Sejarah Berdirinya Tamansiswa #2

2020-07-16 21:53:17 00:08:56 Hai Suwardi Suryaningrat lahir di Yogyakarta pada 2mei 1889 tanggal itulah yang kelak di kemudian hari dikenal dan ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional oleh pemerintah Indonesia Ia berasal dari keluarga Keraton puro pakualaman Yogyakarta Suwardi merupakan cucu dari Sri pakualam ketiga ayahnya bernama kph Suryaningrat dari pihak ibu Raden Ayu sandhya ini merupakan

Keturunan Nyai Ageng Serang yang kalau dirunut silsilahnya akan sampai pada Sunan Kalijaga Suwardi kecil mendapatkan pendidikan agama dari berbagai pesantren yang diasuh oleh Kyai Haji Abdurrahman seorang kiai dari kalangan gigi Selain itu ia juga pernah satu perguruan dengan Raden Ajeng Kartini Kyai Haji Ahmad Dahlan Kyai Haji Hasyim

Asy’ari dan Kiai Ageng Suryo mentaram Ani dibawah asuhan Mbah sholeh darat dari Semarang pendidikan formalnya ia dapatkan di grup AC lagi restful yang menggunakan bahasa Belanda sebagai pengantarnya pada tahun 1924 majalah Hindia Poetra berganti nama menjadi Indonesia Menggugat pergantian tersebut menunjukkan Kian radikalnya perjuangan kaum nasionalis Indonesia di Belanda

Perjuangan Ki Hadjar demi menegakkan kedaulatan negerinya tidak hanya melalui jalur pers dan politik melainkan juga dalam bidang pendidikan itulah seruan yang disarankan istrinya kepada Ki Hadjar dan ia Cuma saran tersebut hingga kemudian dihajar belajar di ledre otherwise atau sekolah profesi guru melalui sekolah itu Kihajar mulai banyak mengerti seluk-beluk dunia pendidikan sehingga ia

Menerima sertifikat guru dari sekolah tersebut saya karena saya kicauan yaitu Mahkamah Agung Dewantoro sepulang dari denhaag negeri Belanda tepatnya tahun 1919 dengan akta tinggi guru tetap aktif berpolitik dan dipenjara lagi di rumah tahanan Pekalongan Jawa Tengah bersamaan itu nih ajar melahirkan Putri ketiganya dengan pendarahan hebat kihajardewantoro pun diijinkan menengok rumah sakit di

Hajar Dewantoro berpesan Ingatlah kan Mas janji kepada Kyai Haji Ahmad Dahlan untuk mendirikan perguruan tinggi akan politik dan Mari kita mendidik kaum pribumi yang sangat membutuhkan pendidikan manfaatkan waktu Allah yang akan mengatur semuanya [Musik] kesadaran Kihajar terkait dengan problematika pendidikan mulai lega ia merasakan ada suatu ketimpangan dalam sistem pendidikan yang diajarkan

Pemerintah kolonial di Hindia Belanda sistem pendidikan kolonial memang bercorak elitis cenderung diskriminatif dan hanya sekedar diorientasikan pada kepentingan kolonial sendiri inilah yang membuat betapa pentingnya pendidikan nasional yang menitikberatkan pada kepentingan rakyat pada mulanya problem dalam dunia pendidikan tersebut membuat para tokoh pergerakan merasa tertuntut untuk menemukan jalan keluarnya Hai maka dibentuklah forum perkumpulan

Selasa Kliwon yang bersenter Aldi Yogyakarta visi utama yang diusung forum ini tergambar dalam semboyannya memayu hayuning sariro memayu hayuning bongsor memayu hayuning manungso atau melindungi keselamatan diri keselamatan bangsa dan keselamatan manusia maka dititik ini sudah jelas bahwa forum perkumpulan Selasa Kliwon berlandaskan pada nasionalisme beberapa lama kemudian Ki

Hadjar sebagai salah satu anggota forum tersebut mendirikan perguruan Tamansiswa pada tanggal 3 Juli 1922 sebagai bentuk aktualisasi dari pendidikan nasional suatu pendidikan yang lebih menitikberatkan pada kepentingan rakyat pribumi inilah bentuk tandingan terhadap pendidikan ala kolonial proses pendidikannya mengaplikasikan sistem Among sebuah sistem pendidikan yang menekankan pada terpenuhinya dua tujuan Luhur pertama kemerdekaan menjadi

Ihwal substansial yang harus dicapai agar bisa hidup Berdikari dan berdaulat kedua kodrat alam harus menjadi syarat untuk menopang kehidupan dan sebagai sarana untuk memajukan bangsa sendiri untuk itu perjalanan historis Tamansiswa dalam mendidik rakyat pribumi menunjukkan bahwa diperlukan ketulusan dan pengabdian tanpa pamrih untuk mencerdaskan generasi bangsa untuk itu

Para pejuang taman siswa harus memiliki nyali untuk hidup sederhana karena seperti yang ditekankan Kihajar bahwa para pendidik taman siswa harus berani terjun di tengah-tengah masyarakat hidup berbaur dan merasakan getirnya hidup yang dialami masyarakat dan mendorongnya kearah kemajuan inilah Mak Hai substantif pendidikan yakni memanusiakan manusia dan menjadikannya sebagai diri yang merdeka bagi Kihajar

Pendidikan bermakna tumbuhnya Jiwa raga dan berkembangnya lahir batin artinya dimensi ragawi dan rohani harus berwujud dalam kesatuan jiwa dan raga pada bagian lain Ki Hajar mengatakan bahwa pendidikan adalah tuntunan di dalam hidup tumbuhnya anak-anak adapun maksudnya pendidikan yaitu menuntun segala kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak itu agar mereka sebagai

Manusia dan sebagai anggota masyarakat dapatlah mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya lebih lanjut Kihajar mengemukakan bahwa pendidikan yang dilakukan dengan keinsyafan ditujukan kearah keselamatan dan kebahagiaan manusia Hai tidak hanya bersifat pelaku pembangunan tetapi sering merupakan perjuangan pula pendidikan berarti memelihara hidup tumbuh kearah kemajuan tak boleh melanjutkan keadaan kemarin

Menurut alam kemarin pendidikan adalah usaha kebudayaan berasaskan peradaban yakni memajukan hidup agar mempertinggi derajat kemanusiaan Cie cie sukanandur ini pun harus dengan memperhatikan beberapa pernyataan di tampak sekali bahwa visi misi dan tujuan pendidikan Ki Hajar Dewantoro adalah bahwa pendidikan sebagai alat perjuangan untuk mengangkat harkat martabat dan kemajuan umat manusia

Secara universal sehingga mereka dapat berdiri kokoh sejajar dengan bangsa-bangsa lain yang telah maju dengan tetap berpijak kepada identitas dirinya sebagai bangsa yang memiliki peradaban dan kebudayaan yang berbeda dengan bangsa lainnya gagasan pendidikan karakter dapat dilacak pada sosok Kihajar sejarah mencatat bahwa Ki Hajar telah merintis pendidikan karakter dengan konsep Tri pusat pendidikan yang

Menyebutkan bahwa wilayah pendidikan guna membangun konstruksi fisik mental dan spiritual yang handal dan tangguh dimulai dari lingkungan keluarga lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat

Sobat SMK Tamansiswa Mojokerto, Info tentang #Sejarah #Berdirinya #Tamansiswa ini bisa dilihat dalam bentuk vidio yang berdurasi 00:08:56 detik.


Begitulah sekilas tentang Sejarah Berdirinya Tamansiswa #2 yang telah dilihat oleh 4236 penonton, semoga dapat bermanfaat until kita semua. © SMK Tamansiswa Mojokerto 536

One thought on “Sejarah Berdirinya Tamansiswa #2

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *