Ujian Terbuka Program Doktor Ahmad Aziz Fanani Pascasarjana IAIN Jember

2020-05-29 09:45:52 02:10:27 10 minjemin pendidikan Islam dan sarjana Institut Agama Islam Negeri Jember akan segera jumbai al-azhar perkenankan kami membacakan apa Persib untuk audio Yunus Bukan setiap pertanyaan terkait penelitian prengus memberi kolom komentar pada Serang langsung Facebook pada akun pasca sarjana IAIN Your Smile butuhin Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh waalaikum waalaikum bidang

Hai sidang ujian terbuka program Doktor Manajemen Pendidikan Islam pasca sarjana Institut Agama Islam Negeri Jember atas nama Ahmad Aziz full album dengan judul kepemimpinan kyai dalam kebohongan pendidikan formal di Pondok Pesantren Bustanul Falah Banyuwangi dan Pondok Sugeng Sunan Ampel Banyu padahal ini Jumat 2090 2020 dinilai sidang ujian terbuka dipimpin oleh Profesor Doktor

Haji Mytha Arifin image selaku Wakil Rektor 1 Institut Agama Islam Negeri Jember mereka menghormati Profesor dop Haji Mustafa ada cinema.com silakan hai hai hai hai Halo assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh firasat kalau malah rostilah hal adzim awalnya hormati seluruh Hai lebih lanjut Mari kita awali sedang ujian terbuka dengan membaca basmalah

Bersama satu ini lebih Hirohman Nirohim Bismillahirrohmanirrohim Sebelumnya saya menyampaikan tata tertib ujian terbuka program Doktor pascasarjana yang jumlah satu ujian dilaksanakan oleh dewan penguji yang diangkat dengan surat keputusan Direktur pascasarjana IAIN Jember sebuah ketua dewan penguji adalah faktor yang Jember atau direktur pasca sarjana yang Jember atau yang diperlukan

Karena dibunuh yang ketiga alokasi waktu ujian adalah 120 menit keempat alokasi waktu untuk pemaparan oleh protein dus maksimal 10 menit alokasi waktu untuk masing-masing anggota dewan penguji Maxim yang 10 menit untuk enam kalau kasih waktu untuk karenanya dari dua ujian maksimal 10 menit ketujuh nilai lulus minimal B yang ke-8 hasil ditetapkan

Hasil ujian ditetapkan oleh dewan provinsi dan diumumkan setelah ujian selesai yang terakhir hasil ujian tersebut bersifat final Jember 20-04-2018 tour pasca sarjana IAIN Jember Profesor Doktor Abdul Halim subahar set Hai biodata promosi industri nama Ahmad Aziz Fanani tempat dan tanggal lahir Banyuwangi juara Maret 1989 Hai nomor Indomaret setelah melakukan

419 1500377 angkatan 2015 judul disertasi kepemimpinan kyai dalam pengembangan pendidikan formal di Pondok Pesantren Bustanul Falah Banyuwangi dan Pondok Putri Sunan Ampel Banyuwangi ke motor terbesar factory dibangun saat Presiden m Putra motor stepper Haji swadhinata mp3 sebagai tim penguji pada sidang ujian terbuka kali ini ketua sidang Halo Profesor Doktor minta Arifin

Penguji utama Profesor dokter Samsul Nizar penguji Profesor Doktor Ridwan Siregar mag-7 berikutnya Profesor Doktor Abdul Halim subahar Ema penguji berikutnya Profesor Doktor Muhammad Husain guys dan pede memuji berikutnya dokter Ade Muhammad Fathir Hai pengunci sekaligus pronator Profesor Doktor Haji babon save SDM dan sebagai penguji dan promotor dokter Azizah

Dimato MP3 segenap dewan penguji dan Hai sadar provides demikian yang bisa kami sengaja awal ini untuk selanjutnya dipersilahkan kepada saudara Ahmad Syaukani untuk menyampaikan isi dari disertasi kurang lebih waktunya sepuluh menit hai hai Hai terima kasih Halo Profesor Choi jin-hyuk makasih Hai assalamualaikum warohmatullohi wabarokatuh Hai Waalaikumsalam Bismillah Alhamdulillah Wa syukurillah wa ni’matillah

Lahaulawalaquwataillabillah aktif Hai Sebelum saya menyampaikan isi disertasi dengan judul kepemimpinan kyai dalam pengembangan pendidikan formal di pondok pesantren Miftahul Falah Banyuwangi dan Pondok Gede 960 Banyuwangi Izinkan saya untuk mengucapkan Minal aizin walfaizin Mohon maaf lahir dan batin kepada seluruh dewan Hai saya atas nama Ahmad Aziz Fanani Shi Hai dengan judul disertasi kepemimpinan

Kyai dalam pengembangan pendidikan formal di Pondok Pesantren Bustanul Falah Banyuwangi dan Pondok UD Sunan Ampel Banyuwangi hai hai di pesantren sebagai salah satu tenaga pendidikan Islam yang ada di Indonesia Kwee mempunyai andil dan peran yang sangat besar dalam sistem pendidikan nasional Pesantren berusaha untuk selalu eksis dan selalu tampil melakukan

Perbaikan pengembangan dan bahkan perubahan organisasi baik dari sumber daya manusia sumber daya fisik sumberdaya informasi maupun sumberdaya yang lainnya serta memberikan layanan yang lebih baik dengan menyesuaikan arus perubahan zaman apalagi hari ini telah di terbitkan aturan undang-undang Nomor 18 tahun 2019 tentang pesantren aturan yang resmi pada tahun 2019 air tentu

Merupakan basa kuat agar Pesantren secara mandiri dapat mengembangkan organisasi pendidikan sesuai dengan kejujurannya selamanya hai hai di pesantren mengalami banyak perubahan guna mewujudkan generasi-generasi yang sanggup berpengetahuan luas memiliki keterampilan dan memiliki pengetahuan agama yang matang perubahan-perubahan itu dengan memasukkan muatan pendidikan formal ke dalam kurikulum yakni kurikulum yang ada di pesantren atau

Dengan memajukan program pembelajaran Pesantren itu ngantri bukan formal membuat kurikulum yang dipadukan dengan kurikulum kurikulum umum Kembang Sekolah formal dari tingkat Ibtidaiyah hingga sampai perguruan tinggi Hal ini kemudian terbukti mampu merubah paradigma masyarakat bahwa Pesantren itu identik dengan atau lautan tradisional bangunannya yang sempit umum dan terisolasi dari daerah pedesaan sehingga

Masyarakat paham bahwa Pesantren adalah lembaga pendidikan yang unggul dan dapat ditambahkan yang bisa menjadi alternatif in pendidikan modern hai hai Hai perubahan dan pengembangan Pesantren sebagai satuan pendidikan dan Wardah pendidikan tidak lepas dari kepentingan orang Kyai Oleh karena itu Mengapa tidak salah apabila banyak peneliti yang membangun asumsi untuk mengkaji

Pesantren dari sudut pandang kepemimpinannya yang secara entitas ethnographies dinyatakan sebagai seorang kiai dari beberapa pengamatan peneliti paradigma yang dibangun untuk mengkaji hal tersebut memang lebih beragam mulai dari kepemimpinan Kiai dari sudut pandang sutra tipe demokratik yang tipologi kepemimpinan Hai yang didasarkan pada sumber pustaka Suci Pesona qmax Hai teori kepemimpinan yang digagas oleh

Papar tumbuh dan berkembang secara dialektis masing-masing mengupayakan konsepsi yang komprehensif di antara teori yang berkembang yakni transaksional yang mengarahkan pada model kepemimpinan yang dikonsepsikan sebagai Hai pemimpin sebagai agen tukar-menukar kerja dengan tololnya ketiak juga yang berlawanan yakni teori transformasional yang memahami kepemimpinan sebagai agen pengendali dan pembentuk mental beredar orangnya dianggap berlawanan karena

Teori transaksional memahami bahwa orang tidak bekerja tanpa kompensasi secara transformasional mengubah kompensasi hanya sebagai faktor yang dapat memotivasi kegagalan kedua Teori ini kemudian nampak dipadukan dalam teori kepemimpinan situasional teori yang memahami bahwa pun pemimpin mendapat kerja terbaik pohonnya apabila bertindak sesuai dengan situasi korbannya pernah tersebut yang dalam penelitian bab

Sebagai kentut si yang rasional dan banyak lebih sebagaimana dipasang dengan bahwa teori yang digagas oleh Zamzam dan lebih atau fade kita duduk ancak melainkan persoalan tindakan orang pemimpin baik sifatnya yang pencerah ketiak otoriter demokratis sehingga suporting dan semacamnya dihubungkan dengan situasi atau tingkat kematangan membohongi kita Hai berikutnya kepemimpinan Kyai sampai

Dalam pengembangan hutan formal terlihat melakukan yang berpendidikan situasional penderitaannya didapatkan pada fungsi latar cerita kepemimpinan Kiai di dalam pesantren yang ada di Kabupaten Banyuwangi yakni Pesantren Ustaz kepala dan Pesantren Tuliskan empat yakni Kyai Haji Kholil Rohman sebagai penopang pengasuh pesantren Ustad lupa mengakui dalam mengembangkan pendidikan formal sejak pendirian melakukan pendaratan

Yang berubah-ubah sesuai dengan situasi bawahannya begitupun dengan ia ini tetap pengasuh pondok pesantren Tulislah Ampel wangi yang harus memimpin beberapa kalangan kurang pembawaan yang berbeda-beda nih pohon yang berasal dari Hai tersendiri tiga eksternal yang berasal dari tangki tugas serta jenis tenang kembang pendidikan formula ini dalam rezeki ketupat Iya sama-sama

Mempraktekkan gaya kepemimpinan yang baik yang selanjutnya ini tentu Trump penting menemukan konduksi teoritis kebun binatang nasional lain sebagaimana yang dipahami bahwa hingga penelitian lebih kepemimpinan situasional merupakan model kepemimpinan yang paling rasional dan tindakan ini tetap harus dibicarakan beberapa mencari rezeki model tentunya merupakan upaya hidup bertahan penelitian ini dalam pengembangan khusus

Kepemimpinan sehingga berupaya menemukan konsepsi yang rinci fokus petani akan hanya beberapa hal yang bisa banyak berbicara tentang kepemimpinan dan kerja yang dilakukan buat ia hingga fokus dalam penelitian ini ada tiga yakni Bagaimana perilaku Kiai Pesantren proses pengembangan pendidikan formal yang kedua Bagaimana perilaku kyai memberikan pengarahan kepada fans

Hai dengan pendidikan formal yang ketiga Bagaimana perilaku Kyai merupakan kewajiban hukumnya kepada sekitar kemudian jalankan jangan pelit kan forum gay Hai bagian-bagian Teori ini Hai tema pergaulan terdahulu sudah dibahas sebelumnya yakni beberapa diantaranya misalkan punya tema kehidupan ininya mastuhu penting ridlwan Nasir hatiku loh Kemudian campurkan Hari kirim aku malaikat Parepare dan kemudian

Yang berikutnya adalah Hai dan masih banyak lagi yang lainnya bisa ngetes itu meneliti Pesantren kesemuanya penelitian yang ada tidak ada satupun yang memfokuskan pada pencarian produksi teori kepemimpinan situasional penelitian Hai pada pemborosan yang penting pimpinan Hai jarang disertasi ini Hai mengenai kepemimpinan situasional teori yang bebas mengerjakan skripsi dan

Juga bangsa beserta kekuasaan diatasnya yang berkembang pada akhirnya bahkan pada Sukabumi sengaja mempertahankan kepemimpinan situasional pendidikan formal bilang kepentingan-kepentingan awal tentang problem implementasi tersebut dalam konstitusi kita Hai yang berikutnya hai hai Hai konstruksi tentang pendidikan formal di sini di jabarkan secara jelas mengenai tentang plastik dan formal Bertanggung model pengembangan

Pendidikan Pesantren sehingga pada pembahasan tentang bagaimana pesantren dan masa depan pendidikan formal semuanya dibahas sebagai pantengin kepala untuk mengkaji tema besar yang diperlukan penelitian berikutnya metode penelitian yang saya gunakan Hai penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendapatan yang bercorak teknologi yang terletak di pondok pesantren Byson perempuan dan

Pondok pesantren Sunan Ampel foundation sampai Banyuwangi dengan menggunakan pengumpulan data yang pertama observasi wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis Hai analisis datanya menggunakan data kondensasi data display ketemu conclusion terakhir kemudian mengungkapkan data menggunakan triangulasi dan yang kedua episode berikutnya temuan dalam penelitian ini dari tiga fokus penelitian ia dalam

Hidup kami ini Yang pertama mengenai tentang perilaku Kyai mengangkut siswa calicivirus pesantren dalam proses pengembangan pendidikan formal Oh iya itu Gem depannya tindakan pemimpin Aditya kalau pajak musik kematangan bawahan perutnya dilakukan pada dua orang menit atau setor bawahnya yakni internal dan eksternal terlebih dahulu lem membaca sumber daya tenaga internalnya dengan menghubungkan

Komposisi komentar badan tips kerja yang dibutuhkan begitupun pada proses diagnosis [Musik] the right pemasangannya cecak pada lingkup internal dan eksternal diperlukan atau tidak menjadikan musik tenaga perubahan perilaku kembangnya secara teratur tahu semua aspek nilai yang mempercepat menjelaskan berzodiak notice ia telah mempersiapkan pengembangan pendidikan informal Hai Thomas bukan kematangan internal dan

Eksternal menghilang siang dalam gagasan memperkuat gagasan Abdulloh yang menyatakan bahwa konsep pembangunan pendidikan itu rumah Hai perlu panjang integrasi-interkoneksi keilmuan pengulangan lembaga Pesantren kali ini juga dilakukan oleh kedua Kyai saya teliti tentu hal itu secara nyata dan banyaknya pengguna menghilangkan disparitas pengembangan pendidikan yang perlu disebutkan bahwa kesenjangan-kesenjangan dan tutup Pesantren dunia luar

Hai yang berikutnya proses diagnosis iya iya dilakukan tentu diikuti pada proses penilaian berdasarkan temuan penelitian dilapangan jika dikonversikan dalam kehidupan sebenarnya bersenda teori dan konsep yang dibuat oleh infeksi dan juga cacat yakni memfokuskan pada kematangan kompetensi dan juga komitmen waktunya sudah Beat Hai ketemu lagi deh satu menit

Hai yang berikutnya pada sisi kompetensi dan komitmen yang ditampilkan oleh efisien juga bangchad ditemukan di lapangan terdapat perbedaan atau penambahan ke penambangan batu yakni ada kompetensi kemudian disebut komitmen dan kontraktilitas atau mengenai tentang pemahaman agama hidup yang berikutnya ada fokus yang kedua yang berkaitan mengenai tentang Bagaimana perilaku yang memberikan pelimpahan wewenang

Di dalam pemberian wewenang disini arahan dan bimbingan Kiai berdasarkan pada tingkatan kematangan yang pelit disebut dengan CCTV konsep of maturity pada pendirian awal lembaga permennya berada pada middle area dengan klasifikasi dua pebagian Yakni civitas dengan tinggi kompetensi dan lemah komitmen dan lemah kompetensi dan tinggi komitmennya pada kondisi yang pertama

Ahmad yang lebih tinggi daripada bimbingannya sedangkan situasi kedua bimbingannya lebih tinggi daripada arahannya demikian intensitas dua kualitas Farhan Kyai bergerak berbanding terbalik dengan tingkat kematangan kompetensi yakni kompetensi sekitar Pesantren sedangkan bimbingan berbanding terbalik dengan kondisi kematangan komitmennya Hai proses pendirian yang kami temukan di kedua Pesantren tersebut pada awal

Pendirian kompetensi dan komitmen yang dimiliki sekitar Pesantren itu kategori masih berada pada m2 dan M3 yang disebut dengan kompetensi tinggi dan komitmen rendah dan komitmen rendah potensi tinggi namun pada tataran pengembangan sudah terstruktur organisasinya disitu mengalami pengembangan yang sudah berada pada tataran tingkat yaitu civitas yang memiliki kompetensi tinggi dan komitmen

Tinggi pada fokus yang ketiga yang mendapatkan masing-masing komponen kematangan menunjukkan proses pendelegasian wewenang yang dilakukan oleh Kyai proses pendelegasian kerja disesuaikan dengan kebutuhan hirarki perkembangan struktural level kematangan dan jenis otoritas yang dimiliki pemberian kerja diikuti oleh hubungan yang tinggi dalam semua level kematangan tentu sebagai dukungan penguatan informal formal dan

Edison atau lintas Kyai proses penelitian siang yang demikian untuk mencapai modem ideal yang diharapkan oleh Kyai yakni wewenang dengan model konsentratif dan negatif atau gaya 4 karena melihat kompetensi dan komitmen titas pesantren sudah masuk dalam tataran memiliki kompetensi tinggi dan komitmen yang tinggi demikian Hai yang dapat saya sampaikan mohon

Kiranya bimbingan dan masukan dari dewan penguji pohon maket lakban Thoriq assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh Hai film.xxx belum shakhrukh Khan sepenuhnya kepada penguji utama dan seterusnya provides sehat ya alhamdulillah Purwokerto Hai suaranya karena suaranya gak ini azab tidak bagus itu agak pecahan gimana ya cermin adik-adik keraskan kalau

Menjawab pertanyaan dari dari penguji baik-baik Hai yang pertama saya persilahkan kepada Profesor Doktor Haji Samsul Nizar Ema Rektor STAIN Bengkalis persilatan Hai suaranya Hai assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh waalaikumsalam tim penguji ketua sekretaris promovendus yang saya hormati Alhamdulillah eh ketika kita ujian Hai tertutup kan berbeda dengan ujian terbuka karena ujian tertutup tidak ada

Satupun yang ingin ditutupi tapi kalau ujian terbuka ini tidak banyak hal yang bisa dibuka oleh karena itu saya hanya ingin bertanya beberapa hal I chose ketika kita mau melihat judulnya itu tentang kepemimpinan Kyai tetapi di dalam rumusan pembahasan justru perilaku Kyai hal ini mungkin perlu ada keselarasan dengan judul kalau seandainya

Kepemimpinan ke itu bahagian dari perilaku itu adalah kepemimpinan tetapi perilaku belum tentu itu adalah kepemimpinan Hai Jelly agak sedikit berbeda sebenarnya Hai sesudah itu ada beberapa ke muatan saya yang mungkin perlu di dicatat aja Untuk Diperbaiki ke sistematika dalam Bab 1 itu seharusnya tidak juga dibuat karena sudah ada di dalam daftar isi

Jadi double dia kegunaannya juga tidak ada Hai Kemudian saya melihat kajiannya ini tentang pondok pesantren tetapi landasan ayat Quran tentang kepemimpinan ketauladanan itu tidak saya temukan di dalam disertasi ini sehingga desertasi ini Islamic sadisnya hanya mengacu kepada pemikiran-pemikiran kokoh atau pemikiran orang tentang Islam Hai saya ingin bertanya kepada

Promovendus ini ternyata saya lihat di Google kedua pondok pesantren ini 22 menerapkan SMK menerapkan pengembangan pendidikan sekolah menengah kejuruan Hai kalau di pusat lupalah ini SMK nya bidangnya apa ini jurusannya apa lalu kemudian yang di Sunan Ampel Hai terima kasih Prof di atas beberapa masukkan setannya mengenai tentang yang pertama Kidul atau

Selatan saya pikir saya cuma bertanya itu karena waktu kita sangat terbatas langsung ke aspek yang ingin ditanya kalau SMK Bustanul Falah itu SMK apa kalau Ampel khusuk SMK nya apa Hai kedua-duanya SMK kategori swasta kemudian yang di SMK Bustanul Falah ada reputasi kemudian Aceh www.kkomputer.com ujian yang di

Hai folder Ngampel begitu ada komputer dan juga ada otomotif baik Kalau sudah seperti itu kita ingin mau melihat dahulu pertama saya ingin bertanya model kepemimpinan Kyai sebelumnya sana kyainya ini baik di Bustanul Falah dan Sunan Ampel tinggalnya di mana Hai untuk tinggal Kyai berada di lingkungan Pesantren baik dari Bustanul

Falah maupun yang ada di Bude Sunan Ampel Oke pola ke pemondokan kepemimpinan kyai nya apa bedanya antara sebut al-falah dengan Sunan Ampel the Sheep Hai yang kami lihat hai ketika penelitian memang fokus kami pada kepemimpinan situasional kami melihat yang pertama yang ada di Bustanul Falah itu ada model yang

Berubah-ubah misalkan ketika pada waktu pendirian Kyai cenderung ke memiliki Hai namanya otoritas yang sangat kuat pada dirinya sendiri atau bersifat direktif menuntun anggotanya tapi dalam masa pengembangan pendidikan formal di situ model pria yg lebih cenderung ke arah negatif karena kematangan kematangan anggota atau kematangan civitas Pesantren tidak semakin tinggi

Melihat dari sisi kompetensi dan dari segi komitmen begitu juga yang ada di pondok pesantren fullday Sunan Ampel yang ada di Kabupaten Banyuwangi juga demikian ini memiliki model yang disitu berubah berubah-ubah melihat situasi dan kondisi yang disitu dalam tanda kutip melihat kompetensi dan komitmen anggotanya Hai itu pendekatan pengembangan lalu dampaknya bagaimana dampaknya terhadap

Pengembangan pendidikan disana Budiman di pondok pesantren desa apa namanya rambut al-falah Bagaimana Sunan Ampel Bagaimana dampak yang diberikan dari kepemimpinan seorang Kyai kepada civitas Pesantren dampaknya kepada lembaga pendidikan formal sangat luar biasa sekali karena dalam diri seseorang pasti memiliki keindahan untuk melakukan keadaan yang terbaik dampaknya ini umpamanya dari tahun 2019 santrinya

Cuman 10 orang 2020 jadi 50 orang gurunya akreditasinya itu kan dampak bukan bukan bukan Apa namanya bukan persoalan intrinsik key Hai dampak ke pengembangannya bagaimana Hai terima kasih untuk dampak pengembangannya seperti yang dicontohkan di Bustanul Falah banyak apa namanya menjalin kerjasama kerjasama dengan apa namanya institusi luar ataupun dari segi

Sarana prasarana dampaknya saat ini seluruh sarana prasarana untuk misalkan supervisi guru melihat aktivitas kedisiplinan guru sudah terkoneksi secara Kapan namanya bagus menggunakan teknologi misalkan disitu fingerprint dan dan sebagai Oh ya Kalau seandainya Sunan Ampel pun begitu juga Hai di dalam Sunan Ampel saya temukan belum ada satu fingerprint seperti

Halnya yang ada di dusta Nurul Falah namun kedisiplinan kemudian apa namanya dampak dari segi sarana prasarana yang ada di tepekong okultisme Ngampel Hai selalu ada pengembangan-pengembangan baik satu hal yang Saya ingin lihat ternyata tidak terlalu jauh berbeda antara Bustanul Falah dengan Sunan Ampel Hai yang saya lihat kalau saya sudah

Seperti itu kenapa kok harus 2122 pondok pesantren kalau memang toh ketika kita melakukan penelitian awal tidak terlalu jauh berbeda kita kenapa tidak tidak tidak mengambil pondok pesantren yang berbeda tetapi kemudian hasilnya yang sama umpamanya ini modelnya sama bentuknya SMK juga sama hasilnya sama Kenapa kok mengambil dua yang sama yang

Tidak ada perbandingan kalau senilai dua biasanya ada perbandingan Oke sip terima kasih beberapa High Hai pendidikan formal yang teteskan lupa lah itu tidak hanya SMK saja tapi disitu ada TK kemudian ada kaunya juga begitu juga halnya yang ada di pondok kulkas menempel tidak hanya SMK saja melainkan

Juga ada sekolah formal yang lain SMK begitu juga ada kependidikan nonformal nya seperti Pondok ilang Oh iya m selama Barangnya sama disana juga ada SMA Hai buka berat disana ada SMP dada TK Dephut yang Sunan Ampel juga sama kenapa kok harus dua gitu loh Kenapa tidak satu saja atau cari satu lagi sebagai

Pembanding menggunakan pendekatan kyainya full umpamanya tidak SMK berbeda model-model pendekatan kepemimpinannya tetapi hasilnya sama Hai kalau seandainya dua ini kan membandingkan sesuatu diantara keduanya Ia ada yang beda dan yang muncul nih kalau seandainya dia dari dari isinya tadi ternyata tidak ada yang yang beda hampir semuanya sama Kemudian yang kedua

Dari awal dalam sebuah penelitian dari awal promovendus sudah mengarahkan kita melakukan pemahaman yang sama tentang kepemimpinan situasional harusnya di dalam sebuah penelitian kita kita masih pakai kacamata kacamata kita masih kacamata yang objektif kita tidak tahu kepemimpinan apa Kyai ini ujung-ujungnya dalam penelitian kita ternyata penelitian ini Kyai menggunakan pendekatan kepemimpinan model

Situasional tapi dalam Bab 1 Saya sudah melihat bahwa kepemimpinan situasional seakan-akan peneliti sudah tahu ini pimpinan situasional yang di yang dikembangkan oleh oleh pa-pa oleh-oleh Kyai yang terakhir Saya ingin melihat apa sih kalau yang tadi kan baru yang dimunculkan hanya memperlama nya jawaban atas rumusan masalah yang ada ada tiga

Sekarang pertanyaan saya apa sih sebetulnya novalty penelitian desertasi saudara promovendus ini apa Hai terima kasih Prof Hai untuk novelty dari peneliti yang disertasi saya untuk rumusan yang pertama Bagaimana seorang biasanya maaf-maaf promovendus biasanya novalty itu cuman satu satu paragraf saja tentang tentang semua-semua rumusan yang anda jawab itu lalu kemudian oval tidak

Ini loh Itu aja cuma novalct itu cuman satu kalau jawaban atas rumusan itu temuan tapi kalau novalty itu adalah yang kita peroleh dari temuan itu apa Hai terima kasih Profesor novelty dari semua nanggung ada salah satu tambahan yaitu untuk mengukur apa namanya eh eh ciri-ciri khas Pesantren tidak hanya

Kompetensi dan juga komitmen tapi disitu kontabilitas agama artinya pemahaman agama hingga disitu novelty nya ada tambah satu yaitu kontabilitas agamanya pemahaman agama yang sama seharusnya kalau seandainya pemahaman agama itu adalah Letakkan pada SMK dan SMP umum itu tepat Tetapi kalau udah pondok pesantren pasti agama jadi menjadi tidak tepat kalau seandainya kompetensi

Keagamaan itu menjadi temuan anda dan masukkan saya untuk perbaikan ke depan Harusnya juga dimasukkan di dalam apa ini ada semacam tabel kalau seandainya kepemimpinan di Pondok Pesantren Bustanul Falah begini loh umpamanya dalam pengambilan keputusan dalam persyaratan kepemimpinan di dalam melakukan job description ini gini lalu kemudian kalau tabel yang keduanya

Kalau seandainya di fullday Sunan Ampel begini Jadi harus ada tabel sehingga kemudian kita bisa melihat gimana sih persamaan dan tentunya harus ada perbedaan keuangan anak yang baru lahir dengan kembar siam saja Meski ada perbedaan dalam pola kepemimpinan tapi dalam penelitian akan datang hampir sama semuanya untuk kedepan mungkin diperbaiki lagi terutama novalty jangan

Diambil dari sisi keagamaan karena Sisi keagamaan itu dipastikan pondok pesantren kedua-duanya pondok pesantren for yaitu adalah full ya adalah keagamaan barangkali demikian saya ucapkan terima kasih dan selamat atas ujian promosi hari ini meskipun hasilnya nanti bagaimana tapi perjuangan lima tahun tidak panjang bagi orang yang apa namanya mencari ilmu tetapi cukup lama

Bagi kita yang menunggu untuk penyelesaian ini semoga ada keberkahannya Hai dan saya akhiri saya mohon maaf Wow gila auditorik salamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam terima kasih terima kasih saya sampaikan kami sampaikan kepada Prof samsuridjal djauzi irf540 menit Hai hehehe berikutnya kami persilahkan kepentingan promosi berikutnya Profesor Doktor Haji Ibrahim Siregar tema untuk

Menyampaikan pertanyaannya waktunya sepuluh menit waktu Hai assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Amin pimpinan sidang promosi Doktor amin Hai dan para guru besar in penguji MP hormati dan yang kami pegatan saudara Pemogan the sun gimana saudara promovendus sehat walafiat alhamdulillah alhamdulillah Hai promovendus sesungguhnya Hai stasioner leadership yang saudara

Teliti yang terkait dengan profil kyai2 Pesantren id it is enggak di jelaskan Hai inti daripada setuju channel glider it sendiri apa yang membedakannya dengan glider yang Hai lain dalam teori-teori yang dijelaskan ini Hai terima kasih programme in kepemimpinan situasional atau dikenal dengan sebuah induktif yakni mencocokkan gaya kepemimpinan Hai dengan menyesuaikan

Hai teman-teman andritany teman-teman anggota yang dimaksud yaitu kematangan dari segi kompetensi dan juga komitmen Hai sehingga gaya kepemimpinan kuburan Kyai harus disesuaikan dengan kematangan anggotanya budaya yang dimaksud disini dalam kombinasi polos kenal ada Jaya direksi kemudian Ada Dayat yang disitu harus hampir dampingi kemudian suportif dan juga gaya berebut sehingga ketika

Disitu Kapan halnya pakai juga disebabkan halnya gaya kepemimpinan suportif melihat kematangan dari anggotanya seperti itu terus Oh berarti enggak punya Pakem yang tetap ya dia bisa berubah-ubah begitu permukaan dus di belakangnya itu yang paling hai pertama yaitu Kapan Kyai disitu bisa berita atau yang disebut harus menuntun anggotanya Kemudian kapan disitu harus

Berbagi Kapan harus support kapan Harus mendelegasikan ada empat hal itu program jadi tempat-tempat seorang kepemimpinan situasional kemudian dicocokkan dengan kematangan dari anggota ya kemudian dalam pimpinan Stasiun walini kepemimpinan situasional Hai itu tadi kan ada yang berapa mau pedes subuh kan teori-teori yang membuat ia itu berubah sesuai dengan situasi dan kondisi dan begitu

Hai lalu ada yang di di suguhkan itu dicuri Apa itu kaitannya dengan temuan I2 Pesantren ini and freezing moving dan setelah siapa freezing Bisa dijelaskan itu Hai siapa tadi itu saya ingat itu Lewin ya yang dikutip yang ngetiknya apa namanya ke Hai perubahan itu ada tiga tahapan itu truk mengenai tentang yang pertama

Happens in kepada kedudukan memiliki kebutuhan untuk berubah Hai yang kedua mungkin yaitu eh apa namanya menentukan atau merumuskan suatu tujuan perubahan dari surat Persib masih yang lama menuju situasi yang baru kemudian tahap ketiga yakni freezing pemantapan meliputi adanya perilaku baru atau disitu melakukan perbaikan-perbaikan atau penguatan apa yang sudah direncanakan Oke dalam

Konteks pesantren yang 2 ini bisa enggak dilihat relasi Yuri itu dengan apa yang dilakukan Kyai terhadap pendirian pondok apa namanya ke dalam pondok itu sekolah-sekolah formal hai hai Hai dimana and freezing yang sudah freeze membeku di pesantren itu sebelum didirikan sekolah formal itu apa yang saudara lihat di situ sudah beku

Sehingga perlu ice-breaking gitu ya terima kasih ia tampak pemimpin itu menjadi ciri khas Pesantren yakni dipelajari pemohonnya tentang ilmu agama yakni empat jari memungkinkan kita pun menjeda namun dalam Hai pengembangannya pondok pesantren dipukul disunat Ampel dan juga pondok pesantren yang ada di tengah disitu menginginkan suatu hal yang begitu

Artinya peserta didik atau country disitu setelah lulus dari pesantren tidak hanya memiliki keagamaan yang kuat kamu juga dibuka juga mendapatkan atau dibekali dengan teknologi serta ilmu pengetahuan yang luas sehingga dibutuhkanlah pengembangan pendidikan formal dengan didirikan lembaga pendidikan formal di dalamnya hai oke di dalam I deserve saudara ini telah mengemukakan banyak churiya

Hai tentang selesai lihat itu adalah hai apa namanya pembaharuan Santren dari yang lama itu kayak kitab-kitab puros lalu di Hai Lumpuhkanlah pelajaran-pelajaran yang tuntutan modernitas itu menuntut tapi nggak ada selimut disitu Hai lupa saudara dengan karya para Kiai sepuh kita ya al-muhafadhotu Hana Apa itu Hai Ela kode Soleh relevan enggak itu

Dengan yang saudara telp j&t halo halo di sini Aku Rapopo Hai tips artinya dari apa namanya sedih Hai lembaga pendidikan yang ada di kedua pesantren 10 dari segi kelembagaan artinya tetap mempertahankan eh apa namanya yang menjadi ciri khas Pesantren namun juga disitu mengambil hal-hal yang baru seperti memasukkan lembaga pendidikan

Formal yang disebut diperkuat dengan keterampilan dan pengetahuan itu hai oke Hai sebelum ada pendidikan formal ada Hai Bisa enggak promovendus Bandingkan bagaimana kualitas alumninya ya pra dan post pendirian sekolah formal di pesantren itu ada nggak yang tergerus dengan datangnya sekolah pendidikan formal itu Hai atau ada yang justru menjadi

Kelebihan tetap dia punya tradisi di hai apa namanya tafaqquhfiddin dan juga dia punya askil Sesuai dengan perkembangan motor kita atau justru tergerus satu itu t-shirt Hai baik sih Pondok Pesantren Bustanul Falah maupun pondok pesantren 03.00 novel Dengan hadirnya sesuatu yang baru yakni lembaga pendidikan formal lebih memperkuat potensi alumni

Hai karena alumni memiliki kekuatan dalam bidang keagamaan yang kuat juga dibekali dengan pengetahuan dan juga keterampilan dengan teknologi yang disitu akan apa namanya betul manfaat di masyarakat di daerah ini misalkan yang di pondok UUD 945 Maaf saya ciptakan sekilas mengenai tentang Konstitusi tentang keberadaan pendidikan formal yang ada di sana itu berawal dari

Inisiatif bukan Kyai namun dari masyarakat yang menginginkan adanya lembaga pendidikan formal di dalamnya karena Hai anak-anak ataupun orang hi ha apa namanya masyarakat yang ada di lingkungan di sana menyimpan sesuatu yang lebih anaknya tidak tutup dengan bekal membaca kitab kuning kemudian penguatan keagamaan namun juga untuk kala disitu memiliki keterampilan sehingga

Oh iya nih di Pondok Gede Sunan Ampel yang ada di Kabupaten Banyuwangi tersebut kemudian bersama-sama mendirikan lembaga pendidikan formal tentu ketika kita lihat hasilnya akan jauh lebih berbeda ketika disitu hanya memiliki penguatan Hai kemudian karakter agama tanpa hal tanpa dibarengi dengan pengetahuan pun jadi berbeda dengan begitu sudah disiapkan memiliki pengetahuan agama

Yang kuat juga dibarengi dengan apa namanya kompetensi dibidang pengetahuan dan keterampilan bahkan teknologi canggih hai oke itu memang idealnya ya cita-cita daripada integrasi ilmu itu ya Sehingga ya karena ada juga kritikan masyarakat pesantren yang diperbaharui jadi saintis tanggung nanggung ya jadi Kyai juga nanggung kan begitu kritikan masyarakat nih

Hai atapi kita harus kreatif bagaimana memberikan ide-ide yang segar untuk tetap tradisi tafaqquhfiddin nya buat dan juga tidak ketinggalan dengan apa namanya tuntutan apa tadi zaman tapi yang mau saya tanya lagi apakah kiye Ibu menyadari itu sesungguhnya makanya dia Hai melakukan terobosan baru untuk mendirikan sekolah formal atau squishy

Apa yang membuat dia menggerakkan tergerak untuk itu atau hanya dimensi ekonomi karena ini laris nanti ini akan lebih banyak itu apakah itu yang membuat dia and freezing terhadap pembaharuan Pesantren tersebut my God Hai terima kasih produk dari hasil penelitian ke dari kedua pondok pesantren tersebut selain dari dengan masyarakat Tentu juga dibarengi dengan

Keinginan seorang yaitu itu keinginan seorang Kyai Bagaimana santrinya nampaknya Hai selain memiliki penguatan dibidang keagamaan yang mumpuni juga memiliki keahlian kejutan yang lain karena melihat ke zaman saat ini tidak cukup hanya penguatan keagamaan namun juga dibarengi dengan kedua-dua kedua-duanya yakni pengetahuan teknologi keterampilan dan juga penguatan ekonomi

Hai oke berapa pendes yang terakhir ya terakhir Hai ini yang saya tanya adalah Hai your yang anda Kemukakan yang utama Silet situ ada dua siapa namanya ini Hai Yuri belancat dan heels iya ini memang sesungguhnya penelitian kualitatif ini Kanada bukan mau membuat memutik update-nya Hai bukan membuat hukum

Hai tapi ideografik begitu ya bukan falsified atau verifikasi terhadap teori tersebut tetapi curi-curi yang anda Kemukakan itu sebagai pisau analisis atau perspektif kacamatanya untuk melihat fenomena ini Hai apa yang beda dengan Yuri yang ditemukan meloncat dan er situ dengan temuan anda di dua persen tren ini terkait dengan scanner l skin

Oh yes Terima kasih tulis Hai dari segi jarak Roses Hai yang dilakukan oleh RC dan tidak lancar situ melihat Hai anggota atau lihat bawah itu dari segi ke Hai dua hal yakni melihat kematangan gitu atau maturity itu dilihat dari dua sisi yakni kompetensi Bagaimana kemudian keterampilannya badan namun yang ada di

Pesantren selain disitu kematangan yakni kompetensi dan juga komitmen dibarengi dengan apa namanya pemahaman keagamaan yang sama karena saya cepat mendata itu di lapangan yakni seorang Kyai tujuan Kiai berkata apa namanya betapa ketika Dewantara yang begitu cumadisini erupsi maka disitulah yang membedakan antara yang Hai teorinya Blend chat dengan apa yang

Saya temukan di lapangan mengenai tentang diagnosis kematangan bawahan atau anggota yang ini ditambah dengan pemahaman agama Indonesia itu yang pertama yang kedua dari apa namanya Hai sedih melihat anggota melihat anggota memang sama memang sama apa yang disampaikan oleh hewan cat namun dari sisi disitu bancak melihat anggota ada-ada kategori memiliki kompetensi

Yang tinggi namun populer enggak memiliki komitmen yang rendah tapi ketemu apa namanya kompetensinya tinggi kemudian disitu sampai memiliki kategori tok anggota yang memiliki kompetensi tinggi dan keterampilan yang tinggi dan juga yang diemban cat mengatakan bahwa ada anggota yang memiliki kompetensi rendah dan spa treatment rendah nah namun dalam penelitian yang saya

Dapatkan di situ untuk kategori yang Hai anggota ataupun civitas yang memiliki kompetensi tinggi mohon maaf memiliki kompetensi rendah dan memiliki keterampilan rendah maka disitu tidak diterima oleh seorang Kyai Karena anggota itu tidak memiliki kompetensi dan tidak memiliki komitmen maka Apa hasilnya jika ditipu dipekerjakan atau disuruh mengabdi di dalam kitabnya itu

Yang lebih dari versi dan juga bangsa dengan namanya maka disitu ditolak Hai Oke jadi itu pertanyaan saya permintaan saya kepada perempuan pendes walaupun nanti ini akan dicetak tetapi coba diperbaiki semua Celia tulisan-tulisan yang masih banyak Hai belum benar ya tulisan-tulisan perkata apalagi kata-kata asing itu terlihat situ ada bahasa farsi bahasa

Arab yang ditulis sesuaikan dengan transliterasi ya saya tadi ada di situ melihat bahasa parsi al-musyawirin Wah ini kefir Bahasa Arab itu rupanya debat Bahasa parsi mungkin maksud anda adalah zipysharr mungkin itu ya atau mustashfa Hai tapi musyawirin nertazip ya dan kemudian saya aku Made saran kepada pemerintah baru kepada akademisi dan

Hai apa namanya Hai pihak Pesantren kusendiri saran itu saya pikir bagus sudah kepada HP yang perlu Anda sarankan kepada kementerian agama ususnya saya kembalikan kepada pimpinan sidang selama alaikum warahmatullah wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Terima kasih the room hai hai hai hai hai hai hai hai hai hai Halo Profesor ah Megapro Megapro lovers

Cepat Hai MCnya masih merah itu hai hai hai hai di atas mungkin bisa hai hai halo halo ya sip Hai ternyata belum Takan nut ya terima kasih terima kasih Profesor Ibrahim waktunya 20 menit hinggap di ini mengurangi jatah jatah penguji penguji berikutnya rasa persilahkan penggarit baik dan dan 10 menit dan sampai Bro

Terimakasih ketua sidang Hai segenap dewan penguji khususnya Terima kasih Profesor zulmaizar profit Jobs legal telah bergabung Insyaallah akan memberikan pencerahan kepada kita semua ini hai saudara Azizah Fanani anda sudah membaca bukunya zamakhsyari dhofir Hai bukunya crushing buku nyaman VJ Mike Hai Yang mencet ini tampan tapi tidak atau belum tuntas mestinya itu yang

Lebih ditumpaskan karena magrib Simi gitu orang pertama sebagai peneliti dunia dari Jerman Hai yang memulai melakukan riset terkait dengan pesantren yang akhirnya membuka sekolah-sekolah formal ya jadi rujukannya di situ dan tiga tokoh yang tadi saya sebut itu memiliki perspektif yang berbeda kalau zamakhsyari itu pertumbuhan pesantren-pesantren konsen pada pendidikan non-formal habis itu

Baru pada pendidikan non-formal agama tidak betul sekolah ya Ke Madrasah Diniyah terus Madrasah SKB 3 menteri Madrasah dalam naungan sistem pendidikan nasional baru pada yang lain Hai kalau eh callers ending dari pesantren Madrasah sekolah menjadi sesuatu pengembangan yang bersifat linear ya kata2 Pesantren itu kan Hai ada Diniyah nyandak

Hai Ate Mia nya Bro Hai formal Hai kuliahnya ke non-formal apa bentuknya akmelia Hai segenap roh Bentuknya apa Diniyah nya apakah Diniyah takmiliyah the lips Iya saya tanya waktu Hai bentuk pendidikan Diniyah yang diselenggarakan di dua Pesantren itu Hai kategorinya bisa Diniyah formal Hai Bisa non formal nonformal itu bisa

Dua bola bisa Diniyah takmiliyah atau sekedar suplemen aja Misalkan memberikan kursus-kursus Haji dan lain-lain itu kan Hai Dek Oh ya terima kasih Frozen yang ininya yang dilaksanakan baik yang ada di udah senang apel dan negatif Bangkitlah disitu ke dirinya ke apa namanya yang non-formal hatinya diberikan penguatan penguatan dalam bidang agama Iya

Setannya itu Dini otak milih atau gimana saya Dek saya bicara itu dalam konteks nomenklatur yang resmi berdasarkan PM a13 No 2 tahun 2014 ya sampai Hai yang menentukan termasuk takmiliyah huruf the lounge Hai asli Ah yang ya biasa diselenggarakan secara nonformal sekarang bagaimana Dini yaitu Kalau Anda menganggap itu akan terjadi integrasi

Apakah Dini hanya itu wajib masuk dalam kurikulum atau ada materi yang sifatnya hidden kurikulum Dimana mereka yang SMK disitu secara otomatis jiwa keagamaannya terbentuk atau pandangan-pandangan keagamaan yaitu akan mewarnai profesi mereka Hai sobs terima kasih banget Hai yang di Pondok Gede menempel kegiatan diminyaki dilaksanakan setelah kegiatan dong pendidikan umur Man yakni

Pada sore hari Hai yakni setelah kegiatan lembaga pendidikan formal kemudian yang di Bustanul Falah pun juga demikian dilaksanakan setelah kegiatan formal yang yang ada di SMK namun yang di Bustanul Falah itu diintegrasikan ke dalam kegiatan atau kedalam kurikulum untuk kegiatan untuk apa namanya kegiatan minyak tersebut Hai Jadi diambil kegiatan kurikulum SMK

Maksudnya dilaksanakan setelah Hai Dede dimasukkan belum SMK Hai jadi adanya mata pelajaran yang di situ mengenai tentang kegiatan namanya kitab-kitab kuning mata pelajaran apa itu Oh ya masa pelajaran apa itu Yang Intens diintegrasikan pada mata pelajaran di SMK Jateng G termasuk kategori a apa namanya kitab kuning namun dalam kegiatan pembelajarannya tidak akan

Namanya seperti halnya Mengapa namanya maknaning seperti pizza pingin tapi di situ apa namanya lebih kepada ke-8 namanya pengertian pengertian dari kiri ke kanan agar supaya disitu A1000 lembaga pendidikan formal hatinya Siswa memiliki kompetensi dalam bidang pengetahuan umum dan tidak teknologi jika dibarengi penguasa-penguasa 8 namanya terapan namanya kitab kuning

Hai Nah itu bagus sebenarnya cuman itu tidak Anda rumuskan dalam deskripsi sebagai hasil dari observasi anda jadi trianggulasi itu harus dibuktikan kesitu Anda wawancara dengan seorang tokoh kemudian anda melakukan cek n Ricek ya terhadap kenyataan yang ada anda melakukan observasi kalau itu Anda Deskripsikan dalam temuan-temuan anda

Itu bagus jadi dua Pesantren itu tidak bisa diklaim sama2 Pesantren itu harus ada kekhasan ya kekhasan itu seperti yang Anda Kemukakan itu cuman itu tidak Anda Tuliskan sudah Hai dan itu bagus itu karena karakteristik Pesantren itu itu Nah itu hal yang memang saya ingin cari ya yang terakhir

Hai kepemimpinan kiai itu kan terkait dengan visi Kyai visi besar Kyai Hai mayoritas Kyai seperti apa yang ditemukan oleh zamakhsyari dhofir apa yang ditemukan dengan karir sending itu selalu membuat Pesantren dulu setelah tradisi Pesantren itu terbentuk kemudian ada halaqah halaqah kemudian ada addiniyah non-formal baru nanti berkembang Diniyah formal dan lain-lain

Ya sampai pada lembaga-lembaga pendidikan formal Nah ini kan tidak ini Hai jadi pesantren berdiri terus yang diekspos itu adalah kebesaran SMK nya ya bisa jadi SMK nya itu karena besar justru menutupi Harisma pesantren ya nanti bisa jadi begitu Apa yang melatarbelakangi kiai itu sehingga di pesantren berdiri nggak seberapa lama

Terus ekspose pada pengembangan SMK itu halo halo halo halo di bagian menempel saya dengar-dengar ngasih sini aja ya brokoli Bentar ya Yok ku syukurlah [Musik] ngomong halo halo Aziz ini perbandingannya Dab terputus tadi prof.je Hai teh menanyakan ulang ya Mas Aziz ya hai hai kalau dari perspektif yamasari

Dhofir carlsen Blink biasanya kiai itu sebagai bagian yang memadai kegiatan Tafaqquh fiddin ia merintis Pesantren kemudian mengembangkan pendidikan Diniyah non-formal semuanya baru setelah infrastruktur lengkap pendidik itu memadai baru merintis lembaga-lembaga formal ya ini kan tidak dua Pesantren ini lebih pada lembaga pendidikan formal ya kalau dari kacamata Nurcholish Madjid

Ini nanti mungkin bisa dikritisi IAI dalam era modernitas ini dihimpit oleh dua tantangan Hai akan mengikuti arus besar dalam sistem pendidikan nasional sehingga banyak membuka sekolah-sekolah umum atau dia bertahan bertahan dengan pola pendidikan Salafiyah nya dengan Pesantren tradisionalnya dengan risiko dia akan kehilangan antrinya sumber input Hai gimana Menurut anda itu apakah

Mendirikan lembaga pendidikan formal untuk mempertahankan sebanyak banyaknya santri misalkan atau gimana Ya terima kasih browsing beberapa masukan Yang kayaknya di Pondok Gede Sunan Ampel memang apa namanya kegiatan ilmiah muatan bidang keagamaan di laksanakan setelah kegiatan pembelajaran berlangsung yakni setelah kegiatan bernafas Hai agar supaya apa yang menjadi cita-cita Kyai yakni lulusan dari

Pesantren tersebut memiliki pemahaman keagamaan yang kuat Disamping itu juga memiliki pengetahuan dan keterampilan yang juga handal yang kedua yang ada di Pondok Pesantren Bustanul Falah di dalam kegiatan dunia juga dilaksanakan sama dengan apa yang ada di pondok pesantren sudah cuman sampai akan tetapi situ yang memiliki perbedaan ada muatan tersendiri yakni memasukkan

Materi genetik ke agamaan titik ke dalam struktur kurikulum secara formal yang ada di pesantren Wooyoung hasil observasi yang saya ketemu yang saya temukan kamu mau maaf memang ke itu seharusnya saya Tampilkan sebagai pembedaan nantinya antara kedua Pesantren tersebut Oh ya cukup selamat Mas Aziz wanani telah melampaui tahapan terakhir dari

Studi saudara di program Doktor pascasarjana IAIN diberkahi kembalikan kepada ketua cida Terima kasih Bro ada Indonesia like Kyuhyun Hai baik ngerti masih Brooklyn selanjutnya siapa silakan Hai kunci berikutnya Profesor Doktor Muhammad khusnuridlo assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh waalaikumsalam Terimakasih ketua sidang dan segenap dewan penguji khususnya astral Fadilah rok Samsul dan Prof Ibrahim fahlen

Profesor Dan yang berbahagia saudara promo benda Aziz Fanani selamat Desa saya menilai pertanyaan-pertanyaan penguji sebelumnya itu saya kira cukup untuk bisa menyempurnakan disertasi saudara nah Oleh karena itu saya ingin melakukan konseptual lining saja hai penyelarasan eh beberapa konsep yang pertama beberapa konsep kunci ya ini saya temukan menarik untuk dikonfirmasi

Antara lain ada civitas pesantren ya tapi mungkin ini tidak perlu direspon Mungkin cukup direkam saja Apakah memang dilokasi penelitian itu ada istilah civitas Pesantren karena ini penelitian kualitatif jadi harus faktual empiris kalau tidak Nanti saya sarankan ya digunakan subjek penelitian yang ada pak di internet kalau Satria santri kalau murid-murid sehingga kalau misalnya

Civitas Pesantren tidak ada kemudian digunakan ini sangat reduktif tadi sudah ada apa ya menyalai paradigma naturalistik lah kira-kira seperti Ya sampaikan itu nanti saya sarankan ya beberapa istilah paling enggak itu disesuaikan nomenklatur ya Pertama Yang kedua disesuaikan dengan fakta empiris jadi memang Papua Oleh karena itu silakan HDC skirt ya Atau enggak itu

Penggunaan istilah-istilah yang sebetulnya inisialnya peneliti tuh pertama ngopi yang kedua Saya pengen mengingatkan bahwa dalam perspektif manajemen pendidikan islam eksistensi lembaga pendidikan itu tidak pernah vakum tidak pernah vakum sosial ya economy budaya dan sebagai nah Oleh karena itu ya pasti pengembangan Pesantren itu selalu ada fakta-fakta empiris yang mendorong dilakukannya

Pengembangan menerima saya deskripsi tentang hal-hal yang mendorong yang melatarbelakangi apa pengembangan pesantren ya pengembangan pendidikan formal ini tampaknya perlu di dipertajam lagi dikembangkan oleh karena itu di konteks Hai ini text book nya yang katakan lagi coba nanti dilengkapi dengan atau dimantapkan kembali dengan isu-isu strategis isu-isu strategis Global ya

Isu-isu strategis regional dan isu-isu strategis nasional mungkin sebagian sudah saudara tuangkan dalam disertasi baik yang selanjutnya saya sarankan kepada saudara-saudaranya untuk mereview kembali fokus penelitian saudara karena sesungguhnya fokus penelitian ke dalam penulisan disertasi itu modalitas yang paling berharga apapun yang anda lakukan ini masih harus berdasar kepada fokus tadi saya sependapat dengan penguji

Utama dari Halo sia atau rezeki yang Anda gunakan di sini ini masih enam Pak normatif dengar saya ya sudah ada promo bonus iya Alhamdulillah yakni salah satunya perilaku Kyai Soleh ganteng saya sarankan fokus itu memang sudah fokus jadi Sudah menampilkan substansi-substansi inti dari apa yang akan anda Jawab ya melalui penelitian

Ini misalnya ya nomor satu itu itu kalau dilihat ya perilaku situasi civitas ini kira-kira dalam kinerja seorang pemimpin itu sedang melakukan apa sebetulnya yang mereka kalau dalam pengembangan er penilaian kepada saudara Oke mungkin ini untuk pertimbangan saja pengembangan apapun ya sebagai modus dari perubahan itu selalu dalam manajemen itu dilakukan Apa yang

Disebut dengan needs assessment jadi mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan Ya udah kata kuncinya tapi niepce semen itu ya dah yang kedua ini saya kira juga langsung saja eh shot yang pertama tadi saya lengkapi mungkin langsung saja bagaimana Kyai mengidentifikasi blablabla selanjutnya Apa yang melatarbelakangi apa atau ia berinisiatif untuk melakukan penempatan

Keywords lebih baik dari sosiokultur ya maupun dari struktur seperti itu Hai yang kedua mungkin juga bisa diringkas tapi substansinya ini sudah tepat ya ini fokus pertanyaan MP itu pengarahan dan bimbingan intrepid coba dicari ini bagian dari fungsi manajemen ya pendidikan Ya ini apa Istilahnya ya mungkin bisa apa dipilih salah satu saja

Pengarahan itu mungkin sudah mencakup hal yang luas ya lalu yang ketiga ini Shakira kalimatnya tidak efektif Oleh karena itu Gunakan kalimat bahasa Indonesia yang ekonomis substansinya saya lihat yang bikinnya di legitimate Bagaimana Kyai mendelegasikan apa ya siapa yang Hai Apa tugas apa ya gitu ya oke ya sakiran native untuk penyelarasan bisa

Saudara lakukan otomatis tujuan penelitiannya menyelesaikan hasil rekontruksi pertanyaan saudara fokus sudah yang selanjutnya ya hampir tren-tren penguji penanya tadi itu sama menanyakan tentang situational leadership ya Eh penerapan situational leadership asal berdasarkan fakta data yang saudara peroleh silakan tetapi ada pertanyaan yang saya kira ini dalam perspektif summarizes manajemen ya

Pendidikan ini harus dilakukan anda tadi menyebut kompetensi-kompetensi siapa tas layak faten spotec pertanyaannya ya ini dalam menajemen sumberdaya manusia ya itu aja namanya performance appraisal ya jadi Prakiraan atau penilaian terhadap kinerja Nando menentukan Kompetensi ini tes Slavina tinggi ya rendah dan sebagainya itu bagaimana caranya saya kira cukup dicatat aja ya Kalau SMK

Yaitu masih uji kompetensi Apakah anda melakukan itu ya Nah kalau tidak seperti apa Nah Oleh karena itu saya kira saya saran Kakak ya karena ini penelitian kualitatif itu sangat dinamis mungkin kalau hal-hal yang tidak bisa dipenuhi dengan teori ini tr1 yang wajar bila anda menggunakan perspektif kepemimpinan yang lain di

Jalan apa di pesantren saya kita bisa menggunakan tadi anda sudah sebut transformatif nanti bisa dilihat lagi justru beautiful responsif leadership sampai spiritual jersey bisa Jadi intinya silakan itu paling ga tadi saya belum menemukan argumentasi saudara yang sudah mantaplah ya untuk menggunakan teori nah secara umum anda kembali ke Jakarta ya serangkaian data penelitian

Sudah Nah yang terakhir ya yang terakhir pertanyaan pertama tadi hal pertanyaan wajib ketika produk Samsul menanyakan novelty atau newness itu ya itu Coba nanti Tunjukkan temuan saudara itu eh dengan dilengkapi dengan sebuah model ya gambar balok iyaiyaiyaiya itu kayaknya sudah disarankan ya semoga tiada model MB saya lihat belum Belum

Apa Temukanlah izin saya kira itu ya Yes Ya selamat ya kepada suporter dari keluarga besar apa iaiibrahimy juga saya sampaikan Selamat ya tapi tadi tolong itu pak rektor sudah mengarahkan belum harus betul dispensing tapi kok ngumpul rame-rame banyak jamaah biasa gitu ini baik ya oke yang terakhir kali gampang

Jadi lihat Oh sudah sorry sorry ya ini ini enggak terima ini saya kelihatan sudah sesuatu saudara promovendus ya yang gampang Kalau Anda ini apa ahli dibidang Manajemen Pendidikan Islam ini kan seperti ujian sebelumnya sumber-sumber primer mu ya yang berbasis educational leadership educational administration educational management itu sedikit sekali ya itu yang terakhir

Kali dari segi metodologi saudara menggunakan kualitatif fenomenologis saya hampir tidak menemukan saudara Bromo gendos ya data emik ya dari penelitian saudara padahal ini justru yang perlu diungkap keunikan yg penting ya ctmi kini ya jadi Mengapa terima sing iaitu melakukan pengembangan pendidikan formal itu citra dalamnya pasca dan nilai-nilai iya substantif ya

Nilai-nilai berupa yang perlu diangkat ya sehingga bisa memberi inspirasi kepada khalayak Saya kira itu saudara promovendus Sekali lagi selamat ya pada ketua sidang Saya sampaikan terima kasih saya kembalikan Terima kasih Masih proses Khusnul lanjutkan penguji berikutnya Bapak toko dipersilahkan Hai assalamualaikum wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Terima kasih apa provita

Terima kasih juga kepada semua audience didepan Hai pada program himpro Nizar Samsul Prof Bun Pulau Bali Propertindo dan pas wedding kepada keluarga juga soca kan selamat saudara Azizah sama Ahmad najis panahmu Azis sama namanya Rahmat Azis paling Ahmad Aziz Fanani selamat Mas Ahmad hazwan ane ya Terima kasih saudara

Hai ini sudah di puncak tangga hati jikalau nanti dinyatakan lulus ya Saudara ini nanti Hai dilarangnya Doctor idoctor Ahmad Aziz Fanani Hai Yuk kira-kira doktoranda ini dokter apa Mas Hai daftar bidang apa sebenarnya Manajemen Pendidikan Islam Ustadz Doktor Manajemen Pendidikan Islam Manajemen Pendidikan Islam spesialisasinya di apa ini Hai pesantrennya Pesantren Jadi kalau

Ada orang tanya tentang pesantren ya ahlinya adalah Doktor Azis Hai ini kalau tentang Doktor bidang yang lain bukan Dokter razia tapi kalau membicarakan tentang pesantren kado crazy ini sudah dianggap pacar dengan gelar doktor Hai itu tahu cabang selamat Maza tadi hari penguji penguji Yang lain sudah

Banyak ya saya rekam dan masa sih sudah harus merekam itu jadi Nyonya kalau di Tadi prosamsung Nizar Kau sudah bilang ya Inikan promosi-promosi itu ya sebetulnya sudah Hai kesalahan-kesalahan itu sudah suka ini ini hilang atau lah sudah hampir tidak adalah udah minim sekali sudah diperbaiki dikit tertutup nah gue

Turuturutu sudah sudah di terbuka ini sudah hampir sempurna mendekati sempurna itu makanya Hai Adik saya lihat saudara juga dari teori-teorinya Enggak belum diperdalam ya tadi propalm enggak Apakah saudara sudah baca bukunya coba bingung Mas subuh ya kemudian bukunya steenbrink Karel steenbrink ya maksakeun Model sekolah itu kemudian ini

Ini adalah keto Nakamura Nakamura mitsuo Nakamura ada Hiroko horikoshi yang semuanya itu turunnya dipendidikan saudara itu sangat baik itu dicuri itu di diperdagangkan itu seringkali Hai termasuk istilah-istilah baru tadi properindo ada civitas Santren itu itu dari mana itu Di dicari kalau ada punya dasar Yasin Hai kemudian saudara

Hai ini teori yang dipakai mens teorinya adalah teori blancak ya lebih bulan saat itu dan Henry ya Ih iya Sil penelitian saudara dinyatakan bahwa tidak [Musik] sepenuhnya berlaku gitu ya kira-kira bagaimana kalau teori belancat itu tidak sepenuhnya berlaku diterima maka kira-kira yang baik track nggak Mas masih punya kasih support nomor batik

Ini memang dalam penelitian yang saya lakukan ini menambah di dalam teorinya bulan cat ketika diimplementasikan di lembaga pendidikan khususnya di pesantren the lounge Hai untuk melihat apa namanya anggota atau melihat apa namanya bawaannya timnya memang punya beban cat sudah sangat sesuai apa yang ada di dalam Pesantren namun ini yang membedakan

Antara konsep punyanya bangsa dengan konsep yang ada di pesantren yang saya temukan di sini misalnya aktivitas kyai dalam melihat kematangan anggota dalam melihat kematangan dari bawaan ini melihat eh apa namanya dari segi apa yang pernah dijelaskan oleh al-ghazali bahwa seorang manusia itu dibagi menjadi 4 yang pertama disitu rojulun yadri

Wajah Dari Anakmu yadri yaitu seseorang yang berilmu yakni memiliki kompetensi yang tinggi dan komitmen yang tinggi berikutnya rojulun yadri wall ayat dari Al nawiyah beri ini kategori yang memiliki kompetensi tinggi namun disitu rendah atau hukumnya baru kemudian yang berikutnya ada lo Julun layat riwayat internal jangkrik hingga sampai pada

Yang terakhir Ustad rojulun mayat riwayat dari enam layar dari ini yang tidak dipekerjakan di dalam Pesantren yakni orang yang tidak memiliki kompetensi yang tidak memiliki komitmen Nah inilah yang membedakan antara konsepnya belancat memang benar diterapkan di tengah apa namanya sebuah institusi atau perusahaan namun ketika kita berbakti berbicara situational

Leadership di pesantren Maka nanti ini menjadi suatu jawaban Atas penambahan ataupun penguatan dari teorinya belancat dengan pakaian [Musik] Hai Jadi kalau yang saudara katakan tadi bukan punya di teori manajemen itu-itu terus seperti itu jadi teori manajemen sumber daya manusia ya Jadi kalau ada baterainya itu ya seperti itu Jadi

Bagaimana perlakuan eh pegawai jadi pegawai dengan Hai ah tingkat Hai pendidikan tinggi kmudian kinerja tinggi pakai yang diuji yang di berikan oleh organisasi lembaga itu apa yang dilakukan berapa dan di level kedua ada pegawai dengan karyawan dengan level pendidikan tinggi kinerja rendah maka itu ada ada i

Hai hal yang dilakukan situ kemudian ada juga pendidikan dengan pendidikan tinggi karyawan dengan berpendidikan rendah tetapi kinerja tinggi jadi ledekan nya rendah tapi kerjanya tinggi udah ada juga yang tadi yang sama Tata lampu yang terakhir tadi itu jadi karyawan dengan kinerja rendah pendidikan rendah gula nah ini ini yang dalam teori manajemen

Yg harus di amputasi itu yang di PHK itu tapi kalau yang di apa pada tab sebelumnya maka anda treatment drivernya apa gitu kalau misalkan disitu pendidikannya rendah kemudian kinerja nya tapi tinggi mata diperlukan Bapak tambahan pengetahuan bisa workshop Bisa disekolahkan lagi bisa dikursuskan kan gitu nah ya

Seperti itu kereta di pondok situ ada nggak CR7 atau enggak Ya gimana Mohon maaf saya yang disampaikan melalui ini pun disampaikan oleh Purworejo bahwa [Musik] Hai saya sebagai peneliti tidak melaksanakan secara langsung untuk diagnosis itu diagnosis itu yang melaksanakan dari seorang biaya sendiri nah diagnosis itu tujuannya untuk

Mengetahui ABS apa namanya kesiapan dari anggota Apakah anggota ini memiliki kompetensi Apakah anggota ini belum memiliki kompetensi Kemudian untuk mengetahui komitmennya Bagaimana dan lain sebagainya Itu yang melakukan kemudian setelah mendapatkan data dari diagnosis yang sudah dilakukan yaitu tersebut baik di depan rupanya maupun di Pondok Gede Sunan Ampel kemudian dijadikan dasar untuk melaksanakan

Pengarahan dan juga bimbingan maka ketika disitu menemukan Hai misalkan di itu kompetensinya masih benda tapi topiknya tinggi nah makan disitu juga ada data yang menjadikan bahwa di situ atau bakso mengirimkan mengirimkan anggotanya untuk apa namanya mengikuti suatu workshop dan juga saya Sebutkan didata pengarahan secara langsung oleh seorang Kyai apabila

Kemudian menemukan ke civitas yang ada di pesantren tersebut yang kategori masih komitmen rendah kompetensi tinggi atau sebaliknya kompetensi tinggi komitmen rendah ada step tidak sana tanya Jadi kalau dalam teori manajemen bukan jelasnya akan kalau ya kompetensi tinggi pendidikan tinggi maka dia pasti dapat promosi jabatan wuihhh jadi manajer Jati direktur nanti

Kalau dipondokkan tidak bisa dia jadi Kyai gitu oke misalkan ada ada guru yang pendidikan tinggi kemudian kinerja tinggi Maka kira-kira Apa reward yang diberikan itu apa saja mungkin jadi kedua pesantren yang saya teliti yang ada di Bustanul Falah itu motivasinya ada dua motivasi yang sifatnya duniawi dan motivasi yang sifatnya flowing itu

Data yang saya dapatkan dari hasil wawancara dengan Kiai Kholil Rohman dari segi material Hai ada semacam tunjangan tambahan bagi anggotanya atau civitas pesantrennya yang disitu memiliki kedisiplinan menghitung mengikuti kegiatan dan lain sebagainya yang sifatnya Browning bantu yang tidak bisa ditinggalkan yang harus ditanamkan yang harus dimiliki oleh civitas Pesantren khususnya khususnya

Yang ada di destanul kepala tetap timbangandi mengembangkan ilmu itu tetap menjadi salah satu motivasi yang sifatnya proui tapi duniawinya tetap dilaksanakan oleh IAI meluruhkan dengan penambahan identik yang tetapi yang diputuskan mengingat Allah kemudian yang di Pondok Gede semacam sel itu Sip apa namanya motivasinya juga dua hal motivasi yang sifatnya Crowe artinya

Seorang kyai memberikan motivasi memberikan pengarahan bahwa ketika kita melaksanakan sesuatu maka nilainya ibadah Hai diterapkan ditanamkan oleh seorang Kyai kepada civitas pesantrennya Namun kita tidak ada bedanya kan tadi prop Samsung juga lebih saya tanya lagi dari dua atau Lupus penelitian saudara tadi itu ya atuh di pondok apa ini al-falah

Ya malah besar telah kemudian sudah nempel ini kira-kira ini Amalia Amalia spiritualnya itu mana jikalau Gan ini saya bandingkan gerakannya kalau seapa Nakamura itu kan meneliti tentang Muhammadiyah kemudian kalau di Karo steenbrink itu kan lebih ke pondok pondok itu ngetren pun eh makanya kira-kira yang yang saudara teliti itu

Hai diantara keduanya itu atau Pak NU semua atau ke Muhammadiyah semua gereja Hai semuanya melaksanakan dpboss act jadi di pondok fullface menempel juga ada kegiatan Istighosah yang ada di pondok kristal Falah juga Istighosah dan kedua-duanya beliau seorang Kyai ketika klewang cara yang selain Numata ditolak maka itu yang saya dapatkan maka disitu

Eh apa namanya ya tetep letak kebaruan nya di itu ada tambahan kompetensi mengaitkan pemahaman agamanya Jadi zaman lama di situ ndak Hai level Italia itu lama Berapa kali saudara Situbondo studi awal observasi awal memang pada tahun 2018 namun dari itu yang saya laksanakan melalui observasi observasi namun untuk melihat

Pesbek kebelakang karena yang dalam pengembangannya yang diputuskan lupa lebih tahun 2004 saya lakukan pengumpulan data melalui wawancara untuk melihat apa namanya ketika pendirian nggak jadi-jadi kita I am melihat bahwa saudara ini layak untuk jadi Doktor pendidikan Manajemen Pendidikan Islam ya usus tentang pesantren di Saudara menjelaskannya itu ya harus harus kelihatan bersaudara

Paket dalam manajemen pendidikan islam santai jadi kamu sekarang kuragu kalau menjawab tadi sedangkan masih ragu-ragu tadi ini matanya proses Samsul Nizar mempertanyakan tadi itu bangkit Tinggalnya yang bahwa anda layak saudara ini dokter medium pendidikan Islam jahatnya juga harus demikian prohud Ah saya kembalikan udah terima kasih selalu Terima kasih Waalaikumsalam warahmatullah

Hai hai Terima kasih apa amako tipe-tipenya promoters kristologi Profesor Doktor babon Soeharto dipersilahkan hai hai Terima kasih bisa didengar Ahmad Aziz Sebelumnya kami mengucapkan selamat kepada proventus dengan bersusah payah akhirnya pada sore hari ini saudara berbeda Ahmad Aziz Fanani bisa Halo Ma cucian terbuka mingil apalagi yang menguji disini adalah yang pertama

Sebagai penguji utama itu adalah Profesor Samsung Nizar ini adalah penjaga NKRI berbatasan dengan Malaka namanya Bengkalis ya kalau mau ke Malaka tidak perlu naik plan tetapi cukup naik kapal laut karena kami sudah merasakan itu ya dari Bengkalis ke the ke Malaka dan terima kasih ya sudah kepada Prof IB

Juga daerahnya ada di tengah-tengah mau ke Medan ya harus membutuhkan waktu sehari semalam jauh dari keramaian tetapi Alhamdulillah bisa hadir untuk dan mudah-mudahan kedua beliau selalu diberikan kesehatan dan dan depan mudah-mudahan tetap bisa berbagi ilmunya dengan kampus IAIN Jember Pak Ahmad Aziz Fanani ya banyak disertasi yang telah dibuat oleh

Terpelajar kalau saya tanya kira-kira apa bedanya disertasi yang dibuat oleh Ahmad Aziz Fanani dengan Doktor dari manajemen murni Terima kasih protein dalam penelitian disertasi saya spesifikasinya itu di bidang Manajemen Pendidikan Islam khususnya Bagaimana penguatan manajemen di pesantren Oleh karena itu bedanya dengan penelitian saya dengan penelitian nyalain penelitian saya lebih tepatnya

Spesifik Bagaimana situ Manajemen Pendidikan Islam yang secara spesifik membahas mengenai tentang pesantren ah gitu ya Saudara lupa pada semester 1 ya ada mata untuk mata kuliah studi Alquran studi hadits tetapi dalam disertasi saudara Ini Tak ubahnya seperti apa namanya ya dokter pada umumnya itu tidak ada saudara itu mengutip bagaimana di

Dalam Alquran terkait dengan kepemimpinan itu gitu ya kependidikan hadits ini akan menjadi cantolan saudara gitu ya Hai sehingga apa disertasi saudara itu tidak keren tidak sekuler Apa bedanya disertasi saudara dengan disertasi saya akan begitu harusnya Harus ada beda ya makanya disini adalah ada manajemen pendidikan ini itu Chan penting ya Nah

Shakira ya sebenarnya ini ya Barus ya sebenarnya saudara harus memasukkan itu tadi dalam paparan saudara itu saudara menceritakan terkait dengan kepemimpinan dari bahasa Folio ya Ada kepemimpinan transformasional kepemimpinan transaksional ya Sehingga dari itu baru membentuk dalam kepemimpinan situasional Iya kalau saya bertanya hai kira-kira Hai Kyai ndak berani pengasuh pondok pesantren ya

Iya kita teh Bustanul Falah Bustanul Noah kepalak Banyuwangi dia kalau di kampus itu kira-kira tibanya kepemimpinan Apa karena disamping dia Kyai juga menjadi Rektor gitu ya jangan-jangan Waktu di kampus dia eh menjadi kepemimpinan transaksional t-shirt Hai terima kasih profesor yang saya ketahui ketika Memang betul via yang ada

Di pondok Bustanul Falah selain beliau seorang Kyai beliau seorang Rektor yang ada di situ terkena SMP ini Genteng Banyuwangi dari segi kepemimpinannya yang saya ketahui Posisi apa namanya apa juga menerapkan gaya demokratis juga penerapan gaya otoriter jadi demokratis dan juga gaya otoriter yang yang diliputi listrikan oleh-oleh yang paling

Rachman sebagai restore begitu saya melihat restonya tidak Solitaire kok gitu ya Apa bedanya kepemimpinan transformasional dengan situasional yang transfer yang situasional kroto Jadi bagaimana tindakan ataupun perilaku seorang kiai itu gaya yang diperkirakan disesuaikan dengan kesiapan anggotanya maka Kapan Adakalanya disitu direktif ataupun disitu ya otomotif Kapan disitu harus melatih Kapan di sidoarum partisipatif

Atau membangun kerjasama Kapan disitu harus Bentuknya itu yang apa namanya situasional Hai kemudian yang transaksional tisu yang transformasional informasi dari transaksional artinya kemungkinan mempengaruhi bukan karena kompensasikan bukan karena harapan sesuatu yang diharapkan tapi stakes muncullah suatu kesadaran untuk melakukan transformasional kayaknya yang ditransformasi Kenapa mereka mabur buat Kenapa santri-santri itu ya patuh

Kepada Kiai karena kiai itu punya kepemimpinan transformasional di dalam transformasional itu ada yang namanya Kharisma dan begitu lah Iya itu Kharisma Ya semua Kyai kan punya Karisma itu mungkin lebih condong ke sana ya yang terakhir gitu ya sebelum yang terakhir saya ucapkan selamat ini kepada Yayasan pengurus yayasan Kyai Haji Khairul Anam

Ini hadir Oh ya mudah-mudahan nanti ya ada kesempatan untuk diberikan waktu dan ini adalah merupakan kebanggaan bagi IAI ibrahimy genteng karena dari apa yang telah dilakukan oleh Rektor sekarang Putra Doctor Doctor itu semakin banyak di by Ibrahim pria yang terakhir ini Pak Ahmad hazwan ane setelah saudara menulis

Disertasi setebal berapa ini A300 lebih ada tim saya 380a ya ini mau diapakan oleh saudara yang pertama road disitu ada implikasi teoritis dan adalah implikasi praktis dalam implikasi praktis ini lengkapan namanya akan Hai menjadi sumbangsih dalam penerapan kepemimpinan khususnya dalam hal pengembangan pendidikan formal yang ada di tersebut tersebut Kemudian yang kedua

Selain ke-2 Pesantren juga di pesantren-pesantren yang lainnya bagaimana seorang Kyai mempengaruhi bagaimana Kyai mengajak Bagaimana Kyai penduduk mendelegasikan untuk pengembangan pendidikan Pesantren bisa diterapkan hasil penelitian di kepada pondok pesantren yang lain Jika ditanya seperti itu saya menjawab insya Allah bisa begitu ya Ya terima kasih ya tidak banyak yang datanya kan saya kembalikan

Kepada ketua sidang Makasih Pro privasi Hai phpro kebun yang terakhir promotor sekaligus cover motor sekaligus penuh kita Pak Dokter Batur Minato dipersilahkan Hei assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Terima kasih utama sidang dan informasi yang saya hormati untuk proventus pertanyaan saya nya satu aja pertanyaan saya hanya satu

Dan yang lain nanti mungkin saran ini yang terkait dengan konstruksi berpikir Kyuhyun dan ini sering ditanyakan oleh para pengungsi mulai siang kualifikasi sampai ujian terbuka Hai Coba kalau Anda lihat tema penelitian Anda jodoh berlebihan undakan tentang pemimpin Apa hubungannya dengan fokus satu fokus Hai satunya celah apa Bung kepemimpinan

Dengan tampil kasih ya terima kasih kalau kita berbicara mengenai tentang kepemimpinan itu secara umum secara umum dan saya yakin banyak peneliti-peneliti yang lain mengkaji mengenai tentang kepemimpinan namun kepemimpinan itu bisa dilihat dari segi yang lain misal dari segi komunikasi misal dari segi perilaku nah elemen dalam disertasi saya ini

Kepemimpinan dikaji dari segi perilaku seorang Kyai demikian mustard ini mestinya limas ini yang sering saya sampaikan pastinya Anda harus ada substansi di kajian teori tentang kepemimpinan sebagai sistem ini yang tidak muncul yang sering saya ini Udah dicoba Anda ada ada satu substansi Ting ini kajian teori Anda kepemimpinan sebagai sistem Kalau anda menjelaskan

Itu Insyaallah pertanyaan-pertanyaan terkait dengan fokus satu itu salah satunya tapi elemennya itu komunikasi power puasa otoritas warnanya tinggal Anda ngambil banyak teori kepemimpinan itu mau anda pakai teori kepemimpinan yang dikembangkan di DF total quality manajemen miliknya main karena PGM itu yang asli Amerika Serikat itu yang diambil dari teori yang lain Misalnya di

Dalam dunia miliknya kepemimpinan sebagai sistem itu ada tiga komponen struktur Hai ada tiga komponen kalau menurut teorinya Einstein sehingga pertanyaan-pertanyaan elementer yang tadi dari pencipta mate seh menghabiskan Memang karena enggak ada B konstruksi teori anda di Papua itu enggak ada yang bicara tentang pendelegasian wewenang itu bagian dari kepemimpinan sebagai sistem

Kwarran itu bagian Kalau Anda mencoba menjelaskan di bab 2 ya itu Mas Sis ya oleh ini karena musimnya begini sehingga efektivitas pembimbingan yang relatif sedikit tergagap itu setirnya harus anda lebih praktis daya Saran saya pertama cobalah yang saya sebutkan tadi anda kasih porsi khusus di kajian teori di

Bab 2 tentang kepemimpinan sebagai stok nanti anda bahas tiba-tiba apa sih Fungsi teori tapi sudah sering disebut gantiin Cian cikurak Fungsi teori ini sebagai pisau analisis anda ketika anda melakukan diskusi hasil-hasil temuan Anda kalau enggak ada teori-teori yang terkait dengan penelitian analisis lingkungan itu gimana ada melakukan pembahasan diva4d.us Saran saya pertama tolong

Nanti dilengkapi demikian yang kedua tangan saya lebih sudah disingkap oleh seorang dokter itu performer nya yang paling tidak harus harus meyakinkan itu teori marketing at OK Google Pesantren Siapa yang membuat anime apa slide anda itu PowerPoint anda itu anda sendiri atau orang lain halo ah kamu mah nanti kalau buat slide Itu yang

Meyakinkan gitu jangan teks sudah dipindah gua syahwat ini kursus Mana profesor mustahil cara-cara membuat slide jadi yang mimpiin tidak zat ini akan terus meyakinkan betul lagi tadi saya lihat ketika anda menjelaskan Mohon maaf anda menjelaskan pemikiran al-ghazali tentang tipe manusia yang tepat Anda masih nampaknya masih repair pecut yaitu terlihat rezeki harus yang

Sudah tidak seharusnya bukan hanya al-ghazali yang sering saya katakan Anda pemikiran Syekh Abdul Qodir Al Jailani Ra Iceland itu yang melihat Manusia juga ada empat jam perspektifnya dari sisi komunikasi tapi kalau disimpulkan sama hampir sama dengan miliknya Imam Al Ghazali kalau dalam perspektif piringnya klik menit Anda bisa baca dilihat dari

Dua aspek abstraksi dan komitmen juga kalau anda teori yang laki-laki ya teori-teori lebih banyak baca lagi dan saya yakin anda bisa ndak bisa yang terakhir selamat untuk Anda dan turunnya anda anda sudah menjadi nanti kalau lulus jadi doktor yang kedua mungkin mungkin gini satu kebahagiaan seperti baik sama keluarga anda Amin Assalamualaikum warahmatullah

Umur masuk wabarakatuh Terima kasih I am Baik terima kasih pada taswadi dan seluruh tim penguji bercerai sore hari ini seluruh Windows sidang ujian terbuka kita score sebentar eh Anda dipersilakan untuk lift dulu dari dunia atau kan ozum juga saya kira di Audi n audient di ibrahimy genteng juga diteken luar dulu

Zetsu putih Bismillahirrohmanirrohim mengatakan Allah Yang Mahakuasa pada hari ini Jumat tanggal 29-05-2018 15.00 titik lebih 30menit mempertimbangkan penampilan saudara profil does dalam wujud dan terbuka serta hasil ujian YouTube Three nilai-nilai mata kuliah yang telah dicapai maka dewan penguji memutuskan bahwa saudara Ahmad Aziz Fanani nomor induk mahasiswa 84191 5037 dinyatakan lulus dengan predikat

Alhamdulillah kan dan berhak menyandang gelar toko Alhamdulillah saudara Akhmad Rifani merupakan dokter ke-18 pada program studi Manajemen Pendidikan Islam pasca sarjana IAIN Jember demikian ketetapan ini dibuat dengan sebenarnya dan penuh tahu kerap operasi dan Profesor Doktor Haji Bastari sinemaxxi selamat kami sampaikan kepada saudara Ahmad Fanani selanjutnya sebelum sidang

Ujian terbuka ini kita tutup kami persilahkan kepada promotor atau promotor yang wakili untuk menyampaikan kesan dan pesan terhadap atau kepada saudara promo pinus dipersilakan aswati Tesla mualaikum warahmatullah wabarakatuh assalamualaikum terkejut ni rohmani Rohim alhamdulillahirobbilalamin 116 Kholil Sentinel Muhammadin wa’ala alihi washohbihi ajma’in membantu segenap dewan penguji dan kami hormati dan seluruh civitas akademika

Iaiibrahimy siapkan selamat pada iaiibrahimy yang telah mendapatkan anugerah satu dosen memperoleh gelar doktor kita berharap mudah-mudahan bagi yang belum karena ada beberapa orang yang studi di ya dianya Jember itu ha belum menyelesaikan Kita berharap bisa 12 tahun bisa kelar sehingga apa yang menjadi cita-cita dari Yayasan dalam rangka untuk mengembangkan

Iaiibrahimy itu menjadi kenyataan saudara Doctor Azis ini adalah merupakan dokter yang ulet Ya gimana beliau seringkali dari Banyuwangi ke rumah hanya sekedar untuk ya Hai membincang ya terkait dengan paint nah beberapa hal yang terkait dengan isi dari disertasi tapi pada akhir cerita seperti kita ketahui bersama ya kita harapkan tadi karena ini

Adalah promosi saatnya ya seorang dokter itu harus percaya diri saya tidak tahu ya Kenapa Asus Fanani pada sore hari ini biasa ketemu apa namanya Tidak seperti biasanya penampilannya Apakah akhirnya kehadiran dari penjaga NKRI Prof Samsul Nizar ya Atau ada apa keep Ya baik Rohim atau ada punya ketua Yayasan yang

Melihat langsung terkait dengan penampilan Anaknya ya Saya tidak tahu itu saya kira ini kedepan tidak boleh seperti itu Tunjukkan bahwa Mas Aziz ini adalah seorang Doktor dokter choose berani gitu ya penampilannya sehingga apa Mbak Eh orang luar mengatakan bahwa Ahmad Aziz warnanya adalah betul-betul seorang Doktor ya Alumni IAIN Jember

Yang terakhir kami mohon kepada saudara daftar siswa Nani jaga nama baik almamater gimanapun saudara Ahmad Aziz Fathoni walaupun saudara Sudah Doctor Saya yakin pak direktur kovalen profido selalu Kaprodi dan kita semua yang hadir ini masih siap untuk diajak sebagai Mitra diskusi Itu semua adalah dalam rangka untuk pengembangan keilmuan

Saudara terima kasih selama alaikum warahmatullah wabarakatuh waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh Terima kasih Hai as perutnya kami persilahkan saudara dokter Ahmad Adzani mengembangkan kesadaran pesannya kepada forum ini dipersilahkan Makasih chord gitar Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh wa’alaikumussalam wabarakatuh nilai Rohman Rohim pertama saya ucapkan banyak terima kasih kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala yang telah

Memberikan kekuatan tataran sehingga pakai sore hari ini saya pun dinyatakan lulus dalam program doktor di MCPE yang kedua Saya mengucapkan terima kasih kepada Professor doktor Hai Haji bakun Soeharto SMM sebagai promotor saya yang telah sabar memberikan pengarahan jadikan Kuningan sehingga disertasi saya ini bisa selesai Hai meskipun ada beberapa hal yang harus

Saya revisi Hai yang mengungkap dua saya ucapkan terimakasih kepada Hai storage suatu semesta MP3 juga selaku promotor yang telah memberikan bimbingan arahan terbentur hingga disertasi ini bisa selesai dan mudah-mudahan halo halo apa yang sudah saya laksanakan ini bisa bermanfaat yang berikutnya Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh dewan penguji Profesor Doktor Haji

Khusnuridlo Profesor Doktor Haji Mifta arti Doktor Haji Muhammad SAW khasnya episode thornfield USB hard Professor doktor Hai Aci Samsung Izar Profesor Doktor Nugroho m Siregar mutian Doktor Muhammad khotib yang berikutnya Meskipun tidak ada disini Saya sampaikan terima kasih kepada Profesor Doktor betina dari Manado Profesor Doktor lulusan ia hari

Ini dalam keadaan sakit mudah-mudahan segera diberikan kesehatan dan ucapan terima kasih kepada orang tua itu bapak dan ibu bapak mertua saya yang telah memberikan doa telah memberikan dukungan sehingga pisang menyelesaikan tugas akhir senyum berikutnya Saya ucapkan terimakasih Hai kepada bapak Rektor Institut Agama Islam ibrahimy Bapak Doktor Haji Kholil

Rohman MP3 beserta jajaran Wakil Rektor ekor satu repot2 dalam faktor-faktor 3 beserta jajaran ikan kemudian Kaprodi dari seluruh fakultas pertama dari yayasan yang sudah hadir Kemudian dari kabiro Kemudian dari civitas akademika untuk agama Islam ibrahimy tenaga kependidikan yang sudah membantu dan memberikan semangat kepada saya yang berikutnya kepada pembina Pramuka IAIN

Jember yang pada hari ini mau hadir Namun karena pelaksanaan etika ini juga tidak bisa hadir Bapak Soekarno dan kemudian segenap dari purnabakti dari IAIN Jember Pramuka Hai yang sudah memberikan doa restu dan berikutnya yang tidak bisa saya Sebutkan satu persatu dan yang saya ucapkan terima kasih kepada istri saya tercinta

A rating of Mary dan juga ketika anak saya ucapkan terima kasih Hai karena sudah sering saya tinggalkan sudah memberikan keluar waktu untuk saya dalam penyelesaian studi di program Doktor ke njemur bumi mudah-mudahan Hai mohon doa restunya Mohon bimbingannya kepada segenap guru besar dewan penguji pada sore hari ini untuk senantiasa

Ia menjadi guru besar saya Hai sampai kapanpun dan juga selalu memberikan pengarahan dan bimbingan dan Mohon doanya mudah-mudahan ilmu yang saya peroleh dari iain-jember benar-benar buku yang bermanfaat kurang lebihnya mohon maaf apabila ada keburukan tayang kurang tata ucapan-ucapan yang kurang sopan menghormati Kholik assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warohmatullahi wabarakatuh Terima kasih sayang terakhir

Kami persilahkan kepada Yayasan Ibra ini Bapak Italia juga 26 mungkin sudah di sudah bersiap menyampaikan sepatah dua patah kata pada forum sidang ujian terbuka kali ini kami persilahkan knalpot the lounge halo halo assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh bukan segala ilmalana illa Ma allamtana innaka Antal alimul Hakim sebagai allahulladzi puji

Syukur kita panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu Wa Ta’ala shalawat dan salam Semoga tetap dilimpahkan kepada junjungan kita nabi besar muhammad shallallahu alaihi wasallam wafat dan terbuka program doktor [Musik] Hai hari ini 29-05-2018 selesai ketua Yayasan sedang berhalangan hadir kami diminta untuk mewakili Hai di dalam hal ini menyampaikan terima

Kasih kepada ketua sidang ketua penguji Bapak Profesor Doktor Haji Abdul Halim sebagai Arema dan juga kepada bapak Profesor Doktor Haji Samsul Nizar em ADB selaku penguji Bapak Profesor Doktor Haji Ibrahim Siregar Ma selaku penguji Bapa Profesor Doktor Haji Miftah Arifin Ahmad selaku penguji apa Profesor Doktor Haji Muhammad Nur ridlo

Hai M.Pd selaku penguji dan Bapak Doktor Haji Muhammad khotib kngen juga selaku penguji begitu pula kepada Rektor IAIN Jember Bapak Profesor Doktor Haji babun Soeharto kkmmmm yang sekaligus sebagai promotor dan juga bapak Doktor Haji swati menotok M.Pd sebagai CEO promotor atas pelaksanaan ujian Pada hari ini saya mewakili civitas akademika dan

Yayasan menyampaikan banyak-banyak Terima kasih mudah-mudahan dengan ujian yang telah dilaksanakan dengan sempurna dan berhasil Lulus ini membawa manfaat bagi saudara najis Fanani Hai dan bisa memberikan parkah khususnya kepada Institut Agama Islam ibrahimy Saya kira itu yang kiranya dapat dan perlu saya sampaikan juga sekaligus hitamkan selamat kepada saudara emaj

Fanani dan juga terima kasih kepada bapak Rektor Institut Agama Islam ibrahimy sekaligus Kyai di-sms faculty yaitu bapak Doktor Kyai Haji Kholil Rohman mtti terima kasih polmuh avikila aqwamit-thariq wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh diambil waalaikum mengambil Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh Terima kasih segenap tim penguji saudara Doctor Ahmad hazwan ini Demikian hujan terbuka pada

Syahrini atas nama mereka sarjana kami sampaikan terima kasih knapp penguji Prof Nizar roti Ibrahim mudah-mudahan dan yang lain semuanya mudah-mudahan kita diberi kesehatan dan bisa enak men dan ketemu lagi di forum yang selanjutnya Mari kita akhiri dengan membaca Hamdalah bersama-sama harus berani tidak planet maaf walaupun klum Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Wa’alaikum ilaliqo absen

Pulang walaupun biskuit taqoballah Minna Wa minkum Minna waminkum Arab

Sobat UIN KHAS Jember Official, Info tentang #Ujian #Terbuka #Program #Doktor #Ahmad #Aziz #Fanani #Pascasarjana #IAIN #Jember ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 02:10:27 detik.


Begitulah sekilas tentang Ujian Terbuka Program Doktor Ahmad Aziz Fanani Pascasarjana IAIN Jember yang telah dilihat oleh 164 penonton, semoga dapat bermanfaat until kita semua. © UIN KHAS Jember Official 7827

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *