Orang Tua Wajib Tahu ‼️ Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023/2024 @kangedibae

2023-05-04 12:59:54 00:10:33 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh jumpa lagi kita Bapak Ibu Bismillahirrohmanirrohim izin kali ini Bapak Ibu kita akan coba untuk memberikan informasi kembali Bapak Ibu terkait dengan video saya sebelumnya yaitu tentang penerimaan siswa baru ya tahun ajaran 2023 2024 paparan kita kali ini adalah untuk mempertegas video-video saya sebelumnya Bapak Ibu untuk itu silahkan nanti Bapak

Ibu simak ya terkait dengan penerimaan siswa baru untuk tahun ajaran 2023 2024 [Musik] baik Bapak Ibu judul yang admin bahwa kali ini adalah wajib diperhatikan ini untuk penerimaan peserta didik baru PPDB tahun ajaran 2023-2024 yang tentu ini masih menggunakan 4 jalur ya Empat jalur penerimaan PPDB penerimaan siswa baru

Ini pertama zonasi afirmasi Perpindahan orang tua dan prestasi nah pada paparan kali ini tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama sama orang-orang tua ya wali murid yang memang akan mendaftarkan anak-anaknya baik ke jenjang TK SD SMP maupun SMA bapak ibu baik kita coba di bacakan informasinya Bapak Ibu

Tahun ajaran baru ini memang tinggal menunggu ya Atau mungkin sudah mulai ada yang sudah mulai pendaftaran membuka pendaftaran kemudian ada juga yang mungkin untuk jenjang Sekolah Dasar ada yang belum ya yang belum membuka untuk pendaftaran tetapi paling tidak bapak ibu ada persiapan yang harus di persiapkan dari sekarang tentu dengan

Memperhatikan atau aturan-aturan yang memang dikeluarkan baik oleh satuan pendidikan maupun dari pemerintah daerah dan pemerintah pusat tentunya perpindahan untuk tahun ajaran baru ini Bapak Ibu pendaftaran siswa baru tahun ajaran ini 202324 ini tetap masih mengacu kepada regulasi yang lama ya yang menggunakan regulasi yang lama tetapi izin kali ini

Admin ingin membacakan ya beberapa hal terkait dengan sistem penerimaan peserta didik baru zonasi afirmasi perpindahan tugas orang tua atau prestasi tentu ini ada 4 jalur pendaftaran yang tujuannya untuk memberikan rasa adil sehingga bisa mengakomodir keragaman peserta didik yang pertama untuk jalur zonasi Bapak Ibu ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terutama

Orang tua yang tadi saya sampaikan akan mendaftarkan siswanya ke sekolah atau jenjang yang lebih tinggi yang pertama untuk jalur zonasi ini yang pertama calon siswa hanya dapat memilih satu jalur pendaftaran PPDB di satu wilayah zonasi dan yang kedua sekolah memprioritaskan calon siswa yang memiliki kartu keluarga atau surat keterangan domisili dalam satu wilayah

Kabupaten kota yang sama dengan sekolah asal yaitu itu mohon di perhatikan Bapak Ibu jadi kartu keluarga yang dimiliki oleh calon siswa itu harus sama ya dengan sekolah asal gitu Bapak Ibu kemudian yang ketiga berdasarkan alamat pada kakak yang diterbitkan minimal itu satu tahun sebelum pendaftaran PPDB jadi umur kakak itu minimalnya 1 tahun

Atau jika tidak ada kartu keluarga Karena situasi tertentu misalnya seperti bencana alam atau bencana sosial lainnya maka dapat diganti dengan surat keterangan domisili nah surat keterangan domisili ini biasanya dari RT RW atau desa yang mengeluarkan kemudian yang keempat adalah selain jalur zonasi siswa juga bisa melakukan pendaftaran melalui

Jalur afirmasi atau prestasi di luar wilayah zonasi selama memenuhi persyaratan itu dibolehkan bapak ibu kemudian yang kelima adalah penetapan wilayah zonasi oleh Pemda jadi nanti pemerintah daerah biasanya mengeluarkan biasanya itu mengeluarkan surat keputusan ya terkait dengan sistem penerimaan peserta didik baru di wilayahnya begitu Bapak Ibu di surat keputusan Bupati atau Walikota

Itu itu biasanya nanti isinya ada sebaran sekolah kemudian sebaran domisili kemudian ada kapasitas daya tampung sekolah gitu ya kemudian yang keenam penetapan wilayah zonasi pada setiap jenjang diumumkan paling lama 1 bulan sebelum pengumuman secara terbuka di pendaftaran PPDB yang ketujuh untuk zonasi bapak ibu bagi sekolah yang terletak di perbatasan

Provinsi dan kabupaten kota penetapan zonasi setiap jenjang dilakukan dengan kerjasama antar pemerintah daerah nah itu jadi ada 7 untuk zonasi yang perlu diperhatikan oleh kita orang tua calon peserta didik Kemudian yang kedua Bapak Ibu untuk jalur afirmasi jalur afirmasi Ini calon siswa jalur afirmasi boleh berdomisili di dalam atau di luar wilayah

Sekolah yang bersangkutan jadi calon siswa adalah afirmasi boleh berdomisili di dalam atau di luar wilayah zonasi sekolah yang bersangkutan Kemudian yang kedua calon siswa yang mendaftar melalui jalur afirmasi melebihi kuota yang ditetapkan pemerintah daerah maka penentuan peserta didik baru bisa dilakukan berdasarkan prioritas jarak tempat tinggal jadi artinya begini apabila membuka jalur

Afirmasi kemudian kuotanya penuh begitu maka bisa diseleksi kembali yaitu dengan cara mendahulukan atau memprioritaskan jarak tempat tinggal yang terdekat dengan sekolah gitu Bapak Ibu kemudian yang ketiga siswa baru yang berasal dari keluarga ekonomi tidak mampu wajib menyerahkan bukti keikutsertaan program penanganan keluarga tidak mampu dari pemerintah pusat atau pemerintah daerah

Dan surat pernyataan dari orang tua yang menyatakan bersedia diproses hukum jika terbukti memasukkan keikutsertaan itu bapak ibu kemudian yang ketiga jalur yang ketiga adalah jalur perpindahan tugas orang tua jalur perpindahan tugas orang tua ini Bapak Ibu perpindahan tugas orang tua atau wali dibuktikan melalui surat penugasan dari instansi kantor lembaga

Atau perusahaan yang mempekerjakan jadi nanti pada saat mendaftar menyertakan surat penugasan ya surat penunggusan orang tuanya dari kantornya dari lembaganya begitu dari perusahaannya pada saat mendaftar Kemudian yang kedua untuk penentuan siswa ini diprioritaskan berdasarkan jarak tempat tinggal calon siswa baru yang terdekat dengan sekolah jadi menjadi prioritas alamat yang terdekat dengan sekolah

Untuk yang ketiga jika ada sisa kuota maka akan dialokasikan untuk calon peserta didik di sekolah tempat orang tua atau wali pengajar gitu Bapak Ibu nah ini untuk jalur Perpindahan orang tua yang terakhir adalah jalur prestasi nah bapak ibu Nah apa persyaratannya untuk jalur prestasi yang pertama PPDB melalui jalur prestasi ditentukan berdasarkan raport

Ya Nilai raport dengan melampirkan surat keterangan peringkat nilai rapor siswa dari sekolah asal dan atau prestasi bidang akademik maupun non akademik itu ya nah rapor yang dilampirkan memakai 5 semester terakhir kemudian sedangkan bukti transaksi yang disertakan minimal diterbitkan 6 bulan dan maksimal 3 tahun jadi misalnya ada prestasi kejuaraan tertentu misalnya seperti

Lomba-lomba misalnya kemudian itu di bisa piagamnya atau atau surat keputusannya bahwa yang bersangkutan berprestasi nah limitnya yaitu 6 bulan minimalnya 6 bulan kemudian maksimalnya 3 tahun jadi 3 tahun ke belakang masih bisa digunakan untuk pendaftaran PPDB itu bapak ibu Nah jadi sebagaimana tadi saya ungkapkan Bapak Ibu ungkapkan bahwa

Penerimaan siswa baru penerimaan peserta didik baru tahun ajaran ini masih menggunakan regulasi yang lama yaitu Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 dan apabila apabila ini penting Bapak Ibu Apabila ada dokumen-dokumen atau syarat-syarat yang apa itu namanya bisa dibawa ya pada saat apa namanya pendaftaran maka jangan salah Apabila terjadi pemalsuan

Ini bisa dijerat berdasarkan peraturan perundang-undangan jadi jangan sampai ada pemalsuan untuk apa namanya dokumen-dokumen yang memang menjadi prasyarat dalam PPDB ini begitu Itu saja Bapak Ibu Terima kasih mudah-mudahan informasi ini memberikan manfaat jadi ini masih tetap menggunakan 4 jalur penerimaan PPDB yang tentu masing-masing jalur baik zonasi afirmasi Perpindahan

Orang tua maupun prestasi itu ada persyaratan-persyaratan tertentu yang dilengkapi sebelum Bapak Ibu mendaftar ke sekolah yang dituju begitu Bapak Ibu itu saja informasi yang dapat admin sampaikan terima kasih semoga bermanfaat Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terima Kasih telah bergabung bersama Channel ini semoga memberikan manfaat. (@kangedibae )
#ppdb #ppdb2023 #jalurzonasi #jalurafirmasi #perpindahanorangtua #jalurprestasi #penerimaanpesertadidikbaru #kangedichannel #komitesekolah #raporpendidikan #kurikulummerdeka

Tag :
ppdb, penerimaan peserta didik baru, jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpundahan orang tua, jalur prestasi, syarat penerimaan peserta didik baru.
Sobat Kang Edi Channel, Info tentang #Orang #Tua #Wajib #Tahu #Pada #Penerimaan #Peserta #Didik #Baru #PPDB #kangedibae ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:10:33 detik.


Begitulah sekilas tentang Orang Tua Wajib Tahu ‼️ Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023/2024 @kangedibae yang telah dilihat oleh 28871 penonton, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. © Kang Edi Channel 633

45 thoughts on “Orang Tua Wajib Tahu ‼️ Pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023/2024 @kangedibae

  1. Maaf pak ijin bertanya, untuk jalur perpindahan tugas orang tua..apakah alamat KK perlu dirubah? Karena disini kami juga masih kontrak dan KTP KK kami masih jawa tengah..

  2. Ijin bertanya pak, kalo daftar jalur afirmasi menggunakan KIP tapi statusnya setelah sya cek di website kemdikbud tidak berlaku dgn keterangan belum atau tidak padan dtks kemensos 2023 padahal tahun 2022 msh berlaku. Apakah bisa tetap mendaftar lewat afirmasi dan langkah apa yg harus sya tempuh agar bisa daftar sekolah menggunakan KIP karena zona wilayah tidk masuk. Padahal jarak ke sekolah kurang dari 1 km. Mohon dijawab pak karena sya bertanya ke pihak sekolah tapi mrka tdk mau tau. Maaf byk tanya 🙏

  3. Pak mau tanya .ank sya mau masuk sd kls 1.saya pindhan dr lampung ke jambi .tinggal dijambi baru satu tahun.kmren sya baru bikin kk tambah anggota .dan akte anak baru 2023 .tp msih kk lampung.ap bis masuk sd pk tanpa surat domisili.

  4. assalamu'alaikum kak izin bertanya, untuk jalur prestasi menggunakan nilai rapor semester 1-5 dan harus discan nah apakah surat keterangan lampiran peringkat digabung dengan nilai rapor/ dipisah gitu kak masing2, 🙏

  5. punten pak ingin bertanya, untuk jalur prestasi raport apakah jika pilihan 1 ke SMA Negeri tidak lolos akan otomatis berkas pindah ke SMA Negeri pilihan 2 nya? Terimakasih 🙏🏻

  6. Assalamualaikum..izin bertanya pak, anak saya mau masuk sma..kebetulan mau coba jalur perpindahan ortu..umur anak saya 14th 10bln..seandainya tidak lolos, apakah masih bisa menggunakan jalur prestasi dan zonasi dengan tujuan sekolah yang sama? Terimakasih pak

  7. izin bertanya pak,, saya kan berasal dari riau dan pindah ke jakarta karna ayah saya pindah kerja ke jakarta, nah syarat jalur perpindahan tugas orang tua kan harus ada surat perpindahan nya kan pak, tapi masalah nya itu ayah saya cuma kerja di kompeksi jilbab, bukan kerja dikantor atau perusahaan gitu pak, jadi solusi nya bagaimana pak?

  8. Ijin bertanya pak ,jika KK saya di kota A tetapi saya ikut cpns dan diterima di kota B apa bisa saya mengikutkan anak saya di jalur perpindahan ortu untuk sekolah di kota B,(maksud says disini,yg saya gunakan buka sk mutasi tapi sk pengangkatan yg sudah di kota B)

  9. Assalamualaikum pak izin bertanya, kalau misalkan tahap 1 diterima di SD pilihan ke 2 karna mental dr pilihan ke 1 tapi kita tidak daftar ulang,karna rumahnya jauh sama SD tersebut apakah kita masih bisa ikut di tahap 2 untuk pilih sekolah yg deket sini..

  10. Assalamu'alaikum pak,saya mau tanya ?saya bertempat tinggal dikota tangerang ,kk juga tangerang dan ingin mendaftar ditangerang,tp hasih verifikasi keterangannya domisili luar kota. jd saya mengikuti pendaftaran lewat jalur apa?terimakasih

  11. Mantap Kang Edi. Di chanel saya juga ada penjelasan tentang PPDB, silahkan mampir bagi yang ingin menyimak jalur-jalur penerimaan siswa baru, plus satu jalur yang khusus bin spesial.

  12. Assalamu'alaikum kang edi, ijin bertanya. Bagaimana cara mengatasi klu mau lihat hasil pengumuman lewat jalur afirmasi tp servernya down kang. Jd mulai jam 8 pagi sampai jam 2siang msh belum bisa dibuka kang. Tetapi ada tetanggaku minta bantuan pegawai kecamatan tp anehnya kok bisa melihat hasilnya ya kang.

  13. Assalamualaikum pak kalau untuk poin 3, itu pengalokasian khusus untuk orang tua yg bertugas disekolah tersebut , atau disekolah lain yg terdekat dg sekolah tujuan? Terimakasih pak

  14. Saya kurang senang sama Mentri pendidikan. Aturan yg ribet dan mempersulit warga negara dlm menyekolahkan anak anak mereka..
    Jokowi sudah salah besar memilih Nadiem Makarim ini menjadi Mentri pendidikan.

  15. Kang edi mohon sarannya gini kang anak saya daftar jalur zonasi tgl 26 juni tapi sampai sekarang belum masuk hasil seleksi sementara.temen anak saya yg daftar tgl 27 malah udah masuk hasil seleksi sementara.saya harus gimana ya kang apa tanya langsung ke sekolah yg dituju?

  16. Masuk sekolah syaratnya zonasi.. Prestasi… Usia… dll
    Sebaiknya sekolah A menerima nilai terendah 9
    Sekolah B nilai 8
    Sekolah C nilai 7
    Jadi siswa mendaftar nya sudah jelas mau kemana
    Contoh anak pintar rumahnya jauh dari sekolah dia gagal masuk karena syarat zonasi
    Dia pintar gagal masuk karena usia lebih kecil
    Lalu dia hanya bisa masuk swasta sementara ekonomi keluarganya termasuk miskin
    Apakah begini caranya untuk mencerdaskan bangsa lewat pendidikan???

  17. Ijin berranya Mas, di daerah kami menerapkan sistem memilih 5 SD, apakah kita bebas memilih daftar ke5 SD nya ? karena keputusan/pengumumannya serempak,jika anak kita ditolak di 1 sekolah yg kita tuju,dikhawatirkan kita tidak dapat kesempatan di sekolah lain, mohon jawabannya Mas

  18. Keponakan saya nilai bagus dari 3000 peserta ranking 24 ,jarak dari sekolah dekat kira kira 1km tapi tidak keterima, sekarang ini yg masuk pakai SKTM BAHKAN ORANG MAMPU PAKAI SKTM eh keterima juga , jadi pak Mentri tolong diperhatikan jangan pakai zonasi ,akibatnya kualitas pendidikan sekolah negri patut dipertanyakan ,trims

  19. Pak mau nanya kalo daftar jalur zonasi tapi tidak masuk apakah ada gelombang ke dua? Sedangkan anak tidak mau sekolah kalau tidak sekolah di sekolah yg di tuju

  20. Anakku aja mau masuk SMAN aja susahnya minta ampun. Akhirnya mau gak mau ke MAN. Untung ini ketrima KLO gak mau kemana lagi. Sistem penerimaan jangan di persulit kembalikan kan cara berprestasi biar murid giat belajar untuk semangat cari sekolahan yg di idamkan. Tolong di evaluasi wahai para DPR,MPR kalian itu wakil rakyat

  21. Sy juga dengar masuk smp harus dilampirkan ijazah sekolah madrasah juga.aduh bpk pemerintah daerah tlg jgn persulit anak kami masuk sekolah apapun dan dimanapun

  22. tentang persaratan ini yg akan di buat ribet. walaupon sdh cukup. msh sj dikatakan tdk lolos. kenyataanya ada mbayar 3jt bisa lolos. yg dianggap wl murid beli bangku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *