Sosok Mahasiswa Teknik Mesin ITB yang Meninggal saat Uji Coba Pesawat Tanpa Awak Rakitan Sendiri

2023-06-08 10:30:09 00:01:27 [Musik] kabar duka menyelimuti Institut Teknologi Bandung atau ITB seorang mahasiswa teknik mesin ITB Muhammad Rasyid Ghifari meninggal dunia saat uji coba pesawat tanpa awak Rasyid merupakan mahasiswa teknik mesin semester 4 angkatan 2021 insiden yang merenggut nyawa Rasyid terjadi saat ia sedang bersama unit kegiatan mahasiswa membuat pesawat tanpa awan pesawat tersebut

Kemudian diujicoba di lapangan Lanud Sulaiman kabupaten Bandung pada Selasa 6 Juni 2023 korban meninggal akibat terkena pasak yang digunakan untuk melontarkan pesawat berbobot 8 kg hal itu disampaikan Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara ITB Profesor Tata Cipta Dirgantara pada Kamis 8 Juni 2023 uji coba pesawat tanpa awak itu dilakukan dengan menyiapkan pelontar

Pesawat berukuran besar seperti ketapel yang ditancapkan ke tanah namun saat itu kondisi tanahnya lembek karena habis diguyur hujan saat pelontar ditarik pasak yang dipasang tercabut dan mengenai bagian tubuh Rasyid korban semua dilarikan ke rumah sakit namun nyawanya tak terselamatkan terima kasih sudah nonton jangan lupa like subscribe dan share ya

TRIBUN-VIDEO.COM – Kabar duka menyelimuti Institut Teknologi Bandung (ITB).

Seorang mahasiswa Teknik Mesin ITB Muhammad Rasyid Ghifary, meninggal dunia saat uji coba pesawat tanpa awak.

Rasyid merupakan mahasiswa teknik mesin semester empat angkatan 2021.

Insiden yang merenggut nyawa Rasyid terjadi saat ia sedang bersama Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) membuat pesawat tanpa awak.

Pesawat tersebut kemudian diuji coba di lapangan Lanud Sulaiman, Kabupaten Bandung, Selasa (6/6/2023).

Korban meninggal akibat terkena pasak yang digunakan untuk melontarkan pesawat berbobot delapan kilogram.

Hal itu disampaikan Dekan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara (FTMD) ITB, Prof. Tatacipta Dirgantara, Kamis (8/6/2023).

Uji coba pesawat tanpa awak itu dilakukan dengan menyiapkan pelontar pesawat berukuran besar seperti ketapel yang ditancapkan ke tanah.

Namun, saat itu kondisi tanahnya lembek karena habis diguyur hujan.

Saat pelontar ditarik, pasak yang dipasang tercabut dan mengenai bagian tubuh Rasyid.

“Ketapel gede ditarik beberapa orang, dia (almarhum) narik, pasak kecabut mental kena ke korban. Pas kena ke lokasi yang fatal bagian leher belakang,” ucapnya.

Korban sempat dilarikan ke rumah sakit, namun nyawa korban tak terselamatkan. (Tribun-Video.com/TribunJabar.id)

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Sosok Muhammad Rasyid Ghifary, Mahasiswa Teknik Mesin ITB yang Meninggal Dunia Saat Uji Coba Pesawat, https://jabar.tribunnews.com/2023/06/08/sosok-muhammad-rasyid-ghifary-mahasiswa-teknik-mesin-itb-yang-meninggal-dunia-saat-uji-coba-pesawat.
Penulis: Rheina Sukmawati | Editor: Rheina Sukmawati

Host: Umi Wakhidah
Vp: Fajar

#beritaterbaru #beritaterkini #beritaviral #live #breakingnews #uav #pesawat #institutteknologibandung
Sobat Tribunnews, Info tentang #Sosok #Mahasiswa #Teknik #Mesin #ITB #yang #Meninggal #saat #Uji #Coba #Pesawat #Tanpa #Awak #Rakitan #Sendiri ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:01:27 detik.


Begitulah sekilas tentang Sosok Mahasiswa Teknik Mesin ITB yang Meninggal saat Uji Coba Pesawat Tanpa Awak Rakitan Sendiri yang telah dilihat oleh 15474 penonton, semoga dapat bermanfaat until kita semua. © Tribunnews 87

13 thoughts on “Sosok Mahasiswa Teknik Mesin ITB yang Meninggal saat Uji Coba Pesawat Tanpa Awak Rakitan Sendiri

  1. Uji coba pesawat ringan pun tetap harus memperhatikan safety/keamanan bagi orang2 sekitar. Entah itu ketapel/pasak/pelontar ataupun resiko baling2 lepas.

    Di India jg ada entah siswa/mahasiswa yg ujicoba helikopter buatan sendiri, namun cedera berat krn baling2 heli buatannya mengenainya.

    Turut berduka atas kecelakaan yg menimpa bibit2 muda berbakat ini. 😢

  2. Jangan pernah bangsa Indonesia bisa menciptakan . tekhnologi canggih ..sejati musuh kita adalah penghianat negara kita sendiri..semoga dari sini kita paham .🙏💪tetap semngat berjuang untuk mempertahankan NKRI

  3. Laaaah itu fixed wingnya brp beratnya?
    Ampe pake catapult sgala?
    Knp ga hand launch aja klo berat cuma 3 kilo?
    Mikir kerassss saya, yg biasa handlauch kit 2.2 kilo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *