Kuliah Umum Pengembangan Kebudayaan: Membangun Kebinekaan Berbasis Ajaran Tamansiswa

2022-03-29 03:48:43 01:53:43 Hai hai hai hai hai hai Hai bye sakit munafik hai jiwa raga hai Kyuhyun di Indonesia is most beautiful women in the girls i the clans walk Wibowo the nation We grow so many colors teknik Yogyakarta Indonesia triliun change trust kedepannya semoga coba Indonesia is not just Wonderful Indonesia giveaway [Tepuk tangan]

[Tepuk tangan] [Musik] [Tepuk tangan] yang saya untuk [Musik] Sajojo inemku bisa memeriksa muda-muda Keke samuna muna muna Keke [Musik] Soleram Soleram Soleram kemarin ada perih dicium-cium merah hati pipinya [Musik] ia takkan cukup kawan-kawan senyum-senyum [Tepuk tangan] [Musik] [Musik] Hai senyum senyum senyum Khattab denganmu [Tepuk tangan] [Tepuk tangan] [Musik] [Tepuk tangan] sepurane yo

[Musik] panas kambing saya anak kamu ragu iPhone lalu rezeki menyentuh hati saya jantung hatiku ada di kampung Bab i hai hai hai hai [Musik] di Indonesia hai hai Hai takle oleh do Ishak menepuh Jopi cerna mu anakku sing ayu roh Panwaslu Setiaku pendekar Ewing wong sungguh nah ini [Musik] [Tepuk tangan] [Musik]

[Tepuk tangan] [Musik] udah denganku menyatakan kemerdekaan Indonesia Hal hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain soekarno-hatta [Tepuk tangan] [Tepuk tangan] [Musik] [Tepuk tangan] [Musik] [Tepuk tangan] Hai banget cerita kau [Musik] [Tepuk tangan] [Tepuk tangan] jim ha [Musik] [Tepuk tangan] [Tepuk tangan] hai hai hai hai [Musik] [Musik] hai hai Indonesia Hai

Bermalam roadrace malam hari ya selamat malam sugeng dalu Pak Tomo praise God Hei lantai kalian masih WC yang berbahagia ini I am statin Selamat malam bisa dimulai mungkin tampak area datar malam samlekum Waalaikumsalam Waalaikumsalam krispi kabar sih alhamdulillah baik selamat malam Apa kabar lama nggak jumpa sama Pak Tris Tris

Masih inget saya ya Iya anu kalau sudah lihat itu Jadi kalau nama kadang lupa lele masih di kemenpora ya oh ya Oke Mas Arya bisa dimulai tip kita mulai bapak ibu semua sekali Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullah selalu salam dan bahagia salam salam sejahtera untuk kita semua nya segala

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa sehingga pada lam yang berbahagia ini kita dapat berkumpul untuk membahas sesuatu yang penting dari ketiga narasumber yang sangat luar biasa namun sebelum acara kita mulai marilah kita berdoa Berdoa menurut Kepercayaan dan keyakinan masing-masing berdoa kami persilahkan nih rumah nirohim kyj the lounge

Hai cukup Maturnuwun yang terhormat di Profesor pardimin PSD para Wakil Rektor para kepala lembaga Bapak Ibu dosen serta narasumber yang sangat luar biasa serta mahasiswa-mahasiswi USG yang sangat luar biasa baik pertama-tama marilah kita selalu menjunjung kehadirat Tuhan Yang Maha Esa sehingga pada malam hari ini kita akan melaksanakan kegiatan yang

Kita semuanya ini penting gitu ya karena nanti pada acara malam hari ini akan ada beberapa pemahaman pemahaman akan ada beberapa hal yang penting terkait tentang Russian kebudayaan halo ah sebelum acara dimulai saya akan membacakan hutan acara pada malam hari ini yang pertama adalah pembukaan kemudian menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Tamansiswa

Kemudian sambutan kemudian masuk ke pada materi tanya jawab kemudian penutup mengacu kepada acara yang pertama yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya hai hai [Musik] di Indonesia tanah airku tanah tumpah darahku Hai putih sana lepas kupergi dirimu jadi pandu ibuku Indonesia kebangsaanku bangsa dan tanah airku Marilah kita berseru Indonesia bersatu untuk rasa

Untuk sahnya klik kau sudah jatuh Subhana [Musik] kuning senyum yang sesungguhnya meski hanya khususnya Dewi sungguh-sungguh huhuhu [Musik] hai hai ngebet nyanyikan lagu Tamansiswa hai hai Indonesia [Musik] Kyuhyun sungguh wow Nggak nganu XI shua bengi puruak [Musik] hiduplah mu semoga Kin karangnya selama siswa senyum tuh hatiku bersih Nah lalu suhu rinciannya Hai

[Musik] ya River Allah mungkin paling lebih [Musik] Lau Pulau Indonesia namlah kamu [Musik] selalu lemas syukur meski diriku hihihi hihihi member [Musik] yang lain selalu ingin Inginku [Musik] OK Google lagu huhuhu hihihi Teguh disini nah moga kamu kangen lah menuju [Musik] melingkungi Dira Hindu Baik bapak ibu semua serta parasit mahasiswa yang mengikuti

Version pada malam hari ini perlu saya sampaikan bahwa malam ini ada tiga narasumber yang luar biasa yang pertama adalah drh mustadin tanggal asb1000 login gih beliau adalah kapak hukum dan sisinfo Deputi bidang pengembangan Pemuda kemenpora dan beliau juga adalah alumni USB Kemudian yang kedua adalah Profesor Doktor Sutrisna Wibawa MP3 beliau adalah

Sebagai kepala Lembaga Pengembangan Universitas sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta yang ketiga adalah Ibu Dokter Yuli prihatin mpd beliau adalah kepala lembaga penjaminan mutu Universitas sarjanawiyata Tamansiswa dan juga moderator yang selalu Smart yaitu beliaunya Drs sudartomo majelis umum baik menginjak acara selanjutnya adalah sambutan dari kepala Lembaga Pengembangan website sekaligus membuka

Acara pada malam hari ini Monggo Prof Doktor Sutisna Wibawa waktu dan tempat sayap silahkan Monggo Bro nilai rohmani Rohim asu Halo semua alaikum warohmatullohi wabarokatuh Waalaikumsalam Waalaikumsalam Gatra untuk kita semua salam dan bahagia dalam yang terhormat Bapak Rektor para Wakil Rektor para pimpinan di lingkungan website yang kami hormati ya

Teristimewa Pak Muhtadin yang berkenan hadir malam hari ini Bersama kita narasumber berikutnya Ibu Yuli Terima kasih ya seluruh dosen suruh hati-hati mahasiswa Dewantara muda yang penuh semangat yang saya banggakan alhamdulillahirobbilalamin akhirnya kita bisa menyelenggarakan studium general yang ditujukan untuk para mahasiswa yang tujuannya untuk pengembangan wawasan di bidang pengembangan kebudayaan dan

Implementasinya di kampus malam hari Iya ini adalah edisi perdana goreng untuk mahasiswa dan kami berharap nanti diikuti serta berikutnya tahap pertama kita mengangkat tema kebhinekaan karena akhir-akhir ini kadang-kadang untuk ke menghukumnya mentashihkan ke kebhinekaan ya di masyarakat terutama ya hah ini ha kita lihat ada penurunan sehingga kita perlu untuk menggalakkan

Terutama dikalangan wst ini sebagai bagian dari warga masyarakat warga negara dan tentu sebagai civitas akademika wst sehingga kita berharap hidup di-like Indonesia dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika dengan keberagaman berbagai hal agama budaya dan pernik-pernik yang ada di di seluruh Indonesia ini menjadi bagian dari hal keagamaan yang saya kira harus kita

Tunaikan hingga dengan keragaman itu ya maka akan ada akan diwujudkan hal kekayaan budaya ya di negara kita dan ini adalah bagian dari bagaimana kita bernegara untuk menghargai satu dengan yang lain dan khususnya di kampus tentu yang selama ini sudah kondusif hati laksanakan ini terus kita pupuk kita kembangkan dan

Menjadi roh ketika kita berada di masyarakat ya sebagai warga negara tidak banyak yang saya sampaikan hal lagi Terima kasih semuanya atas penyelenggaraan kegiatan malam hari ini dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohim atas izin Bapak Ibu dan ada di udah maka setiap generale edisi pertama hal malam hari ini Senin 28 Mar 2012 saya nyatakan dibuka

Terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam matur nuwun terima kasih kepada doktrin yang sudah membuka acara pada malam hari ini selanjutnya waktu sepenuhnya saya serahkan kepada Pak sudartomo Monggo Pak Tomo silahkan bisa ditempel ya terima kasih Bali Ayu sudah menyampaikan waktu dan mempercayakan untuk memandu kegiatan ini yang terhormat Bapak Rektor

Bapak para Wakil Rektor para dekan dan para kepala lembaga di lingkungan hidup sarjanawiyata Tamansiswa serta para mahasiswa yang akhir-akhir dan tentu saja para narasumber kita pada malam hari ini Bapak dokter Ustad in pro Sutrisno Wibowo kemudian juga Ibu Dokter you like lihat nih pada malam hari ini kita akan bersama-sama dengan mahasiswanya jadi

Untuk memberikan bekal secara lebih khusus ya jadi karena ini terkesan dengan adanya Bhinneka Bhinneka Anda ini menjadi tadi sudah disampaikan oleh proses 00 karena itu pada malam hari ini pembekalan dan semoga ini menjadi memperluas Cakrawala pemahaman dan penghayatan serta implementasi Bagaimana di lingkungan pekerjaan dan kebetulan pada malam hari

Ini dua narasumber kita itu alumni dari Universitas sarjanawiyata Tamansiswa Bapak batin dan juga Bu Yuli priatni ini produk asli Universitas sarjanawiyata Tamansiswa Hai hey Eh waktu selanjutnya ini nanti paparan akan disampaikan oleh masing-masing Narasumber itu selama 20 menit kemudian nanti sesudah presentasi yang pertama akan ada apa testimoni dari mahasiswa yang

Sudah melaksanakan kuliah kerja nyata dan bagaimana mengimplementasikan kebhinekaan semangat bhinekaan itu pada saat hidup bersama di masyarakat demikian juga dengan kelompok yang dalam ke kuliah kerjaan aja itu kan Abah lintas program studi dan juga obat mahasiswanya itu juga lintas wilayah lintas yang memiliki latar belakang budaya yang beragam Oleh karena itu

Nanti pada Presentasi pertama akan disampaikan oleh Bapak dokter mustaqim tak kalah sarjana psikologi Magistro sign in Netherland jabatannya luar biasa yang jadi Kabag hukum dan sesindo sisinfo Deputi bidang pengembangan kemenpora kemudian juga masih setia pada dunia pendidikan sebagai Dekan Fakultas Psikologi Universitas Azzahra Jakarta juga tidak lupa pada akar dan asal

Mulanya yang masih menjadi sekretaris umum PBB kbps luar biasa maka marilah kita simak paparan dari ke Apa Bapak ustad ini ya Dan kepada semua mahasiswa terutama ya yang di semak-semak tumbuh tinggi pohon cemara Mari kita menyimak bersama para narasumber kita kesempatan pertama kami serahkan kepada bapak Doktor H UST kita kalah sarjana psikologi

Magister sayap-sayap silahkan Pak Bos tadi naik terima kasih Pak sudartomo salam dan bahagia salam-salam Terimakasih atas waktu yang diberikan kepada kami untuk bersua dengan sekitas akademika Universitas sarjanawiyata Tamansiswa yang saya tentu hormati muliakan para pimpinan perguruan tinggi Para dosen-dosen saya senior saya temen-temen kolega dan mahasiswa sekalian masih ada

Kurang tadi Pak sudartomo saya masih dosen di Prodi psikologi USB Pak hehehe luar biasa ya FB saya masih ngajar di USB kalau dihitung mungkin oval nya sudah empat tahun saya mengajak di WC jadi Terus selama masih diberikan mata kuliah saya ngajar bab di WC tidak pernah tahu juga gajinya berapa

Tapi yang penting saya merasa akarnya tidak dicabut itu tetap memijak kampus yang tempat saya lahir jadi sejak 2017 1819 R17 1890 Saya sudah ke Jakarta tahun-tahun terakhir saya ajar lagi Alhamdulillah situasi pandemi ternyata memberikan peluang baru kepada saya untuk menginjakkan kaki lagi dengan kuliah online tapi kalau sudah

Full offline kemungkinan akan Brick lagi untuk untuk sementara waktu ini dosen saya banyak saya banyak Pak Yakob ini ada Pak Yakob disini selamat malam atau pagi pak ya topinya Kita pernah melanglang buana melintasi Sumatera betul berkendara mobil karena sebagai activitynya 8 kurangnya satu mobil dengan mobil putih sudah betul-betul karena kita waktu itu

Mendirikan ya perkumpulan apa Ikatan Mahasiswa taman siswa se-indonesia yang masuk ke Taman Siswa se-indonesia tapi setelah itu setahun dua tahun Saya tinggal juga ternyata juga tidak tumbuh Mekar ya ya jarak dan seterusnya mudah-mudahan ada generasi selanjutnya yang mau meneruskan lagi karena sangat penting sekali di masa seperti ini kolaborasi menjadi

Sangat penting ya jejaring menjadi kata kunci untuk menghadapi situasi yang terus berkembang nah mudah-mudahan eh di atas bimbingan Pak Yakob pasti mudah-mudahan ini bisa tumbuh kembali karena kita sudah pernah mulai dulu Dian enggak papa saya singgung sehingga nomor nostalgia juga ya ya bye Tris sebenarnya juga tidak asing bagi saya tapi mungkin

Beli agak-agak lupa itu sejak waktu sekretaris Dirjen dulu saya pernah bertiga dengan pak menteri waktu itu dalam satu ruangan Ketika saya menjadi ketua Himpunan Mahasiswa pasca sarjana indonesia Oh iya iya iya masih pasirloa ini saya mau tutup kamera Saya mau tutup kamera saya pak ini sengaja foto ini

Foto saya pas pidato depan depan Pak Tris waktu itu di UNJ Ya saya senang sekali ketemu lagi dengan Patris begitu dengar Pak Tris ada di westwind udah bener ini udah bener dan mudah-mudahan mendapatkan a ah ruang yang cukup untuk mengembangkan Universitas sarjanawiyata Tamansiswa karena saya kenal Betul Pak Tris tidak

Hanya mumpuni di bidang akademik tapi juga punya jejaring networking yang sangat luas dibuktikan pernah menjadi pejabat di Kementerian Pendidikan Adik tidur waktu itu Zaman itu mendetek Dikti jaman itu terima kasih kepada dosen para dosen yang sudah mengundang Oke saya juga memang hanya ingin bincang ringan sebenarnya karena tidak paralel paralel

Makanya ini Pak Tris semakin online ternyata semakin tumburan sehari itu bisa sampai 7 eh meeting webinar dan seterusnya yang harus kita hadiri tapi kita syukuri ini ini sebuah momentum ditengah situasi sulit ternyata selalu saja ada titik terang kita mengambil hikmah mengambil kebaikan dari situasi pandemi yang kita

Ke kau hadapi mungkin kalau enggak ada covert kita tidak akrab dengan meeting seperti ini dan kita tidak berjumpa malam hari ini tentu ada juga yang sudah diambil oleh covert tapi ternyata ada yang diberikan oleh Taufiq kepada kehidupan kemanusiaan dan kehidupan manusia ini selalu kita syukuri ditengah musibah selalu ada kebaikan tersimpan

Disana untuk kemajuan kehidupan kemanusiaan mudah-mudahan momentum ini tidak lewat begitu saja oleh Universitas sarjanawiyata Tamansiswa mampu menghadirkan banyak dosen-dosen tidak hanya diri dari dalam negeri dari luar negeri tanpa harus membeli tiket menghadirkan ke Profesor guru besar dari kampus-kampus ternama dunia tanpa harus membeli tiket ini sebab Luhan sehingga mahasiswa kita

Mendapatkan spektrum pengetahuan yang semakin luas mungkin agak berbeda saat kami Dulu kuliah di sarjanawiyata Tamansiswa tapi yang kami syukuri saat di sarjanawiyata kami didoktrin sebagai satu kesatuan walaupun kami berbeda-beda seperti tema malam ini malam hari ini kita berbeda-beda suku bangsa dan seterusnya tapi kita satu dibawah Panji Tamansiswa dan

Organisasi kemahasiswaan saat itu tumbuh sangat subur sehingga kami bisa bertumbuh berjejaring sehingga sampai hari ini kami berkarir pun menggunakan Milestone Milestone jejaring organisasi sampai pernah memimpin organisasi level nasional yang cukup sangat besar yang sangat besar saat itu ya karena bekal dari kuliah dan berorganisasi saat merasa berada di taman siswa atau

Sarjanawiyata Tamansiswa nah baik Bapak Ibu sekalian yang saya hormati karena ini forum akademik Izinkan saya sedikit agak teoritik beberapa waktu nanti saya izin di sebenarnya pantai Kegiatan saya tapi saya minta tadi agak telat 10-15 menit untuk bergabung di kegiatan yang sudah direncanakan hari baik ah nanti akan saya beri Riskan dengan

Bagian yang saya kerjakan sehari-hari yang saya konsernya di situ saya bicara nanti mungkin terkait dengan eh konsen di kebudayaan mungkin nanti biar narasumber yang lain atau dalam diskusi Nanti saling berbagi Bagaimana menghidupkan kebhinekaan dan menumbuh tumbuhkembangkan kebudayaan itu sendiri nah Izinkan saya berbicara dalam bingkai partisipasi pemuda dalam merawat kebhinekaan karena Kebetulan saya

Didebut ipengembangan pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia eh tadi sudah diperkenalkan Bapak Ibu sekalian kalau sempat ke Jakarta dengan senang hati di lantai 8 Jalan gerbang Pemuda Senayan silahkan mampir sekitar Hai Bisa berdiskusi banyak terkait Apa yang bisa dilakukan bersama termasuk LPM saya pikir apa yang bisa kita kerjakan bersama dengan Kementerian

Pemuda dan Olahraga Monggo saja silahkan ini undang-undang yang kami pegang di Kementerian Pemuda Olahraga undang-undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang kepemudaan batas ke Pemuda usia pemuda itu diberi ruang 16-30 tahun kalau kita melihat persebarannya maka para pemuda itu tersebar dari Taman Madya kelas 2 Kelas 3 kemudian ke sarjanawiyata

S2 dan S3 nah kurang lebih perhitungannya begitu kalau terus kuliah saya ingat dulu ketika saya kuliah lulus di Universitas Gadjah Mada di tahun 2013 itu pas di usia saya 30 tahun Hai Papa usia ini mungkin sudah dipertimbangkan memperhitungkannya bahwa usia kelulusan mahasiswa doktoral itulah usia kepemudaan kalau terus sekolah saya

Dulu kebetulan terus miliar setelah lulus sarjana itu Tamansiswa kemudian mengambil S2 di Gajah Mada tetap tidak ada Jedah Jedah beberapa bulan kemudian lanjut S3 lagi ternyata bisa mencapai di umur yang 30 inilah ini ini batasan usia Maka kalau kita sering mendengar ada banyak organisasi kepemudaan yang usianya 50 tahun ada bahkan yang 60

Tahun yaitu namanya organisasi pemuda tapi dia tidak diketegorikan oleh negara sebagai Pemuda nah ini jumlah eh Papa penduduk Indonesia saat ini kurang lebih 277 puluhan juta 275 mendekati juta populasi penduduk Indonesia saat ini dan presentasi presentasi itu cukup besar didominasi oleh para muda itu kurang lebih 64-65 juta atau kurang lebih

24-25 persen dari total populasi ini tentu jumlah yang sangat besar ketika ini menjadi lokomotif pembangunan kebhinekaan di Indonesia menjadi admin akan menjadi faktor determinan utama di dalam menggerakkan kebhinekaan dan merawat kebersamaan kita sebagai bangsa yang majemuk jika pemuda dengan jumlah 25% ini mengalami Apa sikap disintegrasi atau sikap

Permusuhan antara satu dengan yang lain dengan orang-orang yang berbeda maka bisa dipastikan negara kita tidak bisa hidup Harmoni dikarenakan jumlahnya memang cukup sangat cukup besar dan para pemuda ini rentang sekali dengan berbagai macam terpaan isu terpaan eh Apa pengaruh nanti saya akan tunjukan gimana kehidupan para pemuda itu dipengaruhi

Oleh berbagai macam setting tidak hanya setting lokal nasional bahkan setting Global yang terus mengemuka di tengah-tengah kehidupan dan interaksi para pemuda tersebut dan yang cukup mencengangkan data terakhir itu adalah total pemilih di pemilihan presiden kemudian Pemilihan DPR RI legislatif eksekutif di pemilu terakhir itu itu ternyata ada sekitar hampir 60%

Populasi pemilih kita itu adalah pemilih pemuda atau pemilih mellineal atau biasa disebut dengan pemilih pemula Jadi hampir 60% pemilih bisa dilacak di data KPU itu disajikan betul Bagaimana sebenarnya wajah perpolitikan bangsa kita saat ini ditentukan oleh pilih kadar para pemuda dalam bilik-bilik suara atau dalam politik elektoral di periode sebelumnya tentunya tahun 2024

Ini akan lebih nyata lagi lebih jelas lagi peran para pemuda di dalam menentukan wajah perpolitikan bangsa Indonesia saat ini Nah maka maju sebagai sebuah kesimpulan yang sementara bahwa maju tidaknya kehidupan berbangsa dan bernegara kita yang dimana negara kita banyak sekali semua hampir semua unsurnya ditentukan oleh keputusan-keputusan politik itu

Ditangan para pemuda kita nah ini menjadi segmen yang cukup serius apalagi di perguruan tinggi itu Kita tahu bersama Bagaimana hampir eh apa jumlah pemuda yang mengenyam pendidikan itu bertumpu bertumpuk atau berkumpul di perguruan tinggi jadi rentang Pemuda inilah banyak berada di perguruan tinggi bagi yang mengenyam pendidikan tentu masih ada juga yang

Pemuda yang tidak bersekolah bahkan buta huruf data terakhir misalnya kita peroleh bahwa masih ada satu persen total dari 65000000 itu yang tidak melek baca tulis ini kan tentu sangat memprihatinkan di tengah kehidupan sosial kemasyarakatan perkembangan teknologi sangat canggih tetapi masih ada saja Pemuda kita yang tidak bisa membaca dan menulis walaupun toffler itu

Seorang futurolog bilang persoalan kita sekarang ini bukan persoalan menulis membaca ya tapi persoalan realer online ide tapi ternyata juga di Indonesia persoalan tidak bisa menulis membaca itu masih saja menjadi persoalan masih ada satu persen pemuda di Indonesia yang tidak belum bisa membaca data terakhir dari BPS Oke Baik Bapak Ibu sekalian yang

Saya muliakan dan para mahasiswa sekali Hai Sagita lihat karakteristik milenial nanti kita hubungkan Bagaimana ancaman kebhinekaan itu berada di tangan para pemuda kita yang pertama adalah melek teknologi bagi usia seperti saya ini yang angkatan kuliahnya 2021 2001 Lahirnya tahun 1982 kami ini adalah pendatang dalam teknologi digital kami pendatang dalam dunia digital

Tetapi para pemuda yang lu lahir di pasca atau milenial yang lahir pasca tahun 2005 Reka inilah adalah netizen e-digital mereka adalah penduduk asli dari kehidupan digital mereka memang lahir dalam situasi digitalisasi maka mereka sangat dekat dan sangat aware terhadap hal-hal yang berbau digital nah tentu banyak dampak secara positif dan negatif

Yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi ini terutama hal yang positif menurut hemat saya adalah stratifikasi jenjang pengetahuan yang tidak lagi mengalami disparitas yang tinggi antara misalnya mahasiswa S1 S2 dan S3 yang dulu Kelihatan sekali penjenjangan pengetahuannya Tapi saat ini sudah flatting sudah hampir tidak bisa dibendung lagi pengetahuan para mahasiswa S1 untuk tidak mengakses

Pengetahuan S2 dan S3 saya ingat betul tahun 2008 ketika pertama masuk di Universitas Gadjah Mada sebagai mahasiswa doktoral itu kami belajar namanya do teori sistem dan model kemudian kita Mengembangkan metode riset namanya meta-analisis kalau yang kuantitatif kalau di kualitatif itu Meta etnografi nah Menurut saya itu kayak

Ilmu yang bagi anak S1 itu bilangi itu apa gitu Meta Meta teori itu apa bagi-bagi dulu anake satu tapi saat ini anak S1 dengan gampangnya bisa mengakses berbagai macam informasi pembelajaran media pembelajaran bahkan tutorial Bagaimana cara menyusun meta-analisis di internet banyak sekali di YouTube banyak sekali maka kita tidak

Heran karya-karya para pemuda kita atau Mas Apa karakter apa generasi milenial kita saat ini kadang-kadang mencengangkan kita tapi sebenarnya kita tidak boleh tercengang karena memang stratifikasi pengetahuan itu tidak lagi ditentukan oleh jenjang akademik dikarenakan sleting informasi itu semua akses informasi dibuka perpustakaan sudah digital Semua orang bisa membaca bahkan

Hari ini kita bisa seminar webinar disini setelah ini nanti kita bisa mengikuti kuliah umum yang dilaksanakan di Oxford University misalnya atau di berbagai negara yang masih melaksanakan kuliah atau yang sudah di live kemarin kita bisa tonton kita bisa lihat nah coba pertumbuhan pengetahuan para pemuda kita itu cukup sangat akseleratif ban

Dan bahkan bisa disebut eksponensial er mereka sangat eksponensial di dalam mengembangkan pengetahuannya maka tidak heran secara ekonomi lompatan ekonomi para generasi muda kita sekarang ini juga cukup cukup mencengangkan tidak lagi dilihat umurnya baru 20 tahun tapi sudah memiliki prestasi yang luar biasa memiliki karya yang luar biasa dan memiliki penghasilan yang melampaui

Pikiran kita mungkin pikiran saya yang lahir tahun 1980 and bagi tahun mereka yang lahir 1190 antar dan 2000an penghasilan penghasilan yang didapatkan dari teknologi digital itu adalah hal yang lumrah saja mereka sudah bicara Bitcoin bicara apa berbagai apa fine teh bicara Hai mph produk-produk keuangan digital yang

Mungkin bagi saya generasi saya itu Ini apaan ini ini apa sih sebenarnya yang sedang dibincangkan para millenials itu nah nah ternyata stratifikasi stratifikasi ada dua stratifikasi yang saya sebutkan tadi stratifikasi pengetahuan dan stratifikasi ekonomi itu ternyata menjadi flatting ketika teknologi terus berkembang yang kemudian adalah bergantung pada mesin pencari

Learning by doing tertarik pada multimedia dan membuat konten internet di tentu ini sangat beririsan satu dengan yang lain Bagaimana sekarang misalnya teknologi itu sangat memudahkan kita semua untuk melakukan pekerjaan bahkan pernah ada guru besar di kampus kami dulu itu mengatakan Mini Seandainya saya S3 di masa kalian ini mungkin saya bisa Doctor

Berulang-ulang gitu saking mudahnya kita mengakses teknologi dan pengetahuan dan menggunakan pendekatan teknologi itu nah eh kita lihat bersama konsen ini ternyata tidak ada kegiatan sosial kebudayaan yang masuk di sini secara spesifik ya tidak ada persoalan kebudayaan secara spesifik kegiatan yang paling menarik minat tipe hasil searches itu walaupun misalnya musik

Kita masukkan dalam produk kebudayaan tapi secara spesifik hansip kebudayaan itu ternyata tidak muncul menjadi ketertarikan para pemuda kita kita lihat usia milenial dan non militer di atas 30 tahun olahraga mil ini lebih tertarik kemudian ada musik nonton film memasak beragama minta permainan teknologi baru aktif media sosial membaca membahas isu

Sosial dan politik dan strusnya nah ternyata isu sosial politik ini juga sangat rendah berbanding terbalik dengan yang data yang saya Sebutkan dari KPU tadi bahwa pemudalah yang menentukan masa depan perpolitikan wajah perpolitikan kita tetapi ternyata townsend ia untuk membincangkan dan memahami isu sosial politik itu juga sangat sangat rendah sekali itu hampir

Hanya 2,3 persen ini tentu menjadi pisang menjadi persoalan di mana Pemuda kita harapkan menjadi subjek politik Ternyata kalau tingkat literasi politiknya sangat rendah bisa lagi-lagi kembali kepada apa situasi-situasi masa lalu hanya selalu menjadi subjek objek politik ya objek lahan suara kalau seandainya literasi Pengetahuan Sosial politiknya itu sangat rendah ini data

Sekira Pengguna internet yang sedang kita nanti saya share informasi dan ini juga sebenarnya bisa diakses di hasil Apa rilisnya hot-site itu nah ini ini juga menjadi satu persoalan yang dihadapi dalam konteks apa kehidupan kebhinekaan kita dimana hoax ini mendominasi apa bukan mendominasi tapi menjadi Hai arus dominan yang seringkali

Eh mendesain mentasi cara berpikir para pemuda kita dan bahkan masyarakat kita di dalam menyikapi berbagai persoalan kita lihat misalnya konten yang paling banyak berita hoax yaitu terkait dengan politik kemudian agamana kalau sudah politik dan agama ini dicemari oleh isu-isu hoax dan disinformasi tentu akan menimbulkan gesekan-gesekan dan percikkan di tengah keharmonisan

Harmonisasi yang terus kita bangun bersama nama kini menjadi PR dan tentu musuh kita bersama bagaimana kita meredam dan membangun kesadaran dan literasi para mahasiswa Kita dimana mereka harus betul-betul tahu yang mana sebenarnya konten-konten yang berpotensi menimbulkan perpecahan dan Seterusnya saya agak percepat karena sedang enggak berhenti wa dari sebelah

Pohon Bapak terus pasti juga tinggal habis segera ketika di Kementerian itu kayaknya gimana ya waktu itu Eh kayak diambil alih oleh negara ya Pak Tris Halo ingat diare kurang lebih 10 tahun saya jadi dosen ya menikmati mengatur jadwal kuliah tapi begitu masuk di birokrasi kok kayaknya waktu itu

Bukan kita yang punya gitu Tante kita yang diatur oleh waktu baik ini saya percepat saja ini saluran distribusi media sosial nah ini yang ingin saya sampaikan juga menjadi titik penting yang harus kita perhatikan betul ada sebelas persen pelajar mahasiswa yang mendukung ISIS ya nah saya sering mengingatkan mahasiswa Apa hubungan

Indonesia sama Ais gitu jauh sekali itu tapi kok banyak juga pendukungnya itu ada 39 persen mahasiswa di 15 + pleci terindikasi tertarik paham radikalisme kemudian ada 59 persen pelaku teroris berusia 18-30 tahun ada tujuh delapan persen pelajar mesum ikuti akun berpotensi radikal nah saya pernah diprotes begini ini kok kayaknya

Nampaknya contohnya itu menjurus pada satu agama tertentu sebut saja agama Islam saya bilang data ini dihasilkan dari hasil penelitian di Indonesia yang jumlah populasinya mayoritas masyarakat Islam tentu berbeda kalau risetnya dilaksanakan di negara atau ditempat yang mayoritas misalnya beragama Katolik Protestan dan seterusnya tentu berbeda data yang dihasilkan tapi ini dihasilkan

Didata yang dihasilkan di Indonesia tidak ada tendensi untuk mendiskreditkan satu kelompok keagamaan tertentu tetapi ini persoalan kita semua ya bagaimana kemudian kita membantu membendung pemahaman moderasi para generasi muda kita ini sehingga mereka bener-bener mau hidup berdampingan dan saling mencintai walaupun berbeda-beda Hai tidak kalah menjadi persoalan adalah pengangguran pengangguran ini memang

Beberapa hasil riset juga menghubungkan antara aktivitas Apa terorism itu dengan persoalan ekonomi nah ini juga persoalan yang harus kita hadapi sekira diprotes dulu juga sangat sering juga bicara mengenai link and match a-apa rapper pengembangan pendidikan di dalam perguruan tinggi dengan dunia kerja saya kira ini juga menjadi PR kita

Bersama tentu masih banyak hal yang harus kita bincangkan tapi Sekali lagi saya harus memohon maaf yang sebesar-besarnya saya pengen mungkin nanti ada bawah tuh dan kita bisa berdiskusi lebih panjang lagi sehingga banyak hal-hal yang bisa kita explore dan Tentu saya sangat terbuka rohkris dan Bapak Ibu sempak Yakob Saya sangat

Terbuka edit tim jika ada diskusi gini kedepan yang ingin dilaksanakan baik online maupun offline Insyaallah terbuka untuk kita bincangkan jadwalnya sehingga bisa mendapatkan ruang-ruang untuk berbincang satu dengan yang lebih eksploratif saya mohon maaf sekali lagi Prostreet karena udah nggak berhenti HPnya berbunyi untuk memandu rapat di sebelah Mohon maaf

Terima kasih banyak sekali lagi ya tarsin eh waktu dan ruangnya Tentu saya sangat senang sekali malam hari ini protes tapi karena waktu yang tidak bisa berlama-lama di forum ini Terima kasih sekali lagi saya tidak bisa mengikuti tanya jawab betul-betul rapat di sebelah menunggu saya Rezeki itu saya tidak

Hadir bisa enggak jalan rapatnya Saya minta maaf sekali lagi kasih Bapak Ibu sekalian salam dan bahagia kalau solar kit sessions khas mustadim deh Bu eh es masih lagi ya Bro buat ibu Ati lokasi Desa mualaikum Mari Ageng salah Waalaikumsalam Baik terima kasih Pak ustaz in yang sudah menyampaikan paparan

Meskipun apa dikejar waktu terpisah kira ada beberapa poin yang bisa kita kembangkan jadi Bagaimana merawat lebih nikahan itu dari perspektif kepemudaan dan tadi dikemukakan bahwa ada cukup banyak populasi pemuda yang menjadi penentu apa pengembangan Ke pekep semangat kebhinekaan itu di Republik kita tercinta ini mungkin nanti kalau ada bertanya-tanya sebenarnya bisa

Disampaikan melalui kolom chat dan nanti akan bisa kita sampaikan kepada Pak muscadine dapat respon secara tertulis baik bagus selanjutnya nah ini Jadi kemarin mendapat informasi dari Bu Ati sebagai kepala LP lp2m jahe sebagai v2m Jadi bagaimana implementasi kebhinekaan itu di WC Nah itu terutama tampak pada kegiatan KKN

Ada karena dalam kegiatan KKN itu mereka begitu bersama dengan masyarakat dan juga bersama teman kelompok secara lintas program studi lintas fakultas dan juga tentu saja lintas asal yang memiliki latar belakang budaya masing-masing nah Oleh karena itu pada kesempatan ini akan hadir Mas Febri menjadi Selamat malam

Kawan malam Pak ya ya ini Mas lebih dari program studi PGSD Hai juga ya beliau sudah dia sudah mengikuti KKN dan bagaimana mempraktekkan semangat kebhinekaan itu di WC kemudian juga bagaimana ketika itu dipraktekkan di saat KKN kita saya persiapkan Pak Mas Febri untuk memberikan pengalamannya selama kurang lebih lima menit sampai silakan

Istri Makasih Pak menunggu waktunya Sebelumnya assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh selamat malam salam dan bahagia dalam merangkum dalam lari itu Waalaikumsalam warahmatullah ya Perkenalkan nama saya Febri Mama saya mahasiswa Universitas sarjanawiyata Tamansiswa saya anggota kelompok KKN Padepokan 0440 Rancah sriharjo Imogiri Bantul Izinkan saya sampai khasiat serangga mahasiswa di lingkungan kampus dan saat

Kegiatan KKN kelompok saya terdiri dari tujuh orang anggota dua anggota berasal dari luar pulau Jawa pada awal masa KKM kami mengalami kesulitan berkomunikasi dikarenakan kami masih merasa canggung dan belum memahami satu sama lain sehingga membuat kami kesulitan beradaptasi dengan perasaan seperti itu membuat kami frustasi seakan-akan ingin pindah kelompok KKN tetapi

Mau pindah kelompok KKN sekalipun masalah the pasti akan tetap ada karena permasalahannya bukan pada kelompok tetapi pada diri kami sendiri untuk saja Bapak kain selaku ketua pelaksana KKN senantiasa Mengingatkan untuk setiap mahasiswa Bu berkomunikasi beradaptasi dan saling menghargai keberagaman Salah satu program percaya Kami adalah mengenalkan dan menggunakan istilah Jawa

Yang di mana istilah jauh sudah sangat jarang digunakan semisal Monggo nuwun Sewu dan kulonuwun itu kami kenalkan kepada anak-anak dan remaja di Sakti itu sering rancak tak lupa teman kami pun juga Kamu kenal kan dengan istilah-istilah Jawa ketika di kampus pun begitu banyak dari teman-teman kamu yang saling belajar

Daerah lain contohnya bahasa selain itu juga mengenalkan masakan khas daerah masing-masing sehingga ciri khas mereka tetap akan ada tak disangka kami melaksanakan ajaran Tamansiswa yaitu menghargai nge-rap Man yaitu merangkul teman-teman dari daerah lain pada ajaran Tamansiswa pendidikan menjadi alat untuk mewujudkan cita-cita Tamansiswa yaitu memanusiakan manusia budi pekerti luhur bangsa dan

Cita-cita kemerdekaan bangsa Indonesia berdasarkan Pancasila dan undang-undang Dasar 1945 para dosen Universitas sarjanawiyata pun juga begitu mereka mengajarkan para mahasiswanya berlandaskan budaya Indonesia yang menjunjung tinggi persatuan dan kebhinekaan ajaran itu layak diteladani oleh lembaga pendidikan di Indonesia agar sikap menghargai kebhinekaan tumbuh pada diri peserta didik prinsip lain tentang mahasiswa yang

Patut dicontoh sekolah lain adalah Hai mengutamakan pendidikan karakter sehingga proses pendidikan di Tamansiswa tidak mengutamakan aspek intelektual semata mungkin itu yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya mohon maaf wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh Salam mesraku betul salam Thailand terima kasih Mas Imam yang sudah menyampaikan Bagaimana pengalaman hidup dilingkungan Tamansiswa demikian juga berpengalaman mempraktekkan

Semangat kebhinekaan yang diinternalisasikan oleh Tamansiswa di masyarakatnya jadi tadi saya kira memang itu menjadi prinsip-prinsip hidup secara universal jadi misalnya beradaptasi dan ya bahasa yaitu Saya kira untuk merepresentasikan kesantunan kemudian juga yang tidak kalah penting Iya sini pengalaman saya sebagai penelitian ya Jalan penelitian kadang-kadang saya sampai di Bali

Kemudian diberi itu sampai di daerah pinggiran itu pelosok yang luar biasa Nah harus juga beradaptasi dengan makanan lele kadang-kadang juga mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan makanan tetapi prinsip bahwa ya jadi seperti saudara-saudara yang dari Minang yang di mana Bumi diinjak disitu langit dijunjung Nah ini saya kira tadi sudah

Dipraktekkan oleh Mas Imam dan bra teman-temannya dalam satu tim kelompok KKN baik itu yang sudah dipraktekkan oleh semaksimal Terima kasih mas-mas baby Imam semoga ini menjadi apa bekal pengalaman juga yang nanti bisa ditebak dan oleh adik-adik kelas yang hadir didalam forum kuliah umum ini Jadi bagaimana beradaptasi dengan lingkungan bagaimana

Juga beradaptasi dengan teman satu kelompok bukan hanya beradaptasi dalam berkomunikasi tetapi juga dengan kebiasaan termasuk bahasa dan makanan mungkin juga ada seni tradisi yang dikembangkan atau yang dimiliki oleh masing-masing anggota the yang berasal dari berbagai macam latar belakang budaya Baik terima kasih waktu Selanjutnya kami serahkan pada browser

Trisno Wibowo nah beliau ini dari apa sebagai kepala Lembaga Pengembangan terbesar dalam nyata dan segera pengalaman beliau sebagai jadi tidak hanya di kampus lebih juga pernah menjabat di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan jadi saya kira memiliki wawasan yang sangat luas Bagaimana memelihara dan mengembangkan kebhinekaan Hai itu di secara universal khususnya di

Indonesia terima kasih waktu Selanjutnya kami serahkan kepada Profesor Doktor sukrisno Wibowo mp3hey terima kasih assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh salam dan Waalaikumsalam tasnya seluruh Bapak Ibu pimpinan yang saya hormati para dosen yang sempat mengikuti acara malam hari ini hati-hati mahasiswa Dewantara muda yang saya banggakan tema yang diambil malam ini adalah

Bagaimana membangun kebhinekaan pa mustadin tadi sudah menyampaikan bagaimana hal lingkungan kemenpora dan pengalaman-pengalaman beliau Ya saya memang pernah Mesut Endi Kementerian dengan wow statin ya Dan saya kira sangat baik apa ya hai hai menjadi best praktis spam Ustad dan malam hari ini disampaikan kepada kita hanya akan memberikan

Wawasan pada kita semua aspek dari Demak sih tadi ternyata keragaman itu luar biasa dengan bahasa ada bahasa Jawa yang digunakan khas disamping bahasa Indonesia tentu ya ini ternyata juga memberi warna hal keragaman ketika melaksanakan KKN ya Saya ingin menyampaikan beberapa hal membangun kebhinekaan perspektif budaya masih yang saya minta dibantu untuk halo

Halo mas yang dislike Mas ya Oh gitu ya Hai jadi membangun kebhinekaan berdasarkan ajaran Tamansiswa perspektif budaya hal Mari kita ikuti video berikut Kabupaten Ibu deply Pak Mas ya log in yo yo jihad Indonesia Hai Negeri bersahaja yang terjalin dari rp17.000 di KYT OK Google kok putus-putus di Indonesia Mas ya

Hai timbul gugusan kepulauan Hai membentang bagaikan untaian batu zamrud kondisi geografis Indonesia yang berada di kawasan Ring of Fire membentuk keunikan kontur pada setiap jengkal wilayahnya Yen Indonesia tanah air beta lautan lepas pegunungan nan gagah hingga hamparan sawah inilah Indonesia rumah bagi 1300 suku dan etnis dan membutuhkan lebih dari 700

Ragam bahasa semuanya terbingkai dalam keragaman budaya coba ngesah Pulau Sumatera Pulau paling barat di Indonesia memegang teguh budaya nenek moyang Bangsa Melayu Pulau Kalimantan menjadi tempat bernaung suku Dayak suku terbesar di Kalimantan Yo what’s Hai dihormati pulau Jawa sebagai pusat peradaban nusantara sejak abad ke-9 melahirkan aneka ragam budaya ia

Menyiratkan luhurnya budaya lebih berdiri [Musik] di Jakarta Hai sebagai ibukota negara menjadi titik lebur dari seluruh kebudayaan Hai di sini ya semua teknik saat nuansa akulturasi dan kekentalan budaya pun semakin terasa hai hai Pulau Bali pulau para Dewata telah tersohor dengan kearifan lokal masyarakat Hindu jam hidup selaras dengan keindahan panorama alam

Semakin bergerak ke timur kebudayaan di pulau Sulawesi kepulauan Maluku dan papua semakin eksotis Hai perjalanan sejarah yang panjang membawa Indonesia menjadi sebuah bangsa yang besar kejayaan di masa lampau membuat bangsa Indonesia terus berinovasi mempertahankan budaya bangsa Hai Bhinneka Tunggal Ika yang berbeda-beda namun tetap satu jua Hai semangat itulah yang selalu

Menyatukan keberagaman Indonesia Hai toleran City melahirkan rasa gotong royong cerminan budaya asli Indonesia Hai heboh Hai sebagai langkah pelestarian budaya peranan museum sangat penting sebagai media konservasi menjaga warisan budaya menjadi kewajiban seluruh lapisan masyarakat Indonesia agar tak lekang ditelan zaman [Musik] search saatnya dunia internasional mengakui kekayaan budaya Indonesia

Rumah budaya Indonesia hadir dibeberapa negara sahabat sebagai media perkenalkan budaya Indonesia ke Kancah dunia serta melalui keikutsertaannya dalam konvensi internasional Hai saatnya Indonesia menunjukkan kejayaan budayanya hai halo hai yg-life biruku mata loh Nuhun Aa Hai stopmotion slide berikutnya tapi Ibu kalau kita mengikuti video sejenak jadi tergambar pada kita semua bahwa

Bhinneka Tunggal Ika ini menekankan pada keragaman jadi jangan pada perbedaan tetapi pada Keraton dan keragaman adalah kekayaan Nah itulah catatan kita ya bagaimana membangun kebhinekaan yaitu dengan saling bertoleransi satu dengan yang lain kemudian mengembangkan keragaman itu sendiri dan tentu bagaimana kita dalam kehidupan sehari-hari tergambar dalam berbagai aktivitas baik di kampus maupun

Dimas terdekat dan keragaman didih tertunjuk pada Flight Indonesia dan tadi yang kita ikuti dengan faiha video singkat ha next sejenak akan saya lihat Bagaimana kebudayaan unsur universal budaya dalam sebuah kebudayaan terdapat unsur-unsur kebudayaan yang membentuk budaya dalam sebuah kelompok las pagar yaitu bahasa pengetahuan organisasi sosial peralatan hidup dan teknologi ekonomi religi dan

Kesenian to insure ini yang membentuk unsur universal sebuah budaya baik pada syukur teknik tertentu maupun juga sebuah negara ya inilah 7 unsur yang mengikat universal budaya next hakikat kebudayaan kebudayaan adalah keseluruhan sistem gagasan tindakan dan hasil karya dalam Anda kehidupan masyarakat yang dijadikan milik diri manusia untuk belajar dan

Kebudayaan itu terdiri dari tiga wujud pertama adalah sebagai satu kompleksitas dari ide gagasan nilai yang kedua adalah sebagai satu kompleksitas aktivitas serta tindakan yang berpola yang tiga adalah benda-benda hasil karya manusia dan nilai-nilai ini menjadi penting sebagai wujud budaya yang pertama yang tentu tema hari ini ha ha kebhinekaan itu dilihat dari ajaran

Tamansiswa artinya adalah nilai-nilai yang dipegang Teguh yang diimplementasikan dalam ajaran Tamansiswa terus nah gadget Dewantoro menyebutkan bahwa kultur atau kebudayaan ini adalah buah dari ke dan manusia sekali lagi keadaban manusia jadi Oleh karena itu sifatnya keluhuran Budi tadi Mas Happy briya menyebut pendidikan budi pekerti tergambar di sini maka buah-buah dari

Keseluruhan Budi itu dinamakan budaya perkataan kultur berasal dari bahasa latin colere kemudian server yang berarti mengusahakan yaitu mengusahakan untuk mendapatkan kemajuan hidup kebudayaan berarti segala apa yang berhubungan dengan budaya sedangkan budaya berasal dari perkataan Budi yang dengan singkat diartikan sebagai jiwa yang telah masak budaya atau kebudayaan artinya buah budi manusia dalam

Kebudayaan selain berarti buah Budi juga berarti memelihara dan memajukan jadi Kihajar memberi pesan pada kita bahwa buah Budi gaya sebagai skg eh apa eksistensi kebudayaan ini berarti memelihara dan memajukan dan selesai kira kewajiban kita terus jenis kebudayaan menurut Ki Hajar itu ada tiga kalau-kalau koentjaraningrat Baduy juga tiga ya yang pertama itu adalah

Nilai2 aktivitas lalu 3/4 nagih ajar menyebut jika itu adalah satu dalam pikiran segera ilmu pengetahuan pendidikan dan pengajaran 28 rasa segala sifat keindahan dalam kelurahan batin estetika etika yang didalamnya ada adat-istiadat hukum kesosialan keamanan dan dan sebagainya yang tiga adalah kemauan semua perbuatan misalnya usaha-usaha pertanian industri perkapalan bangunan-bangunan arsitektur dan

Lain-lain yang bisa kita kenal adalah dengan sektor rasa dan Karsa manusia ini yang dikesankan oleh Ki Hajar Dewantoro next nah bagaimana kebudayaan daerah dan Kebudayaan Nasional ini juga konsep Hajar Dewantoro kebudayaan nasional adalah segala puncak-puncak dari sari-sari kebudayaan daerah jadi tidaknya Jawa ya Ada Sunda Minang kemudian ada Batak ya di Sulawesi Selatan

Ada banyak juga budaya daerah yang berkembang di seluruh Indonesia baik yang lama maupun yang baru yang Berjiwa nasional perkembangan kebudayaan harus melalui jalan yang disebut sebagai tricon segera Ini sudah mendarah daging ya untuk kita kontinyu dengan apa yang telah ada diwaktu silang konvergen dengan jalannya kebudayaan-kebudayaan lainnya hadits ini berpindah Kak

Ini tuh kita buktikan konvergen dengan kebudayaan-kebudayaan lainnya nah disitulah Saya kira muncul kebhinekaan dan konsentris ya meskipun berbeda tetapi tetap harus menyatu atau dalam persatuan yang besar yaitu bersatu namun tetap mempunyai sifat-sifat kepribadian dan disinilah begini kan atau keragaman dibangun melalui hapusan pesan Ki Hajar Dewantoro next tebak sebagai mengandung pesan nilai

Bapak Ibu adek-adek mahasiswa kalau kita lihat slide ini ini ada berbagai ragam ya ada rumah Minang ya kemudian di Sulawesi Selatan Ini yang terkenal ya dengan kebudayaan di sana Lalu di Jawa d’gunungan kemudian di Jawa Barat itu ada ciptagelar itu tentang panen pace Nah semuanya Hai ini adalah artefak atau

Barang-barang yang mengandung nilai yang mengandung simbol memang salah satu budaya itu embutir senilai itu di diekspresikan melalui artefak jadi yang tepat itu menjadi kunci untuk pelestarian ya pelestarian sekaligus pengembangan karena nilai-nilai itu ada di dalam artefak itu X ini jiwa Jawa dalam kebudayaan Jawa bayangkan kalau ini kalau pola seperti

Ini ini mungkin bisa kita sebut sebagai kepribadian bangsa ya ini kalau taat seperti ini kalau tidak karena ada unsur-unsur simbol makna yang ada didalamnya tidak mungkin akan bisa dilalui para didalem itu luar biasa yang taat yang melaksanakan perintah kemudian Hai dia secara untuk ya itu bagaimana menghayati budaya Jawa dalam tugas-tugasnya next

Nah kebudayaan itu tidak tidak tetap ya Ki ajar juga sudah lama menyampaikan bahwa kebudayaan tidak pernah atau di tapi terus berganti wujudnya yang disebabkan diganti-ganti alam dan zaman kebudayaan yang dalam zaman lampu mengembangkan mengembangkan dan menguntungkan hidup boleh jadi zaman sekarang menyebarkan dan Sebaliknya banyak hal yang sekarang itu di mudah

Dengan perkembangan yang baru Itulah sebabnya harus senantiasa menyesuaikan kebudayaan kita dengan tuntutan alam dan zaman baru next nah pada zaman baru ini tantangan yang ada yang adalah munculnya zaman baru zaman yang telah mengubah sendi-sendi kehidupan masyarakat yang disebut sebagai era revolusi industri 4.0 dan Society atau masyarakat bpoint jeruk

Revolusi industri 4.0 dan masyarakat 5.0 tidak memiliki perbedaan yang signifikan revolusi industri 40 menggunakan kecerdasan buatan artificial intelegent sedangkan masyarakat 5.0 memfokuskan pada komponen manusianya atau cuman konsep revolusi yang dicetuskan dijebak lebih mendorong terhadap Peranan manusia dalam mengatasi paradigma kemajuan revolusi industri 4.0 dalam masyarakat 5.0 manusia dituntut untuk dapat lebih memiliki kemampuan

Memecahkan masalah yang kompleks berpikir kritis dan kreativitas inilah bapak ibu Ade mahasiswa ya kita hadapi masa ta dengan ke Hai kemajuan teknologi yang luar biasa yang dilihat apa ya dikembangkan melalui artifisial intelijen militer mengubah sendi-sendi kehidupan kita dan secara otomotis Ya otomatis ya sendi-sendi budaya itu mau tidak mau selain sebelumnya next

H Jaja Dewantoro pada abad 20 itu juga sudah mengemukakan konsep kebudayaan strategi hasil perjuangan manusia seperti zaman baru sebenarnya adalah zaman perjuangan yaitu perjuangan terhadap segala kekuatan alam yang mengelilinginya dan segala pengaruh zaman atau masyarakatnya yang keduanya alam dan zaman tidak pernah berhenti atau beku dan itulah yang menyebabkan terus

Berganti-ganti bentuk dan isi kebudayaan di dalam kehidupan usia next nah kita lihat sekarang tentang konsep kebhinekaan tentu tidak lepas dari lambang negara kita simbol negara kita adalah Bhinneka Tunggal Ika istilah bineka Tunggal Ika diambil dari kitab kakawin Sutasoma mpu Tantular yaitu binahi Tatum Ketika saya ulangi Vina

Kita Tunggal Ika Tan Hana Dharma mangrwa yang berarti Bina Ika itu adalah berbeda-beda kita itu-itu ya kemudian Tunggal Ika satu hidup nah saat itu gimana yg tak ada pengabdian yang mendua jadi keberagaman itu itu menyerbu saat pada kesatuan saat itu memang konteks Bhinneka Tunggal Ika itu lebih ditekankan pada keberagaman agama dan

Aliran kepercayaan penduduk Mojopahit dimana kebhinekaan sekarang kita Hai lebih luas jadi keragaman berbagai hal yang merupakan sifat-sifat Hakiki yaitu kemudian yang kita hadapi Bagaimana kita bisa hidup bersama bertoleransi mengembangkan bersama untuk kepentingan nasional next akhir-akhir Nah wst sebagai perguruan tinggi kebangsaan tentu penuh dengan berbagai keragaman yang ada di dalamnya

Mahasiswa tidak dibeda-bedakan dari seluruh pelosok Indonesia tidak melihat perbedaan sosial budaya tidak melihat perbedaan agama yang tidak melihat pada sirih masing-masing tetapi menyatu dalam keberagaman Ya gimana WC sebagai berperan ide kebangsaan WC sebagai bagian dari pernah dimana salah satunya adalah dasar kebangsaan yang mengandung arti adanya rasa satu bersama bangsa sendiri dalam

Suka dan duka dan dalam kehendak mencapai kebahagiaan hidup lahir dan batin seluruh bangsa sehingga nasional kepentingan bangsa tidak membedakan keragaman yang ada di dalamnya next nah pendidikan dan pengajaran ini untuk seluruh Indonesia jadi untuk nasional setelah merdeka dari penjajahan Tiga setengah abad lu adanya pembaruan dengan hidup dengan tetap memperhatikan

Kepentingan revolusi bangsa kita yang menuntut adanya kontinu dengan kehidupan yang silam konvergensi dengan hidup manusia lainnya sedunia dan konsentris dengan hidroponik berasal berarti kebhinekaan tidak saja kebinatangan nasional tapi juga kebhinekaan Global kebhinekaan dunia Jadi Genjer luar biasa konsepnya itu sudah mendunia tidaknya Indonesia kalau Bhinneka Tunggal Ika di Lembang kita dalam kepentingan nasional

Ya Nah Ki ajar menyebut tricon ini bagian dari warga dunia Jadi kebhinekaan secara global disentralkan disini adalah dengan hidup universal yakni bertitik pusat sahu namun masih tetap memiliki lingkaran hidup sendiri yang asli jadi keragamannya itu masih ada Ingatlah semboyan lambang negara kita Bhinneka Tunggal Ika terus lebih nah ini saya sebelum Bali karena

Pentingnya adalah konsep kebhinekaan Ki ajar ya ya kalau Trinitas konvergensi dan konsentris next rezeki next ya nah bagaimana nilai-nilai kebhinekaan harus kita wujudkan dan teratur kita implementasikan di kehidupan kita baik di kampus modern maupun di masyarakat pertama adalah mempertahankan budaya luhur lokalitas dan identitasnya jangan kita lupa dari budaya kita sendiri

Kemudian berpikiran terbuka dalam berinteraksi dengan budaya lain ya ini antarbudaya komunikasi budaya kemudian menumbuhkan rasa saling menghargai dan kemungkinan terbentuknya sikap positif yang tidak bertentangan dengan budaya luhur bangsa berikutnya mengenal dan menghargai budaya lain kemudian berkomunikasi interkultural dalam berinteraksi dengan sesama lalu bertanggungjawab terhadap pengalaman kebhinekaan ini bapak ibu

Saya kira konsep nilai kebhinekaan itu untuk bisa kita terapkan baik di kampus maupun di masyarakat next udah ini pesan Ki ajar bagaimana kita sebagai warga negara untuk memayu hayuning sariro memayu hayuning bongsor dan memayu hayuning Bawono apapun yang kita lakukan hanya memberikan manfaat bagi diri sendiri bangsa dan peradaban dunia dan ciri-ciri

Bhinekaan yang ada di dalamnya ini nih harus kita kembangkan dalam Rangga memayu hayuning sariroh memayu hayuning bongsor dan memayu hayuning Bawono sehingga menjadi lebih nakal nian Global demikian bapak-ibu sedikit yang bisa kami sampaikan dalam rangka membangun kebhinekaan kedepannya Terima kasih kurang lebihnya mohon maaf assalamualaikum warohmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warohmatullahi Wabarakatuh Assalamualaikum

Terima kasih Profesor Sutrisno Wibowo yang sudah menyampaikan paparannya mengenai kebhinekaan dari perspektif budaya dan budaya tadi mencakup unsur-unsur yang sangat luas dengan demikian eh apa ini memberi peluang yang memberi peluang kepada para mahasiswa terutama untuk terus mengembangkan diri sesuai dengan minat bakat dan juga semangat yang dimiliki oleh masing-masing baik secara personal

Maupun secara komunal dan di lingkungan Universitas sarjanawiyata Saya kira semuanya itu mendapat porsi mendapat peluang ya ke perhatian dari kegiatan-kegiatan kemahasiswaan maupun suka kegiatan Hai kurikuler dan ekstrakurikuler dan dirimu hantaman siswa sendiri jadi misalnya di dalam buku piagam dan peraturan besar persatuan Tamansiswa juga disitu dimuat mengenai konsepsi dasar kebudayaan bukan hanya kebudayaan

Tetapi juga masalah kebangsaan pendidikan kemudian sistem kemasyarakatan dan ekonomi kerakyatan ya ini go ekonomi kerakyatan nanti bidangnya Pak Samsul Dan suatu ketika nanti akan kita bicarakan Bagaimana eh eh Bagaimana sistem ekonomi kerakyatan dalam perspektif di yang dikembangkan di lingkungan teman siswa baik di masih progress Jadi ini nanti bisa dikembangkan terutama mahasiswa

Bagaimana memberi kesempatan ya atau bagaimana nanti supaya ketika Kembali ke lokasi ke daerah masing-masing itu tetap berperan yang lebih agen perubahan budaya agen pengembangan budaya bisa jalan juga dengan undang-undang nomor 5 tahun 1278 siang mengenai kemajuan kebudayaan yang memberi tugas kepada daerah-daerah itu untuk menggagas syiar mengenai pokok-pokok pikiran kebudayaan nah pokok-pokok

Pikiran kebudayaan itu mengganti menjadi peluang para mahasiswa yang sudah mendapat wawasan secara lebih luas terutama murai kuliah dan juga melalui pencerahan yang kita lakukan pada malam hari ini Terima kasih nanti Semoga bisa memantik diskusi yang lebih apa menarik selanjutnya waktu kami serahkan kepada Bu Dokter Yuli Britney mpd ini dari

Kepala lembaga penjaminan mutu universitas sarjanawiyata dan juga alumnus dari universal sarjana piagam mahasiswa saya persilahkan Bu Yuli untuk rekan paparannya tentu saja dengan perspektif yang berbeda monggo silahkan klik Terima kasih Pak Tomo mohon info nanti saya sampai berapa menit begitu takutnya kebablasan ya standarnya itu 20 menit pilih Baik

Terima kasih Pak Tomo sebelumnya salamualaikum warahmatullahi wabarakatuh salam dan bahagia Bro kalau yang speaker mati Pak Tomo dan Bapak Ibu peserta kuliah umum yang suhu mohon izin share screen eh terkait dengan materi paparan materi yaitu implementasi ajaran Tamansiswa eh karena tema yang diberikan kepada saya kaitanya dengan implementasi ajaran

Taman siswa dalam membangun kebhinekaan di masyarakat dan dunia kerja maka pada malam hari ini saya Awali dulu kaitanya dengan ajaran Tamansiswa kemudian nanti bagaimana implementasinya dalam membangun kebhinekaan terutama di masyarakat dan di dunia kerja baik Bapak Ibu memang pada saat kita mengkaitkan tentang Ajaran Tamansiswa kita ingat bahwa

Ajaran taman siswa itu sendiri ada empat hal yang pertama yang berupa konsep kemudian yang berupa adjaran itu sendiri atau sering disebut dengan pedoman operasional praktis ada yang berupa fatwa dan ada yang berupa nasehat dan semboyan diketahui yang berupa konsep kaitanya dengan bidang pendidikan ada tripusat pendidikan ada konsep tentang

Among system atau sistem Among kemudian dalam bidang kebudayaan tadi sudah banyak di singgung yaitu tentang teori tricon ataupun kebudayaan nasional yang merupakan sari-sari puncak kebudayaan daerah Kemudian dalam bidang politik atau kemasyarakatan kita mengenal istilah kepemimpinan dan demokrasi Leaders Club atau demokrasi dan kepemimpinan kalau yang berupa ajaran pedoman operasional

Praktis sangat banyak ada Tri pantang ngantri tantangan trio trio dan lain-lain berfatwa kita mengenal ada 10 fatwa hidup Merdeka menurut Ki Hajar Dewantara adalah wants a Strange steam Mulyo Suci Toto Ngesti tunggal 6 ningnang dan lain-lain berupa adapun yang keempat yaitu berupa nasehat dan semboyan ini juga cukup banyak ada

Rawe-rawe Rantas malang-malang putung dan lain-lain nah pada kesempatan malam hari ini karena ajaran Tamansiswa ini dikaitkan dengan implementasi kebhinekaan maka disini Saya ingin mencoba kaitanya dengan eh apa namanya kebhinekaan bangsa Indonesia jadi tadi sudah disampaikan oleh Pak Mustakim Kemudian oleh prof stres disini kebhinekaan atau keragaman atau kalau kita kaitkan dengan keragaman bangsa

Indonesia ini dapat ditinjau Hai dari berbagai aspek yaitu suku bangsa adat istiadat bahasa agama atau kepercayaan serta etnis Nah dari keberagaman atau kebhinekaan bangsa Indonesia tadi dilihatnya tidak ke perbedaannya Tetapi bagaimana keragaman ini merupakan up kekayaan bangsa nah Oleh karena itu memang keragaman atau kebhinekaan bangsa ini dapat berpengaruh terhadap karakter

Dan kepribadian masyarakat Indonesia kalau kita tahu karena berbeda adat-istiadat berbeda karakter ada kepeda juga mungkin kepribadian dan lain-lain Tetapi bagaimana kemudian keragaman bangsa Indonesia ini perlu dipupuk karena merupakan kekayaan bangsa nah ini harapannya dapat dipupuk dapat dipelihara dengan tetap menjunjung tinggi prinsip sebagai satu bangsa dengan tercermin tadi semboyan Bhinneka

Tunggal Ika dan cerminan ini tadi sudah dipecat Hai ikan oleh prof tulis begitu nah baik eh Bapak Ibu dan para mahasiswa sekalian sekarang bagaimana implementasi kebhinekaan itu sendiri nah apabila dikaitkan dengan ajaran Tamansiswa yang pertama kita kaitkan dengan pendidikan jadi kihajardewantara pada saat kongres Tamansiswa yang pertama tahun 1930 kemudian apa yang disampaikan

Oleh Ki ajar ini diulang kembali pada saat beliau menerima gelar doktor honoris causa dari Universitas Gadjah Mada dalam bidang kebudayaan pada tanggal 19 September tahun 1956 beliau menyatakan bahwa onderwijs nasional sendiri itu adalah pembelajaran atau pengajaran onderwijs nasional ialah on derik yang selaras dengan penghidupan bangsa atau kultural atau tadi Kalau

Kaitan dengan proses lebih ke perspektif Dayaan nah disini geser menekankan bahwa pengajaran nasional itu harus selaras dengan penghidupan bangsa nah ini nya bagaimana bangsa kita karena tadi bahwa bangsa kita keragamannya kebhinekaannya itu tadi meliputi beberapa karakteristik begitu nah Oleh karena itu disitu dipertegas lagi oleh ajaran bahwa pendidikan nasional ialah pendidikan

Yang beralaskan Garis hidup bangsanya dan ditujukan untuk keperluan perikehidupan yang dapat mengangkat derajat negara serta rakyatnya agar dapat bekerja sama dengan lain bangsa kemuliaan segenap manusia di dunia tadi proses juga sudah menjelaskan bahkan pada saat Taman Siswa berdiri karena disitu memiliki visi sebagai badan perjuangan kebudayaan dan pembangunan masyarakat yang menggunakan pendidikan

Dalam arti luas sebagai sarana untuk mencapai cita-citanya yaitu masyarakat yang tertib damai salam dan bahagia Nah kalau kaitkan dengan tadi bahwa sebetulnya Tamansiswa itu berdiri tadi kan ada ada dari gagasan paguyuban seloso Kliwon and yang di sana memiliki kita yaitu mamayu hayuning sariro mamayu hayuning Wongso mamayu hayuning Bawono atau Mama Yuni

Menusuk Sri mencita-citakan kebahagiaan diri mencita-citakan kebahagiaan bangsa dan mencita-citakan kebahagiaan manusia yang ada di dunia Nah kalau seperti itu kaitannya dengan keberagaman kaitanya dengan eh apa namanya Apa kebinekaan artinya tadi tidak hanya lingkup Nusantara atau lingkup bangsa saja tetapi itu sudah memang ping lingkupnya adalah eh dunia istana perbedaannya kebangsaan yang apa namanya

Lebih kepada bangsa kita sendiri tetapi disana ada kemanusiaan dalam pancadarma pun juga disana ada kebangsaan ada juga perikemanusiaan yang kaitanya dengan bagaimana kebhinekaan itu juga ditanamkan untuk manusia di seluruh dunia nah bagaimana kemudian implementasi kebhinekaan dibidang pendidikan Nah kalau kita kaitkan ke untuk keberagaman tadi meminta singa dalam bidang pendidikan tentunya yang

Pertama adalah menerapkan sistem Among pada pertemuan yang lalu mungkin masuk juga sudah pernah sering mendengar bahwa sistem Among adalah sebuah sistem yang jiwanya kekeluargaan sendirinya adalah kodrat alam dan kemerdekaan menurut cara berlakunya disebut dengan tutwuri Handayani karena kita tahu bahwa secara kodrati anak didik itu memiliki karakteristik memiliki potensi minat

Bakat yang berbeda antara satu dengan yang lain keberagaman potensi keberagaman minat keberagaman latar belakang nah tentunya ini dalam pendidikan ini juga harus diperhatikan maka Bagaimana kemudian dalam proses pendidikan ini keberagaman itu anak didik ini perlu diperhatikan makanya pendidikan dilaksanakan secara Humanis memanusiakan manusia tidak membanding-bandingkan antara satu peserta didik dengan peserta didik lain

Apabila ingin dibandingkan ya bandingkan kemampuan awalnya dengan kemampuan sebelum setelah mendapat pembelajar Hai nah Oleh karena itu Bahwa untuk pembelajaran sendiri atau dalam bidang pendidikan itu sendiri bagaimana secara kodrat alam ini dengan karakteristik dengan potensi minat bakat yang berbeda-beda ini anak cucu ini bisa mengembangkan potensinya itu secara maksimal dengan proses atau pendidikan

Sistem Among dengan mempertajam daya cipta daerah dan daya Karsa nah Selain itu bahwa melaksanakan penguatan pendidikan budi pekerti atau karakter yang harapannya pendidikan budi pekerti atau karakter ini terintegrasi dalam setiap mata pelajaran kita tahu bahwa didalam Peraturan Presiden 87 tahun 2017 tentang penguatan pendidikan karakter itu didasari dari Filosofi pendidikan

Karakter menurut Ki Hajar Dewantara ada olah pikir olah hati olah Karsa dan olahraga yang kemudian ada 18 nilai karakter kristalisasi menjadi lima nilai karakter utama nah bagaimana Kemudian pendidikan budi pekerti ini harus dilaksanakan apakah itu Hai kalau diajar memang tidak bukan tanggungjawab satu mata pelajaran tersendiri tetapi terintegrasi pada setiap pelajaran Nah

Tadi pengalaman dari mahasiswa KKN begitu karena adanya pendidikan karakter ada nilai-nilai budi pekerti yang ditanamkan yang dibuatkan Sehingga nantinya dalam masyarakat atau pada saat kita menerapkan di masyarakat yang nilai-nilai karakter itu penanaman itu diimplementasikan dilaksanakan berikut karena budi pekerti itu sendiri sebetulnya adalah bersatunya dari apa yang ada didalam pikiran

Perasaan yang kemudian ada kemauan Untuk menimbulkan tenaga inilah budi pekerti jadi tidak hanya sekedar angan-angan atau nilai yang ada di dalam diri tetapi itu yang dirasakan dan itu yang diterapkan atau dilaksanakan nah Bagaimana nilai-nilai karakter ini harus tertanam pada diri kita terutama para mahasiswa para peserta didik begitu dan

Penanaman yaitu mulai dari kalau misalkan ajaran Ki Hadjar untuk penguatan pendidikan dan pergi pekerti berdasarkan umur adik syariat ada hakikat ada tarekat dan ada Maxim fat nah tentunya mulai dari pembiasaan dulu Bagaimana pas anak kecil itu dibiasakan untuk melakukan hal-hal yang baik Kemudian dari situ akan diberi pengertian anak-anak pada usia sembilan

Tahun tidak hanya terbiasa saja tetapi sudah diberi pengertian bahwa apa yang dilakukan itu maksudnya apa begitu juga pada saat tarekat atau disitu sudah mulai Lapuk jadi pendidikan budi pekerti dengan kegiatan atau dengan tingkah atau apa perbuatan atau perlakuan begitu Jadi ada kegiatan misalkan pada saat apa namanya Bagaimana menanamkan nilai budi

Pekerti anak bisa menggunakan kegiatan misalkan Pramuka untuk menanamkan sikap kerjasama atau melalui kegiatan ekstrakurikuler yang lain ini untuk yang varicad dan sedangkan manfaat ini tingkatannya sudah lebih atas lebih pemahaman begitu nah pendidikan budi pekerti atau karakter ini menjadi tugas semua Pamong semua bukan hanya purbakala atau PKN tetapi ia seperti mata kuliah

Atau di tingkat mahasiswa ini penanaman nilai-nilai karakter dan budi pekerti itu terintegrasi dalam setiap matakuliah dan itu diterapkan oleh semua dosen kemudian implementasi di bidang pendidikan terkait dengan kebhinekaan terkait dengan keberagaman ini melaksanakan pendidikan multikultural pendidikan multikultural ini sebagai upaya dalam membekali peserta didik terutama tentang nilai-nilai kemajemukan dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa

Dan bernegara kalau untuk pendidikan multikultural sendiri kalau di mana Namanya sekolah itu biasanya terintegrasi dengan pelajaran PKN atau juga bisa masuk ke pelajaran IPS atau pelajaran geografi atau pelajaran-pelajaran yang lain begitu juga di tingkat perguruan tinggi seperti STKIP sendiri Memang Karena disana ada mata kuliah khusus pendidikan multikultural tetapi untuk matakuliah

Ini Prodi yang lain di fakultasnya wuih bisa terintegrasi tadi Contohnya seperti kewarganegaraan atau di mata kuliah yang lain atau Pancasila Kenapa di situ harapannya adalah membekali mahasiswa atau peserta didik bahwa di dalam eh Indonesia atau di kita dalam berbangsa dan bernegara di sana ada keberagaman ada perbedaan suku etnis kemudian agama

Dan lain adat-istiadat nah bagaimana kita bisa menjalankan kehidupan bagi bermasyarakat tadi dengan tentram dengan menjaga toleransi sehingga cita-cita kemerdekaan dan kita dapat melaksanakan kegiatan tadi bisa harmonis bisa tentang terutama dalam mencapai cita-cita Sesuai ajaran Tamansiswa itu tertib damai salam bahagia nah dalam bidang pendidikan yang lain bahwa kita melibatkan tripusat

Pendidikan bahwa ada tiga pusat pendidikan aku trisentra pendidikan yaitu pendidikan di dalam keluarga pendidikan di alam sekolah atau perguruan dan pendidikan di alam masyarakat tiga pusat pendidikan ini harus memiliki peran masing-masing dan ini tidak boleh di terlepas artinya Bagaimana ketiga pusat ini saling berkoordinasi untuk melaksanakan agar pendidikan itu bisa berjalan maksimal

Nah bagaimana kemudian implementasi eh kebhinekaan di bidang kebudayaan tentunya ini saya tidak membahas banyak karena tadi setelah sudah dibahas oleh Prostreet yang caranya dalam melestarikan dan mengembangkan budaya nasional Indonesia menggunakan teori tricon tapi juga sudah dijelaskan kemudian implementasi di bidang kemasyarakatan nah ini yang menarik gitu ya Karena bagaimanapun juga bahwa

Kebhinekaan tadi keberagaman atau keragaman ini merupakan kekayaan yang harus dipupuk harus dipelihara oleh karena itu bagaimana cara mengimplementasikannya di dalam kemasyarakatan atau di masyarakat tentunya kita bersama-sama mewujudkan masyarakat yang tertib damai salam bahagia sesuai masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila kita tahu bahwa Tamansiswa Pancasila berciri khas pancadarma dengan menggunakan asas

Perjuangannya yaitu asas Tamansiswa tahun 1922 nah disini adalah bidang kemasyarakatan juga menggunakan asas hidup yaitu kekeluargaan Bagaimana kemudian dalam kemasyarakatan ini untuk menjaga kebhinekaan atau keberagaman ini mengutamakan persatuan dan kesatuan jadi tadi Mungkin ceritanya Mas Febri Febri yang KKN begitu Ya bagaimana yang utamanya ini adalah persatuan dan

Kesatuan dulu yang dijaga bagaimana kita karena ada perbedaan itu tidak harus bersama-sama akan tetapi dengan keberagaman yang ada kita bisa saling menghargai saling toleransi begitu memahami satu dengan yang lain nah Selain itu dalam bidang kemasyarakatan ini juga harus bersikap merakyat artinya untuk menjaga kebhinekaan kita bersikap merakyat betul tadi kalau misalkan

Mahasiswa KKN ya tak di Kalau mungkin bacanya Pak Tomo tadi ya dimana bumi dipijak itu langit dijunjung Kita juga harus bisa bersikap merakyat berbaur dengan masyarakat tidak memperhatikan ke saya asalnya darimana suhunya Apa saya bisa berbicara apa tetapi pada saat kita menggunakan bahasa yang kita pahami dan di situ komunikasi lancar yang penting

Ada interaksi saling menghargai satu dengan yang lain justru disini akan memperkaya membuat lebih indah begitu kemudian demokrasi dan Leaders Club ini dalam teori kepemimpinan bersikap Merdeka Among Mandiri dan sederhana nah menghargai keberagaman ini juga merupakan implementasi dari hidup atau dalam bidang kemasyarakatan tidak mudah dipecah belah dan tentunya terutama

Untuk para mahasiswa ini harus memiliki sikap kritis memiliki kemampuan untuk literasi tidak mudah percaya terhadap berita-berita hoax atau berita-berita yang belum diketahui kebenarannya nah saya tertarik kaitannya dengan perilaku hidup sederhana ini yang disampaikan oleh Ki Ageng suryomentaram ditulis oleh Muhammad Said begitu karena ini adalah salah satu tadi Bagaimana

Kita bisa hidup merakyat salah satu perilaku yang harus dijunjung terutama untuk diri kita dan pengingat termasuk saya adalah bagaimana hidup sederhana nah hidup sederhana oleh Ki Ageng suryomentaram itu dirumuskan menjadi enam tak yang pertama adalah Pak Budi W Apa itu sabut W sabutuha adalah menurut kebutuhan kita yang esensial yang

Penting Artinya kita harus memelihara kesehatan fisik dan mental kita kemudian saperlune Apa itu seperlunya yaitu menurut apa yang diperlukan jadi kita hidup itu yang menurut apa yang diperlukan dari bahwa kehidupan kita harus efektif yaitu terkait sasaran dan tujuan hidup kita sebetulnya pasti yang jadi sasaran tujuan apa sih Nah kemudian

Saat Cukup tak cukup itu adalah secukupnya berarti efisien kalau saya perlu tadi adalah efektif kalau secukupnya ini adalah efisien efisien artinya tepat guna tanpa pemborosan waktu tanpa pemborosan tenaga dan materi kebebasan keempat adalah sabenere tak bener itu ya yang bener yang benar berarti kita harus hidup sesuai dengan kenyataan harus kritis objektif jadi

Kita Ia hidup kita ya kenyataan ya objektif gitu Kalau terlalu tidak objektif juga ini akan aneh begitu kemudian samesthine sama si itu artinya semestinya berarti sesuai dengan apa yang kita hayati sebagai adil halal legal begitu Jadi hidup sederhana juga harus memperhatikan itu dan yang keenam adalah tak ke penaik nah sakepenake ini

Bukan yang negatif ya sakepenake dirinya artinya sesuai dengan kemampuan kita berarti tanpa ngoyo tanpa ngongso tanpa merusak kesehatan fisik dan mental kita Hai nah bagaimana kemudian perilaku hidup sederhana yang ada di lingkungan mahasiswa atau lingkungan peserta didik nah pada saat ini agak susah ditemui ya kan kita bahkan mengenal istilah namanya

BPJS budget pas-pasan jiwa sosialita begitu ya Jadi mereka yang penting tampilannya dulu yang Wah begitu padahal sebetulnya kurang mampu begitu dicari Bagaimana caranya agar menarik nah ini Tentunya kurang pas dengan perilaku hidup sederhana Bagaimana perilaku hidup sederhana ini ia tadi paling tidak ada enam tak Itu tadi nah eh untuk apa namanya ya

Porno untuk ah berperilaku hidup sederhana ini sendiri juga bukan berarti bukan berarti itu kita apa namanya tidak mau hidup enak bukan itu tetapi hidup sederhana itu juga bukan ke pengennya itu hidup sengsara juga tidak tetapi hidup sederhana ini lebih kepada secara wajan atau hidup dengan efektif dan efisien

Secara ilmiah jadi hidup sederhana ini bukan kemudian hidup miskin bukan jadi hidup sederhana secara wajar bukan hidup miskin atau Melarat dan bukan hidup yang menolak konsep atau hidup yang enak-enak kita bisa hidup enak pop enak gitu sama itu efektif efisien sesuai dengan kemampuan dan itu halal benar adil

Sesuai dengan cara mendapatkan atau 10 kita essence hidupnya itu dalam batas kemampuan jasmani dan rohani kita nah selain itu selain hidup sederhana Bagaimana kemudian menanamkan kebhinekaan keragaman keberagaman kita dalam kehidupan kita maka kita harus memiliki sikap makaryo nah sikap makaryo ini adalah mengenal pekerjaan yang produktif kreatif halal dan legal bahkan

Disini dijelaskan bahwa tidak boleh membeda-bedakan artinya pekerjaan intelektual lebih bagus daripada kerjaan fisik tidak boleh atau bahkan karena memang kemandirian atau dengan usaha sendiri itu lebih bagus bukan berarti yang jadi pegawai itu juga tidak baik tidak seperti itu tetapi Bagaimana kemudian dalam bekerja ini lebih kepada produktif kreatif kreatif halal dan

Legal jadi tidak dibandingkan mana kerjaan yang baik mana yang tidak selama itu tidak rading tidak menyalahi prinsip-prinsip tadi jadi harus halal legal gitu nah Selain itu dalam bidang kemasyarakatan untuk menjaga atau kebhinekaan atau keberagaman keragaman tadi kita menerapkan demokrasi dan kepemimpinan atau demokrasi dan Leaders Club Bagaimana caranya demokrasi kepemimpinan ini maksudnya memberi

Prioritas kepada musyawarah dan mufakat Nah jadi karena kita juga memiliki biasanya keragaman itu kan tidak hanya suku atau agama tadi dalam berpendapat itu kadang juga berbeda-beda kita juga antara satu dengan yang lain mungkin memiliki sudut pandang yang berbeda Bagaimana kemudian musyawarah dan mufakat ini harus diterapkan nah apabila menghadapi jalan

Buntu dan tidak bisa dicapai musyawarah itu maka ada namanya kebijaksanaan pimpinan Nah karena disini tidak artinya untuk demokrasi itu Nda dibiarkan berjalan sendiri tetapi ada kepemimpinan atau pemimpin atau demokrasi kepemimpinan jadi pada saat saudara Mufakat itu tidak bisa dicapai maka disitu diserahkan kebijaksanaan pimpinan baik juga menit lagi Bu Yuli

Baik kemudian Selain itu di dalam kemasyarakatan juga mengimplementasikan namanya asas kekeluargaan baik ini secara cepat Astagfirullah hargaan ditafsirkan kalau kita lihat kekeluargaan kawuk kekeluargaan yaitu kau loh dan warbok titik mungkin Ini nanti Pak Tomo yang bisa menjelaskan karena bahasa Paulo artinya pengabdi dan warga warga artinya anggota nah sebetulnya pada asas kekeluargaan ini

Yang dilaksanakan atau sesuai dengan ajaran Tamansiswa dan ini bisa diterapkan dalam ekonomi pun ekonomi kerakyatan itu juga berasas kekeluargaan kemudian di dalam pendidikan juga sistem Among jiwanya kekeluargaan nah di dalam kemasyarakatan juga sama jadi asas yang ingin melaras dan hak setiap warga negara untuk serta menentukan nasib bersama menjadi tanggungjawab tiap

Anggota masyarakat dan atas baik buruknya nasib masyarakat itu sebagai kebulatan berdasarkan rasa persatuan dan kesatuan dan rasa solidaritas nah ini yang kemudian Bagaimana asas kekeluargaan itu bisa menyelaraskan hak untuk menentukan sendiri nasib pribadi dengan kewajiban memelihara tertib dan menyamar serat nah bagaimana implementasi implementasinya maka di dalam kehidupan bermasyarakat kita

Harapannya untuk menjaga kebhinekaan tadi memiliki sikap terbuka toleran tepo seliro dan dapat memelihara ketentraman dan kedamaian jiwa dan asas kekeluargaan ini merupakan sumber semangat gotong-royong tadi juga sudah dijelaskan laptop series bebas dari diskriminasi berdasarkan warna kulit keyakinan status sosial gelar ataupun Ira suku bangsa golongan dan efek disini dalam ajaran

Tamansiswa selalu mengutamakan sifat hakekat kemanusiaannya yang sama dibalik segala perbedaan artinya mungkin perbedaan-perbedaan itu mungkin ada tetapi yang diutamakan disini jadi bebas dari diskriminasi tidak berarti bebas dari mengadakan perbedaan berdasarkan apa yang nyata dan benar tetapi bebas dari kecenderungan untuk memberikan penilaian yang tak benar dan tak adil berdasarkan adanya perbedaan itu atau

Adanya prasangka Nah inilah yang kemudian asas kekeluargaan ini juga merupakan atau dapat diimplementasikan dalam kehidupan bermasyarakat dalam rangka menjaga kebhinekaan dapat keragaman bangsa demikian Pak Tomo Terima kasih Salam terima kasih Bu Yuli yang sudah menyampaikan paparan cukup banyak dan Abah cukup luasnya Nah mungkin nanti tapi ada satu kata kunci yang menjadi

Saripati dari kebhinekaan yaitu semangat kekeluargaan karena didalam keluarga itu berkembang toleransi di saling merasakan tanggungjawab bersama kemudian juga mampu Ayah eh ada saling memahami jadi antara adik dengan kakak antara ibu dengan bapak kemudian juga antara anak dengan ibu dan tanpa mengabaikan bahwa disitu juga harus ada rasa hormat dan

Juga rasa menghargai jadi terhadap orangtua tentu saja abdulin berbeda relasinya dengan kakak dan adik Maka kalau di dalam peribahasa Nah itu misalnya Saya sangat terkesan dengan peribahasa yang ada di Nusa Tenggara Timur ya itu ada ya apa papan Mama jangan beda Heart apa Adik Kakak jangan beda pendapat ada jangan beda pendapat tapi

Apa Papa Mama jangan beda rencananya Jadi kalau adik kakak itu boleh tidak pendapat hai eh tapi yang tidak boleh apa beda rencana itu untuk ibu bapaknya jadi Bapak boleh beda pendapat tapi tidak boleh beda rencana karena kalau ibunya pengin mendirikan rumah menghadap ke utara kemudian Bapaknya ke selatan

Bencananya berbeda nah tidak ketemu ya tapi kalau anak boleh beda rencana boleh beda rencana yang satu ingin kuliah di Kedokteran yang lain ingin kuliah di teknik Jadi buka peluang ya jadi nah kemarin saya tanya ponakan saya mau kuliah di mana ternyata mau pengen jurusan memasak eh luar biasa terjadi di

Jogja untuk proses negeri yang ada jurusan memasaknya itu adalah sinyal UN jadi keponakan saya laki-laki menjadi Juru Masak Baik Terima kasih Bu Yuli selanjutnya ini waktu untuk tanya jawab masih ada cukup waktu sekitar

Acara ini merupakan rangkaian Kegiatan Kuliah Umum Pengembangan Kebudayaan ke-6 yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembanangan UST.

Dengan sasaran utama mahasiswa UST, acara ini dilaksanakan pada Senin, 28 Maret 2022, pk. 19.30 s.d. 22.00.

===

Kuliah Umum ini menghadirkan 3 nara sumber:

1. Dr. H. Mustadin Taggala, S.Psi., M.Si., yang saat ini menjabat Kabag Hukum dan Sisinfo Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI yang juga menjabat sebagai Sekretaris Umum Pengurus Pusat Perkumpulan Keluarga Besar Persatuan Tamansiswa.

2. Prof. Dr. Sutrisna Wibawa, M.Pd., saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Pengembangan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

3. Dr. Yuli Prihatni, M.Pd., yang saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Penjaminan Mutu Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

===

#KuliahUmumKebudayaan
#PengembanganKebudayaan
#MembangunKebinekanaan
#AjaranTamansiswa
Sobat LEMBAGA PENGEMBANGAN UST, Info tentang #Kuliah #Umum #Pengembangan #Kebudayaan #Membangun #Kebinekaan #Berbasis #Ajaran #Tamansiswa ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 01:53:43 detik.


Begitulah sekilas tentang Kuliah Umum Pengembangan Kebudayaan: Membangun Kebinekaan Berbasis Ajaran Tamansiswa yang telah dilihat oleh 75 penonton, semoga dapat bermanfaat until kita semua. © LEMBAGA PENGEMBANGAN UST 6823

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *