Ujian Terbuka a.n. Drs. Mafrukhi, M.Pd., Program Studi Doktor IPB

2023-07-24 17:05:17 02:02:33 Ujian promosi Doktor pendidikan sekolah pascasarjana Universitas Negeri Semarang Senin 24 Juli 2023 atas nama saudara drsruki mpd dimulai ketua penguji dan tim penguji memasuki ruang ujian hadirin dimohon berdiri hadirin dipersilahkan duduk kembali ujian promosi dokter pendidikan dibuka sekretaris menguji melaporkan kepada ketua penguji bahwa ujian promosi dokter pendidikan atas nama saudara Drs

Bapak direktur yang Cendikia Bapak dan Ibu penguji yang sangat terpelajar para undangan yang terhormat Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Dengan mengucap syukur alhamdulillah pada hari ini Senin 24 Juli 2023 ilmu pendidikan bahasa S3 sekolah pasca jarak Universitas Negeri Semarang mengajukan saudara Drs untuk dapat diujikan disertasinya yang berjudul hegemoni kekuasaan dalam wacana sastra

Buku teks bahasa Indonesia SMA dulu saya laporkan kepada bapak Rektor bahwa Venus telah menyelesaikan semua perkuliahan setelah menjalani beberapa tahapan pengujian disertasi sebelumnya di sekolah pas acara Unnes sehingga memenuhi syarat untuk diujikan disertasi ini Oleh karena itu saya mohon Bapak Rektor selaku penguji untuk membuka dan sekaligus pemimpin ujian disertai secara resmi

Akhir kalam Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Baik terima kasih bismillahirrahmanirrahim assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam selamat pagi semangat pagi salam sejahtera untuk kita semuanya salam kebajikan yang saya hormati dewan penguji yang amat terpelajar yang saya hormati Saya doakan saudara promo vendos sebelum ujian saya buka Saya ingin bertanya beberapa pertanyaan pertama hubungan Pak rektors yang ada

Acara yang tidak bisa diwakilkan maka untuk ujian ini beliau mewakilkan kepada saya selaku untuk membuka sidang ini apakah saudara bersedia diwakilkan tersedia nama lengkap Drs Ma’ruf judul disertasi sarana representasi ekonomi kekuasaan dalam wacana sastra buku teks bahasa Indonesia SMA nama istri sehat ya kalau sudah lupa nama istri itu sudah berbahaya ya

Saudara sehat ya sehat alhamdulillah Apakah benar karya ilmiah yang hari ini diujikan adalah karya ilmiah saudara sendiri Benar benar Silahkan baca dan tangani surat pernyataan keaslian tersebut pernyataan keaslian dengan ini saya nama Mas Sugi NIM 020161 8024 program studi ilmu pendidikan bahasa S3 menyatakan bahwa yang tertulis dalam disertasi yang berjudul

Sarana representasi hegemoni kekuasaan dalam wacana sastra bahasa Indonesia SMA ini benar-benar karya saya sendiri bukan ciplakan dari karya orang lain atau pengutipan dengan cara-cara yang tidak sesuai dengan etika keilmuan yang berlaku baik sebagian atau seluruhnya pendapat atau temuan orang lain yang terdapat dalam desertasi ini dikutip atau dirujuk berdasarkan kode etik

Ilmiah atas pernyataan ini saya secara pribadi siap menanggung risiko sanksi hukum yang dijatuhkan apabila ditemukan adanya pelanggaran terhadap etika keilmuan dalam karya ini Semarang 24 Juli 2023 yang membuat pernyataan mafruki di atas materai Pertanyaan selanjutnya Apakah saudara Sudah siap mengikuti hujan Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim ujian promosi Doktor pendidikan

Saudara Drs mabruki mpd secara resmi saya nyatakan dibuka saya perlu memperkenalkan Susanti penguji yang akan menguji Saudara pada hari ini dan tentu saudara Sudah kenal makin kenal penguji tentu makin Cemerlang keilmuannya ya terdiri dari ketua pusat dokter smartono MSI Rektor Universitas Malang sekretaris [Musik] anggota penguji satu Doktor Muhammad Rahmadi m.hum siap

Doktor Muhammad yang sudah jauh ini dari Solo ya ya kemudian penguji dua Profesor RM Teguh supriat Supriyanto [Tertawa] Widianto mpd PC penguji 3 ini yang baru penguji 4 Doktor muhdayin MSI ya pertanyaan ini singkatan Muhammad apa bukan singkatan ya ini seperti mertua saya juga begitu muhdarum saya tanya Apakah singkatan bukan memang

Sesungguhnya barangkali dulu ya singkatan ya tapi karena mertua ya saya Iya saja penguji ke-5 sudah siap ini belum 40 hari ya jadi Pak mabruk dapat berkahnya pulang dari haji masih didampingi malaikat untuk berdoa terlebih dahulu kita semuanya silahkan saudara menyampaikan isi disertasi secara singkat maksimal 15 menit ya tidak usah tergesa-gesa tapi

Komprehensif silakan Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Bismillahirrahmanirrahim Izinkanlah saya akan mempresentasi hasil disertasi yang saya tulis dengan judul sarana representasi hegemoni kekuasaan dalam wacana sastra buku teks bahasa Indonesia latar belakang buku teks merupakan komponen penting dalam KBM dalam buku pelajaran memiliki tujuan dan implikasi karena ini merupakan produk kebijakan politik pendidikan pemerintah

Penulis buku teks umumnya secara tak sadar melakukan hegemoni melalui wacana wacana yang dimaksud adalah wacana sastra dalam buku teks SMA dan berikutnya hegemoni yang diteliti adalah kekuasaan identifikasi masalah seluruhnya ada 6 kemudian cakupan masalahnya yang pertama klasifikasi kosakata dalam hegemoni kekuasaan yang dikonstruksi wacana sastra pelajaran bahasa Indonesia SMA

Yang kedua elemen intrinsik sastra dalam hegemoni kekuasaan yang dikonstruksi wacana sastra pelajaran bahasa Indonesia SMA dan yang ketiga praktek sosial ekonomi kekuasaan yang dikonstruksi wacana sastra buku teks bahasa Indonesia SMA perumusan masalah Bagaimanakah kosakata digunakan untuk mempresentasi kekuasaan pada wacana sastra pelajaran bahasa Indonesia SMA yang kedua bagaimana jenis elemen intrinsik sastra

Yang digunakan untuk mempresentasi kekuasaan dan sastra buku pelajaran bahasa Indonesia SMA dan yang ketiga Bagaimanakah praktek sosial yang terdapat pada wacana pelajaran bahasa Indonesia SMA tujuan penelitian yang pertama menemukan penggunaan kosakata untuk mempresentasi Kemuning kuasaan dalam wacana sastra pelajaran bahasa Indonesia SMA yang kedua menemukan penggunaan jenis elemen intrinsik sastra

Untuk mempresentasi hegemoni kekuasaan pada wacana sastra kerajaan bahasa Indonesia dan yang ketiga menemukan penggunaan praktik sosial lebih memilih kekuasaan pada wacana sastra pelajaran bahasa Indonesia manfaat penelitian yang pertama bagi pemerintah hasil penelitian ini menjadi informasi penting tentang hegemoni kekuasaan yang tersirat dalam wacana sastra Buku terbuat dari bahasa

Indonesia SMA bagi penulis buku teks hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam memilih tag yang tepat untuk pembelajaran bahasa Indonesia di SMA bagi guru hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk bahan pembelajaran sastra lebih variatif dan mendalam dan yang keempat bagi siswa dan ini dapat dijadikan sumber mempelajari harga

Kekuasaan dalam wacana sastra di SMA kajian pustaka mengambil dari penelitian Santoso tahun 2012 kemudian Mustofa 2014 Wahono 2018 Utomo 2018 dan dinastiti 2016 kerangka teoritis kerangka teoritis meliputi analisis wacana kritis kosakata kemudian ragam sastra hegemoni kemudian konteks kekuasaan dan buku teks kemudian analisis wacana kritis yang digunakan adalah model Norman fire clock yang

Mengatakan bahwa Teks itu terdiri atas tiga domain yang pertama adalah Teks itu sendiri kemudian yang kedua praktek kewacanaan yang terdiri atas produk produksi teks dan konsumsi tag dan yang berikutnya adalah sosial kultural praktis praktek sosial kemudian alasan mengapa karena ini suatu model yang mengintegrasikan secara bersama-sama analisis wacana yang didasarkan pada

Linguistik dan pemahaman sosial dan politik Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana pembebasan dalam teks sastra dengan cara mengetahui bagaimana teks diproduksi yang perlu mempertimbangkan konteks sosial berikutnya kerangka kerangka teoretis kerangka analisis wacana ini bahwa wacana sastra buku teks bahasa Indonesia SMA kerangka berpikir bahwa wacana sastra bahasa Indonesia SMA

Dimulai dari analisis wacana kritis fire Club yaitu pertama dari kosakata kemudian Teks itu dianalisis lalu yang dihasilkan adalah model kosakata Kemudian yang kedua elemen sastra analisis wacana praktik analisis wacana kemudian yang dihasilkan adalah model elemen sastra praktik sosial ekonomi kekuasaan kemudian dianalisis praktik sosiolog sana hasilnya adalah model praktek sosial ekonomi kekuasaan metode

Penelitian terdiri atas jenis dan metode penelitian data dan sumber data metode dan teknik pengumpulan data teknik pengolahan data dan penyajian hasil penelitian jenis dan metode penelitian Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis wacana kritis Tujuannya adalah untuk memperoleh gambaran secara sistematis faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat objek penelitian teori

Yang digunakan adalah sumber data data yang diambil adalah penggalan karya sastra yang terdapat pada buku teks bahasa Indonesia SMA kelas 10 kelas 11 dan kelas 12 kemudian karya sastra untuk kelas 10 berupa penggalan teks cerita rakyat atau hikayat dan puisi kemudian kelas 11 cerita pendek dan penggalan drama kemudian kelas 12 penggalan novel

Kemudian data di identifikasi dalam kartu data metode dan teknik pengumpulan data metode pengumpulan data berupa metode pajak teknik pengumpulan data adalah teknik catat langkah-langkahnya mencatat kosakata bermuatan itu memilih kekuasaan Kemudian yang kedua pemisahan data ketiga mengklasifikasi data kemudian keempat pemasukan data ke dalam tabel berikutnya analisis data Penelitian langkah-langkahnya adalah

Analisis data penyusunan berupa penyusunan data klasifikasi data dan reduksi data teknik penyajian hasil penelitian penyajian hasil penelitian menggunakan metode informal bentuk paparannya berupa deskripsi dengan kata-kata biasa paparan hasil penelitian berupa hasil analisis wacana kritis teks sastra buku tag bahasa Indonesia SMA hasil analisis dipaparkan menjadi tiga bagian yaitu kosakata yang mengandung hemoni

Kekuasaan elemen sastra yang mengandung hegemoni kekuasaan dan yang ketiga praktek sosial hegemoni kekuasaan hasil dan pembahasan yang pertama analisis kota kata sebagai representasi game ini kekuasaan meliputi tiga nilai yaitu nilai pengalaman nilai relasional dan nilai ekspresif nilai pengalaman meliputi klasifikasi kata-kata ideologis proses leksikal relasi makna dan metafora kemudian klasifikasi itu mengandalkan

Representasi ideologis kata-kata ideologis yaitu kata-kata yang dominan dan denaturalisasi atau diulang-ulang kemudian yang berikutnya proses leksikal meliputi leksikalisasi kelebihan leksikal dan kekurangan leksikal sedangkan nilai relasional meliputi ekspresi optimistik pilihan kata-kata formal dan yang ketiga pilihan kata kata informal nilai ekspresif meliputi evalias evaluasi positif dan evaluasi penutur kemudian hikayat yang dianalisis adalah penggalan

Hikayat pertama indera bangsawan nilai pengalamannya dianalisis dalam representasi ideologis pertarungan ideologis dan proses seleksical representasi ideologis misalnya kata raja Baginda dititahkan peperangan muslihat malaikat dikalahkan dibunuhnya tiang-tiang ilang pengasuh kemudian pertarungan ideologis misalnya ada kata diperjuangkan kemudian kata ini di naturalisasi maksudnya pertarungan ideologis itu kata ini diperjuangkan kata ini biasanya dominan dan

Dinaturalisasi contohnya Baginda Raja dititipkan yang berikutnya proses leksikal yaitu kelebihan leksikal seperti Baginda Raja dipisahkan Ya ini yang untuk merefleksikan ekonomi kekuasaan yang berpusat pada tokoh yang berikutnya adalah nilai relasional kemudian yang ketiga nilai ekspresif kedua penggalan hikayat bunga Kemuning yang nilai pengalaman ini pertarungan ideologis nilai relasional dan nilai

Progresif penggalan hikayat Bayan Budiman yaitu dianalisis dengan nilai pengalaman kemudian nilai relasional dan nilai ekspresif kemudian penggalan hikayat Si Miskin nilai pengalaman sama saja relasional dan nilai ekspresif kemudian kosakata sebagai representasi pada novel ini novel yang dianalisis Sesuai yang ada di dalam buku teks SMA adalah penggalan berupa penggalan kemelut di Majapahit

Yang dianalisis dari nilai pengalaman nilai relasional dan nilai ekspresif Kemudian yang kedua yaitu berupa penggalan novel Gajah Mada bertelur dalam tahanan yang ditulis oleh langit dianalisis melalui nilai pengalaman nilai relasional dan juga nilai ekspresif kemudian yang berikutnya adalah novel penggalan yaitu mangir Pramudya Ananta Toer sama saja ya nilai

Pengalaman nilai relasional dan nilai ekspresif kemudian yang keempat adalah penggalan rumah kaca pramujahan catur sama nilai pengalaman nilai relasional dan ekspresif berikutnya penggalan-penggalan Diponegoro remisi lado yaitu ada nilai pengalaman rasional dan ekspresif kemudian penggalan gadis pantai berupa novel gadis pantai para pemuda pengalaman relasional dan ekspresif kemudian penggalan togel

Yang cukup terkenal dianalisis dengan nilai pengalaman nilai rasional dan nilai ekspresif kemudian kosakata sebagai lapisan hukum ini kekuasaan pada cerpen yaitu Robohnya Surau Kami kemudian pejuang lalu kosakata sebagai komunikasi pada puisi-puisi yang ada yaitu sajak anak muda kemudian kosakata saudara presentasi ekonomi kekuasaan penggalan drama yaitu penggalan Panembahan besok

Rendra kemudian penggalan Si Kabayan ini gubahan dari n liantiarno kemudian penggalan drama tengah malam yang Dianto kemudian elemen sastra sebagai presiden pada wacana sastra bahasa Indonesia SMA yaitu Bahwa analisis pendapat ini fokus pada produksi dan konsumsi teks kemudian yang dianalisis adalah penggalan hikayat sama saja seperti di atas bunga Kemuning

Lalu hikayat Bayan Budiman hikayat Si Miskin kemudian sama saja seperti di atas kemudian berikutnya elemen sastra untuk mempresentasi Hakim ini kekuasaan pada cerpen Robohnya Surau Kami kemudian berjuang dan kemudian elemen sastra untuk mempresentasi pada puisi sama saja seperti di atas sajak anak muda kemudian sajak matahari dan ke

Arah torobek kain biru pada bendera itu kemudian elemen sastra untuk presentasi pada penggalan drama yaitu Panembahan besok kemudian penggalan cerita bayang kemudian penggalan drama tengah malam kemudian berikutnya praktek sosialnya kekuasaan menggunakan analisis wacana sastra dimensi di luar teks situasi sosial budaya dan politik praktis kemudian sama saja dengan di atas kemudian berikutnya

Dalam penggalan novel selanjutnya ini yang penting karena waktunya terbatas dalam penggalan drama berikutnya adalah simpulan wacana sastra bermuatan lebih memilih kekuasaan dianalisis dengan teori fire clock pada unsur bahasa teks yang terdiri atas kosakata praktik kewasaan yang melibatkan produksi dan interpretasi teks dengan meninjau elemen-elemen sastra kemudian yang ketiga praktek sosial itu kekuasaan

Secara rinci hasil penelitian ketika unsur dapat disimpulkan kosakata mempresentasi yang dimiliki perusahaan melalui nilai pengalaman ditandai dengan kelebihan leksikal yang berpusat pada tokoh nilai relasional dengan menggunakan kata-kata formal dan informal serta kosakata sehari-hari yang menciptakan kesan hegemoni kekuasaan terpusat pada Penguasa dan nilai ekspresif yang memunculkan evaluasi dan memiliki signifikansi ideologi yang

Terpusat pada penguasa elemen sastra yang mempresentasi meliputi tema kemudian karakterisasi konflik keamanan untuk puisi yaitu suasana dan imaji yang ketiga praktek sosial bagi atas konteks sosial dan praktik sosial ada tiga konfigurasi kearifan dalam pemimpin dan mempresentasi tulis kekuasaan yang berkaitan dengan hubungan sosial yang kedua bertahan dari dominasi pelaksanaan penguasa yang berupaya

Menghadapi agen pembahasan dengan moralitas dan yang ketiga kesadaran Untuk menghentikan penyimpangan moral penguasa ini yang penting implikasi akibat langsung dari teman dan ini satu adanya harapan munculnya kesadaran penulis buku dan guru bahasa Indonesia SMA untuk menciptakan dialektika pembelajaran para siswa menyadari nilai-nilai demokratis saat berhadapan dengan kekuasaan ketiga masyarakat menyadari

Betapa penting pembelajaran sastra yang memberikan sugesti dalam menghadapi dan kekuasaan dan yang keempat diharapkan dapat menyadarkan tokoh-tokoh kekuasaan agar tidak bertindak dengan kekerasan dalam menerapkan Bagaimana kekuasaan saudara itu Terima kasih Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh baik silahkan saya persilahkan duduk Pak Buki saudara provider sudah memaparkan isi disertasi secara komprehensif dalam waktu yang [Musik]

Tepat tambah-tambah sedikit tidak apa-apa termasuk salah satu bentuk hegemoni dari saya memberikan kesempatan untuk bisa melaksanakan hegemoni itu di ruang ini saja adalah sesi tanya jawab ya saya persilahkan penguji satu terlebih dahulu ya masing-masing mendapatkan waktu 10 menit saya usahakan Bapak Doktor Muhammad [Musik] 10 menit ya

Kita yang sangat sedikit ya terima kasih yang pertama saya ucapkan selamat dan sukses untuk Pak Ma’ruf Ya sudah sampai tataran dan tahapan ini hari ini Pak mahfuki dipromosikan maka saya akan mempromosikan yang pertama Pak mafrohi Pak mahfuki Ini kalau ditanya nanti kalau lulus pakar bidang apa ya jadi penulis Pak di penulis menulis

Bidang menulis bidang menulis jadi ini buku teks berbasis hegemoni kekuasaan dalam bidang sastra jadi Pak mafruki nanti akan menjadi pakar bidang menulis ya begitu ya itu yang menjadi keyakinan Pak Ma’ruf [Tertawa] itu masuk hegemoni itu artinya yang digembirakan yang digembirakan relasional atau pengalaman juga tidak ya artinya itu yang menyenangkan bapaknya

Atau ibunya ya orang lain karena istrinya Yang diingat selalu gitu ya Oke Baik Pak Ma’ruf Saya ingin tahu sebenarnya apa sih yang dimaksud hegemoni kekuasaan hegemoni itu kepemimpinan yang tanpa ada paksaan penguasaan terhadap orang lain tanpa ada pemaksaan jadi di bidang kekuasaan seperti ya pejabat kepada rakyat misalnya atau

Seseorang kepada orang lain tapi tanpa ada pemaksaan itu kalau Pak rugi kepada istri itu masuk hegemoni keluargaan [Tertawa] jadi keluar dari tiga pilar yang [Tertawa] Nah sekarang kalau kita lihat mengatakan itu tanpa paksaan nah pertanyaan saya Apa pentingnya anak-anak SMA memahami tentang hikenik kekuasaan pentingnya itu diharapkan nanti anak itu

Akan tahu tentang demokratisasi jadi akan bersikap demokratis kalaupun misalnya nantinya anak-anak itu akan menjadi pemimpin yang menjadi pemimpin yang cara menghegemoninya itu dengan hegemoni yang tanpa paksaan tadi seperti itu Nah pertanyaan saya selama ini berdasarkan sosial kajian Pak makhluk ini kan posisi guru siswa ini dianggap masih belum masih belum

Meskipun ada tapi belum maksimalkan pertanyaan saya dalam posisi seperti itu Apa yang membedakan hasil penelitian ini terkait dengan nanti kan harapannya tadi tujuannya untuk dimanfaatkan sebagai siswa juga apa yang ingin Sumbangkan untuk guru siswa dan juga untuk pemerintah setempat khususnya di Jawa Tengah ini Kebetulan saya dekat dengan penerbit

Sehingga nanti hasil dari disertasi ini akan kami Sederhanakan untuk menjadi sebuah buku dan buku itu akan dijual untuk masyarakat itu saya kira dari situ nanti ada manfaat baik untuk guru maupun untuk siswa maupun untuk masyarakat sebenarnya ini termasuk Non pemaksaan untuk memakai buku maksud saya ketika memang itu nanti akan

Bisa ditawarkan menjadi sebuah produk unggulan yang membedakan dari buku teks buku teks yang lain pertanyaan saya satu lagi apa yang membedakan karya buku teks yang dihasilkan berbasis penelitian geometri dibandingkan buku teks buku teks yang lain dan juga buku pendamping pendamping yang lain kalau kita lihat buku teks SMA

Sekarang kan banyak ya Nah kira-kira Apa yang membedakan buku teks Pak Mahfud ini dibandingkan buku yang lain sehingga tanpa pemaksaan semua guru siswa akan menggunakan buku menurut saya akan Penulis itu akan mampu memilih teks yang di dalamnya mengandung apa namanya tag yang tidak ada hegemoni pemaksaan itu Jadi kalau sudah tahu

Tentang ini kekuasaan saya kira buku atau pemilihan teks yang akan dipakai dalam buku teks itu nanti itu benar-benar cermat sehingga tidak mencari atau tidak menggunakan apa tek-tek yang didalamnya mengandung heterosaan yang berupa pemaksaan jadi akan ada bedanya tetap dari sekian dari sekian yang jaringan teliti kan ada novel ada ceritanya drama

Ada berbagai hal yang sudah ditentukan kira-kira yang paling dominan mengandung hegemoni kekuasaan yang mana novel novel Mengapa itu yang paling dominan karena novel itu kan panjang ya Sehingga apa namanya untuk bisa memberi apa hegemoni itu akan jauh lebih luas dibandingkan dengan yang lain maka memberikan kekuasaan pada suami Bu

Nanti jangan terlalu luas ya sehingga tidak muncul pemahaman-pemaksaan yang lain terakhir ini disertasi tapi dikatakan pak ketua Ini yang nulis Pak Ma’ruf PPT Ini yang nulis kira-kira mana yang berbeda dari yang ditulis sama ya berarti nanti coba dicek Ini yang nulis siapa yang betul representasi atau representasi ya semoga Ini yang nulis juga

Saya kira memang ini disengaja ini [Tertawa] Sekali lagi saya ucapkan selamat sukses semoga nanti apa yang diteliti Pak Ma’ruf Ini betul-betul bisa memberikan virus-virus positif khususnya harapan saya selepas ini yang dilakukan Pak mau pergi adalah mengemas ini lebih sederhana menjadi karya buku yang nantinya betul-betul bisa dimanfaatkan masyarakat dan juga dinas terkait itu

Sekali lagi selamat dan sukses kepada untuk keluarga besar selamat dan sukses semoga ini akan bermanfaat untuk kemaslahatan umat Terima kasih saya kembalikan kepada Pak ketua yang sangat Cendikia Makasih baik terima kasih penguji pertama sudah mereka [Musik] pertanyaan yang kritis ya dan juga yang terakhir tadi nasehatnya untuk terus

Berkarya ya juga menjadi bagian dari diskriminasi kedokteran saya usahakan penguji kedua personal Doktor RM Teguh suprian Supriyanto terima kasih assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh Waalaikumsalam saudara promo vendos dan keluarga tentunya pertama saya menyampaikan selamatnya anda sudah duduk di kursi panas sebenarnya tapi tidak panas ya kalau pertanyaan saya mungkin beda dengan sebelah kalau sebelah itu

Motivator tadi dijelaskan tentang sedikit dominasi atau bedanya kalau ekimoni itu sebenarnya tidak ada pemaksaan sama sekali sedangkan dominasi itu bisa bersifat otoriter keras dengan kekerasan itu yang saya kirim yang membedakan antara timun ini dengan dominasinya baik itu tadi kaitannya dengan pertanyaan berikutnya itu dari kosakata apa ya

Itu kan muncul di kosakata ya salah satunya bahasa ya Kalau menurut saya lho ya bahasa setuju ya lewat misalnya pilihan kata dan sebagainya jadi contohnya novel puisi ya kan drama bahkan yang dilihat betul betul menurut anda itu Anda menyebutkan contoh-contoh paling gampang Pangeran Diponegoro ini saya kaget ketan apa yang dipenggal

Untung saya bukan apa namanya coba Terangkan apa yang dipenggal ini nomor 5 ini penggalan pangeran jadi begini novel itu kan panjang Katakanlah satu novel saja itu kan kalau dimasukkan ke semuanya masuk ke dalam buku itu kan nanti menjadi bukunya sangat tebal dan itu nanti akan berpengaruh juga pada

Pemasaran gitu jadi karena itu maka Penulis itu hanya memenggal Hanya berupa penggalan-penggalan novel yang memang diperlukan untuk pembelajaran jadi tidak seluruhnya novel itu dimasukkan di atas artinya pilihan kata Anda itu memang memancing supaya maksudnya itu ya kutipan-kutipan atau kutipan di novel itu hanya tema dan amanat jadi ada untuk

Apa namanya novel itu di samping tema kemudian ada juga amanat karakterisasi meskipun di sini ada kosakata udah dijelaskan tapi perlu penyambung salah satunya juga faktor bahasa jadi karena kalau semua unsur intrinsik itu dimasukkan itu kan ada juga yang tidak ada kaitannya dengan dengan kekuasaan sehingga yang diambil itu ya

Unsur intrinsik yang berkaitan dominan yang berbeda tanda baca juga [Tertawa] tulisan buku ya buku-buku Anda sudah dengan tegas menyatakan Anda menjadi penulis saya tahu ini kurikulum kerja belajar menurut saya menurut anda nanti menulis buku teks yang ke depan Apakah harus disesuaikan dengan kurikulum yang paling baru atau apa kalau buku itu ingin bisa

Dipakai di sekolah itu memang harus sesuai persis dengan kurikulum berbeda lagi dengan buku umum ya kalau buku umum Saya kira tidak harus sesuai Tapi kalau ini buku teks buku pelajaran itu harus sesuai dengan maunya kurikulum kalau ada yang tidak sesuai biasanya itu nanti malah buku itu nggak dipakai

Ini kan faktor-faktor pemasaran juga ini penting kemudian memakai pengguna barangkali itu bagus sekali Anda bisa menjawab dengan baik terima kasih assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh saya kira pertanyaan dari Prof itu kritis juga ya Kalau Pak mabruki dari sini dari sini itu mau ke Undip itu ada belokan ya belokan di situ ada patung patung apa

Patung Diponegoro bukan patung Diponegoro naik kuda itu juga hegemoni dari yang mengatakan kepada orang lain atau pendengar pada makna ya yang dimaksud adalah patung Pangeran Diponegoro naik kuda Jadi kalau orang mengatakan Nanti ketemu di patung kuda itu nggak boleh bukan patung kuda patung Diponegoro juga nggak boleh lengkapnya adalah patung

Pangeran Diponegoro naik kuda tapi kalau itu kepanjangan nanti marah Lho kenapa nggak pakai Pangeran Diponegoro [Musik] kalau itu kan jadi Unsoed itu nggak boleh itu mestinya Unpad universitas Jenderal Sudirman bukan Universitas Diponegoro salah itu mestinya Ki atas kecapeannya sampai saat ini ya terima kasih Ketika saya mendapatkan SK untuk

Menguji bapak sedang menghubungi bapak apa ini juga pak Karena saya belum kenal karena Mohon maaf saya dari bahasa Inggris Alhamdulillah Kebetulan saya juga terbaik dengan analisis wacana kritis dimana Setahu saya itu kan ada beberapa ahli ya Pak ada love kemudian tune fanfic dan yang paling pertama adalah

3 ahli ini pak jadi saya memilih fire clock itu karena di dalam player clock itu kan teorinya itu kan ada 3 domain itu ada tiga dimensi jadi dimensi tag kemudian dimensi praktek kewacanaan dan dimensi praktik sosial Nah karena yang mau diteliti itu adalah hegemoni kekuasaan maka yang menurut

Saya yang pas itu ya punya sedangkan yang lain seperti yang pas untuk mengiris brambang ya Pak bukan pakai kolong yang besar satu lagi gini Pak sekarang kan ada perkembangan Kebetulan saya pernah merasakan sedikit belajar di Australia Dimana mereka itu tidak begitu suka dengan kritis ya di sana mengatakan adanya

Positif discoursey suasana positif ya karena apa namanya ya dasar dan berbeda kira-kira Bapak pernah dengan videonya analisis wacana kritis yang sifatnya positif oke kira-kira kira-kira Bisa nggak Pak kalau kita Arahkan ke dari alis bawah ini ke arah sana Pak karena pandangan PDI itu muatan apa orang-orang CDA Inggris

Kan banyak negatifnya ya Pak ya Jadi kalau orang Islam atau kata Fatur yang apa Guru saya banyak sudutnya apa kira-kira bisa nggak kalau di lakukan dengan Positif discords itu kan nanti kaitannya berarti yang positif saja di dalam analisis ini kita harus yang positif termasuk yang negatif yang negatif itu tujuannya Justru untuk

Memperbaiki bukan untuk menyerang atau untuk menjatuhkan Saya kira itu ini kaitanya dengan bahwa ini kan materi untuk anak mungkin kalau bapak ibu mungkin kita sebagai pendidik kira-kira ada ketakutan nggak kalau kita jadi banyak negatif thinkingnya Pak ada ada sebenarnya tergantung pada arahannya kalau misalnya Katakanlah misalnya apa namanya untuk wacana yang arahnya ke

Negatif Tetapi kalau kita Arahkan bahwa ini bahwa manusia itu kadang-kadang juga seperti itu maka bagaimana cara menyelesaikannya yang solusinya itu nanti dengan cara yang baik tentunya bukan dengan cara yang keras dengan kekerasan mungkin guru bisa mengarahkan seperti itu termasuk juga penulis menulis itu juga mengarahkan ini ada kekurangan ini tapi penyelesaiannya

Tentu dengan cara yang baik bukan dengan kekerasan yang sangat komprehensif bapak pada manfaat penelitian yang disampaikan bagi guru bagi pemerintah bagi penulis bagi guru bagi siswa bagi peneliti lain tidak dapat jadi karena ini memang arahnya itu ke penulis dan juga guru jadi lebih utamanya sebenarnya ke sana sehingga tidak terpikir untuk untuk peneliti

Walaupun sebenarnya peneliti bisa apa namanya meneliti untuk bagian-bagian yang lain bagian yang lain bisa dicari untuk yang katakan misalnya mau meneliti tentang starter strukturnya misalnya kan juga bisa jadi apa namanya mungkin karena fokus bapak itu ini ingin ke tadi ya pak ya masih belajar lagi oke Maafkan yang diambil di sini maksudnya

Di dalam buku yang Bapak analisis ini kan potongan-potongan ya pak ya menurut Bapak Apakah potongan-potongan itu memang sengaja diambil potongan itu ia menggambarkan hegemoni atau mungkin sebetulnya dalam dalam konteks yang lebih luas ini dalam dalam novel tadi kan lebih luas lagi pak kan mungkin ada yang tidak itu pak ini hanya potongan

Yang diambil yang khusus penggambaran Jadi sebenarnya Penulis itu ketika memilih teks atau membuat teks itu sebenarnya tidak tidak berpikir juga tentang ini ada hegemoni apa itu karena ketika saya wawancara juga dengan penulis buku yang menulis buku dari pemerintah ini ini mengatakan bahwa yang diminta oleh pemerintah itu sebenarnya bukan masalah ekonominya tapi

Persoalannya tag itu tidak boleh berkaitan dengan cara kemudian Teks itu apa namanya harus sesuai dengan kondisi anak gitu Jadi yang seperti itu Jadi tidak tidak sebenarnya tidak ada perintah ini harus apa namanya ada pembebasan kekuasaan ini kan kami coba meneliti ternyata di dalam teks itu juga sebenarnya ada kaitannya dengan persoalan

Oke dengan demikian berarti mungkin mereka tidak sadar tapi Bapak malah menemukan itu ya Pak ya oke apa kita bapak punya pikir bahwa mereka itu dimanfaatkan Pak maaf penulis dimanfaatkan oleh pemerintah bisa jadi seperti itu bisa jadi ketika kami yang nulis kebetulan di penerbit swasta itu sama sekali tidak ada arahan

Seperti itu jadi arahan yang umum itu kalau bukunya nanti ingin lulus dalam penilaian yaitu tadi kaitannya dengan jangan menyinggung masalah Sara kemudian jangan tag yang berupa kekerasan yang seperti itu tapi yang hegem ini kekuasaan memang tidak tidak ada tidak disampaikan Oke Mungkin pertanyaan terakhir saya Gini pak ee antara game

Ini dan dominannya tidak ada oleh prof Teguh tadi hubungannya Seperti apa Pak ini mungkin mengulang saja karena saya menemukan apa dan itu banyak sekali jadi hubungan dari hegemoni kekuasaan dengan dominasi ya Ini masalahnya kan Jangan sampai apa namanya yang menonjol justru dominasi jadi kesadaran anak-anak kesadaran apa siswa terhadap

Hegemoni kekuasaan itu nanti dia akan bersikap demokratis yaitu ya kemudian tidak ada unsur pemaksaan Saya kira ini kan sesuai dengan apa namanya apa profil pelajar Pancasila yang sekarang sedang digabungkan dalam kurikulum Merdeka itu Terima kasih bahwa kedua baik D’Masiv jadi untuk SD selanjutnya penguji ke-4 dokter muhdoin MSI persilahkan Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Terima kasih Bapak sekretaris pertama saya mengucapkan selamat karena sudah penelitian ini dan jarang orang Sudah pensiun itu mau sekolah [Tertawa] nah ini kaitannya dengan pensiun itu ketika Paman frowi itu masih aktif mengajar hasil penelitian ini kan bisa disampaikan kepada anak-anak supaya tidak terigu yang negatif Nah setelah tidak mengajar itu kira-kira bapak

Menyampaikannya Bagaimana ini jadi rencana saya buku ini nanti akan saya tulis dalam bahasa yang mungkin lebih sederhana kemudian disampaikan ke Penerbit dengan harapan buku ini bisa diterbitkan dan bisa disosialisasikan ke masyarakat termasuk kepada guru kepada pemerintah dan sebagainya jadi arahnya ke sana karena kalau sudah pensiun kan mau ngajar di

Mana wong sudah nggak ada media untuk mengajar jadi tadi disampaikan bahwa dari penggalan-penggalan yang ada itu yang paling dominan atau menonjol itu novel nah alasan Bapak tadi karena novel itu yang paling panjang yang Bapak teliti itu penggalan novel atau novel penggalan novel ini ini harus dijelaskan karena yang diteliti penggalan nah saya

Pertama menduga kira-kira penggalan hikayat dan penggalan novel itu besarnya mana ternyata besar ke novel itu bagaimana Penjelasan bahwa jadi di novel itu kebetulan ini kalau kalau di hikayat itu kan persoalan-persoalan yang dimuat itu sebenarnya persoalan-persoalan yang lebih masa lalu ya Misalnya kerajaan macam-macam sedangkan yang sesuai dengan

Kekinian itu justru yang ada di dalam novel sehingga yang paling sesuai justru ya novel itu yang hegemoni kekuasaannya kalau walaupun di hikayat itu juga masih ada hubungannya tapi masih lebih dekat novel daripada yang ada di dalam hikayat jadi karena masa kini sesuai dengan kondisi sekarang Sehingga yang paling

Menonjol itu novel gitu kalau kita lihat dari gendernya novel Kalau kita lihat dari elemennya ya dalam novel itu ada tema setting dan sebagainya kira-kira yang paling menonjol mengikimoni itu bagian mana bagian di temanya tema-tema baik hegemoni itu kan bisa positif bisa negatif Nah kalau yang pak mah buku-buku terbitan

Beri lapangan sana banyak beredar buku-buku terbitan nah yang paling menonjol hegemoni di buku Kemendikbud itu yang ditemukan apa sebenarnya buku-buku di pemerintah itu kebetulan yang yang di dalam buku yang saya teliti itu muatan sastranya sangat-sangat banyak Dan hebatnya lagi termasuk tulisan-tulisan dari yang dulu pada masa orde lama orde baru itu

Dilarang itu Ternyata sekarang ini sudah dibolehkan dan itu banyak diambil seperti karyanya apa 6 catur itu dulu waktu zaman Orde Baru karya Ananta Toer itu kan dilarang bahkan Kalau sampai ada orang membaca karya beliau itu bisa ditangkap dan bisa dipenjarakan tapi justru sekarang ini buku-buku pemerintah justru banyak mengambil karya-karyanya pramujahan catur itu

Jadi saya kira apa namanya buku pemerintah itu juga muatan sastranya lumayan banyak lumayan besar ya Kita kan punya pengalaman hegemoni yang kadang-kadang itu tidak masuk akal tapi terkena atau mengenai kita masyarakat seperti bacaan-bacaan Barat itu apa namanya yang sampai sekarang masih ada itu misalnya ketika orang-orang Eropa menyebut Arab itu kan

Bagian timurnya kalau dari negaranya kalau kita kan Arab itu barat sehingga kalau salat kita menghadap barat tapi orang Eropa itu menyebut Arab itu Timur Tengah dan kita ikut-ikutan karena itu Nah apakah yang dari itu ada hegemoni yang sampai tidak bernalar atau melanggar logika itu temukan di dalam penggalan

Dalam apa yang saya teliti ini kok tidak ada ya Yang sampai ke sana itu jadi tidak ada sampai menuju ke sana tapi yang negatif yang yang negatif Sebenarnya ada karena di situ kan banyak anu ya bisa dijadikan sebagai semacam pelajaran bagi siswa misalnya tentang bagaimana perebutan kekuasaan misalnya

Dengan cara membunuh yang apa raja yang akan diambil kekuasaannya itu kemudian ada di dalam apa hikayat itu yang untuk keluarga misalnya Kakak Adik itu karena iri terhadap terhadap salah satu dari Kakak Adik itu sampai dibunuh dan sebagainya itu saya kira contoh-contoh pelajaran yang memang kurang baik dan itu bisa dijadikan sebagai apa namanya

Pemberian nilai kepada siswa bahwa ini yang nggak bagus ini yang bagus ini yang bisa dilaksanakan ini yang tidak saya kira itu Pak Iya jadi peristiwanya negatif tapi bisa diledekan nilai positif mengatakan sesuatu saya sudah jarang menghadapi siswa nah Oleh karena itu dari buku yang mempengaruhi Ingin tulis itu perlu dijelaskan Bagaimana cara menyikapi

Hegemoni hegemoni itu jadi anak-anak dari cerita yang negatif itu bisa menjadi Positif itu bagaimana caranya terima kasih baik masih dokter modoyo ini ya pemahaman dari pak saudara provinsi saya Perkenalkan penguji ke 5 ya ini browser Doktor Sugianto Terima kasih Bapak sekretaris sudah ada pertama saya menyampaikan selamat pada saudara yang sudah

Menyelesaikan disertasi saudara disertasi yang baik itu disertasi yang selesai Alhamdulillah meski proses panjang akhirnya Saudara pada sampai pada titik yang amat sangat membahagiakan ini saya akan mengambil sudut pandang pendidikan bahasa untuk disertasi yang hebat ini kalau putrimat saya nanti mohon klarifikasi dari saudara pendidikan itu sesungguhnya juga IG money Mengapa

Demikian karena pendidikan itu proses sadar dari orang yang dewasa untuk mendewasakan seseorang yang akan yang mengikuti proses pendidikan itu sehingga memang sengaja ada kimoni untuk arah yang lebih positif Saya tertarik kalimat kedua yang tadi sudah saya sampaikan ketika saudara mempresentasikan cara mengatakan begini bahwa penulis buku teks itu secara tidak sadar memilih wacana

Sebagai contoh dan seterusnya Apakah memang seperti itu yang terjadi selama ini di proses-proses penulisan buku bahwa para penulis itu pokoknya asal pilih teks saja tapi tidak ditimbang-timbang terlebih dahulu bahkan menentukan kadar hegemoni Kalau menurut saya ada istilah itu juga dari teks-teks yang mereka pilih sebagai contoh pembahasan yang ada teks yang ada

Di teks saudara Bagaimana pendapat saudara saya sebagai penulis yang juga sudah pengalaman banyak menulis buku itu memang sama sekali tidak mempertimbangkan adanya ekimoni kekuasaan karena saya paham tentang kekuasaan pun setelah di S3 belum belum paham tentang kekuasaan Padahal saya menulis itu sudah sangat lama sejak tahun 96 Kemudian untuk

Memperjelas itu untuk kami saya melakukan wawancara langsung kepada penulis buku teks yang saya teliti itu ternyata Beliau juga mengatakan tidak sadar tidak sadar dia tidak tidak pernah berpikir bahwa ini ada hegemoni macam-macam sampai ke sana Berarti selama ini di Indonesia itu ya apa pendidikan kita dalam konteks dibangun dari ketidaksadaran orang-orang pingsan suruh

Berarti ini sebuah itu ya proses yang sangat bagus temuan disertasi anda nanti bisa menyadarkan ke seluruh penulis buku ketika dia menulis ya harus sadar nilai-nilai itu karena justru Digimon itu memang bagian dari proses pendidikan itu sendiri Memang harus disengaja dalam rangka untuk mendewasakan peserta didik untuk pendewasakan yang baik mesti harus

Dengan pilihan-pilihan teks yang tepat yang bagus dengan segala nilai yang dikehendaki kemudian berikutnya dari sekian teks yang saudara teliti mengambil istilah yang tadi disampaikan oleh Pak Widi tadi bahwa ada positif discourse analysis ada critical discus analysis ya yang positif discus analysis itu sesungguhnya ingin mengungkap hal-hal yang positif dari

Sekian teks yang anda teliti itu yang bernilai geomoni positif untuk membangun profil pelajar Pancasila kita itu lebih dominan atau tidak Saya kira untuk yang untuk Yang Positif itu lebih dominan daripada yang negatif ya walaupun yang negatif itu pun bisa dijadikan sebagai pelajaran bagi siswa atau bagi pembaca bahwa ini yang

Negatif jadi mestinya tidak tidak perlu ditiru jadi yang dominan sebenarnya yang yang positif jadi ada arahan-arahan dari penulis bahwa ini yang positif ini yang negatif karena setiap di dalam buku teks itu kan setiap tab kemudian dibawa mesti ada pertanyaan-pertanyaan kemudian ada pendapat dari siswa pendapat itu diharapkan pendapat-pendapat yang positif dari siswa

Saya ingat ketika menilai buku beberapa tahun yang lalu Dikatakan seperti ini di pendidikan proses pendidikan diberi contoh negatif saja belum bisa untuk apalagi ada contoh negatif berbahaya sekali Oleh karena itu sedikit saja contoh negatif itu sangat berbahaya di dunia pendidikan apalagi di buku teks ya Bagaimana menurut saudara tadi ada

Kan menemukan juga teks-teks yang menyuguhkan apa saling berebut kekuasaan melalui pembunuhan dan lain sebagainya kalau menurut saudara sebagai penulis senior tersebut seperti itu Bagaimana apakah tetap dipertahankan teks-teks yang semacam itu ya sebenarnya tek-tek yang bermuatan negatif itu tidak harus dibuang Tetapi itu tadi diarahkan jadi karena kehidupan nyata itu kan tidak

Hanya tidak hanya yang positif banyak juga yang negatif Padahal kalau mengikuti apa pendidikan konstruktivisme itu kan berarti harus apa yang mereka lihat apa yang mereka apa namanya rasakan di kehidupan di masyarakat kan ada yang positif ada yang negatif kalau semuanya positif nanti malah nggak bisa membedakan yang negatif yang seperti apa

Yang penting nanti di dalam buku itu ada arahannya Katakanlah Misalnya Anda disuruh berpendapat kalau seperti ini ada yang negatif misalnya merebut kekuasaan dengan membunuh itu Anda bagaimana itu anak-anak jawabnya pasti sesuatu yang tidak benar itu artinya justru dari dari situ anak itu akan semakin semakin sadar Oh kalau begitu

Ini yang bagus jangan dilakukan jadi Saya kira tidak harus dibuang bisa juga dipertahankan asal nanti arahannya yang benar itu di soal-soal atau di Apa rahan pendapat Karena suruh berpendapat kalau ada yang begini-begini seperti apa gitu ya ini sedikit lagi ini saya pantai lagi pemahaman saudara terkait dengan fenomena pemakaian buku teks oleh para

Guru kita selama ini hampir 90% proses pembelajaran di kelas itu disetir oleh buku teks sesungguhnya dan tidak banyak guru kita yang berani berimprovisasi keluar dari buku teks apalagi menambahkan nasehat-nasehat yang tidak boleh yang boleh itu jarang sekali oleh karena itu mestinya harus ada formula secara khusus yang ada di buku teks itu untuk

Menyajikan hal-hal yang baik bahkan 100% kebaikan yang kita berikan ke siswa saja belum tentu 100% itu diterima mungkin bisa 80% saja sudah di atas KKM Bagaimana kalau ada sedikit yang jelek itu sering kali anak itu lebih mudah meniru yang jelek dibanding yang baik itu secara psikologis itu perlu pertimbangan secara khusus Oleh karena

Itu saya masih ingat sekali ada buku yang sangat bagus tapi ada satu gambar Demonstrasi yang membakar kendaraan yang membuat buku itu akhirnya di drop tidak jadi bisa di acc waktu itu ya Hanya seperti itu apalagi sampai menyuguhkan substansi yang seperti itu dan yang terakhir Bapak optimis penelitian Bapak ini nanti

Akan bisa mencemerlangkan para penulis untuk sadar bahwa iklim itu penting yang positif ditanamkan di Saya kira itu penting untuk disosialisasikan makanya dengan membuat apa namanya disertasi ini menjadi sebuah buku yang kemudian diterbitkan itu menjadi sangat penting apalagi Kondisi guru yang memakai buku itu ya full pakai buku ini semua

Misalnya nah ini kan menjadi penulis itu menjadi sangat penting untuk apa keberhasilan pendidikan itu Karena Guru biasanya memang ya apa yang ada di dalam buku itulah yang dipakai itu Terima kasih selamat Pak Mas Turki apa yang disampaikan dengan yang ditanyakan oleh pak widyanto jadi sebagai penulis perforgi sudah menjawab seperti tadi pandangan yang

Berbeda ya antara hegemoni seluruhnya positif atau negatif Tampilkan dalam buku teks tapi Untuk mengujinya itu perlu penelitian lebih lanjut dari disertasi ini yang tidak menjadi kajian dalam presentasi ini betul nggak banyak begitu saya percetakan penguji ke-6 pasal dokter Sutono terima kasih sudah banyak pertanyaan dan konfirmasi yang saya sampai kepada Anda sepanjang pembimbingan

Apakah saudara masih bersedia menerima pertanyaan dari saya masih sangat perlu berarti saudara masih suka di hegemoni oleh saya tapi sebenarnya pertanyaan saya sudah habis jadi tidak perlu bertanya lagi anda setuju setuju tapi ternyata teman-teman Pak maaf yang hadir ini punya pertanyaan dititipkan ke saya supaya disampaikan ke Pak Ma’ruf Bapak setuju

Boleh-boleh teman-teman juga ingin soalnya nih pertanyaannya dari teman menggunakan istilah buku teks pelajaran lalu buku teks dan buku pelajaran Jadi sebetulnya yang benar yang mana apa semuanya benar silahkan dijawab betul yang yang benar itu sebenarnya buku teks cukup itu saja buku teks itu yang dimaksud ya buku pelajaran Gitu jadi

Kalau ada masih ada masih ada istilah penggunaan itu barangkalian atau kekurangan saya jadi yang di sini keliru ya buku teks pelajaran ya buku teks saja cukup ya karena ada buku teks dan buku nontek gitu juga Apa makna sarana representasi Mereka ingin tahu sebagai oleh-oleh dari mengikuti promosi ini jadi di sini ada [Musik]

Di sini Tadinya ini semula judulnya itu hanya hegemoni kekuasaan dalam wacana sastra bukudek bahasa Indonesia SMA ternyata bahwa yang saya temukan seperti penggunaan kosakata kemudian elemen sastra itu termasuk sebenarnya termasuk sarana representasi Jadi bukan langsung tetapi ini sarana untuk apa sarana untuk menghegemoni dengan kosakata kemudian dengan elemen sastra sehingga perlu

Ditambahkan sarana representasi saudara Ingat siapa yang memberikan masukan itu yang berikut siapa pelaku hegemoni kekuasaan dalam buku teks sastra yang saudara teliti pelaku hegemoni itu sebenarnya penulis penulis teks menulis teks jadi Katakanlah misalnya kalau itu mengambil dari karyanya Bang mutiara tidak hanya pemerintah ya yang kekuasaannya yang berikutnya teman Anda masih

Bertanya apakah unsur pembangun Teks itu dan apakah unsur pembangun wacana itu nah ini agak sulit pertanyaannya unsur pembangun Teks itu apa unsur pembangun wacana itu apa mungkin perlu dibedakan antara teks dengan wacana ya kalau Teks itu kan sesuatu yang sudah dalam bentuk apa namanya ucapan atau sudah dalam bentuk

Tertulis sementara kalau wacana itu sebenarnya idenya ide yang perlu dimasukkan ke dalam bentuk teks gitu boleh promotor membantu menjawab teman-teman yang hadir boleh boleh bagus unsur pembangun Teks itu kalimat tetapi unsur pembangun wacana itu proposisi gagasan atau ide ya jadi berbeda antara teks dan adalah wacana proposisi unsur pembangun wacana

Bisakah saudara memberikan satu contoh sarana representasi kekuasaan yang berupa unsur pembangun wacana jawabnya cukup bisa atau tidak saja yang membangun wacana itu adalah ide bisa gitu ya Iya cukup bisa aja karena akan saya akan saya akhiri pertanyaan ini bisa ya itulah ibu bapak saudara-saudara saudara saudara berhasil mendalami sarana representasi

Hegemoni kekuasaan dalam wacana sastra buku teks bahasa Indonesia SMA Saya kira itu Terima kasih teman-teman yang sudah mempunyai pertanyaan jawabannya sudah ada itu oleh-oleh untuk Anda tapi punya pertanyaan terakhir nih kalau ada kesalahan bahasa baik lisan maupun tulis bahasa Indonesia buku apakah yang bisa digunakan oleh teman-teman ini untuk mendapatkan

Panduannya supaya mereka bisa berbahasa Indonesia dengan benar dan baik supaya bisa membuat kalimat dengan memberi memberikan supaya doanya benar itu buku apa Pak Roma Venus ya kebetulan waktu saya konsultasi dengan propersono itu kan saya diberi buku yang cukup bagus cukup itu nilainya C sangat bagus yang sangat bagus Nah ini pengarangnya

Juga proporsional sendiri judul bukunya apa Insya Allah sebentar lagi akan terbit yang dari penerbit besar judul bukunya judulnya bakal lupa Ini bahasa Indonesia untuk komunikasi akademis insya Allah nanti teman-teman luar biasa Saya tidak mendapatkan jatah pertanyaan tapi saya ingin mendapatkan tambahan literasi ya ini saya panggil Prof ya karena Ketika

Menulis buku itu termasuk penulis yang terkenal di Indonesia buku teksnya gitu dan tadi juga ditanya ingin menjadi ahli Apa Bapak adalah doktor pendidikan bahasa dengan keahlian sebagai penulis teks ya gitu ya maka itu relevan juga ini dengan saran atau implikasi yang Bapak sampaikan adanya harapan munculnya kesadaran penulis buku teks dan guru bahasa

Indonesia SMA untuk menciptakan dialektika pembelanjaan tentang hegemoni kekuasaan yang dikemas dalam wacana sastra cara estetis ini luar biasa ini kalau ini sebagai novelty untuk penulis buku tadi menjawab pertanyaan profil Nah itu saya ingin bertanya ini karena itu memang nanti bisa menjadi jebakan bagi guru ketika Penulis itu menyampaikan tentang ekonomi negatif guru tidak

Memiliki keputusan karena dia Terbelenggu oleh administrasi dan sebagainya penulis lah yang harus membantu guru itu kata teorinya kalau misalnya ada sajak seperti ini dari Pak dari ws Reza kita adalah angkatan Gagap yang diperankan oleh angkatan kurang ajar daya hidup telah diganti oleh nafsu pencerahan telah diganti oleh pembatasan

Kita adalah angkatan yang berbahaya ini penggalan dari sajak yang ada dalam buku ini anak muda ya ini kalau disampaikan kepada siswa SMA bisa berbahaya agar tidak berbahaya dialektika yang bisa disampaikan oleh penulis itu seperti apa ya pengalaman pribadi hebat ya Terima kasih bro pertanyaannya itu kan sesungguhnya gambaran apa nyata yang terjadi bahwa

Kita ini termasuk generasi Gagap itu makanya sebagai Penulis itu mengarahkan Bagaimana supaya kita ini tidak Gagap tetapi menjadi penerang bagi mereka bagi para siswa jadi kalau menurut saya tek-tek seperti itu tidak harus dihapus tetapi tetap dipertahankan hanya arahannya saja yang yang benar sebagai penulis penulis satu paragraf atau beberapa kalimat atau kalimat

Mengarahkannya dengan kalimat seperti apa generasi kita sekarang ini ke generasi yang sudah lampau itu ternyata kurang kurang bagus karena itu sekarang sudah waktunya kita ini perlu memperbaiki apa yang sudah berlalu itu dengan generasi yang jauh lebih bagus untuk bisa membangun masyarakat Indonesia yang lebih maju itu Kurang lebih begitu

Kalau buku itu ada itu sangat bagus ya karena itu cenderung tidak ada dalam buku teks di SMA ya jadi Selamat ya nanti terus menulis buku ya terima kasih sudah selesai saya kembalikan waktu kepada pembawa acara ketua penguji menunda ujian untuk memberikan waktu kepada para penguji melaksanakan rapat yudisium sedang ujian terbuka ditunda untuk

Mengadakan rapat ketua penguji dan tim penguji meninggalkan ruang ujian hadirin dimohon berdiri hadirin dipersilahkan duduk kembali ujian promosi Doktor pendidikan dilanjutkan kembali ketua penguji dan tim penguji memasuki ruang ujian hadirin dimohon berdiri hadirin dipersilahkan duduk kembali ketua penguji membuka kembali ujian promosi Doktor pendidikan ujian promosi dokter pendidikan atas

Nama saudara Drs Ma’ruf mpd dinyatakan dibuka kembali setelah dewan penguji melakukan rapat secara singkat menghasilkan keputusan yang saya bacakan dengan berita acara ujian disertasi berita acara ujian disertasi pada hari ini Senin tanggal 24 bulan Juli tahun 2023 di sekolah pascasarjana Universitas Negeri Semarang telah diselenggarakan ujian disertasi atas nama dokter Andes

Mpd pada program studi ilmu pendidikan bahasa S3 sekolah pascasarjana Unnes dengan disertasi yang berjudul hegemoni kekuasaan dalam wacana sastra buku teks bahasa Indonesia SMA setelah dilaksanakan ujian dan dilaksanakan rapat penguji keputusan tim penguji menyatakan bahwa dokter Smartfren dinyatakan lulus sebagai dokter pendidikan Nah sekarang dipanggilnya doktor ini tanpa hegemoni ini dokter mafruki

Adalah Doktor ke 825 lulusan Unnes atau Dr ke 165 lulusan program studi ilmu pendidikan bahasa S3 sekolah pascasarjana Unnes dengan masa studi 4 tahun 10 bulan jadi terpaksa saya mohon maaf disertasi diberi penghargaan ini harus keras ini karya ilmiah disertasi diberi penghargaan dengan nilai a IPK 3,54 Kalau di luar negeri ini istilahnya

Cuma ya Summa cungload Ya semua cumlaude namun di Indonesia ini harus dikonversikan dengan masa studi ya saya kemarin sudah ke Pak wr1 ini jangan dikonversikan masa Sudi tapi kata Pak wr1 peraturan dari pemerintah seperti itu Nah ini hegemoni pemerintah standar di Unnes bukan standar Amerika hasil akhir ujian promosi dokter pendidikan dengan

Predikat kelulusan sangat memuaskan sekretaris penguji didampingi koordinator program studi menyerahkan tanda kelulusan secara simbolik para penguji dimohon menempatkan diri untuk berfoto bersama silahkan untuk kembali ke tempat ketua menguji mempersilahkan promotor untuk menyampaikan kesan dan pesan Semoga saya bacakan promotor bersama dokter rustono m.hum untuk menyampaikan kesan dan pesan Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Saudara Doktor ma’ruffi mpd yang amat terpelajar ketua dewan penguji para penguji hadirin yang saya hormati termasuk keluarga yang mendampingi ujian ini Dengan mengucap syukur alhamdulillah kata Allah Subhanahu Wa Ta’ala saya menyampaikan Selamat atas keberhasilan saudara Mahfudin mencapai gelar doktor dalam bidang ilmu pendidikan bahasa khususnya mengenai hegemoni kekuasaan tetapi kita tidak

Boleh menyebutnya sebagai Doktor hegemoni saya juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi-tingginya atas selesainya disertasi saudara yang berjudul sarana representasi hegemoni kekuasaan dalam wacana sastra buku teks bahasa Indonesia SMA Alhamdulillah sudah dapat ditemukan Bagaimana hegemoni kekuasaan itu direpresentasi oleh para penulis naskah sastra atau para penulis sastra yang terdapat di dalam buku

Teks itu atas nama promotor mewakili Kodam juga teman pembimbing yang lain Saya ingin memberikan kesan dan pesan kepada saudara Doktor Ma’ruf mpd nanti kalau saudara ditanya Siapa yang pertama kali menyebut nama anda dengan gelar doktor saudara bisa menjawab ya selain pak ketua tadi promotor ya Jadi yang nomor dua

Yang pertama kesan saya sebagai promotor adalah Anda termasuk calon Doktor yang ulet membutuhkan waktu tidak cukup hanya 3 tahun tetapi sampai dengan 4 tahun lebih Ternyata mungkin didorong oleh kemampuan untuk membiayai jadi saya memang punya banyak dana untuk membayar uang kuliah sehingga bisa cukup lama begitu ya Bu ya Ibu tuh di belakang

[Tertawa] sehingga beliau ulat tetapi ternyata memang beliau ini penulis buku-buku pelajaran yang diterbitkan oleh Erlangga sehingga punya kesibukan yang banyak dan mengenai keterampilan menulis memang sudah begitu jalan sehingga kita ketika ditanya apa yang akan saudara tekuni setelah ujian setelah dokter ini ternyata menjadi tempat penulis Pak Rahmadi lanjutkan menulis dengan lebih hebat lagi

Dan tidak pernah berhenti Alhamdulillah meskipun nanti sekolahnya atau gurunya berhenti kurang berapa tahun menjadi gurunya berhentinya sudah selesai malah luar biasa jadi Sudah selesai Sudah pensiun sudah 60 berarti ya Oke ini dokternya bukan untuk guru tapi untuk penulis karena sudah lulus kan karena sudah Sudah pensiun dari gurunya lalu yang berikut adalah

Kesan yang lain ini mungkin bagi keluarga yang ditinggalkan atau tidak kemarin waktu sekolah Doktor ini Pak ditemani ya alhamdulillah Ibu Terima kasih kesan keluarga yang begitu mendorong Bagaimana caranya suami ibu-ibu ini bisa lulus dengan bagus lalu yang berikut sebagai pesan ini Doktor lulus dokter bukan akhir dari semua karya ilmiah

Saudara Dokter mah Oke tapi merupakan awal untuk lebih naik lagi ke jenjang berikutnya Tadi saya sudah mendengar segera akan menulis buku yang antara lain intinya dari disertasi ini Ditunggu Pak Buku ini tidak hanya oleh ibu-ibu bapak-bapak yang ada di sini tapi juga oleh masyarakat seluruh Indonesia karena ingin mengetahui bagaimana hegemoni

Kekuasaan itu direpresentasi dalam buku dalam buku teks dengan menggunakan proposisi proposisi yang bisa dipahami ternyata Makin diungkap kata hegemoni kita semua ini juga hegemoni ternyata promotornya para penguji juga hegemoni penonton pendengar tadi juga hegemoni karena titik pertanyaan ke saya supaya disampaikan kepada Meskipun tidak langsung menitipkan kepada saya tapi saya terasa dia itu

Punya pertanyaan Tapi sebelumnya saya juga sedang hegemoni berkata begitu itu kepada karena itu mohon dilanjutkan ini gagasan-gagasan bagus ditulis dalam buku tidak hanya satu buku hegemoni kekuasaan dalam buku sastra tapi juga nanti yang lain-lain dan tidak hanya juga hegemoni karena Penulis itu harus serba tahu tentang dunia yang dapat disebabkan

Perluasan kepada orang-orang di dunia ini Saya kira tidak usah panjang lebar karena sudah pukul 12 saudara setuju ya untuk saya akhirnya setuju karena ingin segera mendapat ucapan selamat dari teman-teman juga ya ya Saya kira demikian yang dapat saya sampaikan saudara Doktor makro bmpd sekali lagi terima kasih selamat pada ibu dan Ananda yang

Selalu mendukung keberhasilan suami ini Dan juga mungkin pada keluarga mungkin Bapak Ibu masih ada sudah meninggal Alhamdulillah di sana mudah-mudahan ikut menyaksikan Bagaimana dokter hegemoni kekuasaan ini tampil dalam promosi ini Terima kasih juga terima kasih kepada SMA 1 mungkin hadir Kepala SMA 1 meskipun Sudah pensiun pasti dulu sudah memberikan izin

Belajar kepada Pak Doktor mabruki ini dan terima kasih juga bapak ibu guru dari SMA 1 semua ini Terima kasih ya bu ya memberi contoh Monggo Ibu nanti membuat hegemoni apa gitu untuk kuliah Dr di Universitas Negeri Semarang ini Terima kasih juga pada pada penguji luar Pak Dokter Madi Alhamdulillah bisa hadir

Di tengah-tengah kita semua untuk dapat bekerjasama memajukan dunia pendidikan terima kasih wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ujian promosi dokter pendidikan atas nama dokter mafruki mpd ditutup oleh ketua penguji baik sebelum ujian saya tutup kembali Saya ingin mengucapkan terima kasih yang pertama kepada dewan penguji Ahmad terpelajar yang sudah mengantar Doktor baru serta memberikan

Pencerahan baru pula dalam ruang sidang yang amat terhormat ini ucapan terima kasih juga kami sampaikan pada bapak ibu yang telah ikut memberikan kontribusi kepada dokter mahfuddie beberapa nama tertulis pasal dokter Tri setiawanta SH m.hum guru besar Undip rawuh ya Tadi sebut-sebut nanti saya akan ke provinsi Pangeran Diponegoro dokter haji Amin Purnawan [Musik]

Kemudian Pak Nur Fauzan Ahmad ssma dosen Undip dan ketua Yayasan Al Firdaus Semarang [Musik] 13 Semarang Drs susmiyanto mpd Kepala SMA 16 Semarang Dr Sri Wahyuni mpd alumni terbaik kemudian dokter Arif Ridho mpku Muhammad ya wilayah Jawa Tengah PT laboindo Mitra Sejati Semarang ya beserta ibunya sastrawan dan penulis buku juga ini

Penerbit Erlangga Doktor es Prasetyo Utomo mpd Wah ini luar biasa ini juga [Musik] dan seluruh teman-teman penulis Penerbit Erlangga kepala dan para guru SDIT Al Firdaus Semarang yang hadir teman-teman Yayasan Al Firdaus Semarang teman-teman guru SMA 1 Semarang yang hadir ya dan juga terutama ini istri dan anak-anak tercinta dari bapak dokter

Makhluk di nanti malam diukur ya daya beda antara sebelum dan setelah dokter dan itu ada kalau semakin dokter gila berkurang hegemoninya itu berarti semakin luar biasa ya sebagai hadiah hadiah dari saya hadiah pantun pantun aja untuk Pak Dokter favorit melangkah tegap gunung didagi gunung tinggi pemandangan indah selamat atas

Promosi Doktor mafruhi terus berkarya bertambah berkah kalau salah jadi nanti nggak bisa ditutup dengan mengucapkan syukur alhamdulillah dan dengan seizin Bapak Ibu serta hadirin sekalian ujian promosi Doktor pendidikan atas nama Doktor dokter beserta keluarga dimohon menempatkan diri untuk menerima ucapan selamat hadirin dimohon berdiri ucapan selamat diawali oleh ketua penguji dan sekretaris penguji

Dilanjutkan oleh anggota tim penguji dilanjutkan oleh para tamu undangan dipersilahkan untuk memberikan ucapan selamat baik Bapak Ibu yang kami hormati demikian tadi ujian promosi Doktor pendidikan sekolah Pasha sarjana Universitas Negeri Semarang atas nama Doktor mafruki mpd Terima kasih atas kehadiran bapak dan ibu dan kami mohon maaf jika ada yang kurang berkenan

Selama kegiatan ini berlangsung Akhir kata Billahi taufik wal hidayah wassalamualaikum

Sobat Pascasarjana UNNES, Info tentang #Ujian #Terbuka #a.n #Drs #Mafrukhi #M.Pd #Program #Studi #Doktor #IPB ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 02:02:33 detik.


Begitulah sekilas tentang Ujian Terbuka a.n. Drs. Mafrukhi, M.Pd., Program Studi Doktor IPB yang telah dilihat oleh 224 penonton, semoga dapat bermanfaat until kita semua. © Pascasarjana UNNES 7353

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *