Simulasi Pendaftaran Penerimaan MABA Tahun 2023

2023-05-26 19:17:44 01:33:51 Seleksi ini kita lakukan secara online dengan informasi atau link klik yang sudah [Musik] kita sampaikan atau sudah disampaikan dari pusdatin oleh dari bagian akademik untuk tanggal-tanggal terjatuh dan lain-lain gimana untuk jadwal kegiatan pendaftaran itu dibuka sampai nanti 30 Juni tanggal 30 juni dan kegiatan tes itu kan direncanakan kita rencanakan tanggal

3 sampai tanggal 3 Juli ya pelaksanaan utbk itu tanggal 3 sampai tanggal 7 Juli jadi kita punya waktu untuk pendaftaran ini masih sampai 30 Juni 30 Juni sehingga di bulan ini kita tinggal beberapa hari saja di minggu terakhir bulan Mei ini kita rencanakan untuk melakukan sosialisasi sosialisasi mengenai

Seleksi maba ini ke kabupaten kota kita ada delapan kabupaten yang nanti akan Bapak Ibu turun untuk sosialisasi kegiatan ini dengan sistem online saat ini itu sosialisasi itu berlangsung [Musik] mulai 29 Mei nanti sampai 10 Juni [Musik] sehingga Bapak Ibu tim yang belum ada schedule untuk waktu itu diharapkan bisa berkoordinasi untuk

Waktu-waktu itu bisa disiapkan buat kegiatan sosialisasi karena kita memang waktu ini agak padat jadi tanggal 1 sampai tanggal 3 itu ada libur sehingga kegiatan-kegiatan yang di tanggal 5 misalnya 45 6 misalnya nah itu sudah harus disiapkan dari saat ini untuk sppj dan lain-lain nah di siang ini yang pertama kita akan

Mendengar penjelasan utama Kita berterima kasih untuk periode yang akan memberikan kepada kita terutama cara mendaftar di akun atau di Link yang sudah disampaikan PMB unpatti itu karena berharap bapak ibu bahwa setelah Bapak Ibu sampai di kabupaten-kabupaten itu kan pendaftaran sudah dibuka Jadi kalau ada pertanyaan dan bahkan mungkin

Ada calon maba yang mau langsung mendaftar Bapak Ibu bisa bisa menstimulasi bahkan bisa membuka untuk mendaftar nah itu yang harapan kami seperti itu sehingga diharapkan Bapak Ibu tim di masing-masing Kabupaten sudah harus tahu mengenai cara-cara pendaftaran ini mungkin itu terima kasih kepada bapak ibu Prodi juga bapak ibu pengelola staf yang

Sudah boleh mengikuti kegiatan ini kiranya ini dapat diikuti dengan baik di Prodi juga paling tidak Bapak Ibu sebagai pengelola operator harus mengetahui ini karena nanti setelah mahasiswa mendaftar Memang mereka banyak kesulitan misalnya ada kesulitan dan lain-lain itu bertanyanya ya ke kita atau kepemimpinan ke Bapak Ibu pengelola atau operator sehingga kita

Semua harus stand by 24 jam lah untuk bisa melayani atau bisa memfollow up masalah-masalah yang ada walaupun nanti ada di akun atau di link itu ada juga yang bertanya ke panitia tapi paling tidak hal-hal Ini penting untuk diketahui Baik bapak ibu untuk itu kita minta kesediaan dari Pak Ridho untuk bisa menyampaikan kepada

Kita hal-hal penting terkait dengan pendaftaran terutama simulasi untuk membuka akun dan lain-lain data-data yang harus kita informasikan terkait dengan proses pendaftaran yang ada sesudah ini mungkin nanti ada teknis yang bisa kita bicarakan terkait dengan sosialisasi bisa kita lanjutkan sesudah ini Terima kasih Bapak Ibu dan saya silahkan Pak Ido untuk ke

Menyampaikan terkait dengan akun ini Bapak Ibu Diharapkan semua bisa langsung ada laptop begitu atau handphone yang bisa langsung standby untuk bisa Uraikan dengan apa yang disampaikan pada terima kasih Terima kasih Ibu Wakil 1 pertama-tama Yang kita hormati pak direktur para Wadir paraka Prodi serta rekan-rekan operator Bapak Ibu rekan-rekan pegawai yang lainnya

Kami ucapkan terima kasih untuk kesempatannya ibu di hari ini kita satu langkah lagi yaitu setelah berbagai persiapan yang dilakukan proses pendaftaran mandiri kita akan akhirnya kita integrasikan kembali menjadi satu sistem atau portal pendaftaran besar universitas Pattimura di mana dalam portal tersebut proses pendaftaran terintegrasi antara jenjang S1 S2 dan S3 hari ini

Kami akan menyampaikan secara teknis terkait dengan penggunaan aplikasi pendaftaran nanti di dalam pembahasannya ada beberapa hal juga yang kita akan konfirmasi dan pastikan dari Ibu hadir Pak direktur dan Bapak Ibu Kaprodi baik yang pertama kami mungkin akan share dulu materinya ya Bapak Ibu sebentar ya Bapak Ibu sudah kelihatan ya gambarnya

Baik berita lanjut ini adalah alur dari modul pendaftaran yang dibuatkan Oh ya sebelumnya saya mohon maaf halaman PMB nya ada di sini Bapak Ibu yang PMB 24 di ac id nanti habis ini kita tunjukkan yang pertama adalah alur pendaftarannya Bapak Ibu kita total total keseluruhan itu sebenarnya mahasiswa calon mahasiswa itu ada 7

Tahap tapi kalau registrasi akun ini kan Tahapan pertama Jadi mereka mendaftar sebelum mereka mengisi data-data dan sebagainya mereka diharapkan untuk membuat akun terlebih dahulu untuk membuat akun itu yang dibutuhkan hanya adalah email pastikan email yang digunakan adalah email aktif yang bisa mereka akses Kenapa Bapak Ibu per tahun ini

Kami sih Berharap sebenarnya di pasca juga nanti dari pakdir mungkin Ibu Wadir satu kebijakannya kalau di Strata 1 sejak tahun lalu sudah disampaikan oleh inspektorat maupun BPK untuk penerimaan di tahun 2023 mulai tahun 2023 sama seperti seleksi nasional yang mandiri kalau kita melakukan seleksi maka si peserta harus mendapatkan sertifikat seleksinya

Hasil seleksinya maksudnya Nah karena jumlah peserta yang begitu banyak kita menyiapkan dalam bentuk elektronik Oleh karena itu kenapa email aktif diperlukan karena nanti setelah pengumuman hasil setelah masa sanggah barulah Pengumuman atau hasil sertifikatnya itu akan dikirimkan ke email masing-masing Jadi tidak dicetak beserta akan mendapatkannya melalui email Oleh karena itu penting untuk

Mendaftarkan email yang aktif kenapa ya pendaftaran di depan pastikan emailnya aktif karena Bapak Ibu email ini dia berfungsi sebagai username nah artinya kalau dia sudah berproses pendaftaran dengan email tersebut maka dalam prosesnya kita tidak mungkin mengganti emailnya karena itu udah udah tercatat di sistem di dalam tabel-tabel yang berelasi tadi bahwa email itu

Adalah akunnya dia hanya karena akunnya tidak aktif lalu kemudian diminta diganti kita tidak bisa mengganti Bapak Ibu satu-satunya solusi adalah daftar ulang dengan email yang betul-betul aktif Nah susahnya Itu kan kalau kemudian dia sudah sampai membayar lalu kemudian dia menyadari emailnya itu tidak aktif atau dia tidak bisa lagi mengakses emailnya

Passwordnya lupa dan sebagainya Oleh karena itu pastikan benar-benar Bapak Ibu calon peserta memastikan emailnya itu bisa diakses sehingga pada saatnya nanti ketika seluruh data itu akan dikirimkan akan terkonek nanti setelah registrasi akun tahap berikut nah ini yang tahapan yang ada di dalam Modul pendaftaran setelah peserta login yang pertama dia akan mengisi biodata

Dan unggah dokumen awal dokumen awal yang dia unggah itu hanyalah foto dan kartu keluarga kemudian memilih jenjang studi jenjang studi ini karena dia terintegrasi maka ketika dibuka akan tersedia 3 jenjang studi sarjana magister dan dokter Strata 1 strata 2 strata 3 Setelah dia memilih jenjang studi maka akan lanjut ke memilih program studi

Jadi kalau dia pilih strata 2 maka Prodi yang tampil hanyalah Prodi pada S2 kalau dia memilih strategi 3 maka pilihan Prodi yang tampil adalah pilihan Prodi pada S3 Nah setelah dia memilih Prodi antara S2 atau S3 tadi dia setelah memilih Taruhlah misalnya jenjang studi yang dipilih adalah strata 2 maka muncul

Prodi-prodi pada strata 2 lalu dia memilih memilih jalur masuk ini di unpati Mandiri itu ada tiga jalur Bapak Ibu jalur seleksinya ya Mandiri utbk mandiri prestasi dan mandiri rekognisi pembelajaran lampau nah di pasca setelah kami berkoordinasi untuk tahun ini kita implementasi yang mandiri utbk dulu sebenarnya untuk RPL maupun prestasi di

Pasca pun bisa lakukan itu tetapi dari sisi kesiapan berbagai hal yang harus dibicarakan diputuskan maka dengan waktu yang ada kami diarahkan dari pimpinan pasca untuk diselenggarakan dalam bentuk utbk dulu maka otomatis pilihan jalur yang aktif di pasca hanyalah Mandiri utbk jadi peserta cuma bisa memilih yang itu pilihan jalur yang lain akan nonaktif

Jadi tidak bisa memilih setelah itu dia akan lanjut ke reservasi dan pembayaran reservasi ini artinya dia memilih lokasi ujian yang dalam hal ini pasca lokasi yang ujian lokasi ujian yang tersedia secara umum unpatti itu ada 4 lokasi ujian Bapak Ibu yang pertama kampus Poka itu peserta datang ujian di

Kampus Poka gedungnya UPT yang kedua di psdku Aru datang ke kampus bsdku Aro ada dua ruangan di situ dengan kapasitas persis itu 35 komputer kalau di Poka itu persesi itu kapasitas 160 komputer satu hari kita ada 4 sesi Bapak Ibu secara umum ya ketiga di mbd di kampus psdku

Mbd dengan kapasitas 20 komputer persis sehari berarti kapasitasnya 80 komputer 80 kursi dan yang terakhir yang dibangun sesuai dengan kemauan atau keputusan dari pasca yaitu lokasi virtual lokasi virtual tuh artinya peserta bisa melakukan ujian dari tempatnya masing-masing mekanisme ini pernah dilakukan di pasca beta lupa tahun 2020 atau 21

Dimana peserta ujian dari masing-masing lokasi kemudian pengawas akan mengawasi menggunakan zoom jadi nanti per pengawas itu sudah dibagi berikutnya pengawas seberapa peserta nah peserta ujian di situ Nyalakan kamera dan diawasi oleh peserta Apakah punya kekurangan punya kelebihan tentu ada tetapi itulah langkah atau pilihan yang ditempuh oleh pasca dan kita sediakan

Fitur itu setelah itu akan muncul slip pembayarannya Bapak Ibu untuk slip pembayaran di kali ini Mulai tahun ini kita tidak buat seperti yang tahun-tahun sebelumnya di mana Kalau Pendaftarannya sampai 30 Juni maka sleep punya masa aktifnya tuh sampai 30 Juni kita akan buat masa aktifnya tuh plus dua hari

Sejak dia membuat slip artinya kalau dia buat slipnya hari ini Maka besok jam 12 malam itu slipnya akan expired kalau sampai besok jam 12 malam dia tidak sempat membayar atau karena kesibukan lupa membayar maka dia tinggal nanti masuk lagi ke aplikasi kemudian dia buat sleep yang baru nanti dia akan

Teriak dengan expired 2 hari lagi Bapak Ibu kenapa kita membuat ini yang pertama Sebenarnya kita mau Giring peserta agar lebih mempercepat mereka punya proses agar kita bisa tahu lebih awal Berapa kapasitas yang siap untuk melakukan ujian itu yang pertama yang kedua kepentingan kita adalah untuk analisis data atau data analitiknya dari situ

Kita akan bisa pelajari behaver calon-calon peserta rata-rata itu mereka antusiasnya dan sebagainya kita akan jadikan itu sebagai big data untuk dilakukan analisis nanti demi masukan bagi pengembangan seleksi di tahun-tahun berikutnya dan yang terakhir setelah mereka membayar maka kartu peserta akan terbit dan bisa dicetak nah khusus pasca di

Kartu peserta nanti ada tambahan tanggal briefing kami sudah dapat info jadi dari pasca briefing briefing untuk peserta melakukan ujian itu berlangsung tanggal 4 Juli ya 4 Juli ya 4 Juli hari Selasa jam 2 siang lalu ujiannya berlangsung di tanggal 4 jam 10 pagi terkait dengan itu nanti kita akan jelaskan detail mengenai pembagian

Lokasi jadi begini bapak ibu sebelum beta alur yang ini tunjukkan khusus yang mengenai ujiannya dulu bapak ibu ya karena modul ini tidak bisa diperlihatkan kami tidak bisa menemukan Karena dia sudah terintegrasikan dengan bank jadi kita Jelaskan dulu ke bapak ibu untuk ujian kalau Mandiri sarjana Mandiri S1 itu

Sesinya total ada 28 jadi kita sediakan sesi itu dari hari Senin tanggal 3 sampai tanggal 9 hari Minggu 1 hari ada 4 sesi tapi khusus untuk lokasi virtual ya ini pasca itu cuman ada dua sesi pada hari Selasa jam 10 sama jam 2 memang jadwal yang diberikan oleh paksa itu ujiannya jam

10.00 cuman kapasitas yang kami desain sesuai dengan infrastruktur yang kita punya jumlah persesi itu kita batasi 500 Kenapa kami takut kalau lebih banyak ini kan proses ujian Karena dari lokasi masing-masing makan dia online kalau dia online maka komunikasi perangkat peserta untuk ujian tuh dia berkomunikasi dengan server itu secara online Nah kalau

Jumlahnya kami perbanyak kami takutnya akan mengakibatkan Bottle neck pada server yang membuat nanti koneksinya terganggu nah Kami menggunakan pengalaman 2 tahun sebelumnya kita taruh kapasitasnya sekitar 500 artinya kalau pesertanya lebih dari 500 maka peserta yang ke 5001 dan seterusnya dia dapat di sesian jam 2 ibu jam 2 siang gitu Nah nanti tinggal

Kami baginya Tuh kan tidak seperti tahun 2020 atau 20 atau 21 yang kita baginya per ruangan sudah langsung 330 orang atau 220 orang tapi kita buat satu ruang virtual kapasitasnya 500 Nah nanti di briefing kita akan Jelaskan bahwa 500 peserta ini nomor seberapa sampai nomor berapa akan

Masuk di Breakout room namanya apa nomor urut berapa sampai berapa nomor peserta daftar nomor peserta ini Berikan beberapa jadi lebih dinamis bagi pasca untuk mengatur mau mengawas per orang itu Berapa peserta jadi kita tidak langsung bagi tapi kita bikin kelas VI Nah itu untuk ke pelaksanaannya beta lanjut bapak ibu ini proses daftarnya

Ini proses daftarnya kalau bapak ibu mau coba lihat di mau coba lihat di layar itu dia kurang lebih seperti entar gimana tuh layarnya udah berubah apa Ibu sekarang yang tampil harusnya halaman pendaftaran kelihatan Waktu mendaftar nah oke nah ini munculnya kayak gini ini yang perlu diisi Bapak Ibu nama lengkap nama

Lengkap ini kami harapkan Bapak Ibu sampaikan ke peserta isi sesuai kartu keluarga Kenapa ini penting karena data Dikti itu dia berbasis pada data dukcapil di mana Data dukcapil itu bukan pada KTP tapi pada kartu keluarga kami pernah mengalami masalah ketika perbedaan data antara KK dengan KTP di alumni dan mahasiswa maka yang diarahkan

Oleh Dikti adalah peserta mahasiswa atau alumni kedukcapil perbaiki ktp-nya maupun Dokumen untuk menyelesaikan dengan kakaknya baru kemudian datanya diperbaiki jadi bukan lagi akte kelahiran sekarang malahan apalagi ijazah tahu ijazah pendidikan sebelumnya Bukan tapi berdasarkan KK Oleh karena itu namanya Mohon untuk dipastikan peserta mengisi sesuai KK kalau dia ada

Kesalahan mengisi pada saat mendaftar ini tidak apa-apa Nanti pada saat mereka mengisi biodata di dalam kolom nama ini bisa mereka perbaiki kemudian isi email aktif lalu masukkan password passwordnya dimasukkan 2 kali Apa passwordnya mereka mau Nah setelah dimasukkan passwordnya dua kali Klik tombol daftar Nah nanti dalam proses mendaftar ini

Bapak ibu ada beberapa validasi yang kami lakukan kalau Email sudah pernah terpakai entah karena sudah mendaftar tapi lupa atau jangan sampai email ini ada teman yang tahu teman pakai daftar maka ada pemberitahuan warna merah menyampaikan bahwa Email sudah terdaftar kurang lebih Contohnya kayak gini Bapak Ibu nah ini kalau misalnya

Oh iya untuk password juga kita pasang validasi minimal 6 karakter Bapak Ibu jadi Silahkan pastikan peserta memasukkannya 6 karakter kemudian kalau password ini dan dibawa berbeda dia tidak akan mau harus sama kayak gitu lalu diisi Nah kalau ini Bapak Ibu perhatikan di bagian kanan kalau Emailnya sudah pernah dipakai akan

Muncul pemberitahuan pendaftaran gagal Email sudah pernah terdaftar silahkan coba menggunakan email dan password yang Anda gunakan atau mendaftar lagi kemudian yang berikut setelah daftar selesai nanti akan muncul seperti yang kanan ini Bapak Ibu yang kanan ini seleksi Mandiri berhasil mendaftar akun lalu dia diminta untuk masuk ke halaman ini halaman ini

Bisa diklik dia akan langsung menuju ke halaman pendaftaran atau bisa mengklik yang bagian ini di bawah ini kan ada daftar dan masuk aplikasi Nah bisa pilih yang masuk aplikasi nanti akan tampilnya bentar pilihan-pilihannya itu akan tampil seperti ini untuk masukkan email dan password nah Silahkan masukkan masukkan emailnya untuk mendaftar atau misalnya

Sudah daftar lupa password ini ada fasilitas lupa password Silahkan di klik kemudian dimasukkan emailnya karena lebih seperti itu oke Setelah itu Bapak Ibu setelah nanti login atau kita langsung di sini aja ya di aplikasi bapak ibu nanti setelah login akan masuk ke halaman ini Bapak Ibu ya Ini karena tadi kan

Pakai punyanya Pak Ricky untuk uji coba jadi di sini pertama yang perlu diperhatikan bapak ibu ada informasi yang warna biru ini akan menyampaikan di halaman depan bahwa sekarang posisi peserta ada di tahap berapa jadi dia sekarang berada di tahap pendaftaran yang mana Nah Kemudian untuk memulai pendaftaran dia bisa langsung mengklik

Tombol tahapan di sini Bapak Ibu ya tombol tahap di sini yang perlu kami tambahkan dulu bapak ibu sebelum masuk ke tahapannya ada tombol lock aktivitas log Aktivitas ini sebenarnya kita mencatat Seluruh aktivitas yang dilakukan oleh peserta pada aplikasi tujuannya sebenarnya adalah transparansi jadi lewat pencatatan log Aktivitas ini

Kita bisa tahu dan peserta pun bisa tahu ada perubahan apa dalam halaman pendaftarannya apa yang dia sudah dilakukan dan lain-lain sebagainya Dia mencatat tanggal kemudian Dia mencatat Kapan waktu itu dilakukan baik yang pertama peserta akan memilih melengkapi biodata dan unggah foto Bapak Ibu ini kalau pertama ini karena tadi

Kami sudah sudah coba Jadi fotonya sudah tampil kalau yang yang belum itu bapak ibu dia nanti tampilnya seperti ini nah ini tampilnya seperti ini fotonya yang di atas ini Bapak Ibu jadi kosongan itu artinya dia fotonya belum di belum di upload ya jadi proses uploadnya di mana Nah ini di

Tahap 1 Kalau di klik nanti akan muncul seperti ini cuman ini karena data sudah diisi maka udah ada isiannya tapi kalau belum pertama kali dia akan muncul belum Daftar belum Daftar belum Daftar kalau bapak ibu Kaprodi operator mau coba Silahkan aja gitu Coba sekarang aja daftar lalu kemudian

Login lalu coba dilihat tidak apa-apa tidak masalah karena Bapak Ibu nanti tidak perlu menyelesaikan sampai tahap akhir kan yang penting tahapan-tahapan ini bisa dicoba-coba atau mau nunggu dulu beta Jelaskan boleh Bapak Ibu jadi ini akan tampil ada petunjuk di sini Bapak Ibu pengalaman kami di Sarjana ini petunjuknya Sudah Cukup jelas tapi

Peserta masih menanyakan untuk petunjuk yang sudah dituliskan jadi dalam sosialisasi mungkin minta Agar calon peserta membaca setiap petunjuk yang ada agar memudahkan mereka untuk mengubah datanya Ini kan data tidak bisa diubah Bapak Ibu di bagian bawah itu ada tombol ubah data nah Silahkan di klik tombol ubah datanya

Nanti akan muncul nih kolom untuk mengubah data nah perlu Bapak Ibu perhatikan ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian pertama email tidak bisa diganti Itu tadi dibilang Bapak Ibu ya jadi dia ini tidak bisa diedit yang masih bisa dirubah itu adalah nama ya makanya tadi kita bilang di awal kalau

Namanya masih salah misalnya kurang huruf dan sebagainya kadang peserta itu ada yang menulis nama dia tidak spasi tapi dia pakai titik ini Bapak Ibu jadi Ricardo titik kepulalan kemudian data-data ini diinput yang menjadi perhatian pertama nama tempat lahir tanggal lahir NIK nomor KK ini harus sesuai di KK

Bapak Ibu yang ini dulu ya Nah ini nikah kami juga sudah kasih filter kalau kita mengisinya misalnya bentuknya huruf gitu ya lalu kita tekan tombol simpan nanti ada pemberitahuan nikah harus berupa angka lalu kemudian kalau kita masukkan misalnya kurang dari 16 digit dia akan minta nikah atau KK sama ya itu

Harus 6 digit dan seterusnya kemudian jenis tempat tinggal Bapak Ibu jadi tempat tinggal ini mereka menginput data kondisi saat ini mereka tinggalnya itu di mana Lalu ada nomor handphone status pernikahan nomor telepon rencana transportasi ke kampus pakai apa Bapak Ibu kalau lihat Borang pendaftarannya ini lebih banyak dari yang tahun-tahun

Sebelumnya Kenapa karena kami menggeser data yang tadinya peserta akan input lagi di daftar proses setelah lulus lalu dia daftar ulang kita pindahkan lengkap semua di dalam proses awal ini tujuannya adalah nanti setelah peserta lulus maka dalam proses daftar ulang dia tidak isi biodata lagi dia tinggal next ke tahap

Berikut misalnya kalau di pasca ada keinginan untuk mengupload dokumen tambahan Ya silahkan tapi kalau tidak dia tinggal buka lalu tinggal lanjut ke tahap mencetak tagihan itu martikulasi SPP kemudian espi dan sebagainya dan dia langsung bayar jadi kita perpendek Nah kita pindahkan itu semua di awal sini data-datanya kalau bapak ibu buka Siakad

Ini persis jadi kita ngambil berdasarkan silakan dan kita combine dengan kebutuhan biodata Di PD Dikti yang kami tambahkan adalah ini Bapak Ibu Mohon diperhatikan Jadi kalau yang mau masuk pascasarjana S2 dan S3 Kalau dia mau masuk S2 maka dia pilih jenjang pendidikan terakhirnya adalah S1 Kalau dia mau masuk S3 maka pilih

Jenjang pendidikan terakhirnya S2 kenapa ini harus diperhatikan karena ini mempengaruhi Nanti pada tahap memilih jenjang atau memilih Prodi kalau misalnya dia isi ini adalah jenjangnya SMA misalnya Bapak Ibu maka pilihan Prodi yang muncul nanti adalah prodi-prodi S1 kalau dia isi S1 maka pilihan Prodi yang muncul nanti adalah

S2 kalau dia isi S3 maka pilihan Prodi yang muncul nanti eh sorry kalau dia pilih S2 adalah S3 jadi yang mau masuk pasar sebenarnya memilih cuman dua S1 S2 atau D4 ya kemudian nama universitasnya dan ini adalah tahun lulus dari pendidikan terakhirnya dia nah kemudian foto itu diupload di sini

Bapak Ibu fotonya pilih di sini kemudian cari foto di upload misalnya Nah di sini diminta harus foto harus JPG ya PNG atau JPG kalau beta uploadnya misalnya filenya adalah file PDF misalnya Bapak Ibu contoh ya atau ini beta upload csv Nah ada pemberitahuan di atas Nih Bapak

Ibu foto harus bertipe PNG atau JPG harus bentuknya gambar pilih yang gambar bapak ibu kalau pilihnya gambar maka pemberitahuan errornya tidak ada nah kalau sudah tinggal langsung setelah diinput tinggal langsung disimpan bapak ibu nanti setelah disimpan dia akan kembali lagi ke sini dengan isian data yang sudah lengkap kalau ada data yang tidak

Diisi dia akan muncul error harus lengkapi data dan fotonya akan langsung tampil nah bapak ibu untuk [Musik] setiap tahapan yang Bapak Ibu ya untuk setiap tahapan itu Nah setelah simpan mohon maaf tadi setelah simpan bapak ibu akan ada muncul tambahan yang di bawah ini bapak ibu namanya pernyataan persetujuan ini kan

Datanya udah Disimpan nih sudah ya sudah ada di sini pernyataan persetujuan ini intinya menyampaikan bahwa yang pertama Data yang diinput foto dan Dokumen KK yang diupload itu sudah benar karena konsekuensi dari pernyataan persetujuan ini disetujui dan disimpan permanen adalah setelah menyimpan permanen data ini tidak bisa diubah lagi

Bapak ibu jadi tombol ubah ini tidak akan muncul lagi Kenapa kemudian permanen ini kami lakukan agar memastikan peserta menginput data yang benar dan sudah dicek beberapa kali sebelum disimpan nah contohnya Bapak Ibu kalau ini disimpan tanpa mencentang persetujuan dia akan muncul di kanan atas warna kuning ini anda harus mencentang pada mencentang pada

Pernyataan persetujuan kalau dia mengklik ini mencentang artinya dia setuju dengan ketentuan yang ada lalu dia simpan bapak ibu setelah proses simpan akan muncul pemberitahuan ini selamat anda telah menyelesaikan tahap pertama pertama udah selesai Nah kalau turun ke bawah Papi Bu tombol ubahnya sudah tidak ada Jadi dia sudah tidak bisa mengganti pilihan dari

Isian dari formulir yang ada yang selanjutnya adalah dia akan lanjut ke tahap yang kedua tahap kedua ini adalah memilih jenjang studi Bapak Ibu dia memilih jenjang studi di sini kalau dia lanjut ke tahap ketiga maka ada pemberitahuan dia belum bisa mengakses halaman ini silahkan tahap sebelumnya selesaikan tahap sebelumnya

Terlebih dahulu artinya harus urut Bapak Ibu ya Nah di tahap kedua ini yang tadi kita Jelaskan Bapak Ibu karena jenjang di biodata ini dia punya jenjang pendidikan terakhir S1 maka yang di sini muncul adalah S2 nya saja yang muncul Nah ini tinggal di klik ya Bapak Ibu nanti tampilannya ini karena kami tadi

Udah coba Jadi kalau belum diisi biasanya dia nah dia muncul gini Bapak Ibu jadi setelah pindah ke tahap 2 munculnya gini ini tanda kalau tanda x ini dia bisa memilih nantinya nah waktu dipilih tidak tidak yang tadi itu sampaikan karena tidak ada pilihan lain dia hanya bisa memilih ini Andaikan Bapak Ibu peserta

Nanti dia memilih salah memilih yang sebelumnya Bapak Ibu Ya kalau dia salah memilih jenjang sebelumnya maka akan munculnya di sini pasti keliru misalnya dia pilih jenjang pendidikan terakhir SMA muncul di sini kan S1 saja Apa yang harus dilakukan Bapak Ibu kami tidak melayani untuk perbaikan data yang sudah dipermanen karena sudah

Menyatakan persetujuan maka yang harus dilakukan apa Silahkan daftar ulang dengan email yang berbeda Bapak Ibu sebab kalau ruang itu kami buka Bapak Ibu maka permintaan perbaikan kesalahan-kesalahan ini kita kerjanya tidak ada kerja lain cuman duduk mengedit apa yang sudah diisi oleh peserta itu yang pertama yang kedua data

Yang sudah disimpan dan permanen tadi tidak lagi orisinil karena sudah ada campur tangan universitas untuk mengubah data tersebut maka kami tidak buka ruang di sistem kami kunci tidak buka ruang untuk memilih Jadi kalau ada kesalahan dan sudah terlanjur permanen ini Kan ceritanya kalau munculnya nanti S3 Bapak

Ibu Ya sementara dia mau masuk S2 berarti kan dia salah mengisi jenjang pendidikan awal yang dilakukan apa kalau dia kembali Dia mau ngedit sudah tidak bisa maka silahkan daftar ulang pakai akun yang baru tidak ada kerugian karena dia belum membayar jadi Silahkan daftar ulang dan pastikan tidak ada kesalahan

Jadi itu perlu disampaikan supaya jangan peserta bertanya lagi mereka sudah tahu apa yang harus dilakukan Nah kalau dia sekarang benar dia Silahkan pilih ini kalau simpan permanen dia akan bilang nih Anda harus mencentang pada pernyataan persetujuan Oke dia centang pernyataan persetujuan kemudian simpan Muncul lagi Anda belum memilih jenjang

Pendidikan klik pada tombol di samping jenjang pendidikan yang anda mau pilih lalu simpan permanen berarti ini harus dilakukan dulu di klik Bapak Ibu nah dia berubah jadi hijau ini artinya dia sudah memilih jenjang pendidikannya kemudian centang sama kalau sudah permanen ini tidak bisa berubah lagi baru dia permanen waktu itu

Ya Nah di sini pemberitahuan selamat tahap untuk jenjang pendidikannya sudah beres tetapi Sorry pilihan untuk permanennya sudah tidak ada dan dia tidak bisa lagi ini Kalau di klik tidak ada fungsi apa-apa lagi bapak ibu dia cuman menginfokan bahwa data yang sudah dipilih tadi sudah tidak sudah tidak bisa diedit dan

Pilihannya yang seperti yang sudah ada kemudian lokasi www sebentar saya pilih ke Prodi nah bapak ibu mohon maaf ini sudah terisi Jadi kalau yang sebenarnya itu ini karena tadi Seperti yang saya bilang kami sudah coba-coba Nah nanti dianya Nanti munculnya seperti begini Bapak Ibu Kalau di klik tahap 3 munculnya gini

Tapi perhatikan sistem kuliah atau kelasnya sudah langsung terpilih reguler kenapa Karena di pasca sistem kuliah tidak kayak S1 yang ada reguler dan reguler dia cuma ada reguler saja maka simpulnya sudah otomatis dan pilihan program studinya belum dilengkapi artinya dia belum pilih apa yang harus dilakukan sama kayak formulir silahkan klik ubah data

Nah kemudian babi perhatikan pilihan program studi yang tampil hanya S2 Ya hanya S2 serta nanti kami cek kembali Bapak Ibu kenapa muncul dua kali tapi ini pilihannya hanya perlu di S2 dan kalau di tahun sebelumnya kan cuma bisa memilih satu ya Bapak Ibu ya satu Kenapa kali ini kami sediakan dua

Pertama Karena integrasi tadi maka kita seragamkan pilihan program studi itu adalah dua yang kedua sebagaimana arahan dari inspektorat dan dari arahan dari Kementerian terkait pemilihan atau seleksi masuk maka setiap peserta harus diberikan alternatif dia bisa memilih dia mau masuk di Prodi yang mana oleh karena itu kita sediakan tetapi

Secara teknis nanti sebenarnya bapak ibu kalau bapak ibu merasa bahwa kan kita setiap tahun biasanya cuman satu pilihan tidak ada masalah pilihan yang mau dimasuk dipilih oleh peserta yang menjadi prioritas ikut urutan Bapak Ibu jadi pilihan pertama ini adalah prioritas pertamanya pilihan kedua adalah prioritas kedua artinya dalam proses

Seleksi pun dia akan memperhatikan atau dalam proses penilaian dan apa namanya proses pemeriksaan by system itu dia akan memperhatikan prioritas dari Prodi tadi nah ini silahkan dipilih Bapak Ibu misalnya pilih kimia catatannya adalah pilihan kedua tidak boleh sama dengan kimia bab Ibu kalau pilih yang sama akan ada pemberitahuan pilihan Prodi pertama

Dan kedua tidak boleh sama Nah makanya yang ini harus berbeda kemudian tekan tombol simpan bapak ibu setelah simpan nanti akan muncul pemberitahuan untuk permanen sama poinnya permanen ini adalah meminta mereka untuk mempermanen datanya karena konsekuensi dari permanen tidak bisa diubah tetapi perhatikan selama belum permanen maka masih bisa diubah lagi nih oh salah

Pindah lagi terus Simpan lagi nah kemudian dicentang di klik permanen kalau sudah maka tombol ini sudah tidak akan muncul dan selamat anda telah menyelesaikan tahap yang ketiga tahap yang berikut adalah dia memilih jalur pendaftaran bapak ibu ntar saya kosongkan dulu jalur pendaftarannya Nah kalau lanjut ke jalur pendaftaran nah ini Jadi

Ini yang kami minta untuk mungkin bisa dilihat Bapak Ibu jangan sampai ada kesalahan tapi di sini sebenarnya kami memberitahukan informasi cuman secara umum saja kita tidak spesifik Karena untuk spesifik mengenai syarat dan ketentuannya itu ada di Prodi masing-masing dan ini kemarin sempat kami konsultasikan secara umum di beberapa perguruan tinggi lain Memang

Mereka menempatkan syarat IPK minimumnya Tetapi setelah kami tanyakan kemarin Nah untuk syarat IPK juga kami tidak bisa menempatkan karena tidak ada informasi mengenai syarat IPK minimum untuk di pasca kami Coba buka peraturan Akademi pun tidak ada artinya kalau ini menjadi syarat tambahan silahkan Mungkin habis ini Ibu pada satu atau

Ataupun pihak yang memiliki kewenangan dengan hal ini bisa mengkoordinasikan nah ini disampaikan bentuk seleksinya karena dilakukan dalam bentuk ujian tulis berbasis komputer ya Jadi Yang pilihan prestasi dan RPL ini Bapak Ibu dia tidak tersedia jadi Mereka cuma bisa memilih satu saja ya kemudian ini diklik sama seperti tadi Bapak Ibu Ya kalau

Belum dipilih kemudian simpan permanen dia akan kasih tahu nggak bisa harus pilih dulu jadi ini kemudian pilih ya kemudian Pernyataan persetujuannya di klik lalu kemudian lakukan simpan permanen nanti akan muncul seperti ini maka inilah jalur yang dipilih oleh yang bersangkutan yang mana cuma ada satu untuk pasca Lalu setelah itu lanjut ke

Tahap 5 tahap reservasi nah yang tahap reservasi ini kami Tunjukkan Bapak Ibu di slide saja karena memang ini tahapan ini kita bisa kami demokan karena dia terintegrasi dan ini sebentar nah tahap reservasi kurang lebih seperti ini Bapak Ibu jadi akan muncul lokasi ujian ada 4 upt3 kampus Poka psdk Waru karena dia

Memilih jenjang pilihannya dia adalah S2 dan S3 atau S3 maka pilihan untuk lokasi 3 yang ini tidak tersedia buat dia tidak bisa dipilih yang tersedia hanya yang virtual kecuali fase merubah kebijakan mau ujian juga di peserta datang gitu Ya udah berarti kita aktifkan kalau tidak ya berarti Pilihannya cuman

Ada virtual Nah nanti ketika dia udah memilih Bapak Ibu ini contohnya ya nanti akan muncul tombol untuk buat sleep Setelah dia pilih Lokasi ujian di tombol kolom yang tengah ini akan muncul muncul tombol untuk buat sleep waktu dia buat slip akan muncul sleep yang statusnya aktif seperti ini Bapak Ibu yang kiri ya

Nah yang aktif ini dia bisa cetak slipnya disitu nanti ada informasi nomor virtual account jumlah tagihan dimana di pasca itu S1 adalah 1 juta biaya pendaftaran es2 1 juta dan S3 nya dua setengah cetak slip lalu dia bayar di sini akan disebutkan batas waktu pembayarannya kapan kalau batas waktu

Pembayarannya kalau dia bikin hari ini biasanya berarti batas waktu pembayarannya besok jam 12 malam kalau dia terlewat misalnya Bapak Ibu maka waktu dia akses lagi besok eh lusa misalnya akan muncul yang kanan nih bapak ibu expired dia punya sleep yang sebelumnya apa yang harus dia lakukan nanti di

Kolom ini muncul lagi tombol buat sleep ya Nah silahkan dia buat sleep lagi nanti muncul nih sleep yang baru muncul yang expirednya di sebelah yang barunya muncul yang baru ini karena dia bikinnya lusa maka batas pembayarannya itu adalah hari Senin sayangnya memang batas pembayaran Bapak Ibu kita tidak bisa menghindar dari hari

Sabtu dan Minggu jadi kalau bikin di hari Jumat batasnya hari Minggu kalau bikin di Sabtu batasnya hari Senin mungkin ini jadi info aja buat sampaikan untuk peserta karena melihat pengaturannya seperti itu maka kalau bikinnya mau buat sleep ya usahakan jangan yang kena batas di hari Minggu misalnya karena nanti pelayanannya

Kalau mereka mau bayar retailer tidak bisa misalnya lalu kemudian nanti begitu Bapak Ibu nanti yang batas yang berikut kalau dia lupa lagi Muncul lagi menjadi expired sudah ada dua yang expired lalu dia buat lagi Muncul lagi yang aktif dan seterusnya nah sebenarnya makin banyak peserta mengulangi proses ini nanti itu

Jadi data buat kami analysis kecenderungan dan sebagainya nah ini akan menjadi report balik buat buat Bapak Ibu di pimpinan di pasca yang akan menjadi catatan untuk sosialisasi berikutnya setelah proses ini pembayaran selesai Bapak Ibu perhatikan kolom pernyataan persetujuan pernyataannya berbeda dengan yang tahap-tahap sebelumnya Kalau di sini proses Simpan

Paramanen itu dilakukan otomatis oleh sistem Kapan simpan permanen tahap reservasi dan pembayaran ini dilakukan proses permanen ini terjadi ketika yang bersangkutan lakukan pembayaran jadi di sini dibilang dengan melakukan pembayaran atas tagihan slip pembayaran maka sistem akan melakukan permanen tahap preservasi dan pembayaran artinya dia permanen otomatis kalau dia udah

Permanen maka tombol buat sleep ini sudah tidak akan tersedia dan peserta bisa lanjut ke tahap yang terakhir tahap 5 tinggal cetak kartu peserta mungkin Bapak Ibu secara teknis alur pendaftarannya seperti ini nanti Bapak Ibu dalam proses bisa tekankan ke peserta bahwa Bapak Ibu perhatikan di bagian kanan

Bawah ini di semua tahapan ya setiap kali tahapan manapun tinggal tunggu sebentar nanti akan muncul ada tombol tanya kami di bawahnya Bapak Ibu dan ini tidak hanya di halaman setelah login ya bahkan ketika peserta belum pernah mendaftar sama sekali Dia ada di halaman ini ada tombol tanya kami Nah ini tinggal di

Klik tombolnya tombol ini akan terhubung jadi ini bisa mulai ngobrol sekarang misalnya nanti ini dia akan terhubung dengan Facebook pagenya unpatti di mana pelayanan tanya jawab ini dilayani oleh teman-teman staff kami di helpdesh pusdatin yang cewek-cewek yang di front office-nya itu bapak ibu nah peserta bisa menanyakan otomatis di situ

Di situ juga sudah kami sediakan beberapa pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan oleh mahasiswa misalnya contoh email kami sudah terdaftar Gimana cara mendaftar kalau dia klik jawabannya udah langsung tersedia dan teman-teman akan melayani di jam kerja Kalau di luar jam kerja akan dilayani di besok hari kami juga menerapkan sop untuk layanan tanya jawab ini

Ada batas-batas waktu tanggapan yang kami evaluasi jadi bisa Arahkan saja beserta ke sini kalau ada kebingungan Bapak Ibu dalam proses pendaftaran mungkin itu Ibu pada satu beberapa langkah teknis dalam proses pendaftaran di sisi yang bisa kami jelaskan untuk sementara silahkan kalau ada yang mau ditanyakan atau mau dikonfirmasikan mengenai proses-proses pendaftaran tadi

Kami persilahkan atas waktu dan kesempatannya akan mengucapkan terima kasih Bu Terima kasih sudah menjelaskan tahapan pendaftaran ini bagi kami tadi ada enam tahapan ya pak ya enam tahapan ke-7 tahapan tadi yang sudah disampaikan Bapak Ibu nanti kalau ada hal-hal yang mau ditanyakan terkait dengan tahapan-tahapan tadi sih silahkan ibu-ibu ya

Terima kasih atas kesempatannya memberikan sosialisasi bagi kami ada dua hal yang saya mau tanya yang pertama menyangkut kelengkapannya kan kalau misalkan ada mahasiswa yang belum sempat wisuda tapi cuma surat keterangan Lulus Itu waktu di upload bisa diterima yang kedua menyangkut pilihan-pilihan program studi Itu pak ada pilihan satu dan pilihan 2

Saya cuma sedikit khawatir jangan sampai Katakanlah mereka memilih pilihan satu di Prodi pertanian beli yang dua di misalnya di Prodi kehutanan misalnya padahal sebenarnya Tujuan mereka itu masuk Prodi pertanian tapi justru Tembusnya masuk di kehutanan seperti itu jadi karena kita ini kan punya siswanya tidak banyak nilainya kalau misalnya S1 yang

Siswanya banyak begitu atau Prodi yang lain yang punya siswanya banyak Jadi kalau misalkan bahwa ini yang mau mendaftar ini adalah siswa yang memang mau masuk Katakanlah seperti itu tapi kan ada dua pilihan tadi lalu berdasarkan hasil tes kemudian panitia tidak Katakanlah berpikir bahwa dia memang itu hasil sosialisasi untuk masuk

Di pertanian itu Pak Itu yang yang ingin kami tanyakan supaya jangan sampai dia bisa Miss waktu seleksinya apa ya terima kasih buat untuk kelengkapan itu mengenai yang kelengkapan sebenarnya untuk proses tesnya itu kita belum meminta mereka punya apa namanya sama seperti yang satu ya mereka punya surat keterangan lulusan itu belum Pak kita

Belum Minta permintaannya dilakukan pada saat daftar ulang jadi kan dia Ujian ini yang dinyatakan lulus itu kan lulus ujiannya bukan lulus menjadi mahasiswanya karena ada tahap berikutnya adalah tahap daftar ulang di mana dalam proses daftar ulang itu barulah kemudian diverifikasi termasuk mengenai Beta bilang tadi Pak nanti ada dokumen

Tambahan yang dibutuhkan misalnya dan itu misalnya bisa saja dia spesifik by Prodi nah itu nanti di daftar ulang makanya itu setelah tahapan ini sebenarnya tahapan Berikut kita nanti akan menyuratin meminta dari pasca detail kebutuhan dokumen contoh kayak S1 kedokteran dia ada tambahan dokumen surat keterangan buta warna Jadi kalau

Tidak punya surat keterangan buta warna itu dia dinyatakan gugur dan dia tidak bisa menjadi mahasiswa jadi catatan bahwa lulus ujian ini bukan dia sudah pasti jadi mahasiswa pasca tapi dia baru lulus ujian seleksi seleksinya dulu ada tahap berikutnya tahap daftar ulang di situlah jadi dia akan jadi mahasiswa ketika dia sudah

Terbitnimnya dan sudah melakukan pembayaran dan ini udah terbit nah itu jadi selama dia Lulus ini dia Jadi sekarang dia masih calon peserta Setelah dia daftar dapat kartu dia menjadi peserta seleksi setelah seleksi dia dinyatakan lulus dia menjadi calon mahasiswa baru Nah nanti Setelah ininya keluar baru dia namanya mahasiswa baru

Kurang lebih kayak gitu jadi dokumennya belum Pak nanti itu di tahap daftar ulang yang kedua mengenai pilihan Prodi yang tadi Kalau mengenai kebijakan dua pilihan harus dibuat itu kami menggunakan arahan dari pusat Kalau mengenai teknisnya mungkin itu tadi Pak jadi Arahkan mereka untuk prioritas di pilihan pertama Nah kalau dalam bentuk

Seleksikan seleksinya dilakukan oleh pasca Ya Pak kami tidak ikut campur dalam proses dari dulu meskipun seleksinya dilakukan by system tetapi tetap penetapannya itu kami kembalikan ke Pasca jadi Silahkan Pak Prodi mungkin berdiskusi dengan pimpinan jadi misalnya untuk yang detail kebutuhan Dokumen itu misalnya kita nanti rencananya ada tambahan untuk

Misalnya data TOEFL di awal mulai kemudian data TOEFL ini memang kita tidak jadikan sebagai syarat masuk gitu tapi yang penting ada kita harus sudah dapat data TOEFL untuk data awal misalnya seperti itu kemudian untuk yang tadi kan itu nanti kita karena yang seleksi tadi di pasca Ya nanti tinggal

Kita sesuaikan dengan kebutuhan ibu tadi Mungkin secara resmi Surat akan minta tetapi nanti kalau Ibu nyiapin Ibu nyiapinnya adalah dokumen umum dulu umum ini kan artinya semua Prodi pasti butuh dokumen tambahan itu baru kemudian di bawahnya kalau ada prodi-prodi yang butuh dokumen tambahan khusus ibu tinggal saya Sebutkan Prodi yang punya

Tambahan khusus saja tidak perlu semua jadi yang kami minta umum kalau ada prodi-prodi tertentu butuh syarat dokumen tambahan Nah Ibu tambahkan produk tersebut gitu aja sih sebenarnya kalau ibu mau lebih dulu tanpa menunggu surat ya bisa juga Japri tapi secara resmi Surat tetap akan disampaikan karena untuk seluruh requirement dalam

Proses pendaftaran daftar ulang kita minta selalu dengan surat sebagai data dukung bagi kami kalau ada pemeriksaan kita akan sampaikan sistemnya dikemas seperti ini karena permintaan seperti ini dan sebagainya begitu sih ibu kita siapkan dalam itu surat kalau ini misalnya nanti Apakah kita bisa minta jadi ini untuk kemudahan atau untuk membantu calon mahasiswa

Data-data di tahap satu pak satu misalnya kalau kita bisa dapat printnya begitu Jadi kalau salah satu Ibu kalau tahap 1 nanti kami coba siapin Ibu Ya kan memang ada panel-panel kayak dulu yang kami pernah berikan waktu tahun berapa ke ibu kita sama Pak wem ya waktu pasca masih di

Sana itu pernah ada panel nah panel yang sama nanti kami aktifkan buat bapak ibu untuk memantau cuman begini kalau di tahap 1 kedapatan kami yang sekarang nih Bapak Ibu itu ada banyak yang salah-salah jadi jangan langsung pastikan bahwa itu datanya karena contoh mereka mau masuk S1 mereka pilih jenjang

Pendidikan asalnya yang satu nah ini kan daftar yang pendidikan asalnya S1 dan S2 akan tampil di Bapak Ibu punya panel nih di dashboardnya admin di pasti akan muncul tapi jangan beranggapan bahwa itu udah pasti itu kenapa karena bisa saja dia salah pilih itu yang terjadi banyak

Nih dan data itu bapak ibu ini tidak akan pernah hapus kesalahan-kesalahan jadi di tahap 1 itu tetap akan muncul kalau ibu mau make nanti pakai data yang tahap Setelah dia memilih Prodi minimal Setelah dia memilih jenjang pendidikan itu kan sudah bisa dipastikan kalau dia sudah permanen dia punya Prodi yang dia

Pilih berarti itu udah pasti dia memilih pasca tapi nanti di Ibu tuh akan tampil tuh mahasiswa dengan jenjang pendidikan di tahap pertama mengisi jenjang pendidikan asalnya S1 atau s2 akan tampil di dashboardnya Ibu nanti kami siapin hari Senin kita apa namanya sampaikan akunnya ke ibu maksudnya supaya mungkin ada terutama Bapak Ibu

Yang sosialisasi sudah infokan sebelumnya ke calon mahasiswa bahwa harus siapkan ini ini misalnya harus ada kakak harus ada apa gitu maksudnya listnya begitu sebentar ini peserta yang sudah mendaftar di maksudnya dia punya apa ya list apa-apa yang kira-kira dibutuhkan untuk data biodata maksudnya nanti kami ya habis ini kami siapin lah

Kami wa ibu ya ada yang mau ditanyakan ada calon mahasiswa baru saya saat ini dia lagi daftar Pak Iya sudah dikasih sudah share lalu dia lagi isi dan dia bikin bahwa dia sudah 1 sampai 4 ya disuruh tunggu ada konfirmasi Bali itu paling lambat satu atau 24 jam Pak paling lambat dia mendaftar

Bagaimana ini Bagaimana tuh Pak mahasiswa baru pilihan pertama saja tadi yang tadi sudah dijelaskan Pak pilihan kedua tetap diinput-input aja yang lain Pak karena itu jadi prioritas kedua apa toh maksudnya pilihannya tetap harus mengisi dua pak tapi ya mereka Pingin masuk pilih itu menjadi pilihan pertama yang pilihan kedua terserah random aja Pak

Jelaskan sih ada dua pilihan Pak nanti kita perhatikan yang prioritas di pilihan pertama itu oke lalu kebetulan kita sudah bilang lo siapkan dokumen-dokumen fisik juga disiapkan ke Prodi Bagaimana tuh Pak mereka kan tidak upload dokumen-dokumen seperti jangankan semua dalam proses pendaftaran yang diupload itu hanya foto dan kartu keluarga

Ijazah dan semua yang menjadi dokumen tambahan pada saat dia dinyatakan lulus itu nanti diminta diproses daftar ulang Setelah dinyatakan lulus ada tahapan daftar ulang nah dokumen-dokumen tambahan Itu diminta kalau sudah ada di Prodi khawatirnya beta nantinya operator produk itu tidak bisa mengupload Karena kan dia tidak tahu masing-masing punya akun tuh pak tapi

Untuk backup kita punya dokumentasi tetapi tetap pastikan bahwa Jangan sampai karena mereka merasa mereka udah kasih arsip dong saya upload lagi [Musik] upload itu cuman foto dengan kartu keluarga yang lain nanti sesudah itu sebenarnya kalau bapak tidak minta arsip Dulu pun tidak masalah karena Setelah dia download sama seperti S1 sekarang

Nih diregistrasi Itu dokumen-dokumen yang di upload bapak bisa download akang menjadi arsip digital semua sih tapi kalau memang Bapak mengambil langkah juga untuk mereka mengirimkan tidak apa-apa itu untuk back-uple apa bisa tahu ini yang sudah oke oke dan bisa dikroscek juga dong Sudah daftar kah belum Sudah daftar ulang ke belum

Kurang lebih kayak gitu sih Bapak Ibu yang lain mungkin ada Iya terima kasih Pak Edo sebelumnya yang pertama mau yang mau disampaikan yaitu terkait dengan pelaksanaannya kan ada 3 utbk prestasi dan RPL tapi yang perlu digunakan hanya utbk Mandiri tahun kemarin itu kan pasti sudah menyelenggarakan untuk yang beasiswa terus

S1 yang lulus dengan predikat otomatis masuk di jalur prestasi sehingga proses pembiayaan mereka itu kan nanti tidak dikenakan biaya karena kalau misalnya mereka pemilihannya utbk Mandiri tidak ada jalur prestasi sekarang bagaimana untuk nanti agak pasti kesulitan untuk menentukan jumlah mahasiswa untuk calon mahasiswa untuk prestasi jalur prestasi yang

Beasiswa Anda Tentunya saya tahu yang daftar ini mau masuk di prestasi Kak masuk reguler kah kan kata dia punya pilihan tadi itu yang jadi kalau memang bisa dibuatkan untuk yang mahasiswa S1 yang dengan lulusan kemarin hukum laut supaya dia ketika nanti Kemudian yang kedua untuk di kartu tesnya Bisakah langsung dicantumkan

Untuk jadwal wawancara dan itu Kalau tidak salah belum ada nanti kami minta jadwalnya ibu ya Siapa itu kemudian yang ketiga periode di pengisian biodata calon mahasiswa itu terkait dengan penghasilan ayah dan ibu ini biasanya kedapatan di daerah-daerah kabupaten yang mau mendaftar sebagai calon mahasiswa itu rata-rata ada yang

Sudah tidak ada orang tua penghasilannya sekarang otomatis yang harus diisikan penghasilan mahasiswa yang bersangkutan kan penghasilan mahasiswa bersangkutan ada sendiri di bagian atas jadi ada pekerjaan mahasiswa sendiri ada penghasilannya sendiri kalau orang tua udah meninggal penghasilan berarti 0 itu di bagian atas itu ada isi dia punya status menikah kemudian pekerjaannya

Saat ini Apa lalu kemudian dia pun penghasilan berapa itu ada pilihannya mungkin itu yang kita sampaikan terima kasih Ibu mengenai prestasi ini sebenarnya kita sudah koordinasi dan beta sudah lapor ke ibu satu juga menanyakan kami menanyakan ke Pak wr1 justru mengingatkan hal ini tetapi pemirsa gini kalau tidak salah SK

Rektornya itu adalah SKB siswanya bukan SK jalur prestasi maksudnya SK masuk sebagai jalur prestasi tapi SK beasiswa diberikan kepada mahasiswa cumlaude dari Universitas Pattimura yang ingin melanjutkan ke Pasca nah kami menanyakan ke persen itu karena kemarin sebelum dibuka itu kita terakhir yang kita perlu konfirmasi itu adalah punyanya karena

Dia tidak bisa di Buka sendiri kan dia pasti bersamaan dan sempat beta konsultasi dengan Pak Ano waktu pak anu ke sini katanya betat waktu tanyakan pak anu konfirmasi dulu di sana Lalu setelah itu ada apa jawaban kebetulan panu ada datang ke sini juga beta memastikan lagi dan setelah itu

Beta juga mengkonfirmasi ke ibu hadir mengenai jalurnya dia tetap di utbk cuman Beta tidak tahu kalau yang beasiswanya itu mesti sampai ke beasiswa membebaskan dia proses mendaftar Beta pikir yang beta tahu selama ini beasiswanya adalah beasiswa perkuliahannya nah proses daftar BTS tentang kalau itu juga dibebaskan cuman kesulitannya

Sekarang ibu Ita ketika ketuk ke jalur prestasi maka semua orang bisa melihat bahkan yang bukan dari lulusan unpatti pun bisa memilih jalur itu Nah untuk mendeteksi dia itu jalur unpatti atau tidak kan kita tahunya dari dia mengisi nama pendidikan asal tetapi nama pendidikan asal ini pun kan tidak bisa

Diverifikasi Apa itu benar atau tidak kalau dia tahu dengan cara memilih prestasi biaya pendaftarannya itu dibebaskan bisa saja kemudian dia mengisi aja menempati supaya dia dibebaskan misalnya kayak gitu nah proses verifikasi ini yang tidak bisa kita pastikan Oleh karena itu kami berbincang pun hasil diskusinya tetap saat ini masih di utbk kalau

Sejauh yang ibu kita sampaikan tadi dan kebijakannya ubah kita tetap prestasi misalnya yang kami kemarin sudah sampaikan baik itu ke Pak R1 maupun ke ibu Wadir kita butuh dasarnya Makanya karena seluruh jalur yang kita siapkan ini nanti ada pemeriksaan dari inspektorat kami akan menyampaikan Kenapa di pasca membuka

Utbk lalu kemudian di tahun ini sudah ada prestasi nah yang kami Tunjukkan ke mereka adalah ini adalah ada sk-nya Pak bahwa pasca di tahun 2023 ada menerima jalur prestasi Nah jadi kalau memang itu tidak masalah sih berita nanti bisa ditambahkan tapi yang penting pastikan beberapa poin tadi dulu untuk fix kan

Kemudian untuk kartu peserta nanti ditambahkan ibu Ita yang baru ada di beta ini jadwal briefing dengan jadwal ujian beserta ID zoom-nya kalau wawancara belum ada itu saja Kakak Ibu kita memang untuk ke jalur prestasi ini seperti yang sudah kita komunikasikan dengan pada pemeriksa artinya memang sampai saat ini kalau

Kita buka jalur prestasi itu kan bukan dari unpatti saja tapi dari semua bisa melihat begitu jadi dia tidak spesifik untuk pesta nah di lain sisi saat ini kan kita juga belum tahu nih kira-kira Berapa sih Pagu atau berapa banyak yang nanti di skkkan oleh pak rektor untuk cum laude Padahal di lain

Sisi kan cum laude saat ini nih banyak sekali dari fakultas hukum berapa orang sudah masukkan atau 20 dari mana Jadi saya pikir memang kita masuk saja di utbk dia tetap mendaftar saja jadi dia tetap membayar uang pendaftaran uang masuk Lalu nanti sesudah itu kita bisa verifikasi lagi setelah dia lulus ya dia

Lulus baru kita cek lagi kira-kira mana yang masuk dalam mana yang bisa masuk dalam apa ya untuk beasiswa itu sesuai dengan Pagu anggaran yang tersedia dan mungkin itu nanti kita bicarakan lagi Sesudah ini kan paling tidak sesudah itu kita bisa lihat Oh ini data ini yang cumlaude misalnya kita juga bisa Nanti

Secara apa ya spesifik mendata bahwa ini cumlaude dan tidak mungkin sesudah daftar karena memang untuk masuk di prestasi itu tidak kita belum bisa masuk di situ karena itu dia umum luas tidak khusus untuk apa ya untuk kita saja di pasca begitu Bapak Ibu berita yang jadi sementara

Ini menjadi hal yang penting juga buat pasca kedepannya bisa disiapkan untuk yang akan datang karena kami sudah sempat kemarin sih merancang infrastrukturnya Cuman karena kami melihat kesiapannya belum karena kalau ke depan Ibu mau buka pasta kita pasti integral karena kan khusus mahasiswa unpatti ya maka kita akan integrasikan

Itu ke Siakad jadi begitu dia mendaftar dia akan diminta untuk memasukkan NIM s1-nya Nah nanti proses pengecekan itu validasi by system aplikasi PMB akan menarik datanya siakat untuk menyeleksi yang pertama IPK nya harus berapa yang kedua Masa studinya harus berapa dan kita harus siapkan ke sana mungkin kalau

Ke depan akan dipikirkan secara teknis beta mau bilang ke pimpinan pasca bapak ibu semua bahwa secara teknis kita bisa support agar mekanisme yang baik ini kalau ke depan mau diterapkan bisa berjalan dan bisa tervalidasi dengan baik gitu karena kita udah buat validasinya baik sistem gitu termasuk Mungkin kita bisa validasi bayi

Sistemnya langsung kediktif punya sistem jadi begitu dia masuk ke NIM sistem Dikti akan mengkonfirmasi apakah yang bersangkutan lulus dari unpatti atau bukan dengan IPK berapa dan masa studi Berapa lama itu mungkin tambahan Ibu jadi bahan pertimbangan Ibu mungkin kalau mempertimbangkan penerimaan tahun berikutnya Bapak Ibu yang lain mungkin ada hal-hal yang mau

Disederhanakan lagi kalau yang tahap untuk tahap pembayaran itu Apakah saat dia upload bukti pembayaran itu baru Buktinya ya baru secara langsung akunnya secara permanen itu jadi begitu pembayarannya masuk di bank biasanya bank punya waktu rekonsiliasi dengan kita tuh sekitar 15-20 menit kadang juga 15 menit saja bahkan ada

Kadang-kadang yang cuman 5 menit dia terekonsiliasi datanya maka otomatis atau mungkin yang kita mau sampaikan ke calon mahasiswa bahwa sebaiknya karena batas expirednya satu dua kali 24 satu kali 24 jam ya Pak ya bukan hitung-hitung jam sih hitung hari berikutnya jangan di hari Sabtu yang satu atau nanti kena batasnya hari Minggu gitu

Karena nanti batasnya satu atau Minggu ini ya Silahkan Bapak Ibu yang lain mungkin ada hal-hal yang mau ditanyakan ke Pak Idol Mami Kalau yang di luar daerah yang signal bagaimana itu yang biasa yang di luar daerah dibantu untuk mereka bisa kalau yang saya lihat sinyal tuh mungkin seperti biasa-biasa aja diambil datanya

Sesuai barangnya nanti kantong kasih itu Pak minta data seperti itu lalu dibantu buatkan email Berarti buat dong nanti email itu dikasih ke dong mungkin kayak gitu karena harus buat akun dong harus buat akunnya dengan menggunakan itu lagi pada email email tersebut dan sampai dilaporkan ke Dikti Jadi

Kalau Katong bantu buatkan email ke dong usahakan email itu setelah ketemu buatkan proses semua selesai kasih Akang ke si mahasiswanya email dan nanti komunikasi apa-apa kan menggunakan email tersebut email tersebut Jadi kalau tidak ada sinyal Pak ambil saja data tapi harus dibantu untuk email yang bisa tapi Ibu masih ada lagi guys

Buat ibu yang lain Maaf Ibu Hajar suara sama kayaknya semua sudah ini Bapak Ibu kan jadi tahapan-tahapan itu tadi sudah tinggal data-data itu yang nanti kita minta supaya untuk mungkin disampaikan sebelumnya ini harus disiapkan untuk tahap 1 misalnya Karena setelah itu kan udah ujian lalu jangan terlalu mepet Ibu tuh supaya

Kantong minimal kantong siapin kemudian Antum Bisa demo lagi kayak gini ke ibu dong tapi memang kalau Diusahakan Yang di ini langsung bisa mengisi data-data itu artinya untuk bapak ibu yang turun ke Kabupaten kalau memang bisa ada yang mau mendaftar dibantu untuk dan tidak bisa langsung mendaftar dan pembayaran ini semua melalui BRI berarti

Kan lubang BRI itu kan di semua Kabupaten Tersedianya bisa diakses Pak itu untuk foto itu ada ketentuan misalnya dia punya pas foto aja Ibu pas foto kalau ukurannya paling besar 1 Mega Kalau kami Kakak itu paling besar 2 Mega nah foto sebenarnya butuh yang besar-besar karena kepentingannya hanya

Untuk di kartu peserta sama nanti di aplikasi ujian dia akan muncul di sebelah kiri dia punya foto jadi resolusinya paling tinggi 500 kilo yang sampai 1 Mega itu sudah cukup bagus untuk di komputer karena bukan untuk cetak berwarna misalnya lebih baik berwarna Kami memang tidak menyarankan yang diminta Nih mukanya jelas tapi kalau

Bisa berwarna itu jauh lebih baik mungkin kantong verifikasi foto yang sudah di upload satu-satu Ibu tahu hari kemarin dalam satu hari aja peserta yang daftar itu sudah 1400 baru satu hari kemarin Iya jadi kan kalau ketemu masih cek mana foto warna dan saya akan mungkin jadi yang penting fotonya itu jelas gitu

Ini nanti sesudah ini Bapak Ibu nanti kita kayak penutupan itu kan 31 31 Juni [Musik] 30 Juni kemudian tanggal 3 tanggal 3 Juli itu kita ada meeting ada meeting via Zoom dengan peserta lalu tanggal 4 Juli baru ada tes tesnya tanggal 4 Juli Bapak Ibu Ya tapi itu nanti sudah kita

Sampaikan juga di ini toko Hidayah nanti kita sudah sampaikan juga di waktu mereka masuk mendaftar itu sudah bisa mereka lihat di situ juga nanti kartu pesertanya ya di kartu pesertanya sudah ada untuk ID meeting dan passwordnya mengenai [Musik] yang baru-baru itu untuk ID meeting dan password ujian kita beritahukan pada

Saat technical meeting kalau saya salah yang ditaruh itu di kartu peserta hanya ID meeting dan password untuk briefingnya pada saat pada saat nanti briefing tapi terserah kalau yang kali ini Mau ditambahkan begitu karena toh dalam proses ujian Oh iya mengenai ini yang belum belum ada kejelasan mereka harus login berapa menit sebelum ujian

Berlangsung ada proses apa namanya identifikasi sebenarnya kalau mau dipersiapkan dari sekarang itu untuk lebih membuat secure karena ini aplikasi Zoom dipakai untuk proses pengawasan ujian Ibu Ya kalau mau itu dari sekarang sudah bisa di secure aplikasi Sungai Itu diminta peserta nanti bisa meregister dengan email yang mereka pakai mendaftar

Di aplikasi sehingga aplikasi Zoom hanya bisa join yang emailnya teregistrasi dalam proses pendaftaran yang join hanya yang Emailnya sudah teregister di idzoom saat itu nanti kalau mau di secure seperti itu tapi kalau tidak langkah manualnya ya di absen lalu yang tidak ada nih kayak kasih keluar sih sebenarnya masukkan aja itu

Ada nanti bisa jadi kita ada tambahan itu kemudian dari sesudah tes tanggal 4 itu langsung tanggal 5 6 itu wawancara Bapak Ibu jadi Bapak Ibu mungkin sudah bisa menyiapkan itu untuk tanggal 4 5 6 dan langsung tanggal 7 itu kita koordinasi untuk bahasa ibu kita ingatkan aja Pengumuman itu

Kalau jadwal bersama itu pengumuman Kalau tidak salah tanggal 11 pak ya tidak tidak menentukan kelulusannya atau ibu kan Jadi mungkin pastikan bahwa sudah bisa di nanti kami kami akan coba menyiapkan panelnya saja ya ibu Ita supaya bapak ibu menyatakan lulus tinggal centang aja di sistem supaya tidak usah kasih-kasih

Data manual lagi Jadi tinggal nanti pada saatnya kita kunci yang sudah dicentang itu yang kita umumkan itu aja nanti kalau ada hal yang mau disampaikan juga wawancara itu 56 kemudian tidak merupakan cara tentunya yang penting kita harus ada data Awal jadi kita sudah juga mengambil data awal untuk tes

Dan data wawancara wawancara dan data tes itu bapak ibu nah ini yang mungkin juga nanti kita sampaikan saat sosialisasi sehingga nanti di PPT sosialisasi itu kita sudah tambahkan juga untuk yang schedule schedule untuk mulai daftar sewaktu-waktu tes dan apa namanya briefing ya wawancara dan seterusnya mungkin itu ya bapak ibu

Sesudah lulus baru kita ke pendaftaran ulang lagi Pak Ido memang begini kita kita artinya sementara kita tidak umumkan untuk kita ada gelombang kedua Tapi tetap kita ada mengantisipasi kalaupun masih kotanya masih kurang untuk produk-prodi tertentu mungkin juga kita akan berkonsultasi untuk kita menambahkan lagi ada gelombang kedua begitu Pak berbentuk

Awal ini kita tidak secara Universitas juga sudah ada penanggalan gelombang keduanya nanti kita coba cek di pak Kiki cuman kan kalau pada saatnya akan dibukakan gelombang kedua penanggalannya sudah ada yang pasti proses kita ini kita lakukan karena kalian akademik tahun berikut Ibu tanggal 1 Agustus sudah mulai perkuliahan Iya itu yang kemarin

Memang cuman kalau untuk pasca ini mungkin nanti kita lihat memang tetap kita usahakan kuliah itu di Agus terjemah untuk tanggal 1 itu memang yang ada ya nanti penyesuaian nanti kita penyesuaian cuman kan tanggal kalau di Dikti yang tanggal kritis itu cek poin 2 ya Pak ya nanti ini kan yang semester ini mau

Selesai nih Oktober ini kan selesai Juli maka cek poin 2 nya itu dia jatuh di Agustus September 2 bulan September September 30 tanggal 30 kalau yang mahasiswa baru nih Ibu jatuhnya tuh di satu Agustus mulai sama 30 September mereka punya KRS dan KRS Itu yang kemarin kita sudah kasih masukan tuh Ibu

Supaya karena ini kan sama semua nih jadi itu kan dilakukan oleh Prodi by default Jadi sebenarnya untuk proses KRS 10 menit selesai sih satu angkatan semua Iya ada gelombang kedua kita waktunya kan agak sempit sehingga kita harus perhatikan ini untuk cek point satu itu di 30 September Ibu Kalau tidak salah ya

Pendaftaran gelombang kedua itu dibuka dua hari setelah pengumuman gelombang pertama Kalau tidak salah Jadi kalau Pengumuman tanggal 11 Kalau tidak salah tuh tanggal 13 itu gelombang kedua sudah dibuka dan gelombang dan gelombang kedua pun dibuka Kalau tidak salah waktu pendaftarannya itu tidak lama dan kalau pengumuman 11 Juli sesudah itu

Langsung buka gelombang keduanya tadi kan kita pikir mungkin bisa sebelum itu itu tapi kadang kalau di S1 itu mengantisipasi yang tidak lulus di gelombang pertama maka kita tetap membuka sampai setelah pengumuman Kalau Ibu mau buka lebih awal bisa cuman minta sarankan nutupnya itu jangan sebelum pengumuman misalnya tutupnya di tanggal 12 atau 13

Itu ya Agustus itu jadi agak panjang tapi nanti ini melihat kondisi ini dulu kuota masing-masing Prodi Iya itu dia tonton sebelumnya yang untuk admin panel dashboard itu jadi nanti di dashboard itu Ibu mantau peserta kemudian penetapan kelulusan ya penetapan kelulusan itu kami serahkan akunnya juga di pasca silakan pakai akun itu Ibu

Putuskan tetapkan kelulusannya siapa lalu centang di aplikasi kemudian proses daftar ulang verifikasi dan sebagainya Itu juga di aplikasi Jadi kami terima data final untuk disinkronkan ke Siakad itu lewat sistem itu Ibu sekali tahun lalu sih cuma yang tahun ini dia lebih sedikit lebih lengkap karena ada tambahan beberapa modul sih

Soalnya kan yang beberapa tahun kemarin itu kan dia hanya cuman akhir nanti kalau kali ini dari proses pendaftaran sampai akhir supaya tidak ada lagi Nanti kalau sudah ini mau konsultasi dengan baiknya sudah ada kita udah Salurkan adminnya nanti mungkin minta waktu atau ini lagi bu ya sama admin admin aplikasinya ya

Daftar ulang masih tetap dengan PB atau sudah jadi nanti daftar ulang itu alamatnya namanya tuh mandiri.pmb.unpati.ac.id nanti ada pengumumannya pada saat pengumuman kelulusan sih akan disertakan dia punya alamatnya satu hal tambahan Ibu Wadir yang ketemu sampaikan website yang menginfokan prodi-prodi mohon dipastikan karena di kami ada pertanyaan kadang lo mau cari tahu

Tentang Prodi yang modal masuk di pasca Kami cuma mengarahkan ke websitenya pasca Jadi mungkin bisa di atensi ke situ minimal ada info sedikit terkait dengan Prodi tersebut supaya ketiga ya kalau udah mau konsultasi website pascabayar masing-masing Prodi masing-masing Prodi itu harus paling tidak ada kontak pesan untuk Prodi

Disampaikan ke Pak Beni atau yang atau bisa yang itu ya kita punya brosur-brosur yang baru itu ya upload aja brosurnya di websitenya kalau ditanya katun cuma Arahkan ini websitenya Bapak Ibu kalau tidak ada mungkin kita sampai disini dulu untuk ketemuan dengan ide di saat ini Terima kasih sampaikan kepada Pak ini di atas

Sebagai penjelasan bukan masukan kemudian yang sudah bisa membantu kita untuk kapan ini nanti ada hal-hal yang teknis lagi bapak ibu bisa nanti kita konsultasikan dengan baik itu kemudian nanti Mohon bantuan Pak Ano Bu Ita untuk hal-hal yang nanti Mau ditambahkan yang tadi diminta oleh Ido untuk kita sampaikan Bapak Ibu Kaprodi

Mungkin kalau semua sudah websitenya atau website pasar sudah bisa kita lengkapi dengan apa namanya brosur-brosur terbaru supaya bisa langsung bisa dilihat oleh masing-masing mendapatkannya di situ dengan lengkap mungkin itu Bapak Ibu Terima kasih Bapak Ibu staf atau pengelola dan Keraton Makasih untuk kehadiran di hari ini lalu untuk Mungkin ini karena

Kebetulan ada di sini Bapak Ibu yang belum ada schedule untuk sosialisasi itu mohon untuk koordinasi dengan ibu kita dan atau dengan ini karena harus buat sppj dan lain-lain itu dari awal nama produk-prodi kabupaten-kabupaten yang belum bursa burung Terima kasih Bapak Ibu Terima kasih selamat sore buola tanggal 4 [Musik] ya tanggal 5

Bapak ibu Marni tanggal 29 berangkat Idul Adha untuk PPT Jadi Bapak Ibu sore ini kita punya kelengkapan itu ya Nanti bapak ibu mau berangkat itu harus ambil nanti Bu Ita mengirim ada kita punya PPT dan brosur-brosur dari masing-masing Prodi jadi ibu-ibu yang Bapak Ibu yang mau berangkat membawa brosur dari

Masing-masing Prodi yang ada untuk nanti di sana karena mensosialisasikan pasta sarjana jadi semua Prodi 21 Prodi itu 172 dan 4 S3 nanti kalau ada tambahan misalnya contoh saja dari apa ya mskp atau yang misalnya tidak ketua Padahal rencananya ingin ada beberapa mahasiswa di politeknik ketua Nah itu bisa menghubungi kelompok atau

Sobat PASCASARJANA UNIVERSITAS PATTIMURA, Info tentang #Simulasi #Pendaftaran #Penerimaan #MABA #Tahun ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 01:33:51 detik.


Begitulah sekilas tentang Simulasi Pendaftaran Penerimaan MABA Tahun 2023 yang telah dilihat oleh 196 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © PASCASARJANA UNIVERSITAS PATTIMURA 5631

One thought on “Simulasi Pendaftaran Penerimaan MABA Tahun 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *