibahas tentu perkenalan yang pertama memang harus perkenalan apalagi teman-teman dari afirmasi misal daerah ya Daerah Tertinggal atau daerah 3t teman-teman notice aja tuh daerah

Tertinggalnya gimana-gimananya gitu keadaannya kemudian teman-teman yang afirmasi prasejarah keluarganya gambarin aja seperti apa itu di awal kemudian teman-teman bisa yang paragraf kedua organisasi bahas kemudian non akademik akademiknya bahas juga teman-teman ya kemudian teman-teman jangan sampai lupa ngebahas masalah apa yang ada di Indonesia ya masalah urgent sebetulnya Terus yang ada kaitannya

Dengan rencana studi teman-teman jadi rencana studi S2 teman-teman itu adalah menyelesaikan masalah yang teman-teman tadi keluarkan gitu jangan lupa juga ada mimpi teman-teman mimpi itu harus disebutin mau jadi apa Ya maksudnya mimpi untuk Indonesia itu seperti apa gitu kan dan yang terakhir teman-teman ada juga rencana studinya teman-teman

Tulis aja dan bisa juga ya notice sedikit-sedikit matkul-nya gitu atau dosennya gitu Ya silakan teman-teman kemudian teman-teman bisa juga di akhir itu teman-teman memberikan harapan ya harapan buat Indonesia ke depan dengan teman-teman lanjut S2 kayak gitu oh ya teman-teman ya di administrasi itu kan tadi kan sebelum bilang 1 bulan nah 1

Bulan ini teman-teman manfaatin Cicil satu-satu karena nanti ada beberapa file yang harus teman-teman upload itu teman-teman harus bentuknya semua ingat-ingat teman-teman PDF semua gitu ya Nah ketika teman-teman dinyatakan lolos administrasi teman-teman berhak maju ke tahap selanjutnya yaitu adalah tes bakat sekolah stik ini Bagi teman-teman yang non loe ya kalau teman-teman dengan loe

Teman-teman tidak ikut jadi nunggu lagi nanti sampai ke wawancara jadi wawancaranya bareng teman-teman ya oke di TBS ini teman-teman memang harus sering latihan aja sebetulnya ya latihan-latihan soal TPA gitu kan karena di sini ada ya tiga lah ya teman-teman tiga tiga subtest-nya gitu Kayak misalnya verbal kemudian kuantitatif dan

Pemecahan masalah sebetulnya itu doang teman-teman mirip-mirip dengan TPA Ya silahkan beli bukunya atau misal teman-teman nonton di YouTube gitu kan Nah Berdasarkan pengalaman saya juga ya karena saya dari matematika gitu saya Fokusnya ke verbal sebetulnya waktu itu karena memang kurang itu di verbal kayak analogi kemudian dan sinonim antonim

Kayak gitu lah ya Nah itu saya perdalam silahkan teman-teman semuanya perdalam bahkan ketika teman-teman sudah submit administrasi langsung aja belajar TBS ya jadi anggap aja positif thinking temen-temen itu lolos administrasi daripada kita belajarnya nanti setelah administrasi ya nanti keteteran Misalnya dan hati-hati teman-teman nanti di TPS juga kan ada passing grade sebetulnya

Dan passing grade ini tidak apa ya tidak mutlak dan tidak setiap Tong itu sama beda-beda kaitannya dengan passing grade sebetulnya teman-teman kalau misalnya melihat di antara reguler dan afirmasi memang lebih kecil afirmasi kayak afirmasi itu ada apa ya kayak relaksasi gitu ya terbukti dari dari toefl-nya

Juga kan cuma 400 ya kayak gitu tapi terlepas dari adanya passing grade teman-teman tetep aja belajar ya itu Buat patokan aja sebetulnya dan yang terakhir adalah wawancara teman-temannya jadi seleksi wawancara ini merupakan yang namanya itu seleksi substansi jadi jangan misal teman-teman Miss konsepsi Wah nggak ada wawancara adanya substansi itu sama aja ya

Teman-teman Nah nanti diwawancara itu ada 3 yang wawancarai kita dari pihak lpdp Kemudian dari akademisi dan ada dari psikologi Nah dari 3 Ini dia tidak memperkenalkan diri bahwa saya dari PDP Saya dari akademisi Saya dari psikologi enggak teman-teman feel itu dilihat dari pertanyaan yang mereka berikan kepada

Kita sebenarnya kayak gitu lalu apa saja yang harus kita persiapkan ketika menghadapi wawancara Ini teman-teman jadi yang harus dipersiapkan adalah yang pertama teman-teman harus baca lagi esai yang teman-teman tulis pahami lagi sebenarnya apa sih yang teman-teman jual di esai gitu kan karena nanti yang ditanyakan itu adalah seputar essay yang

Temen-temen tulis dan seputar formulir yang teman-teman tulis juga Yang Form itu yang misalnya tadi kelebihan teman-teman apa kekurangan teman-teman apa baca lagi teman-teman ya Nah pengalaman saya saya Itu waktu wawancara dikasih 1 bulan teman-teman ya jadi Setelah dinyatakan lulus tes bakat sekolah stik muncul jadwal wawancara itu

Satu bulan kemudian yang lain ada yang 2 hari langsung wawancara kemudian ada yang di tengah-tengah bulan kalau saya satu bulan bayangin teman-teman saya satu bulan itu ngapain aja memang saya sambil bekerja gitu loh Tapi tetap persiapan untuk wawancara ngapain mockup gitu ya ikut mockup dengan our di kemudian dengan teman-teman Ayo dong

Tanya-tanya gitu kan Nah gitu silahkan teman-teman praktekkan dari hasil mockup itu jadi pokoknya teman-teman jangan pasif jangan diem aja Ya udah kita belajar sendiri ya silakan itu tapi saran dari saya ikutin mockup yang diadakan oleh power di walaupun jawaban atau pertanyaannya itu adalah tidak ya ibaratnya tidak disampaikan ketika

Wawancara tidak asli banget gitu kan setidaknya kita belajar gitu kan ibaratnya belajar ngobrol dengan teman yang belum kita kenal kan gitu dan teman-teman pastikan juga harus memahami isi SM teman-teman gua bahkan teman saya ada yang ekstrim teman-teman dia list 100 pertanyaan kemudian dia jawab satu-satu ketika diwawancara munculnya

Cuma satu gitu ya itulah itu silahkan teman-teman kalau saya memang yang pertanyaan pertanyaan yang mendasar aja kayak perkenalan kemudian rencana studinya mau ngapain paska studinya mau ngapain kemudian temen-temen misalnya mau Mau apa sih untuk Indonesia gitu kan pokoknya teman-teman harus jelas dan juga tidak terbata-bata ketika menjawab fokus ya teman-teman apa yang ditanyakan

Jangan sampai melenceng ke mana-mana fokus aja mungkin yang terakhir teman-teman siapin aja closing statement jadi nanti ada beberapa kewawancara Ya silakan kalau ada yang disampaikannya silakan teman-teman closing statement yang bagus kalau misalnya nggak ya udah langsung keluar sama kayak saya nggak ditanya gitu ya udah Padahal saya udah

Nyiapin closing statement cuma ya udah beres ya udah udah aja beres gitu Jadi tidak memberikan closing statement Paling itu teman-teman untuk wawancara jadi memang saya nggak bisa nyebutin apa yang ditanyakan gitu kan karena ya komitmen jangan disebarkan gitu Sebetulnya tapi saya kasih poin-poinnya saja teman-teman jangan lupakan essay teman-teman kemudian perhatikan

Teman-teman Ketika nanti wawancaranya online teman-teman harus persiapkan segala macam yang baik itu laptop yang harus teman-teman gunakan kemudian jaringan wi-fi dan jangan lupa juga CBS juga kan online jaringan wi-fi-nya harus bener teman-temannya itu sebenarnya apa ya hal kecil cuma itu akan berakibat fatal karena ada beberapa yang misalnya

Dari ya teman-teman cerita ke saya saya waktu itu jaringannya error bahkan sampai di telepon Wah itu teman-teman ditelepon kemudian ada yang misalnya Oke gitu ya pokoknya macam-macam silakan teman-teman itu wajib dipersiapkan Oke Nah setelah wawancara itu berapa hari deh 5 hari itu langsung pengumuman kenapa karena saya kan kebagiannya di

Ujung sebetulnya kalau misalnya yang lain itu di awal jadi dia nunggu untuk Pengumuman itu berapa bulan gitu kan Kalau saya udah wawancara langsung 5 hari pengumuman Nah setelah pengumuman dan alhamdulillah dinyatakan Selamat Anda dinyatakan lolos lpdp 2022 tahap 2 gitu teman-teman lalu apa nih yang harus saya lakukan

Setelah diterima lpdp Nah kalau saya sendiri ya pokoknya semua yang jalurnya adalah non loe temen-temen dikasih waktu oleh lpdp untuk mencari loe itu 18 bulan Setelah dinyatakan lolos Ya tapi kalau temen-temen afirmasi yang ikut pengayaan bahasa sama kayak saya nih ikut pengayaan bahasa itu kan dikasih 6 bulan

Saya nah jadi dihitung 18 bulan itu setelah pengayaan bahasa berakhir gitu ya itu teman-teman yang ikut afirmasi jadi setelah ini Saya sekarang sedang mengikuti pengayaan bahasa di UIN Suka Yogyakarta kemudian nanti saya akan tes TOEFL untuk ganti daftar di ITB itu 475 gitu ya tapi target saya 550 kemudian

Nanti saya juga harus tes tes ya karena ITB itu harus ada TPA kemudian setelah itu ya daftar di ITB kemudian nanti diterima dan nanti saya akan kuliah di intakenya adalah Agustus nah seperti itulah teman-teman perjuangan dari awal sampai akhir teman-teman semoga ini menjadi gambaran teman-teman yang ingin daftar lpdp so

Teman-teman Mohon doanya Semoga saya bisa lancar ya tadi tahap-tahapannya itu dan saya tunggu teman-teman menjadi our di lpdp selanjutnya jika teman-teman ingin bertanya Silahkan tulis di kolom komentar nanti saya akan balas satu persatu terima kasih assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Setelah 1 tahun menunda, akhirnya kemarin di pembukaan “LPDP tahap 2 tahun 2022”memberanikan diri untuk daftar beasiswa LPDP Magister Dalam Negeri Afirmasi Prasejahtera. It’s not about reaching the goal that makes me grateful, it’s about who I’ve become in the process 💕

Semangat dan saling mendoakan ya untuk semuanya!

TIMESTAMP:
00:00 Buka Pengumuman LPDP
00:25 Ucapan Terimakasih
00:54 Pengalaman Beasiswa LPDP
01:39 Apasih Beasiswa LPDP?
02:47 Pendanaan yang diberikan LPDP
09:13 Informasi Beasiswa LPDP
09:50 Proses Seleksi LPDP
10:10 Seleksi Administrasi
16:53 Seleksi Bakat Skolastik
18:43 Seleksi Substansi
23:28 Next, What to do? Life Updates

——————————————

IT’S SUGENG SUNGKONO & WELCOME BACK TO MY CHANNEL!
Kenalin aku Sugeng Sungkono. Lulusan Pendidikan Matematika UNSIL sebagai content creator. Disini aku suka share per utbk/snbt atau tentang seleksi masuk PTN, dan rencananya akan bahas per LPDP an juga nih, so stay tune!

BUSINESS INQUIRIES & SOCIALS:
E-mail: s.sungkono404@gmail.com
Instagram: https://instagram.com/ssungkono_
Tiktok: www.tiktok.com/@ssungkono_

VIDEO GEARS:
– IPhone 11

#lpdp
#beasiswas2
#beasiswadalamnegeri
Sobat Sugeng Sungkono, Info tentang #AKHIRNYA #LOLOS #BEASISWA #LPDP #ITB #KUPAS #TUNTAS #PERSIAPAN #SAMPAI #PENGUMUMAN ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:25:09 detik.


Begitulah sekilas tentang AKHIRNYA LOLOS BEASISWA LPDP S2 ITB – KUPAS TUNTAS PERSIAPAN SAMPAI PENGUMUMAN ✨ yang telah dilihat oleh 1202 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Sugeng Sungkono 1509

21 thoughts on “AKHIRNYA LOLOS BEASISWA LPDP S2 ITB – KUPAS TUNTAS PERSIAPAN SAMPAI PENGUMUMAN ✨

  1. Keren bgt kak Masya Allah,,,
    Bismillah, smoga tahun ini bisa nyusul kak sugeng jadi awardee LPDP di batch 1 2023 ini, aamiin.
    Terimakasih banyak atas bimbingan sharing dan ilmunya kak.

  2. Kak esay saya kmrn pake bhsa inggris tapi saya dftar dalam negeri, itu kalo wawancaranya saya jawab pake bahasa indonesia berpengaruh ga ya?😢 kalo kaka kmrn wawancranya pake bhsa indo apa inggris ya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *