Ujian Terbuka a.n. Drs. Paridjo, M.Pd., Program Studi Doktor P.Mat

2022-04-12 17:14:09 01:57:01 Ksep meskipun teh sekretarisnya Pak ngerti Tokobagus pujian promosi Doktor pendidikan pasca sarjana Universitas Negeri Semarang Selasa 12 APR 2012 dua program studi pendidikan matematika S3 atas nama saudara dokterandes Paijo MP3 dimulai sekretaris penguji melaporkan ada ketua unci bahwa ujian promosi Doktor pendidikan atas nama saudara dokterandes parejo mpd Siap dimulai Sinar rahmanurrahiim

Bapak Rektor yang amat Cendekia para penguji yang sangat terpelajar para tamu undangan yang kami hormati Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh salam hormat alhamdulillahirobbilalamin pada hari ini Selasa 12 APR 2012 G studi pendidikan matematika s3lasa sarjana untuk sampai di Semarang mengajukan saudara Drs parizo M.Pd sebagai promovendus untuk dapat diujikan disertasinya yang berjudul pengembangan model pembelajaran

Mathematics independence e-learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pendidikan matematika dalam menyelesaikan masalah saya laporkan kepada bapak Rektor bahwa Prof industri lah menyelesaikan semua perkuliahan serta telah menjalani beberapa tahapan pengujian disertasi sebelumnya dibaca sarjana Unes dan semuanya dinyatakan lulus serta telah memenuhi syarat untuk ujian disertasi tahap kedua ini oleh karena

Itu saya mohon Bapak Rektor selaku ketua penguji berkenan untuk membuka dan sekaligus memimpin ujian disertasi secara resmi akhirul kalam Babi lagi Taufiq walhidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi hai saudara promovendus pak rektor sekarang ini sedang ada acara dan sementara bawak menugasi saya mewakili beliau untuk membuka dan memimpin Ujian nanti kalau

Di tengah acaranya ujian beliau sudah sempat adalah keluarin Apakah saudara probandus bersedia bersedia Prof Baik terima kasih apakah saudara dalam keadaan sehat jasmani rohani Alhamdulillah sehat jasmani dan rohani Apakah benar karya yang nanti saudara pertahankan adalah karya asli saudara sendiri Benar produk hasil rekayasa sendiri baik silakan saudara baca surat pernyataan keaslian lalu

Tandatangani diatas meterai ya ngomong udah Magrib pernyataan keaslian dengan ini saya nama doktorandus pari doang pd-nim 0401 6160 36 studi pendidikan matematika S3 menyatakan bahwa saya tertulis dalam bahwa yang tertulis dalam disertasinya berjudul pengembangan model pembelajaran matematik side panel lining untuk meningkatkan komunikasi matematis mahasiswa pendidikan matematika dalam menyelesaikan masalah benar-benar kaya

Sendiri bukan jiplakan dari karya orang lain atau pengutipan dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan etika keilmuan yang berlaku baik sebagian atau seluruhnya pendapat atau temuan orang lain terdapat dalam disertasi ini dikutip atau dirujuk berdasarkan kode etik ilmiah atas pernyataan ini saya secara pribadi siap menanggung resiko atau hukum yang dijatuhkan apabila

Ditemukan adanya pelanggaran terhadap etika keilmuan dalam karya ini Semarang 12 APR 2012 dua tiang membuat pernyataan doktorandus pari dengan pd-nim 0401 6160 3337 UPT saudara setiap ujian ya siap Rob seminar Rohman Rohim ujian promosi Doktor pendidikan saudara Drs parizo mpd secara resmi saya nyatakan dibuka Berikut saya bacakan tim penguji

Hai ketua Profesor Doktor Fathurrahman umum sekretaris Profesor Doktor Agus nuryatin umum anggota dokter yumiati MSI sebagai penguji 1 Makasih menjadi dua Doctor Mulyono MSI sebagai penguji 2 Makasih Pak Mulyono dokter Eko Handoyo MSI sebagai penguji jika dapat dikasih Pak Eko dokter Rahmat MSI sebagai penguji 4 Makasih Pak rhoman

Profesor Doktor Kartono MSI sebagai penguji 5 Makasih atau Kartono Profesor Doktor renard jl.as diare MS sebagai penguji 6 Makasih prospek Escape Pak digital pertual berikut silakan saudara promovendus untuk berdoa terlebih dahulu eh silakan saudara paparkan karya saudara waktu maksimal 15 menit Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Terima kasih waktu berikan kepada saya

Untuk menelepon pastikan disertasi angsa buat yang saya hormati Bapak Profesor Doktor Fathurrohman Num pakai red orb sebagai ketua penguji program terhormat Bapak protector tragus nuryakin NU direktur pascasarjana Unnes pakai sekretaris Muji yang terhormat Ibu Dokter www.msi-store.com lupa penguji 1 yang terhormat Bapak dokter Mulyono MSI sebagai anggota penguji 2 yang terhormat

Bapak dokter Eko Handoyo MNC sebagai anggota penguji tiga yang terhormat Bapak dokter Rahmat MSI sebagai anggota penguji empat yang terhormat Bapak Profesor Doktor karbon MC sebagai anggota fungsi 5 yang terhormat Bapak Profesor Rahmat sukses piano MS sebagai penguji 5S Hai beserta sisa dengan judul pengembangan model pembelajaran matematik yang juga

The meaning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pendidikan matematika dalam menyelesaikan masalah dengan promotor Bapak Profesor juga steno MSG AJ ko promotor Bapak Profesor Doktor Karawang MC anggota promotor Bapak dokter Rahmat MC latar belakang yang membuat semua disertasi ini yang pertama adalah komunikasi matematis mahasiswa pendidikan matematika Menurut pengamatan

Satu masih sangat kurang karena dalam menyelesaikan suatu permasalahan masih satu masih kurang memperhatikan komunikasi matematis dimana dalam menyelesaikan masalah itu hanya langsung menggunakan rumus-rumus matematika sesuai yang diadakan pada waktu di sekolah lanjutan jadi belum mengetahui apa itu maksud dari permasalahan tersebut kemudian lambang-lambang apa yang digunakan Apa yang diketahui apa yang tanyakan dan

Juga rumus-rumus apa yang digunakan serta menghubungkan antar rumus aku dengan yang lain yang kedua juga saya temukan mahasiswa masih kesulitan atau mungkin salah dalam membaca menulis lambang rumah tahun simbol matematika kadang-kadang membaca lambang negatif dengan lambang minus itu akan menjadi disamakan sehingga akan menimbulkan kesalahan dalam berkomunikasi matematis kemudian membaca lambang-lambang

Matematika seperti yang biasa digunakan itu juga banyak salah dan membaca apalagi juga menuliskan selanjutnya untuk menyelesaikan masalah masiswa juga masih banyak yang kesulitan dalam menggunakan kalimat matematika dengan bahasa sendiri masih terpaku pada rumus-rumus yang ditentukan jadi sesuai dengan rumus yang ada sehingga tidak bisa menggunakan kalimat dengan bahasa sendiri selanjutnya

Kemandirian Mahasiswa juga masih perlu dikembangkan karena dalam menyelesaikan masalah masih tergantung kepada teman-teman yang pandai biasanya sehingga makalah menyesuaikan itu masih menunggu dari penyelesaian teman-teman yang lebih menonjol di kelasnya untuk input dari mahasiswa pendidikan up sekaligus saat amati juga di berbagai sekolah lanjutan dari SMA IPA SMA IPS dari SMK

Dengan berbagai jurusan dengan [Musik] berbagai kurikulum yang tidak sama sehingga akan menimbulkan kemampuan yang berbeda yang diperoleh pada waktu di sekolah SMP hingga kami Saya bermaksud untuk bisa mengembangkan suatu model pembelajaran yang bisa mencakup untuk berkomunikasi matematis yaitu matematik yang tepat ending rumusan masalah dari desertasi saya ini adalah Bagaimanakah faktor yang

Mempengaruhi rendahnya kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pendidikan matematika dan rekomendasinya ditinjau dari kemandirian belajar yang kedua Bagaimana hasil pengembangan model matematik independent learning yang paling praktis dan efektif untuk meningkatkan komunikasi emas praktik tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji secara komprehensif faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan komunikasi matematik mahasiswa menikmatinya dan kombinasinya yang kedua

Untuk mendapatkan hasil pengembangan model matematik yang tepat dan mening yang paling praktis dan efektif untuk meningkatkan komunikasi matematis mahasiswa kajian teori yang mendukung dari TV disertasi ini adalah yang pertama tentang kemandirian belajar akan Departemen Neng yaitu menurut pendapat zub Jerman tahun 2014 ketika siswa mampu mengatur pembelajaran mereka sendiri mereka

Memiliki pemahaman tentang mendekatkan berikan diri untuk belajar dan cara terbaik untuk memaksimalkan pembelajaran motret a dengan cara yang paling efisien kemudian wedemeyer tahun 2015 menjelaskan bahwa independen Ini adalah cara belajar yang memberikan jeda lebih pesan tanggungjawab dan kewenangan yang lebih besar kepada pebelajar dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan belajarnya berikutnya adalah kemandirian belajar

Dan belajar menurut zimmerman itu ketika semua pengatur belajar merekam diri entah mereka tampil kasir untuk belajar lebih baik memasang baterai dengan cara yang paling efisien selanjutnya adalah komunikasi matematis kemarau matematis menurut Syaikh 1017 menjelaskan bahwa komunikasi adalah ide-ide matematik membantu siswa untuk mengklarifikasi dan memperkuat pemahaman mereka tentang magmatik

Selanjutnya browse dalam Shimizu fatal 2017 menjelaskan bahwa komunikasi matematis merupakan proses penting dalam belajar matematika karena dengan komunikasi siswa dapat merenung memperjelas dan memperdalam FB dan pemahaman tentang acumen matematik indikator dari komunikasi matematis adalah menurut STM kemudian menurut Sumarno kuliner modern pembelajaran yaitu menurut Desember dalam ABD Desember menjelaskan bahwa

Pembelajaran adalah suatu rencana atau pulau yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum atau rencana pembelajaran jangka panjang merancang bahan-bahan pembelajaran dan membimbing pembelajaran di kelas atau yang lain Trianto 2007 2007 mengartikan model merasa sebagai pula yang digunakan sebagai pedoman guna merancang pembelajaran di atau tutorial rasain itu juga dari reset pembelajaran

Mandiri dan kematian basket serta komunikasi matematis yang bisa kami ambil untuk landasan teori dari disertasi ini hipotesis dari penelitian ini adalah model pembelajaran matematika independen untuk meningkatkan komunikasi matematis efektif setelah headlamp tasi yaitu kemampuan komunikasi matematis terjadi peningkatan British costess yang kedua kemampuan komunikasi matematis mencapai tuntas KKM yang ketiga kemandirian

Belajar mahasiswa berpengaruh positif terhadap kemampuan komunikasi matematis Adapun pengembangan model pembelajaran matematika NTB dan learning atau sekitar dengan mil untuk meningkatkan komunikasi matematis yaitu dari teori konstruktivisme gimana bahwa dalam belajar itu ama statosista ytube berdasarkan kemampuan yang telah dimiliki atau kemampuan yang baru diperoleh sehingga dengan kemampuannya dipikirkan pula itu bisa mengembangkan

Dilaksanakan dalam teori konstruktivisme kemudian dari Saint well dari biji ular dan seterusnya jika ketika bentuk suatu model Matematik dan perangkat pembelajaran sehingga kami juga membuat buku model rak buku model itu dilengkapi dengan sap modul tes kemampuan 4 pastikan am RPS yang nanti bisa dilaksanakan tim racikan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi

Matematis data dan sumber data data Penelitian adalah kemampuan komunikasi matematis materi trigonometri materi.skb dari trigonometri karena saya menganggap bahwa trigonometri itu di tepat untuk dibuat suatu soal yang berkaitan dengan pemerian matematis dan untuk soal-soal yang kontekstual mudah dari hasil angket kemudian belajar data kualitatif lo dari kemampuan kompos matematis dan minat belajar kemudian

Data kuantitatif yaitu data pengembangan model Mi subjek dari penelitian dalam mahasiswa pendidikan matematika upstegal semester 1 hasil penelitian untuk rumusannya pertama yaitu faktor-faktor yang menyebabkan God kurangnya kemampuan ekonomi matematis yang pertama adalah penyebabnya masih jatuh dalam menggambarkan situasi matematis dalam bentuk tulisan tidak sesuai dengan masalah yang kedua dalam menggambarkan situasi masalah ada

Menyatakan rancangan solusi masalah menggunakan gambar atau aljabar yang tidak tepat yang ketiga salah dalam menggunakan representasi menyuruh untuk menyatakan konsep matematika dengan cerdas minyak yang keempat nah salah menggunakan simbol-simbol ide-ide struktur dalam kalimat matematika untuk menyelesaikan masalah kontekstual atau keadaan sehari-hari mahasiswa ini hasil penelitian juga mahasiswa dengan kemandirian rendah dalam

Menyelesaikan masalah berkembang diri Anda kesulitan dalam menyelesaikan mempresentasikan variabel setelah mengidentifikasi masalah masih Parker kemandirian sedang mampu merepresentasikan variabel tapi pada tahap menghubungkan antar variabel mengalami kesulitan mahasiswa dengan kemandirian tinggi dapat sampai pada identifikasi menghubungkan memecahkan pesan hingga merepresentasikan rekomendasi untuk penelitian ini dalam komunikasi matematis adalah Kami menggunakan tiga indikator yaitu

Investigation reasoning dan expression investigations maksudnya adalah masih saja menemukan suatu masalah dan menemukan strategi penyelesaiannya menemukan tujuan penyelesaiannya rekening yaitu masih saya bisa memberikan makna dari simbol-simbol yang ditemukan dalam Investigation kemudian menemukan dari konsep mengedepankan konsep prinsip prosedur untuk rencana solusi bisa juga mendiskusikan temuan investigasi dengan teman-teman atau seksinya adalah sifatnya dengan

Mendiskusikan yang ketiga dalam matematik expression dengan temuan pada reasoning dan investigations Mas Gazi menggunakan simbol ide konsep prinsip atas gedung untuk menyelesaikan masalah dan maca kembali yang telah dilakukan untuk perbaikan menunjukkan sketsa grafik atau gambar dari permasalah serta merepresentasikan hasil evolusi dari saat tertulis maupun secara lisan

SM l menurut hukum bosan yang kedua yaitu pengembangan model integrated learning ABD Kami mengusulkan tiga untuk ontogeni sintaknya yaitu exploration communication dan evaluation ideal atau temuan dari kami yang kebaruan untuk model pembelajaran Mi Kemudian dari situ juga ditemukan otot sistem sosial sistem reaksi sistem pendukung dampak atau efek dari

Kelima komponen ini adalah yang merupakan pengembangan dari model matematik yang depan earlening dari protes es1j tutup tentang komunikasi hati-hati peningkatan yaitu idealis dengan enten diperoleh dengan Signature till 0,04 m dapat berjalan yang pilih antara pithecanthropus kemudian 0.2 kemampuan komunikasi matematik mencapai KKM yaitu diperoleh bahwa saya menggunakan kaki m65 kemudian

Tingkat keberhasilannya adalah tujuh persen gimana diperoleh 0,01 kurang baik 0,5 berarti di sini adalah pungkas hipotesa ketiga kemudian belajar berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis denganmu ciri kritis regresi sederhana diperoleh sik 0,5 Yadin ada pengaruh positif terhadap teman di FB agar berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis kelebihan dan kekurangan dari model-model adalah Hai

Yap lebihan memungkinkan berkembangnya fleksibilitas belajar masukkan yang optimal yang kedua memungkinkan terjadinya interaksi pembelajaran Dari mana saja 8 aja menjangkau mahasiswa dalam cukupan yang lebih luas kekurangannya disini preferensi mahasiswa ketemu dengan sesama mahasiswa itu sangat minim peluang masjid waktu bersosialisasi dengan masih lain sangat terbatas waktu relatif lama karena rumah

Dari sumber menemukan solusi melaksanakan plastik kemudian terjangkau kalau secara daring jaringan internet saran untuk model Mi adalah membangkitkan motivasi dan semangat belajar kemudian kedua dibentuk kelompok-kelompok belajar yaitu dengan baik secara online maupun secara offline simpulan dari disertasi Kami adalah bahwa tendanya kegunaan comosum otomatis dipengaruhi oleh a yaitu mahasiswa kurang menggambarkan sebuah

Hotel mag model bertuliskan lafadz Allah yang kedua menggambarkan masalahnya mengatakan rancangan solusi masalah mengenal kabar dan aja party tepat salah dalam menggunakan reputasi menyeluruh untuk menyatakan konsep otomotif dan bencana solusinya salah menggunakan simbol-simbol ide-ide struktur kalimat matematika untuk menyelesaikan suatu masalah sehari-hari untuk indikator komunikasi matematis yang bisa ditimbulkan data yaitu menggunakan tiga

Yaitu Investigation reasoning dan matematik expression belum dalam er aktif meningkatkan waktu jika ditegakkan dengan pembelajaran kontekstual ke dalam proses pembelajaran dan menggunakan perangkat pembelajaran sesuai dengan tingkat kebutuhan dan kemampuan mahasiswa pengembangan model ini berlandaskan pada paham konstruktivisme paham untuk tipismu beranggapan bahwa masukkan mengkonstruksi pengetahuan melalui interaksi objek fenomena pengalaman dan lingkungan

Model Mi memberikan fastest meningkatkan matematis masih MM UGM ada lafal Investigation rekening dan otomatis jefashion model juga memberikan fasilitas kepada user untuk meningkatkan pengetahuan dalam hal menyusun ESAB modul soal kemampuan commerce matematis dan penilaian khususnya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pendidikan matematika rekomendasi cukup sudah cukup waktunya

Sudah ngambil lama ya terima kasih atas bantuan berkata Ning kembalikan pada bapak ketua OSIS SMA sih Eh Makasih jipa restorja bergabung silahkan Pak redom kemudian X ngasih Pak direktur mohon maaf selambat-lambatnya jadi eh Saya ingin hanya memberikan apresiasi kepada saudara Prof dus dan menyapa Para dewan penguji yang saya banggakan sepatu

Venus ya dan juga dewan penguji yang tengah terbakar assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh mengalami mengetuk pertama saya ingin mengapresiasi kepada saudara Lombok wedus yang sudah menyelesaikan Ustad sini dan sudah memaparkan hasilnya di dalam sidang terbuka ini untuk film merupakan proses yang cukup panjang yang sudah dilalui secara akademis sehingga sampai kepada ujian promosi Doktor

Itu samudra akan Selamat ya mudah-mudahan ini menjadi satu titik titik awal melakukan titik akhir di dalam pengembangan keilmuan karena dokter adalah eh harus memiliki beberapa persyaratan ya Nah karena itu saya ingin memberikan beberapa pesan pertanyaan ya Tapi ingin juga tertarik ya untuk lebih bisa mengetahui bidang kajian ini ya dan juga lokasi

Dengan kedokteran saudara promovendus tortues parizo mpd yang pertama The Doctor ini harus memiliki novelty ya bisa usah tanyakan menarik tadi ada pengembangan model pembelajaran mathematics in jabatan landing ya ini Penggunaan istilah juga saya lihat Sasak Cing ini baru zat cabaru Jadi Bapak berani untuk menyebutkan sebuah model ya disingkat Emil mpl

Kemudian yang kedua saya juga tertarik ini kemampuan komunikasi matematik enggak Kalau bidang saya bahasa maka ada komunikasi bahasa ya sebenarnya kalau dalam berbahasa itu kemampuan berbahasa itu ada pertama adalah menyimak jadi menyimak Kemudian yang kedua berbicara yang ketiga membaca keempat menulis tadi Bapak tampaknya mengkaji dari aspek membaca dan menulis

Pak Ya Ya Ya Ya terang simbol-simbol mathematics ya kalau yang menyimak dan berbicara nya Tidak dikaji Iya ditabrak generatifpada menulis kompos entalpi Pada membaca yang membaca simbol-simbol matematika dia kegunaan tanda-tanda matematik yaitu kemudian menulisnya ya ya Bro Ya baik nah yang isa tanyakan tentang modernisasi tertarik juga kalau model ini saya

Terapkan ya Misalnya di dalam pembelajaran komunikasi bahasa eh ke model pembelajaran bahasa ini penting jadi novelty bapak dalam independent learning itu Eh gimana Pak akan tampak tepatnya metodenya dari saya udah melihat bahwa ini pendekatan construction contract apa Isma kontrol konstruktivisme konstruktivisme ya terputus belajar siswa mengkonstruksi sendiri daya informasi

Eh literasi dan itu kemudian memproduksi nya dalam kompetensi menulis nah metode yang Bapak gunakan apa saja Pak Amir deret gunakan hati Upa pertama itu dengan diskusi memverifikasi pada di menemukan menemukan sendiri metode penemuan Kemudian dari penemuan itu kemudian didiskusikan wit.net diskusi selanjutnya dari diskusi itu dengan teknik penugasan

Enggak Nah ini kan sudah lama Pak batu by Nia dalam metode konstruksi konstruktivisme nah yang baru apa Pak terutama ini tadi kaitanya dengan jaring ya Ada aspek pembelajaran daring juga yang baru yang Bapak gunakan apa HK one ke baru yang gunakan adalah disini adalah pertama exploration dimana mahasiswa itu diberikan satu

Permasalahan dia mencari sendiri dengan materi yang diberikan dia mencari sendiri dengan kupu-kupu dia minta Lori online octopus sudah silakan kalau disini kami saya menyediakan modul sebagai bahan utama yang pokok modus juga sudah kami buat profilnya ada hasil Saya hanya punya sebagai model pembelajaran kemudian buku modelnya juga

Sudah kami buat di sini pak Tetapi kalau yang modus sudah USB tapi kalau untuk modelnya belum Oh ya Baiklah betul bagus Kemudian yang kedua apa tadi komunikasi matematis dalam aspek membaca simbol matematik ada nggak apa-apa memiliki kebaruan secara teoretik Aa kebaruan dalam membaca simbol matematik suatu hal dalam matematik simbol itu kan sudah

Universal Prof Jadi kalau lambang ini digunakan opini misalnya kalau lambang alpha beta gamma itu biasanya digunakan untuk sudut kalau abjad yang kecil a-b-c-d xyz itu digunakan untuk nama garis tapi memang dalam atau mati itu ciri khasnya seperti itu jadi masyarakat Tibet menghafalkan dan bisa menggunakan secara praktis untuk menyelidiki belum

Ada kebaruan cara membaca baru ya misalnya begini Pak saya contohkan ya Eh orang membaca misalnya pembagian yang sulit ya sudah dibagi kemudian ada tanda apa seperti ini Pak eh terus ada tanda udah di atasnya namanya tanda apa what Triad angkatan ya Ya pangkat-pangkat udah dia menggunakan cara membaca yang

Praktis misalnya kanan kekiri kekiri kekanan lah itu akhirnya bisa dia menuliskan dengan rumus baru gitu Ada nggak papa temukan seperti itu sementara Belum Kami temukan problem ya kalau ada luar biasa apa kali ini cara-cara dalam era sekarang ini perlu ada simplifikasi Pak bagaimana menyederhanakan simbol yang pelik menjadi simbol yang sederhana tetapi

Eh pemahamannya dimiliki ya ya tapi bawa cara membaca yang normatif ya ya oke kemampuan membaca simbol-simbol yang sudah ada ya yaitu sebagus sudah untuk mahasiswa dari maksud saya kalau ini era disrupsi mungkin ada Hai disuksi ya cara membaca khususnya Selamat pak ya Luar biasa juga saya bertanya karena saya

Tertarik ya Apa yang Bapak lakukan karena temuan Bapak ini juga bisa diterima difikasi diadopsi untuk bidang yang lain seperti saat seperti bahasa ya hebat selamat dan saya sampaikan terima kasih pada bakteri turpas asistennya Ya rokkaku ini yang terus memacu makin produktif mahasiswa untuk terus berkarya Pak direktur atau nuwun yang

Salam sehat partitur fc3 selaku sekretaris juga memuji satu dokter yumiati MSI ya Iya ketoprak ia kalau sama-sama Alhamdulillah rezeki proklamator jeruk ya kamunya udah punya kerjasama Hei ya waduh Udah dokter Mulyono MC singkong Salam sehat selalu ya Alhamdulillah sehat pak Mulya Zaini berproduktif daftar Eko Handoyo trimarta

Wd2 ya oke yes masih partai yellow dokter Rahmat MSI Pak Rahmat sehat ajaib yeah Mas Tunggul Rahmat mengajukan Profesor ya ngasih rejeki untuk perlu dibantu proses Oke situ iya iya kita harus siap-siap Hey sehat warga penguji lima ya Prof Dr Kartono MSC Alhamdulillah sehat siap Heart gets salam selamat menjalankan

Ibadah puasa Romadlon tolongin modem Prof Doktor let not Yosuke setiarno aneh sini ya road Eni selamat siang siapa aja nama praza masa ini proses ini akreditasi mau itu Pak Eko turun dari saya kita sih jadi enggak banget main road rezeki bawah ya itu Selatan macam-macam sibuk tapi kita lihat-lihat

Lain puasa Oh iya ya bener ya ya Prof Agus Monggo dilanjut ya Hotel Slamet berkas semuanya something wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh Makasih Pak rektor Monggo kalau melanjutkan acara yang lain Mereka surga menunggu acara yang lain lihat baik berikutnya adalah pertanyaan dan sanggahan dari para penguji dimulai dari penguji pertama

Doctor Jumiati MSI dipasrahkan Bu Yuni waktu maksimal 10 menit Iya eh bismillah Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullah wabarakatuh Terima kasih pimpinan sidang atas waktu dan kesempatannya eh sutamatamasu saya mengucapkan selamat kepada promovendus atas capaiannya sudah sampai pada tahap akhir ya untuk mencapai gelar kebanggaan yaitu dokter ya Pak ya dan juga selamat

Nda promovendus karena sudah mempublikasikan artikel 3 Ayah Tiga artikel itu capek yang luar biasa ya Pak ya ada yang satu sudah terindeks scopus ya satu untuk jurnal internasional 1 di Shinta saya lihat dari saya baca itu ya Selamat ya dan 2 buku-buku Oh ya dua buku ya itu

Patut disyukuri Pa itu luar biasa Aya Eh ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan pak ya Eh penelitian enggak Pak Iya itu dilakukan di perguruan tinggi ya namun nampaknya variabel-variabel yang diteliti itu juga berkaitan dengan pembelajaran matematika yang dilakukan pada jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah ya Nah

Pertanyaan saya ya bagaimana menurut ke promovendus Apakah hasil penelitian Bapak ya itu dapat juga diterapkan pada jenjang pendidikan di tingkat dasar atau tingkat menengah tersebut tidak Mohon penjelasan dari homogenous head Terima kasih Bu Menurut pendapat saya jadi matematik yang dipandang remeh ini bisa digunakan untuk semua jenjang pendidikan tergantung dari materi karena memang

Brilian Matematika IPA diajarkan sejak tingkat SD SMP SMA sampai perguruan tinggi sehingga Menurut pendapat saya ini bisa dilakukan untuk semua jenjang pendidikan tergantung menyesuaikan dengan mesin tak syntax dan perangkat pembelajaran yang digunakan itu Bu Oke termasuk ditingkat dasar Pak di SD Shakira Desa bukan sekarang dengan adanya pembelajaran secara daring site

Udah sudah bisa diberikan tugas-tugas yang Sara mencari eksplorasi yang mencari Nyari tugas Walaupun mungkin tidak secara daring tapi juga mencari dia di perpustakaan dari sumur-sumur lain bisa mengeksplorasi materi yang diberikan oleh turun sebagai tugas di rumah atau mungkin menyelesaikan permasalahan dalam kontekstual itu Ibu ia Oke jadi model pembelajaran yang Bapak kembangkan

Ini ya yang dikembangkan pada penelitian ini itu eh dapat memperkaya model-model pembelajaran yang sudah ada ya itu bagus ya Eh Bapak dan ini kalau bisa itu diterapkan untuk tingkat-tingkat yang lainnya jasanya di perguruan tinggi jika untuk Mengapa yah mengekspos ya Moyes hasil temuan Bapak ini ya Hai yakin oke yang kedua

Hasil penelitian eh dari bapak ini kan menyimpulkan bahwa model pembelajaran matematik independent learning ini efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa ya Nah sementara di dalam kelas itu itu kan kemampuan mereka itu kan beragam ya kemampuan matematis mahasiswa ada kemampuan matematis yang tinggi ada yang sedang ada yang rendah itu ya Nah

Pertanyaan saya apakah model pembelajaran yang disingkat mil ini itu dapat memaksimalkan potensi matematik mahasiswa pada semua level kemampuan tersebut yang tadi yang tinggi sedang dan rendah itu silakan yang terima kasih Hai jadi untuk model pembelajaran ini mana untuk komunikasi matematis memang ada mahasiswa yang komunikatif Asmat tinggi atau rendah sejak disini untuk

Mengakomodasi semuanya sehingga perlu dosen itu membuat tingkatan-tingkatan dalam mungkin kelompok soal gitu Jadi soal-soal itu apakah untuk kemampuan tinggi kemampuan rendah membuat sedang jadi itu mungkin bisa dibuat seperti itu Jadi untuk menghasilkan kemampuan tinggi itu bisa diberikan soal-soal yang lebih levelnya lebih tinggi itu pesawat gitu jadi siapin bisa

Jadi hanya pada Soalnya saja ya Pak Lalu bagaimana Pada pada saat proses pembelajarannya Onto proses pembelajaran Nanti disitu saling berkoordinasi mahasiswa yang kemampuan tinggi bisa membantu cuma Sista yang rendah dan seterusnya dalam bentuk diskusi sehingga diperlukan suatu kelompok diskusi untuk menyelesaikan suatu permasalahan sehingga saling saling membantu mahasiswa yang kemampuan tinggi bisa

Membantu komponen dah gas terusnya karena biasanya untuk masukkan kemampuan rendah itu itu kemandiriannya itu rendah sehingga mutu menyampaikan informasi biasanya malas-malas itu didominasi oleh mahasiswa yang kemampuan tinggi sehingga dengan adanya dijus kelompok maka akan meminimalisir tasih meminimalisasi tadi Kesenjangan antara masih Rachmawati Nggi rendah dan sedang seperti tipu oke Ya terima kasih selanjutnya

Eh Dalam proses pembelajaran Mi ini ya bapak itu bukan menggunakan mode modul ya modul trigonometri jalan tol nih Hai seberapa besar peran modul ini dalam pembelajaran Mi yah Mohon penjelasan jadi untuk modul Mas sangat membantu sekali mahasiswa dalam memperdalam pengetahuan Walaupun mungkin sumber-sumber yang lain bisa ditemukan di dalam Modul ini sudah ada

Satu kan suatu ringkasan materi kemudian ada contoh-contohnya dan penyelesaiannya kemudian ada latihan soalnya yang disegerakan sendiri gimana nanti soal-soal yang dikencani itu bisa di diskusikan dengan teman-teman dengan nada forum diskusi di situ jadi modus sangat membantu dalam pengembangan komunikasi matematis itu jadi artinya untuk model pembelajaran Mi ini

Si dosen atau nanti kalau misalnya diterapkan di sekolah-sekolah itu bagi guru itu harus sudah Yahoo modul ini gitu ya Pak ya ya Bu Jadi mungkin tidak dalam bentuk modul tapi juga bisa dalam bentuk out atau mungkin materi yang lain itu yang diberikan kepada siswa atau mahasiswa untuk bisa dieksplor materi

Yang sesuai dengan kajiannya jadi disini lebih mahasiswa memakai menggunakan modul tapi kalau bisa di sekolah yang SMA Kanada lembar kerja siswa di SD SMP SMA kan bisa mengeksplor dari lembar kerja siswa tersebut yang sekarang memang banyak dilakukan oleh guru-guru memberikan tugas-tugas yang harus diselesaikan dirumah masing-masing itu oke ya Eh pertanyaan berikutnya

Eh tadi sebenarnya sudah diem diulas dan sedikit tadi oleh Bapak cuma saya ingin perlu penegasan lagi dari bapak ini menurut Bapak kan Hai model pembelajaran ini baru itu ya Eh tapi saya ingin lebih dijelaskan lagi oleh Bapak ya apa sih sebenarnya perbedaan mil ini Ya dengan model pembelajaran yang diterapkan di UT

Misalnya atau di perguruan tinggi yang menggunakan kjdian akan di dalam di UT juga akan ada yang menggunakan modul gitu ya terus ada asinkron ada sinkron lalu yang tadi kata bapak perbedaannya dieksplorasi di model pembelajaran yang diterapkan di UT itu juga ada eksplorasi jadi saya tuh butuh penjelasan yang

Lebih detail lagi ya oke Apa perbedaan yang spesifik antara mil ini dengan model pembelajaran lain yang dilaksanakan di UT atau pembelajaran jarak jauh lainnya Silahkan Terima kasih Bu Jadi kalau saya juga pernah mengajar di UT secara online mungkin dari segi dan kalo.ga 8kali pertemuan ada tugas super dengannya kalau di sini kan untuk

Pertemuan di regular Kendati ada beberapa temuan misalnya sambil satu masalah satu masalah kan satu pertemuan itu ya bisa biasa kita berikan tugas-tugas dosen memantau kegiatan bisa secara online memegang secara offline karena online bisa menggunakan zoom atau menggunakan Google Maps untuk memantau kegiatan mahasiswa pada saat diskusi atau mungkin kegiatan yang lain

Adapun yang kegiatan yang non offline yang asinkron bisa melalui Google classroom harga Tissot soal jawaban mati diupload melalui Google classroom sementara kalau deute itu kan jawabannya Langsung di aplikasi itu saya kira begitu yaitu eh mungkin itu yang dulu ya Pak ya kalau misalkan tak ada MSG yang sudah

Loh ya MSG juga jadi emas siswa bisa melakukan diskusi dan sebagainya melalui MSDM itu gitu ya Bu Jadi itu yang kamu lakukan begitu Jadi bisa Sara mohon izin waktunya sudah habis oke ya cukup terima kasih ngomong Venus atas penjelasannya Terima kasih Bapak pihak pimpinan sidang saya serahkan kepada Bapak Terima kasih

Salamualaikum warna kulit batu Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh kasih Duyung I penguji kedua dokter Mulyono MSG dipersilahkan waktu maksimal 10 menit terima kasih pertama saya ucapkan selamat kepada promovendus yang hari ini telah mencapai tahap ujian terbuka hai pertama ingin saya tanyakan privasi dalam disertasi ini saudara permukaan dus mengembangkan model Mi pembelajaran Mandiri zat

Disisi lain adalah wajib juga mengungkap tentang kemandirian belajar Apakah model dan model yang dikembangkan dengan kemandirian to sebuah satu paket itu tidak bisa dipisahkan atau bagaimana Terima kasih Pak Dokter Mulyono ketakutannya jadi kemandirian belajar dengan belajar mandiri itu adalah suatu saling mengisi Pak Jadi gimana kalau mahasiswa dengan

Kemandirian yang bagus maka dia akan punya sifat dari blazer Mandiri yang yang bagus juga gitu jadi dimana untuk kemandirian belajar itu bisa dikembangkan dalam matematika di Bandar Lampung ini saya kira begitu berikutnya pengembangan ini harus memenuhi indikator valid paktis dan efektif dalam pengembangan ini menggunakan model pengembangan Kulon lima langkah ngerti

Mata seperlima fase-fase yang terakhir adalah fase implementasi pertanyaan saya apakah opengembangan ini dinyatakan valid praktis efektif itu sampai Bapak terakhir implementasi atau sebelum itu ya terima kasih jadi setiap langkah itu kan ada tahapan evaluasinya sehingga dari tahap flannery baathism desain realizes simple present tense evaluation and review revision dan integrasi setiap

Tahap ini adalah dilalui harus semua praktis semua valid dan seterusnya jadi ditabrak harus valid dan praktis sehingga nanti sampai akhirnya diperoleh suatu model pelajaran yang efektif lupa tutupnya SMA si ini oh ketujuannya dari judulnya itu terlihat jelas yaitu untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pendidikan maka dalam menyelesaikan masalah dalam pengembangan model

Word-for-word Al menurut Lido komponen salah satu komponen jala Hai dampak instruksional dan dampak pengiring terkait dengan judul ini ya judul disertasi yaitu pengembangan internal angka untuk meningkatkan kemampuan kopling mati meningkatnya kemampuan Komunikasi itu masuk dampak pengiring atau dampak instruksional mau rendahkan Menurut pendapat saya Karena disini sasarannya adalah meningkatkan komunikasi matematis maka

Kemampuan komunikasi matematis merupakan dan kain dampak instruksional Adapun dampak pengiringnya adalah kemandirian yaitu dimana dalam ini adalah tentang kedisiplinan tanggung jawab mahasiswa kemudian percaya diri itu adalah merupakan satu dampak pengiring dari model pembelajaran ini d saudara Bermuda telah menyampaikan tentang kelebihan dan kekurangan modal saudara perwindo terus mengembangkan model ini untuk

Memberi alternatif pada model yang sudah ada atau menutup telah telah dari model-model yang ada tamu percaya dengan lebih jelas terkait dengan kelemahannya tadi saudara menyampaikan ada comment mahasiswa peluang masa untuk bersantai dengan masa lain sangat terbatas ada juga kekurangan daringan internet pertama ini terkait dengan kemampuan komunikasi yaitu jalur Apakah ini

Hubungannya menjadi kurangnya kurang dulu karena masih ada kelemahan yaitu Sosialisasi pada tanggal terbatas sementara indikator kemampuan Komunikasi itu salah satunya ada komunikasi lisan maupun tulisan dengan pertama yang kedua terkait jaringan internet Apakah model ini khusus untuk yang online Siaran di belakang terima kasih Jadi dengan adanya dengan model ini independent learning untuk

Khususnya disini adalah yang online Pak jadi untuk pembelajaran daring disini peluang mahasiswa bersosialisasi dengan mahasiswi sangat terbatas ini kalau untuk daring tapi kalau Anto yang alluring ini tidak ada permasalahan berkaitan dengan jaringan internet ini juga bermasalah Hello dilaksanakan secara garing Tetapi kalau mitos secara luring itu tidak sebagai masalah

Klik bisa untuk oh selangkangan secara daging maupun ring ya betul ya berarti ini yang disampaikan baru sekali yang online kalau jaringan tetap deh kalau tidak Ternyata tidak ada masalah berikutnya Dalam penelitian ini adalah proyek tulus mengelompokkan kemandirian belajar dalam rangka apa dalam penelitian ini ADB kemandirian belajar sekelompok menjadi kemandirian belajar Pak

Berat ntar gua bilangin Pak pertanyaannya dalam penelitian ini ada dan kemandirian belajar kaitannya dengan pengembangan model ini pengelompokan ini dalam rangka untuk oh Baik Pak Jadi kemarin dia belajar masih satu ada yang tinggi rendah dan sedang hubungannya dengan penelitian ini yaitu berkaitan dengan belajar mandiri dengan belajar mandiri kaitannya dengan kemandirian biasanya

Menurut pengamatan saya itu kalau mahasiswa dengan kemandirian Blade tertinggi di Aku punya sifat belajar mandiri nya banget kuat itu jalan ini adalah untuk nanti supaya meminimalis meminimalisasikan mahasiswa yang kemandirian tinggi-rendah sedang itu supaya tidak muncul lagi supaya menjadi sama dalam belajar Matematika itu supaya tidak terjadi suatu pengelompokan seperti itu saya itu Pak

Asep Enggak ini kesimpulan itu cuma yang traktir bahwa model mil ini efektif karena udah peningkatan hasil kemampuan komunikasi Apakah dalam penelitian ini indikator efektivitas hanya peningkatan itu kalau peningkatan kan menurut bagian depan itu pengujiannya dilihat melalui uji game Apakah hanya ujit efektif itu dapat dilihat dari keterlaksanaannya jadi keterlaksanaan

Dalam pembelajaran Kemudian dari respon mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran didalam mempelajari to Bagaimana mahasiswa melakukan suatu proses pembelajaran itu device like pelaksanaannya tidak hanya dari uji secara kuantitatif juga dilihat dari segi kualitatif nya itu bapak Hai laki-laki cukup dari saya waktu saya kembalikan kepada ketua penguji Terima kasih

Hei Makasih Pak Mulyono lagu Jefri Good Doctor Eko Handoyo MC dipersilakan waktu maksimal 10 menit di pengasih Madrid tour beberapa usia sel mati ah parejo Selamat ya Pak Makasih bapak masih semangat ya Pak Semangat masih sudah menghasilkan artikel menghasilkan buku ini sudah lebih dari cukup bekerja bisa menghasilkan keluaran yang spektakuler

Selagi selama biasa mengapresiasi itu Iya ke itunya menarik Mbak ya pengembangan model pembelajaran Hai independen learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pendidikan matematika dalam menyelesaikan masalah yatim maksudnya adalah menyelesaikan masalah matematika bukan masalah Betul Pak jadi masalah matematika bisa menggunakan untuk berkomunikasi matematis jadi Bukan masalah bukan ngurusi minyak goreng naik bukan

Minyak goreng kelapa sawit pertamax naik y [Musik] teman gacor entah itu apa sih di kapalnya Pak kemandirian belajar itu termasuk percaya didengarnya itu apa indikatornya kemudian belajar indikatornya yaitu percaya diri mungkin tidak tergantung pada orang lain bisa menyelesaikan masalah sendiri tanggungjawab antaranya itu yang pertama dan sekolah tinggi lebih pentingkan

Kurang pede tidak naikkan kata-katanya rendah kurang pede orang apalagi itu yang dapat temukan di Pancasakti ayatul Pak jadi dari hasil angket itu masih pasar lihat dari mengajar di bafta lihat masih tetap masih kurang berarti karena Jadi kurang percaya diri kemudian menyelesaikan tugas-tugas juga penting menunggu dari yang pinter-pinter gitu

Orang pede kalau di Unes pikir itu tapi lakukanlah kemandirian belajar itu ada kaitan dengan input Dia mungkin bisa kalau menurut pendapat saya input juga dipengaruhi Hai karena kurikulum dari sekolah tempat macam dari ayam ah SMA daripada IPS Kemudian dari SMK dimana kurikulum yaitu sangat berbeda untuk pendidikan matematika

Gentle Skin Food input maskernya tinggi karena kecenderungan temannya tinggi ya Pak Ya betul Pak apalagi otot SMA di Eropa masih softlens itu kan banyaknya dari sekolah swasta macho banyak-banyak dari SMK Karena untuk yang baik-baik semua diterima di Ungu nespa mampu Bachsin Omega tolong dapat ditanya seorang Desa sukses

Itu apakah desain yang bisa meningkatkan prestasi mahasiswa yang ikut nya sudah tinggi ataukah dosanya bisa meningkatkan prestasi masa yaitu nya rendah melayani yang lebih baik yaitu infonya rendah hasilnya baik-baik Ya petinggi otomatis disetiap setinggi ya Pak ya jadi lebih lepas sudah bisa menghasilkan sendiri betah Oke Dede setiap Pak Dedy satu sepak itu

Manfaat detiknya Bapak manfaat teoritisnya yaitu itu bisa mengemudi kembangkan ke dalam pelaksanaan dan wilayah manfaatnya mulai blogoid a dari bidang studi lain Jadi memodel ini dapat dilaksanakan untuk pembelajaran bidang studi lain baik itu tingkat aspek teorinya mana yang bisa ditampilkan karena apa itu kedapatan mensintesis teorinya Agents teorinya yace atau siapa

Saja mau gitu ya jadi dari terbunuh itu kan ada juga Pak ada materi teorinya bruner maksud saya gini seorang Doktor itu kan seorang penemu founder ya foundation buah konsep atau konstruk yang Bapak Temukan Apa yang terkait dengan teori pembelajaran yang saya temukan yaitu Bahwa disini konstruktivisme dalam pembelajaran matematika sangat diperlukan yaitu kalau

Itu kan sudah lama berada ya Pak ya yang baru yang baru sintesis dari itu ada yang ada Bapak temukan berdasarkan hasil reda tempel jauhlah it jadi yang saya temukan itu jadi Teori ini tentang kontruktivisme tadi itu bisa atau meningkatkan kemampuan mahasiswa gimana dengan bereksplorasi yang mengkonstruk sendiri itu dia akan

Menemukan dan akan mengembangkan pengetahuannya sendiri oke independen Neng dengan self-regulation sama Enggak ini pada learning dengan strategi collection ama enggak HBD apa yang Jadinya kalau independen itu belajar sendiri belajar mandiri kalau save itu kemandirian itu sifat kemandirian beda ya mandirian Belajar bareng seberapa mandi satu penyebabnya Mandiri jadi sama-sama menteri tergantung dari

Tergantung dari tujuan nyala Jadi di-save ya kan ada sebuah buku-buku yang dibuat oleh Virginia itu juga menyampaikan tabligh gliserin tuh ya namanya juga untuk independen yang saya baca juga ada kalau disabled dulu Neng regards dibelah terlentang itu mungkin Mandiri itu ada yang sesuai dengan sesuai dengan tujuannya atau yang

Motif PT tuning berdasarkan motivasinya seperti orang belajar stir mobil ya Pak Iya mobil itu kan dia motivasi untuk bisa mengendarai itu karena motivasi tinggi sehingga ya semangka Tong susu saya apakah serviks kulitnya itu beda atau bagian dari inner hilling ya jadi benar-benar juga bahwa save learning itu bagian dari independen

Iya untuk bisa ha bisa belajar mandikan hari bisa mengatur Dicoba ya baik itu di video dia mengatur airnya waktu-waktu emulator motivasinya mengatur kelompok ketika mereka besar kelompok zat-zat oke lalu Mengapa Bapa ini di dalam eh mengembangkan kemandirian belajar menggunakan rumus ini ya Pak ada rekening ada expression ada sedikit

Lebih baik pakai itu itu untuk komunikasi matematik Bapak jadi otomatis mengembangkan yaitu ada Investigation dan matematika represent dimana dalam matematika itu Investigation mahasiswa itu mencari menemukan suatu permasalahan dari apa yang dalam permasalahan itu bisa mengidentifikasi rumus-rumus simbol-simbol permasalahan sehingga bisa menemukan rencana solusi untuk menyelesaikan suatu masalah tersebut kemudian terlihat seneng yaitu

Dari simbol-simbol tersebut mahasiswa bisa membuat memberi makna Hai setiap simbol dari simbol bisa dibuat sendiri dengan kalimat-kalimat sendiri jika sebentar suatu formula-formula yang bisa untuk menyelesaikan suatu permasalahan di lanjutnya ini dalam konteks kebijakan MB KM enggak pakai FB KM ini juga bagian dari upaya mengembangkan independen learning-mb KM yang terakhir MGM malam BKM

MTK mahi2 jadi pengembangkan Mandiri ya Jadi yang juga belajar kamu seperti itu ya Merdeka Pique Shakira itu Pak singa mahasiswa diberi kebebasan untuk melakukan suatu pembelajaran Mandiri Gimana bisa memilih materi disini juga bisa masih satu magang ke tempat lain seperti kemampuannya secara kemandirian seperti yang dilakukan di festival juga

Mahasiswa bisa memilih belajar kitab Allah bisa memilih tutorial Pak bisa Mirip ya Bisa Pak membeli dosen-dosen Oke milih mana yang disukai mungkin apa memilih dari ke kemampuan atau kesenangan pasta itu intinya dekat begitu agar lebih efektif dan lebih berprestasi banyak oke Pak selamat Pak Parjo nge-review Terimakasih bareng itu love X

Makasih Pak Eko memuji berikut Doctor Rahmat MSI diperkirakan ahmad al habsyi yang pertama Selamat ya Pak spends parejo mean knapa sih letaknya nah selama ini dengan ketabahan ya dan kesabarannya itu ya Sehingga sampai pada ujian kali ini saja Saya ingin bertanya ya verifikasi Bagaimana keterkaitan antara Sintak model mil dari matematika

Independen Ning dan indikator kemampuan komunikasi matematika yang telah dibangun yakni Investigation resmi dan matematik expression itu apa keterkaitannya bagaimana untuk semuanya Terima kasih Bapak jadi untuk kaitan antara indikator matematika yang tepat dalam Ning dengan komunikasi matematik Desa kira ada hubungannya dimana dalam matematika di Sada Investigation yaitu mencari sesuatu yang dalam pembahasan

Itu kemudian dalam komunikasi matematik tuh ada exploration lebih antara Investigation dengan exploration adalah bersama-sama kita menggali suatu permasalahan yang kedua dari seneng di dalam komunikasi matematik di dalam Mi itu ada tentang communication gimana menemukan suatu rumus atau menemukan satu formula dari hidrat or itu dari suatu ide Matematika itu akan berkaitan dengan komunikasi

Dengan communication Dimana ada hasil pada Mi itu Hai hasil pada Milito rumus-rumusnya tuh tak bisa dikomunikasikan dengan teman dengan diskusi dengan dosen atau bagaimana Ibu muryanti ketiga mathematics expression matematik dalam komunikasi itu berkaitan dengan evaluasi dimana mahasiswa dalam melaksanakan suatu permasalahan matematik dalam air palsu ratakan selalu menggunakan ekspresi matematika

Menggunakan rumus yang digunakan supaya dapat dilakukan menghasilkan yang terbaik hasil yang tepat begitu Bapak yang berikutnya dalam teori itu ada teori peace vygotsky bruder yang berkaitan dengan konstruktivis yang rapi ASI lebih banyak pada individu vygotsky pada kelompok gede sosial yang sebab bruner ya tenaga tektonik simbolik ya untuk Hai

Ketiganya itu yang dominan yang mana untuk pembelajaran Mi ini menurut saya yang cocok adalah di pelajaran untuk bruner yaitu adalah enaktif ikonik dan simbolik dimana dalam menyelesaikan suatu permasalahan mahasiswa harus bisa betul-betul mengetahui simbolik kemudian dan econic simbolik dan [Musik] enaktif Jadi enaktif gimana permasalah itu kan selalu berkaitan dengan simbol-simbol matematika akhir-akhir

Yang paling cocok adalah di bruner ya ngerti ah permasalahan yang diambil itu trigonometri dan yang salah satunya adalah yang balon Widya balon orang melihat dua kota dari balon yang searah begitu ya Pak Iya ngapa mengambilnya Itu balon ya tidak mengukur misalnya tinggi menara yang orang itu akan lebih kontekstual di daerah

Belitung Edi balon itu kan mungkin tidak naik balon itu ya itu tapi kalau di apa kontektual ada mengukur tinggi Menara lebar Sungai misalnya begitu Itu bisa nggak apa seperti itu bisa Bapak Jatim dalam trigonometri itu berkaitan dengan bisa mengukur cara mengukur tinggi hapsah memilih contoh balon itu hanya salah satu contoh saja

Yang disini balon udara patut saya Pak Bu Jadi beban balon ditetapkan tetapi balon udara yang bisa melihat kaitannya dengan sudut depresi itu memang untuk trigonometri bisa digunakan untuk di gedung bisa menggunakan sudut elevasi kalau melihat dari bawah juga bisa melihat dari atas dengan sudut depresi jadi lebar kita bisa menggunakan trigonometri dengan

Tetep pythagoras menggunakan aturan sinus aturan cosinus Nature satu bisa digunakan juga bapak Berikutnya ini dan ada juga berkaitan dengan kemampuan pemecahan masalah matematika indikator untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika itu menggunakan apa ya Pak yang promovendus lakukan ini kemudian kaitanya dengan [Musik] itu sekaligus ini yang kemandirian belajar itu kaitanya dengan

Komunikasi matematik apa kan Yang bukan dengan pemecahan masalah gitu Jadi saya kaitkan antara kemandirian matematik dengan komunikasi matematik karena kalau masih sepatu punya kemandirian yang baik dan punya rasa percaya diri dalam menyelesaikan suatu masalah tapi kalau untuk main masih punya kemandirian berarti biasanya ragu untuk menyelesaikan suatu masalah begini Bapak

Jadi yang sampaikan adalah bagaimana dia kepercayaan diri kemudian muncul Bisa langsung biasanya itu nunggu kalau yang Malau yang masih tak mau rendah diberikan pernyataan bertanya petani itu akan menunggu dari jawaban dari teman-teman yang punya kemampuan yang komunikasinya tinggi kalau dengan yang komunikasi matematika antara kemandirian dengan komunikasi kelihatannya gak DPT

Tidak disampaikan Apa itu ya berkaitannya Pak Wetan kemandirian dengan komunikasi matematis ya jadi berkaitan dengan komunikasi matematis kan di atau indikator book bisa menemukan simbol-simbol lambang-lambang menggunakan menyusun rumus kemudian bisa menyelesaikan permasalah menggunakan Bos itu kalah mahasiswa yang tidak punya kemandirian punya punya rasa percayadiri tanggungjawab ledakan mengalami kesulitan atau mungkin tidak percaya

Diri tapi Pak sehingga akan mengalami kesulitan tidak bisa menyelesaikan permasalahan yang diberikan segar begitu dan faktor-faktor yang mempengaruhi Komunikasi itu fokusnya pada sebut saja ide lalu kamar aljabar dan aljabar yang kurang itu konsep dan simbol Mengapa nyampat itu yang lain kan kemungkinan ada apa itu yang tidak sedikit kemungkinan

Jadi yang Kemungkinan dia bikin bisa menjelaskan secara tertulis Pak secara lisan Jadi punya kami tidak mengarah ada lisan nanya yang cocok Usman adalah cara tulisan dari yang belum terbagus adalah pada tulisan padalisan untuk menjelaskan mungkin bisa diteliti lebih baik yang berkaitan dengan secara lisan Bagaimana mengkomunikasikan matematika secara baik

Ya karena tidak mudah untuk mengeksplor kemampuannya ini sudah membangunnya dengan tadi kesabaran dan ketabahannya lalu memperoleh sesuatu temuan-temuannya tadi yang sekitarnya akan oleh penguji sebelumnya nah harapannya yang kedepan ini pak ke pemanfaatannya dari masyarakat yang lebih luas ya ya secara spesifik di kampus lalu mungkin untuk para siswa di

Sekolah tadi atau mungkin untuk secara nasional itu apa Pak rencana saya akan membagikan software kepada pertama teman-teman dosen gw segar Murni Jaya mungkin bisa sosialisasi melalui MGMP berguru guru matematika di kota Tegal dulu Pak sementara itu nanti supaya bisa menggunakan model pembelajaran ini ledakan saya mengatakan sosialisasi untuk melaksanakan model ini Pak nyata

Selatan seperti itu Saya cukup pak lama sekali lagi Selamat berkarya juga Terima kasih Bapak dokter obat baik Makasih Ahmad memuji berikut Profesor Doktor karton MSG digunakan rok waktu maksimal 10 menit ya siap Terima kasih pimpinan sidang yang sudah memberikan kesempatan pada saya untuk hai oh menguji saudara promo kindus ia Sebelumnya

Galtab kan selamat pada saudara promovendus yang sudah sampai puncak Avatar and progress studi di SPK nya sia Puncak progresnya jadi tinggal menunggu saja ketok Palunya ya mudah-mudahan nanti sukses itu baik Saya tertarik dengan tadi ya Rektor yang telah memberikan apresiasi dan klarifikasi e tentang temuan dari saudara pemukiman dus yaitu

Model pembelajaran yang sudah dikembangkan itu diberi nama Mi Mi tematik independen e-learning yang disingkat mi jadi memang bagus menarik Itu ada kakak independennya gitu ya tinggal rekor eh tertarik ya eh set lalu berpikir begini sangat mungkin model yang dikembangkan model pembelajaran yang dikembangkan oleh promovendus itu diadaptasi Jakarta sih Ya mungkin juga diadopsi

Oleh pengguna oleh pengguna yang tertarik begitu ya karena mungkin kesederhanaannya karena miliar hanya saja ketika saya melihat itu Modelnya adalah matematik independent learning kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia dalam pembelajaran yang pembelajaran pic yang bebas ya pembelajaran bebas pembelajaran Mandiri ya pembelajaran Mandiri mathematics ya kalau di grab duksi atau dihadapi adopsi oleh

Guru yang sepi dan maksudnya guru matematika enggak masalah Kidul Jadi mungkin bisa mengatur sendiri gitu tetapi ketika di Waduk si atau diadaptasi dengan guru yang atau pengguna yang tidak sebidang misalnya tadi Rektor mengatakan dari bahasa Indonesia itu ya lalu saya berpikir loh kalau bukan bukan matematik terus

Cocok nggak ya yang begitu nah dari sana Saya ingin menanyakan bagaimana halnya kalau yang menghadapkan si atau mengadopsi itu guru atau pengguna yang bukan sebidang dengan mag MP3 Adakah atasan khusus bagi mereka silakan Terima kasih rocker Tono dan timur berapa saya Model ini bisa diadopsi untuk pembelajaran mata kuliah lain atau

Mata pelajaran lain tinggal tergantung dalam pengembangan satuan acara perkuliahan atau Kalau di smp-sma adalah RPP nya rencana pelaksana pembelajaran jadi tuh yang disesuaikan Kemudian untuk modul juga disesuaikan kita harus modul tapi sudah saya jelaskan bisa menggunakan lembar kerja siswa kalau tingkat menengah pendidikan dasar menengah Arman disekolah-sekolah sudah dikembangkan baik tersedia bukunya

Kemudian lembar kerja siswa nya saya kira itu bisa diselesaikan dengan model ini tergantung dari nanti menyesuaikannya dengan konsentrasi internet ada di dalamnya sintaknya Kanti Ia menyebut matematik disitu Itu exploration communication dan evaluation jadi sini kalau bisa dikembangkan untuk mata kuliah atau mata pelajaran yang lain Kalau memang ada guru atau dosen mata

Kuliah berminat begitu perahu ya dengan demikian menurut saya pemberian nama itu justru Agak merugikan penemunya ketika ingin disebarluaskan pada yang tertarik Kenapa saya katakan merugikan karena sudah dibatasi seolah model Itu khusus untuk bidang atau pembelajaran matematika begitu kalau seperti itu saya bisa ini ya menyarankan Kenapa modelnya tidak independent learning

Model gitu jadi model pembelajaran mandi di begitu kalau seperti itu kan berarti nanti bisa-bisa tidak hanya terbatas pada orang kan terus lalu ok kalau begitu tidak tidak terpeta kita Ia ini kelihatannya ini khusus Matematika itu kalau misalnya tidak ada kata matematik independent learning nya tetapi independent learning model Kalau dipasang jenis ganggang

Model pembelajaran independen atau Mandiri itu menurut saya lu ya tapi ndak papa ya kalau ini beda klenteng itu saat ibuku sudah ada properti sudah ada yang menulis tentang ini pandangan yang sudah ada ya terserah wong kene banget Oke saya mengambil keputusan karena saya bedanya mathematics hingga Agustus tapi

Sintaknya tidak saya batasi untuk khusus kepada mati cintanya masmu ku medis ini mungkin bukunya masih bisa dikembangkan nanti untuk model-model yang lain namanya mungkin perut Ya saya mau menafsirkan mengode mil ini cocok benar ya untuk melatih atau membiasakan anak-anak untuk berusaha sendiri berusaha sendiri sehingga cocok kalau kemandirian belajarnya itu

Nanti akan tumbuh dengan pesat menurut saya gitu lalu Pertanyaan saya kalau dilihat dari syntax-syntax nya itu ada ada tiga aspek kalau ndak salah ya ya exploration communication Revolution salah satu syntax misalnya ya communication kegiatan Apakah disini Hai itu yang menumbuhkan atau yang bisa meningkatkan atau ya meningkatkan dengan pesat atau

Menunjukkan dengan pesat kemandirian belajar peserta didik ya Jadi untuk communication setelah mahasiswa atau sih satu melakukan suatu penyelidikan penemuan dari yang dia tahu kemudian bisa mengkomunikasikan berkomunikasi komunikasi sini di sini bisa memperkuat kasih dalam matematik yaitu memberikan suatu makna dari temuan itu simbol-simbol dikomunikasikan seperti misalnya kalau diberi masalah tadi tentang terampil gonometri

Tentang sudut elevasi dan sudut depresi itu kan perlu dikomunikasikan dia jadi di mana komunikasi tentang Mencari makna dari depresi dan evaluasi tadi selanjutnya juga bisa dari temuan itu disesuaikan dengan teman-temannya dari permasalahannya ditemukan tadi bisa didiskusikan baik dengan teman pintar ada kesulitan bisa ditanyakan kepada guru atau atau tutornya misalnya kalau

Dalam tutorial jadi komunikasi disini adalah mengkomunikasikan hasil dari temuan pada saat melakukan eksplorasi begitu Bro satu lagi masih di Divine tak model Mi yaitu community on ya di communication itu itu kan kebaruan dari penelitian pengembangan model itu kan terletak di isin takia langkah-langkah disimpan itu pertanyaan saya eh Hai langkah-langkah disinfect communication itu

Teori pendukungnya apa saja dan Oleh siapa ha communication ini communication adalah dari a communication disini kami ambil dari komunikasi matematis itu dari nctm tahun 2009 dari Sumarno 2013 tentang untuk komunikasi matematis tadi dari kedua pendapat itu saya merangkum menjadi menjadi tiga komentar Fitrah emoh ah exploration komunikasi dan evaluasi

Cukup-cukup dari saya saya kembalikan ke ketua sidang Selamat ya terima kasih mulut Parjo eh makasih bro Kartono penguji terakhir Profesor Doktor renard Kyle sugesti Ano MS dipersilahkan Bro pake maksimal 10 menit deh motor Wulan kesempatan punya Origin semuanya Bersama umum yang lalu bilas Indonesia empuk siapa so dipersilakan kalau babi yang dari pekat

Mama sihat yang tersisa lanjutkan aja kekayaan tak air tayang saya aneka coba pra-musim teorinya roti-roti setiap singkat gengsi harus aja kali beberapa Sinathrya langkahnya gile 30 masing-masing punya ya aja Nanti aja lah terus kan gini Ok khususnya temuan itu yang tadi semua terfokus pada temuan model pagar pencegahan ode2 temuan ya semuanya

Politropis dulu ketemuan kemampuan komunikasi matematis itu enggak belum terekspos di ini juga cuma Selayang Pandang pakai utamanya itu apa temuan ke MK itu yang muncul secara berurutan yang Mi kan belum loh ya belum siap ada kaitanya enggak sih antara temuan pertama dengan Mini model ini ha kaitannya ada bro karena mudah

Pertama itu sebagai landasan untuk menemukan permasalahan yang akan dikembangkan Jadi yang pertama adalah menemukan faktor-faktor penyebab setelah d penyebab kemudian apa model pembelajaran yang cocok eh belum pulang belum baru Cinta dari berkemampuan berpikir matematika kemampuan komunikasi matematik yang top komunikasi matematis tanda tiga tadi yaitu Investigation kemudian rekening dan

Megang er itu yang dimantapkan dulu mesinnya jadikan kalau itu kan mohon dulu ya sampai itu dilakukan staf kedalaman secara kualitatif ya Dek masih bertahan sampai Mutia tinggal makin luas buruan tak setiap kalau tidak langkah maupun saya kira sudah tidak terlalu mungkin ya ternyata remaja itu adalah setiap

Langkah tadi jamnya tak ada sub-nya ya terjadi tahapan bapelle beli ada ya resepnya tadi ya maaf ya betul itu adalah sebagai dasarnya hanya tadi dalam rangka Mencari model salah satu kalau Pak membuat suatu model mulai jaran itu kan ada tujuannya disamping mempunyai sintaknya aja harus model itu dibangun nah salah satu walaupun

Sosial Jampang apa namanya ke berguna keberterimaan listriknya profesi itu saja tetapi juga ketiga tujuannya apa yaitu untuk meningkatkan kemampuan jadi muda itu masih itu Nah kalau ditanya program tolong tadi itu adalah Apakah nanti bisa diterapkan yang lain betul-betul penelitian butuh satu pendalaman tadi mau singkong ya karena lingkupnya

Adalah kacamata kuda dipasang ini Mama di bidang matematika jadi model ini sudah feat sudah fitting efektif ya efektif karena ada uji F kita pakai juga Uci keberterimaan Semoga aja enggak ya enggak nguji keberterimaan ya ndak percaya jika proyek itu Ya sebenernya sih lebih-lebih mundur di belakangnya efektif dipraktekkan langsung dilapangan

Menunjukkan baru mempraktekannya di Matematika itu sendiri jadi tidak apa namanya tidak serta-merta Model ini bisa diterapkan yang lain seakan-akan Allah Widya tapi membutuhkan sesuatu nanti model pengembangan kalau mau menjadi model ya Jendral itu masih saya jadi model hilang lele lingkupnya kalah berbeda Nah sekarang kalau udah ketemuan Tadi ya setiap

Langkahku menjadi setiap kita kemarin SY wisata di Purwokerto menekankan ya nanti kalau masih yang gak lengkap setiap itu loh kalau ditambahin ngebet yang apa namanya mesin tapi yang update Jangan kajiannya nanti yang 19 yang jadul jadul ya ada yang jadul jadul Nggak dicoba angetin saya belum sempat baca yang kecil-kecil

Tapi kan surat-surat Bekasi ya aku sukanya ya ya berbagai semua ya sekarang kalau sudah menemukan temuan Iya ketemunya cukup lumayan bagus Nah sekarang janji Pak joding kalau sudah nanti saja Nyatakan sebagai the area sebagai Doktor itu artinya kalau dia janji Emang jatuh diujung pensione ya nanti masih mau berkarya Kak melebihi

Mau gini gimana nih mau jualan temuan ini adalah Pak Bagja itu adalah ekspor di dalam pizza kemampuan komunikasi waktu Bagaimana matematika atau infeksi kuman Rektor juga ya Komunikasi itu saat kita terlelap dengan bahasa Nah kalau enggak ada bahasa kayaknya komunikasi Nah ini kan mau komunikasi matematika spesifikasinya itu adalah wujud

Karakteristik itu kemudian nanti modelnya dalam rangka belajar kan supaya Bagaimana anak ya sekarang dengan kondisi jaring sekarang dengan kondisi apa namanya Kalau pandemic iya kan ini adalah sesuatu yang sangat bagus untuk dijual dalam terapeutik telapak sudah punya pengalaman Bagaimana di ut ut tekan adalah andalannya mau belajar mandiri sekarang kalau bagi anak-anak

Yang nanti otomatis tadi kondisinya gimana semangatnya untuk nanti mau apa Coba setelah lulus siap rap jadi setelah lulus ini saya akan memang mendekati pensiun tapi saya siap untuk melakukan aktivitas hidup segala Pak Jadi siap untuk Hai berkarya dalam matematika kemudian mensosialisasikan matematika type none dan mengembangkan kemampuan komunikasi matematis tok ya

Karena apa yang ada modulnya sudah hebat bulannya itu mungkin hanya pendekatan-pendekatan ya dinas dengan tinggi nanti sekolah disesuaikan sedih kalau seandainya nanti diminta sebagai Dosen lagi apa masih di saya di Ups itu masih sanggup atau kemerdekaan tidur garsagose tidak sanggup untuk bisa melanjutkan untuk berkarya di pendidikan matematika Facebookan untuk mengembangkan saya kita

Semangat masjid untuk persembahan untuk 7 saya sesuai tengah itu tangki ratus Akhirnya saya menikmati kemerdekaan itu dapat dijatuhkan dan sangat semua khasiat dan jihadnya sipenulis ya satu artikel ini nanti mas begitu list sudah menemukan model tetapi belum dicerna kan Nah mesin masih bertanggung jawab setelah tidak saya bimbing akhirnya aku jambret

Tetap minta bimbingan jurnalnya Madya ujian sudah menjadi Brazil itu Ya wajarlah bila tidak pintu ruangan itu loh tapi ini Baik saya kira cukup dari saya kembalikan waktunya Hei Nah dengan demikian maka pertanyaan dan sanggahan penguji ujian promosi Doktor selesai ya dua penguji noda ujian untuk memberikan waktu kepada para penguji melaksanakan rapat yudisium

Untuk memberikan waktu kepada tim penguji dalam menentukan hasil ujian dengan ini ujian promosi Doktor atas nama saudara Drs parizo mpd dinyatakan ditunda dapat dicium dipimpin oleh ketua penguji i Hi Ho Hi Ho Hai ujian promosi Doktor pendidikan dilanjutkan kembali ketua penguji membuka kembali ujian promosi Doktor pendidikan ujian promosi Doktor pendidikan atas

Nama saudara Drs parizo mpd menyatakan dibuka kembali Berikut saya bacakan berita acara ujian disertasi tahap kedua pada hari ini Selasa 12-12-2012 dua dibaca sarjana Universitas lebih Semarang pun Hai telah diselenggarakan ujian disertasi H2 atas nama saudara Drs parijo mtj pada program studi pendidikan matematika S3 pascasarjana Unnes dengan disertasi yang berjudul

Pengembangan model pembelajaran mathematics independen independent learning untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa pendidikan matematika dalam menyelesaikan masalah setelah dilaksanakan hujan dan dilaksanakan rapat penguji keputusan tim penguji menyatakan bahwa saudara Drs farij MP3 dinyatakan lulus sebagai Doktor pendidikan Hai daftar parizo adalah Doktor ke 717 lulusan Unes atau Doktor ke-19

Lulusan Prodi pendidikan matematika S3 pascasarjana Unnes dengan masa studi lima tahun 70 an karya ilmiah disertasi diberi penghargaan dengan nilai a sehingga IPK menjadi 3,75 hasil akhir ujian promosi Doktor pendidikan dengan predikat kelulusan sangat memuaskan atas nama ketua penguji sekretaris gagal total gusnul yakin nyinggung pembacaan selesai ketua penguji mempersilahkan promotor

Untuk menyampaikan kesan dan pesan promotor di pusat persilahkan menyampaikan kesan dan pesan Baik terima kasih atas matanya begini 2thn pala menembus semuanya ijinkan saya menyampaikan Beat kesan dan pesan selama bergaul dengan bapak Doctor parejo MPC jahat dengan ekspornya adalah di Kemampuan kemampuan komunikasi matematika dan model mi mi bukan mileya

Magis makhluk yang punya Well nanti malah bahaya pertama-tama Saya ucapkan selamat pada dokter parijo yang telah berjuang berdarah-darah betul ini di dalam rangka menyelesaikan Khan untuk meraih prestasi dokter ini dan kini waktunya telah berhasil dan yang kedua Saya ucapkan selamat terutama pada keluarga ya istri anda tercinta yang saat ini 9ping Ibu parejo

Sukses dan juga pajak warga ya anak cucu Saya ucapkan selamat bagi yang telah mendukung pada pekerja setelah menyelesaikan studinya Berikutnya saya juga ucapkan hapus lama juga kepada-nya lembaga yang rekrut ama Rektor Universitas Pancasakti Tegal decamp produsen-produsen asal Jalan terutama di PS telah mendapatkan selalu tambahan flip-up dari Ups ya selalu 81

Tambahan dokter Ya udah nanti basket profesional gymnastic gunakan ya Eh nggak bales itu adalah 64 tahun yang lalu itu lahir di Kutoarjo ya adalah sosok yang ke-16 sangat oncom yang tinggi Isya lihat ini menyelesaikan studinya SD sampai SMA itu buka jos satunya dikit Semarang ya sebangku dengan saya terbalik Jadi sebetulnya

Sangat dengan saya berpangku yang sama-sama ketemu kemudian s3nya dilanjut s2nya dilanjutkan cium ya entas Negeri Malang Blend balik ke s3nya ini ketemu lagi tetapi beliau sudah selesai menjabat di ketua upbjj UT Semarang Lia juga mengajar di Aamir dosen di UT juga ketemu lagi stiker ketemu lagi lebih ketemu lagi nanti setelah lulus

Ini mungkin ketemu lagi dalam bentuk kegiatan kesehatan itu yang saya harapkan lah sedih sahabat saya CS saya Halo percaya ya jadi makanya balesnya agak tebal saya tapi saya sih malah sangat akhirnya Parjo karena itu bekerja Memang sekarang dari dosen Ups ya dulu Emang beli atuh buru sp-2000 SPG ya Lulus begitu rezeki

Kemudian SPG bubar terus jadi utama melimpah si utte h1t cukup lama-lama ingin cepat-cepat kesini melimpah di PSK dalam kemudian nanti sudah noblia adalah lama hidup cecak Baik saya kira itu apalagi nama keluarga cegah punya Putra tiga dah sukses semuanya dayang jadi dosen ada yang jadi dokter ada yang jadi Abang Katakanlah

Sejujurnya berapa Pak Jo satu Prof Thomas begini besoknya lagi tambah ini keduanya masih sama saya Satria Oke itu apa namanya latar belakang waktu jadi semangatnya walaupun umur segini lebih lifelong hidup dicegah jadi pernikahan itu seumur hidup Sehingga enggak perlu kita apa-apa ya tapi emang paling utama nanti mungkin persembahan Pak Dedek dokternya

Dibilang untuk cucu saya saya pastinya masjid setelah itu digunakan udah terbayar karena rezeki perhatian beliau terhadap sistem pendidikan yang teruji bidang pendidikan matematika setiap belajar matematika ini memang sosial Maya kemandirian belajar yang mestinya apalagi sekarang dengan daerahnya Eropa lebih itu karena sangat apa namanya butuhkan Mandiri belajar

Kalau masalah saya melalui tua dan guru les tergantung dari orang lain bagaimana membawa kemandirian belajar nanti dibawa ke baja menjadi kita sehingga nanti habis tadi nelpon ke bosnya yang jelas profesi untuk bapak tipes dan jangan pernah berhenti terus melakukan layanan Jordan masih terus untuk berkarya berkarya dan berkarya

Akhirnya saya pribadi telah lama bekerja bersama Pak Jo mulai dari jahe 1-77 ini hal-hal yang kurang berkenan kalau ada hal yang ini kita selama bergaul Maaf mensucikan dan sukses amat dong kasihan melihat wajah Gowa Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam warahmatullahi wabarakatuh ujian promosi Doktor dirikan atas nama Doctor parejo MP3 ditutup oleh ketua penguji

Alhamdulillahirobbilalamin dan dengan seizin Bapak Ibu serta hadirin sekalian ujian promosi Doktor pendidikan atas nama i dokter parijo secara resmi menyatakan ditutup dikasih Alhamdulillah selamat paparizzo PT rezeki lahirkan dengan pemberian ucapan selamat ucapan selamat diawali dari ketua penguji eh atas nama ketua penguji dan sebagai sekretaris mengunci Saya mengucapkan selamat kepada Doctor marijo

Amin makasih Rejo Indonesia yang ke-64 64 meraih gelar akademik tertinggi sebagai Doktor mudah-mudahan perairan kelar ini makin menambah berkah live saudara buat keluarga dan buat lembaga tempat saudara bekerja Nda selamat pada ibu Ane Trias ciani mm istri Bu Eh hydro Pak Doktor Parjo ini Bu Asri usianya berapa Pak Parjo ha

Istri-istri istri bapak usia berapa Jangan tanya istri langsung dijawab usianya 7 8 58 5858 udah tanya istri apa [Tertawa] yang kepada putra-putra Pak Parjo Mas Gilang merupakan MSI ya dan yang lain kemudian lama terima kasih yang Pak Subandi Pak Andreas Safar Andes A Doctor Her Herdi mp3pak Ibu Christie Liani Ibu

Mujiasih Pak Budi Cahyono uh Italia dan amazar kredit Selamat ya Pak Harjo Pak Doktor Banjo paterson Prof ya kemudahan gelar doktor ini dia pensiun masih tetap hanya punya gelar doktor masih bisa di Saya bekerja di tempat bapak sekarang bekerja dan dan mudah-mudahan makin berkah dan memperlambat bagi sebagai

Banyak tidak selagi Selamat pak terima kasih assalamualaikum berkekuatan Terima kasih prov.diy Lanjutkan oleh dokter yumiati MSI ya Terima kasih saya ucapkan selamat kepada parizo dan keluarga Bapak Doctor parizo MS M.Pd ya dan keluarga atas gelar yang diraih oleh Bapak ya semoga ilmunya bermanfaat hasil penelitiannya dapat memperkaya khasanah ilmu pendidikan matematika ya

Khususnya dalam pembelajaran matematika dan pembelajaran jarak jauh ya Pak ya dan semoga ini dapat dikembangkan lagi ini sebagai temuan bapak yang bisa diekspos lebih luas lagi Oke terlambat Terima kasih bu Yati Terima kasih Ibu dilanjutkan oleh dokter Mulyono MSI sama Pak Rizal Kwala juga untuk keluarga Bapak serta institusi Bapak tempat Bapak

Melati yaitu vs atas prosesnya studi S3 dan hari ini sudah membeli gelar doktor semoga ilmunya barokah parejo dan terima kasih makasih Bapak dokter Mulyono bagian selalu bersama keluarga besar lagi selamat Depag ih Adul Terima kasih Bapak Eko kasih Bapa dilanjutkan oleh Doktor versi Persib kalau waalaikum warahmatullah wabarakatuh waalaikumsalam warahmatullah

Wabarakatuh Selamat ya Pak Dokter parejo mpd pertama kali menyebut dokter akhirnya dan selamat pada namanya siapa namanya ini Bapak Ibu Aditya Sutri asli mm mereka depannya ya DM putra-putranya itu semuanya dengan Adobe aja ya Pak Anggun hanyalah aku lain lucunya juga pakai Arab ditujukan beserta keluarga dan juga warga semua dari

PS yang selamat soalnya dan juga menurunkan kedepan komunikasi bisa berkembangnya dikembangkan komunikasi dalam pun tak rasional kita mengkomunikasikan suatu kecerdasan nasional kemudian ada kecerdasan yang berkaitan dengan emosional dan kecerdasan yang berkeadilan dan religius Hai yang di bulan Romadhon ini berkaitan dengan kecerdasan religius semoga Bapak keluarga menjadi ya khususnya apa ini ya

Menjadi yang beriman gitu Ya emang aku siapa menjadi ilmuwan yang beriman dan berilmu atau yang disebut Ulul Albab dan kembangkan Terus yang berilmu beriman beribadah demikian selamat sekali lagi kepada dokter parejo mpd beserta keluarga kinerja assalamualaikum warahmatullah Makasih Bapak Ahmad Kartono MSI sepertinya sudah siap pak Kartono Ya sudah lift

Baik dipersilahkan kembali Profesor Doktor NaCl sukses piano MS ya tadi saya udah mengucapkan selamat dan sukses Hai semuanya selalu terjual untuk selanjutnya jelasin juga sih bro dan kepada bapak-ibu tamu undangan dipersilahkan untuk memberikan ucapan selamat

Sobat Pascasarjana UNNES, Info tentang #Ujian #Terbuka #a.n #Drs #Paridjo #M.Pd #Program #Studi #Doktor #P.Mat ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 01:57:01 detik.


Begitulah sekilas tentang Ujian Terbuka a.n. Drs. Paridjo, M.Pd., Program Studi Doktor P.Mat yang telah dilihat oleh 172 penonton, semoga dapat bermanfaat until kita semua. © Pascasarjana UNNES 7021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *